Zaman sekarang ini kan "Semuanya Butuh Uang" ... hahahahahahauch wrote:ha..ha..ha..ha...PenyuTurbo wrote:Kecuali masalah keuangan .....uch wrote:Pokoke kalo ada Pak Penyu, semua masalah teratasi..
Kalo itu sih tergantung "rasa"...
Kalo terasa kurang ya kurang. Terasa cukup, jadi cukup...
Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
makasih banyak atas analisanya pak PenyuTurbo, sungkan sampai saya hehehe , sampai ngrepotin sepuh sm satu ini.PenyuTurbo wrote:Ngelihat Photo baru ... maka Analisa NO.3 diatas ... gak ada lagi ... alias dihapus.Yusaku wrote:arigatou gozaimasu bro penyuturbo, hehehe atas waktunya menganalisa busi saya. ini saya tambahkan pic supaya bisa lebih jelas lagi.
kemarin pakai kamera hp jadi kurang maknyuss hehehe
setuju ama bro uch, banyak membantu sekali postingan pak PenyuTurbo heheheh salut
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Lho ... gak usah sungkan thooo ... yang penting bermanfaat juga bagi yang lainnya.Yusaku wrote:makasih banyak atas analisanya pak PenyuTurbo, sungkan sampai saya hehehe , sampai ngrepotin sepuh sm satu ini.PenyuTurbo wrote:Ngelihat Photo baru ... maka Analisa NO.3 diatas ... gak ada lagi ... alias dihapus.Yusaku wrote:arigatou gozaimasu bro penyuturbo, hehehe atas waktunya menganalisa busi saya. ini saya tambahkan pic supaya bisa lebih jelas lagi.
kemarin pakai kamera hp jadi kurang maknyuss hehehe
setuju ama bro uch, banyak membantu sekali postingan pak PenyuTurbo heheheh salut
-
- Administrator
- Posts: 2496
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
Hallo,
Pembahasan mengenai Oktan BBM telah saya split menjadi topik baru.
Berikut linknya.
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6754
Sekian, terima kasih.
Pembahasan mengenai Oktan BBM telah saya split menjadi topik baru.
Berikut linknya.
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6754
Sekian, terima kasih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Saya service di Be Res Suzuki.... Jadi pakai busi standar yang Rp.13.000 an. Sekarang sudah jalan hampir 20.000 km, Pemakaian bahan bakar masih normal (artinya masih sekitar 1:6 - 7). Bensinnya juga Premium terus....abdoel wrote:selain umur pakai apakah ada tanda2 kusus kalo busi njaluk adek ?
Jadi selain umur pakai, ya mungkin dilihat pemakaian/ konsumsi saja... apakah cenderung makin boros. Mungkin juga pada waktu stater di pagi hari... (eeehhh ada pengaruh gak ya ?????)
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Buka aja businya...abdoel wrote:selain umur pakai apakah ada tanda2 kusus kalo busi njaluk adek ?
Liat elektrodanya.. Biasa kalo dah jelek, ygt standard udah terkikis..
Jadi bentukny dah ga rata.. Miring2..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
kalo secara fisik gak ada ya PPT ?PenyuTurbo wrote:Dirasa ada mbrebet-mbrebetabdoel wrote:selain umur pakai apakah ada tanda2 kusus kalo busi njaluk adek ?
Dirasa mesin udah bergetar banget
Udah mulai boros
Mulai susah kalau di start
terus kalo asap knalpot bau menyengat itu tanda AFR terlalu gemuk ato terlalu kurus ?
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Aug 30, 2007 7:42
Tanya bengkel tuning TPS ??
Guys, mo tanya begkel yg jago setting TPS, pengen irit tapi tarikan tetep OK...ga perlu ngebut2-lah..Info-nya ya please...Gw tinggal di daerah Jakarta Timur...Kalo bisa seh info-nya dari bengkel yg deket2 sini
Thank's
Thank's
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: please anlisa warna businya
Ha3.. ogud mau share nih... seneng banged hari ini...
Soal busi sih... untuk pertama kalinya gw liat busi berwarna gini di mobil gw (esc 97 karbu)...
SEMPURNA BANGED..
Maap bro takumi, lebih keren yang ini.. Ha3... J/K
Yang gw buletin merah tuh bener2 gila! (silinder 4)
Bensin = Premium jakarta ==> berarti masih bertimbal ya... soalnya masih merah...
Filter udara pake simota open filter ---> COOL! Thx Standar motor
yang sebelahnya merah tuh silinder 1 baru gw bersihin, trus baru terinspirasi buat foto..
Jadi ceritanya gini, gw sharingin:
Kemarin ini gw tiba2 kesadar aja, mobil gw koq getarannya agak berlebih...
kayaknya sih udah lama, tapi kemarin pas ujan besar baru sadar aja...
Gw perkirakan mesin ada yang pincang..
Dan hari ini gw coba buka busi2 dulu...
Dan bener aja, setelah gw cek pake feeler gauge, businya gap-nya 1mm.
(ceritanya waktu dulu gw pernah buka busi, ternyata krna kekencangan atasnya pecah..
Beli baru lagi 1 doank eh lupa di kalibrasi dulu)
Normalnya gap dimobil gw, gw kasih 0,6mm.
dan hasilnya seperti diatas...
Untuk busi yang baru tersebut terletak di silinder 1 dan pas dibuka item sendiri...
Kesimpulan:
1. jangan remehin cek gap busi, itu penting bgt...
2. Filter udara kebuka dimobil gw bagus, soalnya dulu pake OEM punya jadinya ga pernah begini, item melulu...
3. Pembakaran di mobil gw yang ini sempurna banged...
4. coba cek busi dulu kalo terasa pincang...
Pertanyaan:
knp pinggirnya selalu hitam banged ya? ga pernah dari dulu tuh bersih...
thx..
Soal busi sih... untuk pertama kalinya gw liat busi berwarna gini di mobil gw (esc 97 karbu)...
SEMPURNA BANGED..
Maap bro takumi, lebih keren yang ini.. Ha3... J/K
Yang gw buletin merah tuh bener2 gila! (silinder 4)
Bensin = Premium jakarta ==> berarti masih bertimbal ya... soalnya masih merah...
Filter udara pake simota open filter ---> COOL! Thx Standar motor
yang sebelahnya merah tuh silinder 1 baru gw bersihin, trus baru terinspirasi buat foto..
Jadi ceritanya gini, gw sharingin:
Kemarin ini gw tiba2 kesadar aja, mobil gw koq getarannya agak berlebih...
kayaknya sih udah lama, tapi kemarin pas ujan besar baru sadar aja...
Gw perkirakan mesin ada yang pincang..
Dan hari ini gw coba buka busi2 dulu...
Dan bener aja, setelah gw cek pake feeler gauge, businya gap-nya 1mm.
(ceritanya waktu dulu gw pernah buka busi, ternyata krna kekencangan atasnya pecah..
Beli baru lagi 1 doank eh lupa di kalibrasi dulu)
Normalnya gap dimobil gw, gw kasih 0,6mm.
dan hasilnya seperti diatas...
Untuk busi yang baru tersebut terletak di silinder 1 dan pas dibuka item sendiri...
Kesimpulan:
1. jangan remehin cek gap busi, itu penting bgt...
2. Filter udara kebuka dimobil gw bagus, soalnya dulu pake OEM punya jadinya ga pernah begini, item melulu...
3. Pembakaran di mobil gw yang ini sempurna banged...
4. coba cek busi dulu kalo terasa pincang...
Pertanyaan:
knp pinggirnya selalu hitam banged ya? ga pernah dari dulu tuh bersih...
thx..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Re: please anlisa warna businya
bukanya sedikit lean ya..
untuk penyetingan karbu emang lebih gampang , di banding injection yg minimal harus pake piggyback...
cuman ya itu piggyback lebih optimal bisa di set setiap rpm takaran bensin udara dan waktu pengapianya..
untuk penyetingan karbu emang lebih gampang , di banding injection yg minimal harus pake piggyback...
cuman ya itu piggyback lebih optimal bisa di set setiap rpm takaran bensin udara dan waktu pengapianya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: please anlisa warna businya
waduh masa sih masih lean juga?
selama ini item melulu loh.. tapi sejak pake filter kebuka, tiba2 jadi merah begini...
bukannya ini pas banged?
selama ini item melulu loh.. tapi sejak pake filter kebuka, tiba2 jadi merah begini...
bukannya ini pas banged?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: please anlisa warna businya
Nah ini mudah di cerna, kalau saya udah ngerasain kayak gini,trus baru periksa busi.PenyuTurbo wrote:abdoel wrote:selain umur pakai apakah ada tanda2 kusus kalo busi njaluk adek ?
