Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote:
27 Jun 2020, 11:24

Mxd saya ragu oli keraton bsa bkin kerak om, scara saya yg pake oli diskonan aj ga ampe gt

Mengenai humidity, saya jg sangsi sehh, tempat tinggal saya itu cuman 500an meter dr teluk jakarta, pintu pager aj musti tiap taon d cat

Drat busi basah ?? Koq bsa, drat busi saya malah pd kelewat kering, tp kotor kecoklatan kering gt mungkin dr uap panas mesin jg.. biasa saya bersihkan busi pake carbjet aj, d semprot, diemin trus d lap, lgs kaya baru lg

Curiga saya sehh mobil om kurang olahraga, coba aj minimal seminggu skali olahraga masuk tol 10 menitan
ah yg ttg oli maksud om itu sy ngerti skrg.

drat busi basah dugaan ane jg gitu, sisa bensin campur uap air sisa pembakaran.
DOHC wrote:
27 Jun 2020, 11:56

Oke, fix itu carbon fouling sehh walaupun bukan d electrode nya

Kl gt kayanya ruang bakar jg sama kotor nya sehh om, mungkin bole d consider utk semprot2 carbjet buat rontokin
yg busi terakhir lbh item lagi elektroda negatifnya om. kl elektroda tengah engga kotor, mungkin krn platinum kan tipis.

ruang bakar kotor? ini mobil tiap 4000 ane kasih LiquiMol valve clean atau honda injector cleaner. ga jelas efektif apa kaga haha. kl disemprot carb jet ga yakin efektif sih sebab yg nempel di busi ga bisa rontok kl cuma disemprot. musti disikat kawat sm diamplas.

musti dilihat dulu pakai borescope ruang bakarnya tp ane belum punya. mudah2an aman ya cuma numpuk di busi doang. bener om, kurang olah raga sm kurang italian tune up di tol. ane males jg ke tol cuma geber2. anti diperbudak mobil wkwkwkwk.

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Kalo bedain carbon fouling gara2 kurang olahraga dgn gara2 seal klep atau ring seher bocor itu gmn ya?

Busi W16EXR-U11 sy kondisinya mirip yg difotoin om omnibus :ungg:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3424
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 12:49
Kalo bedain carbon fouling gara2 kurang olahraga dgn gara2 seal klep atau ring seher bocor itu gmn ya?

Busi W16EXR-U11 sy kondisinya mirip yg difotoin om omnibus :ungg:

kalo seal klep dan/atau ring oli bocor pasti akan berkurang volume oli mesinnya.
apalagi kalau ring oli yang bocor pasti knalpot seperti fogging dan di ujungnya basah oli.
pipes - cigars - coffee

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

marmut wrote:
27 Jun 2020, 13:07
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 12:49
Kalo bedain carbon fouling gara2 kurang olahraga dgn gara2 seal klep atau ring seher bocor itu gmn ya?

Busi W16EXR-U11 sy kondisinya mirip yg difotoin om omnibus :ungg:

kalo seal klep dan/atau ring oli bocor pasti akan berkurang volume oli mesinnya.
apalagi kalau ring oli yang bocor pasti knalpot seperti fogging dan di ujungnya basah oli.
betul sekali

tambah lagi ujung businya lengket kaya aspal basah. dan biasanya kl krn valve seal atau ring piston jarang yg kena ke semua busi, biasanya cylinder specific.

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote:
27 Jun 2020, 11:49
Suryaputra wrote:
27 Jun 2020, 10:42
nnggg anu om..

mungkin bs difoto nanti next nya, kondisi busi setelah pemakaian 3k KM atau mulai susah cold start spt yg om ceritakan.

soal kondisi cuaca sekitar di bandung ini memang humidity tinggi, apalagi kdg hujan dan kdg panas, ditambah masa covid-19 yg bikin mbl jd sering ngendon di garasi.
resiko carb build up memang tinggi.

trims omm
ini ada dr busi lama bawaan yg fr6f-11k. kl yg terakhir zfr6fgp sdh ane bersihin, bedanya elektroda negatif yg melengkung itu lbh hitam lagi dr ini.

