catalicy converter tanya bisa dilepas ngak yah
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
catalicy converter tanya bisa dilepas ngak yah
ada yang tau tentang catalic converter
punya saya honda fit kan ada cc nya sama adik saya di beri premium aja udah hampir 2 tahun sekarang kalo jalan pelan jalan kota gitu ada nendang di rpm rendah njut njut tan tapi kadang2 aja.
saya takut nya pengaruh dari CC ini.
bisa ngak yah dilepas jadi kan bisa pake premium terus.
ada pengaruh nya ngak yah ama mesin.
terimakasih atas jawaban nya di tunggu secepatnya lo.
punya saya honda fit kan ada cc nya sama adik saya di beri premium aja udah hampir 2 tahun sekarang kalo jalan pelan jalan kota gitu ada nendang di rpm rendah njut njut tan tapi kadang2 aja.
saya takut nya pengaruh dari CC ini.
bisa ngak yah dilepas jadi kan bisa pake premium terus.
ada pengaruh nya ngak yah ama mesin.
terimakasih atas jawaban nya di tunggu secepatnya lo.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sat Oct 23, 2004 5:54
bisa saja bawa ke bengkel honda (resmi) untuk di-bypass.
Wo tidak yakin apakah cc sudah rusak, karena sepengetahuan wo premium kalau di jakarta sudah tanpa timbal.
Untuk memastikan sudah rusak apa tidak cc-nya, sebaiknya ditest dulu pake intelligent tester resmi dari Honda apakah kadar CO-nya berlebihan dan apakah bisa dikoreksi, dan kalo ga bisa dipastikan cc sudah rusak.
Wo tidak yakin apakah cc sudah rusak, karena sepengetahuan wo premium kalau di jakarta sudah tanpa timbal.
Untuk memastikan sudah rusak apa tidak cc-nya, sebaiknya ditest dulu pake intelligent tester resmi dari Honda apakah kadar CO-nya berlebihan dan apakah bisa dikoreksi, dan kalo ga bisa dipastikan cc sudah rusak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
wah saya sih kurang demen ke bengkel resmi honda soalnya FIT kan CBU masuk situ tambah di cekik ama mereka.
wah saya di surabaya pak,masa sih sekarang premium udah ngak pake timbal.rasanya bensin kita ini ngak ada kualitas yang bagus hehehehe.
paling saya masukin ke bengkel luar aja.lumayan owner nya juga lulusan honda jepang biaya lebih murah dan alat nya lebih lengkap hehehe.
saya sih takut nya ngak bisa di bypass aja soalnya harga CC kan mahal hehehehe.
ato pas di bypass ntar masalaha lagi kan berabe.
wah saya di surabaya pak,masa sih sekarang premium udah ngak pake timbal.rasanya bensin kita ini ngak ada kualitas yang bagus hehehehe.
paling saya masukin ke bengkel luar aja.lumayan owner nya juga lulusan honda jepang biaya lebih murah dan alat nya lebih lengkap hehehe.
saya sih takut nya ngak bisa di bypass aja soalnya harga CC kan mahal hehehehe.
ato pas di bypass ntar masalaha lagi kan berabe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Dec 01, 2004 7:49
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
- Location: carstensz
bung mpoezz,
fungsi utama dari catalytic converter adalah mengurangi emisi 3 gas yg berbahaya & berpengaruh buruk pada lingkungan :
1. CO karbon monoksida
2. VOCs volatile organic compounds
3. NOx nitrogen oxides
fungsi utama yg lain adalah sebagai system control mobil untuk mengetahui seberapa banyak oksigen di exhaust system. ECU akan memakai informasi ini untuk mengatur perbandingan udara & bensin yg tepat di ruang injeksi sehingga pembakaran menjadi sempurna.
so kalo sensor-nya ikutan dicopot, berarti ECU ngga akan mendapatkan input ini thus... ECU ngga akan bisa menentukan ratio udara & bensin yg tepat, so saran saya biarin aja (jangan dicopot), justru cc yg akan meng-adjust secara automatis kalo kita pake bensin yg tidak sesuai specs (premium) - cmiiw.
fungsi utama dari catalytic converter adalah mengurangi emisi 3 gas yg berbahaya & berpengaruh buruk pada lingkungan :
1. CO karbon monoksida
2. VOCs volatile organic compounds
3. NOx nitrogen oxides
fungsi utama yg lain adalah sebagai system control mobil untuk mengetahui seberapa banyak oksigen di exhaust system. ECU akan memakai informasi ini untuk mengatur perbandingan udara & bensin yg tepat di ruang injeksi sehingga pembakaran menjadi sempurna.
so kalo sensor-nya ikutan dicopot, berarti ECU ngga akan mendapatkan input ini thus... ECU ngga akan bisa menentukan ratio udara & bensin yg tepat, so saran saya biarin aja (jangan dicopot), justru cc yg akan meng-adjust secara automatis kalo kita pake bensin yg tidak sesuai specs (premium) - cmiiw.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
- Location: carstensz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Waduh pak.. saran gue honda Fit jgn pake Premium , ce gue ajah pake fit pake pertamax.. , kalo pake premium hasil nya gak optimal , turs tenaganya lebih boyo bensin jatohnya lebih boros , coba pake pertamax , setidaknya bensin namba hemat.. , soalnya kadar oktanya kuran dan timbal nya banyak banget di premium ,lama2 bisa nymbat di CC nya.. , makanya jadi sendut2an..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
halo bung takumi, sudah lama gak login....
