Tentang Accu

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

maskopat wrote: gini prop... kan aki itu ada unsur beda potensial (tegangannye) dan kuat arus nye (ampere nye).. nah kalo ukur tegangan, pake volt meter.. kalo ukur kuat arus aku, bisa gak pake multi tester itu???

kalo ukur besarnya pengisian ini maksudnya gimana? selisih potensial antara aki dan chargernya? atau selisih apa ya?? mohon pencerahan dari propesor bintang 4...
bisa2 aja sih pake alat itu buat ukur besarnya pengisian ke aki, cuma ga biasa aja n nt harus hati2, makanya ane sarankan nt pergi ke tukang alternator buat memastikannya............... nah ada satu pertanyaan ane yg nt belon jawab neh.......... yaitu setelah mbl baru dipake, apakah bisa langsung greng apa kaga nehhhh......... :e-think: .... krn jawaban tsb buat analisa ane nihhh......

gini2.......... yg namanya alternator itu kerjanya otomatis............ klo aki stroomnya berkurang maka alternator ngisinya akan besar katakanlah bisa ampe 20 amper, sedangkan klo aki dlm kondisi bagus, itu alternator ngisinya paling2 cuma 5 amper ajah, bahkan kurang, tergantung kondisi akinya..............

mungkin maksud nt adalah kapasitas akinya yah, yg tertera di aki, misalkan tipe NS70, artinya 65 amper gitu............. trus dibandingkan ama arus pengisian dari alternator............ bener ga............ :e-think:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Accu

Post by maskopat »

sjamsul wrote: bisa2 aja sih pake alat itu buat ukur besarnya pengisian ke aki, cuma ga biasa aja n nt harus hati2, makanya ane sarankan nt pergi ke tukang alternator buat memastikannya............... nah ada satu pertanyaan ane yg nt belon jawab neh.......... yaitu setelah mbl baru dipake, apakah bisa langsung greng apa kaga nehhhh......... :e-think: .... krn jawaban tsb buat analisa ane nihhh......

gini2.......... yg namanya alternator itu kerjanya otomatis............ klo aki stroomnya berkurang maka alternator ngisinya akan besar katakanlah bisa ampe 20 amper, sedangkan klo aki dlm kondisi bagus, itu alternator ngisinya paling2 cuma 5 amper ajah, bahkan kurang, tergantung kondisi akinya..............

mungkin maksud nt adalah kapasitas akinya yah, yg tertera di aki, misalkan tipe NS70, artinya 65 amper gitu............. trus dibandingkan ama arus pengisian dari alternator............ bener ga............ :e-think:

ane masih bingung dengan maksud hati2 nya di sini.. apakah ane bisa celaka atau alat yang ane pake bisa rusak..

kalo habis jalan, gak ngaruh juga sih.. tetap aja gak langsung greng.. tapi emang lebih dikit nyoba2 starternya...

iya prop.. ngukur ampere yang 65, 55 itu... bisa gak pake ampere meter dari multi tester?? trus pas kondisi nyala, ane ukur ampere yang dari kabel aki... ini kan keluaran dari dinamo ampere??
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
ane masih bingung dengan maksud hati2 nya di sini.. apakah ane bisa celaka atau alat yang ane pake bisa rusak..

kalo habis jalan, gak ngaruh juga sih.. tetap aja gak langsung greng.. tapi emang lebih dikit nyoba2 starternya...

iya prop.. ngukur ampere yang 65, 55 itu... bisa gak pake ampere meter dari multi tester?? trus pas kondisi nyala, ane ukur ampere yang dari kabel aki... ini kan keluaran dari dinamo ampere??
yah kira2 spt itulah.............. takutnye korslet aja bro, klo ga biasa............ krn ga umum orang pake multi tester............. so mendingan jangan ambil resiko...................

trus kondisi akinya gimana, apakah bodi akinya jadi panas ga, selain itu penambahan air akinya jadi lbh banyak ga dari biasanya, klo benar demikian ane cukup yakin klo kondisi akinya dah ga bagus lagi...............

