pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
td dijalan ada 3-4 kali ketemu karisma yg rada bikin dagdigdug
kesemuanya berjalan pelan dgn posisi agak tengah, hingga membingungkan bg gw, di duluin dr kanan, blm dapet krn lg banyak kendaraan darah lawan, mo duluin dari kiri, riskan krn jln agak becek dan licin. ada juga yg jalan pelan, pdhl sekitarnya lumayan cepet, include gw, jd gw yg kebetulan di belakang dia kaget jg krn ga nyangka dia jln pelan, pdhl kita lg di jalur 2 dari 4, yg bikin bingung, gw manuver kiri atau kanan, kendaraan dari belakng lg rame dan kenceng2, ngeri kesamber. gw ga ngerem, nubruk dia, gw ngerem pelan udah ga dapet, jd kudu ngerem mendadak, tp akhirnya itu opsi yg gw ambil, dgn resiko dihajar dari belakang, alhamdulillah, ga ada yg nubruk gw. trus begitu ada chance, gw duluin tuh karisma kapoor. tp untung lg ga emosi, jd ya ga pake klakson2 or tereak2 or umpat2. yg penting selamet udah nyampe kantor...
kesemuanya berjalan pelan dgn posisi agak tengah, hingga membingungkan bg gw, di duluin dr kanan, blm dapet krn lg banyak kendaraan darah lawan, mo duluin dari kiri, riskan krn jln agak becek dan licin. ada juga yg jalan pelan, pdhl sekitarnya lumayan cepet, include gw, jd gw yg kebetulan di belakang dia kaget jg krn ga nyangka dia jln pelan, pdhl kita lg di jalur 2 dari 4, yg bikin bingung, gw manuver kiri atau kanan, kendaraan dari belakng lg rame dan kenceng2, ngeri kesamber. gw ga ngerem, nubruk dia, gw ngerem pelan udah ga dapet, jd kudu ngerem mendadak, tp akhirnya itu opsi yg gw ambil, dgn resiko dihajar dari belakang, alhamdulillah, ga ada yg nubruk gw. trus begitu ada chance, gw duluin tuh karisma kapoor. tp untung lg ga emosi, jd ya ga pake klakson2 or tereak2 or umpat2. yg penting selamet udah nyampe kantor...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
ngerem masih lebih aman dari pada menghindar ke kanan atau ke kiri dengan tanpa ancang2. karena manuver secara spontan (baik ke kiri maupun kanan) adalah sangat berbahaya bagi keselamatan kendaraan yang dibelakang kita (apalagi buat diri sendiri), jadi ngerem adalah lebih aman.
oleh sebab itu, jaga jarak adalah penting, untuk menghindari ngerem mendadak kayak gitu. menempel kendaraan lain dalam waktu lama juga berbahaya. bila ingin mendahului, dahului lah secepatnya tanpa ragu2. bila tidak dapat mendahului, jaga jarak saja.
iyalah, gak usah pake maki2an, gak ada gunanya cari perkara. sip.
oleh sebab itu, jaga jarak adalah penting, untuk menghindari ngerem mendadak kayak gitu. menempel kendaraan lain dalam waktu lama juga berbahaya. bila ingin mendahului, dahului lah secepatnya tanpa ragu2. bila tidak dapat mendahului, jaga jarak saja.
iyalah, gak usah pake maki2an, gak ada gunanya cari perkara. sip.
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
tapi ini mah jarang ditemui di jalan raya.TUFF Stough wrote:Di antara yang disebutkan di atas, yang paling ugal2an justru yang tanpa merek (rakitan bengkel modif khusus buat trek-trekan).
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
bener banget, motor kenceng bukannya pada lebih sopan daripada motor yang lebih kurang kenceng. tapi karena serba salah, mau dikencengin terus pasti boros, berbahaya dan gak ada gunanya. Jadinya pada mikir, kenceng pada waktu dan tempat yang tepat saja.anak_singkong wrote:tapi emang dr yg sy liat tiap hr dijalanan..
motor2 kenceng pengendaranya tuh banyakan ga macem2 dijalanan yg padat merayap..
beda klo udh ketemu jalanan yg lurus sepi kyanya pd 'pelepasan' semua tuh.
saya selalu jalan nyantai pake si Raja..klo ngebut..boros bensin!
Anyway, jenis motornya tidak sama sekali mencerminkan sifat pengendaranya (sedikit mempengaruhi iya), tapi lebih mencerminkan status orangnya doang.
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
bener banget, motor kenceng bukannya pada lebih sopan daripada motor yang lebih kurang kenceng. tapi karena serba salah, mau dikencengin terus pasti boros, berbahaya dan gak ada gunanya. Jadinya pada mikir, kenceng pada waktu dan tempat yang tepat saja.jojo wrote:anak_singkong wrote:tapi emang dr yg sy liat tiap hr dijalanan..
motor2 kenceng pengendaranya tuh banyakan ga macem2 dijalanan yg padat merayap..
beda klo udh ketemu jalanan yg lurus sepi kyanya pd 'pelepasan' semua tuh.
saya selalu jalan nyantai pake si Raja..klo ngebut..boros bensin!
