SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 22 Sep 2014, 21:10

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next
Author Message
PostMessage posted...: 23 May 2011, 14:31 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 May 2011, 11:36
Posts: 7
Salam,

Saya baru bergabung di situs ini, mau sharing tentang problem yang saya hadapi dengan hyundai elantra. Permasalahannya adalah mobilnya jalannya tersendat-sendat (sempat juga mati kalau lagi jalan). Kalau lagi dipanasin, terlihat RPMnya suka turun sendiri sampai seperti mau mati gitu mesinnya. Sudah dicek ke bengkel (bukan beres). Dia pakai alat scanner, dan kesimpulannya adalah di air flow sensor.

Berhubung harganya mahal (ori-nya), maka saya mau dapat masukan lagi dari sini. Kemarin dikasih tau harganya sampai 3 juta. Siapa tahu, problemnya ada di sektor lain (mungkin perlu dites bagian lainnya). Atau, mungkin kalau memang sudah betul problemnya di air flow sensor, ada info nggak barang merek lain yang sepadan? Jika ada merek lain, carinya di mana di Jakarta?

Thanks!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2011, 15:01 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 21 Apr 2008, 15:00
Posts: 96
Location: pekanbaru
hyundai yg usianya udah lawas...memang sensor air flow udah jadi penyakit om...
ane lepas getz ane salah satunya juga krn itu penyakitnya...rpm suka ngga stabil ( kalo di getz ane suka naek sendiri)
cara praktisnya pas rpm tiba2 ngga stabil...coba di kejut gasnya ( tp kopling diinjek ya...atau netral posisi dulu)...itu cuma p3k aja...solusinya ya harus ganti sensor dan ngga ada KW nya...sensor ya ori hyundai bro :e-doh:

_________________
just sijinem user


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2011, 15:40 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Padanannya ada om, mitsu lancer dan gan DOHC 1600cc engine 4G61, mungkin sama, perlu cek dan ricek dulu bener sama apa ngga, kalo sama bisa pake copotan, kalo brand new punya lancer kemungkinan besar harganya lebih mahal.

Sebenernya ada beberapa kemungkinan penyebab rpm turun, yg paling sering adalah servo, eterna ane juga tadinya rpm turun kalo nyalain ac, tp sembuh setelah ane bersihin servo sendiri ngga ngeluarin biaya apa2, tp kalo bengkel resmi udah diagnosa AFS mungkin bener, ada baiknya juga cari second opinion..

Ada web page tulisan Pak Saft yg membahas rpm turun ini, link-nya ane taro di kaskus trit "buat mits eterna" page 7 kalo ga salah.. Mirip2 lah mesin elantra dgn eterna, sama2 mitsu engine 4G6 series


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2011, 16:21 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 May 2011, 11:36
Posts: 7
Terima kasih atas tanggapannya.

Dari berbagai informasi, tampaknya memang betul air flow sensor ini sumbernya, meskipun tetap ada yang menyarankan untuk second opinion di bengkel lain (saya sih tetap berharap, bukan di air flow sensor).

Ini penyakit umum mobil tua, atau ini memang penyakit umum khususnya hyundai? Lebih khusus, hyundai elantra?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2011, 17:35 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6193
Location: almost there...
airflow wrote:
Terima kasih atas tanggapannya.

Dari berbagai informasi, tampaknya memang betul air flow sensor ini sumbernya, meskipun tetap ada yang menyarankan untuk second opinion di bengkel lain (saya sih tetap berharap, bukan di air flow sensor).

Ini penyakit umum mobil tua, atau ini memang penyakit umum khususnya hyundai? Lebih khusus, hyundai elantra?


kalo memang hasil scanner bilang airflow-nya...ya mungkin memang harus ganti pak

hal lain yg pengaruh ke naik turun rpm, cek juga idle speed control-nya, letaknya ada deket throttle body

btw, airflow ini perangkat elektronis, jadi memang ada umur pakai teknisnya meski tdk bisa dibilang dengan pasti berapa lama

dan jangan salah, meski mobilnya hyundai, sebagaian parts elektroniknya (termasuk airflow) umumnya buatan BOSCH (jerman)

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2011, 17:59 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 29 May 2007, 19:23
Posts: 3911
Location: Ciganjur, Jaxel
Harga baru punya Lancer malah 2,6 jt. Harusnya si Hyundai lebih murah. Padahal barangnya sama aja.
Kalo mau murah si sebenarnya bisa bongkar komponen elektriknya, asal berani aja.
Dulu PCB dilepas, trus dibawa ke tukang radio, ganti 1 kapasitor. Kapasitor buatan Jepang Rp 3.000,00
Tapi bisa jadi bukan kapasitor itu, tapi ada komponen elektrik yang lain.

