Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Digeber dalam artian ngebut terus atau bgmn, pastinya bakal ada namanya speedtrap atau speed cam nantinya, dimana-mana pasti ada maksimum speed di toll.. Btw, untuk jakarta-bali, dulu sebelum ada cipali saya sempat tahun 2006 jakarta-surabaya berhenti semarang dan tuban buat istirahat sejenak menghabiskan waktu sekitar 13jam perjalanan dan untuk sekarang walaupun ada cipali perjalanan yang sama menghabiskan waktu sekitar 15-16jam dihari biasa bukan liburan apalagi mudik.. Artinya memang jalanan semakin padat walau ada yang namanya tol..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Dalam kurun waktu 2006-2016 :
- Motor nambah lk. 40 jt unit
- Mobil nambah 7.5 jt unit
Itu perkiraan kasar saya, silahkan cek data penjualan motor dan mobil per tahun.
Jadi wajar saja average speed makin turun..
- Motor nambah lk. 40 jt unit
- Mobil nambah 7.5 jt unit
Itu perkiraan kasar saya, silahkan cek data penjualan motor dan mobil per tahun.
Jadi wajar saja average speed makin turun..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Edited sorryNYoman wrote:Digeber dalam artian ngebut terus atau bgmn, pastinya bakal ada namanya speedtrap atau speed cam nantinya, dimana-mana pasti ada maksimum speed di toll.. Btw, untuk jakarta-surabaya, dulu sebelum ada cipali saya sempat tahun 2006 jakarta-surabaya berhenti semarang dan tuban buat istirahat sejenak menghabiskan waktu sekitar 13jam perjalanan dan untuk sekarang walaupun ada cipali perjalanan yang sama menghabiskan waktu sekitar 15-16jam dihari biasa bukan liburan apalagi mudik.. Artinya memang jalanan semakin padat walau ada yang namanya tol..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Selama oli yang digunakan bagus, sistem pendinginan (coolant, radiator, kipas, dll) semua sehat kurasa bakal enak-enak aja mau dibawa sepanjang apapun. Yang penting rawatannya. Percuma jalan cuma 10km sehari kalo gak terawat ya bisa aja mogok / overheat.
Asal terawat, mau jalan ribuan KM non-stop enggak masalah...
Tinggal drivernya aja. Yang pasti asal banyak rest area dan SPBU sih aman-aman aja...
Saya pikir kalo jalurnya panjang non-stop gini yang overload pasti truck dan bus AKAP...
Asal terawat, mau jalan ribuan KM non-stop enggak masalah...
Tinggal drivernya aja. Yang pasti asal banyak rest area dan SPBU sih aman-aman aja...
Saya pikir kalo jalurnya panjang non-stop gini yang overload pasti truck dan bus AKAP...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Jgn lupa ban juga, Nda...ChZ wrote:Selama oli yang digunakan bagus, sistem pendinginan (coolant, radiator, kipas, dll) semua sehat kurasa bakal enak-enak aja mau dibawa sepanjang apapun. Yang penting rawatannya. Percuma jalan cuma 10km sehari kalo gak terawat ya bisa aja mogok / overheat.
Asal terawat, mau jalan ribuan KM non-stop enggak masalah...
Tinggal drivernya aja. Yang pasti asal banyak rest area dan SPBU sih aman-aman aja...
Saya pikir kalo jalurnya panjang non-stop gini yang overload pasti truck dan bus AKAP...
Suka kasihan ama yg satu ini, udah posisi paling bawah, paling menderita, sering dilupain.....eh ditambah disiram air seni pulak....
[emoji23]
[emoji111]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Well, asal berangkatnya bukan pas hari libur panjang dalam artian lalin normal sih jkt malang saya yakin sih kisaran 18 jam lah.ransyah1234 wrote:Dulu circa 2006 kalau naik kramat djati berangkat dari malang jam 13.30 sampai di bandung jam 5.30an (16 jam)..itu udah lewat stpdn jatinangor yg jalannya kelok2Mamang555 wrote: Padahal berangkat jam setengah 2 dini hari
Tapi tembus juga sih ke Surabaya sekitar 20 jam. Lepas CIkarang sampe brexit lancar jaya
Baliknya juga sekitar 20 jam tapi sudah start dari Malang
Istirahat lumayan banyak tapi rata2 hanya 5-10 menit (toilet dan basuh muka aja)
Istirahat yang agak lama sekitar 2x (sarapan pagi dan makan siang menjelang sore sekalian shalat)
Saya bingung sampe sekarang..dulu ga ada tol cipali..bis juga ga kenceng2 amat (selalu disusulin pahala kencana n lorena malang-bdg yg berangkat lebih telat di daerah lamongan tepi laut) kok bisa secepet itu ya.
