klo EV udh very common.
lbh asik lg om.
modalin daya listrik rumah minimal 10Kw dedicated buat charge powerbank.. eh mbl listrik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
klo EV udh very common.
Pemakai agay alay d forum tetangga pd post bisa ampe 1:20an
Om dapet SC20 di Beres? Harga berapa om per bijinya? Saya dulu mau ganti buat altis dual vvti dikasi harga 330k an per batang kalo ga salah, mana stoknya juga kosong di Semarang sini.
Pakai aja Mode SOmnibus wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 8:54 humidity, ambient temperature, elevation above sea level, quality oil, cvt trans yg bikin cruising dibawah 1500 rpm terus, excessive idle - semuanya bikin suhu ujung elektroda tdk sampai 450-800°C yg mana perlu utk self cleaning.
njess sy makan busi melulu 3000 km pasti sdh carbon fouling n hard starting. busi bawaan fr6f-11k dan G-power zfr6fgp sama juga. skrg lg coba hotter plugs ngk zfr5fgp semoga lbh tahan.
sering juga tp ga mungkin tiap saat pakai S. busi sehat tp cvt overuse. lbh mahal kl rusak.
hmm agak aneh yaa om
Koq bsa gt omOmnibus wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 8:54 humidity, ambient temperature, elevation above sea level, quality oil, cvt trans yg bikin cruising dibawah 1500 rpm terus, excessive idle - semuanya bikin suhu ujung elektroda tdk sampai 450-800°C yg mana perlu utk self cleaning.
njess sy makan busi melulu 3000 km pasti sdh carbon fouling n hard starting. busi bawaan fr6f-11k dan G-power zfr6fgp sama juga. skrg lg coba hotter plugs ngk zfr5fgp semoga lbh tahan.
sama di bdg juga ya om ..... biasa cruising rpm berapa seringnya kl dalkot om? sy di bawah 1300 terus. udah mayan cepet itu juga. bensin dpt 10-11 kl macet lg ga parah. kl parah 9 lah. sama jg ane pake pertamax 92.Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:15
hmm agak aneh yaa om
di mobilio saya busi std sehat, padahal jarang jg pakai S.
rute seringnya dalkot di bandung yg macetnya kaya gtu klo weekend.
sampai km 20rb-an sy ganti aja biar aman, padahal masih enak dan gak ada brebet2.
& always pakai aditif redline cfsc dan bbm ron 92.
justru ane bingung om. semua kemungkinan udah ane cek. condongnya krn terlalu rendah rpm cruising. ane nyetirnya gas nih ntar mobil udah kenceng ya pulse n glide di 1250 rpm. ane pengennya sih di atas 2000 tp gimana ini cvt kl ane di atas 2000 pake di D itu terlalu kenceng utk dalkot. trus ane berasanya powernya besar buat mesin sejenis jd toel ngacir gitu. seumur2 ga pernah ngalamin busi item kaya gini.DOHC wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:17
Koq bsa gt om
Hrv 15 cvt L15AZ1 bensin always pertalite odo 120rebu so far so good saya jg pake ngk yg G power itu ud jalan 10 rebu masi gapapa, bahkan waktu pake ngk fr6f-11k aj perna d hajar ampe nyaris 40 rebu km (gara2 kelupaan ini mobil masi pake busi nikel) aj pas d buka masi minim carbon fouling, walaupun gap nya ud melar ampe 1.5 mm
Biasa rute harian saya pasti ad kombinasi tol nya, jd biarpun rpm rendah tp konstan d 2000an
rute dalkot bandung, sblm covid susah dpt RPM di atas 2kOmnibus wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:40sama di bdg juga ya om ..... biasa cruising rpm berapa seringnya kl dalkot om? sy di bawah 1300 terus. udah mayan cepet itu juga. bensin dpt 10-11 kl macet lg ga parah. kl parah 9 lah. sama jg ane pake pertamax 92.Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:15
hmm agak aneh yaa om
di mobilio saya busi std sehat, padahal jarang jg pakai S.
rute seringnya dalkot di bandung yg macetnya kaya gtu klo weekend.
sampai km 20rb-an sy ganti aja biar aman, padahal masih enak dan gak ada brebet2.
