apa pertimbangannya transmisi manual om?solar_kerosen wrote:gak dimasukin yg manual nih , sayang juga yg worth cuma mesinnya
Review New Hyundai Santa Fe 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
ini 450jt brarti buat hargain mesin n ide designer ny doank yah? haha..
padahal pas ketemu ni mobil keren bgt kesan ny sayang jg yah klo gtu.. btw nice review om..
padahal pas ketemu ni mobil keren bgt kesan ny sayang jg yah klo gtu.. btw nice review om..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
memang tombol eco nya bikin mobil ini berat bgt, selisih jg gak jauh2 amat jika gak pake eco, btw perbandingannya gimana ya dari segi tarikan/mesin dgn Fortuner VNT?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
ikutan nimbrung nih, walaupun belum pernah test drive.
dulu sempet naksir berat ama nih mobil, dari liat2 di website luar..
setelah liat sekilas di iims dan lebih jauh waktu pameran di ta.. well, jadi turned off...
sampe ga niat test drive (walaupun udah yakin mesinnya pasti mantap).
IMO liat dari spek aslinya.. di indo harusnya versi panjangnya di kelas 'premium' suv 7 seater (satu group ama cx-9, at least itu bayangan dan harapan saya pas ngebayangin hehehe),
versi pendeknya di kelas 'premium' suv 5 seater (cx-7, harrier),
tapi yg ada versi pendeknya dibikin 7 seater juga, cabin size mungkin masih comparable ama 7 seater suv lainnya di sini,
tapi coba liat akses ke baris ke3, kursi tengahnya kayak ga niat kasih jalannya.. jok bawahnya diem aja, cuma senderan yg bisa 'dilipat'.
yg pasti orang tua dan kita yg berpostur besar pikir2 dulu deh sebelom loncat kebelakang.
jadi saya berkesimpulan baris ke3nya rada 'dipaksain' karena ga mikirin aksesnya.
soal harga dan fitur, sante fe dengan cbu korea, strategy pricingnya
sulit bersaing dengan cbu thailand (apalagi ckd indo) dengan faktor pajak, dll.
Jadilah fitur2nya disunat (baca: disesuaikan) biar bisa bersaing di sini dengan bendera H miring,
yg ujung2nya kita jadi mempertanyakan kategori kelas 'premium'nya.
Memang komponen paling mahal sebuah mobil di mesinnya,
yg lain (handling, grip, suspensi, jok, interior, kekedapan, kenyamanan, audio, dll)
jauh lebih mudah dimodifikasi daripada merubah karakter mesin.
Mungkin memang ini yg mereka mau jual..
Saya belum test drive, tapi ngebayangin mesinnya sante fe ini,
(dari pengalaman saya pakai captiva FL vcdi)
diesel commonrail modern dengan variable turbo (2.2lt 4 silinder, dengan torsi max 44.5 Kgm di rpm 1800-2500)
bawaan torsi band yg besar di rpm yang rendah.. hmm pasti sensasinya berbeda dengan suv bensin dikelasnya.
info max torsi buat perbandingan, liat dari website:
crv 2.4lt : 22.6 Kgm @ 4400 rpm (prestige 423jt, ckd)
line up suv premium mazda yg ga pake sunat, cbu jepang:
cx-7 R 2.3 lt.: 21.5 Kgm @ 5500 rpm (531 jt)
cx-7 GT 2.3 lt.: 35.7 Kgm @ 2500 rpm (591 jt)
cx-9 3.7lt : 37.4 Kgm @ 4250 rpm (809 jt)
kalau ada kesempatan test drive, coba pakai shiftronic nya (ga disunat kan?)
cukup main di rpm sekitar 1800 - 2500.. ga usah dalem2.. upshift diatas rpm 2000, biar dropnya masih sekitar 1800.
bisa rasakan torsi = tenaganya.. bawa sekeluarga di tanjakan pun masih santai nariknya. apalagi dibejek.
mungkin lebih seksi kalo HMI lebih pede dengan masukin sante fe yg versi panjangnya dengan 7 seater yg lebih manusiawi + ruang bagasi dibelakang baris ke3.
fitur terutama safety jangan banyak disunat dan dashboard please jangan di downgrade..
pasti bakal lebih mahal, tapi kalo diliat pasarnya sante fe kan untuk di indo kan memang termasuk 'niche market' anyway..
dengan fitur yg ok dan gengsi buat modal bersaing di pasar yg pemainnya ga banyak dan harga kompetitif ala korea (coba kita liat pricing mazda di kelasnya)..
dibandingin terjun dan mencoba ngambil pasar yg gemuk tapi banyak pemain dengan berubah dari design aslinya, jadi ga jelas.
dulu sempet naksir berat ama nih mobil, dari liat2 di website luar..
setelah liat sekilas di iims dan lebih jauh waktu pameran di ta.. well, jadi turned off...
sampe ga niat test drive (walaupun udah yakin mesinnya pasti mantap).
