Suzuki Every

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

joe p chandra
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Nov 26, 2004 4:45

Suzuki Every

Post by joe p chandra »

Halo,

Gw kan pakai Suzuki Every, kenapa kadang timbul ngelitik yah.
Padahal gw pakai bln Mei dan pakai pertamax plus.
Apa rkn2 ada yang alami hal yang sama ?
[/quote]
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Mungkin setelan CO nya sudah gak pas....harus di setel ulang.....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah bener tuh pak mungkin stel an mesin nya aja ngak pas.
tiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 13, 2004 10:32

Post by tiko »

Saya juga pake suzuki every sejak april sampe sekarang baek-baek saja saya sehari-hari pake pertamax (bukan yg plus). Coba ganti ke pertamax karena sebenernya every ini hanya butuh bensin dengan oktan 85. Alesan saya pake pertamax hanya karena ada catalyticnya dan di bandung belum ada premium TT.

Emang mesin every ini bisa di setel ? apanya yang di setel setiap service rutin ke bangkel saya liat mereka hanya cek emisi dan injek lampu rem lama-lama saya curiga ini cara untuk reset ECUnya. Karena sudah pake ECU gini apalagi ya yang disetel mohon penjelasanya donk.

Kalau catalyticnya dicopot apakah merusak mesin sih ? saya liat tidak ada sensor apapun di CATtnya mulai mufler sampe header hanya ada oxygen sensor yg letaknya di header (sebelum CAT)

Mohon pencerahannya
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

biasanya sensor memang mounted lebih dekat ke body mesin daripada ke cc-nya sendiri. setahu gue justru ngga ada yg pasang sensor di body cc-nya.

mengenai efek cc kalo dicopot pernah dibahas di thread ini :
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=1410
tiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 13, 2004 10:32

Post by tiko »

Pernah baca di otomotif justru oxygen sensor tdk boleh dicopot ini bertentangan dengan artikel di linknya bung carstensz30. Tambah bingung mending ga usah dicopot saja deh daripada ntar ada apa-apa.

btw saya pernah orang bengkel bilang w apakah semua mobil injeksi pasti punya oksigen sensor bener ga sih ? tdnya saya pikir hanya yang ada CAT saja yang pake oksigen sensor
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

kalo dibaca dgn teliti di link tsb, oxigen sensor memang sebaiknya jangan dicopot karena ini yg memberi input ke ECU perbandingan bensin & udara yg tepat berdasar output gas buang.

cc-nya sendiri (yg bentuk kayak sarang tawon) mah kalo mau dicopot ya gpp, efeknya cuman gas buang ngga disaring aja (sama kayak mobil lain yg tanpa cc)--> polusi.

ngga ada hubungan langsung antara cc dgn oksigen sensor, ini mah fungsinya sendiri2. cc ya cuma untuk saring gas buang, period.
kalo oksigen sensor urusannya ya sama ECU, biasanya mobil yg sudah dilengkapi dgn ECU punya beberapa sensor, salah satunya ya oksigen sensor yg ditempatkan di deket cc.
tiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 13, 2004 10:32

Post by tiko »

Bung carstensz30, seandainya saya copot pipa penggantinya apakah ada yang sudah jual tinggal plug and play gitu atao kudu pesen dulu ? ada rekomendasi merknya dan kisaran harganya ?
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

i have no idea, unfortunately gue ngga tahu merk or harganya, tapi coba aja tanya ke bengkel2 knalpot, biasanya mereka ada tuh, tinggal pilih yg modif atau keluaran pabrik.
joe p chandra
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Nov 26, 2004 4:45

Post by joe p chandra »

Bung Tiko
Akhirnya ketemu juga nih pemakai every.
Apa betul every cuma butuh oktan 85?
Kalau gitu bisa pakai premium TT dong, untuk di Jakarta.
Gue udah tanya sama bengkel suzuki 2 tempat RMK&BIT, mereka bilang harus pakai pertamax, malah lebih baik pertamax plus.
Jadi yang betul yang mana yah ?

Soalnya kalau pakai pertamax sekarang ini, kantong bisa jebol nih. Makanya tuh mobil gue istirahatkan dulu. Sampai ada informasi yang pernah pakai premium TT.

Ada ngak sih club untuk every.
Tolong kabarnya bung tiko
tiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 13, 2004 10:32

Post by tiko »

Menurut buku memang benar hanya butuh oktan 85, Liat liat di japancar.ru spek mesin every ini juga bukan termasuk mesin yg menuntut oktan tinggi mesinya satu keluarga dengan apv sama -sama generasi GB hanya beda cc nya saja kalau apv bisa pake premium every juga bisa pake premium.Perbedaanya karena apv tidak ada catalytic sedang every pake catalytic, catalytic ini tidak boleh kena timbal karena bung tinggal di jakarta so pasti bisa langsung pake premium.
Saya juga pake premium namun karena di bandung belum ada premium TT jadi harus copot catalytic dulu dan saya ganti dengan pipa biasa harganya + ongkos kerja 500rebu. Sebelum ganti sempat tanya langsung ke temen di indomobil bekasi katanya Catalytic tidak boleh dicopot karena akan berakibat terhadap setelan ECU. Saya coba baca-baca artikel di internet menurut beberapa artikel kalau sensor Oksigen ada 1 dan berada di antara header dan catalytic maka catalytic aman dicopot. Nah every ini termasuk type yg ini hanya ada 1 sensor oksygen dan letaknya ada di antara header dan catalytic. Saya akhirnay putuskan untuk mencopot catalytic dan sampe sekarang sehat-sehat hanya konsumsi bensin sedikit lebih boros sekarang sekitar 1/11 untuk dalam kota. Waktu pake pertamax & ada Catalyticnya dalam kota 1/13-1/14.

semoga membantu
Last edited by tiko on Fri Feb 25, 2005 8:12, edited 3 times in total.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Gentlemen,

This is getting out of hand ! Mobil 100 juta di suruh pakai Pertamax, bahkan plus ?!

Bung Joe, jangan dengar omongan orang Suzuki. Mereka maunya gampang saja. Pakai Plus di jamin tidak ngelitik, tapi siapa yang korek dompet dalam saat isi bensin Every anda ?

Mungkin anda belum lihat forum BBM. Saya ulangkan lagi. Serena saya dan Kijang Innova banyak orang lain dua duanya pedomanya sarankan pakai bensin octane 91, yaitu Pertamax. Tapi, ASAL tidak ada Timbal (berlaku untuk Jabotabek dan banyak daerah Jawa juga katanya, check dulu), pakai Premium its OK ! Tenaga juga tidak berasa turun banyak !

Meskipun Every anda tidak ada knock sensor, its still OK. Malah cuman butuh octane 85 ! Jadi jelas Premium tanpa timbal itu minuman paling murah dan cocok untuk Every anda. Mending anda beli Premium dan selisih uangnya kasih saya untuk bayar internet saya ! :) Dari pada uang extra itu hilang lewat knalpot Every anda ! Talk abt making money disappear ! Inilah cara paling konkret ! Fill an 85 octane engine with 95 octane !! Gila itu omongan orang Suzuki !

Apakah anda puas lihat mobil 200 juta lebih bisa pakai Premium, dan Every anda harus Pertamax ? Forget abt Pertamax and save those big bucks for better oli saja. Bung Joe, jika anda isi Every anda dengan Premium TT dan masih ngelitik, saya umur hidupnya akan menyusut 5 tahun !!! U can curse me and condemn me to hell forever ! Coba deh ! ASAL TT ! Itu sajah !
tiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 13, 2004 10:32

Post by tiko »

szli wrote: Meskipun Every anda tidak ada knock sensor, its still OK. Malah cuman butuh octane 85 ! Jadi jelas Premium tanpa timbal itu minuman paling murah dan cocok untuk Every anda. Mending anda beli Premium dan selisih uangnya kasih saya untuk bayar internet saya ! :) Dari pada uang extra itu hilang lewat knalpot Every anda ! Talk abt making money disappear ! Inilah cara paling konkret ! Fill an 85 octane engine with 95 octane !! Gila itu omongan orang Suzuki !
Ralat dikit Every ada knocking sensornya bung. Mungkin menambahkan saja sampai dengan desember 2004 kemarin baru DKI, Cirebon, Karawang, sebagian jawa barat wilayah pantura dan bali yang Premiumnya bebas timbal. Untuk bogor dan daerah selatan jabar tergantung yg punya SPBU apakah bikin DO ke Balongan atau padalarang.
Kalau ke Balongan berarti bebas timbal sedang Padalarang, cilacap masih pake timbal. Untuk Jawa tengan dan Jawa timur pasti DO ke Cilacap jadi pasti masih bertimbal.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Wah ! Jadi mobil di DKI dan Jabotabek di manja juga yah ! Bisa dapat bensin TT ! Untung waktu ke Bogor saya tidak isi bensin (or did I ?)

