Tentang Ground Clearence mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Tentang Ground Clearence mobil

Post by abenk80 »

Dear all,
Ground Clearence mobil itu diukurnya dari jalan sampai titik mana di mobil ya?
Kl diukur di titik mobil terendah, di sedan pasti di long arm depan kan?
Sedangkan untuk mobil SUV penggerak belakang, berarti rumah gardan belakang yang terendah kan?
Kl bener begini, berarti kl mau tinggi cuma gede2an diameter ban aja donk?? :e-think: :e-think:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by maxx »

jawabannya >> bener bos! titik terendah bagian bawah mobil diluar ban.
Diameter velg dan ban lebih besar belum tentu ground clearance lebih tinggi .. contoh
SX4 velgnya 16" dg ban 205/60 R16 ground clearancenya 17.5cm (*kalo ga salah inget),
GL velgnya 15" dg ban 185/65/15 ground clearancenya 18.5cm

Tuh padahal diameter ban 205/60/16 jauh lebih besar dibanding 185/65/15.. tp ground clearance GL lebih tinggi dari pada SX4
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by avansa »

maxx wrote:jawabannya >> bener bos! titik terendah bagian bawah mobil diluar ban.
Diameter velg dan ban lebih besar belum tentu ground clearance lebih tinggi .. contoh
SX4 velgnya 16" dg ban 205/60 R16 ground clearancenya 17.5cm (*kalo ga salah inget),
GL velgnya 15" dg ban 185/65/15 ground clearancenya 18.5cm

Tuh padahal diameter ban 205/60/16 jauh lebih besar dibanding 185/65/15.. tp ground clearance GL lebih tinggi dari pada SX4
So kalau mau nambahin ground clearance SX4 solusinya cuman ganti velg yang lebih gede ,17 atau 18 aj Bro Max?
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by Risol1 »

bener apa yg dibilang Bro Maxx....at least semestinya sih begitu cara ngukurnya.
Tapi apakah kita yakin semua pabrikan ngukur GC dengan cara/metode yg sama? :e-think:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by GTR »

yg susah ngukur GC nya itu kl RWD rigid axle, nah rumah differensialnya itu lumayan nongol ke bawah, mana di tengah2...
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by liat2aja »

waktu Grand Livina keluar dan sebut2 ground clearance 185 cm, gw inget tuh Toyota juga buat artikel advertorial nyebut2 bahwa ground clearance ga bisa jadi patokan, yg penting floor clearance. Nah apa lagi itu floor clearance?
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by MitshuToyo »

liat2aja wrote:waktu Grand Livina keluar dan sebut2 ground clearance 185 cm, gw inget tuh Toyota juga buat artikel advertorial nyebut2 bahwa ground clearance ga bisa jadi patokan, yg penting floor clearance. Nah apa lagi itu floor clearance?
Kalau floor clearance diartikan jarak floor ke jalan/lantai, bisa jadi benar mending floor clearance yang tinggi dari pada ground clearance yang tinggi (dalam hal menghadapi banjir).

Tapi kalau konteksnya melewati jalan rusak, berlubang & berbatu, mungkin ground clearance tinggi lebih berguna untuk menghindari mentok bawah.
GL itu body monocoque ya ? bisa jadi toyota membuat artikel itu karena kijang masih memakai chassis,sehingga dapat floor clearance tinggi.. cmiiw
Lagi nginjek rem..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by maxx »

avansa wrote:
maxx wrote:jawabannya >> bener bos! titik terendah bagian bawah mobil diluar ban.
Diameter velg dan ban lebih besar belum tentu ground clearance lebih tinggi .. contoh
SX4 velgnya 16" dg ban 205/60 R16 ground clearancenya 17.5cm (*kalo ga salah inget),
GL velgnya 15" dg ban 185/65/15 ground clearancenya 18.5cm

Tuh padahal diameter ban 205/60/16 jauh lebih besar dibanding 185/65/15.. tp ground clearance GL lebih tinggi dari pada SX4
So kalau mau nambahin ground clearance SX4 solusinya cuman ganti velg yang lebih gede ,17 atau 18 aj Bro Max?
Tergantung ukuran ban juga bos.. ban 205/60/16 diameternya 652.4mm, kalo pake 17 tp bannya ukuran 205/50/17 dg dia. 636.8mm .. alhasil pasti ground clearance bukan naik tapi turun +/- 15.6mm.
Lain ceritanya kalo pake ban ukuran 215/55/17 yg diameternya 668.3mm >> ground clearance naik +/- 15.9mm, tp harus perhatikan juga krn menaikkan diameter ban dari ukuran std ada terlalu banyak .. ada resiko mentok/gesrot, pd umumnya diameter ban lebih besar sebanyak 2.5% masih OK.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by maxx »

MitshuToyo wrote:
liat2aja wrote:waktu Grand Livina keluar dan sebut2 ground clearance 185 cm, gw inget tuh Toyota juga buat artikel advertorial nyebut2 bahwa ground clearance ga bisa jadi patokan, yg penting floor clearance. Nah apa lagi itu floor clearance?
Kalau floor clearance diartikan jarak floor ke jalan/lantai, bisa jadi benar mending floor clearance yang tinggi dari pada ground clearance yang tinggi (dalam hal menghadapi banjir).

