Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 19 Jul 2019, 23:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by SG58 » 21 Jul 2019, 00:33

Pas nih ad pertnyaan terkait HRV. Kebetulan saya pemakai jg dan br mlai bljr rawat mbil.

Kmren br gnti oli CVT Hrv buang dr bawah. Pertnyaan nya, Oli CVt honda ini bsa di flush kah?

Apakah ad bengkel yg bs lakuin flush matic nya? Apa cman beres honda aja yg bsa?

Thnks pencerahan nya.. nubie mw merawat mbil HRv pnuh kenangan ini wkwkwk
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1031
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by liemivan86 » 21 Jul 2019, 08:16

SG58 wrote:Pas nih ad pertnyaan terkait HRV. Kebetulan saya pemakai jg dan br mlai bljr rawat mbil.

Kmren br gnti oli CVT Hrv buang dr bawah. Pertnyaan nya, Oli CVt honda ini bsa di flush kah?

Apakah ad bengkel yg bs lakuin flush matic nya? Apa cman beres honda aja yg bsa?

Thnks pencerahan nya.. nubie mw merawat mbil HRv pnuh kenangan ini wkwkwk
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja
Saya penganut aliran kepercayaan, oli Matic tidak perlu di flush, cukup ganti lebih sering aja, toh habis nya juga sama antara di flush dengan 2x ganti.

Jadi logika nya gini, misal Matic kita pakai oli 100, dari 100 yang bisa diganti hanya 60, sisanya 40 "terjebak" di torque converter. Waktu kita ganti yang 60, berarti ada 60 oli baru yang masuk, tercampur dengan 40 oli lama. Nanti mungkin 20-30rb km lagi, masuk 60 baru lagi, tercampur dengan yang lama. Dengan begitu, konsentrasi kotoran dan kualitas oli tetap terjaga karena terus tercampur dengan oli baru.

Paling kalo tetap mau flush, setelah 2-3x ganti oli Matic baru di flush.

Tapi ini kepercayaan dan logika saya sih.. Beda orang beda kepercayaan.. Ha2..

SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 19 Jul 2019, 23:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by SG58 » 21 Jul 2019, 13:35

Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
liemivan86 wrote:
SG58 wrote:Pas nih ad pertnyaan terkait HRV. Kebetulan saya pemakai jg dan br mlai bljr rawat mbil.

Kmren br gnti oli CVT Hrv buang dr bawah. Pertnyaan nya, Oli CVt honda ini bsa di flush kah?

Apakah ad bengkel yg bs lakuin flush matic nya? Apa cman beres honda aja yg bsa?

Thnks pencerahan nya.. nubie mw merawat mbil HRv pnuh kenangan ini wkwkwk
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja
Saya penganut aliran kepercayaan, oli Matic tidak perlu di flush, cukup ganti lebih sering aja, toh habis nya juga sama antara di flush dengan 2x ganti.

Jadi logika nya gini, misal Matic kita pakai oli 100, dari 100 yang bisa diganti hanya 60, sisanya 40 "terjebak" di torque converter. Waktu kita ganti yang 60, berarti ada 60 oli baru yang masuk, tercampur dengan 40 oli lama. Nanti mungkin 20-30rb km lagi, masuk 60 baru lagi, tercampur dengan yang lama. Dengan begitu, konsentrasi kotoran dan kualitas oli tetap terjaga karena terus tercampur dengan oli baru.

Paling kalo tetap mau flush, setelah 2-3x ganti oli Matic baru di flush.

Tapi ini kepercayaan dan logika saya sih.. Beda orang beda kepercayaan.. Ha2..

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba » 21 Jul 2019, 14:05

SG58 wrote:
21 Jul 2019, 13:35
Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
kalau ganti per 10ribu sih terlalu cepet juga ya alias banyak beramal ke bengkel.

Secepet2nya tiap 20 ribu aja om..... toh pabrikan transmisi cem Aisin juga di flyernya selalu sebut 20rb/2 tahun mana duluan.
Image
Image

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1031
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by liemivan86 » 21 Jul 2019, 15:33

josomba wrote:
SG58 wrote:
21 Jul 2019, 13:35
Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
kalau ganti per 10ribu sih terlalu cepet juga ya alias banyak beramal ke bengkel.

Secepet2nya tiap 20 ribu aja om..... toh pabrikan transmisi cem Aisin juga di flyernya selalu sebut 20rb/2 tahun mana duluan.
Setuju. Itu bengkel agak keterlaluan sih kalo saran kan 10rb km sekali. Seminimal nya 20rb lah, atau 30rb km pun sebenarnya tidak apa-apa.

Kalo mau main aman, ya 20rb km lah..

Escaflowne
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 22 Jul 2016, 09:23

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Escaflowne » 21 Jul 2019, 15:48

Saya penganut ganti mengikuti buku servis, pertama ganti oli cvt di km 16rb ato 2 thn, ganti selanjutnya di km 26rb ato 3,5 thn, itu juga krn pemikiran saya berasa transmisi uda mulai jedug dan jader (sepertinya hanya sugesti kalo jedug), tapi sering baca juga thread oli di SM, kesimpulan saya jadi lebih baik mempercepat ganti oli transmisi daripada ganti cvt, jadinya saya ganti rutin 1 thn sekali ato maksimal 10rb km hehehe

epevert
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: 10 Dec 2010, 23:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epevert » 21 Jul 2019, 19:09

SG58 wrote:Pas nih ad pertnyaan terkait HRV. Kebetulan saya pemakai jg dan br mlai bljr rawat mbil.

Kmren br gnti oli CVT Hrv buang dr bawah. Pertnyaan nya, Oli CVt honda ini bsa di flush kah?

Apakah ad bengkel yg bs lakuin flush matic nya? Apa cman beres honda aja yg bsa?

Thnks pencerahan nya.. nubie mw merawat mbil HRv pnuh kenangan ini wkwkwk
Carbro wrote:om kalo ganti oli cvt di honda hrv itu cuma buang yang lama masukin oli baru ya? atau ada cara lainnya?
kmrn beli oli cvt 4 liter ternyata yg dipake cuma 3,5 liter aja
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba » 21 Jul 2019, 20:16

epevert wrote:
21 Jul 2019, 19:09
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb
Salah satu BeRes H tegak di domisili saya, nyaranin ganti di 80k KM :ungg:
Image
Image

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1031
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by liemivan86 » 21 Jul 2019, 21:17

josomba wrote:
epevert wrote:
21 Jul 2019, 19:09
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb
Salah satu BeRes H tegak di domisili saya, nyaranin ganti di 80k KM :ungg:
Dan SA Nissan menyarankan ganti oli CVT T32 sesuai buku, 100rb km.. Ha2.. Saya harus ngotot minta ganti di 30rb km..

epevert
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: 10 Dec 2010, 23:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epevert » 21 Jul 2019, 21:18

josomba wrote:
epevert wrote:
21 Jul 2019, 19:09
Sebenernya kalo masih awam...paling gampang service perawatan di bengkel resmi om..tinggal ikutin di buku service..selama masih waktu garansi n max 100rb KM...tentram kog hati..setau saya beres H saranin 20rb KM walau di buku 40rb
Salah satu BeRes H tegak di domisili saya, nyaranin ganti di 80k KM :ungg:
Mantan pegawai T kali om heheheh....dulu apanjah saya disuruh ganti jg di 80k..stau saya di manual book mrk jg 80k..saya minta di 40k aja dulu...

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba » 21 Jul 2019, 21:38

liemivan86 wrote:
21 Jul 2019, 21:17
Dan SA Nissan menyarankan ganti oli CVT T32 sesuai buku, 100rb km.. Ha2.. Saya harus ngotot minta ganti di 30rb km..
wah sama om, dari jaman juki taun 2012an sampe t32 yg mulai dipiara 2015, SA di Nissan biasa ogah2an kalau minta ganti.... ujungn2ya pasti di luar BeRes buat ganti. :ngacir:
epevert wrote:
21 Jul 2019, 21:18
Mantan pegawai T kali om heheheh....dulu apanjah saya disuruh ganti jg di 80k..stau saya di manual book mrk jg 80k..saya minta di 40k aja dulu...
hahaha entah deh om, itu dulu bermula pas serpis 40K mau ganti oli cvt dibilang ndak usah, nanti aja di 80k.... eh kelupaan ganti terus (niatnya abis dari bengkel itu mau ganti ntuh oli sipiti)....baru akhirnya keganti di 70an ribu KM.

Pas ngucur keluar..........warna kopi saja :e-wall:
Image
Image

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1219
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs » 22 Jul 2019, 06:09

Maklumi saja SA nya sedang berusaha menjalankan prinsip bisnis principal ATPM nya...
Higher repair bills // ganti BPKB = more profit for them... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I get joy out of the fascination with perfection, not from the thrill of motor racing.” - Andreas Nikolaus 'Niki' Lauda

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16753
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by DOHC » 22 Jul 2019, 08:11

Kcuali beres H tegak, merek malah menggalakan pengantian oli cvt jauhhh lebi cepat dr schedule.. entah parno atau emg cvt nya ga bgt kuat atau biar laku aj tuh cvt oil nya

Tp kl dbilang ga kuat yah aneh jg krn utk beberapa parts, ini cvt nya masi sharing ama cvt beberapa kelas ahond d atas nya yg make enjin turbo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

g36
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 28 Jan 2017, 16:13

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by g36 » 22 Jul 2019, 09:54

Pas baru angkat altis 2013 seken, rencana ganti CVT fluid di 75rb km, malah ditanyain sama N*smoco...,

Loh kenapa pak? Apakah ada keluhan?
Ya ngga ada mas, cuma udah jatah ganti aja, bisa toh?
Bisa pak, tapi pake prosedur kalo ada penggantian di dalam unit matic sehingga harus buang minyaknya.
Jadwal rutin ngga ada?
Ngga ada, kecuali untuk penggunaan berat (seperti di manual book) ganti di 100rb km.
Wah ganti aja mas pokoknya. Tap trus buang sampe abis segalon minimal.

Ajaib....ikut-ikutan Toyota USA yang dulu claim Cvt fluid nya lifetime :mky_04: ya untung deh masih nurut dan bisa ganti oli cvt nya.
2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141 (current)
2018 K14B 1K1FS (current)

indeskey
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey » 22 Jul 2019, 13:30

Om2 semua,

Sudah ada yang pakai PTT Automat CVT nggak ya, kalau sudah ada yg pake bisa sharing reviewnya. Kalau secara datasheet perbandingan keduanya seperti ada ya om2 diatas kertas?

Makasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 19 Jul 2019, 23:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by SG58 » 22 Jul 2019, 16:46

josomba wrote:
21 Jul 2019, 14:05
SG58 wrote:
21 Jul 2019, 13:35
Thanks bro.. gua jd agak paham.. kmren bru gnti pas 30k krn buku manual blg pas 40k.. cman logika gue kelamaan.. nah abis ini gua gnti kyknya per 10k ( saran de toda) krn katanya ga bs kuras matic.
kalau ganti per 10ribu sih terlalu cepet juga ya alias banyak beramal ke bengkel.

Secepet2nya tiap 20 ribu aja om..... toh pabrikan transmisi cem Aisin juga di flyernya selalu sebut 20rb/2 tahun mana duluan.
iya. makanya saya bgung juga itu masa disuru gnti per 10rb KM. prediksi awal gua mgkin krna ga bsa flush, dia minta 10k awal ganti supaya dibuang lg sama sisa2 kotoran ( positive thinking ) qkkwkwkw.. cman gua akan ganti pas 20rb KM aja deh..

amsionk kantong kalo per 10rb KM

KielConstantine
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 395
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by KielConstantine » 23 Jul 2019, 05:42

vipere wrote:
11 Mar 2019, 18:50
Crv turbo temen ane ,mobil belum 1 tahun ,jarang pakai juga,tempo hari cvt nya diganti 1 gelondong ama honda.
Eeeee buset :wkkk:

Jadi selain problem tuas patah, internal maticnya jg jebol ya wahahahahaha. Belom lagi masalah oil dillution.

Ini Honda Accrot all new baru aja launching di giias. Mesin 1.5T + trans CVT. Nunggu meledak jg aja tu.

Honda gimana neh, dulu mobilnya awet-awet & buletproof padahal.

Accrot jadul bokap ane tahun 2002 VTI-L masih jalan sampe skarang, odometer read (90rb). Umur udah 17 tahun. Kaga rusak aneh2, mesin sehat, transmisi sehat (manual), ac dingin. Cuman ganti kaki2 doang + engine mounting + disc brake + kampas. Sama rawatan berkala biasa oli, filter udara, minyak rem, kuras radiator.

Japanese built quality jaman dulu masih pada superb, ketimbang skarang. Dikit-dikit rusak.

Apalagi si nissan. Semenjak gabung sama renault. Jadi ampas kualitasnya wakaka. Udah gitu si Carlos Ghosn dipenjara gara2 ketangkep basah nggelapin duit perusahaan. Double the trouble.
Image

KielConstantine
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 395
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by KielConstantine » 23 Jul 2019, 06:11

martinnn wrote:
23 May 2019, 09:12
kata scotty kilmer transmisi yang paling sering jebol itu buatan jatco dan yang reliable buatan aisin .... [emo-yesno] [emo-yesno]
Ngomong2 soal Matic Aisin (masih punya Toyota).
Skarang BMW all-new-series-1 (F40) yg penggeraknya jadi FWD + 4cyl turbo di M135i . Pakenya matic konvensional dari Aisin 8-speed. Ninggalin matic ZF dengan permasalahan mechatronicnya.

Mungkin karena terlalu dihujat sama kustomer for being unreliable driving machine, doi mulai tobat. Pake bbrapa parts yg made in japan. Atau jg BMW group matanya mulai melek semenjak kerjasama sama Toyota ngebangun Supra/Z4. Mereka mulai lihat gimana Toyota dengan cooperate philosophy Kaizen-nya yg mau continue improvement. How to build a long last car, not a car that breaks after the warranty expired. Which is good.

Image
Image

epevert
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: 10 Dec 2010, 23:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epevert » 23 Jul 2019, 11:01

Tapi ga tau kenapa cvt honda saya lebih nyaman....drmh ada cvt nya yasir...kog kayanya kurang greget....mgkin pengaruh powernya yasir ya yg lebih kecil dibanding lio saya....

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3226
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by NYoman » 09 Aug 2019, 08:40

Kalau saya malah kebalikan oom, gak pernah suka sama matic nya Honda..
Matic di Honda kalau kita push sambil left brake yang ada throtle cut mau di konvensional atau cvt, kalau di mobil lain ndak..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1575
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 » 09 Aug 2019, 09:48

NYoman wrote:
09 Aug 2019, 08:40
Kalau saya malah kebalikan oom, gak pernah suka sama matic nya Honda..
Matic di Honda kalau kita push sambil left brake yang ada throtle cut mau di konvensional atau cvt, kalau di mobil lain ndak..
Berarti cut limiter speed yah? bukan dari sisi transmisi nya.
Honda max memang 150 untuk Mobilio,

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by marama » 09 Aug 2019, 09:52

CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)

Fertille
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: 24 Dec 2018, 18:29

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Fertille » 09 Aug 2019, 10:00

OOT dikit,,, kalo ertelu itu pake tranny made in mana yaa????

newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by newcity_vtec » 09 Aug 2019, 10:24

marama wrote:
09 Aug 2019, 09:52
CVT jebol ada cerita, bulan lalu serena C26 kantor dipakai ke jogja, odo 70k rutin servis beres, mobil tahun 2015. Waktu arah pulang kembali ke jakarta terpaksa di towing krn mobil mogok, dibawa ke beres nissan cvt nya jebol tagihan 70jt an ganti segelondong. Apakah bener xtronic nissan kalau buat rute tol jauh gini panas ya? penasaran aja saya , kata bengkel ad beberapa kejadian gini alasannya krn sdh diatas 3th (alasan g masuk akal sih hahaa)
Rajin ganti oli cvt nya kah?

skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 11 Apr 2007, 15:03

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by skylion » 09 Aug 2019, 10:27

Cvt 70 jeti omg

Post Reply