PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jksc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 03, 2008 17:31

PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by jksc »

:big_peace: HI Ketemu lagi nih... :big_peace:
Buat yg uda punya KenMot (Kendaraan Bermotor gitu... :e-whistle: ) ataupun yg banyak ngerti tentang otomotif & mesin, tolong kasih masukan dong sebaiknya Mobil / Motor merek .... (isi sendiri ya...) Tipe .... (isi sendiri ya...) pake Premium Biasa atau Pertamax???
Terus klo ada kasih alasan ya kenapa pada make Premium Biasa atau Pertamax??? :ungg: :ungg:
Thanx :thanks: :thanks: ...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by maxx »

Sebaiknya mengisi bensin dg RON yg sesuai dg kompresi mesin

Rasio Kompresi >> Angka oktan >> Jenis Bensin
7:1 - 9:1 >> 88 >> Premium
9:1 - 10:1 >> 92 >> Pertamax
10:1 - 11:1 >> 95 >> Pertamax Plus

Pada mesin modern jaman sekarang biasanya sudah dilengkapi dg Anti knock/knocking sensor bekerja saat terjadi knocking, yg berarti beban mesin lagi berat shg anti knock memundurkan waktu pengapian, tp saat beban mesin ringan waktu pengapian kembali ke timing point bahkan malah maju dari timing point bila kerja mesin ringan, hal ini terjadi terus menerus secara simultan dan continue.
Pada mesin modern yg sudah ada knocing sensor (anti knocking) pemakaian oktan lebih rendah menyebabkan penurunan performa dan biasanya lebih boros dari std FC mesin, sedangkan pemakaian oktan lebih tinggi dari yg seharusnya adalah pemborosan.

U/ lengkapnya tentang RON vs Kompresi mesin bisa baca2 ke http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9350
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by doq »

motor: Blitz R 2005, pake Shell super atau pertamax.....kendaraan tersayang g bole minum yg biasa kekekekeke, palagi kompresinya 9,2:1 (klo g salah inget) n di manual book d saranin utk pk bensin ron 92 :big_peace:

mobil: Baleno'97 + APV '05, pk premium.....pengennya seh pk pertamax, tp kantongnya blom kuat euy :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by andy1800 »

setuju

A. Pmax
Sebenarnya menggunakan RON92 up tu kalau kita do the math for the operation costnya, jatuhnya akan nyaris sama dg kalau kita gunakan premium88...
(utk pergerakan lbh sering lukot, mlh lbh murah Pmax)
Dengan advantage yg bagi gw amat sangat signifikan dan amat sangat worth it:
- 'hati selalu riang' krn nggak pernah merasakan mesin yg underpowered...hehehee
- 'hati semakin lebih tenang' krn meyakini bahwa engine nya (semoga) lebih awet.

B.
Namun gw juga memaklumi, bahwa ketika kita keluarin uang buat bensin tu, ada jg faktor psikologis.
Premium88 dg harga 6000, tetep berasa lbh murah... walaupun konsekuensinya: kita akan lbh sering ngisi bensin.
itu pulalah yg membuat gw pun jg tetep masih ngisi pakai premium6000.... heueheh


note:
here, let's do a little math:
isi premium >> avg FC 1:7 >>> utk bergerak sejauh 400 km (rata2 seminggu) kita perlu 57.15 ltr >>> Rp. 343 rb
isi P92 (atau P95) >> avg FC 1:10 >>> utk bergerak sejauh 400 km (rata2 seminggu) kita perlu 40.00 ltr >>> Rp. 318 rb (P95 = Rp. 334 rb)

*) P92 = Rp 7950 .....&..... P95 = Rp 8350
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by sjamsul »

OOT neh, klo boil solar gimana yah?. :e-think: :e-think:
Barangkali ada nyang bisa kasih masukan buat ane. tengkyu.
Last edited by sjamsul on Fri Oct 24, 2008 6:24, edited 1 time in total.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by maxx »

note:
here, let's do a little math:
isi premium >> avg FC 1:7 >>> utk bergerak sejauh 400 km (rata2 seminggu) kita perlu 57.15 ltr >>> Rp. 343 rb
isi P92 (atau P95) >> avg FC 1:10 >>> utk bergerak sejauh 400 km (rata2 seminggu) kita perlu 40.00 ltr >>> Rp. 318 rb (P95 = Rp. 334 rb)