Atau beli copotan. Tapi tanya dulu part number-nya. Kayaknya si bener kata om gmx, airflow Elantra sama Dan Gan 1.6 yang 4G61 sama.


Semoga membantu.

_________________
Angelic Femalewear
Image <<<Click her to take a look of our collection


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2011, 18:18 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
airflow wrote:
Terima kasih atas tanggapannya.

Dari berbagai informasi, tampaknya memang betul air flow sensor ini sumbernya, meskipun tetap ada yang menyarankan untuk second opinion di bengkel lain (saya sih tetap berharap, bukan di air flow sensor).

Ini penyakit umum mobil tua, atau ini memang penyakit umum khususnya hyundai? Lebih khusus, hyundai elantra?


Mesin injeksi memang memerlukan adanya ECU dan sensor2, semuanya adalah komponen elektronik yg tentu tidak lebih kuat, lebih rentan terhadap air, dan harganya lebih mahal dibanding komponen mekanik, apalagi udah berumur.. Elantra termasuk sederhana om elektroniknya, ngga seperti mobil2 baru ada abs, eps, aws dll..

Tambahan lagi, perawatan yg baik akan memperpanjang umur dibanding yg tidak terawat, eterna saya udah umur 20 thn Alhamdulillah baik2 aja, saya juga lagi belajar tuning 4G6 engine nih, males ke bengkel buat muter2 baut doang, Alhamdulillah eterna yg tadinya rpm naik turun, jalan ndut2an, sekarang udah smooth, lg nyoba nyetel2 untuk optimasi pemakaian dalkot macet2an nih..

Btw, Kalo om indrayandi getz nya udah mulai rewel AFSnya, mesinnya nggilitik, Alhamdulillah getz saya masih baik2 aja nih om..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 May 2011, 21:54 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
nah ini dia --> http://nbctcp.wordpress.com/2008/06/09/ ... n-langsam/

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 May 2011, 09:17 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 21 Apr 2008, 15:00
Posts: 96
Location: pekanbaru
gmx wrote:
airflow wrote:

Btw, Kalo om indrayandi getz nya udah mulai rewel AFSnya, mesinnya nggilitik, Alhamdulillah getz saya masih baik2 aja nih om..


bener tuh om gmx...kalo AFS udah kena...gejalanya mesin gampang gelitik disetiap tingkat kecepatan ( bunyinya bikin streees nih :e-wall: ), accelerasi dan deselerasi ada gejala ndut - ndutan,
waktu saya beli saya ngga tau blas masalah ini...jadi ketipu sama showroom mobkasnya...jadi mudahan2 tidak terjadi sama bro yg minat dgn hyundai kondisi second hand

_________________
just sijinem user


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 May 2011, 11:48 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 May 2011, 11:36
Posts: 7
indrayandi wrote:
gmx wrote:
airflow wrote:

Btw, Kalo om indrayandi getz nya udah mulai rewel AFSnya, mesinnya nggilitik, Alhamdulillah getz saya masih baik2 aja nih om..


bener tuh om gmx...kalo AFS udah kena...gejalanya mesin gampang gelitik disetiap tingkat kecepatan ( bunyinya bikin streees nih :e-wall: ), accelerasi dan deselerasi ada gejala ndut - ndutan,
waktu saya beli saya ngga tau blas masalah ini...jadi ketipu sama showroom mobkasnya...jadi mudahan2 tidak terjadi sama bro yg minat dgn hyundai kondisi second hand


Iya, sama gejalanya. Kalau dibawa jalan, mobilnya endut-endutan. Kalau dipanasin, RPM-nya turun naik dan pada titik tertentu, mesinnya sampai mau mati.

Thanks a lot!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 May 2011, 22:22 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 May 2011, 11:36
Posts: 7
Alhamdulillah, akhirnya solve juga, setelah air flow sensornya diganti dengan yang baru, meski bukan original dari Hyundai. AFS-nya yang ini juga buatan Korea, mereknya Kefico.

Sekarang sudah tidak endut-endutan lagi, dan RPMnya sudah tidak naik turun lagi.

Demikian sharing infonya....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 May 2011, 05:27 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
dapet di mana om, berapa harganya?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 May 2011, 11:19 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 May 2011, 11:36
Posts: 7
gmx wrote:
dapet di mana om, berapa harganya?


Dapat di Senen Atrium, harganya 600 ribu. Itu made in Korea juga. Kalau yang real original, harganya sampai 4 juta.

Alhamdulillah, sekarang mobilnya sudah lancar jaya...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 May 2011, 15:05 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Terjangkau jg harganya ga sampe jutaan.. Selamat ya om..

