Yg punya pengalaman dgn Vespa antik or 2 tak lainnya pls sharing ya..
Biar knalpot nggak karatan... aaah.. yg bener. Masa cuman itu doang..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Kamsud ane itu mengapa bbm mesin 2 tak perlu bbm campuran..? Ntah itu dari samping atau manual. Kenapa nggak premium 100% seperti mesin 4 tak..??fxsuprapto wrote:Kalau motor 2tax:
Bensin dicampur oli = bensin + oli samping
Jadi ya nggak perlu tanki oli samping diisi. Resikonya ratio campuran ndak akurat.
Knalpot dikasih oli biasanya untuk motor 4tax.
Efeknya bisa memperpanjang umur knalpot, biar nggak cepat kropos.
Kalau motor 2 tax sih kurang kerjaan kali...
ya emang karena desain mesin nya beda om...hunter wrote:kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas....pdhal pistonnya sama2 gerak..
Butel bgt penjelasan bro weechoo. pada dasarnya mesin 2 tak maupun 4 tak perlu pelumasan. klo ngak ada pelumasan pada piston gw rasa baru di nyalain 2 menit aja cylinder sama piston pasti hancur.weechoo wrote:ya emang karena desain mesin nya beda om...hunter wrote:kenapa pd 2 tak, di dalam silinder n pistonnya hrs ada pelumas, sedangkan pd 4 tak ga pake pelumas....pdhal pistonnya sama2 gerak..
2-tak..ama 4-tak...
secara kan udah ente tulis...bahwa kalo di motor 2-tak emang perlu pelumasan...
yg jelas sih...dengan RPM yg sama...mesin 2-tak punya tenaga setidaknya 2x nya mesin 4-tak...
masih inget kan...? jaman GP-500... itu mesin kan 2-tak 500 cc...
setelah dijadikan MotoGP...pake mesin 4-tak...dengan cc 900...
nah...karena kerjanya lebih keras...si piston dituntut untuk mendapat pelumasan yang lebih sempurna...
yang tidak terbebani oleh gravitasi...kan kalo harus angkat oli dari bak oli, perlu pompa oli untuk angkat ke sebelah atas...
yg lain lagi...mesin 2-tak gak pake klep untuk mendapatkan kompresi mesin..tapi memanfaatkan piston untuk buka-tutup lubang intake & exhaust...
disitu juga ada kemungkinan oli mesin masuk ke intake dan exhaust...
makanya di 2-tak sering kejadian piston macet...lantaran oli samping telat masuk...atau kurang campuran...
begono dari ane...ade yg mo nambahin...?
CMIIW...
Kalo sudah cerah, tinggal dijernihin aja ya bos, biar yakin.uch wrote:Ada pencerahan. Thanks for sharing.
lha buktinya dengan ,misal, 5ltr bnsin+1/4oli itu, mesin 2t bisa jalan kan, piston gak macet, berarti itu tandanya tuh oli samping dengan formula segitu sudah bisa dianggap untuk melumasi. Beres, jangan bingung lagi, lihat faktanya saja.uch wrote:Tapi ada jg masih ada yg bikin bingung. Mungkin "khayalan" gw yg salah...
Bukannya olie itu dah menyatu dgn BBM dan akan terbakar di ruang bakar. Kenapa masih bisa berfungsi untuk melumasi..? Even nggak terbakar pun, kayaknya 5 ltr bensin + 1/4 liter oli nggak bakal bisa berfungsi sebagai pelumas. Ini cuma "khayalan" lho...
rancangannya mesin 2t adalah bensin plus oli. Kenapa bensin+oli, karena rancangan mesinnya yang sederhana, menuntut demikian. Mesin memang OK, tapi lalu dianggap tidak ramah lingkungan karena bensin+oli bikin berasap dan polusinya tinggi. Kemudian rancangan kedua, mesin 4t, oli sebagai pelumas mesin dan transmisi. Sebenarnya oli tidak ikut terbakar (sedikit mungkin) karena dikeringkan kembali oleh ring piston saat piston turun. Tapi andaipun oli ikut terbakar, sebenarnya secara mesin GAK APA2 (tenaga gak begitu terpengaruh kan), cuma tingkat pencemaran udaranya jadi lebih tinggi dan berasap, plus piston jadi cepat kotor. Jadi yang memasalahkan sebenarnya orangnya, karena mesinnya jadi berasap. GITU.uch wrote:cuman iseng2 doang, lg teringat di mesin 4 tak kalo ruang bakar kemasukan olie bisa jadi masalah. Sebaliknya di mesin 2 tak, BBM malah dicampur oli...