Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 24 Feb 2016, 23:52

padmalotus wrote:
Halo Om,

iya jadi masih stuck. Ceritanya, kami terpaksa harus naik ke desa paling atas (agak di daerah puncak gunung tsb) dengan kondisi sehabis hujan. Kemudian, karena jalannya jarang dilewati oleh mobil offroad, hanya dilewati oleh pejalan kaki, dan batu-batu yang ada diambil oleh penduduk lokal untuk tanggul sungai. Jadinya kondisi jalan yang ada adalah tanah merah yang keras dan licin. Ditambah ada beberapa lubang bekas batu besar yang diambil tadi.

kejadiannya selalu ketika ban depan kiri atau kanan yang masuk ke dalam lubang tersebut (secara tidak sengaja karena jalan yang licin membuat mobil lari ke kanan dan kiri) akhirnya masuk ke dalam lubang tersebut dan stuck (ban yang tidak ada traksi hanya berputar ditempat dan ban belakang pun juga). Padahal sudah pakai 4L. Mundur kadang bisa kadang tidak.

Dan kebanyakan kasusnya, rumah differentialnya tersangkut di tanah. Akhirnya Salah satu cara adalah mengambil batu-batu kasar, kemudian menyangkul bagian tanah yang dalam tadi menjadi lebih lebar dan bagian tanah yang menyangkut pada rumah differential dicangkul pula sedikit-sedikit. akhirnya gak cuma mobilnya yang olahraga, penumpangnya pun juga. :mky_03:

pengalaman yang sama pun juga terjadi ketika turun. terkadang mobil turun tak terkendali karena slip.

informasi, FJ40 kanvas ini standart sekali, bahkan ban yang dipakai pun ukuran standart (saya lupa ukuran berapa yang pasti ban tidak sampai keluar dari body) dan jenis ban dan mobil seperti di bawah akan saya tampilkan. Dan itu copas dari internet, saya belum sempat foto-foto karena selalu asik sendiri (baca:sambat/mengeluh) dengan mencari batu atau mencangkul.

Image
ban yang terpasang seperti ini.

Dan jalan yang kami lalui kiri kananya banyak sekali semak belukar (yang membuat baret body mobil) dan tanaman-tanaman yang bunganya seperti bunga matahari tapi jika kita cium baunya seperti tai ayam. :mky_04:


Wah, terima kasih untuk masukan beberapa mobil 4WD yang sudah lengkap kriteria dan perlengkapan sistem 4WDnya.
semoga harganya bisa lebih murah di tahun tahun mendatang yang mana kondisi keuangan untuk saat ini masih belum memungkinkan untuk spend mobil hobby, menkeu bisa marah-marah. :big_slap:

yang saya tanyakan juga, mengapa harga G Class yang biasa tidak usah yang memakai portal axle sudah sangat mahal ya? Apakah sistem 4WD nya dengan Rubicon lebih baik? ataukah hanya karena ikon offroad Mercedes?
hehe, oks.. FJ40 standar sistem 4x4nya sederhana sekali.. hanya partime,tidak ada difflock depan atau belkang bonggol differential juga amat besar sehingga GC rendah dan mudah nyakut. Suspensi standar leafspringnya sangat stiff sehingga travel jg terbatas..... FJ40 real talent itu durabilitynya

so mbl modern dengan dgn difflock atau kontrol traksi seharusnya bisa lebih baik kondisi sama2 standar, tinggal masalah size dan tega.

disarankan klw alur2nya dalam seperti itu ganti ban yang lebih besar.