kl lihat disitu ada sisa lint itu dr majun, abis ane coba lap krn kering jd lint pada nempel.

gimana, beda ngga sm busi om? :mky_03:


IMG_20200627_113132~2.jpg

IMG_20200627_113144~2.jpg

IMG_20200627_113057~2.jpg

IMG_20200627_113153~2.jpg
sy kmrn ganti busi di KM 24k (dari mobil msh kinyis")

kondisi carb foulingnya gak setebel itu.

mungkin gak yah dr kualitas BBM jg ?
karena lihat afr dsb yg om posting, aman semua itu.

anyway sy gak prnh absen pakai redline Cfsc.
dgn dosis 1-2 ml / liter pertamax.
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

marmut wrote:
27 Jun 2020, 13:07
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 12:49
Kalo bedain carbon fouling gara2 kurang olahraga dgn gara2 seal klep atau ring seher bocor itu gmn ya?

Busi W16EXR-U11 sy kondisinya mirip yg difotoin om omnibus :ungg:

kalo seal klep dan/atau ring oli bocor pasti akan berkurang volume oli mesinnya.
apalagi kalau ring oli yang bocor pasti knalpot seperti fogging dan di ujungnya basah oli.
Oli ga berkurang, ujung knalpot kering, tp kalo tutup pengisian oli atau dipstick dibuka keluar angin. Cuma angin doang sih, ga ada asap apalagi oli muncrat

Knalpot pagi2 masih muncrat embun tp aromanya memang pedih di mata
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote:
27 Jun 2020, 13:24

sy kmrn ganti busi di KM 24k (dari mobil msh kinyis")

kondisi carb foulingnya gak setebel itu.

mungkin gak yah dr kualitas BBM jg ?
karena lihat afr dsb yg om posting, aman semua itu.

anyway sy gak prnh absen pakai redline Cfsc.
dgn dosis 1-2 ml / liter pertamax.
mungkin jg bbm saya kan diem lama. semenjak psbb cuma pernah ngisi 1x itu jg cuma buat nyampur dgn yg lbh fresh. ga tau jg fresh ngga nya sih krn spbu jg kan bisa aja stok lama juga.

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 492
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 14:06
marmut wrote:
27 Jun 2020, 13:07
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 12:49
Kalo bedain carbon fouling gara2 kurang olahraga dgn gara2 seal klep atau ring seher bocor itu gmn ya?

Busi W16EXR-U11 sy kondisinya mirip yg difotoin om omnibus :ungg:

kalo seal klep dan/atau ring oli bocor pasti akan berkurang volume oli mesinnya.
apalagi kalau ring oli yang bocor pasti knalpot seperti fogging dan di ujungnya basah oli.
Oli ga berkurang, ujung knalpot kering, tp kalo tutup pengisian oli atau dipstick dibuka keluar angin. Cuma angin doang sih, ga ada asap apalagi oli muncrat

Knalpot pagi2 masih muncrat embun tp aromanya memang pedih di mata
Kalo bole tau odometer kijangnya udh brp ribu km om?
Kebetulan sy ngerawat 2 kijang 7K-E..yg 1 msh 105rb-an km & 1 lg udh 200rb-an km.
Yg 200rb-an km dulu sempat ngebul tipis terutama kl di gas plus ujung knalpot sisi luarnya seperti ada bekas lembab. Bawa ke beres, keluarlah estimasi turun mesin bla bla puluhan juta wkwk...sy yakin hanya sil klep,maka sy bawa ke bengkel kecil & sembuh sampe sekarang. Jd sy rasa kl kijang om msh <200rb km & perawatan wajar rasanya faktor ring bisa di eliminasi, paling seal klep aja

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

MSU wrote:
27 Jun 2020, 18:22
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 14:06
marmut wrote:
27 Jun 2020, 13:07



kalo seal klep dan/atau ring oli bocor pasti akan berkurang volume oli mesinnya.
apalagi kalau ring oli yang bocor pasti knalpot seperti fogging dan di ujungnya basah oli.
Oli ga berkurang, ujung knalpot kering, tp kalo tutup pengisian oli atau dipstick dibuka keluar angin. Cuma angin doang sih, ga ada asap apalagi oli muncrat

Knalpot pagi2 masih muncrat embun tp aromanya memang pedih di mata
Kalo bole tau odometer kijangnya udh brp ribu km om?
Kebetulan sy ngerawat 2 kijang 7K-E..yg 1 msh 105rb-an km & 1 lg udh 200rb-an km.
Yg 200rb-an km dulu sempat ngebul tipis terutama kl di gas plus ujung knalpot sisi luarnya seperti ada bekas lembab. Bawa ke beres, keluarlah estimasi turun mesin bla bla puluhan juta wkwk...sy yakin hanya sil klep,maka sy bawa ke bengkel kecil & sembuh sampe sekarang. Jd sy rasa kl kijang om msh <200rb km & perawatan wajar rasanya faktor ring bisa di eliminasi, paling seal klep aja
138 rebu om
Ini Kijang bener2 pengangguran
1 taun terakhir malah cuma jalan 1rb kilometer, itu luar kota semua, kalo sehari2 paling dipanasin di garasi & sesekali dibawa jalan2 muterin komplek

Kalo cuma ganti seal klep berarti cuma turun cylinder head ya om?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

berhubung mbah2 dimari saranin njess ane olahraga, ya udah akhirnya italian tune up dulu deh ..... sambil jalan2 ke waduk jatiluhur liat sunset :mky_03:


asrinya jatiluhur pas sunset
IMG_20200627_162610~2_resized_20200627_071257532.jpg

italian tune up di tol, weleh lari cepek juga ga sampe suara mesin gerung2 wkwkwk
IMG_20200627_133438~2.jpg

perginya lewat jalan darat purwakarta banyak turunan .... bensin satu liter 15 koma
IMG_20200627_150645~2.jpg

pulangnya lewat tol cipularang tanjakan sambil terus geber2 tancep lawan OGL 1.5, Serena C26, n Datgo .... bensin satu liter 13 koma
IMG_20200627_171520~2.jpg

ketika posisi akselerasi wajar, AF Lambda dibawah 1 sedikit artinya rich mixture sedang berlangsung - tp STFT makin besar juga artinya ecu ngetrim ngurangin bensinnya spy jangan kebanyakan rich nya, blebek bensin.
IMG_20200627_184910~2.jpg

ketika gas dilepas pas turunan, injection stop total. AF Lambda ~2.0 (system maxed out) artinya ga ada bensin samsek disemprotkan. Harusnya pas saat begini busi tetap sparking tp ga ada bensin di ruang bakar jd ga ada energy dihasilkan (ada terminologi khusus tp sy lupa, blank spark??), anyway .....
bagaimana suhu busi saat kondisi itu? dingin ya krn dpt angin doang yg masuk dr intake? berarti ga boleh pulse n glide dong nyetirnya ya, hrs teken gas terus. halah udah kaya nyetir motor jaman baheula musti digas2 kl ngga mati :big_slap:
IMG_20200627_185034~2.jpg

ya udah lah terima nasib :mky_04: ..... paling sue beli busi terus, setaun maksimal 2 set mobil jarang jalan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3424
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 14:06


Oli ga berkurang, ujung knalpot kering, tp kalo tutup pengisian oli atau dipstick dibuka keluar angin. Cuma angin doang sih, ga ada asap apalagi oli muncrat

Knalpot pagi2 masih muncrat embun tp aromanya memang pedih di mata

mesin seri K toyota? perbaiki pengapian saja sama naikin kompresi sedikit.
coba kabel busi dan kabel ignition coil diperiksa berapa Ohm tahanannya, kalau sudah lebih dari 20k Ohm segera ganti.
lepas cylinder head, papas sampai batas maksimal, sekalian skir klep.
cukup itu saja sudah enak buat harian.
pipes - cigars - coffee

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

marmut wrote:
27 Jun 2020, 20:15
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 14:06


Oli ga berkurang, ujung knalpot kering, tp kalo tutup pengisian oli atau dipstick dibuka keluar angin. Cuma angin doang sih, ga ada asap apalagi oli muncrat

Knalpot pagi2 masih muncrat embun tp aromanya memang pedih di mata

mesin seri K toyota? perbaiki pengapian saja sama naikin kompresi sedikit.
coba kabel busi dan kabel ignition coil diperiksa berapa Ohm tahanannya, kalau sudah lebih dari 20k Ohm segera ganti.
lepas cylinder head, papas sampai batas maksimal, sekalian skir klep.
cukup itu saja sudah enak buat harian.
Kalo kluar angin dr tutup oli itu kira2 masalah dr mana ya om?
Atau malah tidak masalah? :glodak:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3424
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 21:53


Kalo kluar angin dr tutup oli itu kira2 masalah dr mana ya om?
Atau malah tidak masalah? :glodak:

normal.
kalo om yang keluar angin terus, itu baru masalah.
pipes - cigars - coffee

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

marmut wrote:
27 Jun 2020, 22:32
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 21:53


Kalo kluar angin dr tutup oli itu kira2 masalah dr mana ya om?
Atau malah tidak masalah? :glodak:

normal.
kalo om yang keluar angin terus, itu baru masalah.
:thanks: :thanks:

Kalo sy yg kluar angin terus berarti minta dikerokin :upss:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

ini artikel terbaik ttg busi yg sy pernah baca. timing, AFR, dan heat range bacanya dr bagian2 yg berbeda di busi.

http://www.4secondsflat.com/Spark_plug_reading.html



setelah olahraga 120 km (artikel suruhnya 50 miles) pakai busi baru akhirnya ane lepas dan inspeksi. sesuai foto dan menurut artikel itu sdh terbentuk timing mark base dan total yg dekat dgn apex/belokan 90° ground electrode (dua panah pada foto, yg atas base timing n yg bawah total timing.) *base timing: btdc ketika idle; total timing: btdc ketika WOT (wide open throttle)
heat range sdh sesuai dgn adanya burn marks di 3 ulir dr ujung body (tanda biru di foto.)
AFR krn belum banyak idle belum terbentuk ring di porselain bagian atas dekat center electrode, tp paling tdk carbon build up sptnya mulai under control dgn tdk adanya carbon di porselain bagian dalam steel body.

IMG_20200628_003339~4.jpg

IMG_20200628_003542~2.jpg

menurut artikel tsb yg bagus adalah ring pada porselain harus full dan hanya 1 buah berlokasi dekat dgn center electrode. sementara kl porselain mulai dr rata ulir ke bawah (di dalam steel body) terdapat carbon deposit artinya rich mixture ketika mid-range atau WOT (wide open throttle)

semoga begini terus deh ini busi :big_smoking:

@ Om DOHC: tadi pas cek kebetulan cyl 1 dan 4 dlm posisi top dead center. Ane intip pake senter n cermin itu piston bersih, warna metal semua. Aman om wkwkwk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote:
28 Jun 2020, 02:12
ini artikel terbaik ttg busi yg sy pernah baca. timing, AFR, dan heat range bacanya dr bagian2 yg berbeda di busi.

http://www.4secondsflat.com/Spark_plug_reading.html



setelah olahraga 120 km (artikel suruhnya 50 miles) pakai busi baru akhirnya ane lepas dan inspeksi. sesuai foto dan menurut artikel itu sdh terbentuk timing mark base dan total yg dekat dgn apex/belokan 90° ground electrode (dua panah pada foto, yg atas base timing n yg bawah total timing.) *base timing: btdc ketika idle; total timing: btdc ketika WOT (wide open throttle)
heat range sdh sesuai dgn adanya burn marks di 3 ulir dr ujung body (tanda biru di foto.)
AFR krn belum banyak idle belum terbentuk ring di porselain bagian atas dekat center electrode, tp paling tdk carbon build up sptnya mulai under control dgn tdk adanya carbon di porselain bagian dalam steel body.


IMG_20200628_003339~4.jpg



IMG_20200628_003542~2.jpg


menurut artikel tsb yg bagus adalah ring pada porselain harus full dan hanya 1 buah berlokasi dekat dgn center electrode. sementara kl porselain mulai dr rata ulir ke bawah (di dalam steel body) terdapat carbon deposit artinya rich mixture ketika mid-range atau WOT (wide open throttle)

semoga begini terus deh ini busi :big_smoking:

@ Om DOHC: tadi pas cek kebetulan cyl 1 dan 4 dlm posisi top dead center. Ane intip pake senter n cermin itu piston bersih, warna metal semua. Aman om wkwkwk
wow mantap om self-diagnosenya :big_exellent:

berarti no issue sm bbm yaa.
cmn perlu adjust throttle usage aja.
hindari kebanyakan glide klo dalkot (intinya dari diagnosa om, ketika glide, busi jadi gak berpijar, angin masuk, bbm gak nyemprot, jadi lah carb fouling)

klo jalan turunan atau downhill ya gakda pilihan, kudu engine brake, dan udh pasti gak ada bensin yg disemprot, demi safety gak mungkin digas2 :upss:

klo kondisi jalan normal / dalkot, injek aja dikit gasnya lah omm.
spy busi tetap berpijar :big_biglaugh:

selain itu engineer honda ini ok banget lah tune ecu nya.
di satu sisi bs dapat iritnya bbm, di satu sisi bs dpt performance terbaik dgn kondisi mesin std.

ditambah transmisi cvt nya responsif, towel dikit dah jalan.
untuk org yg hobi pulse and glide, cucok banget sm cvt nya honda, cmn jadinya malah beresiko carb build up.
jadi ya minimize aja gaya nyetir pulse and glide :big_peace:
*Colek Me if I'm Wrong

MSU
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 492
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 19:03
MSU wrote:
27 Jun 2020, 18:22
coklatMetalik wrote:
27 Jun 2020, 14:06


Oli ga berkurang, ujung knalpot kering, tp kalo tutup pengisian oli atau dipstick dibuka keluar angin. Cuma angin doang sih, ga ada asap apalagi oli muncrat

Knalpot pagi2 masih muncrat embun tp aromanya memang pedih di mata
Kalo bole tau odometer kijangnya udh brp ribu km om?
Kebetulan sy ngerawat 2 kijang 7K-E..yg 1 msh 105rb-an km & 1 lg udh 200rb-an km.
Yg 200rb-an km dulu sempat ngebul tipis terutama kl di gas plus ujung knalpot sisi luarnya seperti ada bekas lembab. Bawa ke beres, keluarlah estimasi turun mesin bla bla puluhan juta wkwk...sy yakin hanya sil klep,maka sy bawa ke bengkel kecil & sembuh sampe sekarang. Jd sy rasa kl kijang om msh <200rb km & perawatan wajar rasanya faktor ring bisa di eliminasi, paling seal klep aja
138 rebu om
Ini Kijang bener2 pengangguran
1 taun terakhir malah cuma jalan 1rb kilometer, itu luar kota semua, kalo sehari2 paling dipanasin di garasi & sesekali dibawa jalan2 muterin komplek

Kalo cuma ganti seal klep berarti cuma turun cylinder head ya om?
Perkiraan saya bener cm seal klep om..turun cyl head..sekalian skir aja

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote:
28 Jun 2020, 02:12
ini artikel terbaik ttg busi yg sy pernah baca. timing, AFR, dan heat range bacanya dr bagian2 yg berbeda di busi.

http://www.4secondsflat.com/Spark_plug_reading.html



setelah olahraga 120 km (artikel suruhnya 50 miles) pakai busi baru akhirnya ane lepas dan inspeksi. sesuai foto dan menurut artikel itu sdh terbentuk timing mark base dan total yg dekat dgn apex/belokan 90° ground electrode (dua panah pada foto, yg atas base timing n yg bawah total timing.) *base timing: btdc ketika idle; total timing: btdc ketika WOT (wide open throttle)
heat range sdh sesuai dgn adanya burn marks di 3 ulir dr ujung body (tanda biru di foto.)
AFR krn belum banyak idle belum terbentuk ring di porselain bagian atas dekat center electrode, tp paling tdk carbon build up sptnya mulai under control dgn tdk adanya carbon di porselain bagian dalam steel body.


