Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
pujarizqy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 23 Oct 2017, 16:19
Location: Medan

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by pujarizqy » 12 Mar 2018, 08:42

Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.

Fakta: Mohon pencerahannya

*)Curhat pengguna mio

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1810
Joined: 17 Aug 2015, 13:32

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by martinnn » 12 Mar 2018, 09:25

untuk motor jaman dulu dengan pompa oli tipe percik mungkin benar....

EOR24
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 24 Jan 2018, 10:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by EOR24 » 12 Mar 2018, 09:30

pujarizqy wrote:
12 Mar 2018, 08:42
Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.

Fakta: Mohon pencerahannya

*)Curhat pengguna mio
Kalo kasus saya bener, motor dipanasin cuma seminggu sekali dan ga dipake jalan. Sementara pengisian kembali aki lebih optimal kalo dipake jalan.

Kecuali motor yang setiap pagi dipakai jalan, seharusnya tidak begitu pengaruh karena kalo aki dan sistem pengisian aki masih bagus akan di recharge ulang sepanjang motor berjalan.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2462
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by marmut » 12 Mar 2018, 09:31

pujarizqy wrote:
12 Mar 2018, 08:42
Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.

Fakta: Mohon pencerahannya

*)Curhat pengguna mio

lha terus ngapain panjenengan mahal2 beli motor yang ada elektrik starternya kalo msih diengkol? pake yamaha L2G aja kalo gitu......
pipes - cigars - coffee

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor » 12 Mar 2018, 09:35

kunaskun wrote:
10 Mar 2018, 16:23
evanbngdor wrote:
09 Mar 2018, 17:33

kadang malah ada dealer yg nakal, dari gudang ke dealer dibawa jalan, sampe di dealer di 0 in lg.

pernah ketemu karyawan dealer ******** itu mobil pake plat profit dibawa dr jakarta sampe semarang, ketemu sepanjang jalan pas mudik. bawanya jg ngawur banget. kasian itu konsumen yg dapet mobil itu.
sampe ke smg apa ga rugi itu dealer? karena factory marking di ban sudah pada hilang, ban itu jalan 100 km saja udah pudar markingnya, apalagi sampai smg. mungkin memang beli dari jkt bawa ke smg pake driver lepasan dengan plat pinjaman = kadang saya lihat di pantura.

soal mundurin odometer si memang beres/dealer pasti bisa karena modal colok doang ke scanner, tapi setahu saya prosedurnya rumit musti acc sana sini dulu, sama kaya beli kunci set atau speedometer assy.
Memang ada beberapa kasus pake driver lepasan, tp waktu itu ogut liat mereka konvoi 2 mobil, dan memakai seragam dari dealer merek tersebut. Jd bisa dipastikan kalo itu memang utusan dealer.

Soal marking ban, banyak konsumen yang ngga peduli dan ngeliatin marking ban nya sih, jd ya si dealer sih santai2 aja. Mobil dibawa manual dari pabrik ke dealer jg udah hal yg biasa, sampai di dealer ya direset lg odometernya kalo mau sedikit licik.

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1392
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by octafiantos » 12 Mar 2018, 10:13

marmut wrote:
12 Mar 2018, 09:31
lha terus ngapain panjenengan mahal2 beli motor yang ada elektrik starternya kalo msih diengkol? pake yamaha L2G aja kalo gitu......
Kalo berlaku yang sama terhadap mobil, harusnya mobil pake engkol juga.
Grill depan ada bolongannya untuk masang hand crank start.
Kavling kosong, bisa dikridit.

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by IGedeAmat » 12 Mar 2018, 10:14

iwidiyanto wrote:
12 Mar 2018, 07:57
kalau pemikiran bahwa mobil ato motor jika pemakaian awal udah ngga bener, mau diapain jg tetep g bisa bener... itu mitos ato fakta?
Ini maksudnya yg orang suka bilang "salah inreyen" ya Om.. ?

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1810
Joined: 17 Aug 2015, 13:32

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by martinnn » 12 Mar 2018, 10:43

marmut wrote:
12 Mar 2018, 09:31
pujarizqy wrote:
12 Mar 2018, 08:42
Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.

Fakta: Mohon pencerahannya

*)Curhat pengguna mio

lha terus ngapain panjenengan mahal2 beli motor yang ada elektrik starternya kalo msih diengkol? pake yamaha L2G aja kalo gitu......
1 kata : resale value.... banyak juga pengguna motor baru yang langsung copot speedometer biar odo kagak nambah :mky_07:

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor » 12 Mar 2018, 10:43

pujarizqy wrote:
12 Mar 2018, 08:42
Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.

Fakta: Mohon pencerahannya

*)Curhat pengguna mio
Kalau motor karburator sih cukup pake choke aja biar ngga berat nyala nya, pake electric starter sih gpp. kecuali aki udah mulai soak, ya biasanya berat buat starter pagi hari.