Dirasa ada mbrebet-mbrebet
Dirasa mesin udah bergetar banget
Udah mulai boros
Mulai susah kalau di start
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: please anlisa warna businya
baru ganti busi juga... ngk standar aja ah... rasanya kok ga beda ama iridium ya... wakakakakakaka!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
mo angkat thred lama ah... kebetulan lagi penasaran,r1210g wrote:Ha3.. ogud mau share nih... seneng banged hari ini...
Soal busi sih... untuk pertama kalinya gw liat busi berwarna gini di mobil gw (esc 97 karbu)...
SEMPURNA BANGED..
Maap bro takumi, lebih keren yang ini.. Ha3... J/K
Yang gw buletin merah tuh bener2 gila! (silinder 4)
Bensin = Premium jakarta ==> berarti masih bertimbal ya... soalnya masih merah...
Filter udara pake simota open filter ---> COOL! Thx Standar motor
yang sebelahnya merah tuh silinder 1 baru gw bersihin, trus baru terinspirasi buat foto..
Jadi ceritanya gini, gw sharingin:
Kemarin ini gw tiba2 kesadar aja, mobil gw koq getarannya agak berlebih...
kayaknya sih udah lama, tapi kemarin pas ujan besar baru sadar aja...
Gw perkirakan mesin ada yang pincang..
Dan hari ini gw coba buka busi2 dulu...
Dan bener aja, setelah gw cek pake feeler gauge, businya gap-nya 1mm.
(ceritanya waktu dulu gw pernah buka busi, ternyata krna kekencangan atasnya pecah..
Beli baru lagi 1 doank eh lupa di kalibrasi dulu)
Normalnya gap dimobil gw, gw kasih 0,6mm.
dan hasilnya seperti diatas...
Untuk busi yang baru tersebut terletak di silinder 1 dan pas dibuka item sendiri...
Kesimpulan:
1. jangan remehin cek gap busi, itu penting bgt...
2. Filter udara kebuka dimobil gw bagus, soalnya dulu pake OEM punya jadinya ga pernah begini, item melulu...
3. Pembakaran di mobil gw yang ini sempurna banged...
4. coba cek busi dulu kalo terasa pincang...
Pertanyaan:
knp pinggirnya selalu hitam banged ya? ga pernah dari dulu tuh bersih...
thx..
kalo di rumah, saya sering bersih2 mesin, beberapa waktu lalu saya buka busi, rencananya mo dibersihin, ternyata di keramik elektrodanya berwarna coklat keruh kemerahan dan di elektrodanya agak berkerak putih tipis (Waktu itu saya berpikir apakah gara2 iseng2 coba OB bardahl soalnya sebelum buka busi, sudah pernah 2 x menenggak bardahl)
wujudnya kira-kira seperti dengan foto yg dipasang bro takumi di halaman 1 topic ini
saya penasaran dan coba search/browse gambar-gambar busi di internet mengenai ini, beberapa sumber ternyata bilang kalo warna yg coklat keruh kemerahan justru tanda pembakaran sempurna....nah lho....gimana nih....
oya, saya pake busi Denso Iridium IW16, mobil Hyundai Santa Fe, mesin G4JS, 2400 cc I-4, bbm dapat dikatakan selalu pake pertamaxplus.
dari tulisan bro r1210g diatas mengenai cek gap busi, apakah busi dari jenis iridium juga perlu di re-gap? agak ngeri tuh...kan ujung elektrodanya kecil nian. Takut kalo meleset malah patah tuh...kan busi iridium lumayan mahal...
