SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 23 Oct 2014, 04:39

All times are UTC + 7 hours





Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 1209 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 49  Next
Author Message
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 15:59 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9432
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Halo, kali ini ane mau review Hyundai New Santa Fe 2013. Entah kenapa tiba-tiba ada yang bawa kerumah.. Apa boleh buat.. Mau nggak mau ane jajal.. Hehehe..

Sebelumnya, seinget ane selama ini bikin review di SM, belum pernah ane tuliskan pengalaman in-depth ane dengan mobil Korea, dan juga belum pernah menuliskan review in-depth mobil diesel.. Luckily, Hyundai Santa Fe bisa dibilang merupakan the best of both worlds.. Korea, dan Diesel. Jadi istilahnya kalau diumpamakan sebagai perawan, keperawanan ane diambil dengan threesome bersama Asmiranda dan Sandra Dewi.. (Amen to that..) :e-pray:

Test drive kali ini sekali lagi saya lakukan bersama nick Izark, tetapi ada sesuatu yang sangat berbeda dari test drive yang biasa saya lakukan. Biasanya ketika ada rekan yang mau bawa Mazda atau Honda atau BMW atau Mercy atau merk Jepang/Eropa lain, saya udah siap bahkan sebelum mobilnya datang. Dalam artian, karakter mesin udah kebayang, karakter pengendalian sudah kebayang, fitur-fitur standar udah kebayang, dan rute mana yang mau ditempuh untuk dapat essence maksimal dari mobilnya juga sudah kebayang.. Nah.. Begitu dapat kabar Santa Fe mau mampir, sampai mobilnya hampir sampai dirumah, saya masih planga-plongo..

Saya nggak ngerti karakter mobil Korea, saya nggak begitu ngerti karakter mesin diesel modern, dan yang lebih parah, saya nggak tau mobil yang mau datang tipe apa, fiturnya apa saja, dan apa ekspektasi saya terhadap Santa Fe ini... Total blank. Setiap pertanyaan Izark, hampir semua saya nggak bisa jawab.. "Tipe mobilnya apa?", "Berapa tempat duduk?", "AWD nggak?", "Kelas rivalnya apa?"... I don't know sh*t!... (Izark sampai geleng-geleng sendiri - entah ngetes atau dia juga nggak tau..) :upss:

Well, bukan berarti saya nggak pernah nyobain mobil Korea.. Saya kilas balik sebelum Santa Fe datang.. Dulu pernah hidup bersama KIA Carnival, Hyundai Trajet sebagai mobil keluarga.. Sodara pacar punya i10, punya New Avega, saya pernah bawa jauh keduanya.. Saya juga pernah nyetir New Sportage dan New Tucson... Saya bahkan pernah jadi penumpang di Santa Fe 2.0 bensin 2008 punya teman saya.. Lalu... Apa yang sayang ingat?....... Almost nothing.

Saya berpikir lebih keras untuk mendapatkan hal yang menarik dari mobil Korea dari pengalaman saya diatas, but I ended up setting a conclusion: Korean cars have no character... at all. Carnival ukurannya terlalu besar untuk dipakai di dalam kota, dan turning radiusnya selebar monas. Carens semuanya serba nanggung; mau hemat, enggak terlalu.. mau praktikal, nggak juga.. mau nyaman, masih kurang. Grand Avega.. Desain luar bagus, desain dalam cukup modern, tapi mesin boyo.. dan peredamannya payah.. Paling nggak kalau peredamannya payah, mesinnya dikasih yang responsif, jadi ada alasan sporty.. Atau sebaliknya. Hal yang sama juga ane dapatkan di Sportage dan Tucson - dua mobil yang basically sama cuma beda casing. Mereka menawarkan mesin yang dengan displacement sama dengan rival Jepangnya tetapi memiliki tenaga yang lebih besar, dan suspensi yang cenderung sportif.. Sayangnya feedback steering minus, body roll juga besar.. Nggak begitu tempting untuk dibawa cepet.. Walhasil, pengguna Sportage/Tucson cuman dapet kerasnya suspensi doang.. Mesinnya gak bisa dinikmati maksimal. Yup! Saya pada akhirnya makin yakin dengan kesimpulan saya: Korea adalah ahlinya membuat mobil yang mudah dilupakan.

What about diesel engine?.. Well, diesel terbaik yang pernah saya coba seingat saya di Captiva 2.0 CRDi AWD.. Mesin yang responsif.. Meskipun turbo lag terasa.. 6-speed nya juga berhasil kawin dengan baik dengan mesinnya.. Hanya pengalamannya terganggu dengan jok Captiva yang flat (baca: triplek). Diesel yang lain yang saya coba masih seperti traktor.. Getaran besar di kabin, dan asap ngebul hitam ketika dibawa kenceng (Fortie dan PS Exceed). Saya nggak suka diesel karena alasan yang simpel saja.. Tiap kali nyetir diesel, rasanya dosa. Asap knalpot hitam, menyebabkan polusi udara.. Meskipun nggak ada asap dari knalpot pun tetep polusi karena baunya nyengat. Suara mesin yang besar diluar menimbulkan polusi suara, dan mobil diesel biasanya ukurannya besar, nggak punya handling, blind spot dimana-mana.. Triple-kill guilty feeling. Tapi bukan berarti saya menutup mata terhadap mesin diesel.. Saya pribadi punya harapan semoga suatu saat diesel bisa memiliki semua hal yang baik dari petrol engine.. Dan jika saat itu datang, dengan senang hati saya convert ke diesel (garis bawahi: "suatu saat").
Akhirnya, nggak lama galau karena bingung apa yang mau di review, ujug-ujug ada mobil masuk garasi.. Santa Fe nya datang.

EKSTERIOR

First impression ane: Wow....

Berbeda dengan produk-produk Korea lainnya yang masuk Indonesia, bicara desain, New Santa Fe ini objectively good looking. Semua orang yang barengan lihat atau tau produknya, meskipun mereka nggak percaya produk Korea, semua bilang keren. Dibandingkan dengan Santa Fe sebelum 2012, bagaikan kodok yang berubah jadi prince charming. :frm_salut:

Attachment:
CRV35.JPG
CRV35.JPG [ 66.14 KiB | Viewed 13648 times ]

Attachment:
CRV48.JPG
CRV48.JPG [ 68.47 KiB | Viewed 13648 times ]

Attachment:
CRV46.JPG
CRV46.JPG [ 61.88 KiB | Viewed 13648 times ]


I'm not a big fan of chrome, tapi untuk Santa Fe baru ini ane harus angkat topi.. IMO, desainnya bang-on. Gayanya nggak setengah-setengah. Futuristik. Dinamis. Setiap patahan desain di depan dan di belakang disambungkan dengan garis tegas ke tengah body dan melebur harmonis di pintu tengah. Dipadu dengan besarnya body yang cukup proporsional untuk lari dari image SUV banci, Santa Fe, IMO, merebut tahta Audi Q5 sebagai small-medium SUV tercantik. 4 thumbs up! :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:
Attachment:
CRV51.JPG
CRV51.JPG [ 64.88 KiB | Viewed 13648 times ]


Fokus perhatian utama mau nggak mau pada pasangan lampu depan dan belakangnya.. Desainnya ciamik.. Dengan desain alis tambahan yang nampak seperti DRL yang terbuat dari EL Cable seperti Audi (sebenernya bukan), dan lampu belakang dengan desain LED yang cantik, keduanya mencuri perhatian siapa saja yang lihat. Bagian lain yang saya suka adalah velg-nya.. Desainnya keren, besarnya pas dengan body Santa Fe (19 inch), dan warna gunmetal nya juga bagus.. Ban yang melingkari velg sama-sama buatan Korea; Kumho Solus KL21 ukuran 235/55/R19, yang bagaimana efeknya ke kendaraan akan saya coba jabarkan di test drive.
Attachment:
CRV37.JPG
CRV37.JPG [ 57.08 KiB | Viewed 13648 times ]

Attachment:
CRV45.JPG
CRV45.JPG [ 56.35 KiB | Viewed 13648 times ]


Oya, kasat mata kesannya mobil ini sedikit lebih kecil dari generasi sebelumnya (yang desainnya kayak ikan buntal), tapi sebenernya Santa Fe terbaru ini masih menggunakan chassis yang sama dengan generasi sebelumnya, wheelbase sama, hanya sedikit perbedaan ukuran di badannya yang setengah inchi lebih panjang, dan setengah inchi mengecil kelebarannya. Suspensi baru juga mengakibatkan mobil ini 1,5 inchi lebih rendah dibanding pendahulunya.

INTERIOR
Begitu saya buka pintu Santa Fe, dan lihat dashboard nya, terlintas di benak pernah ada mobil yang pengaturan dash-nya persis seperti ini... Baru setelah saya browsing kemudian seselesainya test drive, ternyata pengaturan dash new Santa Fe ini sama persis dengan pendahulunya di tahun 2008 yang pernah ane naikin. Hanya ditambah sedikit flare garis-garis tegas mencong sana mencong sini biar 1 aliran dengan eksteriornya.
Attachment:
CRV2.JPG
CRV2.JPG [ 59.33 KiB | Viewed 13648 times ]

Attachment:
CRV10.JPG
CRV10.JPG [ 60.77 KiB | Viewed 13648 times ]

Attachment:
CRV16.JPG
CRV16.JPG [ 57.81 KiB | Viewed 13648 times ]

Attachment:
CRV17.JPG
CRV17.JPG [ 48.55 KiB | Viewed 13648 times ]



Kualitas? Well, sejujurnya dari jaman Santa Fe yang sebelum ini yang pernah saya naiki, tidak ada keluhan tertentu mengenai kualitasnya. Built nya bagus, finishing bagus, gap bagus. Bahkan dibagian atas dash nya soft padded, dan bagian plastiknya diberi motif carbon fiber dengan finishing glossy. Plastik di sekitar AC juga punya finishing bright silver yang bagus. Jok dilapis kulit dan sangat mengingatkan kepada kualitas kulit yang ada di Harrier sebelum RX270; hitamnya bagus, soft touch, dan berkesan mahal. Dibanding CRV? Beda kasta. Masuk ke kabin new CRV setelah kenalan sama new Santa Fe pasti jadi miris hati. :e-whistle: :e-whistle:

