SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 31 Oct 2014, 10:59

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 26 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 17 Sep 2008, 13:30 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 17 Sep 2008, 11:55
Posts: 5
Dear SMers, pertama tama salam kenal dulu buat teman teman disini. Dah lama sering baca2 akhirnya tertarik juga untuk gabung. Mudah2an postnya tidak redundant. Kalo redundant silahkan dihapus.

BTW, saya sedang process beli mobil nih dan rencana beli Fortuner. Kemaren2 sih udah mantep mau indent yang facelift 2008. Tapi berhubung indent sekarang makan waktu kira2 2 bulan, ditambah tadi liat2 iklan ada beberapa yang second dan harga relatif miring, maka saya jadi ragu nih apa worth it tidak untuk beli Fortuner yang baru dan nunggu 2 bulan. Kalopun beli yang 2nd, saya juga bingung belinya yang tahun berapa ?

Perbandingannya kira kira begini bro :
- Fortuner G Lux Facelift 2008 - 353.8 jt
- Fortuner G Lux 2007 - KM 7000 - 315 jt
- Fortuner G Lux 2006 - KM 15.000 - 285 jt

Mohon bantuan opininya dong bro, apakah worth it untuk beli Fortie baru dengan Minor Change seperti itu ? Atau apakah mending beli yang 2nd saja ? kalau 2nd, pertimbangannya apa aja sih Bro ? Kalo saya mikirnya 2nd is okay karena at least masih tercover sama standard warranty toyota (3 years/30.000 km). Apakah ada complain dengan Fortuner yang sudah 1-2 taun ? Apakah stock mobil bekas lebih banyak setelah lebaran ? Gimana perbedaan harganya antara sekarang dan setelah lebaran.

Mohon masukannya bro. Pengen cepet2 juga nih bro ngerasain Fortie, kalau ngeliat di jalan mata dah melotot mulu nih. Saya kebetulan baru relocate ke Indonesia dan kayanya ini mobil cocok banget buat jalan di Jakarta. Dulu saya pake Honda Pilot yang mungkin sekelas dengan Fortie ini. Sayaang Honda Pilot tidak masuk di Indonesia.

Terima kasih untuk masukannya.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Sep 2008, 14:47 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
welcome to SM bro
kopi :beer: tubruk


tidak bisa dipungkiri, utk beli mobil kelas sekitar 300 jtan, ke atas, ...yg lbh dominan melandasinya adalah gengsi atau kepuasan hati.
kalau dihubungkan dg hitungan, antara 2006/2005 dg yg facelift, selisihnya adalah 70 jtan.

kalau membacanya (memparanormalinya),
nampaknya bro dendre sebenarnya lbh condong (demi memenuhi kepuasan hati), ingin fortie yg baru, dan sudah siap dg selisih harga itu...
cuma, nggak rela aja menunggu indent 2 bulan... atau, belum cukup sabar utk itu.

then, permasalahannya, bukan worth it atau tidak.... tapi, lebih kepada: bagaimana caranya mensiasati hati, spy bisa sabar.
my advise, then : turuti kata hati itu... re-mantabkan kembali..... dan cari cara utk sabar... sementara, 2 bulan ini bisa "pinjem" (misalnya) Jazz bekas dulu.


n.b. (tp ini nggak ada relevansinya).
sebenarnya gw nggak setuju dg pendapat bro dendre yg mengemukakan:
"kayanya ini mobil cocok banget buat jalan (sehari-hari, rutinitas, nyetir sendiri) di Jakarta".
kecuali yg dimaksud adalah bukan spt itu.

