Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
pengendiesel wrote: Mon Jun 18, 2018 10:24
Sore om2 dan tante2.....
Berawal dari ketertarikan sy dengan mindset rekan2 SMers di topik2 yang membahas lanehogger vs pembalap di thread2 lainnya.... izinkan sy membuat topik ini untuk mengetahui lebih detil mengenai :
Berapa CRUISING SPEED anda di jalan tol?
Beberapa asumsi yang perlu diperhatikan :
- cruising speed di sini saat kepadatan di jalan tol dalam kondisi normal (nggak kosong tapi juga nggak padat, kalau mau nyolong2 cari top speed masih bisa), berapa speed yang rekan2 berusaha dapatkan dan bertahan di speed tsb selama mungkin?
- kondisi mobil sehat.
- waktu berkendara siang hari, jadi nggak ada masalah di pencahayaan.
- boleh share lebih dari 1 mobil, sesuai pengalaman.
- tujuan thread ini untuk membuka wawasan akan apa yang mungkin ada di pikiran driver lain sehingga kita bisa lebih mawas diri saat berkendara....bukan untuk mencari siapa lanehogger, siapa pembalap.
share dgn format :
1. Jenis mobil dan transmisi
2. Cruising speed dalam km/h
3. Alasan pilih cruising speed no 2
4. Apakah pernah ada pengalaman yang berpotensi membahayakan saat cruising speed no 2? Kalau iya, apa?
Mulai dari sy dulu ya....
1. Innova D4D 2010 M/T
2. 90-110
3. Di atas itu mesin mulai meraung dan getaran terasa di kabin + ban mulai terasa nggak menapak
4. Pernah sekali kaca depan kena potongan kardus yang melayang liar karena turbulensi mobil di depan. Suara JEDUAAAAAAAAAKKKKKK + wiper kiri bengkok langsung turun ke 70-80 setelah itu
Monggo dilanjut
1. Mobil lawas corona absolute A/T
2. 100-120 km/h
3. Paling aman kecepatan max segitu untuk tol jakarta, masih controllable kalo ada apa-apa. Pernah coba 170, rpm juga masih 4 ribuan lebih dikit mobil masih anteng-anteng aja. Cuman bawaan hati ga tenang aja sama kondisi tol lokal misal tiba-tiba ada sesuatu
r12qiSonH4ji wrote: Tue Jun 19, 2018 2:08
Ijin Sharing yaa
1. VW Golf Tsi mk7 2014
2. 115 km/jam
3. Eco driving karena rpm dibawah 2.000
4. Pernah, waktu itu nginek/nabrak ganjelan kontainer yg jatoh tepat di depan ane
tp itu situasional. Agak susah buat menghindar di kecepatan segitu karena jarak antara mobil depan belakang kiri kanan rapet (my bad). Alhasil karter oli robek
1. ANPS 4x4 2016
2. 120 km/jam
3. Eco driving, rpm dibawah 2.000. Ini merupakan kecepatan yg sangat pas buat anps ane (karena daun eco ane masih full semua)
4. Alhamdulillah aman,
Ane jarang ngebut2, masih agak takut kecepatan tinggi
paling speed segitu cuma tahan beberapa detik, sisa nya gaspoll
1. Taruna 1.5 EFI M/T
2. kecepatan 90-100 km/jam RPM sekitar 3500.
3. Suara mesin (visco fan sih lebih tepatnya) udah kaya helikopter
4. Hampir ga ada, alhamdulilah.
1. Karimun Wagon R M/T
2. kecepatan 80-90 km/jam RPM sekitar 3000.
3. mesin segitu mau lari berapa?yg penting bensin irit aja
4. Hampir ga ada, alhamdulilah.
1. Civic ES M/T
2. kecepatan 110-120 km/jam RPM sekitar 2500-3000.
