Gossip F1 2008

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Gossip F1 2008

Post by y_anjasrana »

Buat baru ya..

Ross Brawn, direktur teknik Ferrari jaman MS, berhasil dibajak Honda masuk ke Honda Racing F1 team. Hehehe... kira2 dia bisa bikin Honda juara lagi ga ya...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

Honda pernah juara ya ?
User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Post by gemelli »

Dulu jaman jaya2-nya Ayrton Senna McLaren kan Honda engine-nya.
Williams juga pernah make.
Waktu itu regulasi boleh pake Turbo, Tapi Honda kemudian quit dari F1 di masa puncak kejayaan.
Sekarang..... lagi mencoba mengais kembali ke papan atas dengan full team Honda.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Mesin F1 nya Honda pake VTEC juga gak? atau jangan2 variable valving itu dilarang regulasi? gw gak ngerti F1 nih
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Post by Hikoza »

gemelli wrote:Dulu jaman jaya2-nya Ayrton Senna McLaren kan Honda engine-nya.
Williams juga pernah make.
Waktu itu regulasi boleh pake Turbo, Tapi Honda kemudian quit dari F1 di masa puncak kejayaan.
Sekarang..... lagi mencoba mengais kembali ke papan atas dengan full team Honda.
Yup, Mc Laren era Ayrton Senna pake engine Honda. Wkt itu mobil Mc Laren dominasi wrn putih dan merah, bukan silver item kyk skrg.
Klo tidak salah inget, Honda quit dari F1 bukan saat peak performance. Season 1999 klo tidak salah, tim Jordan pake engine Honda, dan termasuk tim medioker. CMIIW.....
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

saya ingat banget tuh. honda dulu sponsor utamanya Marlboro... dan design mobilnya yah putih dominan dan ada M-nya Marlboro yg sekarang nongkrong di Ferrari...:)

jaman dulu Honda hebat. memang dia quit waktu gak pegang constructor championship. tapi gak dlm keadaan tersorok juga. cuman gak menang doank taun itu... hehehe.

ini ada linknya tentang Honda, kalo tertarik baca.
http://www.f1network.net/main/s169/st19511.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_Racing_F1
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Bro Strade, mesin VTEC kan digunakan untuk memodifikasi kem untuk kecepatan rendah yang hemat bensin atau kecepatan tinggi. Kalau di F1 pasti mesin dipacu untuk menghasilkan tenaga penuh tanpa henti. Jadi penggunaan VTEC gak ada gunanya.

Setau gw aturan di F1 tidak memperbolehkan segala macam bentuk variabel apapun yang termasuk didalamnya intake, exhaust, variable valve timing. Jadi ya peningkatan kinerja mesin cuma boleh secara teknis aja, kayak pneumatic valve menggantikan valve tradisional.

Untuk masuknya Ross Brawn ke Honda F1 mungkin hasil baru bisa dilihat pertengahan musim balap atau awal musim 2009. Datangnya satu orang untuk merubah sistem kayaknya pasti memakan waktu, dan sistem adalah hal yang perlu diubah di tubuh Honda F1. Masa kalibrasi wind tunnel bisa salah... Yang bener aja.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Ya bisa aja lahh.. Ferrari bisa hebat juga karena pengalaman bangun wind tunnel jg lama tuh. Tapi biasanya setelah nyulik direkturnya, ntar teknisinya juga ngikut tuh. Cuma yg pasti kalu sekedar teknisi ga bakal disorot press. Tapi itu udah umum terjadi. Jadi yg pindah yg pasti bukan cuma satu orang, tapi satu tim.

Itu pinternya Honda, ga kayak McLaren, yg dicuri cuma gambar. Begitu ketauan jelas malu tuh. Kalu kyk Honda gini jelasss.... :D

Sama2 mencuri teknologi, tapi sanksinya beda...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Pada tahon 1986-1987 ... Honda CIVIC 1500 CC diubah menjadi V6 engine. Dipakai-in TURBO dengan Boost Pressure 72 PSI (3 Bars). BBM nya adalah Campuran 84% TOLUENE + 16% HEPTANE ... yang mana nilai OKTAN-nya masih memenuhi batas maksimal (RON 104). Power yang didapat adalah 1500 HP. Setelah itu F1 gak boleh pakai TURBO dan BBM nya mesti menggunakan yang standard BBM dengan maksimum RON = 104.
Image
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

PenyuTurbo wrote:Pada tahon 1986-1987 ... Honda CIVIC 1500 CC diubah menjadi V6 engine. Dipakai-in TURBO dengan Boost Pressure 72 PSI (3 Bars). BBM nya adalah Campuran 84% TOLUENE + 16% HEPTANE ... yang mana nilai OKTAN-nya masih memenuhi batas maksimal (RON 104). Power yang didapat adalah 1500 HP. Setelah itu F1 gak boleh pakai TURBO dan BBM nya mesti menggunakan yang standard BBM dengan maksimum RON = 104.
Wow, outputnya menakjubkan
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Post by gemelli »

Teknologi F1 Honda tahun 90-an yg di aplikasikan ke mobil sehari-hari itu PGM-F1 (Programmed Fuel Injection) - kalo ga salah di pakai mulai Maestro & Genio.

Seingat saya Honda quit total setelah McLaren, dan baru comeback lagi dgn Jordan, trus tim ini di beli sama BAR (Bristish American Racing) jadi tim BAR Honda, dan karena regulasi F1 melarang sponsor rokok trus di akuisisi Honda jadi full team Honda........ CMIIW
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Sekarang PGM-FI masuk ke motor bebek, jadi supra X pgm-fi :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
budi1bogor
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17

Post by budi1bogor »

StRaDe_Jazz wrote:
PenyuTurbo wrote:Pada tahon 1986-1987 ... Honda CIVIC 1500 CC diubah menjadi V6 engine. Dipakai-in TURBO dengan Boost Pressure 72 PSI (3 Bars). BBM nya adalah Campuran 84% TOLUENE + 16% HEPTANE ... yang mana nilai OKTAN-nya masih memenuhi batas maksimal (RON 104). Power yang didapat adalah 1500 HP. Setelah itu F1 gak boleh pakai TURBO dan BBM nya mesti menggunakan yang standard BBM dengan maksimum RON = 104.
Wow, outputnya menakjubkan
Kalo F1 sekarang punya daya spt itu, kontrol traksi hilang, safety level lebih tinggi, kayaknya jauh lebih seru ya...makin keliatan keahlian tiap pembalapnya.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

ga sabar mau liat F1 Singapore! di jalan biasa dan malam hari pula!!
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Gossip F1 2008

Post by y_anjasrana »

Sebetulnya balap malam utk mobil mah biasa aja. Di NASCAR, balapan malam udah rutin. Apalagi utk mobil versi tanpa lampu seperti mobil NASCAR dan F1 jelas harus didukung lampu sirkuit yg seperti lampu stadion bola. Jadi pasti terang benderang. Beda dgn balap ketahanan seperti LeMans 24 hours atau bahkan WRC yang jalur balapnya gelap gulita.

Yang tanda tanya justru di MotoGP, tepatnya GP Qatar 2008. Karena seterang apapun lampu sirkuit, pasti akan menimbulkan bayangan. Nah bayangan ini yang akan mengganggu pandangan pembalap saat menikung. Perhatiin aja di TV saat tayangan bola. Pasti bayangan pemainnya ada 4. Nah utk MotoGP entah bakal ada berapa bayangan motor.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Gossip F1 2008

Post by kutkuy »

NASCAR, LEMANS udah pernah nonton live yg malem, tapi F1 blom jadi pengen liat :) NASCAR paling aneh kata gua, cuma muter2 doang, nenek2 asal bisa belok kiri/kanan dikit, gas, udah deh bisa ikut NASCAR hahahha.. (no offense yah nascar fans)
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Gossip F1 2008

Post by y_anjasrana »

Justru itu yg bikin gw kagum ma Nascar. Dgn tenaga mesin sama, track gitu2 aja. Pasti susah banget nyusulnya. Khan jalannya pasti top speed trus. Tinggal pinter2 slip stream aja. Makin besar rombongannya, makin cepet jalannya.

Cuma kalu disuruh nonton dari start mpe finish..... Ga janji deh. Pasti ketiduran....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Gossip F1 2008

Post by imsus2c »

^^^
Nyusulnya kalo pas lagi ada yg tabrakan/crash...nah...baru rame-rama pada nyalip tuh... Karena tenaga mesin relatif sama dan tracknya gitu2 aja,sepertinya di NASCAR pembalapnya cenderung agresif sama rivalnya yach? Kadang kalo habis crash, keliatan drivernya emosi dan pengin brantem
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re:

Post by blindzero »

kutkuy wrote:ga sabar mau liat F1 Singapore! di jalan biasa dan malam hari pula!!
ntar banyak gedung yang kacanya pecah ga ya........................

gw pernah denger cerita dari temen di melbourne, katanya waktu ada F1, di city itu bisa denger raungan F1'nya..... walau ga jelas tapi bisa kedenger ...... gimana kalau di singapore..yang kecil kayak gitu...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Gossip F1 2008

Post by y_anjasrana »

Ga lahh.. Kecepatan F1 masih setara dgn kecepatan pesawat terbang di darat, alias lagi take-off. Kaca2 pecah bila kecepatannya dah tembus kecepatan suara. Sori lupa persisnya berapa km/jam. Tapi yg jelas berisik banget. Dulu pernah punya cd rekaman suara mobil F1. Ga berani setel kenceng2. Soalnya berisik banget. Maklum mobil F1 kan ga punya knalpot. Yg namanya knalpot bentuknya khan cuma pipa yg panjangnya ga seberapa, nongol dari ga jauh dari mesin. Ga ada tuh namanya silencer segala.
Accurate V5 Accounting System Consultant