GClass indo yang masuk hanya yg V8 tentu harganya jauh diatas Jk yg V6 3.0ltr. sistem 4x4nya sama baiknya, bnyk yg bilang Gklas lebih nyaman *dan powerfull*, sedangkan rubicon lebih durabel dan enak di modifikasi dgn aftermarket lebih banyak.
imsus2c wrote:
jalu wrote:mantap sekali ilmunya...lanjutkan :big_exellent:
Hai meneer....
Lama sekali ngga ngobrol :D


@om Bil, gerobak tua saya itu awd-nya tipe apa ya? :ungg:
Susah cari oli-nya, masih khawatir kalau salah oli bisa ngerusak :e-doh:
wah ada suhu imsus hehehe :D

CRV AWD ya om? most likely itu realtime AWD dgn haldex om...
Image
Image
jadi dia pke clutch yang digerakin hyraulic pump untuk meneruskan daya ke rear diff when necessary.. hehe :D

waduh sya kurang apal om olinya hrus pakai apa, di buku manual tidak ada?
padmalotus wrote:@om Bill

tanya lagi, ada beberapa hal yang saya kurang mengerti.

Kita ambil saja contoh mobil FJ40. kan differentialnya ada 2, yaitu depan dan belakang.
nah, ketika kita jalan biasa dengan kondisi tuas transfercase 2H, jadi yang jalan hanya ban belakang saja kan? dan bisa belok seperti mobil biasa karena ban kiri dan kanan diatur oleh differentialnya mana yang jalan lebih cepet dan mana yang lebih lambat (tidak locked kiri kanan)

nah, ketika kita masukkan ke 4H, dikatakan bahwa mobil 4WD konvensional akan menjadi 4x4 Partime ya? yg mana roda depan belakang jalan semua dengan pembagian tenaga 50:50.

pertanyaan saya:

1. apakah pada partime, differential depan belakang menjadi Locked? sehingga perputaran roda kiri-kanan menjadi sama dan tidak bisa salah satu berhenti
2. jika tidak locked, apa yang membuat mode partime tidak bisa digunakan di jalan raya? toh kalau belok kan pembagian perputaran roda kiri dan kanan sudah dibagi oleh differential masing-masing depan dan belakang kan?

kemudian
Image

bagian nomer satu itu untuk mengaktifkan center differential ya (mode partime 50:50 depan belakang)
nomer 2 dan 3 itu fungsinya untuk apa? apakah untuk lock gardan supaya ban kiri dan kanan jalan semua apapun yang terjadi?

itu pertanyaan saya Om bill, maaf jika ada kesalahan membaca yang membuat saya keliru..
1. tidak om... di partime yang terkunci hanya yang tengah... tidak berhubungan dengan yang depan dan belkang.
2. masalahnya di jalan raya saat belok patah, gardan depan dan belakang juga harus berputar dengan kecepatan berbeda, dimana di partime putaranya dipaksa sama... jadi akan terasa tertahan saling tarik menarik.

1 (yang tengah) itu center diff atau partime,
2 (yang kanan) itu rear difflock
3 (yang kiri) itu front difflock
sesuai posisi symbolnya saja.

yup kalau diff di gardan sudah dikunci putaran akan selalu sama.
teppey wrote:Bro Bill, kalau ANF kan punya rear diff lock sedangkan ANPS ga punya rear diff lock, kalau secara offroad capability lebih bagus ANF ?

Kedua Mobil ini punya front Dan center diff lock?
hard to say ya... karna offroad ability overall lebih luas lagi bukan hanya kemampuan menyalurkan daya dan traksi, ada faktor lain, seperti berat keseluruhan, travel suspensi, GC dan approach,rambreak,departure angle,desain kolong,ratio dan lain-lain.


jika dibatasi hanya traction management.... ANF VRZ *dan eprest* paling baik. Rear difflock ada, Traction Control ada.
tinggal di adu traction control ANF vs ANPS bagus mana... gimmickny jelas ANPS menang dgn offroad mode... meski carakerjany blm jelas sejauh apa ia akan memudahkan. fortuner VRZ sudah pakai A-Trac system kontrol traksi yg sama dgn di LC200, meski polos g ada mode2an....

klw dibanding ANF G... disuruh milih rear difflock vs traction control.... robustness jelas rear difflock untuk heavy duty dan bisa berfungsi dengan pasif.