Btw, ada info ngga apa yg menyebabkab airflow sensornya rusak? Info yg bermanfaat buat teman2 lain mencegah kerusakan airflow..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 May 2011, 18:49 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6193
Location: almost there...
airflow wrote:
gmx wrote:
dapet di mana om, berapa harganya?


Dapat di Senen Atrium, harganya 600 ribu. Itu made in Korea juga. Kalau yang real original, harganya sampai 4 juta.

Alhamdulillah, sekarang mobilnya sudah lancar jaya...

gmx wrote:
Terjangkau jg harganya ga sampe jutaan.. Selamat ya om..

Btw, ada info ngga apa yg menyebabkab airflow sensornya rusak? Info yg bermanfaat buat teman2 lain mencegah kerusakan airflow..


betul, kalo bisa cari alternatif..., jgn terlalu tergantung sama BeRes
dulu pernah ganti airflow buat santa fe, pricelist BeRes 5.9jt, tapi dapat barang dari toko non BeRes "cuma" 2.5jt, sama2 merk Bosch dan made in Germany, cuman ga ada garansi aja...tapi sampe sekarang (sudah 1.5 tahun) ya sehat2 aja kok :D

imo, yg bikin airflow cepet rusak, selain usia, juga kebersihan udara yg masuk.
umumnya di hyundai, udara setelah lewat filter, akan melalui airflow ini
saran, sering2 dibersihkan air filternya, dan kalo memang saatnya ganti, segera ganti

konon filter yg model racing (open air filter) dan yg aftermarket oil-based, dicurigai sebagai salah satu penyebab air flow cepet rusak

saran lain, setiap tune up atau ganti air filter, bersihkan juga airflow-nya
disemprot pakai udara kering bertekanan rendah dan ditambahkan air flow cleaner
air flow cleaner ini modelnya seperti contact cleaner, tapi khusus buat air flow, dan sayangnya, harganya lumayan mahal...sekitar 150-200ribu per kaleng (kalo ga salah ingat), tapi mengingat frekuensi pemakaiannya yg jarang (paling cepet 5000km sekali) kayakanya cukup worth it buat beli air flow cleaner ini

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 May 2011, 09:28 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 May 2011, 11:36
Posts: 7
imsus2c wrote:
airflow wrote:
gmx wrote:
dapet di mana om, berapa harganya?


Dapat di Senen Atrium, harganya 600 ribu. Itu made in Korea juga. Kalau yang real original, harganya sampai 4 juta.

Alhamdulillah, sekarang mobilnya sudah lancar jaya...

gmx wrote:
Terjangkau jg harganya ga sampe jutaan.. Selamat ya om..

Btw, ada info ngga apa yg menyebabkab airflow sensornya rusak? Info yg bermanfaat buat teman2 lain mencegah kerusakan airflow..


betul, kalo bisa cari alternatif..., jgn terlalu tergantung sama BeRes
dulu pernah ganti airflow buat santa fe, pricelist BeRes 5.9jt, tapi dapat barang dari toko non BeRes "cuma" 2.5jt, sama2 merk Bosch dan made in Germany, cuman ga ada garansi aja...tapi sampe sekarang (sudah 1.5 tahun) ya sehat2 aja kok :D

imo, yg bikin airflow cepet rusak, selain usia, juga kebersihan udara yg masuk.
umumnya di hyundai, udara setelah lewat filter, akan melalui airflow ini
saran, sering2 dibersihkan air filternya, dan kalo memang saatnya ganti, segera ganti

konon filter yg model racing (open air filter) dan yg aftermarket oil-based, dicurigai sebagai salah satu penyebab air flow cepet rusak

saran lain, setiap tune up atau ganti air filter, bersihkan juga airflow-nya
disemprot pakai udara kering bertekanan rendah dan ditambahkan air flow cleaner
air flow cleaner ini modelnya seperti contact cleaner, tapi khusus buat air flow, dan sayangnya, harganya lumayan mahal...sekitar 150-200ribu per kaleng (kalo ga salah ingat), tapi mengingat frekuensi pemakaiannya yg jarang (paling cepet 5000km sekali) kayakanya cukup worth it buat beli air flow cleaner ini


Makasih atas informasinya...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 May 2011, 09:39 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 May 2011, 11:36
Posts: 7
gmx wrote:
Terjangkau jg harganya ga sampe jutaan.. Selamat ya om..



Iya, terima kasih.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Feb 2012, 20:28 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
airflow wrote:
gmx wrote:
dapet di mana om, berapa harganya?


Dapat di Senen Atrium, harganya 600 ribu. Itu made in Korea juga. Kalau yang real original, harganya sampai 4 juta.