IMG_20200628_003339~4.jpg



IMG_20200628_003542~2.jpg


menurut artikel tsb yg bagus adalah ring pada porselain harus full dan hanya 1 buah berlokasi dekat dgn center electrode. sementara kl porselain mulai dr rata ulir ke bawah (di dalam steel body) terdapat carbon deposit artinya rich mixture ketika mid-range atau WOT (wide open throttle)

semoga begini terus deh ini busi :big_smoking:

@ Om DOHC: tadi pas cek kebetulan cyl 1 dan 4 dlm posisi top dead center. Ane intip pake senter n cermin itu piston bersih, warna metal semua. Aman om wkwkwk
Nahh kann itu artinya jgn kbanyakan pulse n glide mulu om, irit ga seberapa, ruang mesin kotor

Btw kl dr penjelasan om, kayanya mirip2 sehh ama busi hrv saya jg, cuman endapan karbon d ulir busi rada tebel aj, mungkin krn saya pake nya pertalite yg kualitas ampas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote:
27 Jun 2020, 20:05
berhubung mbah2 dimari saranin njess ane olahraga, ya udah akhirnya italian tune up dulu deh ..... sambil jalan2 ke waduk jatiluhur liat sunset :mky_03:


asrinya jatiluhur pas sunset

IMG_20200627_162610~2_resized_20200627_071257532.jpg


italian tune up di tol, weleh lari cepek juga ga sampe suara mesin gerung2 wkwkwk

IMG_20200627_133438~2.jpg


perginya lewat jalan darat purwakarta banyak turunan .... bensin satu liter 15 koma
IMG_20200627_150645~2.jpg


pulangnya lewat tol cipularang tanjakan sambil terus geber2 tancep lawan OGL 1.5, Serena C26, n Datgo .... bensin satu liter 13 koma
IMG_20200627_171520~2.jpg


ketika posisi akselerasi wajar, AF Lambda dibawah 1 sedikit artinya rich mixture sedang berlangsung - tp STFT makin besar juga artinya ecu ngetrim ngurangin bensinnya spy jangan kebanyakan rich nya, blebek bensin.

IMG_20200627_184910~2.jpg


ketika gas dilepas pas turunan, injection stop total. AF Lambda ~2.0 (system maxed out) artinya ga ada bensin samsek disemprotkan. Harusnya pas saat begini busi tetap sparking tp ga ada bensin di ruang bakar jd ga ada energy dihasilkan (ada terminologi khusus tp sy lupa, blank spark??), anyway .....
bagaimana suhu busi saat kondisi itu? dingin ya krn dpt angin doang yg masuk dr intake? berarti ga boleh pulse n glide dong nyetirnya ya, hrs teken gas terus. halah udah kaya nyetir motor jaman baheula musti digas2 kl ngga mati :big_slap:

IMG_20200627_185034~2.jpg


ya udah lah terima nasib :mky_04: ..... paling sue beli busi terus, setaun maksimal 2 set mobil jarang jalan.
Enaknya yg ad paddle shift

Hrv saya cman kasta terendah, ga bsa maenin gigi, pasrah ama komputer aj

Tp biasa kl d tol saya taruh d S, lmayan sehh cruising 100 kadang suka saya maen2 in pedal nya ampe 3000an rp, kendorin dikit lalu bejeg dikit

Yg ga enak justru anki saya, kl taruh d D, maen2in pedal gas malah nyelonong jd kenceng bgt, musti taruh d S4 baru enak, lari 100 mesin ngeraung2 kenceng.. nikmattt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Omnibus wrote:
27 Jun 2020, 13:20


betul sekali

tambah lagi ujung businya lengket kaya aspal basah. dan biasanya kl krn valve seal atau ring piston jarang yg kena ke semua busi, biasanya cylinder specific.
kmarin buka busi nomer 1 & 4 kondisinya sama carbon foulingnya sih

nomer 2 & 3 blm sempet buka euy, pake kunci busi model pipa, batang buat muternya kepentok delco :glodak:
Image
MSU wrote:
28 Jun 2020, 06:45


Perkiraan saya bener cm seal klep om..turun cyl head..sekalian skir aja
Kayanya ga terlalu mahal ya, cuma modal seal klep & paking2 aja ya
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote:
28 Jun 2020, 05:18
........

klo kondisi jalan normal / dalkot, injek aja dikit gasnya lah omm.
spy busi tetap berpijar :big_biglaugh:

selain itu engineer honda ini ok banget lah tune ecu nya.
di satu sisi bs dapat iritnya bbm, di satu sisi bs dpt performance terbaik dgn kondisi mesin std.
ane udah bayangin itu pedal gas hrs diinjek terus paling ngga sedikit. dulu2 di mobil ane sebelumnya ane sih injek gas terus kaya di ipah matic gen 1 bensin ane atau serena c26 ane tp krn itu mobil berat dan kl ga digas mereka melambat. masalahnya kl di njess ini krn bodynya mungil nan enteng tambah lagi drag coefficient kecil ane pikir kl pantengin gas meski dikit akan bikin mobil terus akselerasi. sebenernya ane jd pulse n glide gara2 itu sih bukan krn mau menghemat bbm.

:big_biglaugh:

jd ketawa bener2 nih engineer honda, ngetune ecu bikin ane musti ngegas terus 120 PS body 1139 kg.
DOHC wrote:
28 Jun 2020, 09:08

Nahh kann itu artinya jgn kbanyakan pulse n glide mulu om, irit ga seberapa, ruang mesin kotor

Btw kl dr penjelasan om, kayanya mirip2 sehh ama busi hrv saya jg, cuman endapan karbon d ulir busi rada tebel aj, mungkin krn saya pake nya pertalite yg kualitas ampas
coba next time cek om itu endapan carbon yg di ulir sampai ke ring gasketnya busi ngga? kl sampai menurut artikel itu krn kurang kenceng pasangnya jd mixture itu pas kompresi kedorong masuk ulir.

ane punya busi baru mulai ada dikit. service manual ahond mintanya 18 Nm sementara manual NGK mintanya 25 Nm utk cylinder head aluminum. jadi skrg ane ikutin yg NGK minta aja. dia minta 25 gw kasih 25. apa aja dah gw kasih asal jangan carbon fouling :wkkk:

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote:
28 Jun 2020, 11:20

kmarin buka busi nomer 1 & 4 kondisinya sama carbon foulingnya sih

nomer 2 & 3 blm sempet buka euy, pake kunci busi model pipa, batang buat muternya kepentok delco :glodak:
Image

saatnya invest spark plug socket tools om ..... susah pakai kunci begitu, suka slek juga.

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2027
Joined: 24 Jun 2016, 18:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Serba Serbi Busi

Post by coklatMetalik »

Omnibus wrote:
28 Jun 2020, 11:52


saatnya invest spark plug socket tools om ..... susah pakai kunci begitu, suka slek juga.
Yg bentuk T & di lehernya ada univesal jointnya gitu ya?
Atau ada model lain yg lbh recommended om?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82

User avatar
Omnibus
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1827
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote:
28 Jun 2020, 12:02

Yg bentuk T & di lehernya ada univesal jointnya gitu ya?
Atau ada model lain yg lbh recommended om?
menurut sy yg paling gampang pake kunci sok krn extension nya panjang pendek bisa diatur sesuai kebutuhan, tinggal beli mata sok yg 20.6 mm utk busi K engine
IMG_20200628_121549~2.jpg

tp kl mau yg lbh terjangkau yg T handle itu juga cukup kok.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 18063
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote:
28 Jun 2020, 12:26
coklatMetalik wrote:
28 Jun 2020, 12:02

Yg bentuk T & di lehernya ada univesal jointnya gitu ya?
Atau ada model lain yg lbh recommended om?
menurut sy yg paling gampang pake kunci sok krn extension nya panjang pendek bisa diatur sesuai kebutuhan, tinggal beli mata sok yg 20.6 mm utk busi K engine

IMG_20200628_121549~2.jpg


tp kl mau yg lbh terjangkau yg T handle itu juga cukup kok.
Ehem :big_smoking:

Mentang2 snap on, d kluarkan :big_weee:

Bsa menimbulkan ke iri hati an dan kecemburuan sosial
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Post Reply