namun traction control brake LSD juga baik karna front axle juga bisa kebantu, sekaligus tidak menggangu manuver.

klw saya disuruh milih salah satu, untuk heavy duty sya pilih rear difflock. untuk lainya tractioncontrol juga baik dikondisi tertentu bisa lebih baik dari rear difflock saja.

tentu bagus klw dpt keduanya.


front difflock tidak ada yang punya. hanya Rubicon,tospec gklas dan defender yang ada. *cmiiw*
tentu aftermarket menyediakan jika ingin menambahkan. alternatifnya bisa LSD Torsen untuk gardan depan.

centerdiff... ANPS ada dan bisa unlock jadi fulltime, ANF pilihanya 4x2 atw lock 4x4 partime

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13993
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by maskopat » 25 Feb 2016, 08:42

Thanks Mod Bil... jadi torque vectoring itu 4WD yang dikontrol oleh komputer untuk mengatur clutch di tiap roda ya?

tentang ANPS, di ausie dapet diff lock. di sini gak ya?
no signature

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by imsus2c » 25 Feb 2016, 20:13

billyd1773dz wrote:
imsus2c wrote:
jalu wrote:mantap sekali ilmunya...lanjutkan :big_exellent:
Hai meneer....
Lama sekali ngga ngobrol :D


@om Bil, gerobak tua saya itu awd-nya tipe apa ya? :ungg:
Susah cari oli-nya, masih khawatir kalau salah oli bisa ngerusak :e-doh:
wah ada suhu imsus hehehe :D

CRV AWD ya om? most likely itu realtime AWD dgn haldex om...
Image
Image
jadi dia pke clutch yang digerakin hyraulic pump untuk meneruskan daya ke rear diff when necessary.. hehe :D

waduh sya kurang apal om olinya hrus pakai apa, di buku manual tidak ada?
waduh....suhu ...:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Di manual tertulis Honda DPSF-II, malah tertera juga di sticker nya yg nempel di gearbox-nya.
Ini barang nyari dari dulu ngga pernah dapat, baik di BeRes mauoun toko oli. Alasannya BeRes, mobilnya ngga masuk (resmi) jadi ngga nyediakan supporting nya (macam oli ini).
Cuma di manual, ada keterangan in case of emergency, temporaray bisa pakai Honda CVTF. Masalahnya, yg temporary ini keterusan sampai sekarang, tiap ganti pakai CVTF :e-doh:
Sialnya lagi, pernah baca2 forum RD1 diluar, katanya recomend temporarynya justru ATF biasa (Honda Z1), kalau keterusan CVTF bisa bikin dengung... :ungg:
Nah ini, sampai sekarang sih kayaknya belum kedengar gejala mendengung. Ya khawatir saja...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1390
Joined: 18 Nov 2012, 17:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by haristk7 » 28 Feb 2016, 09:38

to momod, request thread ini di sticky dong, sayang banget thread seperti ini nantinya tenggelam

thanks :big_smile]
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"

User avatar
FRD
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1775
Joined: 26 Aug 2014, 22:00
Location: Reality

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by FRD » 28 Feb 2016, 09:47

haristk7 wrote:to momod, request thread ini di sticky dong, sayang banget thread seperti ini nantinya tenggelam

thanks :big_smile]
done, bro haristk7 :big_smoking:
those who are heartless, once cared too much.

L12B 5MT - L15Z1 CVT - K3-VE 5MT - 1TR-FE 5MT

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 04 Mar 2016, 22:54

maskopat wrote:Thanks Mod Bil... jadi torque vectoring itu 4WD yang dikontrol oleh komputer untuk mengatur clutch di tiap roda ya?

tentang ANPS, di ausie dapet diff lock. di sini gak ya?
*klik untuk memperbesar*


Image
betul torque vectoring itu pasti dikontrol komputer secara aktif. Torque Vectoring tidak harus 4wd... 2WD dengan torque vectoring pun banyak. sebagian besar di aplikasikan di hot hatch FWD. ini trik yg membuat FWD bisa menghandle torque besar dan di circuit bisa menyaingin RWD/AWD.





