Hallo,
Menjelang datangnya hari Paskah, forum Seraya Motor mengadakan acara Bakti Sosial. Dimohon kiranya rekan2 forum dapat ikut berpartisipasi di dalamnya.
Link : viewtopic.php?f=13&t=22181
Jumlah dana hingga saat ini (30Mar) : 2.287.800
Terima kasih.

Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Oli Gardan dan Transmisi

Postby r1210g » 08 May 2007, 13:56

Apa sih bedanya? Ato sama?
yang bagus merk apa ya?
Butuh berapa liter sih kira2? Kalo oli mesin kan kebanyakan 4liter..
Sama oli mesin mahalan mana sih? Dengan merk yang sama yah...
Kapan waktu gantinya?
Tolong donk yg lebih ngerti kasih penjelasan yang detail, gw takut salah2 nanti malah rusak lagi nih.. apalagi kalo ke bengkel salah ngomong.. malu.. :oops: He3... Thx...

Chaser
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 10 Apr 2007, 15:52

Postby Chaser » 08 May 2007, 14:25

Liat aja di buku petunjuk mobilnya, kan biasanya dijelasin disitu oli transmisi / gardannya pake yang SAE berapa. Sebabnya setahu gw tiap2 mobil bisa lain2. Dulu aja wkt gw pake City oli transmisinya sama ama oli mesin, tp sekarang pake Camry udah beda, pake yang SAE nya 75-90..

User avatar
arinme
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 02 May 2007, 11:35

Postby arinme » 08 May 2007, 21:39

beda, kalo buat gardan speknya lebih tinggi karena kerjanya lebih berat, n gak bisa saling tukar, soalnya aditif masing-masing berbeda,dikhawatirkan bisa ngerusak komponen didalamnya

kalo honda speknya sama dengan oli mesin, tapi kalo toyota & mitsu jangan coba-coba pake oli mesin buat transmisi, ntar bisa kualat, hehehe...
CMIIW

User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: 09 Feb 2007, 23:19

Postby StRaDe_Jazz » 08 May 2007, 21:52

hooo, oli mesin buat transmisi? yg bener tuh?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D

User avatar
arinme
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 02 May 2007, 11:35

Postby arinme » 08 May 2007, 22:23

kalo pengalaman temen2 ane yang pake honda sih emang bisa, tapi kalo yang udah cvt beda la yao..

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 09 May 2007, 01:24

Nah itu dia masalahnya.. Buku Manualnya dah ilang entah kemana... Weleh2... Maklum, mobil seken bekas saudara...
Mau merawat habis2an besok nih...

- Tune Up (pastinya...)
- Ganti Oli, antara shell super dan mobil superXHP (bingung... :? )
- Ganti filternya sekalian (udah lama nih)
- Ganti filter bensin (ini juga dah lama kayaknya)
- Ganti oli transmisi (nah ini dia..)
- Ganti oli gardan (Ini juga...)
- kuras minyak rem (udah cokelat...)

Ada yang lain yang bisa bantu tentang topik oli2 an diatas?
Kalo bisa sih detail... Biar ngerti, He eh... :wink:

User avatar
arinme
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 02 May 2007, 11:35

Postby arinme » 09 May 2007, 02:10

gini bos, mobilnya apa...

trus transmisinya apa, matik ato manual?
kalo honda yang manual, macem genio de el el, oli transmisinya sama dengan oli mesin, ini dari yang ane pernah denger loh, bahkan orang bengkel langganan ane yang jago honda juga ngomong gitu.
kalo yang matic, ya pake oli ATF, kalo udah cvt macem jazz ato new city ya pake oli cvt
kalo honda yang spek transmisinya pake oli mesin, kalo dipakein oli transmisi malah denger-denger bisa rusak

kalo oli mesin, biasanya 4 liter, trus kalo ane oli transmisi 2 liter, gak tau kalo honda
harga oli gardan/transmisi ada yang mirip-mirip oli mesin, tapi tergantung merk juga. ane biasa pake oli transmisi shell spirax 75w-90, seliter kena 35rb, trus oli mesin mobil xhp 15w-50, 4liter kena 160rb

kalo soal milih oli mesin yang mana, memang maunya yang SAE berapa? kalo mobil xhp kayanya cuma ada yang 15w-50, tapi kalo shell ada yang 10w-40, setara ama fastron sintetik 10w-40

kalo mobilnya sedan, kayaknya gak perlu lho ganti oli gardan, soalnya gak pake gardan, kecuali ini mobil 4wd ato RWD

amannya sih ente nanya ama montir ato pemilik bengkelnya, gak usah malu, namanya juga belajar

trus kalo mo ganti oli, ane saranin untuk di engine flush dulu, soalnya kan gak tau tuh pemakai sebelumnya pake oli apa, n biar lebih bersih, caranya, ente beli cairan engine flush, di toko oli pasti ada, trus sebelum oli di tap/buang, masukkin cairan engine flush ke lubang oli, biarin mesin idle selama 5-15menit (oli lama blom dibuang lho yah). setelah itu matikan mesin, oli lama buang, ganti filter oli, baru masukin oli baru
baeknya filter oli ganti setiap 2 kali ganti oli

kalo tune-up biasanya cuma bebersih saringan udara, cek busi doang, sebenernya bisa dilakuin sendiri
mobilnya pake kopling hidraulis gak? kalo iya sekalian kuras minyak rem bareng minyak kopling
dicek timing belt, cek ECU (komputer mesinnya), cek kondisi rem, cek radiator, dan cek yang lain-lainnya juga...

User avatar
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 628
Joined: 24 Jul 2006, 00:54

Postby Yusaku » 09 May 2007, 06:38

StRaDe_Jazz wrote:hooo, oli mesin buat transmisi? yg bener tuh?


YUP, benar khusus hanya di honda aja dengan SAE 10W-40 atau 10W-30, tapi kalau mau pakai oli khusus bisa pakai redline MTL

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9016
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Postby Turboman » 09 May 2007, 08:32

r1210g wrote:Apa sih bedanya? Ato sama?
yang bagus merk apa ya?
Butuh berapa liter sih kira2? Kalo oli mesin kan kebanyakan 4liter..
Sama oli mesin mahalan mana sih? Dengan merk yang sama yah...
Kapan waktu gantinya?
Tolong donk yg lebih ngerti kasih penjelasan yang detail, gw takut salah2 nanti malah rusak lagi nih.. apalagi kalo ke bengkel salah ngomong.. malu.. :oops: He3... Thx...


Merek & type mobilnya disebut dulu donk oom !

sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 22 Apr 2007, 23:50

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Postby sukasuka_man » 09 May 2007, 12:46

Turboman wrote:
r1210g wrote:Apa sih bedanya? Ato sama?
yang bagus merk apa ya?
Butuh berapa liter sih kira2? Kalo oli mesin kan kebanyakan 4liter..
Sama oli mesin mahalan mana sih? Dengan merk yang sama yah...
Kapan waktu gantinya?
Tolong donk yg lebih ngerti kasih penjelasan yang detail, gw takut salah2 nanti malah rusak lagi nih.. apalagi kalo ke bengkel salah ngomong.. malu.. :oops: He3... Thx...


Merek & type mobilnya disebut dulu donk oom !


Yoi, lain merek dan type lain perlakuan.

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 09 May 2007, 22:39

Ow gitu... Suzuki Escudo '97 Manual..
Tapi kalo bisa lebih universal lah... He3.. Biar nih thread gak buat gw doank... Semakin banyak yang kasih tau berbagai merk, semakin bagus!!!Menambah pengetahuan...

Gw tadi udah ganti oli mesin (Super XHP.. 4,5 liter.. kena 171rb)+ filter + di flush (dcs),
Ganti filter bensin, Kuras minyak rem (udah basi bo! udah cokelat!!)...

Kata montirnya sih, masih bagus oli gardannya... Katanya tiap 10 rb km gantinya..