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Sep 2008, 16:57 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 25 Dec 2004, 15:07
Posts: 53
Location: duri
kalo bekas, sekalian ambil v aja. tapi kalo mau baru tapi stok lama (belum facelift) coba aja call sales yg pasang iklan di mallmobil.com
saya dapat 1 tuh G 2.5, mayan 280jt (after diskon 5 jt) dan gak perlu indent dan sesuai budget. facelift 297.7jt beda banyak bro. selisih bisa buat upgrade / modif mesin biar lebih powerful.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Sep 2008, 17:04 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
Dua bulan nggak lama bro,kalau cuman masalah waktu aja,kita juga nggak di repotkan dengan bea balik nama.dan bisa juga belon pakai setahun udah bayar pajak,kita tengok juga faceliftnya ekstrim apa enggak ,maksud saya benar benar beda atau enggak tampilan body Forty dengan sebelonya.
kalau saya ngitungnya gini.facelit ama yang baru gini, beda kotor 38.8 jety
So yang namanya bekas kita harus be balik nama,kisaran 3 jety,yah kalau yang punya mobilnya cuman satu kalau lebih dari lima kita nanggung pajak progesifnya.
Trus mungkin saja belon setahun kita bayar pajak yang besarnya mungkin di atas 5 jety maklum boil mewah.


Tapi kalau pertimbanganya dana second bisa jadi pilihan, secondya masih kisaran 1 atau dua tahun untuk barang kan masih garansi,

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Sep 2008, 18:11 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Posts: 1449
Location: in the globe
Ikutan menyimak dan memberi masukan:

In my worthless opinion,kok saya lbh cenderung membeli Forty baru dg face lift.
Dasar pertimbangannya begini:

* Masalah uang:
Klo kita sudah berani keluar uang 300jt atau di atas 250juta,hell itu jumlah yg sudah sangat besar,rasanya 'sayang' klo utk membeli unit second hand....
Selisih 38juta dg unit second rasanya gak terlalu signifikan(again) nengoknya ke angka 300jt tadi.Kalo unit mobilnya dibawah 200juta,okelah 38juta tentu jumlah yg cukup signifikan thd harga mobil yg di bwh 200jt...

* Ada rasa kepuasan tersendiri dg unit yg masih gres berbungkus plastik pabrik...
hmmm that typical smell.........................

* Unit second,walaupun mulus dan iklannya bilang;seperti mobil baru:tetaplah unit second,yg tetap punya 'resiko',wong namanya jg mobil pernah dipakai sekian ribu kilo....

Terkait waktu tunggu 2bulan,bisa disiasati dg:
Bisa cari alternatif lain(dealer di tempat lain)siapa tau mereka punya ready stock.
Alternatif lain:upping price klo memang udah kebelet.... :mrgreen:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Sep 2008, 18:23 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 23 Mar 2006, 11:10
Posts: 481
harga bekasnya fortuner lumayan bagus ya, jatuhnya ga terlalu banyak.
kalo saya sih, ambil baru. percuma kalo selisihnya cuma segitu.
fortuner facelift harganya naik agak banyak sih.

jadi mikir2 3jt buat facelift exterior (lampu depan belakang + grill)
worth it ga ya? :)

_________________
my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Sep 2008, 18:46 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 17 Sep 2008, 11:55
Posts: 5
Bro, terima kasih untuk masukan2nya yang berharga, terutama masalah pajak karena saya belum mengerti sistem pajak dllnya. Tentu akan menjadi pertimbangan juga. Saya memang dari awal2 lebih cenderung kepingin beli yang baru, tetapi banyak teman2 yang berpendapat kalo Faceliftnya hanya minor change dan tidak significant and its not worth the upgrade. Dan seperti kata bro Abi, lumayan juga selisih harga baru/bekas bisa dipakai untuk modifikasi. Harga baru vs bekas sebetulnya tidak menjadi masalah karena dari awal sudah membudgetkan untuk Fortie yang baru , masalahnya sebetulnya hanya pingin cepet2 menikmati Fortie-nya, kemudian ditambah selisih harga menjadikan beli yang used menjadi preferred option juga.

