Mobil Automatic transmision
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Mobil Automatic transmision
Kalo untuk mobil SUV spt Cherokee sih no problem kalo transmisinya menghentak (karena memang mobil naik gunung), tapi kalo di sedan jag kan agak aneh....mustinya kan hentakan halus aja cukup? wong nissan aja bisa halus padahal harga jualnya cuma 1/2 dari jag.
Payah lah apa karena udah dibeli Ford ya jadinya kualitasnya menurun jauh?
Payah lah apa karena udah dibeli Ford ya jadinya kualitasnya menurun jauh?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Mobil Automatic transmision
bukan topan bos tapi banjirZombiEE wrote:illinois pun ada topan?mksdnya di pinggiran nya yah?hehehe
ooo..thanks bang:)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Mobil Automatic transmision
oo..jadi jakarta ga buruk2 amat duink..jhahahaha ..sorri OOT
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mobil Automatic transmision
hahahaha! iya, teknologi jag sepertinya konvensional... dan rata2 no complain. hehehe kalo cherokee, memang hentakan nya bisa dibilang termasuk yg paling xtrem! pernah satu kali nabrak sedikit mobil depan saya, di tanjakan... karena saya pikir masuk D lepas rem tidak akan jalan... (wong tanjakan dan agak tinggi derajatnya...) eits, salah! taunya malah jalan... wah saya sampe malu.Risol1 wrote:Kalo untuk mobil SUV spt Cherokee sih no problem kalo transmisinya menghentak (karena memang mobil naik gunung), tapi kalo di sedan jag kan agak aneh....mustinya kan hentakan halus aja cukup? wong nissan aja bisa halus padahal harga jualnya cuma 1/2 dari jag.
Payah lah apa karena udah dibeli Ford ya jadinya kualitasnya menurun jauh?
nissan sedan memang halus... nissan SUV (xtrail) agak menghentak sedikit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Automatic transmision
nampaknya, akhir2 ini, rel-tuas-persnelling matik banyakan pada belok2 gitu ya.Turboman wrote:
yg ingin sy tanyaken:
- mengapa dibikin begitu ? konsep apa yg melandasi desainnya itu ?
- apa bedanya (advantage dan disadvantage nya) dengan yg segaris ?
- rel-tuas-persnelling ===> nama benernya apa ya ? hehehe
please, pencerahannya bro
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Mobil Automatic transmision
CMIIWandy1800 wrote:nampaknya, akhir2 ini, rel-tuas-persnelling matik banyakan pada belok2 gitu ya.Turboman wrote:
yg ingin sy tanyaken:
- mengapa dibikin begitu ? konsep apa yg melandasi desainnya itu ?
- apa bedanya (advantage dan disadvantage nya) dengan yg segaris ?
- rel-tuas-persnelling ===> nama benernya apa ya ? hehehe
please, pencerahannya bro
Gate-type shift.. (belok-belok)
Straight-type shift... (lurus)
buat safety aja kali, supaya klo kesenggol gak gampang pindah....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Mobil Automatic transmision
ya betul makanya kalo yang model lurus dikasi "release button" untuk pindah dari D ke R atau ke P, kalo yang model gate udah engga pake release button lagi. CMIIW
kalo sama2 AT biasa, yg lurus dan yang belok2 sama aja tidak ada keunggulan/kelemahan dari masing2 tipe hanya beda desain.
kalo sama2 AT biasa, yg lurus dan yang belok2 sama aja tidak ada keunggulan/kelemahan dari masing2 tipe hanya beda desain.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: Mobil Automatic transmision
oooo...
gw juga baru tau, kirain beda
gw juga baru tau, kirain beda
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Mobil Automatic transmision
Tips untuk mobil matic modern yg udah pake teknologi Super ECT, Grade Logic Control, dsb... untuk mempertahankan durability transmisi matic : (dari berbagai sumber)
1. Gigi yg paling ideal adalah D, maka itu ga boleh terlalu sering mindahin gigi dari D ke D3, 2, 1(L)... kalo mo pindah ke 2 atau
1(L), harus bener2 tahu batas kecepatan yg diperbolehkan... dan kalo ada tiptronik-nya juga ga boleh terlalu sering
dimainkan...
