Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by EOR24 »

evanbngdor wrote: Mon May 28, 2018 4:06
EOR24 wrote: Mon May 28, 2018 2:29 Kalo saya nyetir jauh sekarang bukan masalah durasi, lebih ke arah jam biologis tidur. Mau istirahat sebanyak apapun kalo sudah masuk jam istirahat biologis pasti ngantuk. Biasanya jam 01.00 - 03.00 dinihari itu jam paling ngantuk. kalo siang sekitar jam 14.00-15.00 itu ngantuk juga.

pernah nyetir depok-surabaya, cuma berhenti tidur sejam pas jam itu aja. sisanya bisa gaspol.


apa ini faktor umur ya?soalnya dulu waktu masih SMA nyetir klaten-jakarta via pantura (belum ada tol cipali) kuat-kuat aja dari sore sampe pagi tanpa istirahat :big_think:
Memang sih kalo kata ortu (lansia) melek malem itu 'bales dendam' nya 2-3x lipat.

Tp ogut sih tetep lebih seneng nyetir malem, nyetir siang meskipun udah pake kacamata hitam&kaca film tebel, tetep aja mata lebih capek, karena pada dasarnya mata ogut ngga bisa kena sinar matahari terlalu banyak

:mky_01: :mky_01:
saya kebalik om, kalo malem justru saya lebih capek. Selain faktor "U" tadi juga karena mata saya minus kalo malem butuh effort lebih konsentrasi ke jalan. Pake mobil seterang apapun lampu nya tetep aja.

Kalo jalan siang, cukup pake kacamata dengan lensa gelap sih sudah cukup bikin nyaman ga gitu capek mata :mrgreen:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by supriyadi »

evanbngdor wrote: Mon May 28, 2018 4:06
EOR24 wrote: Mon May 28, 2018 2:29 Kalo saya nyetir jauh sekarang bukan masalah durasi, lebih ke arah jam biologis tidur. Mau istirahat sebanyak apapun kalo sudah masuk jam istirahat biologis pasti ngantuk. Biasanya jam 01.00 - 03.00 dinihari itu jam paling ngantuk. kalo siang sekitar jam 14.00-15.00 itu ngantuk juga.

pernah nyetir depok-surabaya, cuma berhenti tidur sejam pas jam itu aja. sisanya bisa gaspol.


apa ini faktor umur ya?soalnya dulu waktu masih SMA nyetir klaten-jakarta via pantura (belum ada tol cipali) kuat-kuat aja dari sore sampe pagi tanpa istirahat :big_think:
Memang sih kalo kata ortu (lansia) melek malem itu 'bales dendam' nya 2-3x lipat.

Tp ogut sih tetep lebih seneng nyetir malem, nyetir siang meskipun udah pake kacamata hitam&kaca film tebel, tetep aja mata lebih capek, karena pada dasarnya mata ogut ngga bisa kena sinar matahari terlalu banyak

:mky_01: :mky_01:
Saya juga sebenarnya senang jalan malam berhubung mata minus tinggi & silindris bikin cepat sakit kepala kalo dah kena matahari:big_cry: :big_cry: Tapi jalan malam pun susah juga, susah menghitung jarak lawan didepan kalo mau nyalip, tikungan pun gak nampak , marka jalan banyak hilang.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adityabp »

evanbngdor wrote: Mon May 28, 2018 4:06 ...cut..

Memang sih kalo kata ortu (lansia) melek malem itu 'bales dendam' nya 2-3x lipat.

Tp ogut sih tetep lebih seneng nyetir malem, nyetir siang meskipun udah pake kacamata hitam&kaca film tebel, tetep aja mata lebih capek, karena pada dasarnya mata ogut ngga bisa kena sinar matahari terlalu banyak

:mky_01: :mky_01:
Kacamata hitamnya yg polarized bukan?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by evanbngdor »

adityabp wrote: Mon May 28, 2018 4:58
evanbngdor wrote: Mon May 28, 2018 4:06 ...cut..

Memang sih kalo kata ortu (lansia) melek malem itu 'bales dendam' nya 2-3x lipat.

Tp ogut sih tetep lebih seneng nyetir malem, nyetir siang meskipun udah pake kacamata hitam&kaca film tebel, tetep aja mata lebih capek, karena pada dasarnya mata ogut ngga bisa kena sinar matahari terlalu banyak

:mky_01: :mky_01:
Kacamata hitamnya yg polarized bukan?
Iya om polarized. Udah gelap maksimal jg itu kacamata hitamnya.