Tapi Bogor kan part of Jabotabek. Masa belum 100% TT ? Wah, kalau gitu mending kalau mau keluar Jakarta, harus isi 110% full tank, lalu jangan pergi terlalu jauh deh !

Well, at least worse come to the worst, kan jarang keluar kota. Paling kalau takut, lama lama sekali isi Pertamax saat di luar Jakarta OK lah ! Beres deh urusannya ! Kalau ngak ada Pertamax sih keterlaluan !

Kan mayoritas isi Premium di Jakarta untuk sehari hari. Jadi kantongnya masih berat deh ! Seperti biasanya makan masakan istri yang normal. 1 bulan sekali makan di restaurant enak dan lebih mahal supaya ngak bosan dan tetap ngak bangkrut.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

tiko wrote:Menurut buku memang benar hanya butuh oktan 85, Liat liat di japancar.ru spek mesin every ini juga bukan termasuk mesin yg menuntut oktan tinggi mesinya satu keluarga dengan apv sama -sama generasi GB hanya beda cc nya saja kalau apv bisa pake premium every juga bisa pake premium.Perbedaanya karena apv tidak ada catalytic sedang every pake catalytic, catalytic ini tidak boleh kena timbal karena bung tinggal di jakarta so pasti bisa langsung pake premium.
Saya juga pake premium namun karena di bandung belum ada premium TT jadi harus copot catalytic dulu dan saya ganti dengan pipa biasa harganya + ongkos kerja 500rebu. Sebelum ganti sempat tanya langsung ke temen di indomobil bekasi katanya Catalytic tidak boleh dicopot karena akan berakibat terhadap setelan ECU. Saya coba baca-baca artikel di internet menurut beberapa artikel kalau sensor Oksigen ada 1 dan berada di antara header dan catalytic maka catalytic aman dicopot. Nah every ini termasuk type yg ini hanya ada 1 sensor oksygen dan letaknya ada di antara header dan catalytic. Saya akhirnay putuskan untuk mencopot catalytic dan sampe sekarang sehat-sehat hanya konsumsi bensin sedikit lebih boros sekarang sekitar 1/11 untuk dalam kota. Waktu pake pertamax & ada Catalyticnya dalam kota 1/13-1/14.

semoga membantu

Saya cuma ingin menambahkan, jangan percaya saran teknisi suzuki untuk pake pertamax plus...

Lah wong saya pernah liat iklan suzuki di harian kompas , (kalo gak salah minggu kemarin). Iklannya Suzuki Baleno Next-G , isi iklannya "satu2nya mobil dikelasnya yang cukup dgn memakai premium..."
tiko
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 13, 2004 10:32

Post by tiko »

Setuju bung Handling saya juga pernah liat iklan Aerio ada tulisan gede Minum Premium !!!. Saya juga yakin every cukup pake premium kalaupun terpaksa pake pertamax itu karena non timbalnya bukan karena oktanya. kecuali catalyticnya sudah dicopot spt punya saya. Hanya tinggal tunggu apakah oxygen sensornya rusak nda kena bensin timbal. Sedih deh di Bandung belum ada premium TT.

Ada yang tau apakah Xenia/Innova/Avanza yg tanpa catalytic ada oxygen sensornya nda ? kalau ada wah saya tenang deh pasti oxygen sensornya ga akan rusak kena timbal
aming
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Aug 29, 2008 14:55

Re: Suzuki Every

Post by aming »

Shock breaker depan kanan dari suzuki every saya bunyi berisik kalu jalan tidak mulus, bunyi ini hilang kalau rem diinjak. Apa perlu diganti ? bisakah diganti dengan shock dari mobil suzuki lainnya ? carry, jimny atau yang lainnya