Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by NYoman »

Btw baru coba lagi ecoboost temen, mesin nya termasuk enak tarikan nya, dan saya lupa kalau ini ternyata 3 silinder.
Memang kalau kita bawa mobil dengan turbo harus bener2 tau dimana celah turbo benar2 bekerja kalau tidak yang kita rasakan malah lag. Sama halnya dengan mitsu evo atau mobil2 berturbo lain nya.
Oh ya, sasisnya lumayan gak beda dengan fiesta lama..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by madcat015 »

NYoman wrote:Btw baru coba lagi ecoboost temen, mesin nya termasuk enak tarikan nya, dan saya lupa kalau ini ternyata 3 silinder.
Memang kalau kita bawa mobil dengan turbo harus bener2 tau dimana celah turbo benar2 bekerja kalau tidak yang kita rasakan malah lag. Sama halnya dengan mitsu evo atau mobil2 berturbo lain nya.
Oh ya, sasisnya lumayan gak beda dengan fiesta lama..
Yoi bro, ga bs asal bejek... harus hovering rpm dekat sweetspot turbo nya sebelum melepas seluruh kuda di mesin. Lain dengan NA, yang langsung jujur: lemot di low rev atau asma di hi rev.

Anyway, Ecoboost Fiesta benar2 mobil yang menarik dan menyenangkan.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by poik99 »

montirangin wrote:
poik99 wrote:bukan cuman boros doank kalo saya berasanya mah pake si kerang, malah berasa tarikannya boyo kalo pake vpower, jadi berasa kaya pake pertamax tapi aditifnya beda gitu, padahal jatohnya vpower lebih mahal dibanding per plus

kalo mau coba total pak, tarikannya lebih enak cuman ya itu cari pombensin-nya susah banget
kalo total bener om. ane juga berasa lebih enak dan lebih irit dibanding shell super. kalo vpower belom coba.
sama om, enak banget malah kalo pake total, giliran ganti shell hadeuh boyonya :big_bored: cuman enak aja ga ngantri sma pake kartu kredit kaga di cas :big_biglaugh:


pengen TD ekobos ga sempet2 :big_bored:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by sandal »

poik99 wrote:
montirangin wrote:
poik99 wrote:bukan cuman boros doank kalo saya berasanya mah pake si kerang, malah berasa tarikannya boyo kalo pake vpower, jadi berasa kaya pake pertamax tapi aditifnya beda gitu, padahal jatohnya vpower lebih mahal dibanding per plus

kalo mau coba total pak, tarikannya lebih enak cuman ya itu cari pombensin-nya susah banget
kalo total bener om. ane juga berasa lebih enak dan lebih irit dibanding shell super. kalo vpower belom coba.
sama om, enak banget malah kalo pake total, giliran ganti shell hadeuh boyonya :big_bored: cuman enak aja ga ngantri sma pake kartu kredit kaga di cas :big_biglaugh:


pengen TD ekobos ga sempet2 :big_bored:
Apalagi penasaran TD ekobos manual :big_chicken: :big_chicken:

Image
Sumber : Autonetmagz

Gigi 2 aja bisa 100 km/jam di 6000 rpm :big_slap: :big_slap:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by montirangin »

wuah napasnya panjang amat itu ecoboost.
User avatar
chacha9239
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Mon Oct 20, 2014 15:40

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by chacha9239 »

Edun eeuyyy


Sent from my iPhone using Tapatalk
JKW

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by JKW »

Ada 1 hal yang ane belum ngerti :


Kenapa FMI nggak jual Ecosport versi 1.0 ecoboost ini di Indonesia, malah jual versi Fiestanya ?


Udah jelas Ecosport jauh lebih laku banding Fiesta saat ini di Indonesia.


http://www.india.ford.com/suv/ecosport/ ... titanium-o


Entah kenapa.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by montirangin »

JKW wrote:Ada 1 hal yang ane belum ngerti :


Kenapa FMI nggak jual Ecosport versi 1.0 ecoboost ini di Indonesia, malah jual versi Fiestanya ?


Udah jelas Ecosport jauh lebih laku banding Fiesta saat ini di Indonesia.


http://www.india.ford.com/suv/ecosport/ ... titanium-o


Entah kenapa.
apa maksudnya?
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by sandal »

montirangin wrote:wuah napasnya panjang amat itu ecoboost.
Ini 5 speed manual padahal, versi luar dapet 6 speed (cmiiw)
Entah spec down transmisi manual yg berguna nih :big_grin: :big_grin:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by montirangin »

kalo 6 speed harusnya gigi 2 nya cuman 70-80kmh om sandal.
bison
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Oct 06, 2014 5:01

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by bison »

kevingrld wrote:Waduh ane juga ngerasa kalo bensin dari "kerang" boros . ane pake pert*mina yg pertamax plus kena 1:12- 1:15 dalam kota . nah giliran ane ganti kerang jadi turun signifikan jadi 1:7 . sekalipun ane bejek(pertamax plus) ane dapet lebih gede dari segitu 1:9 -10 nah kalo kerang ane pake bejek makin nyekek fuel consumptionnya kemaren kena 1:6 !!!
Oh gitu ya gan.. OK lah ane akan coba Pertamax Plus untuk ngetest konsumsi BBM di ecoboost ane.. semoga tambah irit :frm_tumbright:

Kalo soal tarikan sih, so far pake Shell Super maupun V-Power sih ok2 aja.. tarikan enak, ya tapi saya belum merasakan dan bandingkan dengan P Plus..

Oh ya, ada 1 hal mengenai Ecoboost A/T PowerShift ini: kalau mesin baru dinyalakan kemudian diajak jalan dengan A/C on, PowerShift nya suka ngelag pindah gigi.. jadi suka pindah nya di RPM 3000 gitu. Dah gitu shifting nya rada jerky, kek ketarik gitu pas shifting. Ini apalagi kalo gas nya ringan (akselerasi santai). Hal ini terjadi sekitar 10 menit awal. Setelahnya, baru normal.. shifting di 2000-2500 rpm dan mulus shifting nya...

Ada yg rasain juga?

Please don't get me wrong, this is a great car. Bawanya enak bener kalau hi speed, handling mantab. Tp transmisi PowerShift ini kalo saya baca artikel2 emang bnyk complaint.. shoulda read more before buying.. haha


Ps. Radiator fan nya ribut bener kalau A/C on...
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by sandal »

montirangin wrote:kalo 6 speed harusnya gigi 2 nya cuman 70-80kmh om sandal.
Betul juga nih

Sent from my Ericsson GH 218 4G LTE-A
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by montirangin »

tapi kalo jalanan macet ribet juga gigi banyak gitu om.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by NYoman »

Repot gmn dengan gir banyak? Rasanya gak ada masalah dengan gir banyak..
Yang repot kalo jalanan macet sistem transmisi otomatisnya pakai DSG
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by ChZ »

Gear banyak memang pasti cenderung jerky karena shift terus. Butuh refinement lebih biar bisa alus. Tpi gear dikit powerlossnya besar.

Makanya sedikit pabrikan yg pake gb diatas 6 speed. Yg beneran ane rasa sangat refined ya 8-speed ZF di BMW. Atau 9-speed di rangie.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by montirangin »

ChZ wrote:Gear banyak memang pasti cenderung jerky karena shift terus. Butuh refinement lebih biar bisa alus. Tpi gear dikit powerlossnya besar.

Makanya sedikit pabrikan yg pake gb diatas 6 speed. Yg beneran ane rasa sangat refined ya 8-speed ZF di BMW. Atau 9-speed di rangie.
untuk lebi irit terrnyata
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by KodokPushUp »

montirangin wrote:untuk lebi irit terrnyata
Lebih irit apa ini?
Bingung gw
Irit fuel consumption untuk gearbox 6 speed keatas?
Yes dan No
Kalo pindah2 gigi tapi di rpm rendah trus (jauh dari powerband, asumsi mesin bensin no turbo gdi), padahal nyetir agresif, malah boros, karena nafsu gede tenaga kurang (ga cukup torsi)
Tapi kalo shift nya pas, emang irit, karena rasio antar gigi cukup rapat, jadi rpm ga drop banyak
Kalo ane si gear banyak bantu lebih fleksibel milih timing waktu ganti gigi
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote: Lebih irit apa ini?
Bingung gw
Irit fuel consumption untuk gearbox 6 speed keatas?
Yes dan No
Kalo pindah2 gigi tapi di rpm rendah trus (jauh dari powerband, asumsi mesin bensin no turbo gdi), padahal nyetir agresif, malah boros, karena nafsu gede tenaga kurang (ga cukup torsi)
Tapi kalo shift nya pas, emang irit, karena rasio antar gigi cukup rapat, jadi rpm ga drop banyak
Kalo ane si gear banyak bantu lebih fleksibel milih timing waktu ganti gigi
kalo gb dengan gear banyak dan gear sedikit sih baik power delivery dan efisiensinya jelas lebih baik gear banyak. nggak semata-mata lebih irit, untuk akselerasi pun nggak ngos-ngosan karena rasio nya rapet-rapet.

di kecepatan yang sama let's say 100 km/h bisa diraih lebih cepat dan dipertahankan dengan RPM rendah saking banyaknya perbandingan gigi. mobil-mobil Eropa kebanyakan 100 km/h RPMnya nggak lebih dari 2000, makanya FCnya bisa irit apalagi yang diesel. Jadi nggak heran BMW yang Diesel iritnya ampun-ampunan, itu mobil kerjaannya gearshift melulu.

masalahnya kalo TCUnya dudul dan transmisinya less refined kebanyakan gear malah bikin jerky/nyentak-nyentak. apalagi DCT biasanya sulit banget untuk nggak jerky. Cuma DSGnya VW yang sejauh ane nyoba mobil paling halus, itupun DSG VW generasi terbaru ya (Golf TSI MK7) yang MK6 masih jerky cukup parah. DSG Ford masih perlu banyak refinement.

makanya CVT populer karena untuk mobil harian yang dicari smoothness dan power delivery yang baik, jadilah banyak yang "main aman" pake CVT, walaupun response nya kurang baik (lelet), tapi untuk mobil harian smoothness lebih penting daripada response. tapi untuk sekarang sih pabrikan seperti BMW dengan 8-speed dan Mazda dengan SKY-DRIVE 6-speed sudah bisa bikin gb auto yang responnya bisa se-cekatan DCT tapi smooth as CVT.

AFAIK. CMIIW :big_cat:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by montirangin »

KodokPushUp wrote:
montirangin wrote:untuk lebi irit terrnyata
Lebih irit apa ini?
Bingung gw
Irit fuel consumption untuk gearbox 6 speed keatas?
Yes dan No
Kalo pindah2 gigi tapi di rpm rendah trus (jauh dari powerband, asumsi mesin bensin no turbo gdi), padahal nyetir agresif, malah boros, karena nafsu gede tenaga kurang (ga cukup torsi)
Tapi kalo shift nya pas, emang irit, karena rasio antar gigi cukup rapat, jadi rpm ga drop banyak
Kalo ane si gear banyak bantu lebih fleksibel milih timing waktu ganti gigi
karena gear nya banyak jadi lebih ga terlalu berart
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by NYoman »

I use 7G-Tronic from mercs, no prob at all..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by KodokPushUp »

montirangin wrote:karena gear nya banyak jadi lebih ga terlalu berart
Maksudnya?
Bisa kasih penjelasan ga om, jangan 1 kalimat aja?
Ane yg newbie jadi tambah bingung

Bukannya secara logika, gear tambah banyak, otomatis gearbox jadi lebih berat?