Trus ke bengkel lainnya, di tune up (setting karbu + stel klep + bersih2 pake carb cleaner) + Uji emisi...

dah selesai, MANTAP!!!! Narik mang!!! Dung, dung, tak, dung, dung...

Kalo inti dari gw buat thread ini sih, pengen tau aja, sama atau tidak...
Maksudnya sekali ganti tuh dua2nya langsung keganti ato musti ada 2 tempat pengisian, trus specnya sama atau tidak...

Kalo Honda, ga ad gardan kan? soalnya kan FWD.. btul ga?

User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: 09 Feb 2007, 23:19

Postby StRaDe_Jazz » 09 May 2007, 22:50

betol FWD... gardan ada pa kagak ya? mungkin nggak... hahaha, yah transmisinya yg kerja keras :)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?

Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739

MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D

Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 02 Jan 2007, 00:10

...

Postby Enkei » 09 May 2007, 22:53

kalo buat mobil udah agak tua. udah lebih dari 100rb. mending anda pake oli mesin yang 15W/50, jangan pake 10W/40 ato yang lebih encer. kan bisa nguap tuh olinya. jadi agak kental dikit. paling enak pake shell helix super tuh menurut aku. kalo gardan/ transmisi, mending pake Castrol EP90. :wink:

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9016
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Postby Turboman » 10 May 2007, 00:53

r1210g wrote:Ow gitu... Suzuki Escudo '97 Manual..
Tapi kalo bisa lebih universal lah... He3.. Biar nih thread gak buat gw doank... Semakin banyak yang kasih tau berbagai merk, semakin bagus!!!Menambah pengetahuan...


Oom

Mobil makin ke sini oli2 nya justru makin spesifik & bukan semakin Universal sifatnya.

Utk transmisi otomatik saja skg. ada bbrp. standard, yg umum Dexron II / III, tapi juga skg. ada JWS 3309 (Aisin Warner), Nissan juga ada standard sendiri (AT-D), Honda CVT juga ada standard sendiri, BMW & Audi (ZF) pakai ESSO LT 71141, dll.

Utk gardan (mobil RWD) ada yg require oli SAE s/d 140, ada yg 90, tapi yg jelas utk gardan API nya GL-5.

Transmisi manual juga ada yg oli kental SAE 90 (80W-90), ada yg setara oli mesin (Honda, IsPan, etc.), ada juga yg require oli ATF (trans. manual BMW).

Utk mesin, mesin2 Diesel modern yg dilengkapi DPF (Diesel Perticulate Filter) juga membutuhkan oli mesin yg kadar ash, sulphur & Fosfornya rendah, dimana masuk kategori API CJ-4 / ACEA B5 / E6 - E7.

Utk mesin gasoline yg dilengkapi berbagai hydraulic devices baik utk HLA, Cam actuator, valve actuator, dll. saat ini makin banyak yg require SAE 10W-30 / 5W-30 walaupun mobil tsb. digunakan di daerah tropis.


Maka itu buku manual jangan sampai hilang.

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 10 May 2007, 22:52

Turboman wrote:
r1210g wrote:Ow gitu... Suzuki Escudo '97 Manual..
Tapi kalo bisa lebih universal lah... He3.. Biar nih thread gak buat gw doank... Semakin banyak yang kasih tau berbagai merk, semakin bagus!!!Menambah pengetahuan...


Oom

Mobil makin ke sini oli2 nya justru makin spesifik & bukan semakin Universal sifatnya.

Utk transmisi otomatik saja skg. ada bbrp. standard, yg umum Dexron II / III, tapi juga skg. ada JWS 3309 (Aisin Warner), Nissan juga ada standard sendiri (AT-D), Honda CVT juga ada standard sendiri, BMW & Audi (ZF) pakai ESSO LT 71141, dll.

Utk gardan (mobil RWD) ada yg require oli SAE s/d 140, ada yg 90, tapi yg jelas utk gardan API nya GL-5.

Transmisi manual juga ada yg oli kental SAE 90 (80W-90), ada yg setara oli mesin (Honda, IsPan, etc.), ada juga yg require oli ATF (trans. manual BMW).