Anyway, jenis motornya tidak sama sekali mencerminkan sifat pengendaranya (sedikit mempengaruhi iya), tapi lebih mencerminkan status orangnya doang. High class udah pasti lebih kalem.
semoga selamat sampai duluan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
wah... bro jojo come back...
motor kenceng ada jg yg suka ngebut... digodain dikit ada jg yg jadi kesetanan.... ckckckck...!!
korban2 pasar senggol ama motogp...
motor kenceng ada jg yg suka ngebut... digodain dikit ada jg yg jadi kesetanan.... ckckckck...!!
korban2 pasar senggol ama motogp...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
kalo gw sewot bgt sama biker yg kaga mau ngidupin lampu malam hari, ga mau make sen kalo mau belok/pindah jalur, make mika putih di lampu belakang, yg spionnya di tekuk ke dalem (apa yg bisa diliat, coba?), pake knalpot kaleng krupuk, brisik bgt, apalagi kalo dibelakang kita, intimidatif bgt kesannya. itu kalo dari segi bendanya.
kalo dr biker/personnya, ya yg belagu bawa motornya, maen belok/motong seenaknya, sradak2, zigzag ga karuan, sama yg berjalan pelan tp aga ke tengah, pengen gw tabrak aja dari belakang. trus yg ngerumpi sbl naek motor, kaki temennya di tangkringin ke footstep motor lain, ber-HP & SMS ria (norak bgt), biker/driver yg maksa utk nyalip mobil dr arah berlawanan, padahal ada kita di jalur tsb. utk yg satu ini kemaren malam gw ada pengalaman, gw lg jalan kec. sedang, trus di depan ada mobil dgn kecepatan lumayan hendak mendahului pick up. gw udah klakson panjang spy dia jgn maksa, krn gw udah deket. tp dia seakan ga perduli tetep masukkin mobilnya ke jalur gw, hingga gwnya yg ngalah kudu keluar jalan dan menghentikan motor. begitu disamping, gw teriakin aja "JAING LU!!" ga tau denger apa kaga tp dia langsung ngabur aja. pengen gw puter arah ngejar tuh sedan, tp gw pikir2 lg, utk apa? cuman nambah masalah, udah gitu pas di tungguin anak bini lg.
kesimpulan gw, driver2 sekrg kayanya udah banyak yg antipati ama biker, ga jarang ge temuin yg kaya gini, dimana mrk sptnya sengaja mau ngadu badan kalo sedang nyalip or sekedar ngindarin lobang. mungkin dia pikir yg bakal parah ya biker, tp dia udah puas, gitu kali ya? kalo emang iya, biker kudu ekstra waspada/hati2, krn hidup dan mati hanya dipisahkan oleh helm yg kadang rapuh dan baju yg tipis, ga kaya mobil yg di cover dgn besi dan baja yg kokoh...sorri, bukan mengeneralisir, cuman berdsarkan kejadian nyata yg lumayan banyak gw liat. ya utk pembelajaran aja spy kita yg ga begitu, jgn sampe begitu...
pesan: buat biker, jgn mentang kecil seenaknya aja kalo dijalan, ugal2an, dan ga mikirin keselamatan diri sendiri dan org lain, resiko mautnya gede, sayang nyawa kalo hrs mati konyol, kasian ama orang tua atau anak bini!
buat driver, lebih bijaksanalah dlm berkendara. kesabaran hrs lebih banyak, krn itupun setimpal dgn kenyaman (duduk nyaman, ga akan jatuh kalo hrs lindas lobang, ga keringatan dan ga kepanasan).
setiap kendaraan yg kita pilih ada konsekuensinya, jd jgn kita menuntut lebih dari konsekuensi tsb, krn ada hak org lain yg akan kita zolimi jk kita langgar.
kalo dr biker/personnya, ya yg belagu bawa motornya, maen belok/motong seenaknya, sradak2, zigzag ga karuan, sama yg berjalan pelan tp aga ke tengah, pengen gw tabrak aja dari belakang. trus yg ngerumpi sbl naek motor, kaki temennya di tangkringin ke footstep motor lain, ber-HP & SMS ria (norak bgt), biker/driver yg maksa utk nyalip mobil dr arah berlawanan, padahal ada kita di jalur tsb. utk yg satu ini kemaren malam gw ada pengalaman, gw lg jalan kec. sedang, trus di depan ada mobil dgn kecepatan lumayan hendak mendahului pick up. gw udah klakson panjang spy dia jgn maksa, krn gw udah deket. tp dia seakan ga perduli tetep masukkin mobilnya ke jalur gw, hingga gwnya yg ngalah kudu keluar jalan dan menghentikan motor. begitu disamping, gw teriakin aja "JAING LU!!" ga tau denger apa kaga tp dia langsung ngabur aja. pengen gw puter arah ngejar tuh sedan, tp gw pikir2 lg, utk apa? cuman nambah masalah, udah gitu pas di tungguin anak bini lg.
kesimpulan gw, driver2 sekrg kayanya udah banyak yg antipati ama biker, ga jarang ge temuin yg kaya gini, dimana mrk sptnya sengaja mau ngadu badan kalo sedang nyalip or sekedar ngindarin lobang. mungkin dia pikir yg bakal parah ya biker, tp dia udah puas, gitu kali ya? kalo emang iya, biker kudu ekstra waspada/hati2, krn hidup dan mati hanya dipisahkan oleh helm yg kadang rapuh dan baju yg tipis, ga kaya mobil yg di cover dgn besi dan baja yg kokoh...sorri, bukan mengeneralisir, cuman berdsarkan kejadian nyata yg lumayan banyak gw liat. ya utk pembelajaran aja spy kita yg ga begitu, jgn sampe begitu...
pesan: buat biker, jgn mentang kecil seenaknya aja kalo dijalan, ugal2an, dan ga mikirin keselamatan diri sendiri dan org lain, resiko mautnya gede, sayang nyawa kalo hrs mati konyol, kasian ama orang tua atau anak bini!
buat driver, lebih bijaksanalah dlm berkendara. kesabaran hrs lebih banyak, krn itupun setimpal dgn kenyaman (duduk nyaman, ga akan jatuh kalo hrs lindas lobang, ga keringatan dan ga kepanasan).
setiap kendaraan yg kita pilih ada konsekuensinya, jd jgn kita menuntut lebih dari konsekuensi tsb, krn ada hak org lain yg akan kita zolimi jk kita langgar.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Mon Jan 21, 2008 12:20
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
jangannnnnnnnnnn skali skali kalian melupakan para pengguna tiger yang notabene sangat menyebalkan dan merasa jalan milik mereka terutama kalo konvoi haaaahhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!! sebel gw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
hihihi td 2 kali di jalan ane di kagetin ama suara motor yg menggelegar tengah menyalip ane kemudian liuk kiri kanan mendahului kendaraan lain di depan dgn kecepatan diatas rata2. gw pikir motor2 bodong yg pake knalpot drag, ga taunya tigi revo. ngagetin bro....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 18, 2008 8:32
- Location: kotabesar
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
^ liat dulu dia bawa box gak bro? kalo bawa mungkin supaya dagangan siomaynya cepet laku kali... (no offense)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
apapun merk-nya, gw paling sebel sama motor yg lampu rem nya "terang" banget, masuk kategori ugal2an ga yah? pastinya tuh motor akan merasa over karena motornya sudah dimodif (walau hanya lampe rem doang ), bawanya jadi sok kenceng gara2 modif-an yg paling bego se-indonesia itu
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
Iya selain terang.. Sebel juga sama yg lampu rem-nya gelapp bangettt (alias ga hidupin lampu), pas malem2 gitu.. Khan bahaya..
Meskipun Kita sendiri nyalain lampu buat penerangan, tetep aja masih terbatas jangkauannya..
Nah paling tidak klo lampu belakang/depan motor2 "modifikasi" itu hidup, khan bisa jadi pertanda posisi mereka dari jauh, jadi kita bisa ngatur posisi/jarak..
Dan memang lebih pas lampu-nya sesuai standart warna internasional..
Belakangnya berwarna merah.. dan sein tetep kuning.. Bukan clear putih atau ijo.. Yang itu bikin silau..
Meskipun Kita sendiri nyalain lampu buat penerangan, tetep aja masih terbatas jangkauannya..
Nah paling tidak klo lampu belakang/depan motor2 "modifikasi" itu hidup, khan bisa jadi pertanda posisi mereka dari jauh, jadi kita bisa ngatur posisi/jarak..
Dan memang lebih pas lampu-nya sesuai standart warna internasional..
Belakangnya berwarna merah.. dan sein tetep kuning.. Bukan clear putih atau ijo.. Yang itu bikin silau..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Wed Apr 23, 2008 5:53
- Location: North Jakarta, Tangerang
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
alo kk,
klo gw mah ga demen ngebut krn. mot. gw pelan..gara2 kepelanan eh malah diklaxonin ama mboil mulu..heheh [palagi mboil polisi llaj gelo..]
klo gw mah ga demen ngebut krn. mot. gw pelan..gara2 kepelanan eh malah diklaxonin ama mboil mulu..heheh [palagi mboil polisi llaj gelo..]
Supra X 125Old Std 'Dec 2005 Original Gifted from Parents
Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack
Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
Klo lewat jalan panjang jakarta barat coba perhatiin deh terutama mulai dari lampu merah sunrise garden sampai flyover RCTI. pas gw lewat sana rider itik nya ganas2 man . padahal tuh jalan udah sempit gara2 busway tapi rider disana seperti pembalap road race saling salip. gw aja beberapa kali di lewati sambil di pelototin sama pengendara2 itik tuh, mungkin dai anggap gw halangin jalannya kali. padahal sekitar 60km/h utk jln segitu udah lumayan lho. gw cuma ngebayangin aja klo ada satu jatuh, yang di belakangnya pada cium aspal semua tuh soalnya pada mepet semua dan pakai helm seadanya. emang sih jaman beberapa tahun lalu gw klo mau ke kebayoran lewat jalan panjang tuh selalu high speed pernah sampai 140km/h boncengan tapi itu dulu sekarang udah ngak berani soal byk perangkap yang siap bikin celakan di jalanan jkt or gw yang udah tua kali )
pernah juga lewat jalan panjang pas ketemu CBR600RR dan sekali lagi pengendara itik pada beringas. mungkin mau tunjukin kali motornya lebih kenceng dari CBR600RR, padahal rider CBR cool aja main gas juga kalem n main di rmp tengah. tapi tau sendiri dong klo motor sport apalagi high performance klo gas dikit aja larinya udah kenceng. gw sih ketawa aja sama teman gw ngaliatin para itik setiap lampu hijau selalu geber abiz mau kalahin tuh CBR )
sorry lho ngak bermaksud menyinggung para pengendara motor bebek yang santun. ini cuma realita yang gw liat sendiri.
pernah juga lewat jalan panjang pas ketemu CBR600RR dan sekali lagi pengendara itik pada beringas. mungkin mau tunjukin kali motornya lebih kenceng dari CBR600RR, padahal rider CBR cool aja main gas juga kalem n main di rmp tengah. tapi tau sendiri dong klo motor sport apalagi high performance klo gas dikit aja larinya udah kenceng. gw sih ketawa aja sama teman gw ngaliatin para itik setiap lampu hijau selalu geber abiz mau kalahin tuh CBR )
sorry lho ngak bermaksud menyinggung para pengendara motor bebek yang santun. ini cuma realita yang gw liat sendiri.
ホンダ NSR レヌ バィク
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
kl gw koq malah lbh suka sama pengendara yg bisa ngebut yah...
yaitu, yg udah punya sense sbg pengendara "kelas AKAP"...mirip pengemudi travel2 AKAP.
yg gw maksdu "kelas AKAP" ini adlh pengendara dg kecepatn tingi yg:
*motornya lengkap..perlengkapan safety nya standar bawaan pabrik, tidak disunat.
*rajin tengok spion...ada yg lbh cepat, dia kasih....mau pindah jalur, dia waspada.
*rajin maen sein, selalu kasih sinyal ke belakangnya....itu gw suka menguntitnya...enggak bikin kagok hrs mengira2 kemauan otaknya.
itu makanya, kl macam dia itu ambil lajur kanan pun, maka gw hormat, sama sekali nggak keberatan.
sedagkan, kalau para pengendara yg suka kalem ini, menurut gw malah byk kelemahannya:
*dia tidak sadar bahwa jalannya pelan...maka dg cueknya dia tidak ambil lajur paling kiri..krn emang gak sadar kl dia kekanan2.
*biasanya menjadikan dia nggak terbiasa menggunakan sein...juga spion....misalnya>> sein nyala kanan terus, bikin gw nggak jadi pas mau ngeduluin, gw tunggu dulu, tunggu punya tunggu, eh dia luruuuus aja...jadi berasa bego ndiri gw...heheheh
*tidak terbiasa "feeling" dg jalurnya >>> ada angkot brenti, dia nggak ngantri, tp nongolin bagian depannya, mau nyelip kanan...membuat kendaraan pd lajur yg bebas jd takut, dan ngerem......nah, se-remeh temeh itu pun, itu memberikan kontribusi nyata bagi kemacetan.
nah, IMO, hal2 itu tadi benar2 kelemahan yg amat sangat mendasar.
dan semua itu, setelah gw amati dg seksama, IMO, nggak ada korelasi sama sekali dg merk/jenis/type motornya.
(itu analogi dg kasus selera musik: jazz atau dangdut..nggak ada korelasi langsung, dg taraf hidupnya)
tentu saja, "pujian & penghormatan" gw terhadap yg suka ngebut itu hanya berlaku bagi yg mahir ala AKAP spt di atas.
sedangkan bagi yg tidak punya kemahiran (baik suka ngebut atau suka kalem)....jangan lupa, ketidakmahiran mengendarai juga memberikan kontribusi yg signifikan terhadap kemacetan jakarta...pernah kaan bro'ss, terjebak dlm kemacetan, lalu setelah kita lewat dr macet itu, ternyata sebab musababnya tetep nggak jelas ??... nah! gw berasa bego ndiri deh kl kena situasi kaya gitu....heheheh
............... ...............
yaitu, yg udah punya sense sbg pengendara "kelas AKAP"...mirip pengemudi travel2 AKAP.
yg gw maksdu "kelas AKAP" ini adlh pengendara dg kecepatn tingi yg:
*motornya lengkap..perlengkapan safety nya standar bawaan pabrik, tidak disunat.
*rajin tengok spion...ada yg lbh cepat, dia kasih....mau pindah jalur, dia waspada.
*rajin maen sein, selalu kasih sinyal ke belakangnya....itu gw suka menguntitnya...enggak bikin kagok hrs mengira2 kemauan otaknya.
itu makanya, kl macam dia itu ambil lajur kanan pun, maka gw hormat, sama sekali nggak keberatan.
sedagkan, kalau para pengendara yg suka kalem ini, menurut gw malah byk kelemahannya:
*dia tidak sadar bahwa jalannya pelan...maka dg cueknya dia tidak ambil lajur paling kiri..krn emang gak sadar kl dia kekanan2.