oke sya coba jelaskan soal torque vectoring dulu ya

Coba kembali ke halam pertama dan mengingat fungsi dan sifat differential. :D :D
*Diff akan mengirim lebih banyak torque ke sisi yang memiliki beban/resistansi lebih rendah*

nah skrng bayangkan kendaraan sedang berbelok kekanan dengan kecepatan tinggi.
Image

bayangkan beban yang diterima inside wheel(kanan) dan outer wheel(kiri). ban bagian mana yang lebih banyak memiliki beban saat heavy cornering?
yes bagian luar (kiri), karna G-force saat berbelok ke kanan akan mendorong bobot mobil roll ke bagian luar(kiri).

nah skrng di kondisi ini, apa yang dilakukan differential? sisi ban mana yang memiliki resistansi/beban lebih rendah yg akan menerima torsi lebih besar?

yess ban dalam(inside/kanan)............ knp? karna berat kendaraan sedang shifting ke ban sisi luar(outer/kiri).



nah... sekarang bayang kan sebuah TANK baja.......... gimana cara dia belok kanan? dengan membuat sisi kiri(outside) menerima torsi agar dapat berputar lebih cepat dari yang kanan(inside) (bisa dengan menambah sisi kiri atau mengurangi sisi kanan) sehingga arah kendaraan akan berbelok ke kanan.

nah di mobil roda 4 saat cornering, justru yang menerima torsi lebih banyak adalah ban sebelah kanan(inside) padahal dia mau belok ke kanan.... efeknya...saat harusnya berbelok ke kanan, arah energi mbl dari gaya dorong ban justru bergerak ke arah sebaliknya.... akibatnya kalau tidak spin ya understeer, dan energi tidak berubah menjadi laju.

disini fungsinya torque vectoring, disaat kondisi di atas terjadi torsi justru akan di alir kan ke ban bagian luar(outer/kiri) sehingga arah energi mbl akan searah dengan arah stir. efeknya tentu significantly reduce understeer, dan mempercepat di tikungan.



cara kerjanya?
ada yang menggunakan multipleclutch semacam haldex di kedua sisi shaft roda berguna untuk mengalihkan torsi ke sisi yang seharusnya. contohnya : Mitsubishi AYC di EVO,VR4 dan Outlander,Honda Super Handling AWD di acura n pilot etc, Nissan TV di Juke dan GTR dan lain lain.



cara lain yang lebih murah.. menggunakan sistem ESP dan ABS....... jika cara pertama adalah mempercepat outer wheel dgn memberi torsi lebih, maka cara ini adalah memperlambat inside wheel dgn member beban sehingga torque akan dikirim ke bagian outer lebih banyak... efeknya tentu brakepad wear lebih cepet wkwkw :D yang menggunakan sistem ini apa aja? Ford Focus dan fiesta st, VW XDS, etc....

cara terbaru... dengan menggunakan electrik motor di masing2 roda. karna electric motor ini individual tentu tidak membutuhkan differential untuk mengatur besara torque. biasanya ada di mbl hybrid. contohnya honda NSX terbaru

bedanya dengan LSD?
LSD torque sensing berkerja secara pasif, dia berusaha membagi energi mendekati seimbang kanan dan kiri apapun yg terjadi, tentu sudah lebih baik dari open diif. Nah Torque vectoring membalikan sifat diff dan membuat arah vector/laju energi searah dengan gerak kendaraan.

cmiiw
:beer:

yes ANPS di oz ada Rear difflock dan HDC... indo disunat, padahal harga 4x2 ke 4x4 ANPS skrng beda mencapai 120jt............ seharusnya Rear Difflock dan HDC uda di kasih nih...

