[ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by kunaskun »

rfq wrote: Mon Feb 24, 2025 13:22 Jujur memang saya juga masih penasaran dengan realnya sih om, belum pernah bawa sendiri si zenix di case yang seperti itu, jujur untuk new avanza juga pernah saya bawa ke tanjakan yang cukup ekstrim di daerah batu ya aman2 aja, tapi itu penumpang hanya 5 orang dan tanpa bagasi, dan kondisi bukan stop & go di tanjakan ekstrimnya.
kalau saya mikirnya gini, kalau memang separah itu sudah pasti viral. karena netijen indo itu cinta mati dengan konten negatif seperti ini :big_biglaugh:
Cicak
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed Nov 22, 2017 15:42
Location: Tembok/dinding
Daily Vehicle: L300

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by Cicak »

Kalau mau 100% fresh ya zenix om, upgrade dari segala sisi. Bantingan, handling, irit, tenaga. reborn ke reborn apalagi second juga mending keep reborn yg ada saat ini hehe.
Kalau masalah nanjak zenix udh lebih dr cukup, saya pake G bensin ke lembang, garut gk ada masalah memang kalau di banding 2GD ya lebih effortless 2 GD. Tapi zenix bukan berarti lemot kaya 1TR
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by DLM »

Zenix, bensin pure kan? Innova Reborn bermasalah suspensinya, itu ada member SM yang sampai masuk ke media buat menjelaskan masalahnya.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1177
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by iamwewe »

2kdpelan wrote: Tue Feb 25, 2025 6:11

Kalo ud beres apa nggak sih, bs dibilang blm 100% beres. Ada dugaan nozzle yg beli dr bengkel tsb bermasalah (ini ketauan pas lg tune di dyno & colok techstream, injector value no 1 beda sendiri, cukup banyak dgn injector no 2 3 4 ).

Memang cukup sering iklan sptnya bengkel ini, apalg di daerah sini cuma dia yg ada dyno kan cmiiw
oh, si om berarti ada jajan part juga ya baru di remap. kalo saya emang smua full standar, cuma remap tok. di racunin ganti ini itu baru remap juga emoh. paling top ya ganti DP FP aja udh.
2kdpelan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by 2kdpelan »

iamwewe wrote: Wed Feb 26, 2025 0:37
2kdpelan wrote: Tue Feb 25, 2025 6:11

Kalo ud beres apa nggak sih, bs dibilang blm 100% beres. Ada dugaan nozzle yg beli dr bengkel tsb bermasalah (ini ketauan pas lg tune di dyno & colok techstream, injector value no 1 beda sendiri, cukup banyak dgn injector no 2 3 4 ).

Memang cukup sering iklan sptnya bengkel ini, apalg di daerah sini cuma dia yg ada dyno kan cmiiw
oh, si om berarti ada jajan part juga ya baru di remap. kalo saya emang smua full standar, cuma remap tok. di racunin ganti ini itu baru remap juga emoh. paling top ya ganti DP FP aja udh.
Sebelumnya ud di reflash juga di alecon pas kondisi mobil std (cm ganti DP FP & replacement). Berhubung tenaga nya msh kurang, jadilah naik spec lagi.

Bengkel tsb kasih harga murah sih, dan ad temen build disana jg fine2 aja mobilnya, cukup enak rasanya & ga ada aneh2, makanya berani upgrade disana.

Ehh ga taunya malah dpt zonk hahahaha. Overall ya not recommended sih
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by xfraps »

2kdpelan wrote: Tue Feb 25, 2025 6:11
iamwewe wrote: Tue Feb 25, 2025 1:56
2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54

Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.

Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).

Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
beh ini iklannya sering nongol nih di ig saya kayanya.

syukur dah udh beres urusannya. thanks banget sharingnya om
Kalo ud beres apa nggak sih, bs dibilang blm 100% beres. Ada dugaan nozzle yg beli dr bengkel tsb bermasalah (ini ketauan pas lg tune di dyno & colok techstream, injector value no 1 beda sendiri, cukup banyak dgn injector no 2 3 4 ).