& always pakai aditif redline cfsc dan bbm ron 92.
justru ane bingung om. semua kemungkinan udah ane cek. condongnya krn terlalu rendah rpm cruising. ane nyetirnya gas nih ntar mobil udah kenceng ya pulse n glide di 1250 rpm. ane pengennya sih di atas 2000 tp gimana ini cvt kl ane di atas 2000 pake di D itu terlalu kenceng utk dalkot. trus ane berasanya powernya besar buat mesin sejenis jd toel ngacir gitu. seumur2 ga pernah ngalamin busi item kaya gini.DOHC wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:17
Koq bsa gt om
Hrv 15 cvt L15AZ1 bensin always pertalite odo 120rebu so far so good saya jg pake ngk yg G power itu ud jalan 10 rebu masi gapapa, bahkan waktu pake ngk fr6f-11k aj perna d hajar ampe nyaris 40 rebu km (gara2 kelupaan ini mobil masi pake busi nikel) aj pas d buka masi minim carbon fouling, walaupun gap nya ud melar ampe 1.5 mm
Biasa rute harian saya pasti ad kombinasi tol nya, jd biarpun rpm rendah tp konstan d 2000an
brebet sih engga cuma kl busi pas kotor digeber di atas 5000 rpm ngelitik. yg ane risih kl pagi start pasti agak lama 1-2 detikan gitu, kl busi bersih 1/2 - 1 detik udah greng. tp kl mesin udah panas ga ngaruh. bisa aja belaga cuek tp ini sebetulnya ga bener. bagusnya foulingnya rata ke-4 busi jd kemungkinan valve seal rembes bisa dikesampingkan apalagi odo ga gondrong samsek.
berarti sama kondisinya ya .... sy sempat kepikiran juga apa hrs update ecu nya di beres ya, itu juga kl ada updetannya. mungkin kl begini terus diremap aja sekalian sebab ini running rich. siapa tau abis remap malah bisa dpt 1:13 dalkot kan.Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:57
rute dalkot bandung, sblm covid susah dpt RPM di atas 2k
cvt nya honda responsif soalnya, toel dikit dah jalan.
dan by-default, RPM nya emang dijaga under 2k emang klo driving santuy.
paling klo pas di tol aja PP jkt bandung baru deh geber2 dikit lah.
itu juga gak tiap bln ke jakarta.
reset ECU aja om,Omnibus wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 11:05berarti sama kondisinya ya .... sy sempat kepikiran juga apa hrs update ecu nya di beres ya, itu juga kl ada updetannya. mungkin kl begini terus diremap aja sekalian sebab ini running rich. siapa tau abis remap malah bisa dpt 1:13 dalkot kan.Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:57
rute dalkot bandung, sblm covid susah dpt RPM di atas 2k
cvt nya honda responsif soalnya, toel dikit dah jalan.
dan by-default, RPM nya emang dijaga under 2k emang klo driving santuy.
paling klo pas di tol aja PP jkt bandung baru deh geber2 dikit lah.
itu juga gak tiap bln ke jakarta.
Emg boleh y om, busi iridium d stel celah gapnyaDOHC wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 4:55Baru mau komen hal yg samajosomba wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 3:17ane ngeraba2 ngeliat yg sesama denso ya. Nilai panas dah sama, nah masalah gap nih
yg di bukman itu minta gap 0.9mm
yg om pake itu gapnya 1.0-1.1mm
Udah jelas beda spek itu kan? D mobil ane skarang aja beda 0.1mm udah beda sih tarikan dll-nya juga.
CMIIW mbah Klep dan mbah tikus barbel
Btw iya saya perhatikan ad perbezaan d celah gap busi nya
Coba aj d stel ulang busi nya, ikutin kerapetan bawaan
udah diresetSuryaputra wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 11:10
reset ECU aja om,
sy tiap habis servis minta reset.
yah siapa tau.
Manual atau matic itu om..... Punya saya manual sdh balik lg ke 1 : 22,7 lg..... Yg pasti jalan selalu eco, dan sesekali kalau lg di jagorawi d bejek sampai 125 km/jam
itu cruising rpm nya jg mirip lohh ama hrv saya, cuman mungkin cara nyetir saya ga perna (dan ga doyan pulse n glide) sehh, tp jg bukan kaki pembalap kaya om kompre.. apa mungkin krn mobilitas saya yg ud sperti ngukur jalan yah, makanya busi nya bersih gara2 mesin nyala lama terus jadinya karbon kebakar smuaOmnibus wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:40sama di bdg juga ya om ..... biasa cruising rpm berapa seringnya kl dalkot om? sy di bawah 1300 terus. udah mayan cepet itu juga. bensin dpt 10-11 kl macet lg ga parah. kl parah 9 lah. sama jg ane pake pertamax 92.Suryaputra wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:15
hmm agak aneh yaa om
di mobilio saya busi std sehat, padahal jarang jg pakai S.
rute seringnya dalkot di bandung yg macetnya kaya gtu klo weekend.
sampai km 20rb-an sy ganti aja biar aman, padahal masih enak dan gak ada brebet2.
& always pakai aditif redline cfsc dan bbm ron 92.
justru ane bingung om. semua kemungkinan udah ane cek. condongnya krn terlalu rendah rpm cruising. ane nyetirnya gas nih ntar mobil udah kenceng ya pulse n glide di 1250 rpm. ane pengennya sih di atas 2000 tp gimana ini cvt kl ane di atas 2000 pake di D itu terlalu kenceng utk dalkot. trus ane berasanya powernya besar buat mesin sejenis jd toel ngacir gitu. seumur2 ga pernah ngalamin busi item kaya gini.DOHC wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 10:17
Koq bsa gt om
Hrv 15 cvt L15AZ1 bensin always pertalite odo 120rebu so far so good saya jg pake ngk yg G power itu ud jalan 10 rebu masi gapapa, bahkan waktu pake ngk fr6f-11k aj perna d hajar ampe nyaris 40 rebu km (gara2 kelupaan ini mobil masi pake busi nikel) aj pas d buka masi minim carbon fouling, walaupun gap nya ud melar ampe 1.5 mm
Biasa rute harian saya pasti ad kombinasi tol nya, jd biarpun rpm rendah tp konstan d 2000an
brebet sih engga cuma kl busi pas kotor digeber di atas 5000 rpm ngelitik. yg ane risih kl pagi start pasti agak lama 1-2 detikan gitu, kl busi bersih 1/2 - 1 detik udah greng. tp kl mesin udah panas ga ngaruh. bisa aja belaga cuek tp ini sebetulnya ga bener. bagusnya foulingnya rata ke-4 busi jd kemungkinan valve seal rembes bisa dikesampingkan apalagi odo ga gondrong samsek.
saya punya matic, 1000cc jg.. yg manual mungkin lebi enak kl kail tenaganya.. ini yg matic ngeden ga ad tenaga nyadoko86 wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 11:21Manual atau matic itu om..... Punya saya manual sdh balik lg ke 1 : 22,7 lg..... Yg pasti jalan selalu eco, dan sesekali kalau lg di jagorawi d bejek sampai 125 km/jam
kayanya sih gitu, hrv om dipake ngukur jalan kali. ane sekali keluar kira2 30-40 km. kl om sekali jalan brp km?DOHC wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 15:20
itu cruising rpm nya jg mirip lohh ama hrv saya, cuman mungkin cara nyetir saya ga perna (dan ga doyan pulse n glide) sehh, tp jg bukan kaki pembalap kaya om kompre.. apa mungkin krn mobilitas saya yg ud sperti ngukur jalan yah, makanya busi nya bersih gara2 mesin nyala lama terus jadinya karbon kebakar smua
di mobil2 saya yg laen jg busi nya mirip2 bersih smua sehh, kcuali si ipah tuwir saya, itu malah busi nya ampe lengket basah oli smua gara2 seal klep ud pada rontok, cold start cranking ampe rada lama baru bsa nyala plus bonus asep biru tipis2 kl masi dingin
itu filter udara gmana om, bersih ga ?
Aneh ya kes di jazz om, supply bensin normal, udara jg harusnya masi gapapa, dan AFR mencapai stokiometri, paling masalah cuman d pengapian, tp busi jg masi baruOmnibus wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 17:34kayanya sih gitu, hrv om dipake ngukur jalan kali. ane sekali keluar kira2 30-40 km. kl om sekali jalan brp km?DOHC wrote: ↑Fri Jun 26, 2020 15:20
itu cruising rpm nya jg mirip lohh ama hrv saya, cuman mungkin cara nyetir saya ga perna (dan ga doyan pulse n glide) sehh, tp jg bukan kaki pembalap kaya om kompre.. apa mungkin krn mobilitas saya yg ud sperti ngukur jalan yah, makanya busi nya bersih gara2 mesin nyala lama terus jadinya karbon kebakar smua
di mobil2 saya yg laen jg busi nya mirip2 bersih smua sehh, kcuali si ipah tuwir saya, itu malah busi nya ampe lengket basah oli smua gara2 seal klep ud pada rontok, cold start cranking ampe rada lama baru bsa nyala plus bonus asep biru tipis2 kl masi dingin
itu filter udara gmana om, bersih ga ?
filter udara ogut ganti terakhir di 6K. Yg skrg udah jalan 5K tp kondisi msh 60% lah kira2.
ini lengkapnya yg udah ane cek, coba om kira2 ada yg ane kelewat ga ya .....
¤ O2 Sensor (OK):
- Tdk ada trouble codes.
- Grafik AFR responsif kl gas di blip.
- Masuk spec yg ane dpt online yaitu 0.1-0.9V saat idle. Ini utk memastikan siapa tau sensor jalan tp out of spec.
- Cek kekencangan pemasangan OK.
¤ MAP Sensor (OK):
- Masuk spec dr online yaitu 0.7-1.1V saat idle.
- Masuk spec 26-27 kPa saat idle di suhu coolant 80 C. Kl ga masuk spec bisa jadi ada vacuum leak dr selang vacuum atau EGR valve yg stuck open.
¤ IAT Sensor (OK):
- Dibandingkan bacaan di scan tool dgn infrared thermo gun, selisih minim cuma 1 C. Ini utk memastikan siapa tau sensor jalan tp out of spec yg belum sampai ngeflag trouble codes. Makanya dibaca di scanner No DTC Found.
¤ ECT Sensor (OK):
- Dibandingkan bacaan di scan tool dgn infrared thermo gun, selisih minim cuma 1 C. Maksudnya kl ECT error bisa jadi dia baca rendah terus dan ECU berada di warming up strategy terus yg bikin rich. Tp rpm idle sih bisa turun ke 700 rpm stlh mesin hangat, kl errornya krn ECT dan warming up terus rpm jg agak tinggi ga mungkin bisa ke 700.
¤ Long Term Fuel Trim & Short Term Fuel Trim (OK):
- Saat idle, STFT (0.93) LTFT (1.003) -- Normal msh dlm range +/- 10% dr base line 1. AFR ketika idle 14.6 - 14.8 -- Normal pembakaran sempurna.
- Saat cruising, STFT sekitar 1 (artinya minor adjustment dr ECU krn AFR sdh stoichiometry.) -- Normal
- Saat under load, STFT responsif sesuai injakan pedal gas -- Normal
¤ Cek vacuum leak (sebetulnya ini utk kasus lean mixture tp ga apa2 sekalian cek aja)
- Scan tool diset baca rpm dan STFT dlm bentuk grafik sambil ane goyang2in semua selang vacuum, TB (siapa tau gasketnya bocor), Intake manifold, Fuel injector. -- Hasilnya ga ada pergerakan ekstrim sama sekali di grafik itu yg artinya ga ada kebocoran.
Terakhir di service manual disebut kl excessive idle dan prolonged running in low rpm adalah suspect yg paling mungkin. Tapi skrg terbantahkan krn Om dan Om Surya juga sama2 cruising low rpm tp kok businya baik2 saja. Bahkan Om Surya jg sama2 di bdg yg tadinya ane pikir krn humidity tinggi dan elevasi 700m di atas permukaan air laut bisa menurunkan suhu electrode tip, yg artinya hrs ganti ke busi yg lbh panas. Di posting sebelumnya jg ada yg nyebut kl busi denso heat range 20 sdh ga ada lg di beres dan diganti heat range 16 yg tersedia. ga tau ini nyambung ngga, apakah di atoyot juga fouling dgn heat range 20 denso (equivalent 6 di ngk). tapi kan di ipah om engga, again terbantahkan premise saya.
Faktor lain paling oli tp ane ga mau berfikir ekstrim. misalnya gara2 olinya yg sebutannya keraton trus terlalu licin, minim friksi jd ruang bakar dingin, dst dst. Ya terlalu heboh lah kl sampai begitu. Tapi kl soal ini mobil matic, ane yakin kl ini manual ga akan ada masalah krn bisa ngatur rpm cruising.
Monggo om masukannya ....
oli ragu maksudnya gmn om, oli ane yg meragukan? secara aroma, warna, penguapan, performa sih ga ada masalah.DOHC wrote: ↑Sat Jun 27, 2020 1:46 ............
Oli sehh saya ragu pake banget yah om, scara saya yg pakai oki diskonan aj ga ad fouling, harusnya kan oli jelekan gt gampang nguap oli dan ngotorin ruang bakar
Mungkin masi ad satu cara lg yg bsa om coba
Bersihin busi dan plug coil nya, perhatikan jg ruang busi ad i
Oli ga, termasuk drat nya.. coba pake contact cleaner bersihin terminal2 coil termsuk [cencored] nya, trus busi nya jg
Mxd saya ragu oli keraton bsa bkin kerak om, scara saya yg pake oli diskonan aj ga ampe gtOmnibus wrote: ↑Sat Jun 27, 2020 3:25oli ragu maksudnya gmn om, oli ane yg meragukan? secara aroma, warna, penguapan, performa sih ga ada masalah.DOHC wrote: ↑Sat Jun 27, 2020 1:46 ............
Oli sehh saya ragu pake banget yah om, scara saya yg pakai oki diskonan aj ga ad fouling, harusnya kan oli jelekan gt gampang nguap oli dan ngotorin ruang bakar
Mungkin masi ad satu cara lg yg bsa om coba
Bersihin busi dan plug coil nya, perhatikan jg ruang busi ad i
Oli ga, termasuk drat nya.. coba pake contact cleaner bersihin terminal2 coil termsuk [cencored] nya, trus busi nya jg
ruang busi bagian atas kering (seal dek klep/valve cover aman). plug coil dr terminal sampai selongsong kering dan bersih kaya baru.
kalau drat busi spt basah kaya kena oli tapi pas sy lap ga bisa. jd kaya carbon kena bakar, nempel. termasuk yg di ring sekitar elektroda. bisa hilangnya pas sy bersihkan pakai sikat kawat dan amplas. abis itu cold start normal lagi, ntar 3000an km gitu lagi.
kayanya kurang dipake kali ya, sama kurang digeber2. ada psbb ya bikin tambah parah cuma dipanasin doang 3 bulan. skrg sih udah mulai dipake. tp dr sebelum covid jg udah gitu.
ini ada dr busi lama bawaan yg fr6f-11k. kl yg terakhir zfr6fgp sdh ane bersihin, bedanya elektroda negatif yg melengkung itu lbh hitam lagi dr ini.Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 27, 2020 3:42 nnggg anu om..
mungkin bs difoto nanti next nya, kondisi busi setelah pemakaian 3k KM atau mulai susah cold start spt yg om ceritakan.
soal kondisi cuaca sekitar di bandung ini memang humidity tinggi, apalagi kdg hujan dan kdg panas, ditambah masa covid-19 yg bikin mbl jd sering ngendon di garasi.
resiko carb build up memang tinggi.
trims omm
Oke, fix itu carbon fouling sehh walaupun bukan d electrode nyaOmnibus wrote: ↑Sat Jun 27, 2020 4:49ini ada dr busi lama bawaan yg fr6f-11k. kl yg terakhir zfr6fgp sdh ane bersihin, bedanya elektroda negatif yg melengkung itu lbh hitam lagi dr ini.Suryaputra wrote: ↑Sat Jun 27, 2020 3:42 nnggg anu om..
mungkin bs difoto nanti next nya, kondisi busi setelah pemakaian 3k KM atau mulai susah cold start spt yg om ceritakan.
soal kondisi cuaca sekitar di bandung ini memang humidity tinggi, apalagi kdg hujan dan kdg panas, ditambah masa covid-19 yg bikin mbl jd sering ngendon di garasi.
resiko carb build up memang tinggi.
trims omm
kl lihat disitu ada sisa lint itu dr majun, abis ane coba lap krn kering jd lint pada nempel.
gimana, beda ngga sm busi om?
IMG_20200627_113132~2.jpg
IMG_20200627_113144~2.jpg
IMG_20200627_113057~2.jpg
IMG_20200627_113153~2.jpg