Cuma ya tetep aja, paling gampang ngedeteksi mata saya lebih capek nyetir siang atau malem itu, kalo nyetir siang meskipun udah pake kacamata item sekalipun, kalo nyetir lama, pasti mata merah&pedih. Beda kalo nyetir malem, mata malah terang banget rasanya.

Cuma kalo nyetir malem itu lebih rawan karena suka banyak pengendara yg ngantuk, jd nyetirnya ngga stabil, tiba2 geser tengah, ngerem mendadak, dll.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by CumiDarat »

Jika jalan tol sudah tersambung semua, bukan hanya kendaraan yang jadi pertanyaan siap digeber terus-menerus apa nggak, tetapi juga pengendaranya. Menurut saya nyetir di tol lama2 bikin jenuh juga. Potensi kecelakaan juga tinggi. Dan yang saya pribadi rasakan, nyetir dengan kecepatan tinggi jg butuh konsentrasi tinggi yang pd akhirnya badan terasa lebih capek jg karena energi terkuras untuk konsentrasi. IMHO.
Ryukent
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sun Jan 03, 2016 4:40

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Ryukent »

antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Tanya om... Hari normal diluar weekend, jalanan alas baluran itu rame atau sepi ya? Kapan hari mau road trip ke bali kebetulan bukan musim libur jadi batal gara gara ditakutin katanya hutan baluran kalau hari biasa ga ada kendaraan lewat trus dibumbui pake cerita mistis lagi.

Trims infonya..
andyz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Feb 04, 2014 7:57

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by andyz »

Aman kok Mas, jalur utama ke Bali - Lombok itu
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Nainggolan21 »

Entah kenapa, saya justru gak senang lewat tol. Tapi melihat jalur utama yang ribet dan ruwet serta penuh aktivitas dari warga sekitar ya terpaksa lewat tol.
Jakarta - Bogor walaupun dekat lewat tol minimal harus melipir sekali ke rest area untuk melepas kantuk.
Justru yang lebih dikhawatirkan saat tol sudah saling tersambung adalah pengemudinya, bagaimana mengontrol emosi dan mengukur kemampuan diri. Karena obat kantuk gak ada selain Tidur
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

dwi24 wrote: Mon May 28, 2018 7:59 Jika jalan tol sudah tersambung semua, bukan hanya kendaraan yang jadi pertanyaan siap digeber terus-menerus apa nggak, tetapi juga pengendaranya. Menurut saya nyetir di tol lama2 bikin jenuh juga. Potensi kecelakaan juga tinggi. Dan yang saya pribadi rasakan, nyetir dengan kecepatan tinggi jg butuh konsentrasi tinggi yang pd akhirnya badan terasa lebih capek jg karena energi terkuras untuk konsentrasi. IMHO.
Kalau lewat jalan toll memang bikin ngantuk, krn gerakan cenderung statis.
Tangan juga gak pernah mutar stir lebih dari 1 putaran steer.
Lama lama pegel tangan dalam kondisi lengan di posisi jam 10 dan posisi jam 2 (bayangkan jam)..

Tapi tetap sih sy prefer lewat toll. Kalau jalan jauh, pantengin saja di speed 100 kmpj, maka akan sampai juga dengan cepat kalau gak macet,...mungkin kalau speedo rata rata 100-120 kmpj, maka efektifnya bisa dapat 80 km per jam perjalanan...(pastinya ada masanya kita ngerem, sehingga speed drop...lalu gas lagi...dst...

Kalau bisa dapat 10 km per jam perjalanan, maka dari JKT ke Semarang bisa 5 jam 30 menit...dan itu sdh enak banget...

Yang paling bikin gak enak adalah gerakan semu dari tiang tiang pinggir jalan...jalan lurus, speed konstan...tubuh jadi relax...dalam waktu lama bikin kita kayak "bengong" dan "melayang"......
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by iwidiyanto »

kelamaan d tol, klo pake manual, yg pegel tetep kaki kanan, bukan kiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by pengendiesel »

Ryukent wrote: Mon May 28, 2018 7:59
antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Tanya om... Hari normal diluar weekend, jalanan alas baluran itu rame atau sepi ya? Kapan hari mau road trip ke bali kebetulan bukan musim libur jadi batal gara gara ditakutin katanya hutan baluran kalau hari biasa ga ada kendaraan lewat trus dibumbui pake cerita mistis lagi.