IMO liat dari spek aslinya.. di indo harusnya versi panjangnya di kelas 'premium' suv 7 seater (satu group ama cx-9, at least itu bayangan dan harapan saya pas ngebayangin hehehe),
versi pendeknya di kelas 'premium' suv 5 seater (cx-7, harrier),
tapi yg ada versi pendeknya dibikin 7 seater juga, cabin size mungkin masih comparable ama 7 seater suv lainnya di sini,
tapi coba liat akses ke baris ke3, kursi tengahnya kayak ga niat kasih jalannya.. jok bawahnya diem aja, cuma senderan yg bisa 'dilipat'.
yg pasti orang tua dan kita yg berpostur besar pikir2 dulu deh sebelom loncat kebelakang.
jadi saya berkesimpulan baris ke3nya rada 'dipaksain' karena ga mikirin aksesnya.
soal harga dan fitur, sante fe dengan cbu korea, strategy pricingnya
sulit bersaing dengan cbu thailand (apalagi ckd indo) dengan faktor pajak, dll.
Jadilah fitur2nya disunat (baca: disesuaikan) biar bisa bersaing di sini dengan bendera H miring,
yg ujung2nya kita jadi mempertanyakan kategori kelas 'premium'nya.
Memang komponen paling mahal sebuah mobil di mesinnya,
yg lain (handling, grip, suspensi, jok, interior, kekedapan, kenyamanan, audio, dll)
jauh lebih mudah dimodifikasi daripada merubah karakter mesin.
Mungkin memang ini yg mereka mau jual..
Saya belum test drive, tapi ngebayangin mesinnya sante fe ini,
(dari pengalaman saya pakai captiva FL vcdi)
diesel commonrail modern dengan variable turbo (2.2lt 4 silinder, dengan torsi max 44.5 Kgm di rpm 1800-2500)
bawaan torsi band yg besar di rpm yang rendah.. hmm pasti sensasinya berbeda dengan suv bensin dikelasnya.
info max torsi buat perbandingan, liat dari website:
crv 2.4lt : 22.6 Kgm @ 4400 rpm (prestige 423jt, ckd)
line up suv premium mazda yg ga pake sunat, cbu jepang:
cx-7 R 2.3 lt.: 21.5 Kgm @ 5500 rpm (531 jt)
cx-7 GT 2.3 lt.: 35.7 Kgm @ 2500 rpm (591 jt)
cx-9 3.7lt : 37.4 Kgm @ 4250 rpm (809 jt)
kalau ada kesempatan test drive, coba pakai shiftronic nya (ga disunat kan?)
cukup main di rpm sekitar 1800 - 2500.. ga usah dalem2.. upshift diatas rpm 2000, biar dropnya masih sekitar 1800.
bisa rasakan torsi = tenaganya.. bawa sekeluarga di tanjakan pun masih santai nariknya. apalagi dibejek.
mungkin lebih seksi kalo HMI lebih pede dengan masukin sante fe yg versi panjangnya dengan 7 seater yg lebih manusiawi + ruang bagasi dibelakang baris ke3.
fitur terutama safety jangan banyak disunat dan dashboard please jangan di downgrade..
pasti bakal lebih mahal, tapi kalo diliat pasarnya sante fe kan untuk di indo kan memang termasuk 'niche market' anyway..
dengan fitur yg ok dan gengsi buat modal bersaing di pasar yg pemainnya ga banyak dan harga kompetitif ala korea (coba kita liat pricing mazda di kelasnya)..
dibandingin terjun dan mencoba ngambil pasar yg gemuk tapi banyak pemain dengan berubah dari design aslinya, jadi ga jelas.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
cukup banyak foto2 di hape saya krn terpesona lekuk tubuh si santi...apalg waktu lampu2 nya dihidupkan betapa menariknya....
tapi begitu dibuka bajunya,yaaa.....
tapi begitu dibuka bajunya,yaaa.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
DAC kalo gitu berarti sama dgn cruise control nggak?AD74YA wrote:
Semua mobil automatic tidak memiliki yang namanya automatic engine break seperti layaknya di manual.. Fitur engine break di mobil automatic digantikan dengan fitur yang bernama Downhill Assist Control (DAC) yang biasanya diperuntukkan untuk SUV.. DAC itu apa? DAC itu support transmisi di mobil yang nge-lock mobil di maksimal kecepatan tertentu saat downhill (biasanya 5 kpj). Kenapa SUV? Karena beban yang lebih berat dibanding tipe mobil yang lain..