klw center difflock sie anps pasti anda.
imsus2c wrote: waduh....suhu ...:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Di manual tertulis Honda DPSF-II, malah tertera juga di sticker nya yg nempel di gearbox-nya.
Ini barang nyari dari dulu ngga pernah dapat, baik di BeRes mauoun toko oli. Alasannya BeRes, mobilnya ngga masuk (resmi) jadi ngga nyediakan supporting nya (macam oli ini).
Cuma di manual, ada keterangan in case of emergency, temporaray bisa pakai Honda CVTF. Masalahnya, yg temporary ini keterusan sampai sekarang, tiap ganti pakai CVTF :e-doh:
Sialnya lagi, pernah baca2 forum RD1 diluar, katanya recomend temporarynya justru ATF biasa (Honda Z1), kalau keterusan CVTF bisa bikin dengung... :ungg:
Nah ini, sampai sekarang sih kayaknya belum kedengar gejala mendengung. Ya khawatir saja...
waduh sya kurang tw ni om... hehehehe :D dulu kan RD1 pernah masuk lewat ATPM ya om? masa honda uda g sedia kebutuhannya?

ribet juga klw olinya sampai g ada, uda coba pesan keluar om?


:beer:



@frd n harist thxx yuuuu :big_love: :big_love: :big_love:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by imsus2c » 09 Mar 2016, 21:16

^^^
Yg RD1-AWD kurang tau sih, apa pernah masuk resmi atau engga.
Tapi udh nanya di bbrp BeRes (di 2 kota "besar"), kompak jawab ngga sediain tuh oli jenis ini :e-doh:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: 12 Aug 2012, 20:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by mr-saga » 09 Mar 2016, 23:05

billyd1773dz wrote:NEXT LOW RANGE
om Bil...
mohon pencerahannya lebih lanjut soal Low Gear ini om..
1st. dimana sih letaknya final gear itu?
2nd. perihal modifikasi, apa bisa diganti roda giginya utk mendapatkan ratio yg diinginkan? hambatan pelaksanaannya apa aja ya?
3rd. apakah anda pernah menjumpai cara merubah final gear ratio ini yg bahkan sampe mengganti gardanya sekalian?hehe

makasi :thanks:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by daftar » 09 Mar 2016, 23:51

kalo pakai sistem pengereman untuk LSD masih ok ketika kondisi stuck, tapi kalo buat torque vectoring jalan kenceng belok apa nggak bikin mobil melambat/performa turun ya om?
:ngacir:

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 10 Mar 2016, 02:44

mr-saga wrote:
billyd1773dz wrote:NEXT LOW RANGE
om Bil...
mohon pencerahannya lebih lanjut soal Low Gear ini om..
1st. dimana sih letaknya final gear itu?
2nd. perihal modifikasi, apa bisa diganti roda giginya utk mendapatkan ratio yg diinginkan? hambatan pelaksanaannya apa aja ya?
3rd. apakah anda pernah menjumpai cara merubah final gear ratio ini yg bahkan sampe mengganti gardanya sekalian?hehe

makasi :thanks:
1. final gear itu disebut juga ring and pinion, letaknya di bonggol differential axle.

Image
Image

2. bisa banget.... hambatanya ya ketersedian pilihan ratio yang lain dari donor trim mbl lain (biasanya beda mesin beda transmisi finalgear beda) atau dari aftermarket (superior,yukon,Allow dll).

3. sering... jika kendaraan tersebut tidak ada opsi final gear lain.. ya kepaksa ganti gardan dengan yang populer.. yang sering seperti ini itu taft pilihanya FG dari std 1:3.36 ada ke 1:3.7 (toyota Blizzard) dan loncat ke 1:5.28 (Feroza G2) selain itu trooper juga tdk banyak pilihan lain. yang populer itu Toyota, Jeep dan Suzuki pilihan FG dri model lain atau dri aftermarket di indonesia.

biasanya perlu ganti FG jika ganti ban dengan ukuran lebih besar.

rumus mencari FG yg pas

(Ukuran ban baru (dalam inchi) x FG lama) / Ukuran ban lama (dalam inchi) = FG baru
hasilnya close to stock. jika ingin lebih low ya silahkan pilih ratio lebih rendah
daftar wrote:kalo pakai sistem pengereman untuk LSD masih ok ketika kondisi stuck, tapi kalo buat torque vectoring jalan kenceng belok apa nggak bikin mobil melambat/performa turun ya om?
yep.. makanya sportcar high-end pakai differential torque vectoring, tidak menggunakan sistem rem.

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: 15 Feb 2016, 23:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by k0b0chan » 10 Mar 2016, 06:48

Trit bagus. Numpang belajar, karena liat 4x4 berpetualang d alam sangat keren.

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 01 May 2016, 05:49

om katanya ada mobil yang difflock dan traction controlnya bisa engage berbarengan, kok bisa begitu ya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7234
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by newrubble » 01 May 2016, 13:40

sy tdk bisa argue atau comment u technicality krn mmg bukan ahli

tapi dalam dunia intellectual property (kepemilikan intelektual) memang sudah diatur bhw tiap innovation yg sebagian besar mirip dgn yg telah ada tapi sebagian kecil ada yg dianggap berbeda dgn yg telah ada

mau di lindungi hukum dari pemalsuan / pelanggaran kepemilikan dgn cara apapun

mau digunakan u kepentingan komersil

maka wajip gunakan nama/brand dagang yg berbeda dengan yg telah ada sehingga dari pertimbangan itulah adanya berbagai trade namings

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 01 May 2016, 17:44

armancho wrote:om katanya ada mobil yang difflock dan traction controlnya bisa engage berbarengan, kok bisa begitu ya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk
bisa aja om... sbenernya semua hanya software komputer saja.....

ford ranger T6 mk2 bisa tu.... dan kalau kita pke aftermarket locker juga tentu bisa.

tapi klw locker sudah depan belakang ya uda geperlu traction control lagi.
newrubble wrote:sy tdk bisa argue atau comment u technicality krn mmg bukan ahli

tapi dalam dunia intellectual property (kepemilikan intelektual) memang sudah diatur bhw tiap innovation yg sebagian besar mirip dgn yg telah ada tapi sebagian kecil ada yg dianggap berbeda dgn yg telah ada

mau di lindungi hukum dari pemalsuan / pelanggaran kepemilikan dgn cara apapun

mau digunakan u kepentingan komersil

maka wajip gunakan nama/brand dagang yg berbeda dengan yg telah ada sehingga dari pertimbangan itulah adanya berbagai trade namings
betul om...

setiap manufactur harus bikin differensiasi masing-masing..... salah satunya dari brand.. sekedar "brand" g bisa di remehin karna punya pengaruh kuat ke perceived quality dri user......

wkwkwk

meski kadang manufacture mengasosiakan produknya dgn brand/trademark tertentu yang sudah lebih dulu ada dan terkenal,meski sebnernya secara teknis berbeda dan blm tentu benar-benar mewariskan karakter dari brand yang di asosiasikan itu.
:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7234
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by newrubble » 01 May 2016, 20:40

patent royalty dari four wheel drive dipakai ferdi porsche u bikin mobil ... post worldwar2

ada bbrp fabriek mobil yg sbtulnya tdk usah bikin mobil juga sdh dpt huge income.... porsche salah 1 nya

tesla juga bayar patent royalty u dual circuit EV motoring ... pdhl patent ini umur nya lbh dr 117 thn ... tapi tetap sj masih income generator

sorry out of topic

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 02 May 2016, 13:35

om fitur offroad pada dakar 4x4 lama apa aja ya? oh iya om untuk aftermarket perangkat offroad dakar lama apakah banyak tersedia (diindonesia)


Sent from my iPhone using Tapatalk

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 02 May 2016, 23:28

armancho wrote:om fitur offroad pada dakar 4x4 lama apa aja ya? oh iya om untuk aftermarket perangkat offroad dakar lama apakah banyak tersedia (diindonesia)


Sent from my iPhone using Tapatalk

halo om....