Trims infonya..
Kebetulan beberapa kali lewat Baluran di jam 12 malam, 1,2,3,4 pagi. Aman damai sentosa kok, nggak ada hal2 berbau mistis. Yang ada truk2 dengan problem teknis seperti as patah, dll.
CumiDarat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Tue Feb 06, 2018 8:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: FortunerVNT TRD 2015

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by CumiDarat »

ginting wrote:
dwi24 wrote: Mon May 28, 2018 7:59 Jika jalan tol sudah tersambung semua, bukan hanya kendaraan yang jadi pertanyaan siap digeber terus-menerus apa nggak, tetapi juga pengendaranya. Menurut saya nyetir di tol lama2 bikin jenuh juga. Potensi kecelakaan juga tinggi. Dan yang saya pribadi rasakan, nyetir dengan kecepatan tinggi jg butuh konsentrasi tinggi yang pd akhirnya badan terasa lebih capek jg karena energi terkuras untuk konsentrasi. IMHO.
Kalau lewat jalan toll memang bikin ngantuk, krn gerakan cenderung statis.
Tangan juga gak pernah mutar stir lebih dari 1 putaran steer.
Lama lama pegel tangan dalam kondisi lengan di posisi jam 10 dan posisi jam 2 (bayangkan jam)..

Tapi tetap sih sy prefer lewat toll. Kalau jalan jauh, pantengin saja di speed 100 kmpj, maka akan sampai juga dengan cepat kalau gak macet,...mungkin kalau speedo rata rata 100-120 kmpj, maka efektifnya bisa dapat 80 km per jam perjalanan...(pastinya ada masanya kita ngerem, sehingga speed drop...lalu gas lagi...dst...

Kalau bisa dapat 10 km per jam perjalanan, maka dari JKT ke Semarang bisa 5 jam 30 menit...dan itu sdh enak banget...

Yang paling bikin gak enak adalah gerakan semu dari tiang tiang pinggir jalan...jalan lurus, speed konstan...tubuh jadi relax...dalam waktu lama bikin kita kayak "bengong" dan "melayang"......
Setuju Om. Ini berarti salah satu contoh pengaplikasian sebuah quote di thread sebelah ya om Ginting, "Ga perlu ngebut.. Yg penting cepat sampai.. [emoji18]"
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

dwi24 wrote:
ginting wrote:
dwi24 wrote: Mon May 28, 2018 7:59 Jika jalan tol sudah tersambung semua, bukan hanya kendaraan yang jadi pertanyaan siap digeber terus-menerus apa nggak, tetapi juga pengendaranya. Menurut saya nyetir di tol lama2 bikin jenuh juga. Potensi kecelakaan juga tinggi. Dan yang saya pribadi rasakan, nyetir dengan kecepatan tinggi jg butuh konsentrasi tinggi yang pd akhirnya badan terasa lebih capek jg karena energi terkuras untuk konsentrasi. IMHO.
Kalau lewat jalan toll memang bikin ngantuk, krn gerakan cenderung statis.
Tangan juga gak pernah mutar stir lebih dari 1 putaran steer.
Lama lama pegel tangan dalam kondisi lengan di posisi jam 10 dan posisi jam 2 (bayangkan jam)..

Tapi tetap sih sy prefer lewat toll. Kalau jalan jauh, pantengin saja di speed 100 kmpj, maka akan sampai juga dengan cepat kalau gak macet,...mungkin kalau speedo rata rata 100-120 kmpj, maka efektifnya bisa dapat 80 km per jam perjalanan...(pastinya ada masanya kita ngerem, sehingga speed drop...lalu gas lagi...dst...

Kalau bisa dapat 10 km per jam perjalanan, maka dari JKT ke Semarang bisa 5 jam 30 menit...dan itu sdh enak banget...

Yang paling bikin gak enak adalah gerakan semu dari tiang tiang pinggir jalan...jalan lurus, speed konstan...tubuh jadi relax...dalam waktu lama bikin kita kayak "bengong" dan "melayang"......
Setuju Om. Ini berarti salah satu contoh pengaplikasian sebuah quote di thread sebelah ya om Ginting, "Ga perlu ngebut.. Yg penting cepat sampai.. [emoji18]"
Wkwkw...itu motto / tagline Roadtrip SM, oom..wkwkwk..