Pada mobil modern yang tidak memiliki DAC, biasanya transmisinya sudah memiliki sistem fail-safe untuk menghambat pergerakan mobil dalam menuruni jalan terjal.. mungkin ini yang dirasakan oom iamwewe sebagai "engine break", tetapi sebenernya bukan - karena semakin turun kecepatan mobil tetep bertambah tanpa limit. Tapi engine break - engine break-an juga bisa dimainin dengan menggeser gigi dari D ke 2. Hal ini tidak akan berpengaruh apa-apa ke transmisi.
Lalu kemudian kenapa ada mobil yang ndelosor dan tidak? Hal itu disebabkan oleh perbedaan respon torque converter pada mobil.. pada mobil yang responnya cepet, ketika pedal gas diangkat, rpm seketika turun, biasanya dibarengi gigi turun, dan walhasil kecepatan juga akan menurun. Sebaliknya jika lambat, maka rpm akan terjaga meskipun pedal sudah dilepas hasilnya mobil akan ndelosor.
Intinya sih mirip engine break yak? hehehe...
CMIIW:
nah ini yg om zombie rasakan sama percis dgn yg saya rasakan dgn mobil2 matic yg saya rasakan ada engine breaknya.. speed turun, rpm naek jg.. hmm.. coba deh nanti saya cari di brosur2, teknologinya disebut apa gitu biasa.. di mobil2 1.5cc udh byk yg pake kok.. atau mgkn saya yg salah nangkep ya makna dari 'bahasa brosur'..ZombiEE wrote: wah..istilah nya apa nubie kurang tau deh...
jadi kalau kita angkat throttle kecepatan akan melambat dibarengi dgn putaran mesin akan naik sedikit untuk membantu menahan laju kendaraan...since ini mobil cvt ane gak tau dia downshift atau tidak
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu May 01, 2008 16:36
- Location: KL-Jakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
kebetulan tadi baru liat secara live di parkiran.
dari luar bentuk nya sangat menarik, headlights dan rear lights nya bagus + udah panoramic juga.
saking bagus nya sampe saya puterin 2x nih mbl.
cuma sayang gak bisa ngintip ke dalem, kaca film nya gelap bener..
dari luar bentuk nya sangat menarik, headlights dan rear lights nya bagus + udah panoramic juga.
saking bagus nya sampe saya puterin 2x nih mbl.
cuma sayang gak bisa ngintip ke dalem, kaca film nya gelap bener..
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Hahaha.. Makasih oom..Xous wrote:Sekedar sharing, biasa buka sm tanpa log in krn mikir pake inet kantor n biar cepet lsg open window topik2 baru. Nyelenehnya gitu sadar ad mod helm post topik testdrive, close lg tuh window, buka lg n log in dulu. baru baca seksama testdrive reviewnya. Haha.
Kalau manual kan sudah bisa pakai mode semi-auto... Cuman nggak ada AWD, terus ban dikasih ban Eco.. Gak akan kepakai selain ke mall...solar_kerosen wrote:gak dimasukin yg manual nih , sayang juga yg worth cuma mesinnya
Ini Izark yang bisa jawab...leiv wrote:memang tombol eco nya bikin mobil ini berat bgt, selisih jg gak jauh2 amat jika gak pake eco, btw perbandingannya gimana ya dari segi tarikan/mesin dgn Fortuner VNT?
Beda donk dac sama cruise..iamwewe wrote:DAC kalo gitu berarti sama dgn cruise control nggak?AD74YA wrote:
Semua mobil automatic tidak memiliki yang namanya automatic engine break seperti layaknya di manual.. Fitur engine break di mobil automatic digantikan dengan fitur yang bernama Downhill Assist Control (DAC) yang biasanya diperuntukkan untuk SUV.. DAC itu apa? DAC itu support transmisi di mobil yang nge-lock mobil di maksimal kecepatan tertentu saat downhill (biasanya 5 kpj). Kenapa SUV? Karena beban yang lebih berat dibanding tipe mobil yang lain..
Pada mobil modern yang tidak memiliki DAC, biasanya transmisinya sudah memiliki sistem fail-safe untuk menghambat pergerakan mobil dalam menuruni jalan terjal.. mungkin ini yang dirasakan oom iamwewe sebagai "engine break", tetapi sebenernya bukan - karena semakin turun kecepatan mobil tetep bertambah tanpa limit. Tapi engine break - engine break-an juga bisa dimainin dengan menggeser gigi dari D ke 2. Hal ini tidak akan berpengaruh apa-apa ke transmisi.
Lalu kemudian kenapa ada mobil yang ndelosor dan tidak? Hal itu disebabkan oleh perbedaan respon torque converter pada mobil.. pada mobil yang responnya cepet, ketika pedal gas diangkat, rpm seketika turun, biasanya dibarengi gigi turun, dan walhasil kecepatan juga akan menurun. Sebaliknya jika lambat, maka rpm akan terjaga meskipun pedal sudah dilepas hasilnya mobil akan ndelosor.
Intinya sih mirip engine break yak? hehehe...
CMIIW:
nah ini yg om zombie rasakan sama percis dgn yg saya rasakan dgn mobil2 matic yg saya rasakan ada engine breaknya.. speed turun, rpm naek jg.. hmm.. coba deh nanti saya cari di brosur2, teknologinya disebut apa gitu biasa.. di mobil2 1.5cc udh byk yg pake kok.. atau mgkn saya yg salah nangkep ya makna dari 'bahasa brosur'..ZombiEE wrote: wah..istilah nya apa nubie kurang tau deh...
jadi kalau kita angkat throttle kecepatan akan melambat dibarengi dgn putaran mesin akan naik sedikit untuk membantu menahan laju kendaraan...since ini mobil cvt ane gak tau dia downshift atau tidak
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
berdasarkan review menyatakan bahwa suspensinya masuk di area keras dan perlu diupgrade, kira2 shock nya mesti ganti merk apa dan dimana bisa upgrade nya?
thanks
thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
pdhl rekans owner santafe generasi2 sebelumnya merasakan suspensinya empuk. utk generasi ini berubah ya? kenapa gitu ya? krn bobot mobilnya berkurang?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
kalau mau stick ke original, mending ganti ban saja cukup
@mbah: tuning nya memang lebih keras... suspensi nya kan turun 1,5 inch. tapi kalau di banding CRV sih Santa Fe lebih nyaman, jadi ga keras-keras amat ..
oya velg nya juga 19" kan
@mbah: tuning nya memang lebih keras... suspensi nya kan turun 1,5 inch. tapi kalau di banding CRV sih Santa Fe lebih nyaman, jadi ga keras-keras amat ..
oya velg nya juga 19" kan
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
CX-7 yang R dan GT torsi maksimalnya beda yah bro? Baru tau saya , setau saya bukannya mesinnya sama2 2300cc Turbo ya?boed2 wrote:
info max torsi buat perbandingan, liat dari website:
crv 2.4lt : 22.6 Kgm @ 4400 rpm (prestige 423jt, ckd)
line up suv premium mazda yg ga pake sunat, cbu jepang:
cx-7 R 2.3 lt.: 21.5 Kgm @ 5500 rpm (531 jt)
cx-7 GT 2.3 lt.: 35.7 Kgm @ 2500 rpm (591 jt)
cx-9 3.7lt : 37.4 Kgm @ 4250 rpm (809 jt)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Saya pernah numpang punya temen santa fe gen 1, bantingannya termasuk lembut sih, apa karena ringnya 15" ya stdnya?AD74YA wrote:kalau mau stick ke original, mending ganti ban saja cukup
@mbah: tuning nya memang lebih keras... suspensi nya kan turun 1,5 inch. tapi kalau di banding CRV sih Santa Fe lebih nyaman, jadi ga keras-keras amat ..
oya velg nya juga 19" kan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
mbah????...p'andi maksudnya ya.... tuuuhh mbah..nyadar ya..udah sepuh..sepuh mbah... (upss...kebanyakan ketawa)AD74YA wrote:kalau mau stick ke original, mending ganti ban saja cukup
@mbah: tuning nya memang lebih keras... suspensi nya kan turun 1,5 inch. tapi kalau di banding CRV sih Santa Fe lebih nyaman, jadi ga keras-keras amat ..
oya velg nya juga 19" kan
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
pak rolex mohon tidak oot di trit ini...vote42ner wrote:mbah????...p'andi maksudnya ya.... tuuuhh mbah..nyadar ya..udah sepuh..sepuh mbah... (upss...kebanyakan ketawa)AD74YA wrote:kalau mau stick ke original, mending ganti ban saja cukup
@mbah: tuning nya memang lebih keras... suspensi nya kan turun 1,5 inch. tapi kalau di banding CRV sih Santa Fe lebih nyaman, jadi ga keras-keras amat ..
oya velg nya juga 19" kan
kalo masih oot, saya out nih...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
iya out aja......maskopat wrote:pak rolex mohon tidak oot di trit ini...vote42ner wrote:mbah????...p'andi maksudnya ya.... tuuuhh mbah..nyadar ya..udah sepuh..sepuh mbah... (upss...kebanyakan ketawa)AD74YA wrote:kalau mau stick ke original, mending ganti ban saja cukup
@mbah: tuning nya memang lebih keras... suspensi nya kan turun 1,5 inch. tapi kalau di banding CRV sih Santa Fe lebih nyaman, jadi ga keras-keras amat ..
oya velg nya juga 19" kan
kalo masih oot, saya out nih...
biar pak rolex vote42 merasa bersalah seumur hidup
@adjaya: nah, penjelasan yg baik, ada pembandingnya ic, masuk akal
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
kalo gitu di ganti ban apa biar lbh empuk? michelin lattitude?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Klo liat dr ulasan om helm putih sih jangan ganti ban ke michelin lattitude, karena ban aslinya yg minim grip, kalo mau lebih enak harus diganti ke ban yg punya grip berlimpah, tapi untuk SUV apa ya ban yg gripnya bagus?leiv wrote:kalo gitu di ganti ban apa biar lbh empuk? michelin lattitude?
Biasanya sih biar mobil lebih empuk, dipakai shock substitusi / aftermarket, tp kyknya belum ada deh untuk Santa Fe secara baru seumur jagung.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1490
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Mudah-mudahan videonya bocor diinternet, i would like to download it,,AD74YA wrote:Jadi istilahnya kalau diumpamakan sebagai perawan, keperawanan ane diambil dengan threesome bersama Asmiranda dan Sandra Dewi.. (Amen to that..)
mungkin gambarannya seperti ini kali ya,, tambah 1 cewek lagi,,
Etme Bulma Dünyası
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
What?! You would like to download video bocor nya adjaya??....weleh....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1490
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
ane mo liat si asmi n si dewi nya, adjaya nya mah klo bisa helmnya jangan dilepas,,.............
Etme Bulma Dünyası
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ngeriiii di sini mah..belom belom udah di ancam ma momod psikopat..hiiiiii atut saya..ntar di ban permanen pulak..hiiiii
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ya udah pakdhe minggir aja daripada dikandangin, ini thrit high tech yang lagi anget.....pada serius nyimak ......vote42ner wrote:Ngeriiii di sini mah..belom belom udah di ancam ma momod psikopat..hiiiiii atut saya..ntar di ban permanen pulak..hiiiii
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Jiaaahh ada orang hi tech..males aaahh
Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013
Ga akan worth it kalau tidak ngeliat kompetitor di harga segitu.
Jangan bandingin CRV ya, itu buatan indo.
Liat dari segi pajaknya, lagian udah dikasih fitur lengkap(misalnya) dan harga 500juta plus, ada yang mau beli ga?
Ujung2nya juga ga akan ada yang beli karena mobil korea dan kemahalan.
Oh well, review sih review, tapi ga liat sekeliling dan faktor apa yang bikin mahal. Semakin boring forum ini.
Om FM kemana y? Sudah ilang. Bentar lagi di disablekan saja nama saya.
Thanks
Jangan bandingin CRV ya, itu buatan indo.
Liat dari segi pajaknya, lagian udah dikasih fitur lengkap(misalnya) dan harga 500juta plus, ada yang mau beli ga?
Ujung2nya juga ga akan ada yang beli karena mobil korea dan kemahalan.
Oh well, review sih review, tapi ga liat sekeliling dan faktor apa yang bikin mahal. Semakin boring forum ini.
Om FM kemana y? Sudah ilang. Bentar lagi di disablekan saja nama saya.
Thanks