Alhamdulillah, sekarang mobilnya sudah lancar jaya...



hidup senen !! :off_good:

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Feb 2012, 10:41 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
elantra tu klo bimantaranya nenggala kan ya?
tp keknya yg terjual cukup byk waktu itu tu bimantara cakra ya? knp begitu?
klo cakra tu hyundai apa?

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Feb 2012, 12:11 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9264
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
accent klo ga salah pak

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Feb 2012, 12:31 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Posts: 1977
Location: Indonesia
saya sangat bersyukur memiliki timor mobil yg handal dan spare partnya sangat murah

- Idle speed control valve assy cuma Rp 650 000 coba jepang Pret ............

- support bracket shocks Kia Picanto Rp 500 000 Timor cuma Rp 125 000

- Throttle body timor Rp 500 000

- Kabel busi timor Rp 200 000 coba mazda familia Rp 900 000

- Pump steering assy berikut Pulinya Rp 1000000

- Delco assy Rp 900 000

_________________
Google search Engine


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Feb 2012, 06:32 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8082
Location: Kebayoran Lama
klu pake hyundai, jgn ke beresnya, mahal bgt. ga tanggung2 getoknya. bulan lalu sy ganti 2 sensor cuma abis 800rban (beli di atrium senen). kalu di beres bisa 1,5jt. pdhl barang sama persis. dulu waktu hrs ganti tierod, anggaran di beres 2jt, begitu belanja di senen cuma 500rb. jauh bgt...

masalah mesin, biasanya ya cuma di sensor2nya aja. rpm naik turun ga jelas. klu ga ada budget utk beli baru, utk idle speed, bisa diakali dgn buat paking sendiri yg ukuran lubangnya lebih kecil dari standardnya. :big_peace:

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Feb 2012, 00:41 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6193
Location: almost there...
andy1800 wrote:
elantra tu klo bimantaranya nenggala kan ya?
tp keknya yg terjual cukup byk waktu itu tu bimantara cakra ya? knp begitu?
klo cakra tu hyundai apa?
doq wrote:
accent klo ga salah pak


sepertinya iya... cakra=accent

mengenai kenapa cakra/accent lebih banyak, kemungkinan lagi masalah "selera lokal" mengenai kapasitas mesin
seingat saya, nenggala/elantra itu 1600cc, kalau cakra/accent 1500 cc

koreksi kalau salah ya...:D

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Feb 2012, 15:01 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8082
Location: Kebayoran Lama
elantra yg baru malah ga masuk sini om... yg masuk malah grand avega...

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 08:20 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
Selamat pagi rekan-rekan, saya newbee nieh, mohon pencerahan tadinya pengguna motor yang mencoba beralih punya mobil, maklum ini mobil pertama.karena sekarang punya istri punya anak, hehehe baru aja membeli hyundai elantra tahun 1995 1.6 gls. ada beberapa pertanyaan, mengenai beberapa mesin hyundai : (mohon pencerahan untuk yang punya info)

1. Untuk stater awal apakah memang tahun 95 hyundai harus menginjak kopling.
2. Stater ketika mulai kadang-kadang perlu tiga kali kontak, tenaga ada tapi tidak langsung nyala, kemarin di ahli dinamo, dipasang relay dan masih seperti itu kadang-kaadang kira kira kenapa ya pak.

3. Tadi pagi Ketika dipanaskan mesin berasap putih butuh waktu 30 menit untuk asap hilang, ini sama seperti ketika kemarin sehabis ganti oli, butuh 30 menit untuk asapnya hilang apakah normal pak kalau tidak kenapa ya pak.
4. untuk rpm , ketika mesin tanpa menyalakan ac rp m berada di 1000 dan 900, dan bunyi knalpot tidak stabil turun naik, tetapi dimesin tidak, ketika ac dinyalakan rpm tetap di jarak tersebut dan stabil. apakah normal, kalau tidak kira-kira apa penyebabnya. dan baru dua hari ini kalo lagi dijalan tiba tiba rpm turun naek trus normal lagi kaya hilang gas gitu deh.
5. Karpet mobil basah kenapa ya...
6. Untuk ban apakah aman membeli ban bekas pak, mengingat keterbatasan dana.
7. Untuk penggunaan oli mesin apakah ada pengaruhnya pak sama bunyi mesin, beda merek beda kualitas, saya pakai oli pert***** prima XP.
8. ada yang punya info nggak bengkel hyundai alternatif di bekasi atau jakarta timur

:mky_01:

thanks


Last edited by imsus2c on 03 Apr 2012, 12:34, edited 1 time in total.
topic ini lanjutan dari penggabungan 2 topic dengan bahasan yang sama


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 17 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com