Setir Livina

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

avatar
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19

Setir Livina

Post by avatar »

helo guys, g salah satu yg lg indent livina 1.8 AT nih. G selama ini sebelum dapet mobil nya bnyk baca majalah2 or tabloid ttg si GL. Terakhir g baca di Autocar ttg GL katanya setir nya ringan banget ya , jadi berbahaya kalo waktu jalan kenceng , bener ga sih ?
g sih memang waktu TD berasa ini setir enteng amat , tapi g perkirakan kalo nanti lagi ngebut dgn GL , setir nya akan jadi berat dgn sendirinya. kalo ga salah ada fitur nya kan kayak gitu? tapi knapa di autocar bilang nya berbahaya ya ? jd bingung...
kalo emang bener enteng bngt waktu ngebut ya bahaya , apa ada solusinya jika memang begitu ? sharing nya pls bagi yg uda punya GL trus ud di tes di jalan tol dgn kecepatan lebih dari 100km/jam.
testarossa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52

Post by testarossa »

Halo juga Bung Avatar...
Kebetulan sy baru ngetest Livi 1,8 M/T sy yg baru seminggu di garasi, minggu lalu nopol n STNK-nya br datang jadi long weekend kemarin langsung test di tol.
Pengalaman pas di tol sempat ngebejek ampe 120 kpj sambil maenin setir hindari truk yang ngelambat di lajur kanan trus banting kanan lg berhubung ada lagi Kapsul di lajur kiri yang rada lambat.
Rasanya sih setirnya masih safe aja ga ada gejala terlalu ringan yang sy rasain...
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Kalau saya baca majalah autocar, perbandingan ama inova dan yg 1.5 dgn Terios, majalah lbh memenangkan T.Inova dan Terios, pokoknya sich sy nilai parah nich majalah.
ghost
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59

Post by ghost »

dony wrote:Kalau saya baca majalah autocar, perbandingan ama inova dan yg 1.5 dgn Terios, majalah lbh memenangkan T.Inova dan Terios, pokoknya sich sy nilai parah nich majalah.
Nah itu dia.. saya sempat mepredicksi ada something wrong antara NMI dan Autocar
Dulu waktu jaman awal launching, cuman Autocar yang bilang GL jelek sedangkan majalah lain GL better daripada yan lain

Kalau dilihat-lihat sih GL memang tidka pasang iklan di Autocar (???)
Kalau di Autobild, Top Gear dan Otomotifkan gede tuh iklannya
NMI kayaknya gak bagi-bagi rejeki ke Autocar

Saya sudah baca Autocar yang baru
Yang paling aneh sih akselerasi GL sama Innova kok bisa sama ya
Padahal kalau di media lain seingat saya GL yang menang jauh
Kalau analaisa dari sisi kapasitas tempat duduk, GL pasti kalah lah
Terus interior bagus atau tidak juga relatif
Tapi kalau akselerasi itu kan diukur pakai alat jadi harusnya konsisten antara media satu dengan yang lain

NMI harus atur strategi PR nya tuh
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

wah mendingan gak usah atur2 strategi gitu deh. hehehe. biarin aja ada media yg kagak dikasih fulus jadi anti. biarin aja. hehehe

apa yg termasuk strategi PR ? kalo bagi2 fulus doank. wah medianya disogok doank. males deh. emang sih, di indonesia susah, media aja yg objektif dan gak terkontaminasi sponsor ada gak ya.... ???
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Post by HS »

mungkin GL pake active steering yg kayak di bmw kale ya..Pas mau parkir ato jalan pelan setir jadi enteng atau sensitivitasnya tinggi,sedangkan pada saat Kecepatan tinggi jadi berkurang sensitivitasnya..
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
Gajah_Bengkak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Tue Apr 03, 2007 6:22

Post by Gajah_Bengkak »

ghost wrote:
dony wrote:Kalau saya baca majalah autocar, perbandingan ama inova dan yg 1.5 dgn Terios, majalah lbh memenangkan T.Inova dan Terios, pokoknya sich sy nilai parah nich majalah.
Nah itu dia.. saya sempat mepredicksi ada something wrong antara NMI dan Autocar
Dulu waktu jaman awal launching, cuman Autocar yang bilang GL jelek sedangkan majalah lain GL better daripada yan lain

Kalau dilihat-lihat sih GL memang tidka pasang iklan di Autocar (???)
Kalau di Autobild, Top Gear dan Otomotifkan gede tuh iklannya
NMI kayaknya gak bagi-bagi rejeki ke Autocar

Saya sudah baca Autocar yang baru
Yang paling aneh sih akselerasi GL sama Innova kok bisa sama ya
Padahal kalau di media lain seingat saya GL yang menang jauh
Kalau analaisa dari sisi kapasitas tempat duduk, GL pasti kalah lah
Terus interior bagus atau tidak juga relatif
Tapi kalau akselerasi itu kan diukur pakai alat jadi harusnya konsisten antara media satu dengan yang lain

NMI harus atur strategi PR nya tuh
Wah bro jangan langsung menghakimi gitu dong bro ghost,..

