Aki mobil yang dipakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
waa ya malah makin sama jawabannya
Kecuali SA nya toko aki factory outlet 'sisa export'... "ni kelebihan stok dr yg hrsnya dipasang pas produksi mobil mas." :e_whistle:
Kecuali SA nya toko aki factory outlet 'sisa export'... "ni kelebihan stok dr yg hrsnya dipasang pas produksi mobil mas." :e_whistle:
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
lho...andy1800 wrote:waa ya malah makin sama jawabannya
Kecuali SA nya toko aki factory outlet 'sisa export'... "ni kelebihan stok dr yg hrsnya dipasang pas produksi mobil mas." :e_whistle:
kok aneh ya...
berarti tempohari kena kibul di toko/bengkel aki dong...
waktu nanya rocket/amaron/gs;
"oom, berapa lama ni aki kira2 bisa bertahan..."
dijawab;
"kalau aki ganti gini, rata2 2 tahun sudah bagus tuh..."
"kecuali masih asli pabrik, bisa sampe 3-4 tahun..."
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
o gitu ya? ....berarti SA aki nya baik hati tuh.....rela jika produknya kalah awet dr bawaan asli pabrikan.imsus2c wrote:lho...andy1800 wrote:waa ya malah makin sama jawabannya
Kecuali SA nya toko aki factory outlet 'sisa export'... "ni kelebihan stok dr yg hrsnya dipasang pas produksi mobil mas." :e_whistle:
kok aneh ya...
berarti tempohari kena kibul di toko/bengkel aki dong...
waktu nanya rocket/amaron/gs;
"oom, berapa lama ni aki kira2 bisa bertahan..."
dijawab;
"kalau aki ganti gini, rata2 2 tahun sudah bagus tuh..."
"kecuali masih asli pabrik, bisa sampe 3-4 tahun..."
berarti kenyataannya mmg aki asli bawaan pabrik mmg lbh awet ya? ciyus nih? miapah? dah kesimpulan absolut nih ya?
nah ni dia, klo mmg begini....jd pgn kenal org dalam pabrik aki, yg bisa ngasih kita aki "factory outlet" nih...
yg bisa ngambilin dari lini produksi OEM....bukan dari lini produksi aftermarket. klo mmg disana itu dibedakan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
absolut sih mungkin belum ya...andy1800 wrote:o gitu ya? ....berarti SA aki nya baik hati tuh.....rela jika produknya kalah awet dr bawaan asli pabrikan.imsus2c wrote:lho...andy1800 wrote:waa ya malah makin sama jawabannya
Kecuali SA nya toko aki factory outlet 'sisa export'... "ni kelebihan stok dr yg hrsnya dipasang pas produksi mobil mas." :e_whistle:
kok aneh ya...
berarti tempohari kena kibul di toko/bengkel aki dong...
waktu nanya rocket/amaron/gs;
"oom, berapa lama ni aki kira2 bisa bertahan..."
dijawab;
"kalau aki ganti gini, rata2 2 tahun sudah bagus tuh..."
"kecuali masih asli pabrik, bisa sampe 3-4 tahun..."
berarti kenyataannya mmg aki asli bawaan pabrik mmg lbh awet ya? ciyus nih? miapah? dah kesimpulan absolut nih ya?
nah ni dia, klo mmg begini....jd pgn kenal org dalam pabrik aki, yg bisa ngasih kita aki "factory outlet" nih...
