Corona 89-91
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu May 29, 2008 11:23
Corona 89-91
ada yang bisa memberi review soal Corona 89-91 1.6?
Harga pasarannya di Jakarta sekitar berapa y?
tertarik buat beli ini mobil...
makasih sebelumnya
Harga pasarannya di Jakarta sekitar berapa y?
tertarik buat beli ini mobil...
makasih sebelumnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Corona 89-91
Dulu saya pernah pake yg 2.0 ex-saloon G thn 88/89. Kalo yg 1.6 kayaknya pake mesin corolla twin cam deh.
Harga pasaran sih udah dibawah corolla twin cam.....mungkin sekitar 25-35 jutaan kali ya pak.
Harga pasaran sih udah dibawah corolla twin cam.....mungkin sekitar 25-35 jutaan kali ya pak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu May 29, 2008 11:23
Re: Corona 89-91
Wah terima kasih masukannya,
untuk yg 1.6 dibanding 2.0 konsumsi bensinnya jauh berbeda g?
mengenai plus minusnya gmana?
untuk yg 1.6 dibanding 2.0 konsumsi bensinnya jauh berbeda g?
mengenai plus minusnya gmana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Corona 89-91
konsumsi bensin udah agak2 lupa sih bos soalnya dah lama, tapi untuk mesin 2000cc gak terlalu boros lah soalnya udah EFI (sekitar 1:7an lah). Kalo yg 1.6 malahan masih pake karburator. Tapi untuk bodi corona, kayaknya mending ambil yg 2000EFI sih.
Dulu sih mobil gw suka tiba2 mati kalo lagi jalan kenceng dan injek koplingnya, abis itu kayaknya engga ada masalah lagi sih (Sori udah agak2 lupa). Oh iya corona gw dulu speedo digitalnya ngaco abis, udah dicoba calibrate tetep gak bisa, tapi "untungnya" tu mobil kebanjiran dan harus ganti ECU, abis itu langsung bener tu speedonya.
Dulu sih mobil gw suka tiba2 mati kalo lagi jalan kenceng dan injek koplingnya, abis itu kayaknya engga ada masalah lagi sih (Sori udah agak2 lupa). Oh iya corona gw dulu speedo digitalnya ngaco abis, udah dicoba calibrate tetep gak bisa, tapi "untungnya" tu mobil kebanjiran dan harus ganti ECU, abis itu langsung bener tu speedonya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Corona 89-91
ga beda jauh. mirip2 malah. soalnya 1.6 masi karbu
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu May 29, 2008 11:23
Re: Corona 89-91
Ow begitu y..
jadi mending yang 2000cc daripada yang 1600cc..
Dengan umur segitu kira2 bagian2 mana saja harus mendapat perhatian lebih y?
jadi mending yang 2000cc daripada yang 1600cc..
Dengan umur segitu kira2 bagian2 mana saja harus mendapat perhatian lebih y?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Corona 89-91
paling penting cek speedometernya (soalnya digital n kalo rusak dompet kering tuh)
kaki2 jg penting diliat, cek timing belt, engine mounting (biasanya dah mesti ganti tuh kalo dah belasan taun umurnya)
sisanya sih rasain aja mesin, kopling, dll
pastikan power window dan kelengkapan laen jg berfungsi (kadang udah seret kalo dah tua)
kaki2 jg penting diliat, cek timing belt, engine mounting (biasanya dah mesti ganti tuh kalo dah belasan taun umurnya)
sisanya sih rasain aja mesin, kopling, dll
pastikan power window dan kelengkapan laen jg berfungsi (kadang udah seret kalo dah tua)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Corona 89-91
Untuk model 90 keatas, power antena nya dah pasti macet/bengkok. Ganti aja belt2, oli2, dan fastmoving lainnya. Dan harus siapin dana taktis untuk jaga2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Corona 89-91
Bisa di kasih sedikit pencerahan Om. timing belt,engine mounting,selain karena umur,kasat mata bentuk fisiknya gimana dan pengaruh mesin berasa seperti apa..? yang mana harus mesti kudu ganti.satyr wrote:paling penting cek speedometernya (soalnya digital n kalo rusak dompet kering tuh)
kaki2 jg penting diliat, cek timing belt, engine mounting (biasanya dah mesti ganti tuh kalo dah belasan taun umurnya)
sisanya sih rasain aja mesin, kopling, dll
pastikan power window dan kelengkapan laen jg berfungsi (kadang udah seret kalo dah tua)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Corona 89-91