Soale saya juga salah orang yang heran kenapa semua tabloid atau majalah mengangkat livina ini terlalu tinggi,...

Ya itu semua cuman masalah cara markerting NMI,...

Jadi bagus dong bung ghost kalau ada yang memberitakan kekurangan livina kan bisa jadi masukan, bukan bagus2nya doang,..

Peace Bro,..
Last edited by Gajah_Bengkak on Tue Jun 05, 2007 3:07, edited 1 time in total.
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

hahahahh.tak semua harus sama kan?.
dony wrote:Kalau saya baca majalah autocar, perbandingan ama inova dan yg 1.5 dgn Terios, majalah lbh memenangkan T.Inova dan Terios, pokoknya sich sy nilai parah nich majalah.
ghost
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59

Post by ghost »

Gajah_Bengkak wrote:
ghost wrote:
Jadi bagus dong bung ghost kalau ada yang memberitakan kekurangan livina kan bisa jadi masukan, bukan bagus2nya doang,..

Peace Bro,..
Gak kok.. saya gak ada masalah sama comment negatif dari media
Misalnya kelegaan tempat duduk kan memang GL kalah dari Innova
Semua media juga bilang begitu sih
Terus masalah interior luxuriousness.. itu masalah selera..

Tapi kalau sesuatu yang diukur dengan alat misalnya akselerasi atau pengereman kan harusnya antara media satu dan yang lainnya ada kecenderungan sama
Sama angkanya atau paling gak trendnya sama misalnya beda 2 detik atau 3 detik

Kalau media satu beda 3 detik antara GL dan Innova sedangkan media lain hasilnya sama kan pasti ada yang aneh tuh
Mungkin testernya ganti orang kali ya pas nge tes GL si A dan pas nge tes Innova si B jadi hasilnya gak konsisten

Auk ah gelap
avatar
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19

Post by avatar »

well enough lah guys about review GL on magz , plus minus yg direview magz bikin kita jd lebih tau lg kan about GL, so lets go back to topic hehe..

bung testarossa , thanx buat sharingnya. berarti setir gl masi ok ya, terasa mantap dong walau ngebut. tapi setir nya memang enteng bngt kan ya waktu jalan pelan? kyaknya lbi enteng dr jazzy g yg skrg.

rekan2 yg laen yg ud nyobain GL at high speed? mana ni pendapatnya? bung sith? bung wardana? bung nissan lover? dll

btw kalo misal nanti ganti velg gedean ex. 17 or 18 inch pengaruh ga ke setir? lebi enteng atau tambah berat?
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

aman.tenang aja.menurut saya malah setirnya biasa saja.alias tidak berat tidak ringan. terbukti dibawa kecepatan diatas 150rb setir tetap kokoh. yang penting konsentrasi.
avatar wrote:well enough lah guys about review GL on magz , plus minus yg direview magz bikin kita jd lebih tau lg kan about GL, so lets go back to topic hehe..

bung testarossa , thanx buat sharingnya. berarti setir gl masi ok ya, terasa mantap dong walau ngebut. tapi setir nya memang enteng bngt kan ya waktu jalan pelan? kyaknya lbi enteng dr jazzy g yg skrg.

rekan2 yg laen yg ud nyobain GL at high speed? mana ni pendapatnya? bung sith? bung wardana? bung nissan lover? dll

btw kalo misal nanti ganti velg gedean ex. 17 or 18 inch pengaruh ga ke setir? lebi enteng atau tambah berat?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Yg gw tau GL sudah ada sensor untuk kecepatan untuk elektronik powersteeringnya.. jadi kalo pada saat kecepatan tinggi stir makin berat.. jd terkesan lebih mantep.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
testarossa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52

Post by testarossa »

avatar wrote: bung testarossa , thanx buat sharingnya. berarti setir gl masi ok ya, terasa mantap dong walau ngebut. tapi setir nya memang enteng bngt kan ya waktu jalan pelan? kyaknya lbi enteng dr jazzy g yg skrg.
Sama-sama Bung Avatar, sy cuma bisa bandingin ma All New tua saya, kalo misalnya muter balik 180 gt lebih enteng Livi, nah klo di kecepatan tinggi beratnya sama saja. Jadi memang mungkin ada mekanisme di Livi sehingga semakin tinggi kecepatan maka putaran setirnya tidak menjadi semakin ringan... :e-clap:
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

Menurut desainer mobilnya, yg kebetulan (katanya) desainernya X-Trail juga, setir yang enteng itu disengaja, karena GL terutama ditujukan agar pengemudi mudah melakukan manuver2 tanpa menguras tenaga terlalu besar.

Kalau soal berbahaya, gue rasa itu pendapat yg salah, mungkin pe-review nggak biasa setir ringan. Pada saat kecepatan tinggi, otomatis setir akan cenderung lurus dan menjadi lebih berat untuk dibelokkan.