Memang cukup sering iklan sptnya bengkel ini, apalg di daerah sini cuma dia yg ada dyno kan cmiiw
oo iya berarti bener orang yang sy maksud
saya juga sama kasusnya, ujung2 nya remap lagi di rev :big_biglaugh:
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 824
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by vulvy8858 »

rfq wrote: Fri Feb 21, 2025 16:54 Selamat malam semuanya,

Saya sedang dalam proses mencari unit untuk peremajaan kendaraan yang saya pakai saat ini. Saat ini saya menggunakan Innova 1TR V M/T 2016, sebelumnya juga pernah pakai GNKI 1TR V M/T. Dari pengalaman saya, Reborn Bensin manual yang saya gunakan sudah cukup nyaman dan terasa ada peningkatan di semua aspek dibandingkan model sebelumnya. Namun, karena usianya sudah hampir 10 tahun, saya berencana mencari pengganti yang lebih fresh.

Saya rencananya ingin membeli unit bekas, dan setelah mencari di marketplace, saya menemukan beberapa opsi yang cukup menarik dengan harga mirip-mirip dan kondisi mulus, yaitu:
  • Venturer 1TR A/T Facelift 2021 – Kilometer ±50 ribu, harga sekitar 350 jutaan
  • Innova Reborn 2GD V A/T 2018/2019 – Kilometer ±70 ribu, harga sekitar 360 jutaan (kurang tau ini kilometer asli atau puteran, yang penting bukan bekas tabrak/banjir)
  • Zenix V Gasoline 2022/2023 – Kilometer ±30 ribu, harga sekitar 360 jutaan
Penggunaan saya mayoritas di Jabodetabek, sesekali liburan full penumpang ke Bandung/Lembang/Ciwidey, dan kalau mudik full penumpang biasanya via Trans Jawa dengan sedikit rute tanjakan di Jawa Timur. BBM yang saya pakai selama ini Shell Super/V-Power, kecuali saat rental 2GD G A/T 2024 di Jawa Timur yang pakai solar subsidi karena disediakan barcode-nya.

Yang jadi pertimbangan saya:
  • Venturer 1TR A/T 2021 → Dapat unit facelift, fitur lebih lengkap dibanding Reborn biasa, tahun lebih muda. Oh iya, saya juga masih consider ini karena 1TR Reborn sekarang juga sudah bisa diremap, tenaga naik jadi +-150 HP & torsi +-205Nm (belum tahu apakah cukup signifikan kenaikannya)
  • Reborn V 2GD A/T 2018/2019 → Memang lebih tua tahunnya, tapi diesel tenaganya lebih terasa ngisi terus. Waktu rental 2GD G A/T 2024 i art, yang saya rasakan tenaganya enak banget buat tanjakan dan perjalanan jauh, di tol surabaya-malang tiba-tiba udah 140 aja tanpa perlu rpm meraung-raung, selain itu konsumsi BBM juga lebih irit (asumsi saya isi pertadex)
  • Zenix V Gasoline 2022/2023 → Lebih baru, lebih fresh, beda dengan Reborn, dan kabin lebih luas (sempat coba di showroom), tapi saya sempat lihat review yang menunjukkan kesulitan saat menanjak yang cukup curam dengan full penumpang.
Dari ketiga pilihan ini, saya masih ragu mana yang paling worth it. Mungkin ada suhu-suhu di sini yang punya pengalaman atau insight terkait kenyamanan, konsumsi BBM, atau hal lain yang perlu saya pertimbangkan?

Terima kasih banyak!
honest speaking
presently di rumah ada 2 zenix G hybrid
dulu pake 2GD A/T non i-ART 2016
sempet pake 2GD i-ART 2022 dan 1TR Dual VVT-i A/T 2019

buat tenaga
Zenix HV -> Reborn lawas -> Reborn iART -> Reborn Bensin
Zenix G asal pake oktan 95 sama oli 0-20 0 ke 165 nya cepet
reborn lawas rasa rasaku lebi gesit dari iART, iART baru nendang diatas 2000 rpm, reborn lawas lebih responsif
reborn bensin ya sudahlah

buat konsumsi BBM (asumsi sama sama pake oktan 95 non pertamini / diesel non pertamini
Zenix HV -> Reborn iArt -> Reborn lawas -> Reborn bensin
ini average fuel cons ya
Zenix HV 1:16
Reborn iART 1:12
Reborn lawas 1:11
Reborn Bensin 1:9


Cruising Ability di 140 kpj
Reborn Bensin -> Reborn iART -> Reborn lawas -> Zenix HV
cruising di 3200 rpm pake Reborn bensin sangaaaattt enak, lebih enak dr Reborn Diesel menurut sy
Reborn Diesel yang iART cruising di 140 masi cepet naiknya kl gas dirunut, yg lawas mesti ada effort dikit, dan belom sehalus yang bensin
Zenix 140 kpj uda berisik angin sama setirnya ga semantep reborn

Daya Tanjak 6 penumpang
Reborn lawas -> Reborn iART -> Zenix HV -> Reborn Bensin
Reborn diesel no debat dah kl buat nanjak
Zenix HV asal dapet momentum juga enak2 aja nanjaknya
Reborn bensin ya sudahlah

biaya perawatan
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
Reborn Bensin cukup ganti 4 busi, filter udara, oli mesin, dan will survive diapain juga
reborn diesel apalagi iART kl kena solar jelek . . . sama olinya 7.5 liter, lumayan

Zenix. . .
unit A
10rb km service AC krn kurang dingin
20rb km kena driveshaft
32rb km kuras matic krn mulai grejel2
40rb km ganti kampas rem depan

unit B
7rb km rem bunyi2 sampe skrg di 9000 km

Durability
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
check bab biaya perawatan, dan reborn bensin lebih worry free dari yang diesel kecuali worry about konsumsi BBM nya . . .
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by quyquy »

Ambil venturer bensin matic plus upgrade mesinnya: pulley ringan + electric fan + header 421 lalu terakhir baru remap.

BBM cukup pake pertalite, gak perlu pusing2 nyetok filte solar kalo belinya 2GD.

Jml oli mesin jg lebih sedikit shg cost perawatan periodik gak mahal
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1235
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ctopher7 »

vulvy8858 wrote: Wed Mar 26, 2025 3:09
honest speaking
presently di rumah ada 2 zenix G hybrid
dulu pake 2GD A/T non i-ART 2016
sempet pake 2GD i-ART 2022 dan 1TR Dual VVT-i A/T 2019

buat tenaga
Zenix HV -> Reborn lawas -> Reborn iART -> Reborn Bensin
Zenix G asal pake oktan 95 sama oli 0-20 0 ke 165 nya cepet
reborn lawas rasa rasaku lebi gesit dari iART, iART baru nendang diatas 2000 rpm, reborn lawas lebih responsif
reborn bensin ya sudahlah

buat konsumsi BBM (asumsi sama sama pake oktan 95 non pertamini / diesel non pertamini
Zenix HV -> Reborn iArt -> Reborn lawas -> Reborn bensin
ini average fuel cons ya
Zenix HV 1:16
Reborn iART 1:12
Reborn lawas 1:11
Reborn Bensin 1:9


Cruising Ability di 140 kpj
Reborn Bensin -> Reborn iART -> Reborn lawas -> Zenix HV
cruising di 3200 rpm pake Reborn bensin sangaaaattt enak, lebih enak dr Reborn Diesel menurut sy
Reborn Diesel yang iART cruising di 140 masi cepet naiknya kl gas dirunut, yg lawas mesti ada effort dikit, dan belom sehalus yang bensin
Zenix 140 kpj uda berisik angin sama setirnya ga semantep reborn

Daya Tanjak 6 penumpang
Reborn lawas -> Reborn iART -> Zenix HV -> Reborn Bensin
Reborn diesel no debat dah kl buat nanjak
Zenix HV asal dapet momentum juga enak2 aja nanjaknya
Reborn bensin ya sudahlah

biaya perawatan
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
Reborn Bensin cukup ganti 4 busi, filter udara, oli mesin, dan will survive diapain juga
reborn diesel apalagi iART kl kena solar jelek . . . sama olinya 7.5 liter, lumayan

