Page 1 of 4

Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 8:23
by Kuroboy
Halo sodara-sodara SM yang saya hormati, knalkan ane Kuroboy, anak bau kencur disini. Ane punya Chevrolet Luv Diesel KBD26 taun 1982 2000 cc, pengen naikkin performa sekaligus efisiensi bahan bakar kayak mobil diesel kekinian. Kira2 apa aja yang harus dilakuin?

Dengan spesifikasi mesin standarnya yakni Isuzu C190 2000 dengan tenaga (hp) sekitar 55 hp dan torsi sekitar 115 Nm (spek dari bengkel, sekarang uda ganti seher pake yang 4 ring punya Panther, standarnya 3 ring) gigi 4 speed dimana kecepatan maksimum mobil ini sekitar 80 Km/h dan kapasitas tengki solar sekitar 40 liter kurang, apa masi bisa di tuning lagi mesin standarnya? Kalo perlu engine swap, kira2 mesin yang cocok (bertenaga, irit sama bandel mesinnya) apa? :mky_01:

Makasi sebelumnya


Image

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 9:20
by ChZ
Diesel jadul gini g ada pilihan selain pasang turbo...

Kalopun ada dana mw swap pilihan antara engine 2KD atau mesin Panther Turbo mungkin ya.

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 10:24
by ginting
Karena itu chassis elastis dan didesain untuk tenaga rendah...sebaiknya pakai yang tidak terlalu jauh lompatannya.
Kalau saran saja cari saja mesin limbah Panther 2.5 kotak (sebelum kapsul).
Itu sudah direct injection.
Hati-hati saja dgn retak rambut di silinder kop.

Harusnya sih tidak perlu banyak ubahan. Good luck oom.

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 11:30
by Turboman
hadeh kasihan mobilnya, mengingat umurnya

mending pake standard aja, yg penting penyehatan mesin aja


Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 11:35
by Rakean
Swap ke 4JA1-L (mesin panther turbo)

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 12:02
by billyd1773dz
Swap isuju bighorn 4JB1T atw 4JG2T + reinforce sasis hahaha


Btw dlu kakek punya chevy luv seperti ts hehe... Kenangan masa kecil

:beer:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 12:21
by DOHC
4ja-1 izz gudd.....

86 ps, direk injeksyen.... gas di blayer, body geol2 ke samping..

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 12:46
by newrubble
bukan ledek / hina tapi bagus nya di bikin std sj trmsk center wheel hub yg terliat unique

pajang di ruang tamu

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 14:52
by coklatMetalik
Mending sebagaimana aslinya aja deh. Mesin aslinya kalo sehat udh lumayan kok. Sparepartnya jg msh bs dicari kan? Swap engine sih pilihan terakhir kalo sparepart udh langka banget....

Setuju sm om NR, dibikin spt aslinya aja. Kyk gini kira2;
Image


Gagah kan?
:mky_02: :mky_02: :mky_02: :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 15:40
by newrubble
mulailah hunting hangCAB.......lbh seru drpd repowering

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Mon Feb 06, 2017 16:11
by Kuroboy
newrubble wrote: Mon Feb 06, 2017 15:40 mulailah hunting hangCAB.......lbh seru drpd repowering
HangCAB itu apa om? Heheheheee :mky_01:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 2:15
by Kuroboy
coklatMetalik wrote: Mon Feb 06, 2017 14:52 Mending sebagaimana aslinya aja deh. Mesin aslinya kalo sehat udh lumayan kok. Sparepartnya jg msh bs dicari kan? Swap engine sih pilihan terakhir kalo sparepart udh langka banget....

Setuju sm om NR, dibikin spt aslinya aja. Kyk gini kira2;
Image


Gagah kan?
:mky_02: :mky_02: :mky_02: :emo-big_love: :emo-big_love: :emo-big_love:
Iya om, pengennya jg standaran, tapi bokap pgn pake ban gede ukuran 33 :mky_01: mesinnya uda sehat ko, uda ganti seher, liner sama klepnya, tapi ya gt, tenaganya dirasa kurang :mky_01:
ChZ wrote: Mon Feb 06, 2017 9:20 Diesel jadul gini g ada pilihan selain pasang turbo...

