kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8914
Joined: 15 Aug 2010, 14:20

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby ak4ng » 01 Dec 2010, 13:11

waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13671
Joined: 06 Nov 2008, 16:28

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby maskopat » 01 Dec 2010, 13:18

ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang

pusing kenapa k4ng? :e-think:
next mods:
uchychan
ak4ng

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8914
Joined: 15 Aug 2010, 14:20

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby ak4ng » 01 Dec 2010, 13:28

maskopat wrote:
ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang

pusing kenapa k4ng? :e-think:
getaran berasa gempa,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13671
Joined: 06 Nov 2008, 16:28

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby maskopat » 01 Dec 2010, 13:42

ak4ng wrote:
maskopat wrote:
ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang

pusing kenapa k4ng? :e-think:
getaran berasa gempa,

emang di skala berapa richter? :e-think:
next mods:
uchychan
ak4ng

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8914
Joined: 15 Aug 2010, 14:20

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby ak4ng » 01 Dec 2010, 14:06

sekitar 6an lah, apalagi kalo brenti lampu merah, lebih bergetar
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3093
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby m4rio » 01 Dec 2010, 19:56

ahh.. itu mesinnnya lagi gk fit kali tuh,to mounting2nya udah waktunya di ganti.. panther ane ja gk mpe yang kyk diceritain kok...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14129
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby DOHC » 01 Dec 2010, 20:00

stelan idle mesin yg kelewat rendah jg bisa... mesin bergeter hebat... cuman hebat nya ini mesin kaga mati, tapi geter2 kuat.... sama kaya di kijang2 jadul dulu.. stelan karbu nya kalo kelewat miskin jg geter2, cuman geter2 ga lama mati mesin....
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3093
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby m4rio » 01 Dec 2010, 20:03

kapsul 97 wrote:tapi biasanya orang yang sering pake mobil bensin begitu coba starter mobil solar aga ill feel ya ...

dulu waktu lagi cari mobil nyoba starter mobil solar, waktu itu kijang kapsul taon 98 solar ... begeter banget ...

:big_peace:

tapi belakangan ini waktu itu pas lagi ditempat cucian mobil, tukang cuci minta tolong mindahin mobil yang abis dicuci karena orang yng punya mobil gi ga ada di tempat, mobil nya Kuda solar.. wuidihh, geter nya juga bikin shock ...

tapi taon keluaran kendaraan (masa pakai maksudnya) sama perawatan ngaruh ga ya finally menentukan 'besar' nya getaran mobil solar ini ?



itu karena mesinnya masih dingin tuh.. jadi pembakarannya masih belom stabil tapi kalo udah panas mah mesin diesel yang sehat biarpun konvensional kyk panther pun juga cukup stabil... kalo di mesin bensin kan ada auto choke tuh, jadi pas starter RPM lgsg tinggi jadi geternya gk berasa deh ( di kijang kapsul bokep ane ada nih )

kalo mesin bensin pas dingin gk ada auto choke trus chokenya gk di tarik juga bakal geter kok, contohnya kyk di carry bokap ane tuh.. kalo pas pagi nyalain RPM mesin juga masih endah bgt, ya otomatis mesin jadi agak bergetar..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14129
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby DOHC » 01 Dec 2010, 20:28

perwatan mesin jg berpengaruh ke getaran mobil disel koq.... gampang aja, kalo misalnya mesin ga perna di drawat bener2, stelan klep ga perna di stel, filter2 solar ga perna di bersihin, injector mampet, ntuh getaran pasti dah kaya gempa bumi, cuman karena mesin disel konvensional rada simple aja mekanisme nya makanya mesin nya masi bisa tetep idup walaupun geter2 kaya gempa....
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby BADAK » 01 Dec 2010, 20:37

ak4ng wrote:waktu di bdg, ane di kasih pinjem panter smart, pdahal cuma dago - sokarno hata aja, pulang2 pusing, ini pengalaman ane ya, mung kin beda di tiap orang

Pasti situ abis nabrakkin tuh panther, makanya pusing mikirin balikinnya gmn :big_weee:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3093
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby m4rio » 01 Dec 2010, 20:44

dak.. lama tak ngobrol2 nih...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby BADAK » 01 Dec 2010, 20:54

Iya m4r, lama kita tidak bersua.
Gimana kalo malam ini kita kencan? :big_slap:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3093
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby m4rio » 01 Dec 2010, 21:00

wuahduu... :e-doh:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14129
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby DOHC » 01 Dec 2010, 21:12

pura2 ga liat dehh...
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7990
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby jalu » 01 Dec 2010, 21:15

bahaya..... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3093
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby m4rio » 01 Dec 2010, 21:15

gk bisa klep.. ente harus joint juga....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6447
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby imsus2c » 02 Dec 2010, 00:39

andy1800 wrote:
imsus2c wrote:makanya mesin diesel modern sekarang kompresinya jauh lebih rendah dari mesin diesel jadul, bahkan mulai mendekati mesin bensin yg rasio kompresinya super tinggi
yg dimaksdud mendekati rasio kompresi mesin bensin tu yg mesin diesel skrg atau diesel jadul, meneer ?

kalau mesin diesel skrg kan rata2 udah diturbo-in...pdhl utk dikasih turbo, kompresinya harus direndahin kan, dibanding N/A nya ?