Zenix. . .
unit A
10rb km service AC krn kurang dingin
20rb km kena driveshaft
32rb km kuras matic krn mulai grejel2
40rb km ganti kampas rem depan

unit B
7rb km rem bunyi2 sampe skrg di 9000 km

Durability
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
check bab biaya perawatan, dan reborn bensin lebih worry free dari yang diesel kecuali worry about konsumsi BBM nya . . .
tapi reborn 2gd bakal lebih puas jauh drpd 1tr. kalo ada dananya better 2gd, kalo parts ada yang rusak saatnya ganti part performance aftermarket :big_smoking:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2523
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ilhami »

kalau suka macet2an ya ambil 2GD.
Zenix gasoline kurang bagus kalau untuk macet-macetan
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by well »

sy di kantor ada 2 zenix G bensin, diisi pertamax/ shell dua duanya masih nglitik, keliatannya minta ron diatas 92 baru hilang nglitiknya
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by KielConstantine »

xfraps wrote: Sat Mar 01, 2025 20:57
2kdpelan wrote: Tue Feb 25, 2025 6:11
iamwewe wrote: Tue Feb 25, 2025 1:56

beh ini iklannya sering nongol nih di ig saya kayanya.

syukur dah udh beres urusannya. thanks banget sharingnya om
Kalo ud beres apa nggak sih, bs dibilang blm 100% beres. Ada dugaan nozzle yg beli dr bengkel tsb bermasalah (ini ketauan pas lg tune di dyno & colok techstream, injector value no 1 beda sendiri, cukup banyak dgn injector no 2 3 4 ).

Memang cukup sering iklan sptnya bengkel ini, apalg di daerah sini cuma dia yg ada dyno kan cmiiw
oo iya berarti bener orang yang sy maksud
saya juga sama kasusnya, ujung2 nya remap lagi di rev :big_biglaugh:
https://www.instagram.com/tunedbyhk


Tuh bukan?
Remap + dyno cuman 2.5 juta malah
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:


Kata gw seh pilih bengkel yg pasti2 aja kalo mau build engine & tuning.

Rev / Elika / Speedcraft bagus2 mereka
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by carlzeiss »

saya pakai 1 TR 2 generasi jaman dono dan reborn skrg, betul memang cruising di tol diatas 100 enak pake 1TR ini, nafasnya lumayan . Bensin ga boros boros amat kok , saya jakarta jogja sekali isi saja pertalite 350 rb :mky_04: . Kuncinya oli encer 0W-20 , tekanan ban 38 , sama bukan kaum ' kasih paham ' gaspol pet karpet, dinikmatin aja
- yang kenceng kalah sama yang wet look
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27658
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by DOHC »

carlzeiss wrote: Thu Mar 27, 2025 9:18 saya pakai 1 TR 2 generasi jaman dono dan reborn skrg, betul memang cruising di tol diatas 100 enak pake 1TR ini, nafasnya lumayan . Bensin ga boros boros amat kok , saya jakarta jogja sekali isi saja pertalite 350 rb :mky_04: . Kuncinya oli encer 0W-20 , tekanan ban 38 , sama bukan kaum ' kasih paham ' gaspol pet karpet, dinikmatin aja
+1

dari pemakai setia jaman kijang super ampe reborn

1TR dua biji vvti dipaket ama 6 sepit metik = resep maknyoss buat transjawabahn
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1235
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ctopher7 »

barusan nyobain zenix g non hv karena pake grab car premium dr bandara ke rumah

ga spesial sama skali, bantingan lebih enak reborn deh kalo jadi penumpang rasanya. kekedapan kabin jg mirip mirip

trus kmrn jg sempet nyobain taksi bz4x dari katsuoji, ini baru berasa beda kelas :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2523
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ilhami »

zenix V gasoline sudah banyak yang testimoni kekedapan kabin kurang. Suara motor Knalpot blong terasa banget. Suspensi stabil tapi ya agak keras.

innova bensin 2013 saya aliran asal gelinding. Jadi ya boros tapi karena masih bisa pakai pertalite cuek aja. Suspensi nggak keurus kali ya, kalau jalan itu seperti ban nya nggak rata.
pisangGoreng007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Thu Feb 25, 2021 4:29
Location: tangerang selatan
Daily Vehicle: Xpander Cvt

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by pisangGoreng007 »

quyquy wrote: Wed Mar 26, 2025 12:47 Ambil venturer bensin matic plus upgrade mesinnya: pulley ringan + electric fan + header 421 lalu terakhir baru remap.

