pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA offroad
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
^^
setuju om.. cuma masalahnya d SM postnya g bisa di edit uy klw uda lama..... mungkin harus mod yg membantu nih...
atw bikin aja blog d luar yg khusus mengenai ini?
setuju om.. cuma masalahnya d SM postnya g bisa di edit uy klw uda lama..... mungkin harus mod yg membantu nih...
atw bikin aja blog d luar yg khusus mengenai ini?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
ane nanya dong... cara ngecek 4WD baik 4L dan 4H yang sehat gimana caranya ya selain di bawa di lumpur?
thanks,
thanks,
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
^^
ngecek 4x4 jln atw tdk gtu om?
masukin TC nya terus coba belok abis d aspal aja... klw nahan/ban berdecit bearti 4x4nya berjalan sempurna thats all..... d lumpur malah suka bingung klw g liat langsung muter g bannya hehehe...
ngecek 4x4 jln atw tdk gtu om?
masukin TC nya terus coba belok abis d aspal aja... klw nahan/ban berdecit bearti 4x4nya berjalan sempurna thats all..... d lumpur malah suka bingung klw g liat langsung muter g bannya hehehe...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
berarti ada locker di transfer case yang menahan pergerakan axle depan dan belakang ketika belok ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
hmmmmm.....maskopat wrote:berarti ada locker di transfer case yang menahan pergerakan axle depan dan belakang ketika belok ya?
takutnya jadi rancu nih,
jadi gini... jaman dulu(dan jaman srkng klw di indonesia sih karna SUV yg d pke main kebanyakan model gini) saat sistem 4x4 masih partime saja. ga ada istilah differential tengah..apalgi locker di central diff... hehe yang ada di transfercase hanya 4x2 dan 4x4 yg ngebagi daya 50:50 dpn/blkng aja atw partime... memang mirip cara kerja locker tp g disebut locker karna ga ada versi yang "non locker" kecuali 4x2...
nah jaman skrng semenjak ada fulltime 4x4, dimana transfercasenya dalam mode 4x4 tp jadi bisa unlock alias open untuk kepentingan di jalan raya... nah mulai tu istilah center diff dipakai... dan jd ada pabrik mobil dan media yg ngerpromosiin keberadaan/fitur center difflock.... maksudnya sih dia bisa jadi 4x4partime gtu aja... tapi malah bikin rancu...
ada lg yg center diffnya aktif macam AWD.... yg mindahinnya serba otomatis dan seperlunya... ini uda beda lagi cara kerja, bukan sekerdar lock n unlock....
semoga cukup jelas hehe
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
iya ngiler euy....... brp inci yah 20"? 22"?Abu2 wrote:WJ di pic terakhir mantep tuh....
ban m/t nya terkesan seperti profil tipis
pusingnya PCD WJ beda sendiri 120x5... susaah peleknya...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
@billy : dulu pernah survey mau pasang ban m/t profil tipis, kumho KL71 kalo gak salah, tp lebar pelek harus 10" (R18x10) .... ndak muat euuy....pelek ane 18x8
kalo spek bannya minta lebar pelek 10", tp dipaksain pasang di pelek lebar 7.5" ato 8", kira2 resikonya apa ya?
btw, ikut nyelip pic dikit ya, dekan ban spt ini, trus dicangkok 4x4, spt nya dah bisa maen2 di oprot ringan kali ya...
kalo spek bannya minta lebar pelek 10", tp dipaksain pasang di pelek lebar 7.5" ato 8", kira2 resikonya apa ya?
btw, ikut nyelip pic dikit ya, dekan ban spt ini, trus dicangkok 4x4, spt nya dah bisa maen2 di oprot ringan kali ya...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
oke oke... paham nih... berarti di transfer case 4WD atau 4x4 SUV lama (dan harusnya di SUV baru), selalu membagi sama antara gardan depan dan belakang. kecuali 4H di PS atau fortuner kali ya. karena dia ada 4HLc untuk nge-lock transfer case.billyd1773dz wrote:hmmmmm.....maskopat wrote:berarti ada locker di transfer case yang menahan pergerakan axle depan dan belakang ketika belok ya?