*biasanya menjadikan dia nggak terbiasa menggunakan sein...juga spion....misalnya>> sein nyala kanan terus, bikin gw nggak jadi pas mau ngeduluin, gw tunggu dulu, tunggu punya tunggu, eh dia luruuuus aja...jadi berasa bego ndiri gw...heheheh
*tidak terbiasa "feeling" dg jalurnya >>> ada angkot brenti, dia nggak ngantri, tp nongolin bagian depannya, mau nyelip kanan...membuat kendaraan pd lajur yg bebas jd takut, dan ngerem......nah, se-remeh temeh itu pun, itu memberikan kontribusi nyata bagi kemacetan.
nah, IMO, hal2 itu tadi benar2 kelemahan yg amat sangat mendasar.
dan semua itu, setelah gw amati dg seksama, IMO, nggak ada korelasi sama sekali dg merk/jenis/type motornya.
(itu analogi dg kasus selera musik: jazz atau dangdut..nggak ada korelasi langsung, dg taraf hidupnya)
tentu saja, "pujian & penghormatan" gw terhadap yg suka ngebut itu hanya berlaku bagi yg mahir ala AKAP spt di atas.
sedangkan bagi yg tidak punya kemahiran (baik suka ngebut atau suka kalem)....jangan lupa, ketidakmahiran mengendarai juga memberikan kontribusi yg signifikan terhadap kemacetan jakarta...pernah kaan bro'ss, terjebak dlm kemacetan, lalu setelah kita lewat dr macet itu, ternyata sebab musababnya tetep nggak jelas ??... nah! gw berasa bego ndiri deh kl kena situasi kaya gitu....heheheh
............... ...............
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
prinsip sy klo bawa motor tuh kya sopir bus malam..cepat tp hati2 jg penuh perhitungan..terutama menghargai pengendara lain..kecepatan yg sy kembangkan jg terukur ga asal ngebut.andy1800 wrote:kl gw koq malah lbh suka sama pengendara yg bisa ngebut yah...
yaitu, yg udah punya sense sbg pengendara "kelas AKAP"...mirip pengemudi travel2 AKAP.
yg gw maksdu "kelas AKAP" ini adlh pengendara dg kecepatn tingi yg:
*motornya lengkap..perlengkapan safety nya standar bawaan pabrik, tidak disunat.
*rajin tengok spion...ada yg lbh cepat, dia kasih....mau pindah jalur, dia waspada.
*rajin maen sein, selalu kasih sinyal ke belakangnya....itu gw suka menguntitnya...enggak bikin kagok hrs mengira2 kemauan otaknya.
itu makanya, kl macam dia itu ambil lajur kanan pun, maka gw hormat, sama sekali nggak keberatan.
tentu saja, "pujian & penghormatan" gw terhadap yg suka ngebut itu hanya berlaku bagi yg mahir ala AKAP spt di atas.
............... ...............
itu sy dpt dr cerita2 sopir truk luar kota.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Jan 31, 2008 7:04
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
kalau menurut saya, yg paling ugal2an sm ndak punya otak tuh ABG2 sm anak2 SMA yg merasa yamaha mio nya paling kenceng sedunia, bahkan boeing 737 aj kalah...
Mereka tuh ud skill ridingnya g ada, tp sok mau kebut2an, ud gitu tanpa safety gear lg. Boro2 ada helm, mending tampangnya bagus... Pokoknya kalau mereka ud bawa mio, bangganya ud ky bawa hayabusa. Saya pernah dr solo ke yogya naik ninja saya (cmiwww) dengan cruising speed 80-100 km/h, dr klaten ada ABG pk bj SMA nantangin saya, dia pepet2 saya. Bego bgt ya? Ninja lari 100 santai, sedangkan dia lari 90 aj ud mau copot mesinnya. Ud g pk jaket sm helm nya yg 20rb an itu... Tp saya sih santai aj g kemakan orang itu. Prinsipnya orang idiot jg tau siapa yg menang kalo diladenin... Tp biarlah, mungkin dia bangga...
Tapi tahu ga siapa yg patut disalahkan? PT YMKI lah, karena mereka bikin iklan yg isinya tuh betul2 g mendidik. Lihat aj iklan jupiter yg menyesatkan itu. Jd semacam doktrinasi kalau pny yamaha tuh harus gas pol. Apalagi kita tahu orang indonesia kebanyakan masih menerima suatu iklan secara mentah, pikirannya g dipake!!! Bukan cm YMKI, tp sebagian besar merek lain. Suzuki (lihat aj iklan shogun), honda (iklan suprax125), dan kawasaki (kaze zone), bahkan bajaj ud ikut2an.
Iklan yg dpt dijadikan contoh mungkin iklan thunder 125 versi touring, iklan honda supra fit / fit x versi butet, iklan zx130 versi kawasaki city, iklan kymco,iklan suzuki smash versi si bandel, dll...
Gimana? Pabrikan bs tanggungjawab g? Khan itu bentuk corporate social responsibilty suatu perusahaan???
Mereka tuh ud skill ridingnya g ada, tp sok mau kebut2an, ud gitu tanpa safety gear lg. Boro2 ada helm, mending tampangnya bagus... Pokoknya kalau mereka ud bawa mio, bangganya ud ky bawa hayabusa. Saya pernah dr solo ke yogya naik ninja saya (cmiwww) dengan cruising speed 80-100 km/h, dr klaten ada ABG pk bj SMA nantangin saya, dia pepet2 saya. Bego bgt ya? Ninja lari 100 santai, sedangkan dia lari 90 aj ud mau copot mesinnya. Ud g pk jaket sm helm nya yg 20rb an itu... Tp saya sih santai aj g kemakan orang itu. Prinsipnya orang idiot jg tau siapa yg menang kalo diladenin... Tp biarlah, mungkin dia bangga...
Tapi tahu ga siapa yg patut disalahkan? PT YMKI lah, karena mereka bikin iklan yg isinya tuh betul2 g mendidik. Lihat aj iklan jupiter yg menyesatkan itu. Jd semacam doktrinasi kalau pny yamaha tuh harus gas pol. Apalagi kita tahu orang indonesia kebanyakan masih menerima suatu iklan secara mentah, pikirannya g dipake!!! Bukan cm YMKI, tp sebagian besar merek lain. Suzuki (lihat aj iklan shogun), honda (iklan suprax125), dan kawasaki (kaze zone), bahkan bajaj ud ikut2an.
Iklan yg dpt dijadikan contoh mungkin iklan thunder 125 versi touring, iklan honda supra fit / fit x versi butet, iklan zx130 versi kawasaki city, iklan kymco,iklan suzuki smash versi si bandel, dll...
Gimana? Pabrikan bs tanggungjawab g? Khan itu bentuk corporate social responsibilty suatu perusahaan???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
tadi pagi jam 06.00 sy sempet kepancing jg ama New Shogun 125 NR..kejadiannya sy br keluar dr Matoa jln Ciganjur mo ke arh JKT itu motor udh ugal2an.
klo sy lewatin dia pdhal sy lewatinnya nyantai2 aja disalip lg sambil ngutik2 gtu terus. akhirnya sy jabanin jg deh tuh..sekalian mo ngetes ktanya New Soun 125 lbh kenceng drpd Soun 125 yg lama. sy pake Soun 125 lama.
jadilah sepanjang jln Ciganjur ampe Cilandak qta geber2an. sy tempel rapet2 aja terus tuh motor sampe sy dpt celah trus sy sodok. udh abis itu sy didepan trus. jalanan emang kondisinya padat bgt soale org2 pinggiran JKT biasanya lewat jalur alternatif itu.
sampe Cilandak pas dijalanan macet sy berhenti trus tau2 ditabrak ama dia dr blkg.
ga tau nih org maunya apa? sy lihatin aja. dia pake helm item jaket item bawaan Shogun NR. ya udh akhirnya sy lurus lewat Ampera dia belok ke arah Ps Rebo.
maksudnya apa coba yah? apa dia keqi kli yah??
klo sy lewatin dia pdhal sy lewatinnya nyantai2 aja disalip lg sambil ngutik2 gtu terus. akhirnya sy jabanin jg deh tuh..sekalian mo ngetes ktanya New Soun 125 lbh kenceng drpd Soun 125 yg lama. sy pake Soun 125 lama.
jadilah sepanjang jln Ciganjur ampe Cilandak qta geber2an. sy tempel rapet2 aja terus tuh motor sampe sy dpt celah trus sy sodok. udh abis itu sy didepan trus. jalanan emang kondisinya padat bgt soale org2 pinggiran JKT biasanya lewat jalur alternatif itu.
sampe Cilandak pas dijalanan macet sy berhenti trus tau2 ditabrak ama dia dr blkg.
ga tau nih org maunya apa? sy lihatin aja. dia pake helm item jaket item bawaan Shogun NR. ya udh akhirnya sy lurus lewat Ampera dia belok ke arah Ps Rebo.
maksudnya apa coba yah? apa dia keqi kli yah??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
GPP bro.. saya ga merasa tersinggung koq.. (sok santun)sorry lho ngak bermaksud menyinggung para pengendara motor bebek yang santun. ini cuma realita yang gw liat sendiri.
Iya bro.. salut sama mereka..andy1800 wrote:kl gw koq malah lbh suka sama pengendara yg bisa ngebut yah...
yaitu, yg udah punya sense sbg pengendara "kelas AKAP"...mirip pengemudi travel2 AKAP.
yg gw maksdu "kelas AKAP" ini adlh pengendara dg kecepatn tingi yg:
*motornya lengkap..perlengkapan safety nya standar bawaan pabrik, tidak disunat.
*rajin tengok spion...ada yg lbh cepat, dia kasih....mau pindah jalur, dia waspada.
*rajin maen sein, selalu kasih sinyal ke belakangnya....itu gw suka menguntitnya...enggak bikin kagok hrs mengira2 kemauan otaknya.
itu makanya, kl macam dia itu ambil lajur kanan pun, maka gw hormat, sama sekali nggak keberatan.
Cuman sayangnya, sangat sedikit sekali yg kek gitu..
Jangankan motor lengkap.. nyalain sein aja males..
Padahal, apa beratnya sih geser tuas sein ke kiri atau kekanan sedikit? Toh juga pake jari..
Begitu udahan, tinggal pencet, sein balik lagi ke tengah..
Jadi inget film Shoot'Em Up..
di satu adegan naek mobil di jalan..
Itu lakonnya jengkel sama mobil yg ugal2an, bahkan nyalain sein aja ga mau..
"apa beratnya sih menggeser tuas sein sedikit saja??" kira2 begitu yg lakonnya bilang..
trus karena lakonnya temperamen, langsung dikejar tuh mobil yg ugal2an..
dijejerin trus dipepet sampe mobil ugalan2 itu nyungsep..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
nampaknya bukan males bro....tp krn nggak terbiasa...ini berhubungan dg cara pikirnya kalee....ZEXELGRIFONE wrote:Cuman sayangnya, sangat sedikit sekali yg kek gitu..
Jangankan motor lengkap.. nyalain sein aja males..
Padahal, apa beratnya sih geser tuas sein ke kiri atau kekanan sedikit? Toh juga pake jari..
Begitu udahan, tinggal pencet, sein balik lagi ke tengah..
maksdunya, dia nggak punya ide utk membiasakan diri melakukan habit yg positif.
membiasakan diri memainkan jari2nya.
makanya gw sering sarankan, mskipun agak diluar mainstreem >>>
bikers, perseringlah mengembangkan kecepatan. niscaya, itu secara otomatis & tanpa disadari, akan mengasah kemahiran & feeling bro'ss semua dlm berkendara....segala macam teori2 yg sudah anda kuasai itu, akan otomatis punya kesempatan utk terpraktekkan & terasah, menjadi mendarah daging dlm keseharian.
setelah itu anda akan termasuk ke dlm golongan yg "sangat sedikit sekali yg kek gitu", yg saya hormati, spt bro ZEXELGRIFONE.
............. ...............
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3457
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
Motor sering tidak menyalakan sein kalau pindah jalur lebih disebabkan karena mobilitasnya yang tinggi. Perpindahan jalurnya sering dan mudah dilakukan sehingga waktu untuk menyalakan sein pun sedikit sekali. Walaupun dinyalakan, sebentar kemudian harus balik lagi ke jalur semula, otomatis sein harus pindah kanan-kiri-kanan-kiri dalam waktu yang singkat (nyala kurang dari 2 detik, bahkan bisa kurang dari 1 detik). Dan dalam waktu yang sesingkat itu, apakah sein tsb efektif?
Mau tetap di jalur kiri pun sulit dilakukan, karena banyak angkot yang juga suka pindah jalur seenaknya. Tahu2 sudah nutupin jalur kita di sebelah kiri untuk ambil penumpang. Kalau terus di jalur kanan, diklakson terus sama mobil yang ingin mendahului.
Makanya spion motorku masih standar, karena terbukti memudahkan setiap kali mau pindah jalur.
Mau tetap di jalur kiri pun sulit dilakukan, karena banyak angkot yang juga suka pindah jalur seenaknya. Tahu2 sudah nutupin jalur kita di sebelah kiri untuk ambil penumpang. Kalau terus di jalur kanan, diklakson terus sama mobil yang ingin mendahului.
Makanya spion motorku masih standar, karena terbukti memudahkan setiap kali mau pindah jalur.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
menurut gw,..tetap efektif bro.TUFF Stough wrote:Dan dalam waktu yang sesingkat itu, apakah sein tsb efektif?
kalaupun kurang efektif......tetep saja, itu tetap jauh lebih baik drpada tidak "mengutarakan" apa maunya.
ttg kemapuan jari yg tidak cepat dlm memencet sein...itu masalah kebiasaan saja...kemauan keras utk membiasakannya..
gw bisa koq...masa yg lain gak bisa?
itu memang berhubungan dg kecakapan pandang ruang seseorang...TUFF Stough wrote:Mau tetap di jalur kiri pun sulit dilakukan, karena banyak angkot yang juga suka pindah jalur seenaknya.
makanya gw jg nggak bisa terlalu menyalahkan pengendara yg kecakapan pandang ruang nya krg oke.
memang hanya segellintir saja yg bisa mengolah situasi lalin dlm waktu sepersekian detik dlm otaknya.
sebenrnya itu bukan harga mati, tetap bisa dilakukan improvement.
kemapuan bisa diasah...dan ini berhubungan dg kemauan kuat dari seseorang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3457
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
Aku coba narik kesimpulan dari diskusi yang panjang lebar ini. Terlepas dari merek motor apapun yang dikendarai, ugal2an seorang biker lebih tergantung dari 4 hal berikut:
1. Riding skill, hanya bisa diasah dari pengalaman membawa kendaraan
2. Safety riding knowledge, pengetahuan mengenai apa yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan dalam mengendarai motor di jalan raya
3. Riding capability, kecakapan fisikal seorang rider untuk tanggap menghadapi situasi di jalan raya
4. Riding responsibility, rasa tanggung jawab biker tsb thdp keselamatan pengguna jalan lainnya (kelengkapan atribut motor, kepatuhan thdp rambu2, dll)
Di luar dari faktor2 tersebut di atas, penilaian ugal2annya seorang biker juga tergantung dari tanggap atau tidaknya pengguna jalan lain terhadap tanda2 yang diberikan oleh biker tersebut.
Mohon ditambahkan bila ada yang kurang.
1. Riding skill, hanya bisa diasah dari pengalaman membawa kendaraan
2. Safety riding knowledge, pengetahuan mengenai apa yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan dalam mengendarai motor di jalan raya
3. Riding capability, kecakapan fisikal seorang rider untuk tanggap menghadapi situasi di jalan raya
4. Riding responsibility, rasa tanggung jawab biker tsb thdp keselamatan pengguna jalan lainnya (kelengkapan atribut motor, kepatuhan thdp rambu2, dll)
Di luar dari faktor2 tersebut di atas, penilaian ugal2annya seorang biker juga tergantung dari tanggap atau tidaknya pengguna jalan lain terhadap tanda2 yang diberikan oleh biker tersebut.
Mohon ditambahkan bila ada yang kurang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
Kecakapan berkendara kan udah terstandar. la buat apa uji SIM? jangan2 nembak? hihihi......
Kalo kecakapan kurang pasti gak uji SIM tuh,
Tapi emang beda refleks tiap orang. meski lulus uji SIM, tapi kan termasuk kemampuan standar, jadi kalo ada hal2 di luar standar, contoh nyelip2 pada kecepatan tinggi di ruang sempit, itu juga harus diperhitungkan. jangan sampai kemampuan gak memadai memaksa melakukan itu, ntar bergantung pada kewaspadaan dan kebaikan hati orang lain dong. nah, kalo orang lain juga memiliki kemampuan standar aja, bisa dibayangkan apa yang terjadi.
So, apapun itu, mau manuver, mau belok, mau berhenti, tetap berikan isyarat dengan waktu yang cukup bagi orang lain merespon. kalo waktunya gak cukup buat merespon ya tetap aja, kasih tanda. orang akan lebih waspada kalo kita memberikan isyarat daripada main selonong aja.
kalo belok ya pake lampu sein, kalo berhenti ya lampu rem (otomatis kan?). kalo lampu sein gak ada, bisa pake isyarat tangan (kalo siang).
Kalo kecakapan kurang pasti gak uji SIM tuh,
Tapi emang beda refleks tiap orang. meski lulus uji SIM, tapi kan termasuk kemampuan standar, jadi kalo ada hal2 di luar standar, contoh nyelip2 pada kecepatan tinggi di ruang sempit, itu juga harus diperhitungkan. jangan sampai kemampuan gak memadai memaksa melakukan itu, ntar bergantung pada kewaspadaan dan kebaikan hati orang lain dong. nah, kalo orang lain juga memiliki kemampuan standar aja, bisa dibayangkan apa yang terjadi.
So, apapun itu, mau manuver, mau belok, mau berhenti, tetap berikan isyarat dengan waktu yang cukup bagi orang lain merespon. kalo waktunya gak cukup buat merespon ya tetap aja, kasih tanda. orang akan lebih waspada kalo kita memberikan isyarat daripada main selonong aja.
kalo belok ya pake lampu sein, kalo berhenti ya lampu rem (otomatis kan?). kalo lampu sein gak ada, bisa pake isyarat tangan (kalo siang).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: pengendara motor dr 3 merk yg paling ugal2an
yg paling nyebelin ntu sopir MPU, udah jalan pelan di kiri dan berhenti ndadak,
trus yg aku sayangkan, ada biker yg mo nyebrang pake sein kanan tp masih di lajur kiri, mo nyalip, kagak, nyalip, kagak, akhirnya klakson luamaaa buanget, sampe dia minder ndiri, xi xi xi, oh ya aku orangnya jarang main klakson, takutnya yg didepan orang tua ato kena serangan jantung, ntar malah koid, kalo sempet dan ada celah salip, kalo gak sempet, rem aja, paling2 kalo klakson pas ada yg lg sms/telp sambil ngendarain motor, ngendarain berjejer, atau yg lg berkencan (yg paling aku sebelin, udah pelan di jalur kanan pula).
untuk biker yg suka kebut2an, wajib pake lampu standar, sein dinyalain kalo mo nyalip, kedipin lampu jauh bila mendahului, liat belakang kalo nyalip (pake spion), dan rem harus mantab,
soal kelengkapan diri, up 2 u aja, mo gak pake helm atau gak pake jaket, TERSERAH! nyawa-nyawa loe ndiri, yg penting jaga nyawa orang lain
trus yg aku sayangkan, ada biker yg mo nyebrang pake sein kanan tp masih di lajur kiri, mo nyalip, kagak, nyalip, kagak, akhirnya klakson luamaaa buanget, sampe dia minder ndiri, xi xi xi, oh ya aku orangnya jarang main klakson, takutnya yg didepan orang tua ato kena serangan jantung, ntar malah koid, kalo sempet dan ada celah salip, kalo gak sempet, rem aja, paling2 kalo klakson pas ada yg lg sms/telp sambil ngendarain motor, ngendarain berjejer, atau yg lg berkencan (yg paling aku sebelin, udah pelan di jalur kanan pula).
untuk biker yg suka kebut2an, wajib pake lampu standar, sein dinyalain kalo mo nyalip, kedipin lampu jauh bila mendahului, liat belakang kalo nyalip (pake spion), dan rem harus mantab,
soal kelengkapan diri, up 2 u aja, mo gak pake helm atau gak pake jaket, TERSERAH! nyawa-nyawa loe ndiri, yg penting jaga nyawa orang lain
...