BBM cukup pake pertalite, gak perlu pusing2 nyetok filte solar kalo belinya 2GD.

Jml oli mesin jg lebih sedikit shg cost perawatan periodik gak mahal
Pak, stlh ganti light pulley apakah ada perbedaan ketika lewat jalanan menanjak?
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

Lupa update suhu udah lumayan lama ternyata, ane jadinya ambil Venturer 1TR A/T 2019 suhu, dapet unit yang km masih rendah 50 ribuan + full record A2K, terima kasih atas masukan dan rekomendasinya suhu-suhu :big_love:

Sekarang mau nanya, kalau oli matic yang oke buat 1TR A/T apa yah? saya baca-baca ada PTT AUTOMAT ATF LV-1, ada juga yang standar bawaan TMO,

sama untuk oli ini kan bawaan masih 0W-20 ya, kalau saya ganti jadi 5W-30 Full synthnya PTT aman kah? soalnya dulu saya 1TR manual pakenya kalo gak amsoil ss ya PTT 5W-30, mohon masukan dan rekomendasinya yah, terima kasih :big_childish:
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by gwsecretc »

rfq wrote: Thu May 22, 2025 1:43 Lupa update suhu udah lumayan lama ternyata, ane jadinya ambil Venturer 1TR A/T 2019 suhu, dapet unit yang km masih rendah 50 ribuan + full record A2K, terima kasih atas masukan dan rekomendasinya suhu-suhu :big_love:

Sekarang mau nanya, kalau oli matic yang oke buat 1TR A/T apa yah? saya baca-baca ada PTT AUTOMAT ATF LV-1, ada juga yang standar bawaan TMO,

sama untuk oli ini kan bawaan masih 0W-20 ya, kalau saya ganti jadi 5W-30 Full synthnya PTT aman kah? soalnya dulu saya 1TR manual pakenya kalo gak amsoil ss ya PTT 5W-30, mohon masukan dan rekomendasinya yah, terima kasih :big_childish:
Congrats om udah dapat mobil yang dicari. Anki 1tr jg enak kok, kalo tenaga dirasa kurang sekarang semua anki juga udah bisa diremap.

Btw, anki 1tr range oli menurut manual book bisa buntut 20-40, jadi pake ptt 5w30 ya aman aja.

Atf mau tmo ws atau ptt automat lv1 bisa pakai semua. Cuma kalo saya lebih enak pakai ptt lv1, udah 2x kali kuras di anki pas km 20rb dan 35rb (yg kedua udah keburu 3 tahun soalnya) sejauh ini performa ptt cukup stabil.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by black2345 »

Kegalauan yg hampir sama, daily skrg pake xpander untuk luar kota & hrv se 21 untuk dalam kota, all new ertiga dipake nyonya

Perlu mobil yg sekali jalan sekitar 400an km, rute 50% tol 50% jalan antar kabupaten non tol. Pake xpander ngerasa kureng bgt tenaganya. Rencana tuker guling ke unit baru, antara reborn 2.4G atau zenix hybrid G

Bokap prefer ke zenix krn anti diesel, tp sy malah pengen ngerasain power disel yg enak dipake selap selip luar kota. Pertanyaannya adalah apakah zenix hybrid G ini bisa imbangin keasyikan selap selip rebon diesel?
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

gwsecretc wrote: Thu May 22, 2025 2:31
rfq wrote: Thu May 22, 2025 1:43 Lupa update suhu udah lumayan lama ternyata, ane jadinya ambil Venturer 1TR A/T 2019 suhu, dapet unit yang km masih rendah 50 ribuan + full record A2K, terima kasih atas masukan dan rekomendasinya suhu-suhu :big_love:

Sekarang mau nanya, kalau oli matic yang oke buat 1TR A/T apa yah? saya baca-baca ada PTT AUTOMAT ATF LV-1, ada juga yang standar bawaan TMO,

sama untuk oli ini kan bawaan masih 0W-20 ya, kalau saya ganti jadi 5W-30 Full synthnya PTT aman kah? soalnya dulu saya 1TR manual pakenya kalo gak amsoil ss ya PTT 5W-30, mohon masukan dan rekomendasinya yah, terima kasih :big_childish:
Congrats om udah dapat mobil yang dicari. Anki 1tr jg enak kok, kalo tenaga dirasa kurang sekarang semua anki juga udah bisa diremap.