Roadtrip, bebaskan Djiwa..
Here I come...6th June..
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by iwing »

kalo saya jalan santai seperti 60-80 malah gampang ngantuk. tapi kalo 100-120 malah gak gampang ngantuk :mky_01:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adityabp »

evanbngdor wrote: Mon May 28, 2018 6:42
adityabp wrote: Mon May 28, 2018 4:58
evanbngdor wrote: Mon May 28, 2018 4:06 ...cut..

Memang sih kalo kata ortu (lansia) melek malem itu 'bales dendam' nya 2-3x lipat.

Tp ogut sih tetep lebih seneng nyetir malem, nyetir siang meskipun udah pake kacamata hitam&kaca film tebel, tetep aja mata lebih capek, karena pada dasarnya mata ogut ngga bisa kena sinar matahari terlalu banyak

:mky_01: :mky_01:
Kacamata hitamnya yg polarized bukan?
Iya om polarized. Udah gelap maksimal jg itu kacamata hitamnya.

Cuma ya tetep aja, paling gampang ngedeteksi mata saya lebih capek nyetir siang atau malem itu, kalo nyetir siang meskipun udah pake kacamata item sekalipun, kalo nyetir lama, pasti mata merah&pedih. Beda kalo nyetir malem, mata malah terang banget rasanya.

Cuma kalo nyetir malem itu lebih rawan karena suka banyak pengendara yg ngantuk, jd nyetirnya ngga stabil, tiba2 geser tengah, ngerem mendadak, dll.
Waduh, kalo mata sampe merah&perih, no komen deh. :)
Kalo saya dulu sblm pake sunglasses, lama2x pusing di sekitar alis kiri kanan.
Kebetulan 2 mata saya silindris 2.00.
Tanya dokter, disuruh pake sunglases kalo nyetir di siang bolong. Beres.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adityabp »

ginting wrote: Mon May 28, 2018 10:15 ...cut...

Yang paling bikin gak enak adalah gerakan semu dari tiang tiang pinggir jalan...jalan lurus, speed konstan...tubuh jadi relax...dalam waktu lama bikin kita kayak "bengong" dan "melayang"......
Wah, si om mudah terhanyut nih. :mky_01:
Ati2x tiba2x ada penampakan.

Kalo saya dlm kondisi spt ini, biar gak terhanyut, saya malah bikin simulasi di otak saya.
Saya bayangkan misalnya tiba2x ada org nyebrang saya hrs bagaimana.
Atau yg lebih ekstrim pas di tol, saya bayangkan ada mobil nyelonong dari jalur sebelah trus saya hrs bereaksi spt apa.
Serem ya? :big_biglaugh:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by supriyadi »

iwing wrote: Mon May 28, 2018 15:00 kalo saya jalan santai seperti 60-80 malah gampang ngantuk. tapi kalo 100-120 malah gak gampang ngantuk :mky_01:
nyetir 80-100 kpj baru 2 jam dah pegal pundak sama mata. Nyetir 60-80 kpj 5-6 jam masih rileks
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Woompy »

Turboman wrote: Sun May 27, 2018 23:18 Mobil dikendarai pada cruising speed di jalan bebas hambatan itu paling ringan beban-nya.....meluncur dan pendinginan maksimal krn terpaan angin dari depan

Mindset yang harus diubah adalah =

Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka

Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku

Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona

CMIIW
om kalau jalan 100-120 di rpm 2700-3200 itu masih termasuk cruising speed bukan?
pengendiesel wrote: Mon May 28, 2018 10:51
Ryukent wrote: Mon May 28, 2018 7:59
antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Tanya om... Hari normal diluar weekend, jalanan alas baluran itu rame atau sepi ya? Kapan hari mau road trip ke bali kebetulan bukan musim libur jadi batal gara gara ditakutin katanya hutan baluran kalau hari biasa ga ada kendaraan lewat trus dibumbui pake cerita mistis lagi.

