Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
glendotan wrote:Bagusnya italian tune up matikan ac kali yak.. supaya kompresor ga cepet jebol...
betul, ac kudu di matikan dulu, dan rpm jangan kelamaan ditahan di red-line.
baru 2 bulan lalu, avanza saya italian tune-up, tanpa matikan ac, alhasil bearing kompresor rontok, habis 1 jt-an buat ganti bearing + ongkos + isi freon.
knp bisa gitu ya....jd sebenenrya bearing AC dll tu dirancang maximum mampu menahan putaran di brp sih? dirancang gak mampu bertahan klo kena 6000 rpm ?
Ini dulu "pelajaran" mengemudi saya waktu pertama belajar nyetir jaman SMA dengan supir sebagai instruktur nya.
Dia strongly recommend not to switch on A/C when the car is running on the road. A/C harusnya dinyalakan saat masih idle/ langsam, PLUS jangan menggeber kendaraan dalam rpm tinggi dengan A/C masih nyala.
Kalimat terakhir, dia lontarkan karena waktu saya lagi sprint pakai Futura 1.3 yang buat belajar, saya cukup sering geber rpm di tiap gear sampai terdengar decit fanbelt CIIIIIIIITT gitu, saking overrev. Saat itu, dia langsung matiin AC, dan saya masih saja overrev sampai fanbeltnya bunyi CIIIIT lagi. tapi di rpm yg lebih tinggi karena AC sudah dimatikan.
Begono...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
andy1800 wrote:ic.
jd bearing2 ac dsb tu oleh pabriknya dirancang jebol jika kena rpm berapa?
Kurang paham mbah, berapa rpm persisnya. Mungkin sih mendekati redline. Tapi yang jelas, kalau sudah melewati 3/4 'jatah' rpm sebelum redline, biasanya AC mobil lgs saya matikan / pengatur suhu nya saya puter off..jadi hanya jalan blower. Misalnya redline di 7000, berarti 3/4 nya adalah 5.300. Kira kiranya begitu..
Cmiiw juga yah..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
andy1800 wrote:ic
jadi udah pasti jika bearing AC di mobil massal apapun tu akan rontok jika kena rpm 5500 keatas ya...
Secara teknis bearing AC pasti udah di desain oleh manufactur agar dapat bertahan pd saat digeber hingga redline. Ada safety factor yg diperhitungkan dalam design bearing tsb.
Jadi belum tentu bearingnya langsung rontok Bro Andy, kalo memperpendek umur bearing, udah pasti.
Soalnya ane juga pernah melakukan ITU pd Ipah Bensin, Yaris AT dan Rush AT pd saat AC masih ON, dan bearingnya fine2 aja nggak ada masalah, asal jgn terlalu sering dilakukan, udah pasti umur bearing AC-nya makin pendek.
andy1800 wrote:ic
jadi udah pasti jika bearing AC di mobil massal apapun tu akan rontok jika kena rpm 5500 keatas ya...
Secara teknis bearing AC pasti udah di desain oleh manufactur agar dapat bertahan pd saat digeber hingga redline. Ada safety factor yg diperhitungkan dalam design bearing tsb.
Jadi belum tentu bearingnya langsung rontok Bro Andy, kalo memperpendek umur bearing, udah pasti.
Soalnya ane juga pernah melakukan ITU pd Ipah Bensin, Yaris AT dan Rush AT pd saat AC masih ON, dan bearingnya fine2 aja nggak ada masalah, asal jgn terlalu sering dilakukan, udah pasti umur bearing AC-nya makin pendek.
ic...thanks bro
jd kesimpulan ane bergeser lg skrg: belum tentu kerontokan bearing tu disebabkan krn dikenai rpm tinggi/deket redline.... gitu kali ya?
atau mgkin karakteristik bearing di tiap2 mobil bs berbeda jauh?
andy1800 wrote:ic
jadi udah pasti jika bearing AC di mobil massal apapun tu akan rontok jika kena rpm 5500 keatas ya...
Secara teknis bearing AC pasti udah di desain oleh manufactur agar dapat bertahan pd saat digeber hingga redline. Ada safety factor yg diperhitungkan dalam design bearing tsb.