Tapi kalau konteksnya melewati jalan rusak, berlubang & berbatu, mungkin ground clearance tinggi lebih berguna untuk menghindari mentok bawah.
GL itu body monocoque ya ? bisa jadi toyota membuat artikel itu karena kijang masih memakai chassis,sehingga dapat floor clearance tinggi.. cmiiw
Bukankah sudah biasa toyota pinter u/ marketing campaign, coba bagaimana marketing campaign TAM kalo jualan versa / wish di indo yg juga berbasis monocoque spt sedan.. bukan truck basis yg digunakan avanza maupun innova?? ... apakah sales guide akan sampaikan roda depan nyepin di tanjakan? .. :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by €lj€p€ »

Yang paling top kalau ada "clearance sale"..... heheheee....
XL_7 Calmini... Ground Clearance tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah ... cukuplah....

Kalau memang sudah terpaksa... ya pakai yang ini saja :

http://blog.cardomain.com/blog/2008/11/ ... d=EMC-News

(video clip... akan muncul setelah klik dibagian tengah).
Dari Solo ke Oslo
Image
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by abenk80 »

Nah...sebenarnya jadi gmn nih system pengukuran GC yg valid? Apa diukur sampe floor...ato cm sampe titik terendah mobil...??
Terus juga apa setiap pabrikan menerapkan system yg sama dlm pengukurannya?

Kl memang diukur sampe titik terendah, berarti buat naikin GC tinggal ganti ban aja kan?? :ungg:

Nah untuk case GL, GC-nya bisa 185mm dgn ban 185/65/15, berarti struktur kaki2 n seluruh bagian bawah lebih baik donk dibanding SX4 yg cm 175mm dgn ban 205/60/16 yg lbh besar??? :e-think:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by Risol1 »

abenk80 wrote:Nah...sebenarnya jadi gmn nih system pengukuran GC yg valid? Apa diukur sampe floor...ato cm sampe titik terendah mobil...??
Kalo menurut gw sih semestinya cuma sampe titik terendah yg menggantung (gak kena tanah). Soalnya kalo diitung sampe floor, maka mobil bisa nyangkut walaupun ngelewatin gundukan yg lebih rendah dari klaim GC dari pabrikan.
abenk80 wrote:Terus juga apa setiap pabrikan menerapkan system yg sama dlm pengukurannya?.
Nah yg ini yg gw juga ragu bro.....soalnya takutnya pabrikan (dlm hal ini ATPM) disini biasanya gak peduli dengan metode baku pengukuran GC (ini gw cuma gosip ya, gak ada bukti soalnya). Kadang2 supaya terbentuk persepsi bahwa mobilnya tinggi, pabrikan nulis pake metode pengukuran yg berbeda2......bukan ngebohongin konsumen sih tapi beda aja cara ngukur GC nya.....
Misalnya kalo secara kasat mata, gw ngeliatnya Apanja lebih tinggi dari GL (GL kan modelnya spt sporty MPV kaya wish, stream gitu.....), tapi kalo menurut spec GL lebih tinggi. Entah mata gw yg salah, atau kedua pabrikan yg ngukurnya gak sama metodenya? :e-think:
GL: 185mm
Apanja S AT: 180mm
Last edited by Risol1 on Fri Nov 14, 2008 4:46, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by GTR »

kayanya pengukuran GC dari produsen itu mostly kalo kolong dilihat dari samping, bagian yg tertutup bagian roda itu tidak masuk hitungan, krn clearance tsb dianggap bisa dilintasi oleh roda dlm mobil bergerak maju/mundur.
kalo bagian kolong dilihat dari depan/belakang, akan banyak bagian yg menonjol ke bawah, tapi tidak dimasukkan krn dianggap bisa dilintasi tadi.
biasanya kolong mobil monocoque cenderung lebih "rapih"(rata) drpd ladder.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by nescafe »

nah.. kalau untuk ladder.. kira2 gimana ngukurnya? khan bertangga?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by maxx »

nescafe wrote:nah.. kalau untuk ladder.. kira2 gimana ngukurnya? khan bertangga?
dihitung dari titik terendah dari tanah
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by nescafe »

hmm..ok2.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by andy1800 »

nha kalau tanah di tengah2 mobil pd saat ngukur itu cekung ?...

halahh! pasti pada nimpukin nih..
hahhahhaa
:ngacir:

lanjuutt...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by Abu2 »

GC ini akan bermanffat lebih , jika departure angle nya besar? bener gak yah?
T-Ronx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Oct 26, 2005 8:24

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by T-Ronx »

Risol1 wrote:Nah yg ini yg gw juga ragu bro.....soalnya takutnya pabrikan (dlm hal ini ATPM) disini biasanya gak peduli dengan metode baku pengukuran GC (ini gw cuma gosip ya, gak ada bukti soalnya). Kadang2 supaya terbentuk persepsi bahwa mobilnya tinggi, pabrikan nulis pake metode pengukuran yg berbeda2......bukan ngebohongin konsumen sih tapi beda aja cara ngukur GC nya.....
Misalnya kalo secara kasat mata, gw ngeliatnya Apanja lebih tinggi dari GL (GL kan modelnya spt sporty MPV kaya wish, stream gitu.....), tapi kalo menurut spec GL lebih tinggi. Entah mata gw yg salah, atau kedua pabrikan yg ngukurnya gak sama metodenya? :e-think:
GL: 185mm
Apanja S AT: 180mm
karena Apanja RWD rigid axle, GC nya tereduksi oleh diferensial belakang dan GL FWD tidak ada rigid axle
maxx wrote: Bukankah sudah biasa toyota pinter u/ marketing campaign, coba bagaimana marketing campaign TAM kalo jualan versa / wish di indo yg juga berbasis monocoque spt sedan.. bukan truck basis yg digunakan avanza maupun innova?? ... apakah sales guide akan sampaikan roda depan nyepin di tanjakan? .. :D
Koreksi Bro Maxx XeniaAvanza Monocoque , sama seperti Rush Terios
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by billyd1773dz »

Abu2 wrote:GC ini akan bermanffat lebih , jika departure angle nya besar? bener gak yah?
benar sekali om....

percuma GC tinggi tampa sudut approch yang baik..

contohnnya SX4 bisa saja GCnya 175mm, sedangkan daihatsu taft independent hanya 165mm. anggap aja 4x2, tetep aja kemungkinan nyium aspal tetep lebih besar SX4, depannya ada bemper/bodykit yg mangkas approch angle...

soal nembus banjir, dri pada ngelihat GC atw FloorClear mending liat aja posisi air intake, distributor,altenator(kelistrikan) terus breeader transmisi dan axle. selesai..... lgi pula, itu kan banjir di aspal rata, enggak ada masalah GCnya rendah juga, asal point di atas aman aja...

lalu rigid axle GCnya lebih rendah dri independent, bisa iya dan tidak, lebih tepatnnya mungkin yg FR vs FF. klw FR mau itu independent juga tetep ada bonggolnya, dan bonggolnnya naik turun tergantung gerak suspensi yg tidak diam, lebih rawan membentur di banding rigid.karena tinggi bonggol tdk fix.

lalu taft Independent GCnya 165mm yang rigid justru 210mm.
GL bisa sja saat kosong 185mm apanja 180mm tpi klw udah d naikin, GL bonggolnnya independent turun karena beban blm lgi saat ngayun. klw apanja fix bonggolnnya diam.. pling suspensi dpan yg independent yg naik turun.

ini dia yg di sebut approch rambreak over & departure
Image
d GV
Image


dri majalah oz...


untuk mengukur GC benar sekali, dari titik terendah di mobil itu. walau misalnnya hannya 1 baut yang terlalu panjang, tpi di titk ini terendahnya, maka klw pabriknnya jujur, akan di hitung dari titik ini.

untuk meningkatkan GC, jln satu satunnya dgn mengganti ban, yang lebih besar, meninggikan suspensi tentu juga berpengaruh, ke sudut rambreak approch dan departure.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by imsus2c »

yaaaah....membahasanya jadi kemana-mana nih....tak tambahin OOT sekalian, hehehe :mrgreen:

terutama buat yg suka lewat gundukan2.... selain GC dan berbagai macam angle diatas, jarak overhang juga pengaruh loh... percuma GC tinggi, angle besar tapi overhang juga panjang...bakalan mentok juga toh? CMIIW
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by avansa »

Pokoknya Mobil punyanya Bro Imzuz GC lebih gede dari mobil sedan ,avansa dan xenia :big_weee:
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by GTR »

xeniavanza - ruster itu unibody deh.. blend/"crossover" ladder & monoc, mirip ridgeline.
kalo kita liat mobil itu dari kolong masih terlihat jelas laddernya, tapi sudah "menyatu"(ditempel) dgn body, tidak spt phanter/kijang/fortuner yg dipisahkan oleh bushing di antaranya.

nah ngomong2 crossover, sebenernya xeniavanza ini yg cocok predikat crossover daya angkut MPV & ada ketangguhan SUV kali ya drpd sx4..
Last edited by GTR on Fri Nov 14, 2008 14:31, edited 1 time in total.
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by liat2aja »

Tiap mulai musim hujan gini mulai d bt punya mobil dgn GC rendah kayak Jazz gw. Tiap begini pasti mikir pingin punya mobil 'tinggi' soalnya rmh gw tiap hujan bentar aja kaya tadi lgsg genang mulai dari 20 cm sampe seleher org kalo di luar!
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Tentang Ground Clearence mobil

Post by GTR »

yo a, lebih tepatnya Floor Clearance rendah....
kalo GC sih asal non sedan model livina sx4 avanza innova itu udah mirip2 aja.
tapi yg enak kalo Floor clearance tinggi..