Diskusi Katup Variable

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Diskusi Katup Variable

Post by maxx »

Can any expert explain to me what they are? In detail would be great!
So yang jago2 dan expert soal mesin.. pls jelasin dong.. bedanya apa dan keunggulannya dimana ..teruss. siapa dong yg paling hebat/bagus?
imsus2c wrote:Topik ini gabungan dari beberapa topik dengan bahasan serupa.
Karena timeline yang cukup panjang, mohon dimaklumi kalau ada posting yang terkesan tidak nyambung
:thanks:
Last edited by imsus2c on Sat Nov 23, 2013 12:42, edited 1 time in total.
Reason: Kompilasi beberapa topik dengan bahasan sama
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Post by inoz »

bung maxx
info dimaksud bisa anda baca di tabloid otomotif bebrapa mingu yang lalu
smoga bermafaat
saya juga penasaran tentang perbandingan itu
tapi sudah dapat jawabannya
oke
:P
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Kalau di Honda ada lagi VTi dan VTi-L, apa lagi itu ya ???
Dari Solo ke Oslo
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

€lj€p€ wrote:Kalau di Honda ada lagi VTi dan VTi-L, apa lagi itu ya ???
Itu trim di Accord tuh...

KAlo di Civic VTi sama VTi-S

Seperti di Toyota Corolla Altis, ada 1.8 J dan 1.8 G

Di Toyota ada E, J, G, S, V, Q....tergantung model, selain di Indo, penamaan ini ada di beberapa negara ASEAN.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

sama aja sih, cuman beda nama aja.... sebenarnya tujuan dari mesinnya itu juga sama kok.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Ga sama cara kerjanya. Liat diotomotif bulan lalu ada.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Gw coba jwab ya... Hwe3... Gw baru tau akhir2 ini juga tuh.. Karena bantuan mas Gog dan cari2 referensi lain, gw jadi sedikit2 tau lah... Coba si Gog donk.. He3.. tinggal masukin kata, cari2 selese....

Nih penjelasannya :
Smua itu tuh cuma nama dari pabrikan doank..
VTEC = Honda
VVTI = toyota
MIVEC = Mitsubishi
CTVC = (merk apa ya? ga tau deh, yg laen bs bantu?)

inti kerjanya dan tujuannya sama.. yaitu buat hemat BBM di put. rendah, tapi brtenaga di put. tinggi
Cuma cara kerjanya aja tiap pabrikan beda.. Masalah bukaan katup aja.. Hwe3...

Tau donk katup (Valve) itu diatur oleh kem (Camshaft).. nah di kem tuh ada lobe, bentuknya kayak telur... Kalo mesin konvensional lobenya tiap katup satu, tapi di teknologi ini tiap katup masuk (intake) dilayani oleh 2 lobe yang bergantian tergantung putaran mesin...

Kalo rendah pake lobe yang kecil, kalo tinggi pake lobe yaga agak jenong.. tujuannya biar bukaan katup lebih gede, biar nyedot bahan bisa banyak...
Nah cam ini nanti bisa tergeser2 oleh motor yang dikendalikan oleh otak mobil (ECU), sekali lagi tergantung put. mesin...

Begitu saja, tapi tetep CMIIW...
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

r1210g wrote: Smua itu tuh cuma nama dari pabrikan doank..
VTEC = Honda
VVTI = toyota
MIVEC = Mitsubishi
CTVC = (merk apa ya? ga tau deh, yg laen bs bantu?)

i
CVTC=Nissan

VANOS=BMW
VVT=Suzuki
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

o gitu....
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

r1210g wrote:Gw coba jwab ya... Hwe3... Gw baru tau akhir2 ini juga tuh.. Karena bantuan mas Gog dan cari2 referensi lain, gw jadi sedikit2 tau lah... Coba si Gog donk.. He3.. tinggal masukin kata, cari2 selese....