*) P92 = Rp 7950 .....&..... P95 = Rp 8350

Bener banget! ... lebih mudahnya dihit brp duit u/ mobil berjalan 1KM

dg ilustrasi yg sama dg diatas.
isi premium artinya Rp.857/KM
isi pertamax Rp. 795/KM
Bila perhitungan FC-nya tepat maka sebenarnya isi pertamax lebih ekonomis dibanding isi premium.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by Risol1 »

tapi the million dollar questionnya: Apakah pemakaian pertamax dan premium FCnya bisa beda 3km/liter?
tarolah kalo kita membandingkan dengan mobil kelas menengah (kelas CRV/Corolla/Xtrail dengan kompresi mesin di tengah2 antara 9:1-10:1).
Karena menurut saya, pemakai mobil kelas2 inilah yg paling bingung mao ngisi bensin yg mana secara:
1. Kalo u/ mobil2 dibawah kelas tsb, BIASAnya otomatis dipakein premium, begitu juga sebaliknya......
2. Kompresi mesin yg nanggung gini juga masih OK kalo dijejelin premium......
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by andy1800 »

utk kaki yg sama... yes, selisih FC nya antara 2.5 - 3.5 kmpl... i guarantee.
maslaahya tinggal: warranty dr gw itu mau dipercaya oleh byk pihak atau nggak...
kekekekee...

sedangkan yg lbh menjadi miliyen dular question buat gw adalah:
apakah rekomendasi pabrikan dlm hal besaran RON yg dibutuhkan itu selalu bisa jadi pegangan atau nggak...
dg kata lain, pertanyaanya: sebenarnya rekomendasi besaran RON tu hanya dan hanya berdasar kompresi saja kah ?
atau..... ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by Risol1 »

andy1800 wrote:utk kaki yg sama... yes, selisih FC nya antara 2.5 - 3.5 kmpl
hehehe.....ya mungkin juga sih, tapi kan itu nyobanya pake fortuner, kalo corolla/civic kemungkinan beda 3 kmpl gimana?
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by ddaru »

Saya sih buat Toyota Yaris saya skarang pake Premium ditambah octanebooster dari Dynotab seharga 12ribu per butir (per butir tulisannya buat 60 liter), tapi itu biasanya saya kasih per butir untuk tangki Yaris yang 44 liter.
Tenaganya cukuplah kalo buat dalam kota sehari-hari. Per harinya saya rata-rata pake mobil untuk 50 km. Tetep kerasa mencekik kantong kalo tiap hari pake Pertamax. Yaris saya biasa diisi Pertamax cuma kalo maw ke luar kota, tapi kalo di dalam kota selalu Premium plus Dynotab, saya ga pernah pake Premium murni. Irit-iritnya mirip-mirip, saya rata-rata dalam kota pake Premium plus Dynotab 1:11-1:12,5, dulu jaman Pertamax masih murah saya pake untuk dalem kota jatuhnya 1:11,5-1:13.
Tapi kalo luar kota saya ga pernah pake Premium. Dulu rute Jogja-Malang rekor saya 1:17 PertamaxPlus, AC on terus (kondisi mobil standar) tanpa penumpang.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by andy1800 »

Risol1 wrote:
andy1800 wrote:utk kaki yg sama... yes, selisih FC nya antara 2.5 - 3.5 kmpl
hehehe.....ya mungkin juga sih, tapi kan itu nyobanya pake fortuner, kalo corolla/civic kemungkinan beda 3 kmpl gimana?
isi di pom bensin yg Pertamaxnya bisa bikin engine menjadi dua ribu tujuh ratus cubic centimeter !
kekekekkeke....
:ngacir:

nah, dah ditambah another fact di yarisnya bro ddaru...
berandai2, kalau diisi P6000 only, nampaknya akan jadi 1:9 an.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by nescafe »

klo bokap gw, dengan perbandingan 40:60, maksudnya 40% premium + 60% pertamax plus (jadinya pertamax) karena kalau dihitung, jatuhnya lebih murah dr beli pure pertamax..
di mobil ka2 gw pertamax pure. baru2 ini jd reportnya belakangan.. :D
di mobil gw pakai premium + OB bardhal.. fc jd 1:6 sampai 1:7..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by andy1800 »

sjamsul wrote:OOT neh, klo boil solar gimana yah?. :e-think: :e-think:
Barangkali ada nyang bisa kasih masukan buat ane. tengkyu.
gw belum pernah cobain Dex atau racun2 rutinnya diesel, ..hanya LiquiMoly purging aja, juragan.