Justru dengan setir yang ringan itu kalo menurut gue sih enak-enak aja, setir diputar pake 1 tangan juga masih ok kok... kalo mau tahu Xtrail juga punya karakter setir yg ringan, walaupun SUV. Serena pun ringan juga. Justru itu letak keunggulan GL.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
avatar
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19

Post by avatar »

menurut pikiran saya sih jg gitu bung testarossa,bung Maxx dan bung soraksorai, pasti ada semacam fitur begitu tapi waktu sya baca autocar di review nya begitu saya jadi sedikit khawatir , but yahh maybe yg Test drive di autocar orgnya biasa bawa TRUCK kale yaaa...jadi begitu dapet setir GL yg enteng dibilang enteng bangett dan berbahayaaa...hehe...

sebenarnya sih stir ringan itu memang bagus, bikin ga pegel ya..tapi kalo lagi kita ngebut setir tetep ringan itu yg berbahaya kan...

but well....ya ud sedikit lega lah denger review2 dari temen2 semua.
masih ada review2 ttg setir GL dari temen2 yg laen ??

ohya kalo ganti velg gede gimana ya jadinya ? sama aja kah ?
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Setahu saya sejak mobil pake power steering fitur macam itu sudah ada, mobil saya yg tahun 1989 aja udah ada fitur macam begitu, pada kecepatan rendah setir akan menjadi relatif ringan namun pada kecepatan tinggi akan semakin berat. CMIIW
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Udah lama gak buka SM.
Hmmm emang orang2 Sm gak bisa terima kalo Livina dibilang lebih jelek dari produk lain.
testarossa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52

Post by testarossa »

hahahaha...
Masa sih segitunya Bung Sukasuka...kalo saya sih ada sajalah lebih jeleknya untuk point2 tertentu dan lebih bagusnya juga dibandingkan dg yang laen, misal Innova or Stream dll. ya wajar aja sih, it's only a car.
Ada beberapa thread tuh yang di dlmnya ada plus minus Livina dibandingkan beberapa kompetitior...
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

bung sukasuka, bukan gak terima, cuma pengen meluruskan fakta yang sesungguhnya, karena setir yg ringan ini sama-sekali "tidak berbahaya". Supaya tidak muncul persepsi yang salah.
justru 'fenomena livina' ini istimewa sekali, mobil baru tapi penggemarnya sudah bejibun!
semoga saja atpm lain jadi terpacu untuk mengeluarkan produk2 baru yang lebih kompetitif lagi daripada livina.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
avatar
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Apr 27, 2007 12:19

Post by avatar »

betul , bukan nya gak terima kalo ada omongin yg minus2 ttg GL , seperti kata bung testarossa its just a car, tapi kalo memang ada minus atau kelemahannya dari GL ya kita harus terima dan pengen tau dong bagaimana solusi untuk mengatasi yg minus2 itu.. :)
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

Bukannya yang 1.8 sudah ada activesteeringnya, kalo pada kecepatan tinggi steer jadi berat?
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Yakin sudah ada di livina? ada referensinya? mungkin merek lain sih untuk kelas tertentu seperti sudah ada dari th 90an.. cuman siapa tahu ini juga dipangkas demi harga jual. apa disini ada yang yakin kalau fiture itu (jalan diatas 80km setir jadi berat) sudah ada dilivina?
Leonhearts wrote:Bukannya yang 1.8 sudah ada activesteeringnya, kalo pada kecepatan tinggi steer jadi berat?
xboy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Mar 23, 2007 4:00

Post by xboy »

omong2 soal setir GL ....

Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).

Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.
Bejiau
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:45

Post by Bejiau »

xboy wrote:omong2 soal setir GL ....

Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).

Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.
Iya saya juga merasakan hal sama saat pertama kali TD. Inget saya dulu saya pernah soal ini tapi mungkin kaga ada yg engeh. Jadi waktu saya cuma perasaan saya sendiri yang lagi kurang beres, sekarang ternyata ada yg merasakan hal yg sama ya. Waktu TD itu saya mikir kalo nyetir lama beberapa jam bisa jadi pegel kaga ya?
testarossa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Apr 11, 2007 9:52

Post by testarossa »

xboy wrote:omong2 soal setir GL ....

Ada yg merasa gak setir GL itu agak terlalu ke kanan, atau justru kursinya yg rada kebanyakan ke arah kiri (ke tengah - arah console).

Jadi berasa tidak "center" dgn posisi kursi driver.

Wah :shock: ga terlalu perhatikan kemarin pas test muter2 200 km, ga kerasa pegel atau apapun, tapi penasaran juga. tar coba sy cek lbh teliti lg deh.
ichsan_n wrote:Yakin sudah ada di livina? ada referensinya? mungkin merek lain sih untuk kelas tertentu seperti sudah ada dari th 90an.. cuman siapa tahu ini juga dipangkas demi harga jual. apa disini ada yang yakin kalau fiture itu (jalan diatas 80km setir jadi berat) sudah ada dilivina?

Pendapat saya sih belum ada ya active steering ini :roll: Fitur ini kan termasuk fitur yang "laku" dijual dan harusnya tercetak di brosurnya, dan sptnya saya blm nemu di brosurnya Livi.