Kalopun ada dana mw swap pilihan antara engine 2KD atau mesin Panther Turbo mungkin ya.
Ane jg langsung kpikirnya sih pasang turbo, cuma belum ada itungannya om saya jalurnya masi belum kepikiran :mky_01:

Kira2 kalo remodel desain header exhaust nya bisa nambah tenaga signifikan ga dari standarnya?

DOHC wrote: Mon Feb 06, 2017 12:21 4ja-1 izz gudd.....

86 ps, direk injeksyen.... gas di blayer, body geol2 ke samping..
Mesin Panther sabun ya? Yg msi kotak itu?? :big_think:

ginting wrote: Mon Feb 06, 2017 10:24 Karena itu chassis elastis dan didesain untuk tenaga rendah...sebaiknya pakai yang tidak terlalu jauh lompatannya.
Kalau saran saja cari saja mesin limbah Panther 2.5 kotak (sebelum kapsul).
Itu sudah direct injection.
Hati-hati saja dgn retak rambut di silinder kop.

Harusnya sih tidak perlu banyak ubahan. Good luck oom.
Banyaknya memang pakai mesin Panther kotak om, ntar saya coba pertimbangkan lagi :big_exellent:
Turboman wrote: Mon Feb 06, 2017 11:30 hadeh kasihan mobilnya, mengingat umurnya

mending pake standard aja, yg penting penyehatan mesin aja
Standarnya kurang tenaga om. Biar tenaganya nambah tapi BBM efisien kira2 diapain aja om mesinnya?? :mky_02:

billyd1773dz wrote: Mon Feb 06, 2017 12:02 Swap isuju bighorn 4JB1T atw 4JG2T + reinforce sasis hahaha


Btw dlu kakek punya chevy luv seperti ts hehe... Kenangan masa kecil

:beer:
Ntar coba ditanya deh dua model itu, nampaknya mnarik :mky_02:

Wahh, masi ada ga Luv nya om?? :big_grin:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 4:15
by ChZ
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 2:15
Ane jg langsung kpikirnya sih pasang turbo, cuma belum ada itungannya om saya jalurnya masi belum kepikiran :mky_01:

Kira2 kalo remodel desain header exhaust nya bisa nambah tenaga signifikan ga dari standarnya?
Hemmm kalo di diesel apalagi diesel jadul gini rasanya ga terlalu signifikan ganti header... pasang turbo aja g yakin naiknya banyak hehe...

Turbo cari copotan ajah murah2...

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 4:29
by billyd1773dz
Dari pada pasang turbo, lebih aman durable n performany memuaskan swap enjin sekalian om...... Dlu dr pada overhaul mending swap sekalian haha..

Apalagi mau pasang ban 33"

4JA1 kurang.., bighorn 4JB1T aja minimal sekalian om.. mesin elf 2.8 itu, 115ps cukup lah, effort swap enjinya sama sama juga

:beer:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 4:48
by Kuroboy
ChZ wrote: Tue Feb 07, 2017 4:15
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 2:15
Ane jg langsung kpikirnya sih pasang turbo, cuma belum ada itungannya om saya jalurnya masi belum kepikiran :mky_01:

Kira2 kalo remodel desain header exhaust nya bisa nambah tenaga signifikan ga dari standarnya?
Hemmm kalo di diesel apalagi diesel jadul gini rasanya ga terlalu signifikan ganti header... pasang turbo aja g yakin naiknya banyak hehe...

Turbo cari copotan ajah murah2...
Mungkin pas ganti header skalian coba cocok2in jalur turbo mungkin ya :ungg: kira2 copotan apa yang cocok ya??

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 4:54
by Kuroboy
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 4:29 Dari pada pasang turbo, lebih aman durable n performany memuaskan swap enjin sekalian om...... Dlu dr pada overhaul mending swap sekalian haha..

Apalagi mau pasang ban 33"

4JA1 kurang.., bighorn 4JB1T aja minimal sekalian om.. mesin elf 2.8 itu, 115ps cukup lah, effort swap enjinya sama sama juga

:beer:
Dulu masih ga kpikiran enjin swap om, hehehehee masi mikir standaran :big_slap:

Kira2 mesin 4JB1T itu bisa ga ya sistem bahan bakarnya masih pake model bosch pump velocity segaris bawaannya Luv, ga make model rotari apalagi common rail yang uda canggih itu :mky_01

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 5:00
by billyd1773dz
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 4:54
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 4:29 Dari pada pasang turbo, lebih aman durable n performany memuaskan swap enjin sekalian om...... Dlu dr pada overhaul mending swap sekalian haha..

Apalagi mau pasang ban 33"

4JA1 kurang.., bighorn 4JB1T aja minimal sekalian om.. mesin elf 2.8 itu, 115ps cukup lah, effort swap enjinya sama sama juga

:beer:
Dulu masih ga kpikiran enjin swap om, hehehehee masi mikir standaran :big_slap:

Kira2 mesin 4JB1T itu bisa ga ya sistem bahan bakarnya masih pake model bosch pump velocity segaris bawaannya Luv, ga make model rotari apalagi common rail yang uda canggih itu :mky_01
Saya punya 2 taft, yg satu langsung swap rugger (taft jepang yg drisononya turbo) satu lagi pasang supercharge...


Hasilny jauh.. factory spec pling mantap, yg supercharge d standarin lg. Temen jg ada trooper kaasih turbo.. trobel trus...... Effortnya jauh lebih mudah swap enjin apa lg yg sedarah.


4jb1 sudah rotary om.... Ga ada masalah kok. Blm komputer. Anak2 trooper sering pke mesin ini

:beer:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 5:08
by Kuroboy
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 5:00
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 4:54
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 4:29 Dari pada pasang turbo, lebih aman durable n performany memuaskan swap enjin sekalian om...... Dlu dr pada overhaul mending swap sekalian haha..

Apalagi mau pasang ban 33"

4JA1 kurang.., bighorn 4JB1T aja minimal sekalian om.. mesin elf 2.8 itu, 115ps cukup lah, effort swap enjinya sama sama juga

:beer:
Dulu masih ga kpikiran enjin swap om, hehehehee masi mikir standaran :big_slap:

Kira2 mesin 4JB1T itu bisa ga ya sistem bahan bakarnya masih pake model bosch pump velocity segaris bawaannya Luv, ga make model rotari apalagi common rail yang uda canggih itu :mky_01
Saya punya 2 taft, yg satu langsung swap rugger (taft jepang yg drisononya turbo) satu lagi pasang supercharge...


Hasilny jauh.. factory spec pling mantap, yg supercharge d standarin lg. Temen jg ada trooper kaasih turbo.. trobel trus...... Effortnya jauh lebih mudah swap enjin apa lg yg sedarah.


4jb1 sudah rotary om.... Ga ada masalah kok. Blm komputer. Anak2 trooper sering pke mesin ini

:beer:

4JB1T itu uda turbo kn ya kalo gak salah? Btw itu mesin Isuzu Elf yang biasa dipake buat travel Baraya ato semacamnya bukan? Ane seneng tuh sama karakter mesinnya. Bandel, tarikan bawah mantap tapi nafas atasnya panjang. Lgian pompa solar rotary uda lebih efisien kan daripada model segaris??

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 5:26
by Rakean
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 5:08
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 5:00
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 4:54

Dulu masih ga kpikiran enjin swap om, hehehehee masi mikir standaran :big_slap:

Kira2 mesin 4JB1T itu bisa ga ya sistem bahan bakarnya masih pake model bosch pump velocity segaris bawaannya Luv, ga make model rotari apalagi common rail yang uda canggih itu :mky_01
Saya punya 2 taft, yg satu langsung swap rugger (taft jepang yg drisononya turbo) satu lagi pasang supercharge...