nah, nampaknya, utk diesel konvensional, FC nya nggak akan beda signifikan, bila kita pake solar dg sulfur 3500 ataupun yg 300.
padahal disisi lain, harga Dex dan kawan2 yg sekitar 10rb an ya (?) ...tentu saja selisih harganya dg diesel5500 sangatlah berasa.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by maxx »

tapi the million dollar questionnya: Apakah pemakaian pertamax dan premium FCnya bisa beda 3km/liter?

Bisa terjadi bila mesin dg kompresi 10:1 di jejelin premium, powerlossnya banyak alhasil FC lebih boros.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by ddaru »

andy1800 wrote:sedangkan yg lbh menjadi miliyen dular question buat gw adalah:
apakah rekomendasi pabrikan dlm hal besaran RON yg dibutuhkan itu selalu bisa jadi pegangan atau nggak...
dg kata lain, pertanyaanya: sebenarnya rekomendasi besaran RON tu hanya dan hanya berdasar kompresi saja kah ?
atau..... ?
Kalo menurut saya rekomendasi besaran RON yang dikeluarkan pabrikan untuk mobilnya itu memang dari kompresi.
Misalnya disebut bahwa dengan kompresi sekian, sebuah mobil membutuhkan bbm oktan 90, nah dengan memberi oktan 90 itu tenaga mobil bisa keluar dengan optimal.
Mobil sekarang udah ada knocking sensor, jadi kalo misalnya tu mobil diisi oktan 88, ga masalah, cuma tenaga mobil tidak bisa keluar dengan optimal. Kalo dipaksakan untuk mengail tenaga, hasilnya bbm yang jadi lebih boros. Simpel khan logikanya?
Karena saya pernah ngerasain bedanya Yaris full Pertamax dan Yaris full Premium, kalo akselerasi mendadak memang tenaganya beda. Kalo cuma pemakaian dalam kota yang syarat kemacetan mah ga kerasa.

Nah, kalo sebuah mobil sesuai kompresinya emang rekomendasinya pake oktan 88, mau dikasih oktan 92 ato 95 mah percuma, buang-buang duit aja, tenaga juga ga dapet.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by maxx »

ddaru wrote:
andy1800 wrote:sedangkan yg lbh menjadi miliyen dular question buat gw adalah:
apakah rekomendasi pabrikan dlm hal besaran RON yg dibutuhkan itu selalu bisa jadi pegangan atau nggak...
dg kata lain, pertanyaanya: sebenarnya rekomendasi besaran RON tu hanya dan hanya berdasar kompresi saja kah ?
atau..... ?
Kalo menurut saya rekomendasi besaran RON yang dikeluarkan pabrikan untuk mobilnya itu memang dari kompresi.
Misalnya disebut bahwa dengan kompresi sekian, sebuah mobil membutuhkan bbm oktan 90, nah dengan memberi oktan 90 itu tenaga mobil bisa keluar dengan optimal.
Mobil sekarang udah ada knocking sensor, jadi kalo misalnya tu mobil diisi oktan 88, ga masalah, cuma tenaga mobil tidak bisa keluar dengan optimal. Kalo dipaksakan untuk mengail tenaga, hasilnya bbm yang jadi lebih boros. Simpel khan logikanya?
Karena saya pernah ngerasain bedanya Yaris full Pertamax dan Yaris full Premium, kalo akselerasi mendadak memang tenaganya beda. Kalo cuma pemakaian dalam kota yang syarat kemacetan mah ga kerasa.

Nah, kalo sebuah mobil sesuai kompresinya emang rekomendasinya pake oktan 88, mau dikasih oktan 92 ato 95 mah percuma, buang-buang duit aja, tenaga juga ga dapet.
Bettttuullll... :frm_tumbright:
itu yg sudah gw coba jelaskan di http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9350
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by nescafe »

tp sepertinya, rata2 mobil sekarang berkompresi tinggi, sehingga membutuhkan pertamax... or more...

@andy1800: bisa dijadikan pegangan atau tidak? balik lg kepada diri sendiri sebagai pengguna kendaraan bermotor, apakah menurut anda rekomendasi RON yg diberikan oleh pabrikan sdh match untuk dijadikan suatu pegangan?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by ddaru »

nescafe wrote:tp sepertinya, rata2 mobil sekarang berkompresi tinggi, sehingga membutuhkan pertamax... or more...

@andy1800: bisa dijadikan pegangan atau tidak? balik lg kepada diri sendiri sebagai pengguna kendaraan bermotor, apakah menurut anda rekomendasi RON yg diberikan oleh pabrikan sdh match untuk dijadikan suatu pegangan?
Menurut saya, rekomendasi RON dari pabrikan (harusnya) bisa jadi pegangan, pegangan seberapa tinggi RON yang dibutuhkan mobil agar tenaganya keluar optimal. Mobil sekarang yang udah pake knocking sensor ga bakal jebol dikasih Premium, kalaupun jebol pasti dalam jangka waktu yang sangat lama. Jadi sbenernya dikasih Premium juga ga masalah, cuma khan jadi tau, oh mobil saya rekomendasinya pake oktan 90, trus kalo misalnya kita isi Premium jangan harap tenaganya bisa keluar optimal.

Trus rata-rata mobil menengah kebawah macem Vios/Yaris/Altis paling-paling minta RON 90. Dikasi Pertamax aja dah berlebih tu, kalo diisi Premium ditambah octanebooster jatuhnya bisa deket-deket sama rekomendasinya (walaupun biasanya tetap dibawahnya). Hasilnya skarang kalo diliat di pom bensin, banyak pemilik Yaris (yang ga gila kecepatan) pada ngisi Premium semua. Ga masalah. Untuk mobil kelas menengah kebawah gitu masih wajarlah ngisi premium. Tapi kalo mobil kita tergolong mewah tapi kompresi sebenernya mirip-mirip Yaris (Toyota Harrier misalnya), masak kita ga malu di pom bensin tetep ngisi Premium? Akhirnya udah bukan masalah mesin lagi, tapi masalah etika.

Skarang ini mobil-mobil yang minta bensin dengan RON diatas 92 biasanya harganya diatas 350jeti & dihadapan orang-orang emang secara etika juga udah ga pantes ngisi premium. Harga dibawah 350juta itu mah jarang yang minta oktan setinggi itu.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by andy1800 »

jadi masalah utamanya di etika nih ?
hehehe... bisa lbh panjang lg urusannya nih...
(octane booster yg tidak mahal, tp bener2 bisa nge-boost RON tuh hampir pasti komponen utamanya adalah timbal... jd secara etika lingkungan, nampaknya jg jadi kurang etis loh...heheee).

anyway,
maksudnya, ingin tau, apakah ada buku manual yg menyebutkan, misalnya:
merekomendasikan RON88 ...pdhal mesin baru, let's say kompresinya 1 : 9.65
(manual mobil apa saja ya, yg jg menyebutkan rasio kompresi dlm spec nya ?)
kalau memang semua buku manual gak ada yg "salah ketik" begtu, ya sukurlah.

kalau omongan sales sih (utk menarik minat calon konsumen 'premium'), memang byk yg melenceng dr buku manual:
misalnya manual nulis RON90...sdgkan salesman nya bilang: mobilnya diisi premium saja mbak !
heheh..


sedangkan pertanyaan yg akan gw jawab sendiri, adlah:...:mrgreen: kekekekee
apakah besaran RON hanya tergantung dr kompresi?... gw simpulkan saja jawabnya: ya
dg logika hubungan atara kepadatan kompress (Psi) dg titik ledak BBM.
ya, memang hanya itu saja yg berhubungan....kecuali kalau kompresinya sudah bocor sejak dr pabrik ...heuhehee
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by sjamsul »

andy1800 wrote:
sjamsul wrote:OOT neh, klo boil solar gimana yah?. :e-think: :e-think:
Barangkali ada nyang bisa kasih masukan buat ane. tengkyu.
gw belum pernah cobain Dex atau racun2 rutinnya diesel, ..hanya LiquiMoly purging aja, juragan.