Utk mesin, mesin2 Diesel modern yg dilengkapi DPF (Diesel Perticulate Filter) juga membutuhkan oli mesin yg kadar ash, sulphur & Fosfornya rendah, dimana masuk kategori API CJ-4 / ACEA B5 / E6 - E7.

Utk mesin gasoline yg dilengkapi berbagai hydraulic devices baik utk HLA, Cam actuator, valve actuator, dll. saat ini makin banyak yg require SAE 10W-30 / 5W-30 walaupun mobil tsb. digunakan di daerah tropis.


Maka itu buku manual jangan sampai hilang.


:e-shifty: :e-shifty: :e-eh: :e-snooty: :e-think:

bingung... Hwe3... tapi thx..

Maksud ogud universal tuh bukan olinya, tapi mobil2nya.. Kalo makin banyak yang nanya dan dibahas ataupun sekadar ngasih tau, BAGUS!!!!!
kalo buku manual, bisa beli sendiri ga sih di ATPM ?

User avatar
arinme
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 02 May 2007, 11:35

Postby arinme » 11 May 2007, 12:06

r1210g wrote:kalo buku manual, bisa beli sendiri ga sih di ATPM ?


coba kontak ke indomobil suzuki via websitenya,
biasanya ditanggepin

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Postby mansetha » 14 May 2007, 11:01

untuk mesin injeksi dengan HLA, yg cocok pake oli merk apa dan sae brapa? ... nambah neh..hehehe..

User avatar
arinme
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 02 May 2007, 11:35

Postby arinme » 14 May 2007, 11:37

mansetha wrote:untuk mesin injeksi dengan HLA, yg cocok pake oli merk apa dan sae brapa? ... nambah neh..hehehe..



kalo DG cocoknya pake 15w-50 aja cukup :D

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9016
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Postby Turboman » 14 May 2007, 12:16

mansetha wrote:untuk mesin injeksi dengan HLA, yg cocok pake oli merk apa dan sae brapa? ... nambah neh..hehehe..


Minimal pakai yg 10W-40, kalau usia mobilnya masih muda pilihlah yg semi synth.

Kalau mau enak lagi kasih yg 10W-30, tapi pilih yg VI nya cukup tinggi, minimal 150 an ke atas.

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Postby mansetha » 15 May 2007, 07:43

:shock: uic ... ada dua optional neh,... pilih yg mane neh... hehehe, ujung-ujungnya tergantung "selera"... tapi trims atas masukannya, jelas jadi pertimbangan saya..... 8) kalo oli transmisi bagus pake apa (transmisi manual untuk mesin injeksi HLA), SAE brapa ... nambah lagi...hehehe... :wink:

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43

Postby r1210g » 15 May 2007, 23:39

ok deh bung mansheta..

Ini maksud ogud yang lebih universal...
He3..
Lumayan nambah pengetahuan..

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9016
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Postby Turboman » 15 May 2007, 23:51

mansetha wrote:: kalo oli transmisi bagus pake apa (transmisi manual untuk mesin injeksi HLA), SAE brapa ... nambah lagi...hehehe... :wink:


Transmisi manualnya require oli kental range 75W-90 / oli encer setara oli mesin / oli ATF (Trans. manual ZF utk BMW) ?

Lalu budgetnya brp per liternya ?

Itu dulu, baru nanti kita bahas lagi.

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Postby mansetha » 16 May 2007, 09:55

bugdetnya... relatif kan, ya kira-kira per/liter 30rb-an.... gimana ???

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9016
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Postby Turboman » 16 May 2007, 10:08

mansetha wrote:bugdetnya... relatif kan, ya kira-kira per/liter 30rb-an.... gimana ???


SAE nya donk oom ! Trans. nya butuh SAE oli mesin / oli kental 90 an ??

User avatar
arinme
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 02 May 2007, 11:35

Postby arinme » 17 May 2007, 08:48

kayanya kalo mansetha yang pake lancer, butuh yang 75w-90
cmiiw


Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests