Soal AC
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44
Soal AC
Buat yang gape soal AC mobil, tolong share info dong...
Seberapa berat beban kompresor AC saat hidup terhadap kinerja mesin? Apakah setiap jenis kompresor AC beban putarannya berbeda-beda? jenis dan merk kompresor AC apa yang beban putaran terhadap mesin paling ringan?
Untuk mobil-mobil kecil, sejauh ini kan kompresor AC diputar oleh mesin kendaraan, sehingga cukup mengurangi kemampuan mesin (khususnya untuk mobil-mobil ber-cc kecil). Apakah mungkin jika kompresor AC diputar dengan mesin lain (kayak beberapa jenis AC bus)? Kuat tidak jika pemutarnya menggunakan mesin sepeda motor (100 - 150 cc) . Jika mungkin apa saja yang harus dilakukan? berapa perbandingan diameter puli (mesin dan kompresor) yang ideal. Lalu berapa rpm idlenya agar kompresor bisa bekerja?
Mohon maaf, saya tanyakan ini, karena kepingin menyejukkan ruang Suzuki ST20 Stwg saya yang terasa kayak oven di siang hari (Belum pernah ada kan ST20 versi limo? hehehe....) Karena kalau putaran kompresor AC dibebankan ke mesin yang cuma 550 cc jelas nggak mungkin.
Terima kasih share infonya....
Salam,
Edi Warsito
Seberapa berat beban kompresor AC saat hidup terhadap kinerja mesin? Apakah setiap jenis kompresor AC beban putarannya berbeda-beda? jenis dan merk kompresor AC apa yang beban putaran terhadap mesin paling ringan?
Untuk mobil-mobil kecil, sejauh ini kan kompresor AC diputar oleh mesin kendaraan, sehingga cukup mengurangi kemampuan mesin (khususnya untuk mobil-mobil ber-cc kecil). Apakah mungkin jika kompresor AC diputar dengan mesin lain (kayak beberapa jenis AC bus)? Kuat tidak jika pemutarnya menggunakan mesin sepeda motor (100 - 150 cc) . Jika mungkin apa saja yang harus dilakukan? berapa perbandingan diameter puli (mesin dan kompresor) yang ideal. Lalu berapa rpm idlenya agar kompresor bisa bekerja?
Mohon maaf, saya tanyakan ini, karena kepingin menyejukkan ruang Suzuki ST20 Stwg saya yang terasa kayak oven di siang hari (Belum pernah ada kan ST20 versi limo? hehehe....) Karena kalau putaran kompresor AC dibebankan ke mesin yang cuma 550 cc jelas nggak mungkin.
Terima kasih share infonya....
Salam,
Edi Warsito
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Soal AC
wah,...mana ada yg gape kalo soal AC, di SM ini......
hayoh, siapa coba ?!!......
kekekkekekeee...
juragan sjamsool, pak om bro mogeman...... ditunggu kemampirannya di kelas ini...!!!!
maksdunya, di undangannya, tercetak begini:
...........turut mengundang.........
...................gue....................
kekekkkkee....
hayoh, siapa coba ?!!......
kekekkekekeee...
juragan sjamsool, pak om bro mogeman...... ditunggu kemampirannya di kelas ini...!!!!
maksdunya, di undangannya, tercetak begini:
...........turut mengundang.........
...................gue....................
kekekkkkee....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
@ediwarsito:
selama ini yg sudah diusahakan apa saja bro?. Klo mo pake mesin sendiri spt bus, nampaknya agak susah, krn boilnya kecil & harganyapun kaga murah.
Paling2 ane cuma kaseh sedikit masukan aja. Pakein deh tuh kaca pelem nyang bisa mengurangi panas matahari, trus pakein deh kipas angin di dashboard, spt nyang ane pernah liat di boil angkot. Atau klo memungkinkan jual aja tuh boil, trus ganti ama nyang udah pake ac, Khan kaga usah repot2 lagi. Kecuali tuh boil punya kenangan tersendiri, misalkan waktu paciran ama mantan pacar pake boil ini dan krn boil ini pula yg tadinya mantan pacar sekarang jadi bini. ok.
selama ini yg sudah diusahakan apa saja bro?. Klo mo pake mesin sendiri spt bus, nampaknya agak susah, krn boilnya kecil & harganyapun kaga murah.
Paling2 ane cuma kaseh sedikit masukan aja. Pakein deh tuh kaca pelem nyang bisa mengurangi panas matahari, trus pakein deh kipas angin di dashboard, spt nyang ane pernah liat di boil angkot. Atau klo memungkinkan jual aja tuh boil, trus ganti ama nyang udah pake ac, Khan kaga usah repot2 lagi. Kecuali tuh boil punya kenangan tersendiri, misalkan waktu paciran ama mantan pacar pake boil ini dan krn boil ini pula yg tadinya mantan pacar sekarang jadi bini. ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Soal AC
pak..kenapa kompresor a/c saya kalo aktif menyedot byk X yah pak sjamsul?heejeje
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Soal AC
apa yg disedot Bos?ZombiEE wrote:pak..kenapa kompresor a/c saya kalo aktif menyedot byk X yah pak sjamsul?heejeje
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Soal AC
putaran mesin..hihiihihi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
byk X, maksudnye ape bro?. ...ZombiEE wrote:pak..kenapa kompresor a/c saya kalo aktif menyedot byk X yah pak sjamsul?heejeje
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Soal AC
banyak kali..hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
Neessssss kesene buruan, ade sasaran neh....................... ......... ..ZombiEE wrote:banyak kali..hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Soal AC
sasaran apa nih?:P
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
Sasaran buat disirem ama kopi.....hehehe...... ........ ..........ZombiEE wrote:sasaran apa nih?:P
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Soal AC
manis apa pahit?kalo pahit mau lhar..hahahaha...sorri oot to TS..gara2 pak sjamsul nih(remind me of GubSu...)hahahhaa..j/k
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Soal AC
mobil yg itu kan bang? hehehe...gw juga nih...gimana ngakalinnya yah?ZombiEE wrote:pak..kenapa kompresor a/c saya kalo aktif menyedot byk X yah pak sjamsul?heejeje
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Soal AC
ingin tanya, apakah memburuknya kondisi AC bisa mempengaruhi sttsioner atau idle pada mobil?
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
ac off, tidak ada.nescafe wrote:ingin tanya, apakah memburuknya kondisi AC bisa mempengaruhi sttsioner atau idle pada mobil?
ac on, bisa pengaruh klo setelan idle up kurang tepat / idle up rusak.
Memburuknya kondisi ac paling2 jadi kurang dingin aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
coba dong ksih pertanyaanye nyang jelas, biar gw coba mikirin, kli2 aja gw bisa. ...Hansen wrote:mobil yg itu kan bang? hehehe...gw juga nih...gimana ngakalinnya yah?ZombiEE wrote:pak..kenapa kompresor a/c saya kalo aktif menyedot byk X yah pak sjamsul?heejeje
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Soal AC
iya nih, Om Jombi pertanyaan masih kurang jelas,,ge aja bingung, koq ada sedot2an segala
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Soal AC
Nama serem2 "Zombie" dipanggil "Jombi" sama bro Abu.....huehuehuehuehue.....jadi engga sangar lagi neh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Soal AC
gw aja ngetik nya serem Om Risol,
makanya biar agak nyaman dan agak manis dikit ya..di modif dikit lah ,,,gpp khan bang Jombi?
makanya biar agak nyaman dan agak manis dikit ya..di modif dikit lah ,,,gpp khan bang Jombi?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Soal AC
aman..tenang..ane ini org nya ga menyeramkan koq..napsu makannya aza menyeramkan..hahahah
gini nih pak sjamsul.,.kalo idupin a/c...wkt kompresor nya aktip..mobil nya serasa begetar..idle nya drop langsung..walo berlangsung cm bbrp saat..paling terasa sih sewaktu throttle bodi nya kotor..padahal idle speed tanpa a/c idup uda 900rpm lhor..
gini nih pak sjamsul.,.kalo idupin a/c...wkt kompresor nya aktip..mobil nya serasa begetar..idle nya drop langsung..walo berlangsung cm bbrp saat..paling terasa sih sewaktu throttle bodi nya kotor..padahal idle speed tanpa a/c idup uda 900rpm lhor..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Soal AC
Sebenarnya kalau kita simak dan baca pelan maksud dari pertanyaan Bro Ediwarsito ( Ini masih keturunan ronggo warsito kah..?)kepingin menyejukkan ruang Suzuki ST20 Stwg saya yang terasa kayak oven di siang hari
kalau mobil yang ccnya kecil,pas pemakaian ac pasti ketara banget perbedaan pada tarikan mesin,kijang lgx 1800 cc aja berat kerasa saat ac nyala, Karena CC kecil 1300 yang memeberikan alasan kenapa DAI tidak memasang dobel blower pada Xenia. Dan TAM menjawab sangat diplomatis " Maklum mobil CC kecil dan itu dah wajar " saat pengguna Avansa G mengeluh tarikan mobil jadi berat saat AC depan dan tengah di nyalakan.
AC nggak dingin dan terasa kayak di oven kita molai mengamati apakah kopling kompresor bekerja atau tidak,juga periksa relay AC, yang bisanya menyatu dengan rumah sekring.
Mengetahui kerja atau tidak sesungguhnya bukan hal yang sulit karena begitu posisi AC on maka akan ada bunyi klek tandanya kopling baik dan AC bekerja.
Bisa juga di periksa memakai intelligent tester untuk mengetahui jumlah Freon yang ada,
AC nggak dingin biasanya karena kebocoran yang bikin freon kabur. Intelegen Tester akan memberitahukan apakah arus yang sampai ke kontak AC samppai atau enggak ke magnetic clutch. Penelurusan paling mudah ada melihat relay (di kotak sekering). kalau tidak bekerja akan coba sedikit di ketok.
Jadi AC nggak dingin di sebabkan :
Kompresor rusak,kebocoran pipa
kalau mobil yang ccnya kecil,pas pemakaian ac pasti ketara banget perbedaan pada tarikan mesin,kijang lgx 1800 cc aja berat kerasa saat ac nyala, Karena CC kecil 1300 yang memeberikan alasan kenapa DAI tidak memasang dobel blower pada Xenia. Dan TAM menjawab sangat diplomatis " Maklum mobil CC kecil dan itu dah wajar " saat pengguna Avansa G mengeluh tarikan mobil jadi berat saat AC depan dan tengah di nyalakan.
AC nggak dingin dan terasa kayak di oven kita molai mengamati apakah kopling kompresor bekerja atau tidak,juga periksa relay AC, yang bisanya menyatu dengan rumah sekring.
Mengetahui kerja atau tidak sesungguhnya bukan hal yang sulit karena begitu posisi AC on maka akan ada bunyi klek tandanya kopling baik dan AC bekerja.
Bisa juga di periksa memakai intelligent tester untuk mengetahui jumlah Freon yang ada,
AC nggak dingin biasanya karena kebocoran yang bikin freon kabur. Intelegen Tester akan memberitahukan apakah arus yang sampai ke kontak AC samppai atau enggak ke magnetic clutch. Penelurusan paling mudah ada melihat relay (di kotak sekering). kalau tidak bekerja akan coba sedikit di ketok.
Jadi AC nggak dingin di sebabkan :
Kompresor rusak,kebocoran pipa
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Soal AC
apalagi waktu posisi tuas transmisi di D...waduh... getaran hebat tuh...ZombiEE wrote:aman..tenang..ane ini org nya ga menyeramkan koq..napsu makannya aza menyeramkan..hahahah
gini nih pak sjamsul.,.kalo idupin a/c...wkt kompresor nya aktip..mobil nya serasa begetar..idle nya drop langsung..walo berlangsung cm bbrp saat..paling terasa sih sewaktu throttle bodi nya kotor..padahal idle speed tanpa a/c idup uda 900rpm lhor..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
Ok, sebagian sdh dijelaskan o/ bro nes.ZombiEE wrote:aman..tenang..ane ini org nya ga menyeramkan koq..napsu makannya aza menyeramkan..hahahah
gini nih pak sjamsul.,.kalo idupin a/c...wkt kompresor nya aktip..mobil nya serasa begetar..idle nya drop langsung..walo berlangsung cm bbrp saat..paling terasa sih sewaktu throttle bodi nya kotor..padahal idle speed tanpa a/c idup uda 900rpm lhor..
Menurut saya ada beberapa hal yg sebaiknya diperiksa, antara lain:
1. Tanpa ac 900 rpm, klo pasang ac berapa rpm?. Coba usahakan distel idle up nya, antara pakai ac dan tidak , misalkan tanpa ac 900 rpm, klo pake ac kira2 950 rpm atau maksimal 1000 rpm.
Dari kasus ini perkiraan saya adalah pada saat ac on, rpm berada di kisaran 900 rpm atau bisa juga di bawah itu. Nah hal ini yg bisa menyebabkan hal spt yg dikeluhkan tadi.
2. coba periksa stelan angin di karburator. Bener apa kaga tuh selelannye, krn sedikit banyak akan berpengaruh thd rpm.
3. Periksa selang2 vakum ada yg bocor ato tidak, klo ada bocor ato sdh retak2 baiknye diganti aja deh tuh selang vakumnye, khan harganye tidak mahal.
4. terakhir klo idle up kaga bisa distel lagi, bearti dah rusak en harus diganti dg yg baru.
Guyon model : on.
Avansaaaaaa, ayo gantiin oli mbl gw. Nyang rapih ya kerjanya. hehehe.............. ..........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Soal AC
ralat: seharusnya sdh dijelaskan o/ bro avansa.sjamsul wrote:ZombiEE wrote:aman..tenang..ane ini org nya ga menyeramkan koq..napsu makannya aza menyeramkan..hahahah
gini nih pak sjamsul.,.kalo idupin a/c...wkt kompresor nya aktip..mobil nya serasa begetar..idle nya drop langsung..walo berlangsung cm bbrp saat..paling terasa sih sewaktu throttle bodi nya kotor..padahal idle speed tanpa a/c idup uda 900rpm lhor..Menurut saya ada beberapa hal yg sebaiknya diperiksa, antara lain:Ok, sebagian sdh dijelaskan o/ bro nes.
1. Tanpa ac 900 rpm, klo pasang ac berapa rpm?. Coba usahakan distel idle up nya, antara pakai ac dan tidak , misalkan tanpa ac 900 rpm, klo pake ac kira2 950 rpm atau maksimal 1000 rpm.
Dari kasus ini perkiraan saya adalah pada saat ac on, rpm berada di kisaran 900 rpm atau bisa juga di bawah itu. Nah hal ini yg bisa menyebabkan hal spt yg dikeluhkan tadi.
2. coba periksa stelan angin di karburator. Bener apa kaga tuh selelannye, krn sedikit banyak akan berpengaruh thd rpm.
3. Periksa selang2 vakum ada yg bocor ato tidak, klo ada bocor ato sdh retak2 baiknye diganti aja deh tuh selang vakumnye, khan harganye tidak mahal.
4. terakhir klo idle up kaga bisa distel lagi, bearti dah rusak en harus diganti dg yg baru.
Guyon model : on.
Avansaaaaaa, ayo gantiin oli mbl gw. Nyang rapih ya kerjanya. hehehe.............. ..........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Soal AC
hahahaha....ini mobil injeksi oom..hehehe..bener apa yg dikatakan hansen..palagi tuas transmisi di posisi D..harus kuatkan mental dan hati...