Jadi belum tentu bearingnya langsung rontok Bro Andy, kalo memperpendek umur bearing, udah pasti.
Soalnya ane juga pernah melakukan ITU pd Ipah Bensin, Yaris AT dan Rush AT pd saat AC masih ON, dan bearingnya fine2 aja nggak ada masalah, asal jgn terlalu sering dilakukan, udah pasti umur bearing AC-nya makin pendek.
ic...thanks bro
jd kesimpulan ane bergeser lg skrg: belum tentu kerontokan bearing tu disebabkan krn dikenai rpm tinggi/deket redline.... gitu kali ya?
atau mgkin karakteristik bearing di tiap2 mobil bs berbeda jauh?
Betul Bro, penyebab bearing jebol tidak hanya krn mesin sering digeber hingga red line.
Mobil yg sering dipake menerjang banjir atau mobil yg kerendam bankir atau mobil yg mesinnya sering di cuci dgn air bertekanan tinggi juga bisa berpotensi memperpendek umur bearing.
Kalo ane bawa mobil ane ke tempat cuci mobil atau DOOR SMEER istilah orang medan
tidak pernah mengijinkan mesin mobil dicuci dgn air bertekanan krn berpotensi memperpendek umur bearing dan resiko kerusakan pd komponen listrik mobil.
kalau di Jateng (Semarang), yang dimaksud Door Smeer itu, habis dicuci mobilnya, biasanya kolongnya (dan jika permintaan khusus pelanggan, di engine bay juga) di-lumasi pakai oli sangat encer dengan cara disemprot/spray/spuit
pernah nyuci mobil di Solo, orang sana bilangnya "semprot oli plastik"
kalau dari asal katanya sih, ada benernya juga, door smeer = thorough lubrication/ointment (cmiiw yah...)
kembali ke topik:
boleh ngga italian tuning dilakukan stasioner (gigi netral/mobil ngga jalan)...?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
andy1800 wrote:klo stationer, bukan italian lg dong meneer.... mungkin spanyolan, atau manaaa gitu
Spanyol = Sparoh Nyolong...?
ke topic lagi:
pernah baca dimana gitu loh (masih disini juga, kalau ngga salah yg nulis meneer tunas kelapa)..., antara stasioner dan jalan (narik beban), logikanya load/beban-nya kan beda? resiko kerusakan/metal fatigue otomatis lebih di yg narik beban
kerugiannya, ya mungkin pendinginan dan asupan hawa segar ngga sebaik kalo jalan, tapi kan bisa diatasi dikasih kipas (kayak yg lagi dyno test itu, cuma posisi gigi tetep netral)
hal lainnya, berhubung mobil ngga gerak, resiko kecelakaan juga bisa dikurangi..
nah, silakan dikomentari/dikoreksi asumsi ini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
andy1800 wrote:klo stationer, bukan italian lg dong meneer.... mungkin spanyolan, atau manaaa gitu
Spanyol = Sparoh Nyolong...?
ke topic lagi:
pernah baca dimana gitu loh (masih disini juga, kalau ngga salah yg nulis meneer tunas kelapa)..., antara stasioner dan jalan (narik beban), logikanya load/beban-nya kan beda? resiko kerusakan/metal fatigue otomatis lebih di yg narik beban
kerugiannya, ya mungkin pendinginan dan asupan hawa segar ngga sebaik kalo jalan, tapi kan bisa diatasi dikasih kipas (kayak yg lagi dyno test itu, cuma posisi gigi tetep netral)
hal lainnya, berhubung mobil ngga gerak, resiko kecelakaan juga bisa dikurangi..
nah, silakan dikomentari/dikoreksi asumsi ini
Bro Imsus2c,
Melakukan ITU pd saat mesin stasioner punya resiko terjadinya "Valve Float" dimana pd saat mesin stasioner digeber pd rpm tinggi, kondisi mesin "tanpa beban" sehingga pegas terkadang klep tidak mampu menahan pergerakan katup sesuai spesifikasinya. Akibatnya klep dapat "mengambang" dan menghantam piston pd saat piston berada di TMA. Resikonya batang klep dapat bengkok dan piston jadi rusak.