Hasilny jauh.. factory spec pling mantap, yg supercharge d standarin lg. Temen jg ada trooper kaasih turbo.. trobel trus...... Effortnya jauh lebih mudah swap enjin apa lg yg sedarah.


4jb1 sudah rotary om.... Ga ada masalah kok. Blm komputer. Anak2 trooper sering pke mesin ini

:beer:

4JB1T itu uda turbo kn ya kalo gak salah? Btw itu mesin Isuzu Elf yang biasa dipake buat travel Baraya ato semacamnya bukan? Ane seneng tuh sama karakter mesinnya. Bandel, tarikan bawah mantap tapi nafas atasnya panjang. Lgian pompa solar rotary uda lebih efisien kan daripada model segaris??
Iya ELF mikrobus pake mesin 4JB1-TC dah turbo (Turbo IHI RHF5)

Btw kalo mo swap ke 4JB1-TC jangan yg ex Singapore, takut nya 4JB1-TC versi timing belt, agak susah nyari timing belt nya.. Kalo versi Indonesia pake timing gear

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 5:26
by Rakean
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 5:08
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 5:00
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 4:54

Dulu masih ga kpikiran enjin swap om, hehehehee masi mikir standaran :big_slap:

Kira2 mesin 4JB1T itu bisa ga ya sistem bahan bakarnya masih pake model bosch pump velocity segaris bawaannya Luv, ga make model rotari apalagi common rail yang uda canggih itu :mky_01
Saya punya 2 taft, yg satu langsung swap rugger (taft jepang yg drisononya turbo) satu lagi pasang supercharge...


Hasilny jauh.. factory spec pling mantap, yg supercharge d standarin lg. Temen jg ada trooper kaasih turbo.. trobel trus...... Effortnya jauh lebih mudah swap enjin apa lg yg sedarah.


4jb1 sudah rotary om.... Ga ada masalah kok. Blm komputer. Anak2 trooper sering pke mesin ini

:beer:

4JB1T itu uda turbo kn ya kalo gak salah? Btw itu mesin Isuzu Elf yang biasa dipake buat travel Baraya ato semacamnya bukan? Ane seneng tuh sama karakter mesinnya. Bandel, tarikan bawah mantap tapi nafas atasnya panjang. Lgian pompa solar rotary uda lebih efisien kan daripada model segaris??
Iya ELF mikrobus pake mesin 4JB1-TC dah turbo (Turbo IHI RHF5)

Btw kalo mo swap ke 4JB1-TC jangan yg ex Singapore, takut nya 4JB1-TC versi timing belt, agak susah nyari timing belt nya.. Kalo versi Indonesia pake timing gear

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 6:01
by billyd1773dz
Yang elf aga beda dengan bighorn..

Bighorn 115ps elf 97ps.

Intercooler yg bighorn diatas, keren tu klw mw dbikin airscoop d luv nya.

Sya pernah nyoba trooper yg sudah swap bighorn.. muantapp...

Klw krng ada versi 4JG2 135ps 3100cc

Ntah knp mesin2 ini sekalipun tulisanya 115-135ps tp rasanya lebih kenceng dri crd modern dgn angka sama. Mungkin karna masi pke kabel gas, dan bobot mbl jauh lebih ringan

Nah sya kurang tw jenis timingbelt/chain nya


Rotary uda lebih advanve dri inline om...


Tp lucunya, commonrail balik ke inline lol
:beer:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 6:08
by Kuroboy
Rakean wrote: Tue Feb 07, 2017 5:26
Kuroboy wrote: Tue Feb 07, 2017 5:08
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 5:00
Saya punya 2 taft, yg satu langsung swap rugger (taft jepang yg drisononya turbo) satu lagi pasang supercharge...


Hasilny jauh.. factory spec pling mantap, yg supercharge d standarin lg. Temen jg ada trooper kaasih turbo.. trobel trus...... Effortnya jauh lebih mudah swap enjin apa lg yg sedarah.


4jb1 sudah rotary om.... Ga ada masalah kok. Blm komputer. Anak2 trooper sering pke mesin ini

:beer:

4JB1T itu uda turbo kn ya kalo gak salah? Btw itu mesin Isuzu Elf yang biasa dipake buat travel Baraya ato semacamnya bukan? Ane seneng tuh sama karakter mesinnya. Bandel, tarikan bawah mantap tapi nafas atasnya panjang. Lgian pompa solar rotary uda lebih efisien kan daripada model segaris??
Iya ELF mikrobus pake mesin 4JB1-TC dah turbo (Turbo IHI RHF5)

Btw kalo mo swap ke 4JB1-TC jangan yg ex Singapore, takut nya 4JB1-TC versi timing belt, agak susah nyari timing belt nya.. Kalo versi Indonesia pake timing gear
Cakep ommm, tapi limbahan Indo kn suka pada buluk om, saya gtw d sekitaran Bandung ato Jakarta gt ada junkyard yg biasa mutilasi mobil gak ya? Secara emang bekasan Sing psti lbih muda dan lbib terawat *IMHO :big_think:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 6:15
by Kuroboy
billyd1773dz wrote: Tue Feb 07, 2017 6:01 Yang elf aga beda dengan bighorn..

Bighorn 115ps elf 97ps.

Intercooler yg bighorn diatas, keren tu klw mw dbikin airscoop d luv nya.

Sya pernah nyoba trooper yg sudah swap bighorn.. muantapp...

Klw krng ada versi 4JG2 135ps 3100cc

Ntah knp mesin2 ini sekalipun tulisanya 115-135ps tp rasanya lebih kenceng dri crd modern dgn angka sama. Mungkin karna masi pke kabel gas, dan bobot mbl jauh lebih ringan

Nah sya kurang tw jenis timingbelt/chain nya


Rotary uda lebih advanve dri inline om...


Tp lucunya, commonrail balik ke inline lol
:beer:
Saya kalo pake yg Bighorn gtw muat gak engine bay nya, katanya kap motor harus bikin lg kastem krna mesin yg nonjol :big_think:

Asli om, gtw emg perasaan ato sugesti, tapi tiap naik travel yg boilnya Isuzu gt mesti ngebut, sering narik sama boil2 kecil padahal muatan penuh, belum lagi siulan keras turbonya siut siut sedap gt :big_exellent:

Ada yang bilang model segaris lebih bandel kena solar busuk tapi efisiensi ga sebagus rotary, sebaliknya efisiensi rotary bagus, tapi lebih riskan jebol daripada segaris. Mungkin ini langkah pabrikan bikin pompa solar ngawinkan sifar keduanya :mky_04:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 8:17
by billyd1773dz
Bisa di atur2 om Kap mesin sie, bolongin jg bisa haha, atw pindahin intercoolernya


Wah klw gw asa beda.. klw pke travel yg elf brasanya pling lambat... Soalny emang paling kecil output capacitynya, 2.8 sendiri.. Hino 4000cc konvensional, hiace 2.5 mb sprinter 2.2 tp keduanya commonrail wkwk..

Hehe, rotary ya selama masi mekanis sie aman om.......

:beer:

Re: Cara tuning performance Chevrolet Luv KBD26 Diesel taun 82

Posted: Tue Feb 07, 2017 8:56
by ginting
rotary maksudnya type pergerakan pompa bahan bakar ya ?
Saya taunya :
- indirect injection, kayak taft lama
- direct injection (kayak panther 2.5 and up)
- Common rail (kayak diesel zaman skrg) ?

tolong dong diperjelas lagi "inline" dengan "rotary" ini, tks