SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 01 Nov 2014, 02:51

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 03 Jun 2008, 11:41 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 31 Oct 2007, 17:32
Posts: 15
Hi all, sebelumnya sorry aku ngangkat thread lama nih, tapi kayaknya sesuai dengan keadaan mobilku sekarang. http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=514&start=0&st=0&sk=t&sd=a
aku pake corolla twincam taon 90, kalo startup awal sebelum panas suka terdengak suara tek tek sampai sekitar 4-5 menit baru ilang :e-think: , trus kalo di gas dadakan keluar asep putih dari knalpot :e-naughty: .bensinya juga dah boros sekarang, dalam kota 8 km per liter kadang udah nggak dapet. :shrug:
aku dah konsultasi sama beberapa bengkel hasilnya mereka sarankan skir klep plus sekalian ganti ring piston. soalnya dah sama2 ganti packing silinder head (waktu skir)dan paking manifold sekalian aja "dikodot dari bawah buat ganti ring piston".
pertanyaannya (barangkali ada yang baru aja ngebengkelin mobilnya):
1. berapa ongkos kerja skir klep?sekalian "ngodot" ganti ring piston.
2. Halga seal klep 16 biji brapa? yang bestbuy dipasaran merek apa?
3. Perlu ganti Koin/Shim klep juga nggak?yang best buy merek apa harga brapa?
4. berapa harga paking silinder head, paking manifold (yang diganti dua-duanya khan yah?)
5. harga ring piston nya?
6. dulu exhaust manifold pernah retak trus dilas babet,mungkin retak lagi tuh, seberapa ngaruh terhadap konsumsi bahan bakar?rencananya aku mau cari comotam di kuburan mobil?

sory ya nanyanya banyak soalnya belom pengalaman nih.. :ungg:
rencananya kalo duit ku cukup, akhir bulan ini pengen opname twincam.
thanks sebelumnya

joe
:angel:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jun 2008, 15:44 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Posts: 1881
Location: Sunter
wah, ini mah namanya turun mesin bro..

ya harganya waktu itu saya liat di salah satu bengkel sih bisa mencapai 5 juta untuk turun mesin +beresin smua..


saya hanya bisa jawab nomor 6 nih..
cukup berpengaruh.. kalo bocor jadinya backpressurenya gede dan bikin mobil boyo..
kalo boyo, pengennya injek pedal dalem2..

_________________
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jun 2008, 08:39 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 31 Oct 2007, 17:32
Posts: 15
thanks bro;
wah kayaknya gak jadi opname nih kalo sampe 5 jeti.
btw buat nomer 6 situ bener tuh bro, nginjek gas agak dalem trus telat ngebut.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Jun 2008, 16:16 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Posts: 1881
Location: Sunter
sama2 bro..
beli aja lagi exhaust manifoldnya lgi di tukang knalpot berpengalaman..
yang saya tau, yang paling direkomendasikan di Budi Knalpot di permata hijau...
bisa bikin mobil lebih baik cukup jauh..

dan kalo mau skir klep dulu boleh tuh..
mungkin abis sekitar 1 -1,5 jutaan..

_________________
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jun 2008, 23:00 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Posts: 1881
Location: Sunter
sekedar tambahan bro..

saya baru aja turun 1/2 mesin, alias buka headnya..
skir klep dan ganti seal2nya..

estimasi harganya saya blom tau juga..
tapi saya baru sadar dari pertanyaan no.1 kalo itu ga ada hub.nya bro..
kalo skir klep bayar di turun 1/2 mesinnya..
paling murah turun 1/2 mesin itu 250rb, blom spare part dan skir klepnya..
tapi paling habis ga sampe 1jt, bahkan cukup jauh..

oiya, kalo seal klepnya pake yang originalnya aja bro..

_________________
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Jun 2008, 00:11 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
spt dikemukakan bro r1210g,... itu seharusnya sktr 1 jutaan saja.
apalgi buat gw yg suka nurunin ndiri....ongkos bongkarpasang gak dihitung.... heuhhehe.
cuma, masalahnya, nafsu nggak mau nanggungnya yg nggak nguatin... hehehe

dan itu di luar no.6 loh ya... yaitu beli geluntungan silinder kop di junkyard... dan ini memang gw lebih sarankan, sekalian, drpd las babet/alumunium.
jgn lupa minta garansi bisa ditukar kalau ngga oke....
haha, dah mulai gak mau tanggung2 deh....

gw juga gak suka ngodot (atau ngodok?)...makanya maunya turun aja, toh nggak susah2 amat koq...
jd gw blm pernah ganti ring doang...tp pasti maunya sekalian: standard-in boring ke bgkel bubut..... heheh
nah, kalau gini2, total damage costnya bisa 3 jtan deh... :-(
intinya, mekanikal yg perlu bersesuaian secara langsung, biasanya gw beresin dua-dua nya:
spt ring & boring, klep & bos klep, dsb... itu diluar kl yg wajib: crankshaft & metal, as piston & kuningannya, dsb.

no.3... gw biasa sebut valve-seat (dudukan klep)... itu kah?.. biasanya nggak perlu ganti.. itu bahan logam terkuat dlm sistem klep...
ntar aja, lihat stlh dibongkar.... yg malah biasanya "terangsang" utk gw ganti ya itu: bos klepnya...hehehe.

tp gw hormati apapun pemikirannya....soalnya, ginian memang hrs disesuaikan dg budget jg bro...
:e-naughty: :off_good_job: :)

utk belanja parts, harusnya twincam bisa banyak pilihan KW...
kadang gw juga maksain diri ambil genuine, kalau ada.
-gasket utk head mgkin 125-200 rban
-seal klep mgkin 15-25 rban sebiji
-gasket manipol api mgkin 50-75 rban
-gasket manipol intake ambil yg 15 rb jg dah cukup... dan/atau dicombine dg lem merah (gw selalu pake Permatex)

memang diperlukan usaha lebih, kalau mau the-rock-bottom price utk parts...yaitu muter kemayoran sampae gempor..heheh
utk toyota, gw biasanya ke Jaya Motor...nongkrong n ngajak ngobrol n minum tehbotol dl disana...heheh..
ttg merk, usahakan kalau ada prioritaskan yg bikinan "anak2nya" astra lbh dulu: astra multiparts, aspira, dll....atau merk OEM nya...
analoginya: kl utk metal nya, toyota dibikin oleh merk Toho (sounds like that)... utk kaki better merk 555 yg japan (jgn TW).
dan utk ini biasa gw lakukan dg learning by doing... ngobrol pjg lebar dulu dg penjualnya, shg bisa ketahuan kapabilitas dan knowledgenya dia.
"ngobrol dulu, belinya bisa ntar sore": itu yg paling ptg buat gw.

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Oct 2008, 16:12 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 10 Oct 2008, 16:46
Posts: 1
bisa minta info bengkel untuk turun mesin ga? terutama bengkel yg jual sparepartnya ga mahal. jadi biar tau beres deh....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Nov 2008, 22:31 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 21 Sep 2008, 12:20
Posts: 8
kmaren twincam ku juga didiagnosa buat turun mesin keknya.
piston dah rada oblak'..
total bersih sekitar 3.5jtan
cari aja "beng-auto bandung" pemiliknya asyik n informatif.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com