Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Galaxy14 »

ak4ng wrote: Tue May 21, 2019 7:32
Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25 itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Susah start nya lagi spertinya, juga penumpang protes kabinnya panas :glodak:
Kalo kabin biar ga panas iya om, tapi kalo start sepertinya gampang kok
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Zaxis »

Coba liat supir truk tiap macet pasti matiin mesin
Biar ngirit solar
964
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by 964 »


marmut wrote:
IGedeAmat wrote: Tue May 21, 2019 2:59
Kaleng wrote: Tue May 21, 2019 2:53 Turunnya gimana tuh om kalau bisnya tidak boleh berhenti?
Loncat, jaman naik kopaja waktu SMA dulu emang gak pernah nunggu sampe berenti seh,
mobil masih jalan pelan udah loncat aja..
makin kenceng mobilnya waktu kita turun, makin berasa keren gitu....
:mky_01:

kayaknya tuh kopaja gak bisa masuk gigi 1, start gigi 2 gak kuat.
makanya sopirnya jaga supaya mobilnya tetap ngegelinding walau pelan,
asal jangan sampai berenti total aja..

ah, jadi merindukan serunya turun kaki kiri duluan dan badan condong ke arah kiri/belakang dengan santai walaupun bis/metromini tetap melaju cukup kencang....
bagi yang tetap mendahulukan kaki kanan sudah pasti jumpalitan kalau diterapkan saat turun dari bis.
Dulu naik kereta dr jkt jogja, pas di malioboro kereta jalan pelan, di ajak teman turun. Dia loncat dan sukses, saya ikut loncat jg, dan sukses jg tp plus nyium kerikil rel kereta. Alhasil tangan lecet2 parah.

Turun kaki kanan dulu, kaki kiri ga siap nerima keseimbangan. Itu pertama kalinya turun dr kereta yg lg jalan, hahahaa.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by Fertille »

osbertc0ol wrote: Tue May 21, 2019 9:11 Mesin diesel ada yang pas udah panas dimatiin, nyalain nya lagi susah.. kenapa ya?
Apakah karena pengaruh kompresi mesin diesel besar ya om? Akhir nya berpengaruh ke aki
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by MSU »

Fertille wrote: Wed May 22, 2019 8:17
osbertc0ol wrote: Tue May 21, 2019 9:11 Mesin diesel ada yang pas udah panas dimatiin, nyalain nya lagi susah.. kenapa ya?
Apakah karena pengaruh kompresi mesin diesel besar ya om? Akhir nya berpengaruh ke aki
ada pengaruhnya om...makanya diesel rata2 dikasi aki ampere gede
tapi dalam kondisi sehat harusnya ga ada masalah nyalain
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by IGedeAmat »

Zaxis wrote: Tue May 21, 2019 13:01 Coba liat supir truk tiap macet pasti matiin mesin
Biar ngirit solar
Ini indikator saya buat putbal atau cari rute laen,
kalo nemu macet, dan liat supir truk didepan udah pada matiin mesin,
itu saat yang tepat untuk bilang,
"oh, sh*t..."
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by FU27 »

Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 10:18
Fertille wrote: Tue May 21, 2019 5:49
Galaxy14 wrote: Tue May 21, 2019 5:25 itu kebiasaan bus ya, pernah denger kalo matiin mesin bus minimal 25-30 menit setelah berhenti. Ga tau juga alesannya kenapa.
Seperti nya masih terlalu banyak kebiasaan atau mitos yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mesin ya om. :mky_02:
yups haha, oadahal bus sekarang juga udah canggih macam mercy 0500R dan scania yang mulai bertebaran
Ada 2 alasan sih, yang pertama AC, yang kedua turbo. Mesin turbo pamali klo habis dipakai jalan lama langsung dimatikan mesinnya. Karena pelumasan turbonya gabung dengan oli mesin. Sedangkan putaran turbo itu kan bisa berlipat2 dari RPM mesin klo habis jalan lama. Dengan kondisi itu, turbo rawan jebol kalo mesin langsung off sehabis jalan jauh. Makanya ada turbo timer, yang bikin mesin tetap nyala untuk waktu tertentu setelah kontak di OFF kan. Buat ngasih waktu agar putaran turbo turun.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by ilhami »

Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by evanbngdor »

ilhami wrote: Thu Jul 04, 2019 3:38 Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.
Hahaha iya nih angkot jg banyak yg suka gini, bilangnya ayo langsung jalan, pas udah naik, ternyata cuma maju dikit terus mundur lg dan matiin mesin
:big_dunno: :big_slap:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by lonely1999 »

evanbngdor wrote: Thu Jul 04, 2019 4:03
ilhami wrote: Thu Jul 04, 2019 3:38 Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.
Hahaha iya nih angkot jg banyak yg suka gini, bilangnya ayo langsung jalan, pas udah naik, ternyata cuma maju dikit terus mundur lg dan matiin mesin
:big_dunno: :big_slap:
jaman sekolah dan kuliah
sy pengalaman banget nich sama yang ini, bikin sebel [emo-mark-F]
tambah sebel lagi ternyata yg belakang ada yg jalan langsung [emo-yesno]
boschdot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 17, 2019 9:55
Location: kota Surabaya

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by boschdot »

ilhami wrote: Thu Jul 04, 2019 3:38 Mesin turbo sudah idle 1-2 menit, sudah aman untuk dimatikan.
Kalau metromini kopaja jarang matikan mesin, karena kalau mesin mati berkesan jalannya masih lama, penumpang pada kabur lagi. Yang kedua, biasanya aki sudah soak jadi harus start dorong.
asli ngakak aku baca ini :big_biglaugh: :big_biglaugh:
syamil2013
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Mar 04, 2018 16:28
Location: Bogor
Daily Vehicle: Tern P20 n Gerobak Kroya

Re: Alasan Mesin Diesel Lebih Baik Tidak Dimatikan

Post by syamil2013 »

Bukannya"Fuel Diluton" itu acap terjadi ketika mesin loadnya kecil, ketika idle misalnya?