Nih penjelasannya :
Smua itu tuh cuma nama dari pabrikan doank..
VTEC = Honda
VVTI = toyota
MIVEC = Mitsubishi
CTVC = (merk apa ya? ga tau deh, yg laen bs bantu?)

inti kerjanya dan tujuannya sama.. yaitu buat hemat BBM di put. rendah, tapi brtenaga di put. tinggi
Cuma cara kerjanya aja tiap pabrikan beda.. Masalah bukaan katup aja.. Hwe3...

Tau donk katup (Valve) itu diatur oleh kem (Camshaft).. nah di kem tuh ada lobe, bentuknya kayak telur... Kalo mesin konvensional lobenya tiap katup satu, tapi di teknologi ini tiap katup masuk (intake) dilayani oleh 2 lobe yang bergantian tergantung putaran mesin...

Kalo rendah pake lobe yang kecil, kalo tinggi pake lobe yaga agak jenong.. tujuannya biar bukaan katup lebih gede, biar nyedot bahan bisa banyak...
Nah cam ini nanti bisa tergeser2 oleh motor yang dikendalikan oleh otak mobil (ECU), sekali lagi tergantung put. mesin...

Begitu saja, tapi tetep CMIIW...
Nah ini yang gw maksud dengan TUJUAN dari mesin itu sama. Memang cara kerja beda, tapi memiliki tujuan yang sama.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Guys.. ini hasil research gw, ada yg bisa tambahin?

VTEC vs VVTi vs CVTC

VTEC = Variable Valve Timing and Lift Electronic Control
VVTi = Variable Valve Timing Intelligent
CVTC = Continous Variable Valve Timing Control


VTEC from Honda is a cam lift system. A separate cam with higher profile is activited at a preset high rpm to open the valve wider. This enables the engine to take in more air/fuel mixture thus producing more power at higher rpms. More for power. Engine with this set is like 2 engine in 1.
VVTi from Toyota and CVTC from Nissan are cam phasing systems that varies the opening and closing timings of the valves at different rpms and engine conditions to optimise the burning of petrol. This setup is more for improving fuel efficiency.
On paper, it seems that Honda's VTEC has an edge in power. But Toyota's VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence) ensures useable power and torque are available over a wider spectrum of engine speed. It surely gives better FC but also deliver seamless output of hp at any given rpm.
Honda's VTEC second cam kicks in (kind of like the turbo lag effect) only at a preset rpm - before then, the engine's pretty dead. Ok, let says it is more suited for high speed driving on highways rather than city driving. Perhaps the new i-VTEC addresses this problem?

Continuous Variable Valve Timing Control (CVTC) delivers great on-road acceleration, overtaking performance and top speed, together with excellent fuel economy. The intake valve timing is varied continuously, based on engine rpm and intake flow, for optimum performance, economy, and emissions control.

Yes, it is correct to say that VVTi distributes torque over a wider rpm range and definitely more drive-able under city conditions. When one is engaged in more enthusiastic driving, VVTi doesn't really help much as one will tend to utilise the higher rpms more.
i-VTEC is a combination of cam phasing and cam lift technologies into one. So it possesses both fuel economy at low and mid engine speeds as well as power at high rpms. Toyota's equivalent is the VVTL-i
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kalo mo cari yg hemat, SOHC/OHC/OHV jawabannya. Mau cari yg kenceng2, wide DOHC (with turbo) jawabannya

VVT (or whatever) mengklaim bisa menggabungkannya. Hemat tapi kenceng. But the facts, bukan menggabungkan tapi ada di antaranya. Nggak terlalu hemat tapi agak lebih kenceng (lebih bertenaga di atas).... :D Kalo ada yg bilang selain itu, kayaknya hanya gimmick marketing.

Sampe sekarang tetap aja yg paling hemat buat harian itu SOHC. Dan paling kenceng ya tetap yg pake Turbocharger.

OK. Emang kadang ada mesin yg improve setelah pake teknologi VVT. Tapi biasanya yg berubah bukan cuma penambahan teknolgi VVT, tapi jg kompresi, langkah, sudut pengapian, material dari engine nya dll. Walaupun (misalnya) Tanpa VVT dijamin akan tetap ada improvement. Dulu pernah saya tanyakan, misalnya disuruh bikin mesin pake VVT tapi kompresi harus tetap 1:8, kayak mesin jadul, kira2 ada improvement tenaga nggak..?

Just my 2 cents.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Yup, menurut saya sih teknologi Variable valve timing memang bagus, tp di Indo koq kayanya sedikit overhyped dengan marketingnya ya ...

Di luar sih teknologi variable valve timing memang good and common,tp tidak digembor2in bgt kaya di Indo koq....
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

nimbrung ah, gw belon sempet baca2 yg di atas, jadi gw sebutin aja apa yg gw tau ya... hehe:
VTEC, ini punya nya Honda... teknologi mesin kebanggaan mereka. VTEC yg paling dibanggakan adalah yg ada di B16 series, dimana mesin 1600cc bisa nyemburin tenaga melebihi mesin dengan cc sama yg ditawarkan kompetitornya. VTEC sendiri ada banyak varian dan pengembangan. yg gw ngerti sampe sekarang adalah VTEC-e yg ada pada Honda Jazz/New City, dan i-VTEC. sisanya masih ada VTEC2 lain, semisal 3-stage, trus yg baru A-VTEC dsb. cek aja di Wikipedia, keywordnya VTEC. di situ ada banyak :)
VVT-i sendiri adalah milik Toyota... setau gw generasi awalnya adalah VVT aja, gak pake i, yg dikeluarkan untuk melawan VTEC Honda. tapi sekarang tinggal VVT-i itu aja dan VVTL-i. mesin kenceng Toyota pake VVTL-i. gw gak tau kabarnya kek apa, mungkin satyr yg pemakai Toyota bisa bantu :)
CTVC teknologi baru yg dikembangkan Nissan-Renault, kalo gak salah loh ya, beda ama VTEC dan VVT-i, CTVC menggunakan motor elektrik. selengkapnya ada di thread sebelah. linknya lupa, hahaha :D
VVT juga dipakai sama Suzuki, demikian juga Peugeot. Vanos oleh BMW, bahkan sekarang uda Double Vanos ya? or Vanos II? CMIIW.
beda antara DOHC dan SOHC ada pada jumlah camshaft yg mengatur bukaan katup. untuk mesin dengan cc kecil, diasumsikan bahwa katup buang tidak memerlukan bukaan katup variabel, cukup konstan saja, sehingga kem yg satu itu pada SOHC hanya mengatur bukaan katup masuk. Honda mempertahankan VTEC-e dan i-DSI dengan SOHC, padahal teknologi SOHC sendiri sudah ditinggalkan oleh produsen lain, namun sebagai timbal balik, mesin VTEC-e Honda, aka L15A mereka pada Jazz/New City jadi memiliki ukuran paling kompak dibandingkan mesin DOHC dengan cc sama dan SOHC lama mereka)
dan untuk mesin bercc besar, apalagi yg mementingkan performa dan pemakaian turbo or supercharger, DOHC diperlukan untuk memaksimalkan seluruh potensi mesin. di atas kertas, mesin VVT Suzuki dan VVT-i Toyota yg 1500cc pada Swift, Yaris, dan Vios punya potensi lebih besar daripada punya Honda karena mereka sudah DOHC. CMIIW
sekian, capek juga gw ngetik :P
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

boilers wrote:Yup, menurut saya sih teknologi Variable valve timing memang bagus, tp di Indo koq kayanya sedikit overhyped dengan marketingnya ya ...

Di luar sih teknologi variable valve timing memang good and common,tp tidak digembor2in bgt kaya di Indo koq....
ya emang agak berlebihan marketingnya bro, tapi barang baru ketika baru launching, jelas bakal ribut2, tak terkecuali ketika Honda ngeluarin VTEC dan Toyota membalas dengan VVT di jepang sono... tapi cuman bentar, coz lama2 jadi barang biasa. nah di Indo kayak mesin waktu neh... karena yg selama ini make kijang gak ada embel2 VVT tiba2 disuap pake logo itu. tenang aja, lama2 ketika jamannya berubah, semuanya jadi biasa lagi kok :P
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

tujuannya berbeda-beda, ada yg mau buat hemat bbm (Contoh: i-dsi milik honda jazz & city) tapi ada yg lebih mengutamakan tenaga...tetapi ada juga yg bisa menggabungkan kedua-duanya... ckckck... :lol:
Image
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

VVTL-i saingannya - i-VTEC
VVTL-i di pake di mesin 2ZZ-GE Celica, tapi yg banyak masuk sini rata2 boyo, coz pake Auto Tranny,.
VVTL-i jg di adopsi oleh LOTUS di salah satu mobil produksi mereka.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

i-DSI dulu waktu baru keluar menuai banyak kritik, beberapa diantaranya:
1. SOHC
2. inline 4
3. 2 katup per silinder, total 8 katup doang.
namun hal tersebut diatas adalah karena tujuan dari dibuatnya i-DSI itu sendiri, yaitu satu efisiensi konsumsi BBM, dengan 2 katup, satu silinder jadi mampu memuat 2 busi yg memungkinkan pembakaran yg lebih sempurna, dan kedua, SOHC untuk ukuran mesin yg kompak, sehingga kabin menjadi lebih luas.
demikian juga dengan varian kencang-nya, yg cukup diganti head 16 katup dan pemakaian VTEC.
bandingkan dengan Suzuki Swift dengan ukuran fisik yg sama, namun dengan mesin DOHC, kabin jadi sempit dan sesak karena body kecil harus berbagi tempat dengan ukuran mesin yg besar (karena DOHC)
Yaris sendiri jadi mempunyai bentuk fisik yang aneh...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

daripada perkedel...
Image
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

blindzero wrote:sama aja sih, cuman beda nama aja.... sebenarnya tujuan dari mesinnya itu juga sama kok.
Setuju sama bro....Intinya tetap sama, cuma penamaan aja yang beda. Untuk penjelasan, tuh udah banyak di atas...
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

pinoh_boy wrote:
blindzero wrote:sama aja sih, cuman beda nama aja.... sebenarnya tujuan dari mesinnya itu juga sama kok.
Setuju sama bro....Intinya tetap sama, cuma penamaan aja yang beda. Untuk penjelasan, tuh udah banyak di atas...
I Feel U Man..... 8)
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

StRaDe_Jazz wrote:nimbrung ah, gw belon sempet baca2 yg di atas, jadi gw sebutin aja apa yg gw tau ya... hehe:
VTEC, ini punya nya Honda... teknologi mesin kebanggaan mereka. VTEC yg paling dibanggakan adalah yg ada di B16 series, dimana mesin 1600cc bisa nyemburin tenaga melebihi mesin dengan cc sama yg ditawarkan kompetitornya. VTEC sendiri ada banyak varian dan pengembangan. yg gw ngerti sampe sekarang adalah VTEC-e yg ada pada Honda Jazz/New City, dan i-VTEC. sisanya masih ada VTEC2 lain, semisal 3-stage, trus yg baru A-VTEC dsb. cek aja di Wikipedia, keywordnya VTEC. di situ ada banyak :)
VVT-i sendiri adalah milik Toyota... setau gw generasi awalnya adalah VVT aja, gak pake i, yg dikeluarkan untuk melawan VTEC Honda. tapi sekarang tinggal VVT-i itu aja dan VVTL-i. mesin kenceng Toyota pake VVTL-i. gw gak tau kabarnya kek apa, mungkin satyr yg pemakai Toyota bisa bantu :)
CTVC teknologi baru yg dikembangkan Nissan-Renault, kalo gak salah loh ya, beda ama VTEC dan VVT-i, CTVC menggunakan motor elektrik. selengkapnya ada di thread sebelah. linknya lupa, hahaha :D
VVT juga dipakai sama Suzuki, demikian juga Peugeot. Vanos oleh BMW, bahkan sekarang uda Double Vanos ya? or Vanos II? CMIIW.
beda antara DOHC dan SOHC ada pada jumlah camshaft yg mengatur bukaan katup. untuk mesin dengan cc kecil, diasumsikan bahwa katup buang tidak memerlukan bukaan katup variabel, cukup konstan saja, sehingga kem yg satu itu pada SOHC hanya mengatur bukaan katup masuk. Honda mempertahankan VTEC-e dan i-DSI dengan SOHC, padahal teknologi SOHC sendiri sudah ditinggalkan oleh produsen lain, namun sebagai timbal balik, mesin VTEC-e Honda, aka L15A mereka pada Jazz/New City jadi memiliki ukuran paling kompak dibandingkan mesin DOHC dengan cc sama dan SOHC lama mereka)
dan untuk mesin bercc besar, apalagi yg mementingkan performa dan pemakaian turbo or supercharger, DOHC diperlukan untuk memaksimalkan seluruh potensi mesin. di atas kertas, mesin VVT Suzuki dan VVT-i Toyota yg 1500cc pada Swift, Yaris, dan Vios punya potensi lebih besar daripada punya Honda karena mereka sudah DOHC. CMIIW
sekian, capek juga gw ngetik :P
there are 3 types of "vtec" :
http://asia.vtec.net/spfeature/vtecimpl/vtec1.html

"i-vtec" SOHC :
http://asia.vtec.net/Engines/RiVTEC/index.html

"i-vtec" DOHC :
http://asia.vtec.net/Reviews/20CivicRev/index.html
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: VTEC vs VVTi vs CTVC

Post by aldy »

Untuk mesin L15A i-VTEC (2nd Gen) walaupun SOHC saya yakin mesin ini bisa ngasepin mesin2 kelas DOHC terutama VVT-i (vios/yaris) bisa dilihat dari power yang dihasilkan(120ps) dan rpm(redline sekitar 7000rpm),,saya sih bisa menjamin mesin ini bisa membuat bulu kuduk berdiri(ambil iklan civic = adrenaline raiser).. Dan kelebihan2 lain mesin ini bisa dilihat di situs (keyword) L15A i-VTEC.. So sapa bilang mesin SOHC mesin murahan??.. Dan andai ada 2 mobil Yaris VS Jazz 2008 saya berani bertaruh kalo jazz bisa ngunggulin (ngasepin) yaris walaupun ga banyak.. Inget semakin tinggi Horse Power top speed semakin tinggi..Watchout Yaris..No offense (Honda Freak).
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: VTEC vs VVTi vs CTVC

Post by HilmanZ »

yup bnr..redline nya tinggi.tapi mo speed brapa kalo di gas mendekati 7000rpm..200??
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: VTEC vs VVTi vs CTVC

Post by remedusakti »

aldy wrote:Untuk mesin L15A i-VTEC (2nd Gen) walaupun SOHC saya yakin mesin ini bisa ngasepin mesin2 kelas DOHC terutama VVT-i (vios/yaris) bisa dilihat dari power yang dihasilkan(120ps) dan rpm(redline sekitar 7000rpm),,saya sih bisa menjamin mesin ini bisa membuat bulu kuduk berdiri(ambil iklan civic = adrenaline raiser).. Dan kelebihan2 lain mesin ini bisa dilihat di situs (keyword) L15A i-VTEC.. So sapa bilang mesin SOHC mesin murahan??.. Dan andai ada 2 mobil Yaris VS Jazz 2008 saya berani bertaruh kalo jazz bisa ngunggulin (ngasepin) yaris walaupun ga banyak.. Inget semakin tinggi Horse Power top speed semakin tinggi..Watchout Yaris..No offense (Honda Freak).
jangan banding ama jazz yang 2008 pasti ringan jazz. gw rasa kl performa dengan mesin jazz skrng (vtec) sebelas dua belaslah. gw pernh pake dua2nya, dalam pemakaian santai, bawaannya lbh enteng jazz drpd yaris, tp ya overall mirip2lah sama2 1500cc, teknologi jg sepadan.
sebenernya mau teknologi VVT-i, VVT, CVTC, MIVEC dll kan ga keliatan ini dimata, ga kerasa langsung beda ama fitur2 misl climate contrl, cruise contrl, audio setir yang langsng kerasa manfaatnya. mau pake teknologi apapun dimesin yang penting ya on ROAD nya aj, mesin bertenaga, gesit, irit BBM.