Semua motor ogut sampe skg sih nyalain selalu pake electric. kalau lama ngga dipake motornya ya choke nya dinyalain dulu. Aman, ngga pernah ada masalah.

Kick Starter kadang dipake aja biar ada kerjanya itu tuas.

:mky_03: :mky_03:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2462
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by marmut » 12 Mar 2018, 10:45

iwidiyanto wrote:
12 Mar 2018, 07:57
kalau pemikiran bahwa mobil ato motor jika pemakaian awal udah ngga bener, mau diapain jg tetep g bisa bener... itu mitos ato fakta?

"ngga bener" nya itu seperti apa? bisa lebih spesifik?
kalau masalah perawatan yang ngga bener semisal jarang ganti oli, atau hobi hantam kromo masuk lubang sehingga jadi banyak rusak, kan bisa dibikin perkiraan biaya perbaikan.
misal perkiraan biaya perbaikan masih bisa ditoleransi kantong ya silahkan saja.
pipes - cigars - coffee

User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1323
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by alvin23 » 12 Mar 2018, 10:52

Pugman wrote:
12 Mar 2018, 07:13

Contoh terbaik dari aplikasi perisai kolong yang ada di Indonesia adalah truk tangki Pertamina.
iya sekarang. Truk tangki pertamina speknya bener kan sejak ada Shell masuk wkwkwk. Dulu mah boro2. Kalo sekarang emang keren2
Captiva VCDi 2012
Yaris S A/T 2012
CRV 2.0 AT 2017

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 12 Mar 2018, 12:32

pujarizqy wrote:
12 Mar 2018, 08:42
Mitos: Menyalakan motor di pagi hari hendaknya dengan kick starter/engkol, bukan dengan electric starter.

Fakta: Mohon pencerahannya

*)Curhat pengguna mio
Ide dari kick starter di pagi hari ini adalah untuk penghematan aki, tapi sebenarnya tidak signifikan untuk motor injeksi, karena pada motor injeksi kondisi aki harus dalam kondisi bagus karena harus bisa menyalakan fuel pump dan ECU. Ini juga lebih untuk motor kecil single silinder
Bayangkan aja kalau mau engkol motor 4 silinder 1000cc

Galaxy14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Galaxy14 » 12 Mar 2018, 12:37

Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2462
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by marmut » 12 Mar 2018, 14:36

Galaxy14 wrote:
12 Mar 2018, 12:37
Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..

kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
pipes - cigars - coffee

Galaxy14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Galaxy14 » 12 Mar 2018, 17:05

marmut wrote:
12 Mar 2018, 14:36
Galaxy14 wrote:
12 Mar 2018, 12:37
Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..

kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagi

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor » 12 Mar 2018, 17:18

Galaxy14 wrote:
12 Mar 2018, 17:05
marmut wrote:
12 Mar 2018, 14:36
Galaxy14 wrote:
12 Mar 2018, 12:37
Kalo motor saya sih tiap nyalain pertama kali (pagi hari) pake kick starter, saran mekaniknya sih gitu. Soalnya agak susah ngidupinnya. Jadinya kalo langsung pake electric susah dan harus berkali2, yg nanti efeknya ke aki yg bisa lemah lbh cepet. Imho sih.
Mohon koreksinya..

kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagi
Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by iwing » 12 Mar 2018, 18:42

mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1631
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by coklatMetalik » 12 Mar 2018, 19:52

iwing wrote:
12 Mar 2018, 18:42
mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater
Knalpot yg menghadap atas itu kalo kehujanan apa gk kemasukan air ya?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF83

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2462
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by marmut » 12 Mar 2018, 19:53

Galaxy14 wrote:
12 Mar 2018, 17:05

-

Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagi
100% mekanik BeRes yang bermasalah.coba cari mekanik yang beneran mekanik, bukan orang sok tau pake seragam.
konsultasi dulu, diskusi, ceritain keluhannya apa dan tanya solusinya bagaimana.
pipes - cigars - coffee

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1642
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by kunaskun » 12 Mar 2018, 22:36

evanbngdor wrote:
12 Mar 2018, 09:35

Memang ada beberapa kasus pake driver lepasan, tp waktu itu ogut liat mereka konvoi 2 mobil, dan memakai seragam dari dealer merek tersebut. Jd bisa dipastikan kalo itu memang utusan dealer.
oh kalo gini biasanya kadang ini unit hasil pengadaan/proyek/borongan. udah lama si ga liat ginian di pantura, dulu sempat lihat. biasanya avanza E/G warna silver/putih. ini juga saya tahu pas dikasih tau sales yoyota dimari, kenapa ada avanza plat putih B konvoi ke arah smg.
Soal marking ban, banyak konsumen yang ngga peduli dan ngeliatin marking ban nya sih, jd ya si dealer sih santai2 aja. Mobil dibawa manual dari pabrik ke dealer jg udah hal yg biasa, sampai di dealer ya direset lg odometernya kalo mau sedikit licik.
kalau yoyota/nissan si dari gudang pabrik ke master/main dealer wajib naik truk, dan sudah lama. kurang paham sekarang. dealer setahu saya ya itu kalau mau reset odo agak rumit, entah d kalau ada dealer nakal. maklum cuma sekali seumur2 beli mobil di non master/main dealer habis itu kapok kaerna odo udah hampir 100km, berdebu ada bekas rokok, dan mobil well kotor, menang diskon si tapi tetep aja ngeselin.

