Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Post Reply
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4034
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by b0ku »

faizzz wrote: 24 Jan 2024, 14:45
Saya nyesel jual Etios Valco saya, itu mobil super basic, irit, lega untuk mobil di kelasnya, ga ada elektronik ruwet2...
Munus part ori agak susah, ga ada fitur ABS ataupun VSC full driver yang ngontrol berasa jinba ittai
saya aja pengen balik punya freed lagi buat mobil ke 3 :big_biglaugh:

untungnya kemaren freednya dituker sama mobil tuwir yang gampang di modif juga jd no complain :mky_07:

enakan juga ngandelin mekanikal om daripada elektronik gak jelas, mobil saya ud pake steroid semua kaki2xnya lebih aman dari yang pake TCS lah VSA lah dkk, ibarat raket badminton yang mahal nyemash sama mukulnya jadi lebih gampang presisi, soalnya konstruksi raketnya ud ada itung2xannya, mobil juga gitu kalo mekanikalnya di benahin :big_biglaugh:
lemonadelovers wrote: 24 Jan 2024, 14:50
nyesel jg om dirumah jual kijang LGX 2001 yg dipake dr th 2003, manalg dah nemu sweet spot dgn ganti gardan n rotor clurit, muat banyak harga dah segitu2 aja, perawatan murah, dan BBM dah jauh lebih irit, AC jg baru dirawat krna evap bocor th lalu (20th pemakaian :big_biglaugh: ) kompresor kondensor n selang2 awet, parts cukup astra otoparts aja hehehe

walah nyesek banget tuh apalagi kalo diesel bisa oplos minyak goreng :mky_07:
faizzz wrote: 24 Jan 2024, 14:55 Basic, no brainer, no drama, tapi fitur safetynya sama2 menyedihkan :big_biglaugh:
handle pintu 50rb shock 300rb sepasang, per belakang bisa ganti lembaran 200rb mesin mekanikal semua rusak bisa di akalin :mky_07:

yang penting gelinding sama jangan nabrak aja bisa bubar....... :glodak:
Last edited by b0ku on 24 Jan 2024, 18:34, edited 1 time in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1537
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by darrelund »

newrubble wrote: 24 Jan 2024, 14:59
AbdulHakim wrote: 24 Jan 2024, 14:47
Indonesia masih ada kesempatan untuk bangkit dari keterpurukan gak menurut om NR?
ga ada ... krn itulah sy tinggalkan demi idup normal (kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial) buat anak cucu saya skrg n nantinya
life expectancy sana jg salah satu tertinggi um, begitupun quality of life :big_biglaugh:

tiap cari artikel gugel yg QoL nya top, scandi countries selalu masuk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1537
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by darrelund »

loid wrote: 23 Jan 2024, 17:44 keknya mending razia emisi digalakkan lagi ama standar emisi naik ke euro 5/6 dlu deh
razia emisi klo mau efektif harus ada sistem yg mateng, develop = duit

euro 5/6 artinya kualitas bbm harus naik yg bisa jadi malah tambah mahal harganya, utk mobil jg artinya mesti pke additional hardware spt adblue, SCR, DPF & tambah catcon lagi yg mana fabriekan spt astral & indomob bisa ngoceh" krn cost nambah, profit margin nipis = mobil tambah mahal

cara paling cost efektif ya lobi sana sini & ketok palu bikin regs baru :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1537
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by darrelund »

faizzz wrote: 23 Jan 2024, 00:54
Long term goal? Apa itu?
Selama "sponsor" pilkada masih minta jatah proyek jangan harap long term goal bisa jalan.



Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek :mky_03:
masalahnya planning jg gajelas, tapi pajakna naek terus

emg ni negara car oriented, yg di push regs insentif otomotif terus. manusianya cuma dianggep tax income aja kli yah

terus bilang emisi tinggi lah, macet lah

skrg rencana tata kota gimana? trotoar ada ndak? klo gaada ya jgn harep orang mau naik transum, dari rumahnya aja pada jauh :big_biglaugh:

imo di jkt yg beneran frendly buat pejalan kali baru scbd & HI, tapi kluar dari sono ud chaos lagi :big_biglaugh:

indo bukan pemain global otomotif, tapi yg dibela itu terus

negara yg pemain global otomotif malah encourage warganya buat jalan kaki :big_biglaugh:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7339
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by newrubble »

mobilover wrote: 24 Jan 2024, 16:49 ... untuk kita2 yg masih di indonesia berjuang gmn om? Utk pindah ke sana baiknya aim utk pekerjaan apa? Soalnya gak mudah untuk pindah ke negara skandinavia kalau gak ada keahlian khusus setau saya
bs tiru india-india yg punya skill IT tapi ga cukup modal bisa kerja IT
yg ada modal bisa bikin software house
yg ga punya skill IT tapi ada modal bisa bikin food delivery service modal moped matic .... bawa unit nya dari luar biar ga ada yg birahi u nyolong
trus biar bisa tuh fleet balik modal yg mo kerja di suruh nyicil u moped tsb
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7339
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by newrubble »

Suryaputra wrote: 24 Jan 2024, 16:58
Masih sistem kerajaan ya mbah?
atau republik?

Klo sistem kerajaan / kekaisaran gtu, yg saya lihat sebagian besar, rakyat makmur yaa.
tempat sy tinggal sama spt finland .... republik
anak-anak sekolah dari sd sampai sma blajar per hari 3 jam
ujian nasional dari awal hingga lulus sma tetep sama .... berenang n water survival
gabole ada homework di rumah krn itu dianggap bakalan ganggu family life
guru yg nekat kasi homework ke murit bakalan di sidang di pedagogical tribunal
dianggap bikin kesalahan ngajar n punya communication skill problem
ujung-ujung nya di pecat n ga bole kerja jadi guru lg 2 thn
faizzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by faizzz »

darrelund wrote: 24 Jan 2024, 18:51
faizzz wrote: 23 Jan 2024, 00:54
Long term goal? Apa itu?
Selama "sponsor" pilkada masih minta jatah proyek jangan harap long term goal bisa jalan.



Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek :mky_03:
masalahnya planning jg gajelas, tapi pajakna naek terus

emg ni negara car oriented, yg di push regs insentif otomotif terus. manusianya cuma dianggep tax income aja kli yah

terus bilang emisi tinggi lah, macet lah

skrg rencana tata kota gimana? trotoar ada ndak? klo gaada ya jgn harep orang mau naik transum, dari rumahnya aja pada jauh :big_biglaugh:

imo di jkt yg beneran frendly buat pejalan kali baru scbd & HI, tapi kluar dari sono ud chaos lagi :big_biglaugh:

indo bukan pemain global otomotif, tapi yg dibela itu terus

negara yg pemain global otomotif malah encourage warganya buat jalan kaki :big_biglaugh:
Pengen karbon berkurang, tapi pengen ngedorong penjualan kendaraan pribadi. mau listrik atau ICE menurut saya sih sama aja punya carbon footprint gede, kalau memang mereka niat go green ya sarana dan prasarana transportasi masal dibenahi...
faizzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by faizzz »

newrubble wrote: 24 Jan 2024, 21:04

tempat sy tinggal sama spt finland .... republik
anak-anak sekolah dari sd sampai sma blajar per hari 3 jam
ujian nasional dari awal hingga lulus sma tetep sama .... berenang n water survival
gabole ada homework di rumah krn itu dianggap bakalan ganggu family life
guru yg nekat kasi homework ke murit bakalan di sidang di pedagogical tribunal
dianggap bikin kesalahan ngajar n punya communication skill problem
ujung-ujung nya di pecat n ga bole kerja jadi guru lg 2 thn
Kurikulumnya menarik ini...
Penghasilan tenaga pengajar di sana gimana Om?
Di Indo kan boro2 mikirin kualitas pendidikan, tenaga pengajarnya juga banyak yang pusing urusan dapur
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7339
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by newrubble »

faizzz wrote: 25 Jan 2024, 00:20 Kurikulumnya menarik ini...
Penghasilan tenaga pengajar di sana gimana Om?
Di Indo kan boro2 mikirin kualitas pendidikan, tenaga pengajarnya juga banyak yang pusing urusan dapur
fresh grad pedagogical studies sama spt yg baru lulus sarjana kedokteran .... eur 4500 -4800 sblm tax per bulan ... kalo supir bus / trem baru lulus per bulan before tax eur 2200 - 2600

PRT baru rekrut skitar eur 1600 - 1800
faizzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by faizzz »

newrubble wrote: 25 Jan 2024, 01:03
fresh grad pedagogical studies sama spt yg baru lulus sarjana kedokteran .... eur 4500 -4800 sblm tax per bulan ... kalo supir bus / trem baru lulus per bulan before tax eur 2200 - 2600

PRT baru rekrut skitar eur 1600 - 1800
Wow... dengan rate setara kedokteran kayaknya engga sembarangan kompetensi tenaga pengajar di sana

Kalau sepengalaman Om NR interaksi dengan orang sana, gimana selera atau pertimbangan masyarakatnya di sana ketika beli kendaraan?
Kalau di Jepang kan terkenal suka yang praktikal makannya Kei Car bisa laris di sana.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7339
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by newrubble »

faizzz wrote: 25 Jan 2024, 02:37
Wow... dengan rate setara kedokteran kayaknya engga sembarangan kompetensi tenaga pengajar di sana

Kalau sepengalaman Om NR interaksi dengan orang sana, gimana selera atau pertimbangan masyarakatnya di sana ketika beli kendaraan?
Kalau di Jepang kan terkenal suka yang praktikal makannya Kei Car bisa laris di sana.
jarang org di nordic yg beli (purchase) mobil sebagian ada yg longterm rent (lease: 3/12/18/24/48/72 bulan) atau app-based rental macem aimo , kinto, go-more, bolt yg kita bayar online abis itu di arahkan lokasi terdekat pas udah 2 sampai 3 meter kita masukin kode yg dikasih n abis itu tinggal buka pintu n drive on

kalo ternyata lokasi yg di maksut buat kita kejauhan bisa kita cancel n duit balik 100 persen

mobil mirip sendal disini jarang user rawat kec kalo mau lease back atau pas inspection due (keur tiap 3 sampai 6 bulan) kalo lalai bakalan kena denda eur 300
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by Suryaputra »

newrubble wrote: 24 Jan 2024, 21:04
Suryaputra wrote: 24 Jan 2024, 16:58
Masih sistem kerajaan ya mbah?
atau republik?

Klo sistem kerajaan / kekaisaran gtu, yg saya lihat sebagian besar, rakyat makmur yaa.
tempat sy tinggal sama spt finland .... republik
anak-anak sekolah dari sd sampai sma blajar per hari 3 jam
ujian nasional dari awal hingga lulus sma tetep sama .... berenang n water survival
gabole ada homework di rumah krn itu dianggap bakalan ganggu family life
guru yg nekat kasi homework ke murit bakalan di sidang di pedagogical tribunal
dianggap bikin kesalahan ngajar n punya communication skill problem
ujung-ujung nya di pecat n ga bole kerja jadi guru lg 2 thn
Oh kerenn :big_exellent:

Semoga indonesia bisa spt itu, dan 1 kabinet dr atas sampai ke bawah tergantikan
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1537
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by darrelund »

newrubble wrote: 24 Jan 2024, 21:00
mobilover wrote: 24 Jan 2024, 16:49 ... untuk kita2 yg masih di indonesia berjuang gmn om? Utk pindah ke sana baiknya aim utk pekerjaan apa? Soalnya gak mudah untuk pindah ke negara skandinavia kalau gak ada keahlian khusus setau saya
bs tiru india-india yg punya skill IT tapi ga cukup modal bisa kerja IT
yg ada modal bisa bikin software house
yg ga punya skill IT tapi ada modal bisa bikin food delivery service modal moped matic .... bawa unit nya dari luar biar ga ada yg birahi u nyolong
trus biar bisa tuh fleet balik modal yg mo kerja di suruh nyicil u moped tsb
um, IT skill tuh disana masih on demand bgt kah? , oe liat di job listing gtu salarynya pada top semua (aplg yg talented)

dan oe penasaran apakah foreigner & native punya equal job opportunities?
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by McLaren »

Hah emg kok.. tetangga saya pendapatan triple digit, tetep pake fortuner vnt.
Saya tanya, kenapa ngga ganti mobil?
Males katanya, rugi beli mobil baru.

Dia balik nanya ke saya..
Kok masih pake innova 2014?
Saya jawab, sama malesnya pak.. rugi rasanya beli mobil baru.
Senengnya cuman sebulan pertama doang, habis tuh penurunan nilai intrinsiknya wadow
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 24 Sep 2021, 23:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by DLM »

kendibocor wrote: 24 Jan 2024, 08:53
DLM wrote: 23 Jan 2024, 15:08
Harusnya market kendaraan pribadi di indo itu fokusnya di luar daerah jabodetabek, bukan malah jabodetabek wkwk
Ga ada duitnya om kalo fokus jualan di kota2 kecil. Ane ga punya data tp ane yakin penjualan kendaraan terutama mobil ya di jabodetabek+semarang+bandung+surabaya+medan pasti lebih gede dibanding seluruh daerah laen dijumlahkan. Kalo motor mungkin bisa jd lebih merata penjualan di kota besar vs kota2 kecil dijumlahkan.
Ya mau ga mau om, soale di kota besar itu emang harusnya lebih fokus transum. Dan bukan 100 persen pindahkan fokus ke daerah pedesaan serta kota kecil, tapi mulai menggalakan penjualan disana. Justru mereka yang lebih butuh mobil, orang kota lebih butuh transum pak. Tapi ini pun butuh keseriusan pemerintah buat meratakan perkembangan ekonomi agar bisa dirasakan di daerah pedesaan pula.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3317
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by kendibocor »

DLM wrote: 26 Jan 2024, 03:15
kendibocor wrote: 24 Jan 2024, 08:53
DLM wrote: 23 Jan 2024, 15:08
Harusnya market kendaraan pribadi di indo itu fokusnya di luar daerah jabodetabek, bukan malah jabodetabek wkwk
Ga ada duitnya om kalo fokus jualan di kota2 kecil. Ane ga punya data tp ane yakin penjualan kendaraan terutama mobil ya di jabodetabek+semarang+bandung+surabaya+medan pasti lebih gede dibanding seluruh daerah laen dijumlahkan. Kalo motor mungkin bisa jd lebih merata penjualan di kota besar vs kota2 kecil dijumlahkan.
Ya mau ga mau om, soale di kota besar itu emang harusnya lebih fokus transum. Dan bukan 100 persen pindahkan fokus ke daerah pedesaan serta kota kecil, tapi mulai menggalakan penjualan disana. Justru mereka yang lebih butuh mobil, orang kota lebih butuh transum pak. Tapi ini pun butuh keseriusan pemerintah buat meratakan perkembangan ekonomi agar bisa dirasakan di daerah pedesaan pula.
Idealnya transportasi di suatu negara memang mungkin seperti yg om bilang, kota besar public transport terintegrasi semua, kota2 kecil baru kendaraan pribadi. Tp itu teori doang, di wakanda butuh puluhan taon lg kalo mo kaya gitu.

Semua konglomerasi ya nyari untung pastinya, ngapain mereka susah2 abisin sumber daya bwat jualan di kota kecil yg ga ada cuannya. Ngarepin pemerintah bikin kebijakan bwat neken konglomerasi biar lebih fokus ke daerah? Agak2 ketinggian ngimpinya ngarepin pemerintah bikin regulasi yg menyulitkan merrka.

Trus di kota besar pun bikin public transport ga segampang balikin telapak tangan di kota yg uda chaotic kaya jakarta aja misalkan. Tuh bikin mrt 1 jalur aja di sudirman kemaren macetnya kayak apa, sekarang lg di extend ke gajah mada segala lalu lintas chaosnya sinting2an. Ga bisa di bandingin sama tokyo segala yg uda dari 1800an bikin jalur kereta makanya sekarang jalur subwaynya luar biasa.
Apa jakarta bisa kaya kota2 besar public transportnya? Bisa aja tp butuh puluhan atau bahkan ratusan tahun, keburu lumpuh duluan jalanan dengan pertumbuhan penduduk. Emang paling bener mengurangi beban jkt dengan bikin IKN n model kota dengan public transport ideal kaya tokyo, singapur, hongkong segala lebih gampang dibikin karena dari awal uda dibikin.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
brzkr
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 26 Jun 2023, 13:10
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by brzkr »

noire wrote: 23 Jan 2024, 16:18
Thank you om infonya, saya baru tahu kalau sudah mulai banyak yang menerapkan sewa.
So far trend yang terlihat K/L terutama di daerah memang semakin jarang ada pengadaan massal kendaraan dinas sih, yang sering keliatan memang kebanyakan untuk bos-bosnya saja, cm sekalinya masuk berita kok procurement nya ke tipe2 yang kayaknya agak berlebihan hehe.

Sempat heboh beberapa waktu lalu itu ada pengadaan ambulance di derah tertentu tapi base vehicle yang dipakai hyundai staria - kayak ngga ada model yang lebih fit dan value for money saja
Iya om, dan sewa pun ada tarifnya jadi yaa standar yg ditetapkan memang demikian.
Hahaha kalo daerah emang kadang unik om, tergantung kepala daerah dan dinasnya.
faizzz wrote: 23 Jan 2024, 16:32
Thanks to rakyat yang taat bayar pajak...
Sepakat om :big_deal:
Kita tax payer kudunya sih kritis ya, bebas kritik dan tanya hak kita, cuma ngeri mau kritis eh dikenain ITE :big_dunno:
Akhirnya jadi gosip aja di sosmed dan forum aja, nunggu viral baru gerak.
W ngeri sih sebetulnya dg metode ini lama-lama govt jadi bebal juga, "ah paling cuma ribut di sosmed"
ChZ wrote: 24 Jan 2024, 09:37

hoo menarik. emang bener udah sewa aja. kepalang BT liat pejabat sliwar sliwur pake mobil mewah baru baru, tp macet jalan rusak dmn2 :big_bored: sono mah enak dikawal.

wkwkwk kadang ane liatnya bisa jadi yang mogok sebiji dari 100 unit, trs dijadiin alesan buat pengadaan om. kan kadang logika awam kbanyakan orang gak ngerti mobil aja cuma rusak mogok perlu ganti aki tp bilangnya udah perlu ganti mobil :ngacir:
Siapa yg ga sebel sih lagi jalan selo tau tau ada netnot dg lampu yg silau itu.
yg kadang kurang itu soal komunikasinya kayanya ya om, govt ga bisa jelasin alasan kenapa kudu ganti mobil, kenapa pengadaan ini itu, yg ketangkep berita ya kadang sensationalism :big_childish:
AML-CFT
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by fansdiesel »

darrelund wrote: 24 Jan 2024, 18:33
newrubble wrote: 24 Jan 2024, 14:59
AbdulHakim wrote: 24 Jan 2024, 14:47
Indonesia masih ada kesempatan untuk bangkit dari keterpurukan gak menurut om NR?
ga ada ... krn itulah sy tinggalkan demi idup normal (kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial) buat anak cucu saya skrg n nantinya
life expectancy sana jg salah satu tertinggi um, begitupun quality of life :big_biglaugh:

tiap cari artikel gugel yg QoL nya top, scandi countries selalu masuk
scandi country juga lama lama ancur juga , criminal , murder , raped , gangster meningkat drastis gara2 imigran :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Krucilatoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 19 Jul 2014, 20:08

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by Krucilatoz »

kendibocor wrote: 26 Jan 2024, 07:25
DLM wrote: 26 Jan 2024, 03:15
kendibocor wrote: 24 Jan 2024, 08:53

Ga ada duitnya om kalo fokus jualan di kota2 kecil. Ane ga punya data tp ane yakin penjualan kendaraan terutama mobil ya di jabodetabek+semarang+bandung+surabaya+medan pasti lebih gede dibanding seluruh daerah laen dijumlahkan. Kalo motor mungkin bisa jd lebih merata penjualan di kota besar vs kota2 kecil dijumlahkan.
Ya mau ga mau om, soale di kota besar itu emang harusnya lebih fokus transum. Dan bukan 100 persen pindahkan fokus ke daerah pedesaan serta kota kecil, tapi mulai menggalakan penjualan disana. Justru mereka yang lebih butuh mobil, orang kota lebih butuh transum pak. Tapi ini pun butuh keseriusan pemerintah buat meratakan perkembangan ekonomi agar bisa dirasakan di daerah pedesaan pula.
Idealnya transportasi di suatu negara memang mungkin seperti yg om bilang, kota besar public transport terintegrasi semua, kota2 kecil baru kendaraan pribadi. Tp itu teori doang, di wakanda butuh puluhan taon lg kalo mo kaya gitu.

Semua konglomerasi ya nyari untung pastinya, ngapain mereka susah2 abisin sumber daya bwat jualan di kota kecil yg ga ada cuannya. Ngarepin pemerintah bikin kebijakan bwat neken konglomerasi biar lebih fokus ke daerah? Agak2 ketinggian ngimpinya ngarepin pemerintah bikin regulasi yg menyulitkan merrka.

Trus di kota besar pun bikin public transport ga segampang balikin telapak tangan di kota yg uda chaotic kaya jakarta aja misalkan. Tuh bikin mrt 1 jalur aja di sudirman kemaren macetnya kayak apa, sekarang lg di extend ke gajah mada segala lalu lintas chaosnya sinting2an. Ga bisa di bandingin sama tokyo segala yg uda dari 1800an bikin jalur kereta makanya sekarang jalur subwaynya luar biasa.
Apa jakarta bisa kaya kota2 besar public transportnya? Bisa aja tp butuh puluhan atau bahkan ratusan tahun, keburu lumpuh duluan jalanan dengan pertumbuhan penduduk. Emang paling bener mengurangi beban jkt dengan bikin IKN n model kota dengan public transport ideal kaya tokyo, singapur, hongkong segala lebih gampang dibikin karena dari awal uda dibikin.
Kalau IKN kan cuma mindahin ASN berikut pejabatnya, mereka bukan pelaku utama yg memutar roda ekonomi.
Lebih ngaruh kalau sentra ekonominya (perkantoran, pabrik, dst) yg disebar. Ini susah juga sih.
Sehingga opsi ngebangun public transport macam LRT itu (meski mahal) menjadi paling feasible.

Cuman ya, para konglomerasi kayaknya ga rela kalau public-transport maju di Indo, ntar jualannya makin seret.
Makin jauh rumah --> kantor, makin cepet itu motor-mobil terdepresiasi, makin cepat cycle beli baru lagi.
Makin tersambung tol makin masif mudik / outing pakai mobil, skip itu namanya kereta / bus dkk

newrubble wrote: 24 Jan 2024, 21:00
mobilover wrote: 24 Jan 2024, 16:49 ... untuk kita2 yg masih di indonesia berjuang gmn om? Utk pindah ke sana baiknya aim utk pekerjaan apa? Soalnya gak mudah untuk pindah ke negara skandinavia kalau gak ada keahlian khusus setau saya
bs tiru india-india yg punya skill IT tapi ga cukup modal bisa kerja IT
yg ada modal bisa bikin software house
yg ga punya skill IT tapi ada modal bisa bikin food delivery service modal moped matic .... bawa unit nya dari luar biar ga ada yg birahi u nyolong
trus biar bisa tuh fleet balik modal yg mo kerja di suruh nyicil u moped tsb
sedang menjalani ini (saya owner software house) dan involve di beberapa startup, kalau market bisnis consultant memang limited dan sangat terpengaruh kondisi politik. Tapi di sisi retail atau mass memang sangat terbuka, udah gitu belum regulated.
Hanya saja, secara umum purchasing power masyarakat menurun, setidaknya terlihat dari satu startup (lending ke farmer) untuk penyelesaian durasinya mulai molor. Makin lama kuatir juga sistem pertanian rakyat ini akan tergeser dengan korporasi bermodal besar.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3317
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by kendibocor »

Krucilatoz wrote: 26 Jan 2024, 10:51
kendibocor wrote: 26 Jan 2024, 07:25
DLM wrote: 26 Jan 2024, 03:15

Ya mau ga mau om, soale di kota besar itu emang harusnya lebih fokus transum. Dan bukan 100 persen pindahkan fokus ke daerah pedesaan serta kota kecil, tapi mulai menggalakan penjualan disana. Justru mereka yang lebih butuh mobil, orang kota lebih butuh transum pak. Tapi ini pun butuh keseriusan pemerintah buat meratakan perkembangan ekonomi agar bisa dirasakan di daerah pedesaan pula.
Idealnya transportasi di suatu negara memang mungkin seperti yg om bilang, kota besar public transport terintegrasi semua, kota2 kecil baru kendaraan pribadi. Tp itu teori doang, di wakanda butuh puluhan taon lg kalo mo kaya gitu.

Semua konglomerasi ya nyari untung pastinya, ngapain mereka susah2 abisin sumber daya bwat jualan di kota kecil yg ga ada cuannya. Ngarepin pemerintah bikin kebijakan bwat neken konglomerasi biar lebih fokus ke daerah? Agak2 ketinggian ngimpinya ngarepin pemerintah bikin regulasi yg menyulitkan merrka.

Trus di kota besar pun bikin public transport ga segampang balikin telapak tangan di kota yg uda chaotic kaya jakarta aja misalkan. Tuh bikin mrt 1 jalur aja di sudirman kemaren macetnya kayak apa, sekarang lg di extend ke gajah mada segala lalu lintas chaosnya sinting2an. Ga bisa di bandingin sama tokyo segala yg uda dari 1800an bikin jalur kereta makanya sekarang jalur subwaynya luar biasa.
Apa jakarta bisa kaya kota2 besar public transportnya? Bisa aja tp butuh puluhan atau bahkan ratusan tahun, keburu lumpuh duluan jalanan dengan pertumbuhan penduduk. Emang paling bener mengurangi beban jkt dengan bikin IKN n model kota dengan public transport ideal kaya tokyo, singapur, hongkong segala lebih gampang dibikin karena dari awal uda dibikin.
Kalau IKN kan cuma mindahin ASN berikut pejabatnya, mereka bukan pelaku utama yg memutar roda ekonomi.
Lebih ngaruh kalau sentra ekonominya (perkantoran, pabrik, dst) yg disebar. Ini susah juga sih.
Sehingga opsi ngebangun public transport macam LRT itu (meski mahal) menjadi paling feasible.

Cuman ya, para konglomerasi kayaknya ga rela kalau public-transport maju di Indo, ntar jualannya makin seret.
Makin jauh rumah --> kantor, makin cepet itu motor-mobil terdepresiasi, makin cepat cycle beli baru lagi.
Makin tersambung tol makin masif mudik / outing pakai mobil, skip itu namanya kereta / bus dkk
Awal IKN jd pusat pemerintahan, pusat ekonomi tetep jkt. Emang ga akan bisa langsung rame sih butuh waktu jg. Belajar dari negara laen yg mindahin ibukota negara (myanmar, brazil, dll) ga ada yg langsung rame. Ya itu pinter2nya pemerintahan selanjutnya gimana narik investasi biar buka lapangan kerja baru, bikin insentif buka pabrik atau apa. Tentu ya ga segampang ane nulis disini dsn yg pasti ga akan jd dlm waktu dekat. Cuman kalo jkt dibiarinin 10-20thn lg ga kebayang bakalan jd gmn.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by solar_kerosen »

timbermaniac123 wrote: 19 Jan 2024, 22:48
hotoriii wrote: 19 Jan 2024, 21:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
Biaya hidup di jakarta itu termasuk mahal dibanding singapura. Di sg, gaji min 1800$, makan di hawker sekitar 5$. Disini umr 5 juta, sekali makan di food court / kantin sekitar 35rb.

Daya beli masyarakat dari sebelum pandemi itu beli mobil sekitar 200-300 juta. Makanya nik 2023 yang di atas harga 300an masih nyisa rata2 di jan ini. Disc bisa sampe 40-60 juta. Tapi paling ga mobil dibawah 300 sekarang ini ga terlalu kopongan kaya jaman 2015an. brv, veloz di harga 280an udah dapet sensing, cam 360, 6 airbag dll.

Yang tadinya ganti mobil per 5 tahun, sekarang ditunda jadi 10 tahun. Tadinya mau beli hrv, apa boleh buat jadinya wrv :big_slap:
Ga benar itu, kalo pintar cari msh byk 15 ribuan tp sayur dan telor lauknya atau ayam potong kecil
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: 26 Jan 2024, 15:39
Krucilatoz wrote: 26 Jan 2024, 10:51
kendibocor wrote: 26 Jan 2024, 07:25

Idealnya transportasi di suatu negara memang mungkin seperti yg om bilang, kota besar public transport terintegrasi semua, kota2 kecil baru kendaraan pribadi. Tp itu teori doang, di wakanda butuh puluhan taon lg kalo mo kaya gitu.

Semua konglomerasi ya nyari untung pastinya, ngapain mereka susah2 abisin sumber daya bwat jualan di kota kecil yg ga ada cuannya. Ngarepin pemerintah bikin kebijakan bwat neken konglomerasi biar lebih fokus ke daerah? Agak2 ketinggian ngimpinya ngarepin pemerintah bikin regulasi yg menyulitkan merrka.

Trus di kota besar pun bikin public transport ga segampang balikin telapak tangan di kota yg uda chaotic kaya jakarta aja misalkan. Tuh bikin mrt 1 jalur aja di sudirman kemaren macetnya kayak apa, sekarang lg di extend ke gajah mada segala lalu lintas chaosnya sinting2an. Ga bisa di bandingin sama tokyo segala yg uda dari 1800an bikin jalur kereta makanya sekarang jalur subwaynya luar biasa.
Apa jakarta bisa kaya kota2 besar public transportnya? Bisa aja tp butuh puluhan atau bahkan ratusan tahun, keburu lumpuh duluan jalanan dengan pertumbuhan penduduk. Emang paling bener mengurangi beban jkt dengan bikin IKN n model kota dengan public transport ideal kaya tokyo, singapur, hongkong segala lebih gampang dibikin karena dari awal uda dibikin.
Kalau IKN kan cuma mindahin ASN berikut pejabatnya, mereka bukan pelaku utama yg memutar roda ekonomi.
Lebih ngaruh kalau sentra ekonominya (perkantoran, pabrik, dst) yg disebar. Ini susah juga sih.
Sehingga opsi ngebangun public transport macam LRT itu (meski mahal) menjadi paling feasible.

Cuman ya, para konglomerasi kayaknya ga rela kalau public-transport maju di Indo, ntar jualannya makin seret.
Makin jauh rumah --> kantor, makin cepet itu motor-mobil terdepresiasi, makin cepat cycle beli baru lagi.
Makin tersambung tol makin masif mudik / outing pakai mobil, skip itu namanya kereta / bus dkk
Awal IKN jd pusat pemerintahan, pusat ekonomi tetep jkt. Emang ga akan bisa langsung rame sih butuh waktu jg. Belajar dari negara laen yg mindahin ibukota negara (myanmar, brazil, dll) ga ada yg langsung rame. Ya itu pinter2nya pemerintahan selanjutnya gimana narik investasi biar buka lapangan kerja baru, bikin insentif buka pabrik atau apa. Tentu ya ga segampang ane nulis disini dsn yg pasti ga akan jd dlm waktu dekat. Cuman kalo jkt dibiarinin 10-20thn lg ga kebayang bakalan jd gmn.
Kota Besar di Provinsi" yg ada di Pulau Jawa sudah relatif sesak.

- Jumlah Penduduk P.Jawa = 150 Jt
- Jumlah Penduduk Rusia = 140 an Juta

& Negara Rusia adalah yg terluas di dunia

Jadi pelan-pelan, ya musti pindah Pulau untuk generasi penerus kita. :big_peace:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2915
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by Salvanost »

McLaren wrote: 26 Jan 2024, 01:56 Hah emg kok.. tetangga saya pendapatan triple digit, tetep pake fortuner vnt.
Saya tanya, kenapa ngga ganti mobil?
Males katanya, rugi beli mobil baru.

Dia balik nanya ke saya..
Kok masih pake innova 2014?
Saya jawab, sama malesnya pak.. rugi rasanya beli mobil baru.
Senengnya cuman sebulan pertama doang, habis tuh penurunan nilai intrinsiknya wadow
kira2 bisa diakalin dengan beli mobil bekas ga om?
lebih hemat 100-150juta :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

Krucilatoz wrote: 26 Jan 2024, 10:51 Kalau IKN kan cuma mindahin ASN berikut pejabatnya, mereka bukan pelaku utama yg memutar roda ekonomi.
Lebih ngaruh kalau sentra ekonominya (perkantoran, pabrik, dst) yg disebar. Ini susah juga sih.
Sehingga opsi ngebangun public transport macam LRT itu (meski mahal) menjadi paling feasible.

Cuman ya, para konglomerasi kayaknya ga rela kalau public-transport maju di Indo, ntar jualannya makin seret.
Makin jauh rumah --> kantor, makin cepet itu motor-mobil terdepresiasi, makin cepat cycle beli baru lagi.
Makin tersambung tol makin masif mudik / outing pakai mobil, skip itu namanya kereta / bus dkk
pokok selama pusat ekonomi di pulau jawa, SDA luar jawa cuma di eksploitasi sama pengusaha di jakarta dan surabaya ya ekonomi indo bakal begini2 aja. kuncinya emang pemerataan ekonomi di segala kalangan.

IKN itu cuma 1 kota, kalo daya beli masyarakat daerah sekitarnya nggak meningkat yang bakal tambah kaya ya pengusaha2 jakarta juga kelimpahan proyek pengadaannya.

skrg bayangin aja kalo misal proyek2 di IKN yang kelimpahan pengusaha2 jakarta terus, gimana tuh UMKM sekitar mau upscale. teori utopisnya ya ekonomi sekitar meningkat, masalahnya kalo udah temenan sama geng oligarki ya pengadaan2 dari gede ampe kecil pasti minta tolong geng oligarki. ud disiapin itu siapa dapet apa semua. kek kita gak tau kebiasaan dimari aja. :mky_03: makanya duit ya muternya kesitu situ aja.

inti dari peningkatan ekonomi itu harus ada daya beli masyarakatnya. kalo daya beli nggak ditingkatkan percuma mau dijual kayak apapun.

secara efisiensi sebenernya lebih masuk akal ngebangun daerah2 tertinggal buat pemerataan, bangun akses2 jalan desa dan fasum. IKN kan kota baru yang masih mulai dari babat alas. blom ada penduduk, blom ada pasar. kalo kota-kota yang sdh ada dibangun pasarnya udah ada tinggal upscale aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 29 Jan 2024, 09:54
Krucilatoz wrote: 26 Jan 2024, 10:51 Kalau IKN kan cuma mindahin ASN berikut pejabatnya, mereka bukan pelaku utama yg memutar roda ekonomi.
Lebih ngaruh kalau sentra ekonominya (perkantoran, pabrik, dst) yg disebar. Ini susah juga sih.
Sehingga opsi ngebangun public transport macam LRT itu (meski mahal) menjadi paling feasible.

Cuman ya, para konglomerasi kayaknya ga rela kalau public-transport maju di Indo, ntar jualannya makin seret.
Makin jauh rumah --> kantor, makin cepet itu motor-mobil terdepresiasi, makin cepat cycle beli baru lagi.
Makin tersambung tol makin masif mudik / outing pakai mobil, skip itu namanya kereta / bus dkk
pokok selama pusat ekonomi di pulau jawa, SDA luar jawa cuma di eksploitasi sama pengusaha di jakarta dan surabaya ya ekonomi indo bakal begini2 aja. kuncinya emang pemerataan ekonomi di segala kalangan.

IKN itu cuma 1 kota, kalo daya beli masyarakat daerah sekitarnya nggak meningkat yang bakal tambah kaya ya pengusaha2 jakarta juga kelimpahan proyek pengadaannya.

skrg bayangin aja kalo misal proyek2 di IKN yang kelimpahan pengusaha2 jakarta terus, gimana tuh UMKM sekitar mau upscale. teori utopisnya ya ekonomi sekitar meningkat, masalahnya kalo udah temenan sama geng oligarki ya pengadaan2 dari gede ampe kecil pasti minta tolong geng oligarki. ud disiapin itu siapa dapet apa semua. kek kita gak tau kebiasaan dimari aja. :mky_03: makanya duit ya muternya kesitu situ aja.

inti dari peningkatan ekonomi itu harus ada daya beli masyarakatnya. kalo daya beli nggak ditingkatkan percuma mau dijual kayak apapun.

secara efisiensi sebenernya lebih masuk akal ngebangun daerah2 tertinggal buat pemerataan, bangun akses2 jalan desa dan fasum. IKN kan kota baru yang masih mulai dari babat alas. blom ada penduduk, blom ada pasar. kalo kota-kota yang sdh ada dibangun pasarnya udah ada tinggal upscale aja.
Setuju nih.

Membangun sesuatu harus sesuai dgn logika dan akal sehat,
- lihat market feasibility nya
- kondisi saat ini better upscale Pulau yg sudah ada, instead of bangun dr 0
- ekonomi tumbuh signifikan juga hanya di area 10++ persen ekonomi teratas (itu juga hanya 10% core nya, tambahan persennya adalah cipratan dr 10% tsb)
- sisanya <90% = tumbuh stagnan atau minus
- jadi average growth nya tetap plus, karena dikuasai Naga IHSG

Emang bener kali ini pilpres sgt menentukan masa depan bangsa.

Klo sy pribadi milih pilpres kali ini lbh excited, karena:
1. Lihat proses / SOP mendaftar ke KPU nya spt apa?
2. Lihat Track record TimSes nya, karena timses inilah yg nanti akan menduduki posisi di level policy & regulation, strategis, sampai implementasi
3. Lihat TimSesnya apakah banyak yg masuk IHSG sebagai pemegang saham naga atau ndak
4. Memang benar ada yg bilang; Naga akan (berusaha) merapat ke yang menang, tapi setidaknya kita udah usaha dari awal
5. Tuhan akan mengubah nasib manusia, klo manusia itu sendiri yg mau usaha untuk merubah
6. Klo dibilang; "ah saya kan hanya satu orang, gak bakal ngaruh.." Silahkan Mulitply kata2 tsb ke 204 juta orang
7. Imagine jika Tuhan mengabulkan usaha tsb X 204 juta orang

Intinya:
- Proyek yg dah bagus dan potensial marketnya, WAJIB dilanjutkan / diimprove
- Yang masih diragukan, dianalisa lebih tajam lagi
Last edited by Suryaputra on 29 Jan 2024, 11:26, edited 5 times in total.
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post