Wah berat juga kalo pake pertamax yang harga 2400an dan 2700an....jatuhnya memang irit, tapi keluarin koceknya yang gak kuat , sekali isi bensin bisa langsung bokek....hiks...hik....hikk....
Jatuhnya jazz/fit gak irit lagi dong.... mungkin satu2nya cara cc nya dicopot kali ya.....coba deh bung mpoezz tanya ke honda langsung....
Wah berat juga kalo pake pertamax yang harga 2400an dan 2700an....jatuhnya memang irit, tapi keluarin koceknya yang gak kuat , sekali isi bensin bisa langsung bokek....hiks...hik....hikk....
Jatuhnya jazz/fit gak irit lagi dong.... mungkin satu2nya cara cc nya dicopot kali ya.....coba deh bung mpoezz tanya ke honda langsung....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
iya cc nya udah saya copot pak.cuman yang nyendut nyendut itu bukan dari CC nya dari TPS sensor thortle A,pedal sensor nya (kalo ngak salah nulis thortle) pas di cek di bengkel.sialnya lagi barang nya ngak ada jadi terpaksa pake njut njut an.emang sulit nih mobil CBU.
udah pernah di ganti pinjem punya nya jazz orang tapi ngak cocok masih ada njut njut an nya.
udah pernah di ganti pinjem punya nya jazz orang tapi ngak cocok masih ada njut njut an nya.
JAZZ VTEC MATIC COPOT CATALYTIC CONVERTER
MESSAGE DELETED. REASON = IRRELEVANT TOPIC
Last edited by frontier on Sun Jun 25, 2006 17:46, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Fungsi utama CC (Catalytic Converter) atau CAT :xintall wrote:Sebenernya apa sih fungsi utama dari CC ini??
maklum masih awam..
1. Mengkonversi bahan bakar yang nggak terbakar (UHC - Unburned Hydro Carbon) menjadi gas CO2 dan uap H2O.
2. Mengkonversi Hasil pembakaran yang tidak sempurna, yaitu gas CO menjadi Gas CO2.
3. Mengkonversi gas gas NOx (jika terbentuk - khususnya pada high RPM) menjadi Gas N2.
Supaya gas-gas yang keluar dari lubang knalpot hanya gas CO2, N2 dan uap H2O. Jika lubang knalpot bersih (nggak ada deposit berwarna hitam), tandanya CC berfungsi dengan baik.
Yang jadi persoalan, CC atau CAT ini berfungsi pada temperature yang tinggi. Pada saat warm-up mobil, kemacetan lalu lintas, stop and go driving dalam kota, CAT ini nggak berfungsi sebagaimana mestinya, jadi masih aja ada timbunan carbon hitam di lubang knalpot dan gas-gas beracun seperti UHC, CO dan NOx nggak sempat dikonversi, keluar melalui lubang knalpot dan mencemari lingkungan udara. CC atau CAT ini berfungsi dengan baik untuk long distance driving (highway).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Itu yang jadi kendalanya. Udah harganya mahal ... tapi nggak fungsi secara sempurna. Kalau CAT nggak berfungsi dengan baik, CAT ini pun akan jadi cepat kotor dan tersumbat. Cepat disini bukannya sebulan dua bulan tapi setahun dua tahun atau tiga ... jika hidupnya hanya dijalanan macet ... nggak pernah pulang kampung (MUDIK ... biasa lah).mpoezz wrote:wah berarti tetap berbahaya juga dong CC nya pak kalo macet stop n go
Sebenarnya sih kalau pembuat mobil dan pembuat BBM, bisa bikin mobil yang dapat membakar secara sempurna (mobil dan BBM nya bagus), maka nggak perlu ada kekawatiran pencemaran lingkungan, artinya kita nggak perlu bayar mahal-mahal untuk CAT. Mereka semua ada teknologi dan bisa, hanya mereka nggak mau. Kalau pembakarannya sempurna maka mobil akan tahan lebih lama (ini yang nggak dimaui oleh pembuat mobil) dan BBM akan jadi irit (ini yang nggak dimaui oleh pembuat BBM) - business jadi nggak bagus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang