Setir Livina
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19
Setir Livina
helo guys, g salah satu yg lg indent livina 1.8 AT nih. G selama ini sebelum dapet mobil nya bnyk baca majalah2 or tabloid ttg si GL. Terakhir g baca di Autocar ttg GL katanya setir nya ringan banget ya , jadi berbahaya kalo waktu jalan kenceng , bener ga sih ?
g sih memang waktu TD berasa ini setir enteng amat , tapi g perkirakan kalo nanti lagi ngebut dgn GL , setir nya akan jadi berat dgn sendirinya. kalo ga salah ada fitur nya kan kayak gitu? tapi knapa di autocar bilang nya berbahaya ya ? jd bingung...
kalo emang bener enteng bngt waktu ngebut ya bahaya , apa ada solusinya jika memang begitu ? sharing nya pls bagi yg uda punya GL trus ud di tes di jalan tol dgn kecepatan lebih dari 100km/jam.
g sih memang waktu TD berasa ini setir enteng amat , tapi g perkirakan kalo nanti lagi ngebut dgn GL , setir nya akan jadi berat dgn sendirinya. kalo ga salah ada fitur nya kan kayak gitu? tapi knapa di autocar bilang nya berbahaya ya ? jd bingung...
kalo emang bener enteng bngt waktu ngebut ya bahaya , apa ada solusinya jika memang begitu ? sharing nya pls bagi yg uda punya GL trus ud di tes di jalan tol dgn kecepatan lebih dari 100km/jam.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52
Halo juga Bung Avatar...
Kebetulan sy baru ngetest Livi 1,8 M/T sy yg baru seminggu di garasi, minggu lalu nopol n STNK-nya br datang jadi long weekend kemarin langsung test di tol.
Pengalaman pas di tol sempat ngebejek ampe 120 kpj sambil maenin setir hindari truk yang ngelambat di lajur kanan trus banting kanan lg berhubung ada lagi Kapsul di lajur kiri yang rada lambat.
Rasanya sih setirnya masih safe aja ga ada gejala terlalu ringan yang sy rasain...
Kebetulan sy baru ngetest Livi 1,8 M/T sy yg baru seminggu di garasi, minggu lalu nopol n STNK-nya br datang jadi long weekend kemarin langsung test di tol.
Pengalaman pas di tol sempat ngebejek ampe 120 kpj sambil maenin setir hindari truk yang ngelambat di lajur kanan trus banting kanan lg berhubung ada lagi Kapsul di lajur kiri yang rada lambat.
Rasanya sih setirnya masih safe aja ga ada gejala terlalu ringan yang sy rasain...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59
Nah itu dia.. saya sempat mepredicksi ada something wrong antara NMI dan Autocardony wrote:Kalau saya baca majalah autocar, perbandingan ama inova dan yg 1.5 dgn Terios, majalah lbh memenangkan T.Inova dan Terios, pokoknya sich sy nilai parah nich majalah.
Dulu waktu jaman awal launching, cuman Autocar yang bilang GL jelek sedangkan majalah lain GL better daripada yan lain
Kalau dilihat-lihat sih GL memang tidka pasang iklan di Autocar (???)
Kalau di Autobild, Top Gear dan Otomotifkan gede tuh iklannya
NMI kayaknya gak bagi-bagi rejeki ke Autocar
Saya sudah baca Autocar yang baru
Yang paling aneh sih akselerasi GL sama Innova kok bisa sama ya
Padahal kalau di media lain seingat saya GL yang menang jauh
Kalau analaisa dari sisi kapasitas tempat duduk, GL pasti kalah lah
Terus interior bagus atau tidak juga relatif
Tapi kalau akselerasi itu kan diukur pakai alat jadi harusnya konsisten antara media satu dengan yang lain
NMI harus atur strategi PR nya tuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
wah mendingan gak usah atur2 strategi gitu deh. hehehe. biarin aja ada media yg kagak dikasih fulus jadi anti. biarin aja. hehehe
apa yg termasuk strategi PR ? kalo bagi2 fulus doank. wah medianya disogok doank. males deh. emang sih, di indonesia susah, media aja yg objektif dan gak terkontaminasi sponsor ada gak ya.... ???
apa yg termasuk strategi PR ? kalo bagi2 fulus doank. wah medianya disogok doank. males deh. emang sih, di indonesia susah, media aja yg objektif dan gak terkontaminasi sponsor ada gak ya.... ???