nah, nampaknya, utk diesel konvensional, FC nya nggak akan beda signifikan, bila kita pake solar dg sulfur 3500 ataupun yg 300.
padahal disisi lain, harga Dex dan kawan2 yg sekitar 10rb an ya (?) ...tentu saja selisih harganya dg diesel5500 sangatlah berasa.
so ane pilih solar biasa aja dah, lebih ekonomis..... :big_peace:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by Risol1 »

andy1800 wrote:jadi maksudnya, ingin tau, apakah ada buku manual yg menyebutkan, misalnya:
merekomendasikan RON88 ...pdhal mesin baru, let's say kompresinya 1 : 9.65
(manual mobil apa saja ya, yg jg menyebutkan rasio kompresi dlm spec nya ?)
kalau memang semua buku manual gak ada yg "salah ketik" begtu, ya sukurlah.

kalau omongan sales sih (utk menarik minat calon konsumen 'premium'), memang byk yg melenceng dr buku manual:
misalnya manual nulis RON90...sdgkan salesman nya bilang: mobilnya diisi premium saja mbak !
heheh..
Biasanya kalo buku manual gak "bohong" atau kasi pernyataan yg misleading. Makanya banyak orang yg walaupun sales mobil bilang boleh premium, tetep berpatokan pada buku manual kalo mo isi bensin
jksc
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Oct 03, 2008 17:31

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by jksc »

maxx wrote:Sebaiknya mengisi bensin dg RON yg sesuai dg kompresi mesin

Rasio Kompresi >> Angka oktan >> Jenis Bensin
7:1 - 9:1 >> 88 >> Premium
9:1 - 10:1 >> 92 >> Pertamax
10:1 - 11:1 >> 95 >> Pertamax Plus
Bro klo GL 1,5 dan 1,8 Raiso Kompresinya brapa???
Thanx (^.^)
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by andy1800 »

Risol1 wrote:Biasanya kalo buku manual gak "bohong"...
.....tetep berpatokan pada buku manual kalo mo isi bensin
siaaaaaap !!!
:off_ladies:


@jksc
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 785#p97785
maxx wrote: Yg gw baca .. lupa link-nya, tp bisa gw cari lagi linknya kalo memang perlu dibuktikan

Kompresi <9 -> Premium (RON 88)
Kompresi 9-10 -> Pertamax (RON 92)
Kompresi 10-11 -> Pertamax Plus (RON 95)

Dilihat dari kompresi mesin GL HR15DE (1.5L) 10.5:1 harusnya pakai Pertamax Plus dan mesin GL MR18DE (1.8L) kompresinya 9.9:1 harusnya pakai Pertamax.
Alexander wrote:......bahan bakar untuk GL 1.5, Mengingat kompresi GL 1.5 adalah 10,2 : 1 ........
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by maxx »

jksc wrote:
maxx wrote:Sebaiknya mengisi bensin dg RON yg sesuai dg kompresi mesin

Rasio Kompresi >> Angka oktan >> Jenis Bensin
7:1 - 9:1 >> 88 >> Premium
9:1 - 10:1 >> 92 >> Pertamax
10:1 - 11:1 >> 95 >> Pertamax Plus
Bro klo GL 1,5 dan 1,8 Raiso Kompresinya brapa???
Thanx (^.^)
GL 1.5 >> 10.5:1 >> Pertamax+
GL 1.8 >> 9.9:1 >> Pertamax

Tapi kalo u/ dalkot jakarta yg sering macet & ga perlu performa mesin yg full >> pakai premium sdh cukup, tapi agar FC tidak jauh berbeda dg FC saat pakai pertamax, kaki2 harus belajar u/ eco-drive.
Soal cara sederhana u/ irit bbm dan eco-drive sudah ada milis i-LOC >> di http://autos.groups.yahoo.com/group/i-LOC/files
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
FortunerMan

Re: PAKE PREMIUM BIASA ATAU PERTAMAX...

Post by FortunerMan »

Tapi di manual Fortuner kayanya gak ada dibilang mesti RON berapa...cuman Unleaded aja. Apa gue kelewat bacanya aja? Males baca huahahahahahaha...