dari transfercase dakar lama sie sama aja dgn dakar baru.. kecuali di low range nya.

sama-sama, bisa 4x2, 4x4Fulltime, 4x4 partime dan 4x4 low, tapi low range dakar lama hanya 1:1.925 salah satu yang terhalus (which is bad) dibanding 4x4 lain. dakar low range nya kini 1:2.56 sudah on par dengan 4x4 lain.

dakar lama juga ada hybrid LSD... LSD canggih gabungan sistem torsen dan viscous coupling... kerjanya jauh lebih baik dari LSD kopling biasa. Dakar baru tidak ada LSD hanya open diff

yg om maksud perangkat off road apa ya?

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 03 May 2016, 14:18

misalnya ni om, mau upgrade, pasang difflock untuk depan belakang atau suspensi yang mantep untuk offroad adventure, apakah banyak tersedia aftermarketnya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 03 May 2016, 14:59

armancho wrote:misalnya ni om, mau upgrade, pasang difflock untuk depan belakang atau suspensi yang mantep untuk offroad adventure, apakah banyak tersedia aftermarketnya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk
suspensi sih banyak om, difflock mungkin import ARB dari australia.

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 05 May 2016, 09:37

btw om. ifs bisa dipasangin locker ga ya?


Sent from my Nokia 3310

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 05 May 2016, 09:52

armancho wrote:btw om. ifs bisa dipasangin locker ga ya?


Sent from my Nokia 3310
bisa bnget om, most dcab dan suv sekarang kan ifs, dan ada lockernya.
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: 06 Feb 2016, 11:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho » 05 May 2016, 09:56

om kenapa rigid axle depan lebih mumpuni untuk offroad dibanding ifs ?


Sent from my Nokia 3310

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 05 May 2016, 14:49

armancho wrote:om kenapa rigid axle depan lebih mumpuni untuk offroad dibanding ifs ?


Sent from my Nokia 3310
rigid axle vs independent:
rigid axle travelnya bisa jauh lebih panjang dari indepent. Travel dibutuhkan untuk memastikan roda tetap napak di permukaan. Dah mudah untuk modifikasinya
Rigid axle mudah di lift dan modifikasi
Rigid axle jauh lebih kuat dari independent, karna bebas sendi/joint, spline juga lebih besar
Independent lebih kompleks dari rigid. Dengan komponen jauh lebih banyak, komponen lebih banyak bearti kemungkinan rusak lebih banyak, dan harus bawa sparepart lebih banyak

:beer:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz » 23 May 2016, 00:32

need 4x4? RWD?Solid axle? Ladder Frame? think again...




:mky_03:
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

burhanmakkita
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 01 May 2016, 14:30

Re: RE: Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by burhanmakkita » 23 May 2016, 10:12

billyd1773dz wrote:
armancho wrote:om fitur offroad pada dakar 4x4 lama apa aja ya? oh iya om untuk aftermarket perangkat offroad dakar lama apakah banyak tersedia (diindonesia)


Sent from my iPhone using Tapatalk

halo om....

dari transfercase dakar lama sie sama aja dgn dakar baru.. kecuali di low range nya.

sama-sama, bisa 4x2, 4x4Fulltime, 4x4 partime dan 4x4 low, tapi low range dakar lama hanya 1:1.925 salah satu yang terhalus (which is bad) dibanding 4x4 lain. dakar low range nya kini 1:2.56 sudah on par dengan 4x4 lain.

dakar lama juga ada hybrid LSD... LSD canggih gabungan sistem torsen dan viscous coupling... kerjanya jauh lebih baik dari LSD kopling biasa. Dakar baru tidak ada LSD hanya open diff

yg om maksud perangkat off road apa ya?

:beer:
Maaf Om ikutan nyundul mau konsul pajero did 32 ane biasanya kl si 2H lampu hijonya yg nyala bgan blkang tp skrng yg nyala lampu kuning ditengah alias lock mhn pencerahan OmImage

Sent from my SM-A510F using Tapatalk

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”