2. Di lampu merah dan kondisi stop and go, injek rem aja dan tetap di posisi D.
3. Kalo berhenti atau macet pas di tanjakan, bisa pake rem tangan atau teken rem dan posisi tuas matic tetap di D... jangan nahan pake gas. klo mau
nge-gas, tu mobil HARUS jalan maju..
4. Buat mobil yg bertenaga besar dan torsi gede.. berbahaya mindahin gigi dari D ke D3 atau yg lebih rendah di jalan licin /
hujan saat kecepatan tinggi.
5. Dalam pemakaian kondisi tertentu (sering nanjak, ngebut, tarik-tarikan, macet, debu, panas, dsb).. flush ATF tiap 20000km
(8-10ltr)... sesuaikan dgn spesifikasi ATF yg ada di manual book.
6. SEMUA jalan tanjakan, turunan, dsb pake D aja ga papa.. (komputer udah ngatur buat perpindahan gigi yg optimal).. klo
merasa agak kurang tenaga, tinggal injek gas lbh dalem dan dalem lagi...
CMIIW..
1. Gigi yg paling ideal adalah D, maka itu ga boleh terlalu sering mindahin gigi dari D ke D3, 2, 1(L)... kalo mo pindah ke 2 atau
1(L), harus bener2 tahu batas kecepatan yg diperbolehkan... dan kalo ada tiptronik-nya juga ga boleh terlalu sering
dimainkan...
2. Di lampu merah dan kondisi stop and go, injek rem aja dan tetap di posisi D.
3. Kalo berhenti atau macet pas di tanjakan, bisa pake rem tangan atau teken rem dan posisi tuas matic tetap di D... jangan nahan pake gas. klo mau
nge-gas, tu mobil HARUS jalan maju..
4. Buat mobil yg bertenaga besar dan torsi gede.. berbahaya mindahin gigi dari D ke D3 atau yg lebih rendah di jalan licin /
hujan saat kecepatan tinggi.
5. Dalam pemakaian kondisi tertentu (sering nanjak, ngebut, tarik-tarikan, macet, debu, panas, dsb).. flush ATF tiap 20000km
(8-10ltr)... sesuaikan dgn spesifikasi ATF yg ada di manual book.
6. SEMUA jalan tanjakan, turunan, dsb pake D aja ga papa.. (komputer udah ngatur buat perpindahan gigi yg optimal).. klo
merasa agak kurang tenaga, tinggal injek gas lbh dalem dan dalem lagi...
CMIIW..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Mobil Automatic transmision
kalau baca posting bro lonelyguy dan posting bro gtr kelihatannya sebagian ada yang berlawanan. Posting bro lonelyguy sama dengan apa yang saya baca di milis-2/info-2 di internet luar negeri tapi tentunya dengan kondisi jalan disana juga.
sementara kita juga tidak tahu transmisi di mobil kita itu apakah sudah pakai Super ECT, grade logic control dsb.... atau masih yang konvensional...
kira-2 ada ciri-2 nya atau tidak ya.... untuk membedakannya..
sementara kita juga tidak tahu transmisi di mobil kita itu apakah sudah pakai Super ECT, grade logic control dsb.... atau masih yang konvensional...
kira-2 ada ciri-2 nya atau tidak ya.... untuk membedakannya..
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: Mobil Automatic transmision
nanya dunk, kalo lagi ditanjakan ngak kuat, trus kita mo mindahin dari D ke 2 atau 2 ke 1, perlu lepas gas gak sih?
soalnya gua pernah nih, pake gigi 2 ngak kuat makin pelan terus gue pindahin ke 1 tanpa lepas gas, terasa nyentak dan ada suara jedug tuh.
soalnya gua pernah nih, pake gigi 2 ngak kuat makin pelan terus gue pindahin ke 1 tanpa lepas gas, terasa nyentak dan ada suara jedug tuh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Mobil Automatic transmision
Setiap perpindahan gigi saya selalu membiasakan lepas gas.. untuk sekedar mengurangi RPM.
terasa nyentak dan suara jedug itu berasal dari perpindahan gigi pada RPM tinggi.
terasa nyentak dan suara jedug itu berasal dari perpindahan gigi pada RPM tinggi.
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Automatic transmision
kl gw (gak ada ruginya) main aman aja: (lepas gas),(lalu) rem, tarik handbrake (kan it is tanjakan), pindahin tuas, (barulah) jalan.author wrote:nanya dunk, kalo lagi ditanjakan ngak kuat, trus kita mo mindahin dari D ke 2 atau 2 ke 1, perlu lepas gas gak sih?
soalnya gua pernah nih, pake gigi 2 ngak kuat makin pelan terus gue pindahin ke 1 tanpa lepas gas, terasa nyentak dan ada suara jedug tuh.
kl aman atau tidaknya secara teknikal, bentar lg kan dewa2nya SM juga bermunculan utk menjelasken...heheheh
.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: Mobil Automatic transmision
rpmnya ga tinggi ko bro €ljepe, tanjakannya makin curam jadi makin pelan dan rpm turun terus. lepas gas bisa langsung berhenti ntar. oh ya perlu mencet tombol ga kalo mindahin dari 2 ke 1?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: Mobil Automatic transmision
kalo ada mobil dibelakang kita gimana bosandy1800 wrote: kl gw (gak ada ruginya) main aman aja: (lepas gas),(lalu) rem, tarik handbrake (kan it is tanjakan), pindahin tuas, (barulah) jalan.
kl aman atau tidaknya secara teknikal, bentar lg kan dewa2nya SM juga bermunculan utk menjelasken...heheheh
.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Automatic transmision
prologue:author wrote:kalo ada mobil dibelakang kita gimana bosandy1800 wrote: kl gw (gak ada ruginya) main aman aja: (lepas gas),(lalu) rem, tarik handbrake (kan it is tanjakan), pindahin tuas, (barulah) jalan.
kl aman atau tidaknya secara teknikal, bentar lg kan dewa2nya SM juga bermunculan utk menjelasken...heheheh
.
buat gw, keselamatan adl no 1.
baik keselamatan "besar", maupun safety "kecil": yaitu nggak rela baret2, penyok, transmisi rontok, dsb.
utk itu, gw rela kalaupun dibilang bego oleh org lain.
contoh: berpapasan di jalan sempit. apalagi kl ada got di kiri.
gw mending brenti. nunggu or mempersilakan "lawan" utk lewat duluan.
orang bilang atau sok aba2: "jauh, jauh, kiri jauuh"...atau bahkan "aaah, bego loe, kiri masih jauh tuu...".
stay cool aja. gw cuek, apalagi kl secara feeling, gw rasa itu dah nggak memungkinkan utk lbh mepet ke kiri.
kita lebih tau "feeling"nya mobil kita.
toh gw tetep punya self esteem bhw gw bukan driver ece-ece....hueheheh
into the point:
no problem. kalaupun ada mobil di belakang kita.
apalagi di tanjakan, sberapa kenceng sih (kita dan) mereka.
brenti aja. mobil sudah dilengkapi dg lampu rem.
kl mau lebih sopan, lambaikan tangan, salam ke mereka.
dunia tersenyum.
semua safe.
gitu nggak bro? heueheheheheheh...
.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mobil Automatic transmision
kalo tanjakan tinggi pada speed rendah (<15kmh) dan even mesin sudah memasuki kondisi "stall", otomatis posisi gear turun step by step sampai ke 1, cuma memang sebagian a/t respon turun gigi nya lambat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Mobil Automatic transmision
A/T CVT Jazz saya kan getar2 gt ne om2.Ma Honda diganti body valve nya.apa si fungsi body valve in?penasaran
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Mobil Automatic transmision
Maaf ada koreksi sedikit tetapi fatal.... air breather / lobang pernafasan ada juga di transmisi otomatis... jadi harus dilihat ketinggiannya supaya tidak kemasukan air....pada saat banjir.€lj€p€ wrote:kalau banjir..., matic = manual, lebih baik balik arah.... kalau sampai kerendem, air bisa masuk melalui seal-2... jadi semua tetap harus periksa.... mobil kita pakai standar packing seal, bukan mobil amphibi.... yang biasanya setiap sambungan pakai O-ring.ardhi32 wrote:Uhui........... jadi muengerti matic sekarang........
Rencana beli Teri yg matic makin mantap.
Tapi juragan2,
dari forum sebelah, kalau mobil matic rawan kalau banjir, di banding manual ( ada lobang pernapasan?), betul ga tuh? Mereka menyarankan; kalau banjir bikin kerendem tuh auto-transmisi, mendingan balik arah.
FC matic < manual?
Thkz.
air breather hanya ada untuk gardan..
Yang paling bahaya.. air masuk ke intake udara....
FC matic < manual = betul..... tapi sekarang mungkin tidak terlalu jauh berbeda karena sudah computerized, sudah CVT..
Dari Solo ke Oslo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mobil Automatic transmision
valvebody itu yg seperti ini yah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Mobil Automatic transmision
ECT atau tidak..??€lj€p€ wrote:kalau baca posting bro lonelyguy dan posting bro gtr kelihatannya sebagian ada yang berlawanan. Posting bro lonelyguy sama dengan apa yang saya baca di milis-2/info-2 di internet luar negeri tapi tentunya dengan kondisi jalan disana juga.
sementara kita juga tidak tahu transmisi di mobil kita itu apakah sudah pakai Super ECT, grade logic control dsb.... atau masih yang konvensional...
kira-2 ada ciri-2 nya atau tidak ya.... untuk membedakannya..
bisa tanya sama bengkel resminya langsung...
kalo blm pake ECT atau masih matic biasa & msh konvensional, trus lewat tanjakan... silahkan aja mindahin tuas dari D (O/D=on) > D3 (O/D = Off) > 2 > 1(L) tapi step-by-step.. pake feeling aja sesuaikan dgn power mesin & batas kecepatan yg disarankan... Posisi ideal tidak selalu di D...
Tapi klo ud pake ECT, Grade Logic, bla bla bla... sebaiknya di D terus.... tinggal main gas aja...
kurang tenaga??.. bejek gas lbh dalam, klo perlu ampe pol jg gpp koq, abis tu kurangin dikit gas-nya... transmisinya ud bisa mikir sendiri...
Last edited by lonelyguy on Sat Mar 29, 2008 5:23, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Mobil Automatic transmision
sepertinya.. transmisinya ada mslh, atau gak prnh ganti ATF ya??author wrote:nanya dunk, kalo lagi ditanjakan ngak kuat, trus kita mo mindahin dari D ke 2 atau 2 ke 1, perlu lepas gas gak sih?
soalnya gua pernah nih, pake gigi 2 ngak kuat makin pelan terus gue pindahin ke 1 tanpa lepas gas, terasa nyentak dan ada suara jedug tuh.
coba di cek ke BeRes yg biasa tangani matic...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mobil Automatic transmision
ECT spt vios / stream(=civic vti) juga masih kurang tangkas kalo D terus, masih hrs pindah2 or akan terasa agak telat (kecuali main pedal gas yah).
mulai beda di civic 8gen / crv 2&3 gen, ini tangkas sekali ect(gradelogic)nya respon pindah2 posisi gigi cukup cepat tanpa melulu WOT.
mulai beda di civic 8gen / crv 2&3 gen, ini tangkas sekali ect(gradelogic)nya respon pindah2 posisi gigi cukup cepat tanpa melulu WOT.
Last edited by GTR on Sat Mar 29, 2008 5:25, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Mobil Automatic transmision
maka itu klo ud pake ECT, Grade Logic Control, dsb yg pake chip komputer buat perpindahan gigi... cukup bejek gas lbh dalam aja.. klo perlu ampe pol, setelah itu kurangin dikit...GTR wrote:kalo tanjakan tinggi pada speed rendah (<15kmh) dan even mesin sudah memasuki kondisi "stall", otomatis posisi gear turun step by step sampai ke 1, cuma memang sebagian a/t respon turun gigi nya lambat.
Last edited by lonelyguy on Sat Mar 29, 2008 5:43, edited 2 times in total.