ga bisa bro......... itu namanya ngukur kapasitas aki, cuma pabriknya aja yg tau......... sedangkan kite2 cuma tau dari berat akinya aja....... misalkan pada aki 50 amper ( N50 ), trus dibandingkan ama aki yg 65 amper (NS 70)........ nah aki yg lbh besar ampernya dah pasti bobotnya lbh berat dari yg ampernya lbh kecil............

waks bukan bro.......... ngukurnya dari kabel masa aki........ bukan yg dari alternator........... ato yg nt sebut dg dinamo amper..............
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Accu

Post by maskopat »

sjamsul wrote: yah kira2 spt itulah.............. takutnye korslet aja bro, klo ga biasa............ krn ga umum orang pake multi tester............. so mendingan jangan ambil resiko...................

trus kondisi akinya gimana, apakah bodi akinya jadi panas ga, selain itu penambahan air akinya jadi lbh banyak ga dari biasanya, klo benar demikian ane cukup yakin klo kondisi akinya dah ga bagus lagi...............

ga bisa bro......... itu namanya ngukur kapasitas aki, cuma pabriknya aja yg tau......... sedangkan kite2 cuma tau dari berat akinya aja....... misalkan pada aki 50 amper ( N50 ), trus dibandingkan ama aki yg 65 amper (NS 70)........ nah aki yg lbh besar ampernya dah pasti bobotnya lbh berat dari yg ampernya lbh kecil............

waks bukan bro.......... ngukurnya dari kabel masa aki........ bukan yg dari alternator........... ato yg nt sebut dg dinamo amper..............
oke deh.. gak ane kerjain pake multi tester deh... thanks prop...

waktu ngecas, ane lupa2 inget panas atau gak akinya.. kayaknya gak panas2 banget deh. trus penambahan air aki juga gak banyak.. malah 1 bulan yang lalu ditambah, sampe sekarang gak nambah2 air aki lagi.. dulu sempet ditambah, karena ane lupa masang tutup aki.. ceroboh banget murid propesor nih... :big_slap: :big_slap:

nah, kabel masa aki nih yang mana lagi nih??? :e-think: :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Tentang Accu

Post by mandala1 »

^^om kopat, kalo mau ganti alternator baru buat SL ga usah kuatir.....pake punyanya elsape bensin 82 juga sama, n harganya juga ga gitu mematikan :)
Tapi baiknya sih nt bawa dulu ajah ke tukang dinamo minta diukur arus nya, atau kalo perlu diservis paling2 cuma ganti i/c regulatornya ajah koq.....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
oke deh.. gak ane kerjain pake multi tester deh... thanks prop...

waktu ngecas, ane lupa2 inget panas atau gak akinya.. kayaknya gak panas2 banget deh. trus penambahan air aki juga gak banyak.. malah 1 bulan yang lalu ditambah, sampe sekarang gak nambah2 air aki lagi.. dulu sempet ditambah, karena ane lupa masang tutup aki.. ceroboh banget murid propesor nih... :big_slap: :big_slap:

nah, kabel masa aki nih yang mana lagi nih??? :e-think: :e-think:
sip.....

saat nt ngecas itu dimana yah, apakah di tempat tukang aki ato cuma ngecas di mobil........... :e-think: ...
nambahnya berapa banyak nih, apakah cuma sedikit ato ampe 1 botol......... :e-think:

kabel masa = kabel ground............... :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

mandala1 wrote: Tapi baiknya sih nt bawa dulu ajah ke tukang dinamo minta diukur arus nya, atau kalo perlu diservis paling2 cuma ganti i/c regulatornya ajah koq.....
klo ane liat dal, nampaknya ga ada masalah dari alternator.......... tp ga ada salahnya sih diperiksa ulang, siapa tau ada sdikit masalah.......... krn klo ga ngisi, si kopat pasti dah teriak......... kenapa lampu aki di dashboarnya nyala............... :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tentang Accu

Post by DOHC »

atau bisa jg lampu aki di dashboard nya uda putus... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

DOHC wrote:atau bisa jg lampu aki di dashboard nya uda putus... :upss: :upss:
khan bisa ketauan saat kunci di posisi on.............. :e-whistle:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Accu