Saya berulang kali jakarta malang nyetir sendiri saya hitung effective time (minus berhenti2 istirahat) 17-18 jam lho
Apa ini artinya jalanan makin macet parah jadi avg speed bis jaman dulu lebih kenceng daripada saya bawa mobil sendiri?
Well..ga apple to apple sih..atau ada yang tau jkt-malang or bdg-malang naik bis skrg berapa lama?
Dibawah itu bisa aja.. tapi dengan catatan ga banyak istirahat dan momen nya pas kosong terus (start malam jam 10 up)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Faktor trafik sangat menentukan kecepatan rata2. Dulu waktu masih jaman mahasiswa, gw kalau setir dari Bandung ke Wonogiri selalu jalan malam berangkat jam 9-9:30. Berhenti makan di restoran yang sama sekitar jam 12-12:30. Karena jaman itu Pertamax Plus masih jarang di luar kota besar, hanya ada satu pom bensin yang kebetulan pas di tengah rutenya. Sampai di Solo mesti isi full tank lagi karena tidak ada Plus di Wonogiri. Sampai di tujuan sekitar jam 5-6 pagi.
Berhenti pertama di restoran yang namanya gw sudah lupa, kemudian di pom bensin tengah2, berhenti lagi sekitar jam 2-2:30 pagi karena tidak kuat (tidur 15-30 menit), dan berhenti terakhir di Solo isi Pertamax Plus. Total sekitar 9-10 jam.
Paling enak kalau nyetir di Indo itu malam buta. Trafik sangat sepi (tidak ada sepeda motor dan kendaraan tidak bermotor) dan leluasa. Bisa makan jalan seenak udel dan ngebut pol
Berhenti pertama di restoran yang namanya gw sudah lupa, kemudian di pom bensin tengah2, berhenti lagi sekitar jam 2-2:30 pagi karena tidak kuat (tidur 15-30 menit), dan berhenti terakhir di Solo isi Pertamax Plus. Total sekitar 9-10 jam.
Paling enak kalau nyetir di Indo itu malam buta. Trafik sangat sepi (tidak ada sepeda motor dan kendaraan tidak bermotor) dan leluasa. Bisa makan jalan seenak udel dan ngebut pol

Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Ya oom... ban termasuk. Kondisi ban gak bagus bisa berakibat sangat parah di perjalanan long-haul... Entah tekanan ban kurang, atau kembangan yang udah tipis.paidjho wrote: Jgn lupa ban juga, Nda...
Suka kasihan ama yg satu ini, udah posisi paling bawah, paling menderita, sering dilupain.....eh ditambah disiram air seni pulak....
[emoji23]
[emoji111]
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Barusan liat di grub fb crv,ada mecry yg ngebut dari kiri trus asal potong ke kanan,padahal ujan deres,dan akhirnya si mercy mlintir 360 drajat ke jalur sebelah..
Btw fitur vsa pada crv apakah ngaruh kalo ujan deres?
Btw fitur vsa pada crv apakah ngaruh kalo ujan deres?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20
Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Itu mercy kena aquaplaning, lg galau turun dari subang mau ke bogor, bawa anaknya yg sakit.ipat wrote:Barusan liat di grub fb crv,ada mecry yg ngebut dari kiri trus asal potong ke kanan,padahal ujan deres,dan akhirnya si mercy mlintir 360 drajat ke jalur sebelah..
Btw fitur vsa pada crv apakah ngaruh kalo ujan deres?
#infoLgsngDrYBS
ipat wrote:Barusan liat di grub fb crv,ada mecry yg ngebut dari kiri trus asal potong ke kanan,padahal ujan deres,dan akhirnya si mercy mlintir 360 drajat ke jalur sebelah..
Btw fitur vsa pada crv apakah ngaruh kalo ujan deres?
Sent from my SM-N910H using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Ngeri emang kalo ujan deres gitu,gampang bgt aquaplaning,dulu waktu pertama bawa truk grimis dikit pas ngerem maen brik (exhaust brake) langsung mlintir tuh truk sy..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Toll jkt ke Jatim sudah terhubung,bikin penasaran,kalau speed 80 km/jam ,berapa jam ya jkt ke sby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Hah? Bukannya masih sampai tegal ya om tolnya?
Terakhir saya ke jakarta tolnya cuma sampai tegal om .
Saya jadi sangsi akhir 2018 jakarta surabaya sudah dihubungkan oleh jalan tol...
Terakhir saya ke jakarta tolnya cuma sampai tegal om .
Saya jadi sangsi akhir 2018 jakarta surabaya sudah dihubungkan oleh jalan tol...
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Sudah om setahu saya juga, cuma masih banyak yang statusnya tol fungsional, alias alakadarnya dan hanya diarus mudik saja.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.
Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)
Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.
Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.
Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)
Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.
Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.
Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Fri May 05, 2017 16:37
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
belum kok. 2 minggu yg lalu saya roadtrip bandung-surabaya. masuk tol kertajati keluar brebes timur. masuk lg semarang keluar salatiga. masuk lagi kertosono keluar surabaya.nugroho bagor wrote:Toll jkt ke Jatim sudah terhubung,bikin penasaran,kalau speed 80 km/jam ,berapa jam ya jkt ke sby
signifikan sih, pas balik dari surabaya lewat tol yg sama, ditambah jalan nasional dari kertosono, sampe solo cuma butuh sekitar 4 jam.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Heh, kuat banget tuh om.antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.
Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)
Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.
Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.
Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Padahal yang paling merusaj pas idle gini om.
Kalo jalan non stop tapi cruising speed sih malah sehat harusnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Mobil dikendarai pada cruising speed di jalan bebas hambatan itu paling ringan beban-nya.....meluncur dan pendinginan maksimal krn terpaan angin dari depan
Mindset yang harus diubah adalah =
Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka
Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku
Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona
CMIIW
Mindset yang harus diubah adalah =
Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka
Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku
Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Pengalaman terakhir coba sby kertosono, dg mobil proper (nyaman & g terlalu capek).supriyadi wrote: Sun May 27, 2018 15:19 kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
Memang nyetir ideal itu 4-5 jam.
Kalo toll aja dg lanehogger dikit mungkin bisa stabil sampai 5 jam.
Tapi kalo dah di jalan biasa, yg banyak traffic obstacle macem motor, angkot, truk, maksimal 4 jam. Lebih dari itu konsentrasi drop.
Setuju om, jalan tol bukan sirkuit.Turboman wrote: Sun May 27, 2018 23:18 Mindset yang harus diubah adalah =
Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka
Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku
Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona
CMIIW
Apalagi kalo batas aturan bisa di berlakukan dg adil untuk overspeeding & underspeed.
Pengalaman roadtrip di luar kemarin, betul2 membuka mata kalo nyetir di luar bener2 nikmati jalan, ntah itu di interstate, highway atau parkway. Apalagi kalo sempat nyasar ke country nya.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Ini benar sekali, yang ane BOLD...benar sekali ...gadjahalphien wrote: Mon May 28, 2018 0:07Pengalaman terakhir coba sby kertosono, dg mobil proper (nyaman & g terlalu capek).supriyadi wrote: Sun May 27, 2018 15:19 kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
Memang nyetir ideal itu 4-5 jam.
Kalo toll aja dg lanehogger dikit mungkin bisa stabil sampai 5 jam.
Tapi kalo dah di jalan biasa, yg banyak traffic obstacle macem motor, angkot, truk, maksimal 4 jam. Lebih dari itu konsentrasi drop.
Setuju om, jalan tol bukan sirkuit.Turboman wrote: Sun May 27, 2018 23:18 Mindset yang harus diubah adalah =
Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka
Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku
Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona
CMIIW
Apalagi kalo batas aturan bisa di berlakukan dg adil untuk overspeeding & underspeed.
Pengalaman roadtrip di luar kemarin, betul2 membuka mata kalo nyetir di luar bener2 nikmati jalan, ntah itu di interstate, highway atau parkway. Apalagi kalo sempat nyasar ke country nya.
saya pernah nyetir 24 jam dari Ciputat sampai Palembang. Start jam 12 malam, tiba di Hotel jam 12 malam lagi..
rasanya reactime time saya itu jauh melambat dan pinginnya cepat2 sampai...tapi saya tahu itulah awal celaka,...maka sy putuskan untuk jalan selow saja, karena macet juga...yg penting selamat....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Beberapa tahun silam juga saya 26 jam Jakarta-solo nonstop, mesin selalu nyala. Makan juga di mobil sambil jalan. Ngga pake berenti karena ngejar waktu banget.antonyaulia wrote: Sun May 27, 2018 14:20 untuk lebaran tahun ini masih banyak yang darurat, dari bawen ke solo masih darurat, solo ngawi masih darurat, ngawi wilangan full operasi, wilangan kertosono darurat, kertosono jombang darurat, jombang mojokerto surabaya pasuruan full operasi.
Meskipun darurat, sebenarnya sudah sangat layak dilalui, karena yang belum terselesaikan cuman persimpangan antar kampung (overpass)
Saya sudah melewati jalan tol tersebut berulang kali (gratisan), tapi akhir akhir ini yang masih darurat memang ditutup karena ngebut menyelesaikan finishing, dimaksudkan supaya tidak terganggu lalu lalang kendaraan lewat.
Menurut saya kekurangan hanya di pencahayaan, tapi di kiri kanan sudah terpasang mata kucing (scothlite) di sepanjang ruas jalan tol tsb.
Masalah mobil kuat atau tidak, kalau mobil baru ya pasti kuat kuat saja. saya tiap 3 bulan perjalanan Solo Bali kalopun istirahat jarang banget matikan mesin, bahkan tidurpun di mobil ac selalu nyala, mati paling cuma di Kapal Feri saja. atau pas makan saja.
Bulan lalu ke Temanggung juga berenti cuma 1x di AKR alas roban, Berangkat malem jam 10, sampe di AKR jam 6 pagi. Kalo jalan malem malah lebih jarang berenti2


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalo saya, sebelum react-time anjlok, kemampuan otak utk kalkulasi jarak tiba2x melorot, nyaris hang.ginting wrote: Mon May 28, 2018 1:36Ini benar sekali, yang ane BOLD...benar sekali ...gadjahalphien wrote: Mon May 28, 2018 0:07Pengalaman terakhir coba sby kertosono, dg mobil proper (nyaman & g terlalu capek).supriyadi wrote: Sun May 27, 2018 15:19 kalo mobil saya rasa siap, tapi apakah drivernya siap. Pengalaman nyopir maks 5 jam mesti rehat dulu ngopi & tiduran selayang
Memang nyetir ideal itu 4-5 jam.
Kalo toll aja dg lanehogger dikit mungkin bisa stabil sampai 5 jam.
Tapi kalo dah di jalan biasa, yg banyak traffic obstacle macem motor, angkot, truk, maksimal 4 jam. Lebih dari itu konsentrasi drop.
Setuju om, jalan tol bukan sirkuit.Turboman wrote: Sun May 27, 2018 23:18 Mindset yang harus diubah adalah =
Jalan Tol bukanlah Sirkuit terbuka
Patuhilah aturan batas kecepatan yang berlaku
Eniwei kan udah mulai diterapkan juga penilangan thd pelanggar batas kecepatan di beberapa zona
CMIIW
Apalagi kalo batas aturan bisa di berlakukan dg adil untuk overspeeding & underspeed.
Pengalaman roadtrip di luar kemarin, betul2 membuka mata kalo nyetir di luar bener2 nikmati jalan, ntah itu di interstate, highway atau parkway. Apalagi kalo sempat nyasar ke country nya.
saya pernah nyetir 24 jam dari Ciputat sampai Palembang. Start jam 12 malam, tiba di Hotel jam 12 malam lagi..
rasanya reactime time saya itu jauh melambat dan pinginnya cepat2 sampai...tapi saya tahu itulah awal celaka,...maka sy putuskan untuk jalan selow saja, karena macet juga...yg penting selamat....

Langsung segera cari pom bensin buat tidur.
Paling apes ya pas di cipali, kan jarak antar rest area jauh banget tuh. Ya udahlah dipaksain terus jalan ampe ketemu rest area.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalo saya nyetir jauh sekarang bukan masalah durasi, lebih ke arah jam biologis tidur. Mau istirahat sebanyak apapun kalo sudah masuk jam istirahat biologis pasti ngantuk. Biasanya jam 01.00 - 03.00 dinihari itu jam paling ngantuk. kalo siang sekitar jam 14.00-15.00 itu ngantuk juga.
pernah nyetir depok-surabaya, cuma berhenti tidur sejam pas jam itu aja. sisanya bisa gaspol.
apa ini faktor umur ya?soalnya dulu waktu masih SMA nyetir klaten-jakarta via pantura (belum ada tol cipali) kuat-kuat aja dari sore sampe pagi tanpa istirahat
pernah nyetir depok-surabaya, cuma berhenti tidur sejam pas jam itu aja. sisanya bisa gaspol.
apa ini faktor umur ya?soalnya dulu waktu masih SMA nyetir klaten-jakarta via pantura (belum ada tol cipali) kuat-kuat aja dari sore sampe pagi tanpa istirahat

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Memang sih kalo kata ortu (lansia) melek malem itu 'bales dendam' nya 2-3x lipat.EOR24 wrote: Mon May 28, 2018 2:29 Kalo saya nyetir jauh sekarang bukan masalah durasi, lebih ke arah jam biologis tidur. Mau istirahat sebanyak apapun kalo sudah masuk jam istirahat biologis pasti ngantuk. Biasanya jam 01.00 - 03.00 dinihari itu jam paling ngantuk. kalo siang sekitar jam 14.00-15.00 itu ngantuk juga.
pernah nyetir depok-surabaya, cuma berhenti tidur sejam pas jam itu aja. sisanya bisa gaspol.
apa ini faktor umur ya?soalnya dulu waktu masih SMA nyetir klaten-jakarta via pantura (belum ada tol cipali) kuat-kuat aja dari sore sampe pagi tanpa istirahat![]()
Tp ogut sih tetep lebih seneng nyetir malem, nyetir siang meskipun udah pake kacamata hitam&kaca film tebel, tetep aja mata lebih capek, karena pada dasarnya mata ogut ngga bisa kena sinar matahari terlalu banyak


1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T