takutnya jadi rancu nih,
jadi gini... jaman dulu(dan jaman srkng klw di indonesia sih karna SUV yg d pke main kebanyakan model gini) saat sistem 4x4 masih partime saja. ga ada istilah differential tengah..apalgi locker di central diff... hehe yang ada di transfercase hanya 4x2 dan 4x4 yg ngebagi daya 50:50 dpn/blkng aja atw partime... memang mirip cara kerja locker tp g disebut locker karna ga ada versi yang "non locker" kecuali 4x2...
nah jaman skrng semenjak ada fulltime 4x4, dimana transfercasenya dalam mode 4x4 tp jadi bisa unlock alias open untuk kepentingan di jalan raya... nah mulai tu istilah center diff dipakai... dan jd ada pabrik mobil dan media yg ngerpromosiin keberadaan/fitur center difflock.... maksudnya sih dia bisa jadi 4x4partime gtu aja... tapi malah bikin rancu...
ada lg yg center diffnya aktif macam AWD.... yg mindahinnya serba otomatis dan seperlunya... ini uda beda lagi cara kerja, bukan sekerdar lock n unlock....
semoga cukup jelas hehe
thx
thanks ya om Bill....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
Om semua,maskopat wrote:oke oke... paham nih... berarti di transfer case 4WD atau 4x4 SUV lama (dan harusnya di SUV baru), selalu membagi sama antara gardan depan dan belakang. kecuali 4H di PS atau fortuner kali ya. karena dia ada 4HLc untuk nge-lock transfer case.billyd1773dz wrote:hmmmmm.....maskopat wrote:berarti ada locker di transfer case yang menahan pergerakan axle depan dan belakang ketika belok ya?
takutnya jadi rancu nih,
jadi gini... jaman dulu(dan jaman srkng klw di indonesia sih karna SUV yg d pke main kebanyakan model gini) saat sistem 4x4 masih partime saja. ga ada istilah differential tengah..apalgi locker di central diff... hehe yang ada di transfercase hanya 4x2 dan 4x4 yg ngebagi daya 50:50 dpn/blkng aja atw partime... memang mirip cara kerja locker tp g disebut locker karna ga ada versi yang "non locker" kecuali 4x2...
nah jaman skrng semenjak ada fulltime 4x4, dimana transfercasenya dalam mode 4x4 tp jadi bisa unlock alias open untuk kepentingan di jalan raya... nah mulai tu istilah center diff dipakai... dan jd ada pabrik mobil dan media yg ngerpromosiin keberadaan/fitur center difflock.... maksudnya sih dia bisa jadi 4x4partime gtu aja... tapi malah bikin rancu...
ada lg yg center diffnya aktif macam AWD.... yg mindahinnya serba otomatis dan seperlunya... ini uda beda lagi cara kerja, bukan sekerdar lock n unlock....
semoga cukup jelas hehe
thx
thanks ya om Bill....
pernah donlot video penggunaan 4x4 part time di website 4xForum kebetulan contohnya Nissan Frontier, dia bilang saat hujan di jalan licin atau gravel 4x4 part time akan lebih mantap traksinya dibanding 4x4 fulltime atau malah AWD. Ada juga contohnya pake mitsu pajero kayak punya Om gmx, masalahnya 4x4 part time akan memperpendek umur transfer case dibanding 4x4 full time atau AWD. Ada beberapa mobil dlm manualnya mensyaratkan agar tidak melebihi kecepatan 80 kmh saat 4x4 part time aktif di jalan aspal. Nah, ini jadi perdebatan antara saya dan temen2 di kantor. Klo prinsip saya jika memang di aspal licin masih mungkin pake pakai 2H dgn mengontrol kecepatan sesuai kemampuan mengemudi sy nggak akan pake 4H part time kecuali jika memang terjadi gejala selip pake 2H. Klo off the road sih langsung pake 4H part time, biasanya di tambang regulasi safetynya mensyaratkan 4H part time selalu aktif.
Tolong sharingnya dong, thanks.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
bedanya 4L, 2H, 4H?
ane ga ngerti mohon bantuannya ya
ane ga ngerti mohon bantuannya ya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Tue Sep 21, 2010 10:07
- Location: jakarta
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
mw tanya ni om
1.yg dmaksud dgn ngelock tuh gmana ya?yg dikunci tuh gardan ato girboks?trus mekanisme lock teh gmana?pake mekanis kah ato pk pneumatik?
2.pnh liat d youtube ada lubang kecil pada girboks landy yg kudu dtutup kalo mw berkubang,apa smua mubil oprot ky gt?