Trims infonya..
Kebetulan beberapa kali lewat Baluran di jam 12 malam, 1,2,3,4 pagi. Aman damai sentosa kok, nggak ada hal2 berbau mistis. Yang ada truk2 dengan problem teknis seperti as patah, dll.
kebetulan pernah lewat baluran juga bulan desember 2016 sekitar jam setengah 10. Keadaanya bisa dilihat di foto berikut...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by batumakam »

Semoga cepat tersambung deh transjawa..
Hampir seminggu sekali bolak balik bogor-Semarang-malang, minimal kalo saya lari 100kpj dibawah itu nguantuk poll, walau ber-2 tetep aja kerasa 'lelah' nya wkwkkw....
Kalo lewat jalan biasa enak si, cape bisa minggir mampir ke warung/tempat ibadah, ga begitu cape karna kontur n traffic beda-beda...
Yg trans-Sumatera apakabar ya? Udah sampe mana? Yg sektor lampung udah operasional kah? Udah Lama ndak nyetir ke jalinsum....
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
Ak01382
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 131
Joined: Thu Apr 27, 2017 14:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Ak01382 »

Biasa kalo uda mau deket roadtrip, kurleb h-5 kebiasaan ganti oli dulu biar enak pas digeber
Trus cek tekanan angin, kondisi ban (kalo perlu spooring balancing etc)
Gampangnya dtg ke SND skalian check wiper (karet dan air), radiator.
Slama mobil dirawat berapapun ccnya harusnya aman

Pernah bawa hyundai atoz jakarta semarang
Nyampe si cm berasa kurang nyaman aja kalo pas nyalip.
Idealnya kalo roadtrip bawa mbl cc 1800 ke atas.

Kalo nyetir jauh biasa saya pasang timer 3 jam nyetir trus 20mins berenti buat istrahat ama peregangan
Trus baru lanjut lagi.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

Ak01382 wrote: Mon May 28, 2018 15:44 Biasa kalo uda mau deket roadtrip, kurleb h-5 kebiasaan ganti oli dulu biar enak pas digeber
Trus cek tekanan angin, kondisi ban (kalo perlu spooring balancing etc)
Gampangnya dtg ke SND skalian check wiper (karet dan air), radiator.
Slama mobil dirawat berapapun ccnya harusnya aman

Pernah bawa hyundai atoz jakarta semarang
Nyampe si cm berasa kurang nyaman aja kalo pas nyalip.
Idealnya kalo roadtrip bawa mbl cc 1800 ke atas.

Kalo nyetir jauh biasa saya pasang timer 3 jam nyetir trus 20mins berenti buat istrahat ama peregangan
Trus baru lanjut lagi.
Kalau saya sih gak usah pakai timer, oom.
Pastinya pagi start jalan jam 7 pagi..nanti jam 8.30 udah ada penumpang minta pipis...melipir dulu..
Lalu nanti jam 10-an ada lagi yg mau pipis, atau anak merengek minta cemilan, melipir lagi...
jam 12 sdh makan siang...wkwkwk
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by antonyaulia »

Ryukent wrote: Mon May 28, 2018 7:59
antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Tanya om... Hari normal diluar weekend, jalanan alas baluran itu rame atau sepi ya? Kapan hari mau road trip ke bali kebetulan bukan musim libur jadi batal gara gara ditakutin katanya hutan baluran kalau hari biasa ga ada kendaraan lewat trus dibumbui pake cerita mistis lagi.

Trims infonya..
Biasa aja, gak ada masalah di Baluran, cuma memang panjang ya, 28km menembus hutan, tapi jalan lumayan bagus kok, banyak truck yang jalan agak pelan karena full muatan jadi hati-hati kalo menyalip karena berkelok kelok, kalo hari terang malah banyak monyet yang di tengah jalan di klakson nggak mau minggir, heran saya juga.

Waspada tetap sih, tapi saya sudah tak terhitung tengah malam lewat sana, dan gak ada masalah. kadang kadang memang ada saja yang meminta minta di jalan pake topi dengan dalih mengatur lalu lintas, entah itu truck mogok beneran atau sengaja ditaruh di tengah jalan.

Hari gini gak usah takut cerita mistis, syaratnya harus diawali dengan doa menurut kepercayaan masing masing, dan pikiran jangan pernah kosong. nikmatin perjalanan anda, Oya saya kalo jalan seringkali cuma berdua sama istri, kalopun anak anak ikut mereka juga masih kecil dan perempuan semua, gak pernah ada masalah kok. Pastikan juga kendaraan anda sehat ya.

Kalo jalan super gelap, sepi dan hujan lebat malah pernah saya lewati, jadi hari sudah gelap waktu itu, saya nekat masuk tol darurat. dari solo-sragen sampai walikukun ngawi gak ada masalah, tapi begitu sampai ngawi, hujan deras dan gelap gulita, saya tetap paksa lanjutkan lewat tol tsb, dan nggak ada ketemu satupun kendaraan bermotor lewat maupun berpapasan. Saya sudah deg-degan sebenarnya, tapi saya tetap berusaha tenang, karena ada anak2 ikut.

Mobil yang saya pakai saat itu ANPS jadi relatif merasa aman lah. Alhasil saya keluar tau tau sudah sampai Nganjuk, cukup jauh juga lho itu. Biasanya Solo-Nganjuk itu saya tempuh 4 jam , pas itu cuman 2 jam saja. Sayang sekali pas ke Bali terakhir seminggu yang lalu, semua tol darurat sudah ditutup , gak bisa dilewati lagi, cuma yg resmi dibuka saja yg boleh. Persiapan buat mudik lebaran katanya.
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by batumakam »

antonyaulia wrote: Mon May 28, 2018 20:08
Ryukent wrote: Mon May 28, 2018 7:59
antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.

Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)

Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.

Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.

Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Tanya om... Hari normal diluar weekend, jalanan alas baluran itu rame atau sepi ya? Kapan hari mau road trip ke bali kebetulan bukan musim libur jadi batal gara gara ditakutin katanya hutan baluran kalau hari biasa ga ada kendaraan lewat trus dibumbui pake cerita mistis lagi.

Trims infonya..
Biasa aja, gak ada masalah di Baluran, cuma memang panjang ya, 28km menembus hutan, tapi jalan lumayan bagus kok, banyak truck yang jalan agak pelan karena full muatan jadi hati-hati kalo menyalip karena berkelok kelok, kalo hari terang malah banyak monyet yang di tengah jalan di klakson nggak mau minggir, heran saya juga.

Waspada tetap sih, tapi saya sudah tak terhitung tengah malam lewat sana, dan gak ada masalah. kadang kadang memang ada saja yang meminta minta di jalan pake topi dengan dalih mengatur lalu lintas, entah itu truck mogok beneran atau sengaja ditaruh di tengah jalan.

Hari gini gak usah takut cerita mistis, syaratnya harus diawali dengan doa menurut kepercayaan masing masing, dan pikiran jangan pernah kosong. nikmatin perjalanan anda, Oya saya kalo jalan seringkali cuma berdua sama istri, kalopun anak anak ikut mereka juga masih kecil dan perempuan semua, gak pernah ada masalah kok. Pastikan juga kendaraan anda sehat ya.

Kalo jalan super gelap, sepi dan hujan lebat malah pernah saya lewati, jadi hari sudah gelap waktu itu, saya nekat masuk tol darurat. dari solo-sragen sampai walikukun ngawi gak ada masalah, tapi begitu sampai ngawi, hujan deras dan gelap gulita, saya tetap paksa lanjutkan lewat tol tsb, dan nggak ada ketemu satupun kendaraan bermotor lewat maupun berpapasan. Saya sudah deg-degan sebenarnya, tapi saya tetap berusaha tenang, karena ada anak2 ikut.

Mobil yang saya pakai saat itu ANPS jadi relatif merasa aman lah. Alhasil saya keluar tau tau sudah sampai Nganjuk, cukup jauh juga lho itu. Biasanya Solo-Nganjuk itu saya tempuh 4 jam , pas itu cuman 2 jam saja. Sayang sekali pas ke Bali terakhir seminggu yang lalu, semua tol darurat sudah ditutup , gak bisa dilewati lagi, cuma yg resmi dibuka saja yg boleh. Persiapan buat mudik lebaran katanya.
Walah saya paling males kalo lewat tol darurat di daerah kra-sragen, kalo siang-sore banyak wedus berkeliaran
Mana yg 'ngangon' ga ada, suka nyebrang sambil lari lari kwwkw :frm_bang_head: kalo ga kepepet ogah lewat sini kwkwkw....
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by riisesky »

mulai ada tol jarak jauh gini, cruise control mulai berguna nih, sebelumnya cuma tombol pajangan di setir doang ga kepake
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by PRBS »

Tgl 10 mau coba mudik dengan rutenya toll terus.. (kalau ke jogja berarti mentok di toll semarang ya).. karena first time nyoba mudik pakai mobil under 1300cc,

well lets see apakah enak untuk cruising atau seruntulan.. atau malah bikin badan pegal2 hahaha