@ChZ
Kecepatan tinggi dengan rpm terendah memang irit
Tapi begitu ada penambahan injakan di pedal gas, kalau tcu nya dodol ga cepet downshift, kan malah bikin boros
Tapi kalau seperti di cerita bro ChZ yg BMW kerjanya shift terus, tentunya ga masalah
Soalnya gerobak ane rajin upshift, tapi males downshift :big_slap:
Oh iya bisa tolong jelaskan pengertian power delivery bro? Newbie ga ngerti bahasa tingkat tinggi gini.. :big_cry:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by ChZ »

KodokPushUp wrote:
montirangin wrote:karena gear nya banyak jadi lebih ga terlalu berart
Maksudnya?
Bisa kasih penjelasan ga om, jangan 1 kalimat aja?
Ane yg newbie jadi tambah bingung

Bukannya secara logika, gear tambah banyak, otomatis gearbox jadi lebih berat?

@ChZ
Kecepatan tinggi dengan rpm terendah memang irit
Tapi begitu ada penambahan injakan di pedal gas, kalau tcu nya dodol ga cepet downshift, kan malah bikin boros
Tapi kalau seperti di cerita bro ChZ yg BMW kerjanya shift terus, tentunya ga masalah
Soalnya gerobak ane rajin upshift, tapi males downshift :big_slap:
Oh iya bisa tolong jelaskan pengertian power delivery bro? Newbie ga ngerti bahasa tingkat tinggi gini.. :big_cry:
ya itu dia oom, yang ane bilang butuh refinement. gimana cara ngebuat si TCU dan ECU mengikuti keinginan pengemudi memilih gear yang tepat. untuk jaman sekarang sih TCU udah pinter, apalagi memanfaatkan advantage dari gearbox dengan gear banyak yang close-ratio tentu downshift dan upshift semakin cepat.

power delivery itu gimana ya jelasinnya... ya karena transmisi kan yang menghubungkan mesin dan roda. lha dari mesin - transmisi - roda itu rugi-rugi nya pasti banyak. semakin kecil rugi-rugi ini semakin baik power deliverynya. lha kelemahan dari geared A/T biasa adalah masih menggunakan torque converter, sehingga banyak rugi-rugi akibat slip TC ini membuat power delivery kurang optimal dibanding Manual. Yang sekarang lambat laun sudah disempurnakan dengan perbandingan gigi semakin rapat untuk meminimalisir slip TC dan dikembangkannya juga CVT dan DCT.

AFAIK, CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by KodokPushUp »

Oh jadi power delivery itu = transfer tenaga dari mesin ke roda melalui transmisi?
Gejala slip TC itu, jeda antara rpm naik dan tenaga sampai ke roda?
Mantab penjelasannya bro ChZ, saya berminat menjadi murid anda :big_deal:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by mr-saga »

sorry bro Chz, aku ikutan share penjelasan soal power delivery ya :mky_01: :big_peace:
KodokPushUp wrote:Oh jadi power delivery itu = transfer tenaga dari mesin ke roda melalui transmisi?
Gejala slip TC itu, jeda antara rpm naik dan tenaga sampai ke roda?
Mantab penjelasannya bro ChZ, saya berminat menjadi murid anda :big_deal:
halo om KodokPushUp
kalo menurutku, langsung ke intinya: penyaluran tenaga dari engine ke roda(ban).

Torque Converter yg mengalami kondisi slip, penerjemahannya(IMHO):
selisih reaksi antara naiknya rpm dg pergerakan kendaraan(menggelindingnya roda).

CMIIW.

aku msh mikir2 pengaruh rapatnya rasio antar gigi perseneling dg power delivery yg dapat tercipta,
yg mengakibatkan meningkatnya efeiensi penggunaan bahan bakar. :e-think:
mau cari dolo artikelnya di internet :ngacir:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014

Post by montirangin »

jadi itu bisa nyebabin selip dong? .....