trims advice-nya om...sjamsul wrote:Bahaya sih kaga, tapi harus hati2 saat pasangnya. Yg jadi bahaya klo saat pasang tuh dratnya belum duduk dg baik dah diputar, bisa berakibat dratnya pada rusak ato selek. Klo dah begini jadi repot neh, tapi jangan khawatir klo pas ketemu kayak gini ada solusinya neh. Tinggal beli aja kitnya di ace yg buat baut selek ato di kawan lama yg di samping tol keboh jeruk, tinggal pilih aja mau ukuran yg mana.imsus2c wrote:om sjam, bongkar pasang busi kalo engga pake kunci torsi bahaya ga ya? soalnya pasang busi kalo ta baca di kardusnya kan ada ukuran kekuatan puntir kunci-nya (biasanya pake skala N/mm2). Nah kalo ngandalin kunci busi model rumahan, kan cuma pake feelling okol aja tuh?sjamsul wrote:Jangan lupa memakai sejenis gemuk yg bernama: "Copper compound", spy busi bisa dibuka dg mudah alias tidak macet klo mo diganti.
Selain itu ada hal lain yg sebaiknya diperhatikan juga saat pasang busi, yaitu klo sdh mentok tinggal tambain sedikit aja (kira2), jangan ampe terlalu kencang, krn klo terlalu kencang bisa mengakibatkan businye patah (pada merk2 tertentu). Makanya di busi ada skala kekencangan yg gunanya agar saat pasang busi kekencangannya pas.
Satu lagi neh, klo ada dipakein dah sejenis gemuk (copper compound) agar saat dibuka tidak macet. Nah fungsi gemuk ini adalah mencegah karat pada baut, terutama di suhu yg tinggi spt busi, baut2 pada knalpot, juga baut2 pada karburator yg berhubungan dg intake manifold (cmiiw).
Mungkin ada yg pernah ngalamin saat mau ganti knalpot, bautnye patah akibat jarang dibuka n terkena panas dlm jangka waktu yg lama. Klo dah begini khan jadi repot buat memperbaikinya. Klo tuh baut terbuka, gampang aja tinggal ganti baut ama murnye, tapi klo dratnye ditanam gimane?. hayuooo pikir ndiri.
kalo masalah karat/perlindungan terhadap lembab, biasanya kl sy, sebelum dipasang ke lubangnya, busi ta semprot dulu pake penetrant (WD), setelah terpasangpun sy semprot lagi... kira2 methode slah ato bener yah?