Corona kenapa nggak corolla... kalo umur kendaraan udah belasan tahun, biasanya sparepart selain disebutkan diatas yang perlu diganti adalah dari kaki-kakinya...tierod, balljoin, shockbrekers, ... kalo udah yang injection, injectornya perlu dikalibarasi lagi. dll deh. tetapi one by one and step by step... mana yg lebih terasa dulu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Thu Nov 15, 2007 0:50
Re: Corona 89-91
Yup, mending yg 2000 EFI, lebih bertenaga; Nambahin bro Risol, dulu gw punya yg th 91, selama dipakai kaki2 dan bushing2 karet suspensi harus diperhatiin, karena biasanya ga bisa diganti karetnya saja tapi harus dengan rumahnya. Contoh penahan sayap roda belakang (lupa namanya), lalu karet sayap roda depan, klo beli satu set cukup mahal. Tapi jg kwatir, bisa diakalin di tukang per (waktu itu di Kircon Bandung ada) sistemnya disuntik, cuma 40ribu saja Slain itu AC perlu diperhatikan juga karena cukup modern untuk masanya, jadi klo rusak agak ribet, dan memang speedo meternya suka ngaco klo udah diatas 100 kpj. Tapi over all cukup menarik dan nyaman nih mobil dan bbm nya ga boros2 amat kok...Risol1 wrote:konsumsi bensin udah agak2 lupa sih bos soalnya dah lama, tapi untuk
mesin 2000cc gak terlalu boros lah soalnya udah EFI (sekitar 1:7an
lah). Kalo yg 1.6 malahan masih pake karburator. Tapi untuk bodi
corona, kayaknya mending ambil yg 2000EFI sih.
Dulu sih mobil gw
suka tiba2 mati kalo lagi jalan kenceng dan injek koplingnya, abis itu
kayaknya engga ada masalah lagi sih (Sori udah agak2 lupa). Oh iya
corona gw dulu speedo digitalnya ngaco abis, udah dicoba calibrate
tetep gak bisa, tapi "untungnya" tu mobil kebanjiran dan harus ganti
ECU, abis itu langsung bener tu speedonya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Corona 89-91
kira kira sampai 50 persen dari harga beli nggak yah,untuk meremajakan komponen komponen yang sudah membikin tidak nyaman tuh boil, tidah termasuh over haul ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Corona 89-91
bisa jadi...apalagi kalo semua spare part yang rusak dan diganti banyak kemudian pake part yg asli original... kalo cuman diakal-akalin mungkin nggak sampai.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu May 29, 2008 11:23
Re: Corona 89-91
wah repot juga y.....
pertimbangan awal gw sih sebenere cuma masalah harga yg agak murah klo dibanding yg corolla..
juga lebih lega interiornya dengan cc yg sama (1.6)...
anw, kalo dibanding Maestro (sama2 2.0) gmana bro?
pertimbangan awal gw sih sebenere cuma masalah harga yg agak murah klo dibanding yg corolla..
juga lebih lega interiornya dengan cc yg sama (1.6)...
anw, kalo dibanding Maestro (sama2 2.0) gmana bro?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Corona 89-91
Wah bro, kalo untuk mobil yg umurnya ampir2 20 thn memang harus sedia dana taktis (kecuali kalo udah di restorasi sama pemilik sebelumnya).
Corolla dan Accord pasti juga ada aja masalahnya kalo rawatannya gak bener.
Corolla dan Accord pasti juga ada aja masalahnya kalo rawatannya gak bener.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Corona 89-91
sisi pandang agak lain:
kenapa org cenderung memilih medium sedan (kelas corolla, civic) drpd saloon (corona, accord)...
**dan karena arus pasarnya begitu, maka membuat saloon menjadi lbh murah harga bekasnya.
-karena cc saloon lbh besar, jadi (dianggap) lbh boros....plus pajak lbh besar. (pdhal pajak tahunan berdasarkan harga jual, bukan cc)
-karena feature saloon lbh lengkap, ini juga membuat mobilnya jd lbh complicated, lbh byk pernik2...ber-implikasi pada ongkos bengkel & spare parts.
-spare partnya sendiri, (dulunya), yg genuine, partsnya saloon dipatok dg harga lbh tinggi drpd mid-sedan (utk jenis part yg sama)... (asumsi) ini ter-cam-kan sampai skrg mobil itu dah berusia puluhan tahun.....pdhal, utk parts aftermarketnya, kalau pun ada selisih harga, nampaknya nggak segitunya besar.
kenapa org cenderung memilih medium sedan (kelas corolla, civic) drpd saloon (corona, accord)...
**dan karena arus pasarnya begitu, maka membuat saloon menjadi lbh murah harga bekasnya.
-karena cc saloon lbh besar, jadi (dianggap) lbh boros....plus pajak lbh besar. (pdhal pajak tahunan berdasarkan harga jual, bukan cc)
-karena feature saloon lbh lengkap, ini juga membuat mobilnya jd lbh complicated, lbh byk pernik2...ber-implikasi pada ongkos bengkel & spare parts.
-spare partnya sendiri, (dulunya), yg genuine, partsnya saloon dipatok dg harga lbh tinggi drpd mid-sedan (utk jenis part yg sama)... (asumsi) ini ter-cam-kan sampai skrg mobil itu dah berusia puluhan tahun.....pdhal, utk parts aftermarketnya, kalau pun ada selisih harga, nampaknya nggak segitunya besar.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Corona 89-91
setuju ama bro andy1800
orang2 rata2 berpandangan demikian
termasuk gw kalo buat harian pake mobil cc > 2000 kayanya blom saatnya. hahaha
orang2 rata2 berpandangan demikian
termasuk gw kalo buat harian pake mobil cc > 2000 kayanya blom saatnya. hahaha
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Corona 89-91
corona TC mah payah harganya paling 20-30jt...spidometer digital
ngga jelas kemana arahnya, ngga bisa buat mobil irit2anlah..mending corolla aja kl mau buat pake harian..
Selain cc lebih besar dari corolla, perawatan jg udah ga sebanding sama nilai mobilnya..body parts jg udah mahal. Sayang duitnya apalagi kalo dapet mobil cape...semuanya minta di benerin dari body, ban, kaki2, mesin, kelistrikan sama interior ga bisa tidur dahh
Coba aja cek cek Corolla twincam 87-91 baik yang 1300 (mesin 2E kaya starlet ) sampe yang 1600 (mesin 4A kaya great corolla)...berkisar 25-40jt..
ngga jelas kemana arahnya, ngga bisa buat mobil irit2anlah..mending corolla aja kl mau buat pake harian..
Selain cc lebih besar dari corolla, perawatan jg udah ga sebanding sama nilai mobilnya..body parts jg udah mahal. Sayang duitnya apalagi kalo dapet mobil cape...semuanya minta di benerin dari body, ban, kaki2, mesin, kelistrikan sama interior ga bisa tidur dahh
Coba aja cek cek Corolla twincam 87-91 baik yang 1300 (mesin 2E kaya starlet ) sampe yang 1600 (mesin 4A kaya great corolla)...berkisar 25-40jt..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Corona 89-91
kenapa ga ambil mercy bro? nyaman... perawatan irit, karena mobil hobi... jelas dirawat. cari di clubnya. dibanding mobil umum ga jelas perawatan nya... banyak yg harus diganti.
hehehe!
hehehe!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Corona 89-91
bener kalo mau buat seneng2 cari 300E aja, atau 230E jg gpp, yang matic. paling 50an dapet yang bagus.
corolla/city/civic sih emang kenceng pasarannya, tapi kebanyakan ga terawat, orang make doang toh dijual tetep laku2 aja...jadi nyari yang bagus rada susah.
beresinnya ga beda jauh sama mercedes..dengan asumsi sama2 pake orisinil.
lagian mercedes kan RWD, jelas beda rasanya
corolla/city/civic sih emang kenceng pasarannya, tapi kebanyakan ga terawat, orang make doang toh dijual tetep laku2 aja...jadi nyari yang bagus rada susah.
beresinnya ga beda jauh sama mercedes..dengan asumsi sama2 pake orisinil.
lagian mercedes kan RWD, jelas beda rasanya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Corona 89-91
hehehe.....tetep aja kalo barang sama2 gak terawat, mahalan ngebangun 300E lah daripada corolla/city. Kesian TSnya kalo sampe beli merc 300E dengan mengasumsikan maintenance yg murah meriah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Corona 89-91
mangkenye udah corolla atau city aja...55jutaan dah dapet great cari yang seger...ntar kalo bosen cari 300E...apa E320 MP...hehe...gue bosen E320 malah beli corolla neh
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Corona 89-91
300E? terlalu baru... model tiger kebawah lah... cuma 30-35jt. terawat... buktinya temen2 saya dapet, dan edan rapih nya.
mobil gini apa yg mau dibangun? wong udah enak, paling2 audio... banter2 interior kulit.
mobil gini apa yg mau dibangun? wong udah enak, paling2 audio... banter2 interior kulit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Corona 89-91
tiger 200 matic, jok asli MBtex (dijamin ga rusak2)...cat asli kusem, pelek standar + dop...mesin garing... duh enak banget kli yeh..hehe