Galaxy14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Galaxy14 » 12 Mar 2018, 23:36

evanbngdor wrote:
12 Mar 2018, 17:18
Galaxy14 wrote:
12 Mar 2018, 17:05
marmut wrote:
12 Mar 2018, 14:36



kalo susah start pagi hari / saat mesin dingin, berarti setelan mesin nggak bener. mending diperbaiki biar start pagi jadi tokcer dan menghemat tenaga.
Kira2 yg bermasalah apanya om? Udah berkali2 dibenahin di beres tapi kumat2 lagi
Kalo starter susah nyala/ngga bs langsung langsam berarti supply bensinnya. Kalo motor karburator biasakan aktifin choke nya aja kalau mau starter, kalo motor injeksi, cek sistem injeksinya.
Iya nih om, saya juga pake choke terus. Kadang malah keluar asap putih juga kalo pagi.

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 769
Joined: 03 Sep 2016, 20:25

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by michaelgiri93 » 13 Mar 2018, 00:07

Soal stater motor, saya selalu manasin motor pake electric stater, kadang gak pake choke kalau masih karbu
Akinya umurnya panjang2 kok om
Diatas 4 tahun semua
Jadi kalau untuk motor jaman sekarang sudah mitos itu
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 17 Oct 2014, 10:36

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by saridin » 13 Mar 2018, 07:12

motor ane terbitan 2011, odo blm sampe 8000. gak pernah dg sengaja manasin, kalo nyalain ya mmg mau dipake, dan selalu dg electric starter. ganti aki baru sekali...
|ertelu gx 13||miras glx 14|

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by Pugman » 13 Mar 2018, 07:16

iwing wrote:
12 Mar 2018, 18:42
mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater
Sangat menyebalkan yang model begitu, udah kencang juga ga, berisik sama negeracunin orang.
:big_slap:
coklatMetalik wrote:
12 Mar 2018, 19:52
iwing wrote:
12 Mar 2018, 18:42
mitos : motor pake knalpot modifan biar dibilang ghaulll tapi lubang knalpot menghadap ke atas, jadi kena 'helm/muka' pengendara di belakang
fakta : yang punya pikiran kayak gitu berarti perlu psikiater
Knalpot yg menghadap atas itu kalo kehujanan apa gk kemasukan air ya?
Jelas kemasukkan, tapi ga banyak juga karena air juga susah masuk karena terdorong angin dari mesin. Dibagian bawah knalpot yang paling rendah biasanya ada lubang kecil diameter 2-3mm, nah itu buat buang air yang tidak sengaja masuk.
michaelgiri93 wrote:
13 Mar 2018, 00:07
Soal stater motor, saya selalu manasin motor pake electric stater, kadang gak pake choke kalau masih karbu
Akinya umurnya panjang2 kok om
Diatas 4 tahun semua
Jadi kalau untuk motor jaman sekarang sudah mitos itu
saridin wrote:
13 Mar 2018, 07:12
motor ane terbitan 2011, odo blm sampe 8000. gak pernah dg sengaja manasin, kalo nyalain ya mmg mau dipake, dan selalu dg electric starter. ganti aki baru sekali...
Benar Om, sebenarnya memang tidak masalah. Jangankan motor 2 silinder atau lebih, beberapa motor sport 150cc injeksi contohnya Vixion, ada tipe yang sudah tidak dibekali kick starter.

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)

Post by evanbngdor » 13 Mar 2018, 09:14

kunaskun wrote:
12 Mar 2018, 22:36

oh kalo gini biasanya kadang ini unit hasil pengadaan/proyek/borongan. udah lama si ga liat ginian di pantura, dulu sempat lihat. biasanya avanza E/G warna silver/putih. ini juga saya tahu pas dikasih tau sales yoyota dimari, kenapa ada avanza plat putih B konvoi ke arah smg.

kalau yoyota/nissan si dari gudang pabrik ke master/main dealer wajib naik truk, dan sudah lama. kurang paham sekarang. dealer setahu saya ya itu kalau mau reset odo agak rumit, entah d kalau ada dealer nakal. maklum cuma sekali seumur2 beli mobil di non master/main dealer habis itu kapok kaerna odo udah hampir 100km, berdebu ada bekas rokok, dan mobil well kotor, menang diskon si tapi tetep aja ngeselin.
Waktu itu yg ogut liat sih Small hatchback ya, jd entah deh itu gimana.

Reset odo malah sangat mudah om, cost nya lebih kecil dibandingkan ngirim mobil pake truk ke luar kota.

:mky_04: :mky_04:

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”