Oya, saya kalo bersihin elektroda ini, biasanya disemprot penetrant (macam WD40) trus disikat pake sikat gigi, jadi bukan pake sikat kawat, tunggu sampe kering baru pasang lagi di mesin. Apakah cara ini sudah benar?
@bro poetic, masa sih yg standard sama rasa dengan iridium? kalo saya kok ngerasa lebih "narik" yaah? terutama buat akselerasi...tapi ya itu, pengukurannya pake feeling dan mood hehehe...jadi ga pake gps
@bro r1210g, fotonya hilang tuh...pasang lagi dong.... dan sebagai mods, kayaknya topic ini cocok digeser ke common topics of cars/automotives deh, biar lebih rame tanggapannya, thanks.........
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
hallo....
mana nih, belum ada pakar busi di SM yah...? padahal salah satu cara mendeteksi kesehatan mesin kan dari menganalisa busi...cmiiw
pak sjamsul gimana nih? kenapa cuma masternya di bidang aki doang
ps. thanks buat pak blindzero yg dah geserin topic ini
mana nih, belum ada pakar busi di SM yah...? padahal salah satu cara mendeteksi kesehatan mesin kan dari menganalisa busi...cmiiw
pak sjamsul gimana nih? kenapa cuma masternya di bidang aki doang
ps. thanks buat pak blindzero yg dah geserin topic ini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
dimohon analisanya dari para senior, sudah sehatkah pembakaran mesin boil saya?
hyundai santa fe 2351 cc, 4 silinder N/A, mesin G4JS, busi Denso Iridium IW16, rasio kompresi sekitar 11:1, bbm pertamaxplus (kadang pertamax biasa juga)
hyundai santa fe 2351 cc, 4 silinder N/A, mesin G4JS, busi Denso Iridium IW16, rasio kompresi sekitar 11:1, bbm pertamaxplus (kadang pertamax biasa juga)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: please anlisa warna businya
Bro kalao merah merah itu kan tanda pembakaran yang ideal apa yah,wadoh iya neh mana pak Sjamsul..masak kalau mesin rewel biang keladinya cuman Aki..wekeke.
aku kalau pakai busi yah kayak Pak Eljepe yang satandar yang 13 rebonan,,kalau montir bilang kudu ganti yah ngikut ajah.
aku kalau pakai busi yah kayak Pak Eljepe yang satandar yang 13 rebonan,,kalau montir bilang kudu ganti yah ngikut ajah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: please anlisa warna businya
bukannya bro imsus punya pembakaran agak terlalu "basah" yah (rich), banyak kerak karbon hitam di sekitar busi nya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
nah itulah yg saya khawatirkan pak GTR.... beberapa bulan lalu, sensor MAF boil saya (katanya bengkel sih) bermasalah, kadang waras kadang error...GTR wrote:bukannya bro imsus punya pembakaran agak terlalu "basah" yah (rich), banyak kerak karbon hitam di sekitar busi nya..
waktu AFR-nya distel agak "lean" dikit, eh stasioner RPM-nya naik-turun.... jadi sebelll....akhirnya lambda-nya ga pernah ideal
mo diganti MAF-nya yg ori (merk Bosch), waahhh...ga nahan harganya...
kondisi sekarang, pake pertamaxplus, mesin masih standard tapi pernah mengalami porting+polished dan kompresi dinaikkan dikit (aslinya 10:1 sekarang sudah 11:1 lebih dikit....), dapetnya dalkot (rumah saya banyak tanjakan curam) dapatnya 1:5-1:6, kalo luar kota tanpa tol 1:8-1:9
tapi lubang knalpot bersih (engga berjelaga), oli ga kurang (s.d. ganti oli di km 5000-6000an), oli pake castrol magnatec 10-40.
cuma emang meski engga berjelaga, aroma-nya kerasa pedih di mata dan hidung....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: please anlisa warna businya
jadi, itu MAF yg error, udah diganti (dg non-ori) atau belum bro ?
anyway,
mgkin nggak, kalau nggak berjelaganya itu krn "ketahan" di cat conv ?
anyway,
mgkin nggak, kalau nggak berjelaganya itu krn "ketahan" di cat conv ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
belom boss mods, sekarang hanya lebih "diperhatikan" aja, sering dibersihkan (pake contact cleaner), di cek ulang. Dulu pernah ditawarin bengkel, MAF copotan dari mitsu-galant tapi saya masih belom mau. Masalahnya MAF santi ini belum 100% tewas, hanya kadang waras kadang gila....andy1800 wrote:jadi, itu MAF yg error, udah diganti (dg non-ori) atau belum bro ?
katanya pak mekanik, problem ini sering menimpa mesin dengan sistem-nya mitsubishi. Di bengkelnya, sering dijumpai galant yg bermasalah dengan MAF, konon kata pak mekanik, kalo galant V6-2.4L tewas MAF-nya, FC-nya bisa cuma 1:2 - 1:3
Very good question...I haven't thought that far...andy1800 wrote: anyway,
mgkin nggak, kalau nggak berjelaganya itu krn "ketahan" di cat conv ?
artinya saya juga belum tahu jawabannya nih pak mods...
bisa aja ni jelaga ketahan sama CC...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: please anlisa warna businya
hmmm...memang urusan AFR ini urusan yg gampang2 susah... bahkan utk yg ber-karburator jg.
kalau ada satuuu saja komponen di dalam sistemnya itu yg nggak beres, maka akan membuat penyetelannya susaaaaah banget...menjadi sedemikian sensitif.
padahal, kalau semua sistemnya beres, penyetelan AFR nya jadi sungguh enak... nggak segitunya sensitif.. nggak perlu akurat2 amat.
yg jadi masalah utamanay, adalah mendiagnose komponen mana yg bermasalah.
biasanya, yg paling mudah adalah "pinjam dulu parts dari engine yg bisa dijadikan acuan".
lalu replace kan ke parts kita yg diduga bermasalah itu...coba beberapa lama.
dlm hal ini, MAF dan atau ECU, dan atau parts fuel supply lain nya itu, udah coba diganti-pinjem dg parts yg udah jelas2 oke, dr engine yg normal, bro ?
sudahkah didapat kesimpulan, bahwa masalahnya benar2 di elektroniknya, atau di konektor2nya doang?
anyway,
kalau yakin bahwa MAF nya tersebut kadangkala waras2-gila, memang pasti akan membuat pembakaran jadi enggak sip...
mgkin cuma dikit dan kadang2 saja, ketidakberesannya itu.... namun tetep akan membuat kita dan enginenya berasa inconvenient.
nah, merasa worth it atau enggak kah kita, yg bisa sempat men-saving sekian juta utk bbrp waktu, dg mengorbankan engine tetap "berbusi basah" spt itu....
he he hee
.
kalau ada satuuu saja komponen di dalam sistemnya itu yg nggak beres, maka akan membuat penyetelannya susaaaaah banget...menjadi sedemikian sensitif.
padahal, kalau semua sistemnya beres, penyetelan AFR nya jadi sungguh enak... nggak segitunya sensitif.. nggak perlu akurat2 amat.
yg jadi masalah utamanay, adalah mendiagnose komponen mana yg bermasalah.
biasanya, yg paling mudah adalah "pinjam dulu parts dari engine yg bisa dijadikan acuan".
lalu replace kan ke parts kita yg diduga bermasalah itu...coba beberapa lama.
dlm hal ini, MAF dan atau ECU, dan atau parts fuel supply lain nya itu, udah coba diganti-pinjem dg parts yg udah jelas2 oke, dr engine yg normal, bro ?
sudahkah didapat kesimpulan, bahwa masalahnya benar2 di elektroniknya, atau di konektor2nya doang?
anyway,
kalau yakin bahwa MAF nya tersebut kadangkala waras2-gila, memang pasti akan membuat pembakaran jadi enggak sip...
mgkin cuma dikit dan kadang2 saja, ketidakberesannya itu.... namun tetep akan membuat kita dan enginenya berasa inconvenient.
nah, merasa worth it atau enggak kah kita, yg bisa sempat men-saving sekian juta utk bbrp waktu, dg mengorbankan engine tetap "berbusi basah" spt itu....
he he hee
.