Btw, anki 1tr range oli menurut manual book bisa buntut 20-40, jadi pake ptt 5w30 ya aman aja.

Atf mau tmo ws atau ptt automat lv1 bisa pakai semua. Cuma kalo saya lebih enak pakai ptt lv1, udah 2x kali kuras di anki pas km 20rb dan 35rb (yg kedua udah keburu 3 tahun soalnya) sejauh ini performa ptt cukup stabil.
Thank you om, so far enak 1TR A/T, mungkin karena masih tergolong baru dan sehat yah perawatannya, coba cruising speed 100 enak banget.

Untuk oli matic berarti bebas yah om antara TMO atau PTT LV1.

Kalau untuk radiator itu kira2 perlu dibuang kah yang lama terus ganti baru? atau harusnya aman2 aja yah?
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

black2345 wrote: Thu May 22, 2025 7:11 Kegalauan yg hampir sama, daily skrg pake xpander untuk luar kota & hrv se 21 untuk dalam kota, all new ertiga dipake nyonya

Perlu mobil yg sekali jalan sekitar 400an km, rute 50% tol 50% jalan antar kabupaten non tol. Pake xpander ngerasa kureng bgt tenaganya. Rencana tuker guling ke unit baru, antara reborn 2.4G atau zenix hybrid G

Bokap prefer ke zenix krn anti diesel, tp sy malah pengen ngerasain power disel yg enak dipake selap selip luar kota. Pertanyaannya adalah apakah zenix hybrid G ini bisa imbangin keasyikan selap selip rebon diesel?
Kalau saya pribadi jujur belum banyak nyobain zenix, kalau liat dari review2 sih akselerasi 0-100nya lebih kenceng yah dibanding reborn diesel, harusnya masih cukup aja buat selap-selip, apalagi dia monokok jadi harusnya lebih stabil, tapi kalo udah ngomongin soal torsi yah agak sulit ahaha, zenix pun kalau mau selap-selip mungkin harus sampe rpm yang tinggi kalau powernya mau keluar full, beda sama 2GD yang dari rpm bawah udah berasa torsinya.

Zenix sekarang juga sudah bisa diremap, sepertinya power & torsi cukup meningkat signifikan :mky_03:
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by gwsecretc »

rfq wrote: Thu May 22, 2025 7:48 Thank you om, so far enak 1TR A/T, mungkin karena masih tergolong baru dan sehat yah perawatannya, coba cruising speed 100 enak banget.

Untuk oli matic berarti bebas yah om antara TMO atau PTT LV1.

Kalau untuk radiator itu kira2 perlu dibuang kah yang lama terus ganti baru? atau harusnya aman2 aja yah?
Iya om, alternatif lain yang masuk spek ws juga ada aisin afw vi, mobil atf dexron vi, motul atf vi, amsoil atf label biru, cuma saya belum pernah pakai jadi ga bisa komen.

Coolant ganti aja om, mobil dah 6 tahun. Ga mau ribet pakai aja tmo sllc 50/50 dah bagus, drain and fill cukup, bulan kemarin saya juga baru ganti di anki 2gd at.

Oh ya tutup radiator sekalian ganti om, biasa kalo udah di atas 5 tahun karet nya mulai lemah, mau beli merk denso atau asli toyota bebas. Salah satu efek kalo tutup radiator mulai jelek, coolant di reservoir bisa cepat habis.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 477
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by gadjahalphien »

black2345 wrote: Thu May 22, 2025 7:11 …cut…
Bokap prefer ke zenix krn anti diesel, tp sy malah pengen ngerasain power disel yg enak dipake selap selip luar kota. Pertanyaannya adalah apakah zenix hybrid G ini bisa imbangin keasyikan selap selip rebon diesel?
Kembalikan saja pilihannya ke yg bayari mobil barunya om.

Nah, jika beli Zenix tapi masih penasaran Reborn diesel baiknya si nyewa dulu sebentar.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT