Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 18 Jan 2024 08:07 WIB
Jakarta - Pasar otomotif dalam negeri sedang dalam fase one million trap alias mentok di angka satu juta unit. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih mencari tahu apa yang menyebabkan pasar dalam negeri tidak berkembang.
Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan sedang bekerja sama dengan LPEM (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI). Hasil analisa belum ketemu, termasuk apakah disebabkan gara-gara harga mobil yang sudah kemahalan.
"Kita nggak gegabah dalam mencari solusinya, sekarang kita sedang mengkaji dengan LPEM UI, kenapa ini satu dekade masih satu juta, jadi banyak sisi yang kita lihat apakah mobilnya terlalu mahal, apakah kemudian perlu sisi lain lagi, misalnya pertumbuhan ekonomi, belum selesai studinya," ujar Kukuh di Jakarta Selatan, Selasa (16/1/2024).
Memang berapa sih harga mobil di Indonesia yang masuk kategori paling murah saat ini?
Pertama ambil di segmen Low Cost Green Car (LCGC), program ini berhasil mendongkrak penjualan mobil di Indonesia mencapai angka satu juta unit per tahunnya. Bertahun-tahun LCGC selalu masuk dalam jejeran mobil terlaris.
Segmen LCGC diisi oleh berbagai merek. Honda punya Brio Satya yang dijual Rp 167,9 juta hingga Rp 198,3 juta.
Tak cuma Honda yang menjual LCGC jenis city car 5-penumpang saja yang mendekati angka Rp 200 juta. Toyota Agya saat ini dijual mulai Rp 167,9 juta hingga Rp 191,4 juta.
LCGC termurah sekarang jatuh pada Daihatsu Ayla yang dijual Rp 135 juta untuk varian paling bawah. Tapi mobil itu juga memiliki berbagai trim, harga termahalnya sekarang Rp 190,9 juta.
Selanjutnya LCGC 7-seater yang dijual oleh Daihatsu dan Toyota. Untuk model ini, Daihatsu Sigra sekarang bisa ditebus Rp 138 juta hingga Rp 181,6 juta. Sementara kembarannya, Toyota Calya dibanderol Rp 164,7 juta hingga Rp 173,2 juta.
LCGC diketahui merupakan segmen mobil paling murah di Indonesia saat ini. Bagaimana dengan harga mobil-mobil Low MPV seperti Avanza, Xenia, Stargazer, Ertiga, Xpander, dan Mobilio? sebagian besar sudah merangkak naik juga, bahkan pada trim tertinggi sudah melewati Rp 300 juta.
Avanza paling murah sekarang dijual Rp 237,1 juta, sedangkan Veloz dijual mulai Rp 290,7 juta hingga Rp 315,3 juta. Lanjut pada Xenia, mobil itu sekarang dibanderol mulai dari Rp 222,6 juta sampai Rp 279,8 juta.
Kompetitor dari dua merek tersebut, Xpander dijual dari Rp 261,2 juta hingga Rp 315,9 juta. Selanjutnya pendatang baru dari Korea Selatan, Stargazer saat ini punya harga Rp 248,6 juta-Rp 320,9 juta. Lalu Ertiga saat ini memiliki harga Rp 228,4 juta-Rp 262,8 juta, sementara versi mild hybrid dibanderol Rp 273,7 juta sampai Rp 295,6 juta.
Pasar mobil Indonesia menunjukkan stagnasi pada level penjualan sekitar satu jutaan per tahunnya, padahal rasio kepemilikan mobil masih sekitar 99 mobil per 1.000 penduduk.
Penjualan mobil tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 1.229.811 unit kemudian terus merosot di tahun berikutnya namun tetap berada di level satu jutaan.
Mengutip paparan LPEM (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat) FEB UI pada GIIAS 2023 lalu, pendapatan per kapita yang naik tipis per tahun 3,65 persen, - masih berada dalam kelompok negara berpendapatan menengah-atas awal.
Pendapat per kapita yang naik tipis tersebut disebabkan pertumbuhan ekonomi yang berkisar antara lima persen dalam kurun waktu periode 2015-2022. Ini menjadi salah satu penyebab penjualan mobil di Indonesia stagnan di level satu juta unit.
"Tapi indikasinya adalah perlu pertumbuhan yang lebih tinggi, kalau kita lihat dari data Gaikindo pada saat kita menembus 1,4 juta unit, 1,3 juta unit itu pertumbuhan ekonomi di 2011, 2012 itu enam persen lebih tapi itu di luar kemampuan Gaikindo, itu kan sesuatu yang lebih luas lagi. Itu coba kita kondisikan, jadi beberapa kajian kemudian ada generasi baru; generasi Z, atau millenial. Itu preferensinya berbeda," ujar Kukuh.
Di sisi lain untuk menumbuhkan pertumbuhan pasar, berdasarkan pengalaman pemerintah melakukan relaksasi pajak saat Covid-19 membuat permintaan mobil tinggi. Pasalnya, konsumen sensitif terhadap harga. Perlunya insentif fiskal sebagaimana yang diberikan pada 2021 yakni pengurangan pajak pertambahan atas barang mewah (PPnBM).
Kala itu pemerintah menerapkan diskon PPnBM 0 persen. Berkat diskon PPnBM tersebut, harga mobil yang dijual di Indonesia pun turun cukup signifikan. Beberapa model turun hingga puluhan juta. Alhasil, penjualan mobil di Indonesia juga meroket meski pasarnya tengah lesu karena dilanda Covid-19.
Indonesia punya banyak instrumen pajak, nyaris 50 persen merupakan dari harga mobil disetor ke pemerintah. Hal ini diungkapkan pengamat otomotif, Yannes Pasaribu ada beberapa instrumen pajak yang dikenakan mulai dari biaya bea impor komponen, pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), biaya tanda pendaftaran, biaya uji tipe, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, STNK, dan sebagainya.
"Harga akhir sebuah mobil di Indonesia itu relatif mahal sebenarnya, karena di samping pajak-pajak yang dikenakan pada sebuah mobil, ada berbagai pungutan lainnya sejak mobil keluar dari pabrik hingga ke dealer. Hal inilah yang membuat harga OTR mobil semakin tinggi," ujar akademisi dari ITB ini, beberapa waktu yang lalu
Baca artikel detikoto, "Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?" selengkapnya https://oto.detik.com/mobil/d-7147312/p ... -kemahalan.
SMers setuju kalau harga mobil sudah kemahalan? Ane sih setuju. Selain karena overtaxed, juga karena overcuan. Gak heran banyak owner, terutama kaum pegawai, yang "turun kasta" dari medium mpv ke low mpv, misalnya.
pemikiran ane, selain penurunan pajak (terutama pkb yang kudu dibayar tiap tahun sementara duitnya ga jelas dipake buat apa sama pemda setempat), peralatan safety seperti abs, airbag, adas, apar, traction control, dsb. kudu dibebasin dari pajak.
sementara overcuan itu susah dibasmi, kecuali oleh kompetisi. mudah2an dgn banyaknya brand asal China, terutama EV yg lebih value for money dari mobil jepang, kompetisi jadi lebih terbuka.
Kamis, 18 Jan 2024 08:07 WIB
Jakarta - Pasar otomotif dalam negeri sedang dalam fase one million trap alias mentok di angka satu juta unit. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih mencari tahu apa yang menyebabkan pasar dalam negeri tidak berkembang.
Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan sedang bekerja sama dengan LPEM (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI). Hasil analisa belum ketemu, termasuk apakah disebabkan gara-gara harga mobil yang sudah kemahalan.
"Kita nggak gegabah dalam mencari solusinya, sekarang kita sedang mengkaji dengan LPEM UI, kenapa ini satu dekade masih satu juta, jadi banyak sisi yang kita lihat apakah mobilnya terlalu mahal, apakah kemudian perlu sisi lain lagi, misalnya pertumbuhan ekonomi, belum selesai studinya," ujar Kukuh di Jakarta Selatan, Selasa (16/1/2024).
Memang berapa sih harga mobil di Indonesia yang masuk kategori paling murah saat ini?
Pertama ambil di segmen Low Cost Green Car (LCGC), program ini berhasil mendongkrak penjualan mobil di Indonesia mencapai angka satu juta unit per tahunnya. Bertahun-tahun LCGC selalu masuk dalam jejeran mobil terlaris.
Segmen LCGC diisi oleh berbagai merek. Honda punya Brio Satya yang dijual Rp 167,9 juta hingga Rp 198,3 juta.
Tak cuma Honda yang menjual LCGC jenis city car 5-penumpang saja yang mendekati angka Rp 200 juta. Toyota Agya saat ini dijual mulai Rp 167,9 juta hingga Rp 191,4 juta.
LCGC termurah sekarang jatuh pada Daihatsu Ayla yang dijual Rp 135 juta untuk varian paling bawah. Tapi mobil itu juga memiliki berbagai trim, harga termahalnya sekarang Rp 190,9 juta.
Selanjutnya LCGC 7-seater yang dijual oleh Daihatsu dan Toyota. Untuk model ini, Daihatsu Sigra sekarang bisa ditebus Rp 138 juta hingga Rp 181,6 juta. Sementara kembarannya, Toyota Calya dibanderol Rp 164,7 juta hingga Rp 173,2 juta.
LCGC diketahui merupakan segmen mobil paling murah di Indonesia saat ini. Bagaimana dengan harga mobil-mobil Low MPV seperti Avanza, Xenia, Stargazer, Ertiga, Xpander, dan Mobilio? sebagian besar sudah merangkak naik juga, bahkan pada trim tertinggi sudah melewati Rp 300 juta.
Avanza paling murah sekarang dijual Rp 237,1 juta, sedangkan Veloz dijual mulai Rp 290,7 juta hingga Rp 315,3 juta. Lanjut pada Xenia, mobil itu sekarang dibanderol mulai dari Rp 222,6 juta sampai Rp 279,8 juta.
Kompetitor dari dua merek tersebut, Xpander dijual dari Rp 261,2 juta hingga Rp 315,9 juta. Selanjutnya pendatang baru dari Korea Selatan, Stargazer saat ini punya harga Rp 248,6 juta-Rp 320,9 juta. Lalu Ertiga saat ini memiliki harga Rp 228,4 juta-Rp 262,8 juta, sementara versi mild hybrid dibanderol Rp 273,7 juta sampai Rp 295,6 juta.
Pasar mobil Indonesia menunjukkan stagnasi pada level penjualan sekitar satu jutaan per tahunnya, padahal rasio kepemilikan mobil masih sekitar 99 mobil per 1.000 penduduk.
Penjualan mobil tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 1.229.811 unit kemudian terus merosot di tahun berikutnya namun tetap berada di level satu jutaan.
Mengutip paparan LPEM (Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat) FEB UI pada GIIAS 2023 lalu, pendapatan per kapita yang naik tipis per tahun 3,65 persen, - masih berada dalam kelompok negara berpendapatan menengah-atas awal.
Pendapat per kapita yang naik tipis tersebut disebabkan pertumbuhan ekonomi yang berkisar antara lima persen dalam kurun waktu periode 2015-2022. Ini menjadi salah satu penyebab penjualan mobil di Indonesia stagnan di level satu juta unit.
"Tapi indikasinya adalah perlu pertumbuhan yang lebih tinggi, kalau kita lihat dari data Gaikindo pada saat kita menembus 1,4 juta unit, 1,3 juta unit itu pertumbuhan ekonomi di 2011, 2012 itu enam persen lebih tapi itu di luar kemampuan Gaikindo, itu kan sesuatu yang lebih luas lagi. Itu coba kita kondisikan, jadi beberapa kajian kemudian ada generasi baru; generasi Z, atau millenial. Itu preferensinya berbeda," ujar Kukuh.
Di sisi lain untuk menumbuhkan pertumbuhan pasar, berdasarkan pengalaman pemerintah melakukan relaksasi pajak saat Covid-19 membuat permintaan mobil tinggi. Pasalnya, konsumen sensitif terhadap harga. Perlunya insentif fiskal sebagaimana yang diberikan pada 2021 yakni pengurangan pajak pertambahan atas barang mewah (PPnBM).
Kala itu pemerintah menerapkan diskon PPnBM 0 persen. Berkat diskon PPnBM tersebut, harga mobil yang dijual di Indonesia pun turun cukup signifikan. Beberapa model turun hingga puluhan juta. Alhasil, penjualan mobil di Indonesia juga meroket meski pasarnya tengah lesu karena dilanda Covid-19.
Indonesia punya banyak instrumen pajak, nyaris 50 persen merupakan dari harga mobil disetor ke pemerintah. Hal ini diungkapkan pengamat otomotif, Yannes Pasaribu ada beberapa instrumen pajak yang dikenakan mulai dari biaya bea impor komponen, pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), biaya tanda pendaftaran, biaya uji tipe, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, STNK, dan sebagainya.
"Harga akhir sebuah mobil di Indonesia itu relatif mahal sebenarnya, karena di samping pajak-pajak yang dikenakan pada sebuah mobil, ada berbagai pungutan lainnya sejak mobil keluar dari pabrik hingga ke dealer. Hal inilah yang membuat harga OTR mobil semakin tinggi," ujar akademisi dari ITB ini, beberapa waktu yang lalu
Baca artikel detikoto, "Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?" selengkapnya https://oto.detik.com/mobil/d-7147312/p ... -kemahalan.
SMers setuju kalau harga mobil sudah kemahalan? Ane sih setuju. Selain karena overtaxed, juga karena overcuan. Gak heran banyak owner, terutama kaum pegawai, yang "turun kasta" dari medium mpv ke low mpv, misalnya.
pemikiran ane, selain penurunan pajak (terutama pkb yang kudu dibayar tiap tahun sementara duitnya ga jelas dipake buat apa sama pemda setempat), peralatan safety seperti abs, airbag, adas, apar, traction control, dsb. kudu dibebasin dari pajak.
sementara overcuan itu susah dibasmi, kecuali oleh kompetisi. mudah2an dgn banyaknya brand asal China, terutama EV yg lebih value for money dari mobil jepang, kompetisi jadi lebih terbuka.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Problem klasik : Serapan pasar nggak besar, pengenaan pajak besar. Skala ekonomi marketnya belum sampe yang kelas kuli bisa cicil mobil baru. Mobil baru ane prediksi mayoritas ya di Jakarta/surabaya muternya.
Margin kan kalo pengenaan taxnya gede, ya itungan marginnya pasti besar. Emang bisa jual mobil margin cuma 10% mana masuk dgn operasional. Kalopun 10%, dasar pengenaan pajak udah 300juta 10% aja 30 juta wkwkwkw.
Fabriek cuma di jakarta buat kirim seluruh indonesia. Problem kapasitas produksinya juga sih. Ya udah abis tuh duit buat repot dipalakin doang.
Margin kan kalo pengenaan taxnya gede, ya itungan marginnya pasti besar. Emang bisa jual mobil margin cuma 10% mana masuk dgn operasional. Kalopun 10%, dasar pengenaan pajak udah 300juta 10% aja 30 juta wkwkwkw.
Fabriek cuma di jakarta buat kirim seluruh indonesia. Problem kapasitas produksinya juga sih. Ya udah abis tuh duit buat repot dipalakin doang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Biaya hidup di jakarta itu termasuk mahal dibanding singapura. Di sg, gaji min 1800$, makan di hawker sekitar 5$. Disini umr 5 juta, sekali makan di food court / kantin sekitar 35rb.hotoriii wrote: Fri Jan 19, 2024 14:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
Daya beli masyarakat dari sebelum pandemi itu beli mobil sekitar 200-300 juta. Makanya nik 2023 yang di atas harga 300an masih nyisa rata2 di jan ini. Disc bisa sampe 40-60 juta. Tapi paling ga mobil dibawah 300 sekarang ini ga terlalu kopongan kaya jaman 2015an. brv, veloz di harga 280an udah dapet sensing, cam 360, 6 airbag dll.
Yang tadinya ganti mobil per 5 tahun, sekarang ditunda jadi 10 tahun. Tadinya mau beli hrv, apa boleh buat jadinya wrv

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Wow ternyata beneran harga termurah Perodua Axia OTR cuma 25.000 ringgit atau 80 juta.hotoriii wrote: Fri Jan 19, 2024 14:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
All-new CRV dijual tipe terendah cuma 530 juta OTR di Malaysia. Tipe tertinggi-nya 600jt udah AWD.
10 tahun lalu, harga mobil Malaysia selalu lebih tinggi daripada Indonesia, dan sekarang malah terbalik.
Ada apa gerangan dengan tanah air?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Coba ditanyakan ke Menteri Keuangan, Menteri Ekonomi terbaik dunia, dan Pimpinan Revolusi Mental.Andhyka wrote: Fri Jan 19, 2024 22:47hotoriii wrote: Fri Jan 19, 2024 14:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
Untitled-1.jpg
Wow ternyata beneran harga termurah Perodua Axia OTR cuma 25.000 ringgit atau 80 juta.
Screenshot 2024-01-20 052912.jpg
All-new CRV dijual tipe terendah cuma 530 juta OTR di Malaysia. Tipe tertinggi-nya 600jt udah AWD.
10 tahun lalu, harga mobil Malaysia selalu lebih tinggi daripada Indonesia, dan sekarang malah terbalik.
Ada apa gerangan dengan tanah air?
Merdeka!!
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Coba cek road tax Malaysia sama PKB Indo, PKB bisa 5-10x lipat hahaha jalanan sana masih lebih bagus. BBM Indo 2x Malay. Cuma asuransi yg mahal di sana.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Kata mas Adam Smith, ada invisible hand alias tangan tak terlihat yang mengatur perekonomian pasar bebas. Itulah namanya kapitalisme ...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Jgn lupa proteinnya jg lebih banyak, kalo disini yg banyak karbonya (murah). Liat aja tuh ayam2 di malay ma sg gemuk2 vs disini ceking2. Ya walaupun gemuknya kayaknya gemuk suntikan sih yg bulet2 montok gitu.timbermaniac123 wrote: Fri Jan 19, 2024 15:48Biaya hidup di jakarta itu termasuk mahal dibanding singapura. Di sg, gaji min 1800$, makan di hawker sekitar 5$. Disini umr 5 juta, sekali makan di food court / kantin sekitar 35rb.hotoriii wrote: Fri Jan 19, 2024 14:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
Kata sepupu ane yg tinggal malay interval kredit mobil disana bs lama dengan interest yg tetep rendah CMIIWteppey wrote: Fri Jan 19, 2024 23:18 Coba cek road tax Malaysia sama PKB Indo, PKB bisa 5-10x lipat hahaha jalanan sana masih lebih bagus. BBM Indo 2x Malay. Cuma asuransi yg mahal di sana.
10 tahun lalu vs sekarang ada kenaikan pajak otomotif ga?Suryaputra wrote: Fri Jan 19, 2024 23:06Coba ditanyakan ke Menteri Keuangan, Menteri Ekonomi terbaik dunia, dan Pimpinan Revolusi Mental.Andhyka wrote: Fri Jan 19, 2024 22:47hotoriii wrote: Fri Jan 19, 2024 14:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
Untitled-1.jpg
Wow ternyata beneran harga termurah Perodua Axia OTR cuma 25.000 ringgit atau 80 juta.
Screenshot 2024-01-20 052912.jpg
All-new CRV dijual tipe terendah cuma 530 juta OTR di Malaysia. Tipe tertinggi-nya 600jt udah AWD.
10 tahun lalu, harga mobil Malaysia selalu lebih tinggi daripada Indonesia, dan sekarang malah terbalik.
Ada apa gerangan dengan tanah air?
Merdeka!!
Kalo ga ada ya yg serakah korporatnya dong

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu May 26, 2022 4:47
- Location: Jakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Saya sih positip thinkingnya pajak mobil yang berlapis2 ini lagi dipake buat bagusin transum dulu baru nanti dimurahin, gak kebayang kalo mobil dibikin murah tapi transum masih begini. Sekarang mobil masih mahal aja macetnya udah bikin tua dijalan 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
di Malaysia dan Singapura itu mobil di atas 5/10 tahun di-junk gak? sehingga cycle beli mobilnya lebih cepat dibanding Indonesia.
di sini motuba masih bebas berkeliaran, lha wong masih enak dipakenya.
di sini motuba masih bebas berkeliaran, lha wong masih enak dipakenya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Ini CMIIW ya,AbdulHakim wrote: Sat Jan 20, 2024 1:51 di Malaysia dan Singapura itu mobil di atas 5/10 tahun di-junk gak? sehingga cycle beli mobilnya lebih cepat dibanding Indonesia.
di sini motuba masih bebas berkeliaran, lha wong masih enak dipakenya.
Di sg CoE 10thn, selesai itu mbl harus di scrap atau bisa perpanjang lg tp ratenya lebih mahal lg. CoE sekarang aja sekitar 1M kalo di rupiahin, bayangin CoE kedua dan seterusnya. Jd bener2 kaum the have doang yg punya mbl. Di malay ga ada batas max pake kendaraan, pernah mau dibikin tp diprotes.
Tp ga apple to apple kalo bandingin sama indo, ngurus sg jauh lebih gampang karena cuman segede jkt doang. Mo bikin apa2 gampang, duit banyak. Malay jg cuman 2 daratan gede doang. Disini mau bikin massive infrastructure susah. Duit ga ngedableg, apa2 dijadiin gorengan politik sampe ngibulin masyarakat terang2an soal data. Kalo mo wakandah maju kaya negara laen tuh birokrat dari paling atas sampe paling bawah musti dipecat semua ganti yg baru dan kalo korupsi hukum mati

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sun Oct 08, 2017 10:19
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Ford_focus
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Produsen ambil cuan nya kegedean..harus dilawan sm kompetisi, biar yg untung koksumen..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Sangat amat setuju.kendibocor wrote: Sat Jan 20, 2024 2:24Ini CMIIW ya,AbdulHakim wrote: Sat Jan 20, 2024 1:51 di Malaysia dan Singapura itu mobil di atas 5/10 tahun di-junk gak? sehingga cycle beli mobilnya lebih cepat dibanding Indonesia.
di sini motuba masih bebas berkeliaran, lha wong masih enak dipakenya.
Di sg CoE 10thn, selesai itu mbl harus di scrap atau bisa perpanjang lg tp ratenya lebih mahal lg. CoE sekarang aja sekitar 1M kalo di rupiahin, bayangin CoE kedua dan seterusnya. Jd bener2 kaum the have doang yg punya mbl. Di malay ga ada batas max pake kendaraan, pernah mau dibikin tp diprotes.
Tp ga apple to apple kalo bandingin sama indo, ngurus sg jauh lebih gampang karena cuman segede jkt doang. Mo bikin apa2 gampang, duit banyak. Malay jg cuman 2 daratan gede doang. Disini mau bikin massive infrastructure susah. Duit ga ngedableg, apa2 dijadiin gorengan politik sampe ngibulin masyarakat terang2an soal data. Kalo mo wakandah maju kaya negara laen tuh birokrat dari paling atas sampe paling bawah musti dipecat semua ganti yg baru dan kalo korupsi hukum mati![]()
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
20 besar penjualan 2023 :
BTW, Januari ampir abis masih aja ditawarin diskon VIN 2023 Zenix G 30 juta, Yarcrot 30 juta

Ada stroom nyempil satu, padahal average price-nya 800 juta. Kalo kapasitas ada bakal seru ini MG, BYD ama Chery bakal masuk ke average price 500 juta lawan Innova, Fortie, Pasport, Yarcrot. Yang manyun duluan kayaknya si Yarcrot ini jangan2. Temen kantor, tetangga pake Fortie/Pasport ternyata desakan istri, kalo pada pinter nggarap pasar ini bisa masuk mereka.BTW, Januari ampir abis masih aja ditawarin diskon VIN 2023 Zenix G 30 juta, Yarcrot 30 juta



You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
yep. economic costnya mobil baru sekarang nggak masuk di itungan soalnya om.timbermaniac123 wrote: Fri Jan 19, 2024 15:48
Yang tadinya ganti mobil per 5 tahun, sekarang ditunda jadi 10 tahun. Tadinya mau beli hrv, apa boleh buat jadinya wrv![]()
contoh kecil ya kelg saya dulu mobil paling 4 tahun itu udah paling lama. skrg fleet di rumah pake bisa sampe 8 tahun kayak HRV adik... civic turbo udah 6 taun. gile ane gak mikir dulu pake mobil ampe 6 taun.
dikali aja berapa orang yang kayak ane dulu sering ganti sekarang ogah ganti2.
tergambar kalo mau liat resale value mobil yang cenderung kuat. contoh jelasnya HRV dan innova sebagai 2 mobil mainstream paling laris.
ga ada yang jual = stok berkurang = unit di market berkurang = demand sama atau malah nambah soalnya pada males beli baru = harga ngga turun.
jujurnya yang bikin sedikit banyak kompetisi ngga sehat itu adalah 10 besar terlaris ini semua produknya as*raBibieight wrote: Sat Jan 20, 2024 3:05 20 besar penjualan 2023 :
DB2E207B-CA1B-4DD2-8ABE-2D9C4645358B.jpeg
Ada stroom nyempil satu, padahal average price-nya 800 juta. Kalo kapasitas ada bakal seru ini MG, BYD ama Chery bakal masuk ke average price 500 juta lawan Innova, Fortie, Pasport, Yarcrot. Yang manyun duluan kayaknya si Yarcrot ini jangan2. Temen kantor, tetangga pake Fortie/Pasport ternyata desakan istri, kalo pada pinter nggarap pasar ini bisa masuk mereka.
BTW, Januari ampir abis masih aja ditawarin diskon VIN 2023 Zenix G 30 juta, Yarcrot 30 juta![]()
![]()
![]()

ntah bener apa kaga, ada isu kalo merek selain yang dijual as*ra izin masuknya dipersulit krn si as*ra pinter lobby ordal. makanya giliran ada si yonde dikasih insentif BEV dia baper kok kita ngga dikasih buat hybrid. biasa anak emas, skrg ada yang ngelobbynya lebih kuat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Cunkuo kan dagang nya demen bakar duit
Ambil cuan tipis aja biar laris dulu
Nihon jin itu dah ga bisa seenaknya naekin harga lagi
Ambil cuan tipis aja biar laris dulu
Nihon jin itu dah ga bisa seenaknya naekin harga lagi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
malaysia semua org bisa beli mobil..Andhyka wrote: Fri Jan 19, 2024 22:47hotoriii wrote: Fri Jan 19, 2024 14:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
Untitled-1.jpg
Wow ternyata beneran harga termurah Perodua Axia OTR cuma 25.000 ringgit atau 80 juta.
Screenshot 2024-01-20 052912.jpg
All-new CRV dijual tipe terendah cuma 530 juta OTR di Malaysia. Tipe tertinggi-nya 600jt udah AWD.
10 tahun lalu, harga mobil Malaysia selalu lebih tinggi daripada Indonesia, dan sekarang malah terbalik.
Ada apa gerangan dengan tanah air?
gw sering bolak balik sono, kata distributor gw disana cari gaji 15 jt IDR doang gampang bgt..
coba tuh maen ke kawasan industrinya.. buruh nya jg mobil semua berjejer sampe depan pabrik karen parkiran ga muat.
Di Indo masi motor semua klo ke pabrik..
biaya idup lebih murah dari jakarta (gw bandingin sm selangor n KL ya). makanan murah2 di hawker food sono..
rumah jg murah jauh disana..nah jd ada budget tuh mobil si kayanya bunga nya rendah tenor panjang..
belom lagi operasional murah benain shell ron 95 cm 2 RM lebih dikit

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
yaseinotulip wrote: Sat Jan 20, 2024 4:06malaysia semua org bisa beli mobil..Andhyka wrote: Fri Jan 19, 2024 22:47hotoriii wrote: Fri Jan 19, 2024 14:15 kalau menurut saya yg awam iya
gaji saya kalau disamakan dengan yg level nya sejenis saya di malaysia dan sama2 kota besar, gaji di malaysia bisa lebih tinggi 2 - 3 kali lipat
tp perodua axia paling basic di malaysia bisa 70 sekian juta, disini ayla paling basic 130 sekian jt
sudah gitu saja hahaha
Untitled-1.jpg
Wow ternyata beneran harga termurah Perodua Axia OTR cuma 25.000 ringgit atau 80 juta.
Screenshot 2024-01-20 052912.jpg
All-new CRV dijual tipe terendah cuma 530 juta OTR di Malaysia. Tipe tertinggi-nya 600jt udah AWD.
10 tahun lalu, harga mobil Malaysia selalu lebih tinggi daripada Indonesia, dan sekarang malah terbalik.
Ada apa gerangan dengan tanah air?
gw sering bolak balik sono, kata distributor gw disana cari gaji 15 jt IDR doang gampang bgt..
coba tuh maen ke kawasan industrinya.. buruh nya jg mobil semua berjejer sampe depan pabrik karen parkiran ga muat.
Di Indo masi motor semua klo ke pabrik..
biaya idup lebih murah dari jakarta (gw bandingin sm selangor n KL ya). makanan murah2 di hawker food sono..
rumah jg murah jauh disana..nah jd ada budget tuh mobil si kayanya bunga nya rendah tenor panjang..
belom lagi operasional murah benain shell ron 95 cm 2 RM lebih dikit![]()
Makanan penang jg murah bgt, lbh murah dr jakarta. Nasi campur, mie pangsit, dim sum, bakso, kwetiaw. Murah2 semua. Jakarta jd overprice dgn bahan makanan yg low quality.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
berarti +62 ni yang dikeluhin biaya hidup tinggi bener ya mbah. keknya urusan perut aja kita banyak mafianya apalagi urusan dagang ama minyak.mobilkutu wrote: Sat Jan 20, 2024 6:12 Makanan penang jg murah bgt, lbh murah dr jakarta. Nasi campur, mie pangsit, dim sum, bakso, kwetiaw. Murah2 semua. Jakarta jd overprice dgn bahan makanan yg low quality.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Selain luas area Negara, gak bisa dibandingin juga; antara negara kerajaan VS republik yg bnyk kepentinganmobilkutu wrote: Sat Jan 20, 2024 6:12yaseinotulip wrote: Sat Jan 20, 2024 4:06malaysia semua org bisa beli mobil..Andhyka wrote: Fri Jan 19, 2024 22:47
Untitled-1.jpg
Wow ternyata beneran harga termurah Perodua Axia OTR cuma 25.000 ringgit atau 80 juta.
Screenshot 2024-01-20 052912.jpg
All-new CRV dijual tipe terendah cuma 530 juta OTR di Malaysia. Tipe tertinggi-nya 600jt udah AWD.
10 tahun lalu, harga mobil Malaysia selalu lebih tinggi daripada Indonesia, dan sekarang malah terbalik.
Ada apa gerangan dengan tanah air?
gw sering bolak balik sono, kata distributor gw disana cari gaji 15 jt IDR doang gampang bgt..
coba tuh maen ke kawasan industrinya.. buruh nya jg mobil semua berjejer sampe depan pabrik karen parkiran ga muat.
Di Indo masi motor semua klo ke pabrik..
biaya idup lebih murah dari jakarta (gw bandingin sm selangor n KL ya). makanan murah2 di hawker food sono..
rumah jg murah jauh disana..nah jd ada budget tuh mobil si kayanya bunga nya rendah tenor panjang..
belom lagi operasional murah benain shell ron 95 cm 2 RM lebih dikit![]()
Makanan penang jg murah bgt, lbh murah dr jakarta. Nasi campur, mie pangsit, dim sum, bakso, kwetiaw. Murah2 semua. Jakarta jd overprice dgn bahan makanan yg low quality.
Malay, Thai, Brunei dan Kamboja itu negara kerajaan

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Yang naik paling PPN dari 10% jd 11%kendibocor wrote: Fri Jan 19, 2024 23:41 10 tahun lalu vs sekarang ada kenaikan pajak otomotif ga?
Kalo ga ada ya yg serakah korporatnya dong![]()
Sisanya ane kurang paham. Yg ane tau malah ada penurunan PPNBM buat segmen sedan, hybrid, EV, dan 4x4
Hasilnya, harga sedan sekarang... tetap saja mahal...
Artinyaa........



Edit: eh ternyata gak semua merek jual sedan mahal2 deng. Ane baru inget ada mazda yg rela jual sedan dgn harga murah meriah. Ada mazda 2 dan 3 yg sekarang harganya malah lebih murah dr versi HB nya! Ada juga mazda 6 yg harganya msh di bawah 700 di saat kompetitornya udh pada nyentuh 800 atau bahkan 900 utk versi hybrid. Yaa walau yg didapatkan memang teknologi dan model 10 tahun yg lalu yg cmn direfresh dikit doang. Tp lumayanlah buat yg ngidam sedan berwibawa budget under 700, drpd civic yg memang teknologi lbh kekinian tp kan kl pake mazda 6 bs cosplay jd isilop

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
Nah makanyarakyatwkwkland wrote: Sat Jan 20, 2024 13:31Yang naik paling PPN dari 10% jd 11%kendibocor wrote: Fri Jan 19, 2024 23:41 10 tahun lalu vs sekarang ada kenaikan pajak otomotif ga?
Kalo ga ada ya yg serakah korporatnya dong![]()
Sisanya ane kurang paham. Yg ane tau malah ada penurunan PPNBM buat segmen sedan, hybrid, EV, dan 4x4
Hasilnya, harga sedan sekarang... tetap saja mahal...
Artinyaa........
![]()
![]()
Edit: eh ternyata gak semua merek jual sedan mahal2 deng. Ane baru inget ada mazda yg rela jual sedan dgn harga murah meriah. Ada mazda 2 dan 3 yg sekarang harganya malah lebih murah dr versi HB nya! Ada juga mazda 6 yg harganya msh di bawah 700 di saat kompetitornya udh pada nyentuh 800 atau bahkan 900 utk versi hybrid. Yaa walau yg didapatkan memang teknologi dan model 10 tahun yg lalu yg cmn direfresh dikit doang. Tp lumayanlah buat yg ngidam sedan berwibawa budget under 700, drpd civic yg memang teknologi lbh kekinian tp kan kl pake mazda 6 bs cosplay jd isilop![]()

Artinya korporatnya yg ngambil cuan ga kira2. Biarin aja deh tuh keran EV dibuka segede2nya, si nippon kan ketinggalan sama RRT dlm teknologi batere. Biar ga semena2 sama pasar disini. Asal jgn sama aja kelakuannya kalo uda laku

Yg blg luar negeri mahal, jkt murah kurang piknik kayanya. Jkt itu kalo makanan mid-upper class ga kalah mahal sama di sg, jepang. Kelas low-mid lebih mahal dr malay, lebih murah dikit drpd sg.mobilkutu wrote: Sat Jan 20, 2024 6:12
Makanan penang jg murah bgt, lbh murah dr jakarta. Nasi campur, mie pangsit, dim sum, bakso, kwetiaw. Murah2 semua. Jakarta jd overprice dgn bahan makanan yg low quality.
Blm lg kalo di compare price to weight proteinnya, liat aja tuh ayam di malay sg mengkel2 vs ayam padang disini kurus kering uda 20-35rb kalo di pad*ng "subuh-malem"

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?
angka penjualan menunjukkan betapa dubai nya kita
terlebih saat sdh argumen mahal murah nya di negara lain juga menunjukkan betapa terjangkau nya idup di negri lain
apalagi kalo udah urusan makan
cukup bikin saya tersenyum / terhibur
terlebih saat sdh argumen mahal murah nya di negara lain juga menunjukkan betapa terjangkau nya idup di negri lain
apalagi kalo udah urusan makan
cukup bikin saya tersenyum / terhibur