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Tue Apr 03, 2007 6:22
Wah bro jangan langsung menghakimi gitu dong bro ghost,..ghost wrote:Nah itu dia.. saya sempat mepredicksi ada something wrong antara NMI dan Autocardony wrote:Kalau saya baca majalah autocar, perbandingan ama inova dan yg 1.5 dgn Terios, majalah lbh memenangkan T.Inova dan Terios, pokoknya sich sy nilai parah nich majalah.
Dulu waktu jaman awal launching, cuman Autocar yang bilang GL jelek sedangkan majalah lain GL better daripada yan lain
Kalau dilihat-lihat sih GL memang tidka pasang iklan di Autocar (???)
Kalau di Autobild, Top Gear dan Otomotifkan gede tuh iklannya
NMI kayaknya gak bagi-bagi rejeki ke Autocar
Saya sudah baca Autocar yang baru
Yang paling aneh sih akselerasi GL sama Innova kok bisa sama ya
Padahal kalau di media lain seingat saya GL yang menang jauh
Kalau analaisa dari sisi kapasitas tempat duduk, GL pasti kalah lah
Terus interior bagus atau tidak juga relatif
Tapi kalau akselerasi itu kan diukur pakai alat jadi harusnya konsisten antara media satu dengan yang lain
NMI harus atur strategi PR nya tuh
Soale saya juga salah orang yang heran kenapa semua tabloid atau majalah mengangkat livina ini terlalu tinggi,...
Ya itu semua cuman masalah cara markerting NMI,...
Jadi bagus dong bung ghost kalau ada yang memberitakan kekurangan livina kan bisa jadi masukan, bukan bagus2nya doang,..
Peace Bro,..
Last edited by Gajah_Bengkak on Tue Jun 05, 2007 3:07, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59
Gak kok.. saya gak ada masalah sama comment negatif dari mediaGajah_Bengkak wrote:ghost wrote:
Jadi bagus dong bung ghost kalau ada yang memberitakan kekurangan livina kan bisa jadi masukan, bukan bagus2nya doang,..
Peace Bro,..
Misalnya kelegaan tempat duduk kan memang GL kalah dari Innova
Semua media juga bilang begitu sih
Terus masalah interior luxuriousness.. itu masalah selera..
Tapi kalau sesuatu yang diukur dengan alat misalnya akselerasi atau pengereman kan harusnya antara media satu dan yang lainnya ada kecenderungan sama
Sama angkanya atau paling gak trendnya sama misalnya beda 2 detik atau 3 detik
Kalau media satu beda 3 detik antara GL dan Innova sedangkan media lain hasilnya sama kan pasti ada yang aneh tuh
Mungkin testernya ganti orang kali ya pas nge tes GL si A dan pas nge tes Innova si B jadi hasilnya gak konsisten
Auk ah gelap
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19
well enough lah guys about review GL on magz , plus minus yg direview magz bikin kita jd lebih tau lg kan about GL, so lets go back to topic hehe..
bung testarossa , thanx buat sharingnya. berarti setir gl masi ok ya, terasa mantap dong walau ngebut. tapi setir nya memang enteng bngt kan ya waktu jalan pelan? kyaknya lbi enteng dr jazzy g yg skrg.
rekan2 yg laen yg ud nyobain GL at high speed? mana ni pendapatnya? bung sith? bung wardana? bung nissan lover? dll
btw kalo misal nanti ganti velg gedean ex. 17 or 18 inch pengaruh ga ke setir? lebi enteng atau tambah berat?