3. rasanya sih pengen bejek lebih, tapi inget velg sama ban yg profil agak tipis jadi sayang kalo kena lobang
4. Hampir ga ada, alhamdulilah.
1. Honda Civic FD2
2. 100-130 kpj
3. Simply karena mesin 2.0 nya kayak ketahan kalo dibawah segitu, jd punch aja lagi
4. Belom pernah, pernahnya pas lagi high speed cruise dari 180 hard brake ke 180 gara2 lcgc maen motong langsung jalur cepat
1. Honda CR-V 2.4 AT
2. 100-140kpj
3. Emg rada boros, tapi rpm nya gaterlalu jauh dari 4000, jadi kalo mau hit vtec nya gampang
4. Alhamdulillah aman terus
Kalo ane di tol selalu antara 80 sampe 100 kpj aja
100 kpj pun cuma buat nyalip abis itu kembali lagi ke lajur tengah atau kiri kalo cuma 2 lajur kecepatan turunin ke 80 kpj
Pernah 120 kpj pake swift udah serem stir kyk melayang
Pernah lagi santai 80 kpj naik terios ada kunci stir terbang ke kolong mobil suaranya glodak kenceng bgt
Untung pas dicek ga ada yg rusak
Mobil yg ada di rumah
1. Camry XV50 (2 biji)
- cruising di tol 120, paling kencang 150 an...lebih dari itu seakan dekat dengan tuhan. Bawa mode seperti ini gak ingat fuel consumption. Mode irit cruising di 100-110
- ban pakai potenza, mesin sehat.
- 100 km/h di rpm 2000
150 km/h di rpm 3500 an (kalau tidak lupa)
2. Alphard
- 100 km/h, saya ingin menikmati mobil ini...sopir yg selalu bawa dan tidak boleh lebih dari kecepatan yg ditentukan.
- 100 di rpm 2000 (kata sopir saya)
3. Avanza 1.3 (dulu 2015) & 1.5 veloz (2017 - skrg)
- 80km/h, gak punya nyali bawa mobil ini.
- 80 di rpm 2500 (mt 1.3)
- 80 di rpm 2000 (at 1.5)
4. Mazda 2
- 100km/h,
- rpm, tidak pernah perhatikan
5. Crv RM (sudah di jual)
- 120, lebih dari itu, berisik sekali
- 120 di rpm 2500
Rata-rata cruising speed saya 100-120 an....krn selalu jalan malam....
Siang, tidak pernah dapat segitu... hanya kena 80 an.
Gak tega juga , kalau paksa mobil (walau masih sisa banyak) buat nambah kecepatan lebih dari 120.
Sampai saat ini masih bersyukur tidak pernah dapat masalh di tol, kalau jalan biasa....ah sudah banyak saya keluar uang buat mereka yg butuh.
Saya cuma cari keselamatan bukan cari kebenaran di jalan.
EOR24 wrote: Tue Jun 19, 2018 3:12
3. mesin segitu mau lari berapa?yg penting bensin irit aja
pada dasarnya sih 120kpj aja msh mudah diraih om..
bisa om, tapi ngoyo rasanya. saya yg ga sabaran ini udah males duluan.hehe
btw kalo dibaca baca sebagian besar cruising di angka 80-120 kpj. tapi kalo di tol saya jalan 100-110 kpj kok banyak yg masih nyalip dgn kecepatan tinggi ya
terutama waktu mudik kemarin, lewat tol solo-kertosono pada kenceng2 banget. saya jalan 100 kpj berasa jalan sendirian karena disalipin terus
Coba share juga ya om.. mbl yg ada dan sering dipake skrg aja..
1. Jenis mobil dan transmisi
2011 tucson at
2. Cruising speed dalam km/h
100 - 120
3. Alasan pilih cruising speed no 2
Efortless aja holding speed di kecepatan ini, dibawah itu maunya nambah terus, diatas itu kudu nambah bukaan gas,
4. Apakah pernah ada pengalaman yang berpotensi membahayakan saat cruising speed no 2? Kalau iya, apa?
Ngga sih, rasanya kecepatan sgtu utk crusing masi cukup aman buat saya
Note: di tucson, bacaan speedonya lmayan akurat, beda paling 2 kph slower compare to gps,
Pengalaman lain kalo t32, speed speedo 100 di gps cuman 91, makanya di mbl ini yg enak crusingnya 120-130 on speedo
3. Alasan pilih cruising speed no 2
badan ga cape, ga kelambatan ga kecepatan juga, masih banyak yg flow kendaraan lain di sekitaran speed itu di jalur kanan atau tengah
4. Apakah pernah ada pengalaman yang berpotensi membahayakan saat cruising speed no 2? Kalau iya, apa?
mungkin, kalo ada org lain ngebut2an.
Mozawa wrote: Mon Jun 18, 2018 11:04
Jazz gk5 cvt.
Ane kalo nyantai 80 sd 100. Kadang 120 itu jarang. Paling kenceng 180 kmph.
Rpm di 100 kmph gak sampai 2000 rpm.
Jadi masih nyantai rasanya. Jadi effortless menuju kec 100 kmph walau gak se effortless fortuner vnt hahaha....
Nih mesin L15 harus suaranya...dibandingkan ama veloz ane...yg ada suara gemericik ketukan valve masuk ke kabin...
Yg ane gak suka dari honda suara raungan ban yg agak berisik di kec tinggi..
Liat di youtube, nampaknya VNT di 100km/h juga effortless banget ya?
POS VETT wrote: Mon Jun 18, 2018 11:11
Panjang ini isinya
1. Mobil kantor - 2010 Ford Transit Connect Panel/Commercial AT
2. 80 mph ~ 129 kph di zona dengan batas kecepatan 65 mph ~ 107 kph
3. Cruise control maksimum 80 mph, bising & getaran dicuekin yang penting lebih cepat sampai
4. Bahayanya ya banyak, tapi tidak jauh lebih banyak daripada kalau lari 65 mph. Bahaya paling ditilang, hahaha.
1. Mobil2 V8 ('8 Chevrolet Corvette Z06 MT, '2 Chevrolet Corvette Z06 MT, '18 Chevrolet Silverado Z71 AT) 2. 80-90 mph ~ 129-145 kph di 65 mph ~ 107 kph
3. Lebih takut tilangnya daripada potensi kecelakaan plus gak betah di 65 mph
4. Sama dengan yang di atas
1. 2011 Nissan 370Z Sport MT (Fairlady Z)
2. Entah berapa cruising speed, mungkin sekitar 70-75 mph ~ 113-121 kph. Yang pake bini gw.
3. Doi mungkin merasa nyamannya di sini. Mobil ini lebih pendek "giginya" daripada yang di atas
4. Sama dengan yang di atas
1. Mobil2 dengan "gigi pendek" ('5 BMW 325Xi MT, '7 Toyota Matrix M Edition MT)
2. 70-80 mph ~ 113-129 kph di 65 mph ~ 107 kph
3. Kecepatan mesin terlalu tinggi untuk cruising di atas ini dan resiko ditilang kecil
4. Sama dengan yang di atas
Corvette jalan 80-90mph kayaknya masih ngantuk banget ya om?
ChZ wrote: Mon Jun 18, 2018 12:29
Hatchback turbo CVT ane plg enak di 120-140... Meskipun d tol ga memungkinkan... Yowes 100 aja... 80 too slow and wasted potential... lah gimana asal nyantai di tol aja tiba tiba 120...
Klo SUV korea turbodiesel ane ... 100 juga... 80 too slow juga buat mobil ini. Kadang 120... 140 ga deh goyang semua, meskipun akselerasi sampe 160 kph enteng banget.
Klo lcgc ayla manual... 80 kph... Ga lebih dr itu. Dah teriak ga jelas mesinnya... Brio msh brani 100... Masih effortless mesinnya.
Mod, kenapa enaknya di 120-140? Rpm brp tuh?
Sudah pernah coba top speednya Civic HB dpt brp?
JukeJoken wrote: Mon Jun 18, 2018 16:35
liat thread ini jadi kepikiran... ada gak yang kalau cruising selalu perhatiin indikator ECO atau real time fuel consumption di MID ?
Saaaaaiiiyaaaa om
Berhubung mobil skrg ada FC real timenya, jadi sering perhatikan layar MID.
1. Sienta Q
2. 90-120
3. Range yang masih dirasa effortless dari sisi keamanan dan kemampuan mesin + CVTnya. Di atas 120, penurunan FC sudah dirasa nggak sebanding dengan gain avg speed yg didapat, karena >120 juga jadi lebih sering ngerem, yang akhirnya kesusul lagi sama mobil yg jalan konstan 100km/h (lebih hemat)
4. Alhamdulilah nggak ada, semoga 100% aman trus
michaelgiri93 wrote: Mon Jun 18, 2018 13:58
1. Galant new st m/t 1998
2. 80-120
3. Lebih dari itu mesin sudah terlalu meraung, dan asumsi saya lari segitu masih bisa dikendalikan jika terjadi apa apa
4. Pernah lari 140(sedikit lebih kencang dari cruising speed sih) dan nginjak genangan air, ban depan hydroplaning tapi untung mobil gak muter atau semacamnya, pelan pelan saya kurangi kecepatan lalu melaju di 80kph
1. Mirage m/t 2014
2. 80-100 kph
3. Mobil kecil ban kecil suspensi empuk, meski gak terlalu limbung tapi main aman saja.
4. Belum dan semoga gak terjadi hal yang membahayakan.
1. Mirage cvt 2018
2. 80-100
3. Ntahlah rasanya mobil nyaman di speed segitu
4. Belum dan semoga gak pernah terjadi hal yang membahayakan.
1. Avanza g m/t 2008
2. 80-100
3. Lebih dari itu mobil kaya melayang
4. Pernah lari di atas itu sedikit lalu mobil kedorong angin rasanya kaya pindah lajur sendiri.
1. Panther m/t 2.3 1995
2. 60-80
3. Lari 80 aja mesin udah ngraung penuh penderitaan, gak tega rasanya
4. Belum pernah dan semoga gak pernah terjadi hal yang tidak di inginkan.
1. Suzuki carry 1.0 wagon m/t
2. Max 70
3. Limbung kalo lebih dari itu
4. Pernah waktu cruising segitu setir mulai lari ke kanan dan ke kiri, padahal tempat tujuan masih jauh...
*Untuk avanza, pather, dan carry bukan mobil pribadi, saya cuma di suruh nyupirin saja
Yang ane bold, mobil super bolot tapi super bandel yang pernah ane punya hahaha
1. Panther 2.3 M/T 1995
2. 80-95
3. Alasan kurang lebih sama om, tapi dengan penambahan, mobil ini mau digas mentokpun ttp aja nggak bisa lari, asapnya doang yang tebel top speed pernah coba bisa 140km/h, butuh waktu minimal 1 jam untuk mencapainya. Tp kangen banget sama bandel + luasnya interior + dinginnya ac panther 2.3.
4. 100% aman.
pengendiesel wrote:Makasih banyak rekan2 sekalian ....sharenya menarik2 nih
Nampaknya mentok di 140km/h...ada yang lebih dari itu? lelang mode on
Saya si nggak haha, diatas 140 sulit sekali mau sustain cruise dlm waktu lama, baik dr segi konsentrasi, kepadatan jalan di indo dan juga berisik mobilnya
alvin23 wrote: Tue Jun 19, 2018 9:57
Saya si nggak haha, diatas 140 sulit sekali mau sustain cruise dlm waktu lama, baik dr segi konsentrasi, kepadatan jalan di indo dan juga berisik mobilnya
Iya om, makin lama makin susah cari jarak aman di depan. Jadi gak nyaman kentjang2
JukeJoken wrote: Mon Jun 18, 2018 16:35
liat thread ini jadi kepikiran... ada gak yang kalau cruising selalu perhatiin indikator ECO atau real time fuel consumption di MID ?
Saaaaaiiiyaaaa om
Berhubung mobil skrg ada FC real timenya, jadi sering perhatikan layar MID.
1. Sienta Q
2. 90-120
3. Range yang masih dirasa effortless dari sisi keamanan dan kemampuan mesin + CVTnya. Di atas 120, penurunan FC sudah dirasa nggak sebanding dengan gain avg speed yg didapat, karena >120 juga jadi lebih sering ngerem, yang akhirnya kesusul lagi sama mobil yg jalan konstan 100km/h (lebih hemat)
4. Alhamdulilah nggak ada, semoga 100% aman trus
wah kalau Sienta Q MIDnya bagus om.. ane punya tipe V MIDnya kayak punya Toyota LIMO