yg bisa ngambilin dari lini produksi OEM....bukan dari lini produksi aftermarket. klo mmg disana itu dibedakan
jadi mirip mirip urban legend gitu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7377
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Aki mobil yang dipakai
Allnew avanza brand battery nya " toyota" , bgt pula fortuner VNT, ada mobil sport jerman battery nya brand nya " bosch " blm ganti dah hampir 4 tahun, trus pug n fiat pakai autolite MF ... Ada lagi yg pakai Century ultra hiperformance 80 serta ada yg dari baru ( sejak beli 2 tahun lalu ) pakai " DieHard " Gold 100
Battery sama saja dimana saja ...cuma beda brand n pricetag ...beli mahal dapat zaal maupun zuur nya jelek ya mati cepat ...beli murah semua bagus ya awet
Battery sama saja dimana saja ...cuma beda brand n pricetag ...beli mahal dapat zaal maupun zuur nya jelek ya mati cepat ...beli murah semua bagus ya awet
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Aki mobil yang dipakai
mnrt saya tidak semua aki sama...sekarang kondisi mobil baru yang kondisinya standar sama2 istilahnya bagus semua antara mobil jepang n mobil eropa coba mana yang lebih tahan mana..mobil eropa bisa lewat 6 taun...sesuailah harga aki yang dibayar lebih mahal
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7377
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Aki mobil yang dipakai
Thn 92 hingga 2005 saya punya mobil nissan gloria 2.0 SGL twin ceramic turbo model Y30 yg saya beli dari lelang negara ... Battery cuma 35A brand Hitachi ...dari saya pakai (km. 140) sampai di jual (km. 65,000 ++) battery tdk pernah ganti ...tapi tiap bulan ...tanpa harus tunggu rusak atau voltage drop ...battery selalu sy bawa ke tukang battery pinggir jalan ...di buang yg ada n isi yg baru serta recharging sampai full cap. Itung itung bagi bagi rejeki ke tukang itu sblm wadah rejeki saya luber . Tiap mobil sy perlakukan sama hingga kini apapun brand n thn brp pun diakompresorz wrote:mnrt saya tidak semua aki sama...sekarang kondisi mobil baru yang kondisinya standar sama2 istilahnya bagus semua antara mobil jepang n mobil eropa coba mana yang lebih tahan mana..mobil eropa bisa lewat 6 taun...sesuailah harga aki yang dibayar lebih mahal
Bgt cara sy rawat battery spt yg alm ayah ajarkan ...seumur hidup mobil mobil sy blm pernah tuh beli battey baru kec. 1 mobil yg battery nya hilang saat kerusuhan 98 dan hampir 4 thn lalu saat bengkel nya di maling ...mobil yg sama tuh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Aki mobil yang dipakai
hahaha kalo cara perwatan seperti itu bisa membuat awet saya kurang ngerti..krn saya beli mobil baru ampe rusak br ganti..
taun 94 ketika beralih dr maestro ke e36 di situ saya merasakan aki ini bisa lewat 6 taun..sampe w204 saya dr baru kilometer udah 95.000 masih tokcer bulan 2 taun depan nanti pas 5 tahun moga aja ampe ganti model baru masih awet tp saya yakin kuat..n ketika saya liat ternyata merk akinya sama dgn e36 saya..n di e36 saya terakhir ganti taun 2008 bulan 8..sedangkan selama saya punya mobil jepang merk suzuki,honda,toyota paling lama 3 taun lewat n itu dipegang toyota...makanya sama2 mobil dr baru aja liat mana yang kuat..mobil jepang n mobil eropa yang mana menggunakan aki varta..
mobil honda saya aja saya ganti varta...krn saya malas repot cepat gonta ganti aki apalg mobil eropa yang elektrikalnya rumit..apalg ampe mogok di jalan
rencana mobil honda yang saya indentpun keluar sowrom mau saya lgsg ganti akinya dgn varta
taun 94 ketika beralih dr maestro ke e36 di situ saya merasakan aki ini bisa lewat 6 taun..sampe w204 saya dr baru kilometer udah 95.000 masih tokcer bulan 2 taun depan nanti pas 5 tahun moga aja ampe ganti model baru masih awet tp saya yakin kuat..n ketika saya liat ternyata merk akinya sama dgn e36 saya..n di e36 saya terakhir ganti taun 2008 bulan 8..sedangkan selama saya punya mobil jepang merk suzuki,honda,toyota paling lama 3 taun lewat n itu dipegang toyota...makanya sama2 mobil dr baru aja liat mana yang kuat..mobil jepang n mobil eropa yang mana menggunakan aki varta..
mobil honda saya aja saya ganti varta...krn saya malas repot cepat gonta ganti aki apalg mobil eropa yang elektrikalnya rumit..apalg ampe mogok di jalan
rencana mobil honda yang saya indentpun keluar sowrom mau saya lgsg ganti akinya dgn varta
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Aki mobil yang dipakai
kalo temen2 ane pengguna Ipah D4 D terakhir ada beberapa yg coba aki Amaron dan so far reportnya puas, CCA nya gede.
Amaron yg ijo muda.
Kalo buat aki basah utk mobil yg umum2 konon merek Massiv kalo pas hoki bisa awet banget, temen pernah ngalamin, padahal itu aki kelas ekonomi
*Sekedar meneruskan report*
Amaron yg ijo muda.
Kalo buat aki basah utk mobil yg umum2 konon merek Massiv kalo pas hoki bisa awet banget, temen pernah ngalamin, padahal itu aki kelas ekonomi
*Sekedar meneruskan report*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Aki mobil yang dipakai
betul om turbo..saya dengar2 udah lama dari sales mobil n penjual aki merk amaron aki bagus..katanya buatan amerika tapi pindah pabrik ke india pengen cobain jg sih selain varta buat mobil jepang..tapi harganya jg lumayan mahal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
kok Varta yg madein Germany sm yg madein Shanghai harganya gak beda jauh ya?kompresorz wrote:betul om turbo..saya dengar2 udah lama dari sales mobil n penjual aki merk amaron aki bagus..katanya buatan amerika tapi pindah pabrik ke india pengen cobain jg sih selain varta buat mobil jepang..tapi harganya jg lumayan mahal
misalnya
yg germany NS70L Rp. 1.300.000
yg shanghai NS70L Rp. 1.200.000
klo beti gitu, tanggung dong... emang ada gitu, yg belinya varta china?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Aki mobil yang dipakai
wah saya baru dengar varta cina..n beli juga ke toko spesialis bmw dikemayoran yang terkenal...
malah buat mobil honda saya pesan ke toko itu juga..beli aja ke toko mobil eropa terjamin..
saya beli taun 2008 warna biru 2.2jt..
malah buat mobil honda saya pesan ke toko itu juga..beli aja ke toko mobil eropa terjamin..
saya beli taun 2008 warna biru 2.2jt..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
bro, ane kurang ngarti artinya kata2 yg di bold.... apakah cell2 pada aki diganti atau gimana yah.....mohon pencerahannya.....newrubble wrote:Thn 92 hingga 2005 saya punya mobil nissan gloria 2.0 SGL twin ceramic turbo model Y30 yg saya beli dari lelang negara ... Battery cuma 35A brand Hitachi ...dari saya pakai (km. 140) sampai di jual (km. 65,000 ++) battery tdk pernah ganti ...tapi tiap bulan ...tanpa harus tunggu rusak atau voltage drop ...battery selalu sy bawa ke tukang battery pinggir jalan ...di buang yg ada n isi yg baru serta recharging sampai full cap. Itung itung bagi bagi rejeki ke tukang itu sblm wadah rejeki saya luber . Tiap mobil sy perlakukan sama hingga kini apapun brand n thn brp pun diakompresorz wrote:mnrt saya tidak semua aki sama...sekarang kondisi mobil baru yang kondisinya standar sama2 istilahnya bagus semua antara mobil jepang n mobil eropa coba mana yang lebih tahan mana..mobil eropa bisa lewat 6 taun...sesuailah harga aki yang dibayar lebih mahal
Bgt cara sy rawat battery spt yg alm ayah ajarkan ...seumur hidup mobil mobil sy blm pernah tuh beli battey baru kec. 1 mobil yg battery nya hilang saat kerusuhan 98 dan hampir 4 thn lalu saat bengkel nya di maling ...mobil yg sama tuh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Aki mobil yang dipakai
wahh... prop sjamsul minta pencerahann... ga salah nih....
klu ga salah metode perawatan seperti ini berarti membuang seluruh air accu saja, lalu isi baru ya. dengan ganti air accu total, berarti sebelum ada kerusakan, sudah direfill kembali. otomatis accu lebih awet ya.
btw boleh tau biaya sekali refill dan recharge abis berapa ya om? jgn2 biaya beli accu baru per 2 taun lebih murah dibandingan ongkos perawatan....
klu ga salah metode perawatan seperti ini berarti membuang seluruh air accu saja, lalu isi baru ya. dengan ganti air accu total, berarti sebelum ada kerusakan, sudah direfill kembali. otomatis accu lebih awet ya.
btw boleh tau biaya sekali refill dan recharge abis berapa ya om? jgn2 biaya beli accu baru per 2 taun lebih murah dibandingan ongkos perawatan....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Aki mobil yang dipakai
kalo dulu ane ada teman yg tiap 6 bulan juga buang seluruh air di aki dan isi baru accu zuur lagi, konon aki bisa sangat awet. Tapi pertimbangan kita di sini = polusi, dimana air limbah aki sangat beracun sekali, kecuali limbah ditampung dan dikirim ke tempat pengolahan limbah.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Aki mobil yang dipakai
Ijin lapor ndan, aki di GL ane merk GS bawaan pabrik umurnya udah 21 bulan. Sampai sekarang alhamdulillah masih tokcer. Tapi sejak brp Minggu ini ada kerak putih di lubang pengisian air aki paling kiri (terminal positif). Air di sel itu juga berkurang lebih cepat walau ga sampai batas minimum. Apa bagusnya saya beli aki baru aja ya? Maklum boil matic n sehari-hari dipakai istri. Kalo mogok, repotnya dobel
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
hmmm..... wlp ane bukan ndan, tp ane coba kasi masukan yah bro......ada baiknya diperiksa dulu keadaan akinya, misalkan kondisi air akinya, dll..... mengenai kepala aki, baiknya dibersihkan dulu.....trus penambahan air aki apakah msh sama spt semula atau sdh menunjukkan gejala pemakaian air aki lbh boros.... misalkan klo sebelumnya dlm waktu 3 bulan cuma nambah setengah botol, apakah saat ini msh spt itu atau sdh bertambah banyak pemakaian air akinya.....klo semakin banyak pemakaian air akinya, bearti kondisi aki sdh berkurang.....3mul wrote:Ijin lapor ndan, aki di GL ane merk GS bawaan pabrik umurnya udah 21 bulan. Sampai sekarang alhamdulillah masih tokcer. Tapi sejak brp Minggu ini ada kerak putih di lubang pengisian air aki paling kiri (terminal positif). Air di sel itu juga berkurang lebih cepat walau ga sampai batas minimum. Apa bagusnya saya beli aki baru aja ya? Maklum boil matic n sehari-hari dipakai istri. Kalo mogok, repotnya dobel
smoga bermanfaat
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Aki mobil yang dipakai
Akhir Desember kemarin, pas di Jogja, sekalian ganti accu Kuda diesel Bapak yang tekor..
Tukar tambah hanya seharga 650rb dengan accu ini:
Ada yang pernah pakai...?
Tukar tambah hanya seharga 650rb dengan accu ini:
Ada yang pernah pakai...?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Aki mobil yang dipakai
sebaiknya dicampur / dinetralkan dengan NaOH (soda api) sebelum dibuang.Turboman wrote:kalo dulu ane ada teman yg tiap 6 bulan juga buang seluruh air di aki dan isi baru accu zuur lagi, konon aki bisa sangat awet. Tapi pertimbangan kita di sini = polusi, dimana air limbah aki sangat beracun sekali, kecuali limbah ditampung dan dikirim ke tempat pengolahan limbah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
tuker tambah. nambah nya 650rb. blm dpt kelas MF. dpt yg kemasannya terkesan kurang.
tp dulu pas beli mobil bekas. ane pernah dpt bawaannya accu produksi pt indobatt ini, tp bukan yg type Neo, tp yg std. lumayan aja sih. di ane doang sempet msh ada setaun atau mlh lebih ya....entah di pemilik lama dah diutilize brp lama, gak ada dia tulis tggalnya di accunya..... mmg gak sedikit urusan accu tu untung2an, kucing dlm karung.
wktu itu pas dah tekor ane tuker tambahin ke GS MF. nambah 600rb.
tp dulu pas beli mobil bekas. ane pernah dpt bawaannya accu produksi pt indobatt ini, tp bukan yg type Neo, tp yg std. lumayan aja sih. di ane doang sempet msh ada setaun atau mlh lebih ya....entah di pemilik lama dah diutilize brp lama, gak ada dia tulis tggalnya di accunya..... mmg gak sedikit urusan accu tu untung2an, kucing dlm karung.
wktu itu pas dah tekor ane tuker tambahin ke GS MF. nambah 600rb.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
update saja...
aki hankook sampai sekarang masih sip... meski mobilnya habis dipermak
aki hankook sampai sekarang masih sip... meski mobilnya habis dipermak
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Aki mobil yang dipakai
MF itu yang disebut aki kering, atau masih aki basah tapi maintenance free?andy1800 wrote:tuker tambah. nambah nya 650rb. blm dpt kelas MF. dpt yg kemasannya terkesan kurang.
tp dulu pas beli mobil bekas. ane pernah dpt bawaannya accu produksi pt indobatt ini, tp bukan yg type Neo, tp yg std. lumayan aja sih. di ane doang sempet msh ada setaun atau mlh lebih ya....entah di pemilik lama dah diutilize brp lama, gak ada dia tulis tggalnya di accunya..... mmg gak sedikit urusan accu tu untung2an, kucing dlm karung.
wktu itu pas dah tekor ane tuker tambahin ke GS MF. nambah 600rb.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
terminologinya:VanzMatic wrote:MF itu yang disebut aki kering, atau masih aki basah tapi maintenance free?andy1800 wrote:tuker tambah. nambah nya 650rb. blm dpt kelas MF. dpt yg kemasannya terkesan kurang.
tp dulu pas beli mobil bekas. ane pernah dpt bawaannya accu produksi pt indobatt ini, tp bukan yg type Neo, tp yg std. lumayan aja sih. di ane doang sempet msh ada setaun atau mlh lebih ya....entah di pemilik lama dah diutilize brp lama, gak ada dia tulis tggalnya di accunya..... mmg gak sedikit urusan accu tu untung2an, kucing dlm karung.
wktu itu pas dah tekor ane tuker tambahin ke GS MF. nambah 600rb.
- basah tu bener2 air. "penguapannya" cepat. jd perlu dimaintain dg ditambah air.
- sdgkan kering tu sebenernya gel. lead-acid atau lead-cadmium.. "penguapannya" jauh lbh lambat drpd air.... jd gel mmg tidak perlu dimaintain.
cttan:
- "penguapan" adlh dlm tanda kutip. arti sebenrnya adlh bereaksi, yg lalu berubah menjadi unsur dan fenomena lain. yaitu hydrogen dan oxygen. jg sulfatisasi.
- bahkan klo di peragkat2 industrial/non automotive, battery valve-regulated lead acid tu sebenrnya bs dimaintain dg rehidrasi. dan dg gitu bs bertahan belasan taun. klo di automotive/consumers, bertahan bbrp taun jg dah cukup, jd ya ga perlu dimaintain
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Aki mobil yang dipakai
Seinget ane, ada dua terminologi, mbah...
Pertama, aki kering / drycell, ya seperti titah simbah di atas. Ini sudah barang mesti totally MF.
Kedua, aki MF, wujud fisiknya sudah preloaded dengan accu zuur, tapi sifatnya sudah maintenance free.
Pertama, aki kering / drycell, ya seperti titah simbah di atas. Ini sudah barang mesti totally MF.
Kedua, aki MF, wujud fisiknya sudah preloaded dengan accu zuur, tapi sifatnya sudah maintenance free.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
nggak mbah...yg udah diisi accu zuur dari sono nya tu, biasanya terminologinya disebut Siap Pakai. gitu saja...jd tdk disebut sbg Maintenance Free. tidak bisa. ... mskipun mmg lbh minim maintenance dibanding konvensional, krn men utilize teknologi Hybrid, yg memungkinkan "penguapan" nya lbh minim. ...implikasinya, ngisi air aki nya lbh jarang.VanzMatic wrote:Seinget ane, ada dua terminologi, mbah...
Pertama, aki kering / drycell, ya seperti titah simbah di atas. Ini sudah barang mesti totally MF.
Kedua, aki MF, wujud fisiknya sudah preloaded dengan accu zuur, tapi sifatnya sudah maintenance free.