Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
y_anjasrana wrote:Yang ga boleh itu ganti ban sebelah aja, atau kiri atau kanan aja. Kalu depan or belakang mah ga masalah. Mau beda merk or beda ukuran sih juga ga begitu masalah. Yg penting kiri-kanan jangan sampe beda aja.
Lebih parah lagi kalu dibiarin bolong, alias ga ada bannya. Hehehe....
stuju sama bro,
kl ganti ban yg penting pasangan, depan kiri kanan ato belakang kiri kanan
kl mobilnya FF yah ban baru taro di depan 1 set, kl mobilnya FR yah ban barunya taro di blkg 1 set
aerio g begt gantinya dua dua ga masalah kok
krn mobil FF pasti ban depannya cepet abis dluan dari pada blkg and pada umumnya kl mo irit misalnya ban depan uda mulai tipis, kl masi bs pake, ban blkg yg masi tebel dipindah ke depan jadi masi bisa pake, nunggu ampe empatnya uda mulai tipis nah baru lgs ganti empat2nya, biasa seh g gtuin aerio g and ga ada masalah at all bro
gioprivatemove wrote:Kalau menurut gw sih taro di depan.
Karena kita butuh setir dan pengendalian yang bagus, kalau grip roda depan kurang, otomatis kalau mau zigzag akan berkurang gripnya. Lagipula misalnya ban depan yang pecah, jelas kita sama sekali sulit untuk kontrol stirnya, apalagi dalam kecepatan tinggi. Sedangkan seandinya roda belakang yang pecah, pasti kita akan lebih mudah mengendalikannya.
Kalau ban depan botak, biasanya akan menimbulkan efek understeer, sedangkan kalau ban belakang yang botak, yang akan terjadi itu oversteer. Oversteer itu jauh lebih mudah dikendalikan. tinggal membelokkan stir searah dgn body roll. kalau understeer, harus injak rem dgn sistem kocok.
imho asumsi itu g seluruhnya benar....baik roda depan ataupun belakang klo sampe pecah pastilah celaka.....apalagi pd saat kecepatan tinggi, logikanya pd saat ban pecah tentu pengemudi kaget setengah mati n langsung berusaha mengendalikan laju kendaraan........justru klo yg pecah ban depan bisa2 lebih berabe.....soalnya secara otomatis steering akan menarik ke satu sisi....n bisa2 terbalik itu mobil.
klo masalah oversteer or understeer lebih mudah d kendalikan, itu balik lg ke skill pengemudi....imho lho
soalnya ban yg pecah depan/belakang g masuk kategori over/understeer
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
y_anjasrana wrote:Yang ga boleh itu ganti ban sebelah aja, atau kiri atau kanan aja. Kalu depan or belakang mah ga masalah. Mau beda merk or beda ukuran sih juga ga begitu masalah. Yg penting kiri-kanan jangan sampe beda aja.
Lebih parah lagi kalu dibiarin bolong, alias ga ada bannya. Hehehe....
klo bda profil antara ban dpn /blakang gmana oom?
misalnya yg depan profil 55 trus yg blakang 65 or 60.....or sebaliknya?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
Beda profil sebetulnya ga terlalu masalah. Paling kurang nyaman aja. Kalu profil belakang sebaiknya sama atau lebih besar dari yg depan. Paling-paling keliatan nungging sedikit, tp di dalam ga bakal berasa. Soalnya bedanya ga mungkin terlalu banyak khan?
Tapi kalu lebih kecil, posisi mobil bakal aneh, alias mendongak. Mmm.. pernah liat mobil yg dipake mudik? Biasanya muatannya over, trus posisi mobil jadi mendongak, atau bagian depan lebih tinggi dari belakang. Dijamin posisi tersebut bikin hambatan angin makin besar. Trus handling juga bakal aneh. Kyk mobil drag fwd.
Beda profil sebetulnya ga terlalu masalah. Paling kurang nyaman aja. Kalu profil belakang sebaiknya sama atau lebih besar dari yg depan. Paling-paling keliatan nungging sedikit, tp di dalam ga bakal berasa. Soalnya bedanya ga mungkin terlalu banyak khan?
Tapi kalu lebih kecil, posisi mobil bakal aneh, alias mendongak. Mmm.. pernah liat mobil yg dipake mudik? Biasanya muatannya over, trus posisi mobil jadi mendongak, atau bagian depan lebih tinggi dari belakang. Dijamin posisi tersebut bikin hambatan angin makin besar. Trus handling juga bakal aneh. Kyk mobil drag fwd.
wuih jadi heboh neh masalah Ban...yang penting nggak berdampak ke laju mobil.
biasanya yang paling boros banya itu ban yang jadi penggerak mobil,kalau mobil penggeraknya roda belakang yang boros kebanyakan yang belakang dan sebaliknya.
Lah kalau mobil pengeraknya keempat empatnya ,macam jeep Cheroke jadi boros empat empatnya..itu asumsi pribadi aja..belon pernah ngebuktiin,So jangan percaya..ki..ki..ki
avansa wrote:..itu asumsi pribadi aja..belon pernah ngebuktiin,So jangan percaya..ki..ki..ki
untunglah, gw termasuk ke dalam yg enggak percaya..... ......... ki..ki..ki
karena,
andy1800 wrote:berdasar pengalaman gw sendiri, ban depan gw selalu lbh cepat habis drpd belakang.....baik pd FWD maupun RWD.
jadi yg berpengaruh lbh utama bukanlah krn FWD atau RWD,...tp lbh disebabkan krn ban depanlah yg belok2 shg tergerus aspal.
avansa wrote:..itu asumsi pribadi aja..belon pernah ngebuktiin,So jangan percaya..ki..ki..ki
untunglah, gw termasuk ke dalam yg enggak percaya..... ......... ki..ki..ki
karena,
andy1800 wrote:berdasar pengalaman gw sendiri, ban depan gw selalu lbh cepat habis drpd belakang.....baik pd FWD maupun RWD.
jadi yg berpengaruh lbh utama bukanlah krn FWD atau RWD,...tp lbh disebabkan krn ban depanlah yg belok2 shg tergerus aspal.
Sukurlah kalao nggak percaya,masih ada yang sehat akal pikiran di sini,
Sepengatahuan saya, memang benar, ganti ban 2 biji tu boleh banget, asal jangan 1 sisi doank, jadi sepasang untuk depan ato sepasang untuk belakang. Tar kalo kanan-kiri beda kalo ngerem bisa ngebuang ke salah satu sisi.
Tapi sebaiknya nih, kalo ganti ban lebih baik disamainlah sama ban yang lainnya, baik profil maupun alur. Tapi kalo emang mau rada gaul, yang belakang lebih lebar gapapa, tapi sebaiknya tebal profilnya sama dengan depannya.
Iya, emang ban depan biasanya lebih cepet abiz. Jadi inget, pengen ngasi tips aja, mungkin smua udah pada tau, tapi pengen ngingetin aja. Sebaiknya kalo udah nyetir mobil yang pake power steering jangan terlalu manja deh, jangan dibiasain muter setir waktu kondisi mobil sedang berhenti (biasanya kalo lagi parkir neh), selain ban cepet botak (bahkan seringkali botaknya ga rata), komponen kaki-kaki mobil sebangsa tierod-balljoint bisa cepet aus. Mendingan kalo muter setir pas mobilnya bergerak perlahan. Kayak kalo nyetir mobil non-powersteeringlah, kalo mobil sedang berhenti berat banget khan muter setirnya? Kalo uda jalan perlahan jadi ringan. Bayangin aja betapa berat kerja komponen kaki-kaki kalo kita kebiasaan muter setir waktu kondisi mobil berhenti.
ddaru wrote:Sepengatahuan saya, memang benar, ganti ban 2 biji tu boleh banget, asal jangan 1 sisi doank, jadi sepasang untuk depan ato sepasang untuk belakang. Tar kalo kanan-kiri beda kalo ngerem bisa ngebuang ke salah satu sisi.
Tapi sebaiknya nih, kalo ganti ban lebih baik disamainlah sama ban yang lainnya, baik profil maupun alur. Tapi kalo emang mau rada gaul, yang belakang lebih lebar gapapa, tapi sebaiknya tebal profilnya sama dengan depannya.
imho klo mobilnya bukan RWD mubajir tu oom
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
akhirnya gw ganti 2 ban Bridgestone Turanza AR-10 buat mobil gw. Sama2 185/55-15 gw taruh di depan, 2 ban Goodyear NCT yg baru gw beli Des 07 kmrn taruh di belakang sementara 1 ban lama jadi ban serep. So far sih so good kayaknya, agak berisik di tol sepertinya nih Turanza, tapi sementara bantingan lebih empuk (atau mungkin sugesti aja, mentang2 baru keluar duit)
Mgg lalu liat di carefour puri indah ada counter gt radial. Tanya2 harganya lmyn murah jg. Soalnya sebelumnya dah tanya2 waktu cuci steam. Di bengkel tempat steam dikasih 400-450rb, di carefour 370rban. Lmyn bgt khan? Cuma blum yakin aja,namanya jg tempat baru. Jgn2 harganya murah, tp masangnya ga beres.