Tapi... Sayangnya ada tapinya. Desain interiornya memiliki banyak flaw. Kita mulai dari desain dash secara umum; Hyundai seakan bersikeras bahwa desain dash nya harus mengikuti jejak pendahulunya sebagai ciri khas. Niatnya mungkin bagus, tapi realisasnya nggak begitu. Pertama, dash jadi memiliki 3 tingkat; lower dash, middle soft padded, dan upper dash flat.. Hal ini mengakibatkan dash nya menjadi terlalu tinggi untuk medapatkan visibilitas yang baik- belum lagi ditambah desain setir berdiameter besar, hasilnya terlalu banyak blind spot nggak penting disebabkan design flaw. :e-doh: Kedua, memaksakan ciri khas desain mengakibatkan keterbatasan peletakan instrumen fitur. Hasilnya adalah, dengan desain dan fitur seadanya, instrumen di tengah dashboard kelihatan sangat cupu dan murahan. LCD nya sebagai contoh; entah apa yang dipikirkan HMI memilih menggunakan warna biru tua jadul (biru tuanya yang biasa jadi warna biru tape kaset Alpine di Kijang Kapsul), ditambah dengan indikator di LCD nya cuman 1 baris jam atau channel radio/CD dengan font super besar yang juga jadul, bikin jatuh tema futuristik mobil ini. :e-wall: Plus, kualitas plastik terburuk di mobil ini semua ngumpul di sekitaran tape dan pengaturan AC, jadi tiap kali kita mau mencet tombol apapun di tengah dash, kita diingatkan kembali kalau kita lagi naik mobil Korea, jadi menahan kita untuk berekspektasi tinggi - mungkin HMI sengaja bikin setup gini biar jadi "Safety Feature" tambahan... :shrug: Sayangnya, bukan itu bagian terburuk dari interiornya..

Bagian terburuk dari interiornya adalah Hyundai terkesan asal-asalan dalam bidang desain dan peletakan. Joknya sebagai contoh, entah seberapa tinggi badan anda, duduk di jok driver posisinya pasti lebih tinggi dari pada penumpang jok depan. Hemat saya, jok driver sengaja di setup posisinya harus lebih tinggi dari jok penumpang depan untuk meminimalisir error yang disebabkan oleh desain dash yang berundak tinggi menghalangi pandangan. Akan tetapi, menaikkan posisi jok driver mengakibatkan masalah lain; setir yang terlalu besar diameternya akan kerasa cacatnya apabila anda memiliki badan yang gendut. Posisi setir harus dinaikkan maksimal agar paha tidak terkena setir atau tangan tidak menyenggol paha sangat memutar setir 360 derajat. Selain itu, menaikkan posisi duduk akan mengakibatkan tangan kiri driver semakin sulit meraih fitur-fitur yang ada dalam mobil, which is terjadi di Santa Fe ini. Peletakan tuas transmisi yang tepat di tengah simetris dengan posisi rendah menyebabkan secara tidak sadar driver akan sedikit miring kekiri duduknya untuk meraih tuas (saya notice hal ini ketika Izark gantian nyetir dengan saya, dan saya merasakan hal itu sendiri). Hal ini bisa dimaafkan apabila disekitar tuas transmisi terdapat berbagai macam tombol sehingga tuasnya harus berada tepat ditengah agar simetris - sebut saja fitur yang biasa ada di SUV modern seperti AWD, TC, AFS, Damper, Sport Button or such.. Sayangnya HMI downgrade semua tombol-tombol ini hingga yang terdapat di Santa Fe hanyalah dummy gak penting.. Kalau gitu kenapa nggak sekalian tuasnya digeser ke kanan saja pakde!... :e-wall:

Belum cukup disitu, desain dash simetris juga mengakibatkan Hyundai harus meletakkan beberapa tombol menjauh dari driver, contohnya seperti tombol on/off radio, eject CD, dan defogger kaca depan dan belakang. Peletakannya begitu remote dari driver, dan tombolnya nggak begitu signifikan dan tactile sehingga membutuhkan fokus yang tinggi biar nggak salah pencet - singkat cerita, mobil harus berhenti baru bisa melakukan pengaturan. Tapi ada yang perlu dibanggakan dari desain dash mobil ini.. Bagi saya, mobil ini berhasil memenangkan desain "Peletakan Laci Paling Tidak Signifikan Dalam 80 Tahun Sejarah Produksi Mobil" dengan memiliki tempat penyimpanan dibagian tengah atas dash yang cuma bisa diraih kalau anda memiliki proporsi tangan-badan seperti simpanse. :mrgreen: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

FITUR (?)
Well, saya udah malas duluan sebelum memulai..

Mulai dari mana ya? Hmm..

Intinya, selain dari mesin diesel baru 2.2L CRDi Turbo dengan tenaga fenomenal (torsi 445Nm, power 198 HP), dan gearbox 6 speed, mobil ini cuma punya 1 fitur lain yang layak untuk di banggakan, yaitu Panoramic roof. Panoramic roof nya bagus sekali, besar, lebar, memiliki full sunshade solid, dan bisa terbuka keatas, saya lebih suka desain full glass seperti ini dibanding waktu naik new Mercedes E300 yang sunshadenya memisahkan panoramicnya sehingga terkesan dual sunroof biasa. Pergerakan motorik untuk sunshade dan kacanya pun smooth, dan tidak berisik, berarti built quality nya bagus, yang kemudian berarti meminimalisir kemungkinan bocor. :frm_salut: :frm_salut:

Sisanya.. err.. jok full kulit, err... parking sensor belakang... Cruise Control.. HID.. I think that is it. Power window gak perlu disebut kan ya? Apa perlu?
Intinya adalah, anda mengeluarkan 450 juta for nothing other than the engine. Sebagai SUV, mobil ini cuman punya FWD instead of AWD, no traction control, no limited slip differential, no hill-assist, airbag cuman 2 instead of 7, audio cuma CD instead of 2 din Navigasi, no AFS, no rain sensor, no light sensor, no front distance sensor, no damper/right height, and so on.. and so on... :frm_bang_head:

HMI secara cerdas memasukkan fitur-fitur paling tidak SUV untuk mobil SUV.. Saya gak tau apa yang mereka pikir.. They have ruined something that can be much better than this.. Kalau saya mau beli SUV, pasti saya milih AWD over panoramic roof, LSD and hill assist over cruise control and LED.. Kenapa lebih milih puddle lamp dan chrome?... Maksud saya.. Why?... Why??.... Sekarang Santa Fe cuma kelihatan seperti binaragawan pakai steroid.. It looks like it is promising something.. But it isn't. :frm_bang_head: Let's just go to test drive session..

TEST DRIVE
Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.. Posisi duduk nggak special.. Pertengahan antara SUV dan sedan.. Setengah-setengah. Agak tinggi, tapi bukan seperti SUV. Beberapa blind spot kecil tidak mengganggu. Nyalakan mesin.. Bergetar halus.. hmm... Ini mesin diesel dengan getaran terhalus yang pernah saya naiki.. Getarannya persis bensin. Usut punya usut mobil ini menggunakan DEX dan jaraknya baru 2500 km. :frm_salut:

Saya injek gas dan... Loh... Kok lag gini?.... lemot amaat.... Jalan beberapa ratus meter, saya baru sadar kalau tombol ECO nya nyala.. Saya segera matikan tombol stupid tersebut dan bejek gas lagi... Wow.... Tenaga putaran bawah tengah begitu berlimpah sampai saya terbenam di jok.. Turbo lag sangat minim, dan tenaga tersedia dari awal kita nekan gas.. Fiuhh.. Ada gunanya juga FWD di mobil ini... Power to weight nya pasti lebih besar dibanding AWD. Tenaga mesinnya membuat setir yang ukurannya nggak proporsional menjadi terlupakan. Ini mesin diesel paling kerasa kenceng dan halus yang pernah saya coba.. Tambahan lagi.. Rem nya.. Remnya superb!.. Dengan A-EBD, Torque distribution system, dan ventilated disc, mobil bisa berhenti dari kencang ke kondisi berhenti total tanpa sentakan di rem... Remnya halus di awal tetapi dapat menghentikan mobil secara cepat.. Terasa layaknya mobil mewah... :off_good_job: Glorious!!...

...for a short time...

Ketemu belokan diajak sedikit nikung, body rollnya besar.. Sampai badan bergeser.. Ride nya juga nggak special.. Sedikit di zona keras daripada nyaman... Hal ini bisa jadi bagus kalau... kalau.. kalau... steeringnya bagus... Which.. It isn't.

Setirnya terasa numb, remote, dan feedback nya sangat minim... Setirnya juga terasa ringan karena Hydrolic Power Steering dan ukurannya yang terlalu besar merusak semua kesenangannya. Hal lain merusak kesenangan berkendara adalah transmisi 6-speed yang tidak bekerja sama dengan baik dengan mesinnya.. Transmisinya berkali-kali telat mikir dan sering kali salah masukin gigi saat manuver. Paling konkritnya gini... Saat kita berada di jalan rata dan melaju dengan kecepatan sedang kira-kira berada di gigi 5, lalu tiba-tiba ada turunan agak tajam dan kita lepas pedal gas, transmisinya mikir dulu agak lama sebelum downshift, sehingga beberapa detik kita akan merasakan mobil malah semakin menambah kecepatan meluncur bebas kebawah... Jadi, Santa Fe bukan mobil yang ideal kalau dipakai untuk latihan nyetir matik atau disetir oleh orang yang panikan. :e-naughty:

Transmisinya juga rada bego kalau kita lagi manuver kencang-rem-bejek gas.. Mobil jadi ajrut-ajrutan nyesuain antara kehilangan momen sama mendapatkan momen lagi.. Dan hal ini bisa berakibat penumpang mengira drivernya cupu.. Padahal yang salah transmisinya. Mesin CRDi di mobil ini dibanding sama transmisinya bagaikan pak BJ Habibie kerjasama dengan anak yang sekolah di SLB.. Pada akhirnya harus pak Habibie yang menurunkan tingkat intelegensia-nya agar bisa berinteraksi dengan anak SLB tadi.

Ditengah-tengah test drive, tiba-tiba hujan deras disertai badai mengguyur Bandung.. Dalam 15 menit daerah yang saya lewati tergenang banjir ditambah dengan lubang di jalan dan ranting-ranting pohon tua di jalan Cipaganti yang tua dan besar jatuh ke jalan menambah satu fitur test drive untuk menguji kemampuan SUV baru ini...

Sayangnya Santa Fe gagal lulus ujian ini... Quiet badly..

Seperti yang saya sebutkan diatas, ban mobil ini menggunakan Kumho Solus KL21.. Yang mana bukan merupakan ban semi-offroad, dan bukan juga merupakan ban high performance... Tapi ban eco-friendly all-season... Dan apa yang didapat dari ban yang "green"? Yup, jaminan mileage yang lebih panjang, tetapi grip menjadi korban.

Dan itu terjadi di Santa Fe. Di tengah jalanan dengan air tergenang, Kumho KL21 ini useless.. Mobil kemana-mana... Aquaplanning sangat besar, dan grip sangat minim sekali.. Dan lucunya, tiap melewati jalan rusak, atau ranting pohon yang jatuh, pantulan suspensi menjadi sangat keras, dan ada bunyi besi beradu besi dari roda depannya.

KESIMPULAN
Not worth the money.. 456 juta for only the engine.

SUV, tapi sama sekali bukan SUV. Bukan juga sedan. Nyaman, tapi nggak begitu nyaman. Mewah, tapi nggak begitu mewah. Well... Paling nggak Hyundai tetap konsisten.. membuat mobil yang mudah dilupakan.

Kalau freak sama mesin diesel yang bersih, halus, dan kencang, silahkan beli mobil ini.. Kalau pengen hemat dengan rasa yang lebih SUV, masih ada Captiva Diesel AWD. Diluar itu masih ada Dakar dan VNT, atau sekalian ke bensin ada CRV atau CX-5.

HOW TO IMPROVE
Sesegera mungkin ganti ban Eco di mobil ini dengan ban high performance untuk SUV. Bridgestone Dueler H/P highly recommended. Hindari menggunakan ban silent atau eco seperti Michelin Latitude, karena mobil ini membutuhkan grip besar karena badan mobil yang berat dan mesin mobil yang kencang.

CMIIW
:thanks:

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:00 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Sep 2008, 10:59
Posts: 1492
Location: Sunter, Jakarta-Utara
Nice review om, pertamaxxxxxxxx :e-dance:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:06 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
AD74YA wrote:
HOW TO IMPROVE
Sesegera mungkin ganti ban Eco di mobil ini dengan ban high performance untuk SUV.




yg pertama kali hrs dilakukan hyundai utk meng improve tampilan adlh: mengganti desain logo nya. dah. itu dulu. :off_sleep:

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:07 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9432
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Oya saking fokusnya saya ke berkendaranya sampai lupa kalau Santa Fe yang dimasukkan ke sini cuma 1 varian.. Yaitu 7 seater SWB (Short Wheel Base) dengan 1 pilihan mesin saja. Di UK varian ini namanya Santa Fe Sport FWD 7 seater 2.2CRDi...

Bagasinya cukup besar apalagi ketika kursi baris 3 dilipat. Sayangnya dibelakang cuma ideal untuk 2 orang dewasa yang super-kurus (baca : Asmiranda dan Sandra Dewi) :upss:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Attachment:
CRV29.JPG
CRV29.JPG [ 47.65 KiB | Viewed 13634 times ]


Attachment:
CRV22.JPG
CRV22.JPG [ 61.09 KiB | Viewed 13634 times ]


Attachment:
CRV27.JPG
CRV27.JPG [ 59.02 KiB | Viewed 13634 times ]


Attachment:
CRV26.JPG
CRV26.JPG [ 49.81 KiB | Viewed 13634 times ]


Attachment:
CRV14.JPG
CRV14.JPG [ 59.21 KiB | Viewed 13634 times ]


Attachment:
CRV11.JPG
CRV11.JPG [ 64.66 KiB | Viewed 13634 times ]


Attachment:
CRV39.JPG
CRV39.JPG [ 42.16 KiB | Viewed 13634 times ]


:thanks:

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:13 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Sep 2008, 10:59
Posts: 1492
Location: Sunter, Jakarta-Utara
Harganya kurang lebih kan mirip new CRV om, kalau harus disuruh pilih 1 antara 2 itu, om helm putih milih yg mana ya?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:13 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Posts: 8763
Location: La-3°33'27.17"N /Lo-98°37'18.96"E
lop u dah ADjay...

bukan meragukan objektifitas master Adjay,

kira2, jika apapun bentuk Test Drive dan review oleh pakar, dilakukan pada saat sebelum munculinfonya ke publik, sehingga penguji, bener2 tidak tau mobil yang di test dari pabrikan mana, dan tipe apa.
mungkin ndak ya?

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:15 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8222
Very nice review

btw kalo boleh tahu om Adjaya pake kamera utk motret nich ? sayang fotonya agak buram2 gitu um..........

Btw yg um rasakan saat gliding trus di gas lagi spt kurang smooth, yg ane rasakan waktu TD singkat juga saat gliding spt ada menahan, beda dgn Ipah D4 D matic yg gliding ya full gliding aja, masih nebak2 nahan apa karena mekanisme fuel cut-nya atau apa.

Mengenai respons transmisi matic-nya : kayaknya perlu dicoba : copot terminal negatip aki 5 detik, pasang lagi, kalo kerjanya masih gitu2 aja yah berarti kerja TCU nya hanya segitu aja.

Kalo yg ane coba TD mobil2 K-Car yg ada di sini sih yahhh memang kalau bantingan & handling mau enak = shock mesti ganti dah ama yg High Performance, ga bisa ngarepin shock std.-nya

Just IMO

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:16 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
Abu2 wrote:
lop u dah ADjay...

bukan meragukan objektifitas master Adjay,

kira2, jika apapun bentuk Test Drive dan review oleh pakar, dilakukan pada saat sebelum munculinfonya ke publik, sehingga penguji, bener2 tidak tau mobil yang di test dari pabrikan mana, dan tipe apa.
mungkin ndak ya?

ndak

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:21 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9432
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Belphegor wrote:
Harganya kurang lebih kan mirip new CRV om, kalau harus disuruh pilih 1 antara 2 itu, om helm putih milih yg mana ya?

Harganya jauh loh oom... Beda 30 juta... Sama yang Prestige, 50 juta saya yang 2.4 biasa..

Saya lebih prefer CRV saja.. :mrgreen:

Abu2 wrote:
lop u dah ADjay...

bukan meragukan objektifitas master Adjay,

kira2, jika apapun bentuk Test Drive dan review oleh pakar, dilakukan pada saat sebelum munculinfonya ke publik, sehingga penguji, bener2 tidak tau mobil yang di test dari pabrikan mana, dan tipe apa.
mungkin ndak ya?


Kalau pengujinya yang sudah pengalaman, tidak mengetahui mobil apa yang di test tidak akan masalah.. Karena pengemudi pasti sudah merekam pengalaman mengemudinya sehingga punya parameter ideal sendiri.

Seorang pengemudi yang pengalaman juga dengan blind fold bisa membedakan mobilnya mesinnya apa, transmisinya apa, tipenya apa seperti yang di contohkan oleh Top Gear Korea di Season 1 Episode terkahir2.. Ketika sang pembawa acara di tutup matanya disuruh menebak 5/6 tipe VW Golf yang berbeda dengan mengendarainya, presenter itu bisa menebak padahal ketika masuk ke mobil matanya tertutup.

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:22 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 8222
Abu2 wrote:
kira2, jika apapun bentuk Test Drive dan review oleh pakar, dilakukan pada saat sebelum munculinfonya ke publik, sehingga penguji, bener2 tidak tau mobil yang di test dari pabrikan mana, dan tipe apa.
mungkin ndak ya?


Mau gak kita di SM ini membentuk team "Test Driver & Reviewer" dan approach ATPM ATPM utk bikin sesi test drive khusus buat Reviewer SM-ers ?

Sulitnya karena liputan TD TD di media besar, coba baca deh tulisannya, rata rata yaaa gitu deehhhhhhhh.................."as long as Daddy happy".............kalo ada reviewer yang tulisannya tajam besar kemungkinan bisa lgs dicoret ama pihak ATPM

CMIIW

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:24 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9432
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Turboman wrote:
Very nice review

btw kalo boleh tahu om Adjaya pake kamera utk motret nich ? sayang fotonya agak buram2 gitu um..........

Btw yg um rasakan saat gliding trus di gas lagi spt kurang smooth, yg ane rasakan waktu TD singkat juga saat gliding spt ada menahan, beda dgn Ipah D4 D matic yg gliding ya full gliding aja, masih nebak2 nahan apa karena mekanisme fuel cut-nya atau apa.

Mengenai respons transmisi matic-nya : kayaknya perlu dicoba : copot terminal negatip aki 5 detik, pasang lagi, kalo kerjanya masih gitu2 aja yah berarti kerja TCU nya hanya segitu aja.

Kalo yg ane coba TD mobil2 K-Car yg ada di sini sih yahhh memang kalau bantingan & handling mau enak = shock mesti ganti dah ama yg High Performance, ga bisa ngarepin shock std.-nya

Just IMO


Pakai iPhone oom, terus di convert kualitasnya ke yang low quality... soale kalau member biasa nggak dapat kesempatan untuk upload gambar yang rada gedean dan lebih dari 10 gambar per post.. :oops:


Ya betul oom... Rasanya ada yang menahan... Jadi kalau menurut master bukan dari transmisinya nya ya yang nggak sigap merespon gas?

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:30 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 17 Oct 2002, 17:44
Posts: 2604
Location: surabaya rek
Dalamannya lumayan mewah dibanding crv harganya 420jt tp interior dudul .

Cm Hyundai ini filosofinya mirip2 ya ama Honda. Sama2 H , fiturnya banyak sunat sana sini :) . Pdhal kl bs ada hill assist , 6 airbags dll dll bs jadi lbh valueable .
Greynya keren ui. Somehow gue lbh demen pantatnya , lbh sekseh.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:49 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13126
Location: in your heart
numpang nge-tag aja deh....

lagian kenapa mau jadi member biasa?? :big_weee:

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:57 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 28 Aug 2008, 17:32
Posts: 4708
nice review um stig :off_good_job:

transmisi bego ini bener2 penyakit banyak mobil yah
yg bisa bikin transmisi pinter kayanya cuman merk2 tertentu aja

captiva ane jg gitu, kalo mau diajak nyetir agresif, transmisinya sering telat ga bisa ngikutin kemauan driver
dimasukin ke manual mode sami mawon, ganti giginya lelet
sampe sering ane melakukan kocok gas demi transmisinya untuk "diperintah" turun
atau kalo lagi turunan mesti masuk ke manual mode utk dapet engine brake
tapi itu semua tertutupi mesin galak n harga bersahabat
jd bisa tutup mata sebelah ama kekurangannya :off_good_job:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 16:59 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 May 2012, 23:30
Posts: 515
Location: Bandung-Jakarta-Surabaya
Kukecewaaaaaaa *nyanyi dangdut* :frm_bang_head:

Well... Karena saya gak mau kluar 452 juta otr bandung cuman buat dapet casing sama mesin.. Saya tawar 280jt++ deh... :e-snooty:

*dah kaya lelang aja* :ngacir:

_________________
mau nulis apa ya...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 17:09 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 17 Oct 2002, 17:44
Posts: 2604
Location: surabaya rek
kl tawaran abang dikabulin atau bilang akan ada mass buy dari SM kl harganya segitu wkwkwk. awak ikut dah


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 17:29 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 26 Mar 2011, 13:18
Posts: 1053
ini dia.. review yang ane tunggu :mky_03:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 17:49 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9432
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
@campoeran: tapi Honda menang aftersales dan reliability... Oleh karena itu saya pilih CRV kalau dibanding Santa Fe.. Dan yang pasti ada hill-assist nya..

@maskopat: apalah awak ini om kopat.. Layaknya jadi member biasa saja..

@evolution: nah.. Di Santa Fe lebih oon.. Karena udah tau bikin 5speed gak bisa, nah ini bikin 6speed... Kerjaannya bingung terus milih gigi.. Rasanya seperti bolak balik terus gigi 3-4-5 kalau manuver cepat disertai rem-rem... Eniwei, Captiva kan juga buatan Korea... Mungkin saja sharing teknologi dengan Santa Fe termasuk transmisinya... Sama-sama jatuh ke lubang yang sama...

@FMEAKD: siip...

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 17:54 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9432
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Izark wrote:
Kukecewaaaaaaa *nyanyi dangdut* :frm_bang_head:

Well... Karena saya gak mau kluar 452 juta otr bandung cuman buat dapet casing sama mesin.. Saya tawar 280jt++ deh... :e-snooty:

*dah kaya lelang aja* :ngacir:


Kok cuman gitu doang review nya zark? Elaborate lagi donk... Kan ente juga rasain nyetir+numpang..

Katanya ente nge fans banget sama Santa Fe? Ke IIMS cuman buat mobil ini kan? Wekekeeke

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 17:55 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9432
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Turboman wrote:
Abu2 wrote:
kira2, jika apapun bentuk Test Drive dan review oleh pakar, dilakukan pada saat sebelum munculinfonya ke publik, sehingga penguji, bener2 tidak tau mobil yang di test dari pabrikan mana, dan tipe apa.
mungkin ndak ya?


Mau gak kita di SM ini membentuk team "Test Driver & Reviewer" dan approach ATPM ATPM utk bikin sesi test drive khusus buat Reviewer SM-ers ?

Sulitnya karena liputan TD TD di media besar, coba baca deh tulisannya, rata rata yaaa gitu deehhhhhhhh.................."as long as Daddy happy".............kalo ada reviewer yang tulisannya tajam besar kemungkinan bisa lgs dicoret ama pihak ATPM

CMIIW


Yuk... Oom turboman sudah ada media dan link kan? Bisa fasilitasi? Dengan senang hati saya join..

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 18:36 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 29 Dec 2011, 14:36
Posts: 2138
Turboman wrote:
Abu2 wrote:
kira2, jika apapun bentuk Test Drive dan review oleh pakar, dilakukan pada saat sebelum munculinfonya ke publik, sehingga penguji, bener2 tidak tau mobil yang di test dari pabrikan mana, dan tipe apa.
mungkin ndak ya?


Mau gak kita di SM ini membentuk team "Test Driver & Reviewer" dan approach ATPM ATPM utk bikin sesi test drive khusus buat Reviewer SM-ers ?

Sulitnya karena liputan TD TD di media besar, coba baca deh tulisannya, rata rata yaaa gitu deehhhhhhhh.................."as long as Daddy happy".............kalo ada reviewer yang tulisannya tajam besar kemungkinan bisa lgs dicoret ama pihak ATPM

CMIIW


Jangan ah kl turboman, muji VNT doang ah :mrgreen: :ngacir: :ngacir: :ngacir:


Last edited by htannis on 04 Dec 2012, 18:57, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 18:56 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Mar 2007, 14:20
Posts: 11418
Gagal pertamax..d*mn

_________________
Ak4ng & uchychan untuk Moderator 2015!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 19:15 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Posts: 314
Turboman wrote:
Very nice review

btw kalo boleh tahu om Adjaya pake kamera utk motret nich ? sayang fotonya agak buram2 gitu um..........

Btw yg um rasakan saat gliding trus di gas lagi spt kurang smooth, yg ane rasakan waktu TD singkat juga saat gliding spt ada menahan, beda dgn Ipah D4 D matic yg gliding ya full gliding aja, masih nebak2 nahan apa karena mekanisme fuel cut-nya atau apa.

Mengenai respons transmisi matic-nya : kayaknya perlu dicoba : copot terminal negatip aki 5 detik, pasang lagi, kalo kerjanya masih gitu2 aja yah berarti kerja TCU nya hanya segitu aja.

Kalo yg ane coba TD mobil2 K-Car yg ada di sini sih yahhh memang kalau bantingan & handling mau enak = shock mesti ganti dah ama yg High Performance, ga bisa ngarepin shock std.-nya

Just IMO


entah feeling saya doang apa nggak.. rasa2nya mobil toyota matic yg saya coba nggak ada fasilitas engine breaknya.. dulu pake yaris A/T, kalo turunan or lagi jalan lurus, angkat gas, pasti lgsg rpm turun spt di netral.. pinjem fortuner 2.7, sama nggak ada engine breaknya.. skrg innova d4d a/t, lebih parah lagi, engine break nggak ada, dan rem bawaan saya rasa nggak pakem..

mobil yg saya coba ada engine breaknya walopun matic: ANJ, crv 3rd gen, dan mazda2 skrg..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 21:26 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 17 May 2012, 23:30
Posts: 515
Location: Bandung-Jakarta-Surabaya
campoeran wrote:
kl tawaran abang dikabulin atau bilang akan ada mass buy dari SM kl harganya segitu wkwkwk. awak ikut dah


beneran deh om. Mobil kopongan gitu di mata saya yang sangat awam mobil ini aja gak keliatan worth duit 452 juta. Dikasi label harga 350 juta aja saya bakal ngerasa ditipu :off_no:

Oke yang kalimat terakhir itu lebay :ngacir:

AD74YA wrote:
Izark wrote:
Kukecewaaaaaaa *nyanyi dangdut* :frm_bang_head:

Well... Karena saya gak mau kluar 452 juta otr bandung cuman buat dapet casing sama mesin.. Saya tawar 280jt++ deh... :e-snooty:

*dah kaya lelang aja* :ngacir:


Kok cuman gitu doang review nya zark? Elaborate lagi donk... Kan ente juga rasain nyetir+numpang..

Katanya ente nge fans banget sama Santa Fe? Ke IIMS cuman buat mobil ini kan? Wekekeeke


Saya beneran lupa kalo ini Korean dan keburu super-ultra-high-expectation sama ini Santape. Bahkan pas ngeliat barangnya di IIMS saya masih nganggep yang ada di IIMS itu ilusi, fatamorgana, apapun namanya. Pas akhirnya tu sales Hyundai minjemin barangnya langsung di depan mata, serasa kena tampar kiri kanan trus ditonjok dari depan. Rontok semua expectation :frm_bang_head:

Okelah mesin dieselnya saya akui termasuk salah satu yang paling oke. btw buat perbandingan saya biasa minjem portuner vienti disel. Casingnya, okelah keliatan amat sangat mahal sampe saya mikirnya sama kaya modjay, Audi kemana aja kok bisa dilibas sama anak bawang asia timur. Sangat membangkitkan hasrat buat main kamera dan foto sana sini. Detailnya keren. Hampir gak ada yang norak dari eksterior.

Tapi begitu buka pintu, dikasih interior bertaburan plastik murah yang udah pasti bakal berbekas kalo dipegang sama jari yang keringetan, posisi pertombolan yang semuanya bikin repot driver, amat sangat minim fitur elektronis, audio seadanya, airbag cuman dikasih dua, kursi baris ketiga yang jelas banget cuman hiasan bentuk kursi dengan akses yang minta ampun ribetnya, harganya 452 jeti, mending saya tutup lagi deh pintunya trus dikembaliin ke delaer. :e-snooty:

Pengendaraan biasa, fitur penunjang seadanya, bodyroll lumayan, bantingan masih termasuk keras, perpindahan transmisi gak smooth, err... duit 452 jeti saya lari kemana ya...? Untungnya remnya bagus. Tapi trus iseng saya cobain mobil di turunan curam sambil gak nginjek rem. Hasilnya bener-bener kaya naik halilintar di dufan. Gak ngerem sama sekali.

Yah paling gak dapet panoramic roof super kasta buat pelipur lara. ACnya dual zone yang dingin banget (apa karena pas nyoba lagi musim hujan jadi kerasa dingin banget?), Peredaman kabinnya pun termasuk bagus.

Paling bikin ngakak, salesnya ngotot kalo Santape ini saingannya Parejo sama Portuner. Ditanya dasarnya apa, malah ngasi review a certain automative magazine sebelum bilang kalo gara-gara kursinya 7. Bubar blas! Belum lagi salesnya minim product knowledge. Ditanya apa jawabnya apa, malah saya (dan modjay) yang lebih ngerti itu mobil benernya kenapa. :e-doh:

btw saya mikirnya ini Santape saingannya Harrier ato CX-7. CMIIW sangat

Super duper sorry agak esmosi bikin komentarnya :ngacir:

_________________
mau nulis apa ya...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Dec 2012, 21:49 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13126
Location: in your heart
emang ada mobil transmisi matik yang ada engine break kalo lagi turunan dengan posisi tuas di D?

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 1209 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 49  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot] and 9 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com