(info yg semakin sesat :mrgreen: )

tentunya diesel sekarang meneer...yg konon mencapai 17:1 - 22:1, secara teori, mesin diesel konvensional CR-nya bisa setinggi 25:1

mesin diesel modern sudah menyentuh 14:1

mesin bensin sekarang umumnya 10:1, saya pernah baca (lupa) ada mesin bensin yg rasio-nya super tinggi, mencapai 13:1

secara metalurgi dan konstruksi material, mesin diesel kompresi tinggipun masih bisa ditendang turbo, jd ga perlu diturunin CR-nya, cmiiw...

yg perlu diperhatikan justru sistem fuel-nya jika pakai high pressure (common rail), berkaitan dgn material common railnya maupun bahan bakarnya itu sendiri

masalah penurunan CR untuk mesin turbo, rasanya dgn teknologi (termasuk teknologi metalurgi) saat ini, limitnya sudah diturunkan

kalo ga salah, mesin golf dual turbo (super/turbo charger), CR-nya 10.5:1, secara teoru lumayan tinggi untuk mesin berturbo, apalagi turbo ganda
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6447
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby imsus2c » 02 Dec 2010, 00:44

maskopat wrote:
imsus2c wrote:(info sesat...)

katanya yg bikin banyak getaran dan berisik, juga dari rasio kompresinya...semakin tinggi kompresinya jadi semakin berisik dan getar, betul begitu?

makanya mesin diesel modern sekarang kompresinya jauh lebih rendah dari mesin diesel jadul, bahkan mulai mendekati mesin bensin yg rasio kompresinya super tinggi

efeknya (positif), getaran/berisiknya mesin berkurang, trus materialnya jg ga musti se-badak mesin diesel jadul (efek lainnya, bobot lebih ringan)

tolong dikoreksi :D

memang sih, rasio kompresi diesel sekarang lebih rendah. tapi hal ini disebabkan untuk mengimbangi udara yang diinduksi oleh turbo. tentang material harusnya tetap sama2 badak.. wong tenaga yang dihasilkan diesel modern bisa 2x lipat diesel jadoel. malah menurut ane, perlu material yang lebih bagus lagi... cmiiw..


secara durability memang iya,

maksudnya, dgn cr dan metalurgi jaman dulu, mesin diesel relatif musti bahannya lebih tebal/kuat/keras untuk menahan kompresi

dengan menurunkan kompresi, bisa menggunakan material yg lebih "ramah dan ringan"

tentu saja power ouput juga lebih besar, secara dgn material seperti ini, mesin bisa dipacu ke rpm yg lebih tinggi untuk mengambil tenaga...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6447
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby imsus2c » 02 Dec 2010, 00:56

selain faktor induksi, salah satu penyebab perbedaan cr di mesin diesel ada di sistem bahan bakarnya (langsung/tdk langsung = direct/indirect)

mesin diesel direct injection, biasanya CR-nya realatif lebih rendah dibanding yg indirect

(monggo silakan dikoreksi info sesat ini :mrgreen: )
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8290
Joined: 25 Mar 2008, 02:52

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby andy1800 » 02 Dec 2010, 01:23

ooo ic ic ... :frm_salut: :frm_tumbleft: :frm_tumbright:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

jogja123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 29 Nov 2010, 13:16

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby jogja123 » 02 Dec 2010, 07:46

abis buka tret2 panther jd bnyak tau nih..
ternyata mitos ketangguhan panther banyak bnrnya..

siap2 nombok bnyak nih kalo mo bli yg panther tampang sangar..

thanks bwt master2 smua ats info2nya

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13671
Joined: 06 Nov 2008, 16:28

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby maskopat » 02 Dec 2010, 12:46

imsus2c wrote:
maskopat wrote:
imsus2c wrote:(info sesat...)

katanya yg bikin banyak getaran dan berisik, juga dari rasio kompresinya...semakin tinggi kompresinya jadi semakin berisik dan getar, betul begitu?

makanya mesin diesel modern sekarang kompresinya jauh lebih rendah dari mesin diesel jadul, bahkan mulai mendekati mesin bensin yg rasio kompresinya super tinggi

efeknya (positif), getaran/berisiknya mesin berkurang, trus materialnya jg ga musti se-badak mesin diesel jadul (efek lainnya, bobot lebih ringan)

tolong dikoreksi :D

memang sih, rasio kompresi diesel sekarang lebih rendah. tapi hal ini disebabkan untuk mengimbangi udara yang diinduksi oleh turbo. tentang material harusnya tetap sama2 badak.. wong tenaga yang dihasilkan diesel modern bisa 2x lipat diesel jadoel. malah menurut ane, perlu material yang lebih bagus lagi... cmiiw..


secara durability memang iya,

maksudnya, dgn cr dan metalurgi jaman dulu, mesin diesel relatif musti bahannya lebih tebal/kuat/keras untuk menahan kompresi

dengan menurunkan kompresi, bisa menggunakan material yg lebih "ramah dan ringan"

tentu saja power ouput juga lebih besar, secara dgn material seperti ini, mesin bisa dipacu ke rpm yg lebih tinggi untuk mengambil tenaga...

lalu hubungannya dengan getaran? apakah dengan bahan yang lebih berat, mesin akan lebih gampang bergetar? :e-think:
next mods:
uchychan
ak4ng

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6447
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby imsus2c » 02 Dec 2010, 14:45

^^^
imo, bukan dari bobotnya, tapi tingginya kompresi saat putaran masih rendah (stasioner) membuat mesin terasa bergetar :D cmiiw...

mungkin karena ini, getaran lebih banyak dirasakan saat mesin rpm rendah/stasioner dan mulai berkurang saat rpm naik, cmiiw lagi lho :D

seperti saya baca2 review mobil diesel jaman sekarang (tentunya yg advance)....saat melaju, banyak yg bilang susah dibedain dgn yg bensin karena halusnya (suara & getaran), baru saat stasioner, terasa sayup-sayup gemeretak khas diesel :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1453
Joined: 08 Apr 2010, 16:37

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby Andrian » 03 Dec 2010, 09:36

numpang oot dikit ya om...
ngomong2 soal ratio kompresi diesel, pembagian jenis solar menurut ratio kompresi mesin diesel seperti apa sih?
kalo di mesin bensin kan da jelas. kalo ratio kompresinya 7:1 s/d 9:1 itu pake oktan 88/premium, dst.

:ungg:
Image

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6447
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: kijang kapsul diesel vs panther kapsul

Postby imsus2c » 03 Dec 2010, 11:17

imo....another info sesat...tolong diluruskan :mrgreen:

meski ada hubungannya, tapi tidak langsung berkaitan dengan rasio kompresi

angka energi di bbm diesel, kalo ga salah dinyatakan dalam cetane, yg artinya adalah nilai/value dari delay saat bbm tersebut dimasukkan ke ruang bakar (injected) samapai mulai terbakar (combusted) atau disebut fuel's ignition delay, cmiiw..
semakin tinggi cetane-nya, waktu delay-nya semakin pendek, cmiiw
jadi, rada2 kebalik sama bensin, bensin oktan tinggi semakin susah dibakar (lebih tahan kompresi), kalau bbm diesel cetane tinggi justru relatif pendek masa pembakarannya (ignition delay)

tapi angka cetane yg menyatakan value ignition delay ini biasanya dipakai untuk bbm (solar) yang relatif bersif (light distillates/advanced refined)

kalo yg masih pekat (banyak residu-nya), angka ignition delay ini sering dinyatakan dalam satuan CCA (Calculated Carbon Aromaticity Index) atau CII (Calculated Ignition Index)

by default, bbm diesel energinya lebih tinggi dibanding gasoline/petrol, jadi mereka tahan terhadap kompresi yg jauh lebih tinggi dibanding petrol/gasoline/bensin,

dan jangan lupa, cara kerja mesin diesel beda dgn bensin.
di mesin bensin, bbm+udara dimasukkan dan dikompresikan bebarengan, jadi jika bensinnya beroktan rendah, dia tdk akan tahan dikompresi yang akhirnya menyala sendiri sebelum dibakar api busi
sedangkan di diesel (cmiiw), bbm+udara tidak masuk bareng, tapi udara dikompresi dulu sendirian hingga sesaat sebelum titik mati atas, barulah bbm diinjeksikan....karena proses ini, bbm akan terbakar dengan sendirinya karena tingginya tekanan dan suhu kompresi, jadi mau dikasih kompresi berapaun, bbm diesel relatif tidak masalah terhadap pre-ignition, toh dia dimasukkan bukan saat kompresi kok, tapi saat siklus kompresi sudah di puncaknya
jadi, dilihat di proses diatas resiko akibat bbm terbakar saat kompresi bisa dibilang tidak ada/kurang...cmiiw justru dia musti segera terbakar saat diinjeksikan :D

kembali ke cetane tadi,
mesin diesel sekarang, putarannya (rpm) mampu dipacu lebih tinggi dibanding diesel konvensional dulu...makanya angka output tenaga lebih tinggi dibanding yg dulu
nah...jika proses terbakarnya bbm tadi makan waktu lama, otomatis dia tidak cocok dengan siklus kompresi yang cepat (rpm tinggi), dikhawatirkan jika siklus sudah dimulai lagi, bbm belum habis terbakar/belum menghasilkan energi secara optimal
maka itu dibutuhkan bbm dengan fuel's ignition delay lebih pendek, supaya siklus kompresi+pembakaran bisa lebih cepat yg akhirnya bisa membuat rpm mesin mampu lebih tinggi lagi...yg akhirnya, dengan rumus penghasil tenaga (meski torsi sama), akan menghasilkan tenaga yg lebih besar

silakan ditambahi atau dikoreksi :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 9 guests