Post by maskopat »

mandala1 wrote:^^om kopat, kalo mau ganti alternator baru buat SL ga usah kuatir.....pake punyanya elsape bensin 82 juga sama, n harganya juga ga gitu mematikan :)
Tapi baiknya sih nt bawa dulu ajah ke tukang dinamo minta diukur arus nya, atau kalo perlu diservis paling2 cuma ganti i/c regulatornya ajah koq.....
ane baru serpis sih sabtu kemarin.. kurang tahu apa yang dikerjain. soalnya si SL ane tinggal...
I/C regulator juga pernah diganti 3 tahun yang lalu pake yang buka ori.. katanya yang ori mahal banget... emang berapaan alternator barunya ya?

kalo pake alternator elsape diesel, boleh gak? atau pake alternator colt t 120 ss??
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Accu

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
maskopat wrote:
oke deh.. gak ane kerjain pake multi tester deh... thanks prop...

waktu ngecas, ane lupa2 inget panas atau gak akinya.. kayaknya gak panas2 banget deh. trus penambahan air aki juga gak banyak.. malah 1 bulan yang lalu ditambah, sampe sekarang gak nambah2 air aki lagi.. dulu sempet ditambah, karena ane lupa masang tutup aki.. ceroboh banget murid propesor nih... :big_slap: :big_slap:

nah, kabel masa aki nih yang mana lagi nih??? :e-think: :e-think:
sip.....

saat nt ngecas itu dimana yah, apakah di tempat tukang aki ato cuma ngecas di mobil........... :e-think: ...
nambahnya berapa banyak nih, apakah cuma sedikit ato ampe 1 botol......... :e-think:

kabel masa = kabel ground............... :e-whistle:
banyak si Om, 1 botol yang 1 liter. ane pake aki gede.. kalo gak salah 55 or 60 ampere.. pokoknya gede deh...

ane ngecas sendiri.. kebetulan ada cas aki merk abal2... tapi kalo starter sambil dicas, langsung greng...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tentang Accu

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
DOHC wrote:atau bisa jg lampu aki di dashboard nya uda putus... :upss: :upss:
khan bisa ketauan saat kunci di posisi on.............. :e-whistle:
kalo lampu aki dan oli masih nyala.. lampu rem tangan yang gak nyala lagi sama lampu pintu kalo gak rapet..
kalo lampu bensin sih gak tahu nyala ato gak, soalnya bensin gak pernah sampe habis...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
banyak si Om, 1 botol yang 1 liter. ane pake aki gede.. kalo gak salah 55 or 60 ampere.. pokoknya gede deh...

ane ngecas sendiri.. kebetulan ada cas aki merk abal2... tapi kalo starter sambil dicas, langsung greng...
nah, klo nambahnya ampe 1 botol, bearti banyak banget ngisinye............ klo yg normal.... dlm sebulan nambahnya paling2 cuma seperempat botol aja............ itupun maksimum yah.............. n bisa juga ga nambah dlm sebulan............ tergantung rutenya...

bearti kemungkinan besar itu aki dah minta diganti................... :e-whistle:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tentang Accu

Post by gmx »

ikutan ngomong ya.. kebetulan gw punya sedikit pengalaman dengan aki/battery walaupun bukan untuk mobil tapi untuk back up catu daya perangkat elektronik yang besarnya total 48V dengan kapasitas sampai ribuan Ampere Hour

pada battery, ada 2 besaran yang umum dipakai yaitu tegangan dan kapasitas.

kalo tegangan jelas ya, bisa diukur dengan multimeter/avometer, satuan Volt. di mobil umumnya dipakai 12 volt, dan dalam kondisi yang bagus harusnya di battery terukur lebih dari itu, antara 14-14,5 Volt DC. kalo di power system 48V maka nominal yang terukur pada kondisi bagus kira2 54,5Volt yang satu Battery Bank biasanya terdiri dari 4 battery 12V atau 8 battery 6V yang dipasang secara seri.

sedangkan untuk kapasitas memakai satuan Ampere Hour, misalnya battery dengan kapasitas 70 Ampere Hour artinya battery tersebut dalam kondisi bagus dapat memberikan catuan pada load/beban yang memerlukan arus sebesar 7 ampere selama 10 jam, atau arus 14 ampere selama 5 jam, atau arus 10 ampere selama 7 jam dan seterusnya.