Bro Andy :
sebenarnya gw nggak setuju dg pendapat bro dendre yg mengemukakan:
"kayanya ini mobil cocok banget buat jalan (sehari-hari, rutinitas, nyetir sendiri) di Jakarta".
kecuali yg dimaksud adalah bukan spt itu.

Betul banget bro, maksud gue cocoknya dalam arti ketenangan batin nyetir sehari hari lawan taksi, metromini dll. Karena biasa mobil besar dan di jalanan yang lapang, gue nyetir sedan betul betul paranoid di Jakarta. Dari segi efficiency memang tidak cocok, tp yang penting hati tenang bro....hehe.

Ditunggu kalo ada masukan masukan yang lainnya.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 18 Sep 2008, 01:20 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5870
gw seh tergantung duitnya:
1. Kalo udah dah gak masalah sama sekali (gak ada sayang2nya buang duit), mending ambil baru
2. Kalo uang 74 jt (jauh banget sih bedanya) masih sangat berharga, gw mending ambil yg thn 2006.
dengan alesan:
- Uang 74 jt itu cukup besar untuk mobil yg sepintas hampir sama. Dgn catatan harga yg 2006 285 jt itukan belum ditawar, mungkin kalo nawarnya jago bisa dapet sekitar 280jt pas (jadi beda kurang lebih 74 juta)
- Mobilnya cuma minor facelift, rasanya pasti sama persis karena mesin sama, interior sama, cuma beda sedikit options.
- Model yg lama masih keliatan gagah
- Kalo dihitung2, fortuner mulai dijual sekitar 2005, berarti umur udah ampir 4 tahun, biasanya kijang ganti model setiap 6-7 tahun sekali. Berarti umur fortuner model sekarang bisa diprediksi tinggal sekitar 2-3 tahun lagi paling lama sebelum ALL NEW FORTUNER baru muncul. Kalo mao beli baru mending beli yg model ini, umur lifespannya masih lama. Nah kalo fortuner lama mo dijual buat nombokkin beli Fort baru, harga gak terlalu jatuh karena beli bekas. (intinya 3 tahun lagi, apakah beda harga bekasnya fort 06 dan 08 beda 74 jt?)
- Yg tahun 2006 Km baru 15000, artinya rata2 pake cuma 7500 per tahun (mobil simpenan), biasanya kondisinya masih bagus. Asal harus dipastikan bukan di rollback tu odometernya
- memang sih kalo mobil bekas kita gak tau gimana perawatan pemilik sebelomnya, tapi sekali lagi ini mobil merek Toyota yang terkenal dengan ketidak-rewelannya, jadi walaupun pemilik sebelumnya gak gitu ngerawat, sy masih lebih yakin dibanding beli BMW bekas.

Sekali lagi ini adalah pendapat pribadi aja. Soalnya bedanya cukup jauh. Kalo mo beli Avanza sih gw langsung saranin beli baru aja.....hehehe.....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Sep 2008, 20:17 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
Wah kalau udah ke masalh itung itungngan dagang..aku juga tambahin neh..dari selisih facelit 08 dengan yang 05/06 udah dapet 74 jeti..kalau faceliftnya cuman minor,sebenarnya TAM itu Naikin Harga karena hasga bahan pada naik, nah kasih bonus oerubahan interior (minor change)
kembali ke angka .udah dapet 74 jeti
nah kita kembali ke masa lampau,dulu Forti tahun 2005/2006 harga di kisaran 295 untuk versi 2.7G A/T 4x2 dan di harga 307 untuk versi 2.7 g Luxury A/T dan untuk 2.7 V A/T 4x4 353 jet
dan sekarang harga sekondya untuk tipe Fortuner G Lux 2006 - KM 15.000 - 285 jt
dapet selisih 10 jety .jadi dapet deh angka 84 jeti(74 +10 jet) bisa untuk jalan jalan ke Mall..buat uang saku dan sebagainya

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Sep 2008, 23:29 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 02 Mar 2007, 21:05
Posts: 11146
Location: Indonesia
Ambil baru aja yg 4x4 bro, drpada nyesel punya SUV kokoh tapi banci kaya saya...

_________________
The Ultimate Driving Machine
CATCH IT IN MOTION. IF YOU CAN.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Sep 2008, 23:30 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5870
Bos sori nih gw engga ngerti itungan 84 juta itu dari mana?
abis itu 10 jt juga dapetnya dari mana?

Intinya sih yg untung pembeli pertama karena mobil fortuner 2006 nya cuma terdepresiasi 307-285 = 22 juta (atau 27 juta kalo bisa ditawar sampe 280 jt per-asumsi gw kemaren).
Depresiasi 22 juta itu artinya engga nyampe 10% dalam 2 tahun.
Emang enak kalo beli mobil2 merek "kacang goreng" kaya toyota, honda, suzuki, nissan, dkk.....depresiasinya termasuk kecil dibanding merek lain. Tapi juga musti diingat bahwa strategi toyota/honda/dll yg naikin harga terus juga mendongkrak resale value.

Jadi walaupun kelihatannya depresiasi cuma 22 juta, tapi buying power kita tetep menurun sebanyak 70 jt karena tetep aja kalo mao ambil fortuner baru musti merogoh kocek 70an juta.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Sep 2008, 23:46 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
Risol1 wrote:
Tapi juga musti diingat bahwa strategi toyota/honda/dll yg naikin harga terus juga mendongkrak resale value.
Jadi walaupun kelihatannya depresiasi cuma 22 juta, tapi buying power kita tetep menurun sebanyak 70 jt karena tetep aja kalo mao ambil fortuner baru musti merogoh kocek 70an juta.

that's what we call it: the art of marketing...
and then it means: "profit taking"

thank to god for making human equipped with sifat manusiawi: the gengsi dan kepuasan hati...., and they absolutely create: "demand".
:e-whistle:

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2008, 02:37 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 May 2008, 21:47
Posts: 2530
kalo budget nya ok, beli yg baru aja. Mana2 baru dibandingin ke bekas, pasti baru lah.
Pertimbangan beli 2nd:
7000km, tanya kenapa dijual? klo krn ganti mobil lain atau b u, bosen, biasanya mobilnya masih mulus.
15rbkm, periksa kaki2, rem, kopling (klo manual), kolong mobil.

klo biasanya honda pilot, cari harrier 2.4 bekas aja. Atau lcruiser vx80 '97 dijamin tangguh, fortuner mah ciut disampingin sama ini.
klo memang budget 350jtan, mendingan navara atau captiva saja. fortuner bensin 2.7 dan diesel nya bencong.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2008, 03:14 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5870
roadtrain99 wrote:
klo biasanya honda pilot, cari harrier 2.4 bekas aja. Atau lcruiser vx80 '97 dijamin tangguh, fortuner mah ciut disampingin sama ini.
klo memang budget 350jtan, mendingan navara atau captiva saja. fortuner bensin 2.7 dan diesel nya bencong.


Pilot sama Fortuner sebenernya lebih tangguh Fortuner.
Pilot = monokok/unibody, fortuner = body on frame kaya land cruiser
Juga pilot itu standardnya FF, optionalnya AWD (Full time All wheel)
Kalo fortuner: FR, optionalnya 4WD (part time) persis TLC VX80

Kalo mao persis berasa kaya pilot sih emang bener ambil harrier (monokok, FF) atau Captiva (Monokok, FF)

Kalo ngadu di offroad, pilot rasanya kalah dengan fortuner


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2008, 10:22 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
Risol1 wrote:
Kalo fortuner: FR, optionalnya 4WD (part time)
koreksi dikit coy.....meskipun ini bukanlah (gak ada relevansinya dg) pokok bahasan utama....:mrgreen:
refers to AB Ina edisi 140, halaman 24-25

Fortie, 4 WD nya Full Time (Permanent).
tuasnya nggak ada yg utk men-engage-disengage si double gardan.

posisi tuasnya: H, HL, N, LL
N utk mentralkan transfer case.... yaitu los sama sekali. gak ada power driving ke roda, baik front maupun rear...(entah apa gunanya ini, kalau nggak ada PTO.. power take off). ... :e-think:

H disini bukan utk melepas power-driving yg ke roda depan (bukan spt 2H pd jip lawas) ... tp utk 4WD yg paling "ece-ece" utk dipergunakan sehari2 di jalan raya, yaitu distribusi 40% front & 60% rear.

HL berarti distribusi 50 -50 utk depan-belakang...tp masih dg gear-ratio yg "biasa saja" (yaitu gear ratio yg masih sama dg H...ini spt tuas 4H kalau di jip lawas)..... dimasukin ke posisi HL begini, sekaligus otomatis me-nonaktifkan LSD dan Torque Sensing (semacam traction control, yg men-sensing traction-loss antara roda kiri-kanan, lalu men-distribute demi kesetimbangan).

LL, barulah ini main gear ratio yg Low, spt biasanya 4WD lawas pd tuas posisi 4L.

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2008, 11:26 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5870
andy1800 wrote:
koreksi dikit coy.....meskipun ini bukanlah (gak ada relevansinya dg) pokok bahasan utama....:mrgreen:
refers to AB Ina edisi 140, halaman 24-25.

Ooh gitu ya bos. Thanks infonya.
Berarti Fortuner tetep full time 4wd tapi ada gear selectornya buat 4L gitu ya? Kenapa gak dibikin part time aja ya supaya lebih irit?
Soalnya gw liat Fortuner 4WD punya tongkat persneling di sebelah tuas ATnya, jadinya gw pikir part time 4WD kaya LC.

Itu ngomong2 bos Andy referensi-nya ke majalah AB atau ke garasi rumah? huehueheuheu........


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2008, 13:09 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
^^^

iya nih...back to topic..

kayaknya TS ni bikin aduannya agak "unik", 2 barang dengan 1 tipe/produsen cuman beda beberapa bulan (1 tahun deh), lebih layak manakah? Yg baru or "agak baru"? Jadi kita di prespektif konsumen Indonesia agak kesulitan menjawabnya dan lebih kearah argumen opini subjektif.

Bagusan kalo barang baru diadunya ma barang lama ya paling ga yg barang lamanya tu 1-2 kelas diatasnya barang baru tsb, dengan harga beli yg relatif seimbang ....CMIIW

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2008, 13:13 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
andy1800 wrote:
Risol1 wrote:
Kalo fortuner: FR, optionalnya 4WD (part time)
koreksi dikit coy.....meskipun ini bukanlah (gak ada relevansinya dg) pokok bahasan utama....:mrgreen:
refers to AB Ina edisi 140, halaman 24-25

Fortie, 4 WD nya Full Time (Permanent).
tuasnya nggak ada yg utk men-engage-disengage si double gardan.

posisi tuasnya: H, HL, N, LL
N utk mentralkan transfer case.... yaitu los sama sekali. gak ada power driving ke roda, baik front maupun rear...(entah apa gunanya ini, kalau nggak ada PTO.. power take off). ... :e-think:

H disini bukan utk melepas power-driving yg ke roda depan (bukan spt 2H pd jip lawas) ... tp utk 4WD yg paling "ece-ece" utk dipergunakan sehari2 di jalan raya, yaitu distribusi 40% front & 60% rear.

HL berarti distribusi 50 -50 utk depan-belakang...tp masih dg gear-ratio yg "biasa saja" (yaitu gear ratio yg masih sama dg H...ini spt tuas 4H kalau di jip lawas)..... dimasukin ke posisi HL begini, sekaligus otomatis me-nonaktifkan LSD dan Torque Sensing (semacam traction control, yg men-sensing traction-loss antara roda kiri-kanan, lalu men-distribute demi kesetimbangan).

LL, barulah ini main gear ratio yg Low, spt biasanya 4WD lawas pd tuas posisi 4L.



emang kok om....bener-bener ga ada relevansinya dengan topic ini hehehehe.... :ngacir:

ni dari tulisan TS-nya sendiri:
dendre wrote:
Saya kebetulan baru relocate ke Indonesia dan kayanya ini mobil cocok banget buat jalan di Jakarta.


kecuali jalanan di jakarta ada ruas jalan yg emang bener - bener butuh penggerak 4x4

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2008, 21:55 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
FortunerMan wrote:
Ambil baru aja yg 4x4 bro, drpada nyesel punya SUV kokoh tapi banci kaya saya...

Lah ini ada pemakai Forty....yang banci orangya atau mobilnya...?
Bro Risol itunga 84 jeti itu dari 74 jeti selisih harga baru dengan harga sekond 2006
dan 10 jeti dari depresiasi mobil sekend,,itu menurut itungan saya :e-dance:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Sep 2008, 02:42 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 02 Mar 2007, 21:05
Posts: 11146
Location: Indonesia
avansa wrote:
FortunerMan wrote:
Ambil baru aja yg 4x4 bro, drpada nyesel punya SUV kokoh tapi banci kaya saya...

Lah ini ada pemakai Forty....yang banci orangya atau mobilnya...?
Bro Risol itunga 84 jeti itu dari 74 jeti selisih harga baru dengan harga sekond 2006
dan 10 jeti dari depresiasi mobil sekend,,itu menurut itungan saya :e-dance:


Hi hi...kalimatnya membingungkan ya :) maap. Maksudnya saya nyesel juga pernah stuck di lumpur di Bali...jadi menyesal nggak ambil yang 4WD.

Saya setuju bro Risol, beli bekas OK beli baru juga OK...tergantung dana aja. Fortuner bekas (saya udah pake 40,000 km dalam 1.5 tahun)...masih mantap2 aja.

_________________
The Ultimate Driving Machine
CATCH IT IN MOTION. IF YOU CAN.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Sep 2008, 14:33 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 06 Jul 2006, 16:36
Posts: 327
biar gimana depresiasi di thn pertama ttp yg paling besar sih..
pengalaman pribadi, April 2007, gue beli Fortuner G Lux 4 x 2 keluaran Maret 2006 (tggl STNK), km waktu itu udh nyaris 20 rb,gue beli 290 jt berikut asuransi (yg masih ada sisa 11 bulan dr pemilik sblmnya), tp buku servis, owner's manual, kunci serep semua komplit, juga punya service record yg jelas and gak palsu (gue cek dulu ke Auto 2000 sblm bayar lunas)..
skrg, brp harga pasarannya? around 280 jt...berarti depresiasi cuma 10 jt setahun (very small IMO)..
and selama 1 thn lbh pk nih boil, gue puasss bgt...krn gak pernah ada problem (cuma pernah ganti aki aja bulan Mei 2008, which I think, is normal), and gue lanjutin servis rutin sesuai aturan dr pabrikan...
so the point is, kl depresiasi jd main concern and gak fanatik dng mobil yg harus baru/fresh from the oven, kl gue sih mending cari boil second yg umurnya 1 thn and punya service record yg komplit.
so menjawab pertanyaan TS, gue bakal beli yg thn 2006/2007, pk 1 thn, thn 2009 jual lagi and beli yg second thn 2008 (facelift)

o iya, sekalian bantu iklan, anak ID42ner ada yg nawarin upgrade dr model lama ke facelift "cuma" dng 3 jt (depan blkg aja, interior enggak), and gue udh pesen tempat tuh...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Sep 2008, 15:11 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
plasworld88 wrote:
so the point is, kl depresiasi jd main concern and gak fanatik dng mobil yg harus baru/fresh from the oven, kl gue sih mending cari boil second yg umurnya 1 thn and punya service record yg komplit.
so menjawab pertanyaan TS, gue bakal beli yg thn 2006/2007, pk 1 thn, thn 2009 jual lagi and beli yg second thn 2008 (facelift)

yak, setuju... thats the point.
jadi, memang sangat perlu diketahui (kita perlu benar2 mengenali diri kira sendiri), ttg hal yg sangat kita inginkan... antara:
- menikmati mobil as is ..., atau
- menikmati mobil sbg suatu bentuk aktualisasi gengsi ...(utk beberapa org tertentu dan situasi tertentu, hal ini bisa menjadi prioritas cukup tinggi, ....dan tidak ada yg salah dg itu..., selama dia mampu dan tdk merugikan org lain).

cuma masalahnya (sebenarnya bukan masalah siiih...hehehee)
kalau saat kita mau beli mobil tu tidak sedang muncul faceliftnya,. maka cara bertimbang & berhitungnya bisa menjadi jauh lbh sederhana itu, spt itu.
tapi, bila moment nya spt saat skrg ini, nampaknya itu menjadi cukup membimbangkan (bagi TS), ..yaitu persis pas muncul versi faceliftnya.

dan oleh krn itu, IMO, yg perlu kira lakukan disini, titik beratnya bukanlah hal-ihwal mobilnya,...tp lbh kepada membantu TS utk lebih mengenali: apa yg benar2 menjadi keinginnannya.
thats why gw setuju dg the point yg dikemukakan bro plas88 tsb.



anyway,
sedikit tambahan, "kerugian" yg perlu ditambahkan ke dalam nominal 10 jt depresiasi itu adlah biaya balik nama (meskipun bs disiasati dg tembak KTP).

btw, cukup murah juga ya, dg 3jt udah dapat projector headlamp...once again, 3 jt dah termasuk dpt projector loh (pdhal dulunya utk angel eyes aja harganya bs lbh dr itu)... lalu grille (pdhal dulunya grill aftermarket mahal2 bener)... plus tail light (memang di model facelift nampak lbh serasi dg lining buritan, dg warna putih bening yg lbh tegas/kontras..bukan spt sebelumnya yg warna agak2 amber gitu).

gw sarankan, bagi yg masih blm puas dg 3jt itu, krn masih nampak "bolong" faceliftnya kalau blm ganti velg yg msh 16-chrome/polished ...... maka, nanti ganti velg nya jgn pake standar 17" facelift...tp ganti yg aftermarket aja sekalian...toh, tanggung mahalnya (kan hitung jg plus bannya)... huehehe.
tp nampaknya (apa seolah2 doang ?) teromolnya (rear brake) jg agak beda ukuran gedenya ya ?

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Sep 2008, 15:02 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 02 Mar 2007, 21:05
Posts: 11146
Location: Indonesia
Liat ini dulu bro....pasti ngiler dah ama New Fortuner http://www.youtube.com/watch?v=dOWMN7ep ... re=related

_________________
The Ultimate Driving Machine
CATCH IT IN MOTION. IF YOU CAN.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Sep 2008, 21:43 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Mar 2004, 00:59
Posts: 1449
Location: in the globe
FortunerMan wrote:
Liat ini dulu bro....pasti ngiler dah ama New Fortuner http://www.youtube.com/watch?v=dOWMN7ep ... re=related


Asli keren bgt New Fortunernya....

sayang cuma bisa ngiler belum bisa nebus unitnya................. :mrgreen:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Sep 2008, 22:39 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Jul 2007, 11:21
Posts: 5870
andy1800 wrote:
tp nampaknya (apa seolah2 doang ?) teromolnya (rear brake) jg agak beda ukuran gedenya ya ?

Boleh tarohan nih, bos Andy pas lagi ngetik kalimat diatas bolak balik terusss ke garasi rumah ngukurin tu rem tromolnya.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 26 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 25 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com