Untuk meminimalisir "valve float" dapat menggunakan pegas klep yg lebih keras atau menambah ring pegas klep.
Jadi yg paling aman melakukan ITU ya di jalan tol.
Jaga jarak aman dengan kenderaan di depan dan utamakan safety untuk diri sendiri dan pengendara lain
Jambangan wrote:BTT
kalo untuk mobil yg ga ada tachometer gmn ya cara italian tune up??
kan ga ada patokan RPMnya
Lewat suara dan tarikan mesin bisa dirasakan Bro.
Pada saat mesin "meraung" dan tidak "narik" lagi, pd saat itu sudah saatnya dilakukan perpindahan ke gigi transmisi yg lebih tinggi.
Jambangan wrote:BTT
kalo untuk mobil yg ga ada tachometer gmn ya cara italian tune up??
kan ga ada patokan RPMnya
Lewat suara dan tarikan mesin bisa dirasakan Bro.
Pada saat mesin "meraung" dan tidak "narik" lagi, pd saat itu sudah saatnya dilakukan perpindahan ke gigi transmisi yg lebih tinggi.
oh ic om
tapi emang paling gampang di mobil yg ada tachometernya ya om
andy1800 wrote:klo stationer, bukan italian lg dong meneer.... mungkin spanyolan, atau manaaa gitu
Spanyol = Sparoh Nyolong...?
ke topic lagi:
pernah baca dimana gitu loh (masih disini juga, kalau ngga salah yg nulis meneer tunas kelapa)..., antara stasioner dan jalan (narik beban), logikanya load/beban-nya kan beda? resiko kerusakan/metal fatigue otomatis lebih di yg narik beban
kerugiannya, ya mungkin pendinginan dan asupan hawa segar ngga sebaik kalo jalan, tapi kan bisa diatasi dikasih kipas (kayak yg lagi dyno test itu, cuma posisi gigi tetep netral)
hal lainnya, berhubung mobil ngga gerak, resiko kecelakaan juga bisa dikurangi..
nah, silakan dikomentari/dikoreksi asumsi ini
Jadi inget jaman motor roda 2 laki jadul [ga tahu jg apakah sekarang msh sama] yang kalo sering blayer2 gas kondisi netral/di kopling efeknya oli mesin rembes di pakingnya / paking mesin basah,ini pasti disebabkan oli mesin naik dg tekanan yg lumayan shg bisa nembus paking mesin atau bs jg karena enjin breather yg kurang lancar pembuangan-nya efeknya menekan oli mesin naik.
Kalo kasus yg belum lama,mobil temen nubi yg krn kesal dg bikers trus main blayer gas sambil injek kopling di belakang bikers,apa yg terjadi...oli mesin banyak keluar lwt seal kruk as /seal arah belt pulley bocor,ini penyebabnya mungkin....sekali lagi mungkin lho meneer sama dg kasus motor jadul diatas di tambah seal yg mungkin jg sdh lemah......ini cuma dr pengalaman nubie meneer jd IMHO dan CMIIW sangat.
dr situ akhirnya nubi ga pernah main blayer gas sampe redline dg kondisi netral
Kalo pengalaman itali nubie sendiri...cukup main di 1000rpm dibawah redline gigi 3 selama 10-15 menit cukup membuat mobil nubi jd kembali enteng tarikan nya...klo ini ane nyebutnya ajak olahraga tunggangan
andy1800 wrote:klo stationer, bukan italian lg dong meneer.... mungkin spanyolan, atau manaaa gitu
Spanyol = Sparoh Nyolong...?
ke topic lagi:
pernah baca dimana gitu loh (masih disini juga, kalau ngga salah yg nulis meneer tunas kelapa)..., antara stasioner dan jalan (narik beban), logikanya load/beban-nya kan beda? resiko kerusakan/metal fatigue otomatis lebih di yg narik beban
kerugiannya, ya mungkin pendinginan dan asupan hawa segar ngga sebaik kalo jalan, tapi kan bisa diatasi dikasih kipas (kayak yg lagi dyno test itu, cuma posisi gigi tetep netral)
hal lainnya, berhubung mobil ngga gerak, resiko kecelakaan juga bisa dikurangi..
nah, silakan dikomentari/dikoreksi asumsi ini
Jadi inget jaman motor roda 2 laki jadul [ga tahu jg apakah sekarang msh sama] yang kalo sering blayer2 gas kondisi netral/di kopling efeknya oli mesin rembes di pakingnya / paking mesin basah,ini pasti disebabkan oli mesin naik dg tekanan yg lumayan shg bisa nembus paking mesin atau bs jg karena enjin breather yg kurang lancar pembuangan-nya efeknya menekan oli mesin naik.
Kalo kasus yg belum lama,mobil temen nubi yg krn kesal dg bikers trus main blayer gas sambil injek kopling di belakang bikers,apa yg terjadi...oli mesin banyak keluar lwt seal kruk as /seal arah belt pulley bocor,ini penyebabnya mungkin....sekali lagi mungkin lho meneer sama dg kasus motor jadul diatas di tambah seal yg mungkin jg sdh lemah......ini cuma dr pengalaman nubie meneer jd IMHO dan CMIIW sangat.
dr situ akhirnya nubi ga pernah main blayer gas sampe redline dg kondisi netral
Kalo pengalaman itali nubie sendiri...cukup main di 1000rpm dibawah redline gigi 3 selama 10-15 menit cukup membuat mobil nubi jd kembali enteng tarikan nya...klo ini ane nyebutnya ajak olahraga tunggangan
M-90 wrote:
imsus2c wrote:
andy1800 wrote:klo stationer, bukan italian lg dong meneer.... mungkin spanyolan, atau manaaa gitu
Spanyol = Sparoh Nyolong...?
ke topic lagi:
pernah baca dimana gitu loh (masih disini juga, kalau ngga salah yg nulis meneer tunas kelapa)..., antara stasioner dan jalan (narik beban), logikanya load/beban-nya kan beda? resiko kerusakan/metal fatigue otomatis lebih di yg narik beban
kerugiannya, ya mungkin pendinginan dan asupan hawa segar ngga sebaik kalo jalan, tapi kan bisa diatasi dikasih kipas (kayak yg lagi dyno test itu, cuma posisi gigi tetep netral)
hal lainnya, berhubung mobil ngga gerak, resiko kecelakaan juga bisa dikurangi..
nah, silakan dikomentari/dikoreksi asumsi ini
Bro Imsus2c,
Melakukan ITU pd saat mesin stasioner punya resiko terjadinya "Valve Float" dimana pd saat mesin stasioner digeber pd rpm tinggi, kondisi mesin "tanpa beban" sehingga pegas terkadang klep tidak mampu menahan pergerakan katup sesuai spesifikasinya. Akibatnya klep dapat "mengambang" dan menghantam piston pd saat piston berada di TMA. Resikonya batang klep dapat bengkok dan piston jadi rusak.
Untuk meminimalisir "valve float" dapat menggunakan pegas klep yg lebih keras atau menambah ring pegas klep.
Jadi yg paling aman melakukan ITU ya di jalan tol.
Jaga jarak aman dengan kenderaan di depan dan utamakan safety untuk diri sendiri dan pengendara lain
mencoba menyimak & membayangkan dulu ya pak..
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
glendotan wrote:Bagusnya italian tune up matikan ac kali yak.. supaya kompresor ga cepet jebol...
betul, ac kudu di matikan dulu, dan rpm jangan kelamaan ditahan di red-line.
baru 2 bulan lalu, avanza saya italian tune-up, tanpa matikan ac, alhasil bearing kompresor rontok, habis 1 jt-an buat ganti bearing + ongkos + isi freon.[/quote
Om kompresor ac memang dibikin untuk kenyamanan om, Bůkäη utk balapan. And biasanya kompresor awet utk putaran dibawah 5000 rpm. Wah klu habis 1 juta kemahalan tuh bos