Bisakah arus battery diukur dengan Avometer yang ada amperemeternya? jawabannya bisa tapi tidak mewakili apakah battery tersebut masih bagus apa ngga, dan untuk mengukur arus dengan amperemeter juga ada caranya yang sangat berbeda dengan mengukur tegangan, karena mengukur tegangan dengan voltmeter dilakukan dengan cara voltmeter dipasang paralel dengan beban sedangkan mengukur arus maka amperemeter dipasang secara seri dengan beban.

kita ingat rumus dasar I = V/R dengan I = Arus, V = tegangan, R = hambatan beban,

pada rangkaian elektrik paralel 1/Rtotal = 1/R1 + 1/R2, anggap R2 adalah hambatan Voltmeter maka R pada voltmeter harus sangat besar sehingga arus yang melalui voltmeter sangat kecil dan tidak signifikan terhadap beban, jadi voltmeter bisa dianggap tidak ada dan pengukuran menjadi valid.

pada rangkaian elektrik seri Rtotal = R1 + R2, anggap R2 adalah hambatan amperemeter, maka R2 harus sangat kecil agar tegangan yang dimakan oleh amperemeter juga sangat kecil sehingga tidak signifikan terhadap beban dan pengukuran menjadi valid.

dengan R amperemeter yang sangat kecil, dengan rumus I = V/R, bayangkan bila kita mengukur battery HANYA dengan amperemeter tanpa di-seri dengan beban, maka arus yang mengalir akan SANGAT BESAR SEKALI. saya punya avometer yang cukup bagus product dari sebuah produsen test and measurement instrument yang cukup terkenal di dunia elektronik, rating yang dibolehkan hanya 4 ampere maksimum. bayangkan bila dipakai untuk mengukur battery dengan cara seperti kita mengukur tegangan battery dengan voltmeter, sama aja dengan bikin konslet, maka avometer itu bisa2 meledak! :big_peace:

bagaimana mengukur arus tanpa mengubah rangkaian battery dengan beban dan dapat mengukur sampai arus yang besar? ada alat namanya tang ampere

yang biasa saya lakukan untuk mengukur kondisi battery apakah masih bagus atau tidak saat maintenance, atau saat uji terima battery baru adalah dengan load test. misal ada 8 battery bank masing2 dengan kapasitas 100 Ah, antar bank dipasang paralel sehingga total kapasitas adalah 800Ah 48VDC, misal dengan adanya beban yang memerlukan supply sebesar 100A, maka seharusnya rangkaian battery tersebut harus dapat mensupply selama 8 jam, kemudian main source dari PLN diputus agar beban disupply oleh battery. tiap 15 menit tegangan battery diukur dan dicatat, lalu dibuat grafik. pada saat awal grafik itu akan cepat turun kemudian penurunannya akan cenderung menjadi lebih sedikit, misal pengukuran awal 54,5VDC, 15 menit pertama 50 VDC, 15 menit berikut 48 VDC, 15 menit berikut 48,5 VDC, 15 menit berikut 48,25 VDC dan seterusnya.

untuk pengisian battery, yang pada mobil dilakukan oleh dinamo ampere, prinsipnya mirip dengan air, yang bergerak dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah, dan tempat rendah tersebut lama2 airnya akan makin banyak. misal pada mobil, saat mobil kondisi mati di pagi hari belum dinyalakan, diukur tegangan battery 12,5V, hidupkan mesin terukur 14,2V yang artinya itu datangnya dari dinamo ampere karena tegangan battery sebelum dinyalakan. battery akan menyimpan muatan yang diberikan oleh dinamo ampere namun tegangan battery tidak akan dapat menyamai tegangan dinamo ampere, setelah beberapa lama matikan mesin dan ukur tegangan battery 13,5V. kalo tegangan battery pagi2 cuma 9V, setelah mobil dipanasin tegangannya cuma 11V, terus dipake starter sekali drop lagi jadi 9 volt, artinya battery udah ngga nyimpen muatan lagi, kondisi udah ngga bagus

alat ukur battery yang dimiliki oleh tukang reparasi aki, ini gw belum pernah pegang, belum pernah tau gimana cara kerjanya.. mungkin di dalam alat ukur tersebut ada rangkaian elektrik yang mempunyai hambatan cukup besar sehingga berfungsi sebagai simulasi beban rangkaian seperti umumnya pemakaian battery pada mobil

pasti ngantuk dan bingung bacanya... CMIIW dan semoga bermanfaat.. :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
sjamsul wrote:
DOHC wrote:atau bisa jg lampu aki di dashboard nya uda putus... :upss: :upss:
khan bisa ketauan saat kunci di posisi on.............. :e-whistle:
kalo lampu aki dan oli masih nyala.. lampu rem tangan yang gak nyala lagi sama lampu pintu kalo gak rapet..
kalo lampu bensin sih gak tahu nyala ato gak, soalnya bensin gak pernah sampe habis...
nah, saat mesin idup ... itu lampu akinya mati apa kaga....... klo mati bearti pengisiannya kemungkinan besar normal.......... :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

@gmx:
seru bacanya bro...... ane dah mau bobo, jadi seger lagi nih....... hahaha........

btw nice sharing......... thanks.........
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Tentang Accu

Post by mandala1 »

@gmx : ane bacanya sambil melongo aje kayak orang dongo..... :mrgreen:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tentang Accu

Post by DOHC »

kalo ane bacanya kaya lagi baca lecture dosen ane... trus saking binggung nya ampe akhirnya diem2 di blakang ol buka forum... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Tentang Accu

Post by imsus2c »

sjamsul wrote:
AnAn wrote:Oom mo newbie mo nanya, sebenernya bagusan mana ya accu basah sama accu kering?
dua2nya bagus bro........... cuma ane prefer aki basah........
mo nanya nih, kenapa meneer sjam lebi suka yg basah-basah...? serius...(maksudnya aki basah) :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tentang Accu

Post by gmx »

prop, mohon ijin untuk bantu ngasih masukan ya..

aki kering memerlukan suhu yang cukup dingin supaya bisa awet, sedangkan kalo di mobil dipasangnya disamping mesin yang suhunya tinggi. kalo di instalasi elektronik selalu dijaga suhunya sekitar 22 derajat celcius. kalo panas, aki kering akan cepet retak2. aki basah lebih tahan terhadap suhu panas. menurut pengalaman gw di kerjaan, aki kering yang bagus merk oerlikon, dia cukup tahan terhadap panas, ga tau untuk mobil ada apa ngga. yang biasa gw pake itu oerlikon 6V 150Ah. ada juga sih yang 12V. kalo yang 6V 150Ah itu tiap block battery beratnya bisa 70kg. yang biasa gw pake 2 bank, tiap bank-nya 8 battery, jadi total 16 battery. bayangin kalo ada kerjaan relokasi battery dari satu tempat ke tempat lain.. biasanya ada uang dari kantor buat nyewa man power, tapi temen2 lebih suka ngangkat2 sendiri, trus duitnya dipake pijet :mrgreen:

beberapa merk battery lain juga dipakai, tapi performancenya ngga sebagus oerlikon. yang lain itu kalo sempet AC rusak, suhu ruangan bisa sampai 55 derajat, pasti langsung pecah2 atau kembung, kalo oerlikon masih ngga apa2. battery lain kadang secara fisik masih bagus, tapi udah ngga nyimpen. kalo oerlikon selama dia belum pecah, masih bagus nyimpen muatan. banyak yang umurnya hampir 10 tahun masih bagus layak pakai. tapi gw ngga tau apa oerlikon dijual untuk umum, dan ga tau juga tahan ga dia kalo dipake panas2an terus2an

tips lain supaya battery awet adalah perlu dijaga arus yang masuk/keluar battery jangan terlalu besar, standard di kantor gw adalah 10% dari kapasitas battery, jadi beban standardnya adalah maks 10% dari kapasitas battery, pengisian juga di set maks 10% dari kapasitas battery, makanya ada bagusnya juga ukur arus aki di mobil dengan kondisi mesin mati, coba nyalain segala macem alat listrik mobil seperti sound system, klakson, lampu dll supaya tau berapa beban terpasang di mobil, jadi bisa ngitung berapa besar aki yang diperlukan. itu makanya banyak motor2 yang sering rusak akinya setelah ada peraturan nyalain lampu di siang hari karena arus beban terlalu besar.

juga jaga supaya muatan aki jangan terlalu sedikit atau aki sampe abis. kalo di kantor gw, dengan tegangan nominal 48V, terus mati lampu, battery back up akan diputus pada saat tegangan battery 43V, yaitu kira2 90% dari tegangan standard. karena pertama supaya battery awet, kedua supaya peralatan pengisian battery juga awet karena ngga perlu memberikan arus yang besar saat ngisi. arus yang besar akan menimbulkan panas, kalo kelamaan bisa angus..

btw, tegangan aki juga bisa jadi indikator banyak tidaknya muatan yang disimpan pada aki, karena semakin banyak muatan maka beda potensial antara kutub (+) dan kutub (-) akan semakin besar, sehingga tegangan juga semakin besar. kalo beban kecil tapi tegangan cepet turun itu tanda2 akinya udah ngga bagus nyimpennya..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

^^
bro, nampaknya pengertian aki kering buat di mbl agak berbeda dg yg buat battery back up pada aki yg nt pake. Di mbl yg disebut aki kering (mayoritas) msh ada airnya.......n klo ga salah ada yg pake jel..... atau gel.....jadi aki tsb juga tahan panas thd suhu ruangan di mesin mbl............

Memang benar arus pengisian pada aki ga boleh terlalu besar yg mengakibatkan aki jadi cepat rusak n air akinya secara otomatis akan cepat berkurang.........makanya di mobil2 keluaran sekarang arus pengisiannya dah jauh lbh baik dibandingkan ama mbl jadul....... pada masa2 yg lalu, ane sering liat arus pengisian suka dinaikkan dg cara merubah voltage regulatornya (ket ot), shg arus pengisiannya jadi besar........dg maksud spy ga tekor akinya. Sebetulnya hal ini ga perlu dilakukan (merubah ket ot), krn klo beban arus yg dipake makin besar, misalkan dg pemakaian lampu di malam hari, secara otomatis alternator akan menyesuaikan diri dg bebannya....... jadi sdikit berbeda perlakuannya ama yg nt lakukan... yg bisa diset berapa persennya...........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

DOHC wrote:kalo ane bacanya kaya lagi baca lecture dosen ane... trus saking binggung nya ampe akhirnya diem2 di blakang ol buka forum... :upss: :upss:
iya neh......... gara2 si mandala nanyanye beruntun terus.......... yg atu belon kelar dah ditanya lagi, akibatnya ada beberapa pertanyaan yg msh belon terjawab................ :frm_bang_head:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

imsus2c wrote:
sjamsul wrote:
AnAn wrote:Oom mo newbie mo nanya, sebenernya bagusan mana ya accu basah sama accu kering?
dua2nya bagus bro........... cuma ane prefer aki basah........
mo nanya nih, kenapa meneer sjam lebi suka yg basah-basah...? serius...(maksudnya aki basah) :ungg:
spt yg ane dah tulis (klo nt menyimak)............. spy ga rugi masa pakenya...............jadi saat beli benar2 dapat aki baru........ bukan aki stok lama ato aki yg dah pernah distroom ulang.............selain itu perawatannya lbh mudah, krn bisa kontrol airnya setiap saat............... sedangkan pada aki yg katanya aki kering, kebanyakan ga bisa diperiksa level airnya, krn atasnya paten.................... :ungg: ....


Ada kemungkinan tulisan ane akan dibantah............ krn aki kering 'katanya' membutuhkan lbh sdikit perawatan dibandingkan aki basah.............. :upss:

tambahan:
klo terjadi sesuatu hal yg mengakibatkan stroom di aki berkurang, bisa jadi mbl ga bisa distarter.......... nah untuk mengatasinya khan aki harus disetroom ulang......... nah, pada aki kering kite ga bisa pantau kondisi air akinya, apakah msh tawar ato kaganya....... pada aki basah, hal ini ga masalah, krn bisa diperiksa kondisi airnya...... Jadi selain itu bisa dipastikan apakah cuma stroomnya aja yg habis, atau akinya dah mulai bermasalah..............

smoga bermanfaat....................... :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tentang Accu

Post by sjamsul »

klo temen2 ada pertanyaan lagi seputaran aki, sebaiknya posting disene aja yah....http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9311
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6015
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tentang Accu

Post by BADAK »

Jangan2 bung DMX ini dosen electro ya :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today