bung testarossa , thanx buat sharingnya. berarti setir gl masi ok ya, terasa mantap dong walau ngebut. tapi setir nya memang enteng bngt kan ya waktu jalan pelan? kyaknya lbi enteng dr jazzy g yg skrg.
rekan2 yg laen yg ud nyobain GL at high speed? mana ni pendapatnya? bung sith? bung wardana? bung nissan lover? dll
btw kalo misal nanti ganti velg gedean ex. 17 or 18 inch pengaruh ga ke setir? lebi enteng atau tambah berat?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
aman.tenang aja.menurut saya malah setirnya biasa saja.alias tidak berat tidak ringan. terbukti dibawa kecepatan diatas 150rb setir tetap kokoh. yang penting konsentrasi.
avatar wrote:well enough lah guys about review GL on magz , plus minus yg direview magz bikin kita jd lebih tau lg kan about GL, so lets go back to topic hehe..
bung testarossa , thanx buat sharingnya. berarti setir gl masi ok ya, terasa mantap dong walau ngebut. tapi setir nya memang enteng bngt kan ya waktu jalan pelan? kyaknya lbi enteng dr jazzy g yg skrg.
rekan2 yg laen yg ud nyobain GL at high speed? mana ni pendapatnya? bung sith? bung wardana? bung nissan lover? dll
btw kalo misal nanti ganti velg gedean ex. 17 or 18 inch pengaruh ga ke setir? lebi enteng atau tambah berat?
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Yg gw tau GL sudah ada sensor untuk kecepatan untuk elektronik powersteeringnya.. jadi kalo pada saat kecepatan tinggi stir makin berat.. jd terkesan lebih mantep.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52
Sama-sama Bung Avatar, sy cuma bisa bandingin ma All New tua saya, kalo misalnya muter balik 180 gt lebih enteng Livi, nah klo di kecepatan tinggi beratnya sama saja. Jadi memang mungkin ada mekanisme di Livi sehingga semakin tinggi kecepatan maka putaran setirnya tidak menjadi semakin ringan...avatar wrote: bung testarossa , thanx buat sharingnya. berarti setir gl masi ok ya, terasa mantap dong walau ngebut. tapi setir nya memang enteng bngt kan ya waktu jalan pelan? kyaknya lbi enteng dr jazzy g yg skrg.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
Menurut desainer mobilnya, yg kebetulan (katanya) desainernya X-Trail juga, setir yang enteng itu disengaja, karena GL terutama ditujukan agar pengemudi mudah melakukan manuver2 tanpa menguras tenaga terlalu besar.
Kalau soal berbahaya, gue rasa itu pendapat yg salah, mungkin pe-review nggak biasa setir ringan. Pada saat kecepatan tinggi, otomatis setir akan cenderung lurus dan menjadi lebih berat untuk dibelokkan.
Justru dengan setir yang ringan itu kalo menurut gue sih enak-enak aja, setir diputar pake 1 tangan juga masih ok kok... kalo mau tahu Xtrail juga punya karakter setir yg ringan, walaupun SUV. Serena pun ringan juga. Justru itu letak keunggulan GL.
Kalau soal berbahaya, gue rasa itu pendapat yg salah, mungkin pe-review nggak biasa setir ringan. Pada saat kecepatan tinggi, otomatis setir akan cenderung lurus dan menjadi lebih berat untuk dibelokkan.
Justru dengan setir yang ringan itu kalo menurut gue sih enak-enak aja, setir diputar pake 1 tangan juga masih ok kok... kalo mau tahu Xtrail juga punya karakter setir yg ringan, walaupun SUV. Serena pun ringan juga. Justru itu letak keunggulan GL.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19
menurut pikiran saya sih jg gitu bung testarossa,bung Maxx dan bung soraksorai, pasti ada semacam fitur begitu tapi waktu sya baca autocar di review nya begitu saya jadi sedikit khawatir , but yahh maybe yg Test drive di autocar orgnya biasa bawa TRUCK kale yaaa...jadi begitu dapet setir GL yg enteng dibilang enteng bangett dan berbahayaaa...hehe...
sebenarnya sih stir ringan itu memang bagus, bikin ga pegel ya..tapi kalo lagi kita ngebut setir tetep ringan itu yg berbahaya kan...
but well....ya ud sedikit lega lah denger review2 dari temen2 semua.
masih ada review2 ttg setir GL dari temen2 yg laen ??
ohya kalo ganti velg gede gimana ya jadinya ? sama aja kah ?
sebenarnya sih stir ringan itu memang bagus, bikin ga pegel ya..tapi kalo lagi kita ngebut setir tetep ringan itu yg berbahaya kan...
but well....ya ud sedikit lega lah denger review2 dari temen2 semua.
masih ada review2 ttg setir GL dari temen2 yg laen ??
ohya kalo ganti velg gede gimana ya jadinya ? sama aja kah ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52
hahahaha...
Masa sih segitunya Bung Sukasuka...kalo saya sih ada sajalah lebih jeleknya untuk point2 tertentu dan lebih bagusnya juga dibandingkan dg yang laen, misal Innova or Stream dll. ya wajar aja sih, it's only a car.
Ada beberapa thread tuh yang di dlmnya ada plus minus Livina dibandingkan beberapa kompetitior...
Masa sih segitunya Bung Sukasuka...kalo saya sih ada sajalah lebih jeleknya untuk point2 tertentu dan lebih bagusnya juga dibandingkan dg yang laen, misal Innova or Stream dll. ya wajar aja sih, it's only a car.
Ada beberapa thread tuh yang di dlmnya ada plus minus Livina dibandingkan beberapa kompetitior...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
bung sukasuka, bukan gak terima, cuma pengen meluruskan fakta yang sesungguhnya, karena setir yg ringan ini sama-sekali "tidak berbahaya". Supaya tidak muncul persepsi yang salah.
justru 'fenomena livina' ini istimewa sekali, mobil baru tapi penggemarnya sudah bejibun!
semoga saja atpm lain jadi terpacu untuk mengeluarkan produk2 baru yang lebih kompetitif lagi daripada livina.
justru 'fenomena livina' ini istimewa sekali, mobil baru tapi penggemarnya sudah bejibun!
semoga saja atpm lain jadi terpacu untuk mengeluarkan produk2 baru yang lebih kompetitif lagi daripada livina.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Yakin sudah ada di livina? ada referensinya? mungkin merek lain sih untuk kelas tertentu seperti sudah ada dari th 90an.. cuman siapa tahu ini juga dipangkas demi harga jual. apa disini ada yang yakin kalau fiture itu (jalan diatas 80km setir jadi berat) sudah ada dilivina?
Leonhearts wrote:Bukannya yang 1.8 sudah ada activesteeringnya, kalo pada kecepatan tinggi steer jadi berat?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Fri Mar 23, 2007 4:00
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:45
Iya saya juga merasakan hal sama saat pertama kali TD. Inget saya dulu saya pernah soal ini tapi mungkin kaga ada yg engeh. Jadi waktu saya cuma perasaan saya sendiri yang lagi kurang beres, sekarang ternyata ada yg merasakan hal yg sama ya. Waktu TD itu saya mikir kalo nyetir lama beberapa jam bisa jadi pegel kaga ya?xboy wrote:omong2 soal setir GL ....
Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).
Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52
xboy wrote:omong2 soal setir GL ....
Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).
Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.
Wah

ichsan_n wrote:Yakin sudah ada di livina? ada referensinya? mungkin merek lain sih untuk kelas tertentu seperti sudah ada dari th 90an.. cuman siapa tahu ini juga dipangkas demi harga jual. apa disini ada yang yakin kalau fiture itu (jalan diatas 80km setir jadi berat) sudah ada dilivina?
Pendapat saya sih belum ada ya active steering ini