3.dl pnh iseng coba2 4wd yg 4L d rocky tp pas dpindahin bunyi kroook..itu knp ya?
maaf y om pertanyaanya bnyk maklum newbie abis
1.yg dmaksud dgn ngelock tuh gmana ya?yg dikunci tuh gardan ato girboks?trus mekanisme lock teh gmana?pake mekanis kah ato pk pneumatik?
2.pnh liat d youtube ada lubang kecil pada girboks landy yg kudu dtutup kalo mw berkubang,apa smua mubil oprot ky gt?
3.dl pnh iseng coba2 4wd yg 4L d rocky tp pas dpindahin bunyi kroook..itu knp ya?
maaf y om pertanyaanya bnyk maklum newbie abis
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
keypointnya dri karakternya om yang selalu ngebagi 50:50 kapan pun dan bagaimanapun...firawan6275 wrote: Om semua,
pernah donlot video penggunaan 4x4 part time di website 4xForum kebetulan contohnya Nissan Frontier, dia bilang saat hujan di jalan licin atau gravel 4x4 part time akan lebih mantap traksinya dibanding 4x4 fulltime atau malah AWD. Ada juga contohnya pake mitsu pajero kayak punya Om gmx, masalahnya 4x4 part time akan memperpendek umur transfer case dibanding 4x4 full time atau AWD. Ada beberapa mobil dlm manualnya mensyaratkan agar tidak melebihi kecepatan 80 kmh saat 4x4 part time aktif di jalan aspal. Nah, ini jadi perdebatan antara saya dan temen2 di kantor. Klo prinsip saya jika memang di aspal licin masih mungkin pake pakai 2H dgn mengontrol kecepatan sesuai kemampuan mengemudi sy nggak akan pake 4H part time kecuali jika memang terjadi gejala selip pake 2H. Klo off the road sih langsung pake 4H part time, biasanya di tambang regulasi safetynya mensyaratkan 4H part time selalu aktif.
Tolong sharingnya dong, thanks.
persis seperti yg om maskopat bilang, tc jd maksa pembagian daya ke depan dan blkng selalu sama, akibatnya traksi lebih terjamin di partitime,dibanding fulltime yang pembagian daya tergantung beban(seperti kerja gardan). atau AWD yang harus nunggu slip dulu baru sistem 4x4nya aktif.
dan benar kta om, penggunaan partitme di aspal kurang sehat bukan hanya ke TC aja tp kesumua komponen drivetrain... knp? karna sifat partime td yg memaksa selalu membagi 50:50 td.. mungkin selama di aspal lurus tidak jadi masalah malahan traksinya akan semakin mantap.. tp klw di suruh belok dmn pembagian daya tidak 50:50 nah baru deh terjadi tarik2an.. klw permukaannya licin maka bannya yg slip dan tidak ada masalah ke drivetrain efek tarik2an tidak terasa tp klw kering baru kerasa bisa ban berdecit atw suara2 gear dri drivetrain...
jd klw kta sya sih selama di pakai di jalur yg relatif lurus meskipun kecepatan cukup tinggi tidak haram pakai partitme di aspal selama tidak melakukuan belok secara tajam/patah...
umm soal maksimal 80km itu cruising speednya, atau tidak boleh masuk 4H saat lebih dari 80kmh? biasanya sih peringatannya dilarangnya saat d oper ke 4H yg ga boleh,tp klw dri awal udah masuk 4H sblm 80kmh tdk masalah.... biasanya lo yah.. hehe tp da sya jg hampir setiap hujan d tol selalu masuk 4H dan g jarang lebih dari 120kmh fine2 aja malah aman hehe....
tp klw di jalan aspal berkelok2 yang paling efektif itu AWD.... hehe meskipun membutuhkan slip dulu untuk mentrigger tapi dia bisa selalu membagi daya dgn pas meskipun saat belok patah untuk mengkoreksi arah. hehe ini baru kerasa di wj setelah "aga" kecewa dgn performa awd d tanah. namun ternyata di aspal bisa berkerja dgn sangat baik. pernah saya coba Uturn dgn sengaja sambil bejek gas (biasanya klw pke mbl lain d tmpt ini selalu iseng kepot2an hehehe). sedangkan permukaan aspal ada pasir2 tipis bekas galian jalan dan sedang hujan, masuk belokan - hentak gas - ban blkng langsng kerasa spin dan mw melintir tp hanya setengah detik, langsung d ikuti hentakan halus dri gardan depan dan langsung terkoreksi padahal gas g diangkat meskipun memang ga pol.. gagal deh mau kepot2an... hahaha di mbl ini RWD g ada ESP atw elektronik lain pure awd aja... klw dia partitme pasti malah ngebuang/gbisa belok atw udersteer klw dpaksa belok paksa.. tp klw FWD rasanya jg ga akan melintir semudah RWD yah... jd tetep aja masih penasaran klw awd d fwd nih hehehe...
cmiiw yah
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
2H tu 4x2 normal omak4ng wrote:bedanya 4L, 2H, 4H?
ane ga ngerti mohon bantuannya ya
4H d mbl umum tu 4x4 partitme dan soal partme uda di jelasin di atas yah?
4L tu 4x4 partime tapi ditambah gigi reduksi lagi di transfercase sehingga jadi lowgear... fungsinya ya buat klw butuh tenaga/torsi ekstra untuk medan berat hehe
jaman srkng ada lg.. klw di mbobilnya tulisannya ada 4H 4HLc dan 4LLc.4HLc dan 4LLc ini sama dgn 4H dan 4L dsuv biasa.. sedangkan 4Hnya itu adalah 4x4Fultime....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
1. klw yg lg kita bicarain sih d transfercase... hehe maksudna teh masuk ke parttime gtu... g perlu di pusingin hehe.... klw mekanismenya, klw biasanya 2-2nya jg ada om ada mekanik pke tuas seperti suv kebanyakan, dan ada yg vakum pke tombol di kabin umumnya SUV jdm atw import pke ini kya daihatsu rugger... ada jg yg elektronis ya di suv2 baru... bnyk macem2nya tp di transfercasenya tetep mekanis lagi..egon wrote:mw tanya ni om
1.yg dmaksud dgn ngelock tuh gmana ya?yg dikunci tuh gardan ato girboks?trus mekanisme lock teh gmana?pake mekanis kah ato pk pneumatik?
2.pnh liat d youtube ada lubang kecil pada girboks landy yg kudu dtutup kalo mw berkubang,apa smua mubil oprot ky gt?
3.dl pnh iseng coba2 4wd yg 4L d rocky tp pas dpindahin bunyi kroook..itu knp ya?
maaf y om pertanyaanya bnyk maklum newbie abis
2. wah lubang apa yah? kyanya sih breather udara yah kurang apal nih klw landy hehe klw di mobil lain sih biasanya lubang breathernya uda di sambung selang ke atas ada yg ke ruang mesin ada yg kabin ada yg sasis. makin tinggi makin baik. semua mobil wajib di perhatiin saluran breathernya. selain di gb d gardan juga ada dan harus d perhatiin bwat yg demen nyelem hehe
3. sambil jalan mindahinnya gtu? klw k 4L harus berhenti yah.. dan pastiin freewheel hub uda di posisi lock/4x4 klw ga ya pasti bunyi hehe...
cmiiw
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
wah udah masuk ke drive train ya.. enak nih pembahasannya terstruktur bottom up dari ban, suspensi dan axle, kemudian ke drive train.. karena IMHO komponen2 itulah yang membuat sebuah mobil mempunyai kemampuan offroad, bukan sekedar tinggiin mobil, pake ban pacul yang besar, pasang bullbar, tyre hanger, towing bar, roofrack, winch, lampu2 dll, yang memang diperlukan juga untuk kebutuhan2 tertentu, yang kalo ga dipake malah jadi disadvantage karena mobil jadi lebih berat, jadi menambah kerja mesih, drivetrain, dan kaki2, juga berat di dompet.. yang sebenernya banyak juga offroader2 pemula yang masih belum mengerti benar, keliatan kok di milis2.. kalo mesin, gearbox, dll kayaknya sama aja dengan mobil2 lain makanya ada vitara pake 4AGE, rata2 untuk kompetisi yang mengutamakan speed biasa dipakai mesin bensin, sedangkan untuk adventure yang alon2 asal kelakon biasa dipakai mesin diesel
ban, suspensi, axle, dan drivetrain jadi pertimbangan utama dalam pemilihan mobil offroad.. Allhamdulillah mobil saya secara standard (pabrikan bukan standard kompetisi) udah punya cukup yang saya butuhkan, walaupun dulu pertimbangan pemilihan mobil ini bukan dari ban, suspensi, axle dan drivetrain, dulu sih ngga ngerti apa2, jadi dipaksa mengerti karena udah punya supaya bisa menggunakannya dengan benar ngga over usage dan juga bisa merawatnya..
mengenai drivetrain, billy udah cerita banyak secara advance (menurut saya) tapi mungkin teman2 ada yang masih belum jelas apa itu drivetrain.. Drive train adalah serangkaian komponen yang menyalurkan putaran dari mesin sampai ke ban yang terdiri dari transfer case, kopel, gardan, as roda.. kalo kopel dan as roda sih ya gitu2 aja, cuma masalah kekuatannya yang biasanya tergantung dari besar kecilnya.. yang rumit adalah transfer case dan gardan..
transfer case ada di setelah gearbox, sebagai pembagi putaran yang didapat dari gearbox ke kopel belakang dan kopel depan. di transfer case ini juga ada fungsi 2H, 4H, dan 4L yang udah diobrolin diatas, yang dikontrol oleh driver melalui tuas, knob, switch, dll, atau terkontrol secara otomatis. pada transfer ini juga ada tambahan gear dengan ratio yang lebih rendah sehingga disebut dengan low gear
putaran yang disalurkan dari transfer case ke kopel, dilanjutkan ke gardan, baik gardan belakang maupun gardan depan, dan kemudian gardan membagi putaran tersebut ke as roda kanan dan kiri
pada transfer case itulah adanya istilah parttime dan fulltime, yang melibatkan differential lock/open antara kopel belakang dan depan. di gardan juga ada differential lock antara as roda kanan dan kiri, atau yang lebih moderat yaitu Limited Differential Lock (LSD). kalo nekat sih locker2 itu bisa juga pake LMD (Las Mati Differential)
timbul pertanyaan, kenapa perlu di lock, dan kenapa perlu di open..
ban, suspensi, axle, dan drivetrain jadi pertimbangan utama dalam pemilihan mobil offroad.. Allhamdulillah mobil saya secara standard (pabrikan bukan standard kompetisi) udah punya cukup yang saya butuhkan, walaupun dulu pertimbangan pemilihan mobil ini bukan dari ban, suspensi, axle dan drivetrain, dulu sih ngga ngerti apa2, jadi dipaksa mengerti karena udah punya supaya bisa menggunakannya dengan benar ngga over usage dan juga bisa merawatnya..
mengenai drivetrain, billy udah cerita banyak secara advance (menurut saya) tapi mungkin teman2 ada yang masih belum jelas apa itu drivetrain.. Drive train adalah serangkaian komponen yang menyalurkan putaran dari mesin sampai ke ban yang terdiri dari transfer case, kopel, gardan, as roda.. kalo kopel dan as roda sih ya gitu2 aja, cuma masalah kekuatannya yang biasanya tergantung dari besar kecilnya.. yang rumit adalah transfer case dan gardan..
transfer case ada di setelah gearbox, sebagai pembagi putaran yang didapat dari gearbox ke kopel belakang dan kopel depan. di transfer case ini juga ada fungsi 2H, 4H, dan 4L yang udah diobrolin diatas, yang dikontrol oleh driver melalui tuas, knob, switch, dll, atau terkontrol secara otomatis. pada transfer ini juga ada tambahan gear dengan ratio yang lebih rendah sehingga disebut dengan low gear
putaran yang disalurkan dari transfer case ke kopel, dilanjutkan ke gardan, baik gardan belakang maupun gardan depan, dan kemudian gardan membagi putaran tersebut ke as roda kanan dan kiri
pada transfer case itulah adanya istilah parttime dan fulltime, yang melibatkan differential lock/open antara kopel belakang dan depan. di gardan juga ada differential lock antara as roda kanan dan kiri, atau yang lebih moderat yaitu Limited Differential Lock (LSD). kalo nekat sih locker2 itu bisa juga pake LMD (Las Mati Differential)
timbul pertanyaan, kenapa perlu di lock, dan kenapa perlu di open..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
yup betul lobang breather, pernah di bahas di milis landy_series, tapi gw lupa bahasannya gimanabillyd1773dz wrote:2. wah lubang apa yah? kyanya sih breather udara yah kurang apal nih klw landy hehe klw di mobil lain sih biasanya lubang breathernya uda di sambung selang ke atas ada yg ke ruang mesin ada yg kabin ada yg sasis. makin tinggi makin baik. semua mobil wajib di perhatiin saluran breathernya. selain di gb d gardan juga ada dan harus d perhatiin bwat yg demen nyelem heheegon wrote: 2.pnh liat d youtube ada lubang kecil pada girboks landy yg kudu dtutup kalo mw berkubang,apa smua mubil oprot ky gt?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
ada yg tau ga daihatsu kebo? itu mobil 4x4 jga bentuknya mirip2 tyt hardtop cuma aga kecil, wipernya dari atas, mesinnya diesel?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
ya tau lah om..ak4ng wrote:ada yg tau ga daihatsu kebo? itu mobil 4x4 jga bentuknya mirip2 tyt hardtop cuma aga kecil, wipernya dari atas, mesinnya diesel?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Tue Sep 21, 2010 10:07
- Location: jakarta
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
okay2..hatur nuhun pisan om.,hehe
satu lg kalo boleh tanya tntg LSD teh fungsi utamany apa n gmn ya?
ane pnh bawa john deere n rem blakang nya ada dua pedal(untk ban kiri n ban kanan) jd kalo direm salah satu si traktorny bs muter d tempat sgt memudahkan untk muter d tmpt sempit kalo bw trailer apakah ini yg dsebut LSD?
trims untk sharingnya ya
satu lg kalo boleh tanya tntg LSD teh fungsi utamany apa n gmn ya?
ane pnh bawa john deere n rem blakang nya ada dua pedal(untk ban kiri n ban kanan) jd kalo direm salah satu si traktorny bs muter d tempat sgt memudahkan untk muter d tmpt sempit kalo bw trailer apakah ini yg dsebut LSD?
trims untk sharingnya ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
ada yg pernah punya atw nyoba? share y!?gmx wrote:ya tau lah om..ak4ng wrote:ada yg tau ga daihatsu kebo? itu mobil 4x4 jga bentuknya mirip2 tyt hardtop cuma aga kecil, wipernya dari atas, mesinnya diesel?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
mobil yang bener2 kebo, bandel.. ukuran ngga terlalu besar, ngga terlalu kecil juga, mesin diesel belum direct injection 2500cc tenaga gede, rigid axle depan belakang, aslinya belum ada power steering, power window, central lock, ac, bener2 mobil offroad.. spare part lumayan banyak, perawatan gampang.. beberapa tahun lalu harganya murah 7jt bisa dapet, sekarang bahan aja udah 20jtan, yang udah direstorasi diatas 30, bahkan ada yang sampe 50jt, udah bisa termasuk collector item..IMHO recomended buat pemula offroad tapi jangan harap ini mobil yang nyaman.. ya namanya offroad jangan harap nyaman..ak4ng wrote:ada yg tau ga daihatsu kebo? itu mobil 4x4 jga bentuknya mirip2 tyt hardtop cuma aga kecil, wipernya dari atas, mesinnya diesel?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
soal differential coba tengok dulu video ini deh...
http://www.youtube.com/watch?v=yYAw79386WI
mantap banget ngejelasinnya.....
trus coba bayangkan model dgn sistem diatas gmn efeknya dlm kondisi offroad?
baru setelah itu bisa kelihat fungsi LSD dan locker hehe
thx
http://www.youtube.com/watch?v=yYAw79386WI
mantap banget ngejelasinnya.....
trus coba bayangkan model dgn sistem diatas gmn efeknya dlm kondisi offroad?
baru setelah itu bisa kelihat fungsi LSD dan locker hehe
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
mbl bokap gw dari sma sampai gw sd hehehe.......a very nostalgic car...ak4ng wrote: ada yg pernah punya atw nyoba? share y!?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
share lebih detil dong Bill..billyd1773dz wrote:mbl bokap gw dari sma sampai gw sd hehehe.......a very nostalgic car...ak4ng wrote: ada yg pernah punya atw nyoba? share y!?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Tue Sep 21, 2010 10:07
- Location: jakarta
Re: pilihan mobil-mobil 4x4 yg tidak mahal.. Buat PEMULA off
trims om mw ane cerna dulu ntr nanya lg ya
menunggu pencerahan dr om gmx tntg knp di lock n knp mesti di open