Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: Brio Satya 18
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Jadi menurut om masih lebih bagus si Mot*l kah?bloodwingg2 wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11262
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Motul HTech 100 vs TQ9000bloodwingg2 wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Harga ndak boong yaa.
Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.
klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80
karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Sebentar lagi Q8 Indo ada MTF sultanSuryaputra wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 7:28Motul HTech 100 vs TQ9000bloodwingg2 wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Harga ndak boong yaa.
Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.
klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80
karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Lagi di tes dulu di Civic type R FL5
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.
Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
M1 tripleandrejunior wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 2:10 Dear rekan SM
Mohon saran oli utk mobil All New Terios pakai cuma weekend, 1 tahun ga sampe 4000 Km.
Pengennya ganti 5000 Km. Tapi jadinya lewat dari 1 tahun. Oli apa yg OK?
Apakah yg kelas keraton seperti:
-Motul H-Tech 100 0W-20
-Mobil 1 Triple Action Power+ 0W-20
-Q8 D1 FE 0W-20
-dll ada saran?
Atau cukup Fastron Gold 0W-20? Fastron Gold ini bisa lebih dari 1 tahun kah?
Saat ini pakai Ravenol 0W-20 udah jalan 5000 Km (1 tahun 6 bulan) permasalahannya, Ravenol 0W-20 di official store udah lama ga ada, sepertinya diskontinyu? Kalo bisa ganti oli lain yg lebih murah tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan di atas.
Makasi om² semua
Q8 d1fe
Motul htech
Subjektif based on pemakaian pribadi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11262
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Jd inget mbah Vanoszsahabatq8 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 8:21Sebentar lagi Q8 Indo ada MTF sultanSuryaputra wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 7:28Motul HTech 100 vs TQ9000bloodwingg2 wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Harga ndak boong yaa.
Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.
klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80
karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Lagi di tes dulu di Civic type R FL5
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11262
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
untuk 120b seliter.Opeakkk wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.
Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
Bole cobain Fastron Gold 5w30
visconya pas buat L10
comply ke BMW LL-04 dan MB 229.51, Dexos 2 juga
test lab nya juga mantap di mesin remap nya mbah Saturday
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
itu yg toko jual oli yg nama nya mirip RODA hahahkenop wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 14:56Om nanya, bengkel nya dmana?marmut wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 14:42javieroargubi wrote: ↑Tue Jan 16, 2024 14:06
kalau disitu boleh bawa oli sendiri tapi kena jasa 100rb.. jadi mahal oli nya jatuh nya
jasa ganti oli 100rb mobil apa?
bisa mahal bisa murah harga segitu.
di saya, gratis crush washer selama ukurannya umum, drain plug dan filter oli dikencengin pakai kunci torsi seharga ban 4 pcs, filter udara dibersihkan kalau memang memungkinkan, bekas tetesan oli dibersihkan semaksimal mungkin, dan yg pasti jaminan ngga ada cap tangan di kendaraan.
atau mau yg murah² juga banyak. drain plug dikasih seal tape, ngencengin pakai perasaan yg jaminannya antara kendor atau dol.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Noted om, hatur nuhunSuryaputra wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 10:33untuk 120b seliter.Opeakkk wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.
Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
Bole cobain Fastron Gold 5w30
visconya pas buat L10
comply ke BMW LL-04 dan MB 229.51, Dexos 2 juga
test lab nya juga mantap di mesin remap nya mbah Saturday
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
L10 itu livina yah? Kinclong bener. Pasti ga pernah kena oli beres sampai 10rb km yah?Opeakkk wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.
Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
Kemarin saya udah mau beli petronas, tapi malah beli enoc gara2 promo. Petronas oke juga kok om yg 5w30 sudah dexos1 gen2, di bengkel2 merkedes pakai petronas juga.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Betul om, livina 2010 nih. Jaman NGO 10w-30 beres cuma pake waktu service gratis, sisa nya bapak dulu pake hx8.t105erd wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 14:28L10 itu livina yah? Kinclong bener. Pasti ga pernah kena oli beres sampai 10rb km yah?Opeakkk wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.
Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
Kemarin saya udah mau beli petronas, tapi malah beli enoc gara2 promo. Petronas oke juga kok om yg 5w30 sudah dexos1 gen2, di bengkel2 merkedes pakai petronas juga.
Sama ni mobil ga pernah nyicip pertalite selama idup nya
Enoc 5w30 ? Gimana impresi nya om ?
Sekarang condong ke Fastron Gold 5w30 sama Petronas, dua BUMN
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Jun 18, 2023 12:07
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: All New Rush
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Om-Om..nanya dong..definisi berkendara jarak pendek tuh gimana ya..karena kantor sekarang pindah lebih deket ke rumah..6 bulan terakhir rata2 perjalanan harian palingan 20 km PP rumah kantor..2 minggu sekali di selingi luar kotaan Bandung - Sukabumi atau Bandung - Tasikmalaya..gerobak ane Anr 2018 km udah 105 ribuan..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: Brio Satya 18
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
kalau menurut saya iya om, karena dia lebih bisa long drain. Butt-o-meter berasanya masih lebih enak ini walaupun kilometer nya lebih banyak tapi kesan nya gak jenuh2. Kalo ada duit lebih, motul ini recommended banget.sintoni wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 6:53Jadi menurut om masih lebih bagus si Mot*l kah?bloodwingg2 wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Kalo mau lebih ekonomis, TQ9000 juga uda oke banget kok. Kalo kebiasaan pake TQ9000, nambah 200rb bisa dapet motul yg capable buat long drain
Suryaputra wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 7:28Motul HTech 100 vs TQ9000bloodwingg2 wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Harga ndak boong yaa.
Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.
klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80
karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Nah, ini lucunya om, tidak ada keterangan idemitsu MTF ini. Tapi kalau menurut PDS, infonya seperti ini
Color (Appearance) D-1500 L3.0 (Brown)
Density 15 oC g/cm³ D-4052 0.8840
Flash Point (COC) oC D-92 234
Viscosity, cSt @ 40 oC D-445 95.00
@ 100 oC D-445 11.52
Pour Point oC D-97 -40
Viscosity Index D-2270 109
TBN,HCLO4 (mgKOH/g) D-2896 8.2
Foaming @ 93.5oC (ml) D-892 0-0
lendir selanjutnya yg bisa dicoba. So far, memang honda mtf ini yg paling enak utk di brio. Cuma, kalo udah mau nyentuh 20rb kilometer, udah mulai2 tuh tanda2 ganti, suka susah oper gigi ya kalo di brio. gatau memang karakternya begini atau gimana.sahabatq8 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 8:21Sebentar lagi Q8 Indo ada MTF sultanSuryaputra wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 7:28Motul HTech 100 vs TQ9000bloodwingg2 wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:
sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.
Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.
Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Harga ndak boong yaa.
Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.
klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80
karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Lagi di tes dulu di Civic type R FL5
om @sahabatq8, kira2 kapan nih keluar mtf nya? apakah sampai akhir tahun?
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Sep 25, 2023 3:13
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian
Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt
Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih
Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official
Sekin , mohon bimbingn hu
Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt
Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih
Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official
Sekin , mohon bimbingn hu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Wah mantap kalo gitu. Enoc sih menurut saya yg ga peka sih yaa biasa aja ga terlalu yg gimana2, lebih enteng oli sebelumnya yg saya pakai. Belum 500km sih. Bagus 2 itu, tapi fastron ada drum nya jadi bisa lebih murah.Opeakkk wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 15:41Betul om, livina 2010 nih. Jaman NGO 10w-30 beres cuma pake waktu service gratis, sisa nya bapak dulu pake hx8.t105erd wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 14:28L10 itu livina yah? Kinclong bener. Pasti ga pernah kena oli beres sampai 10rb km yah?Opeakkk wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.
Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
Kemarin saya udah mau beli petronas, tapi malah beli enoc gara2 promo. Petronas oke juga kok om yg 5w30 sudah dexos1 gen2, di bengkel2 merkedes pakai petronas juga.
Sama ni mobil ga pernah nyicip pertalite selama idup nya
Enoc 5w30 ? Gimana impresi nya om ?
Sekarang condong ke Fastron Gold 5w30 sama Petronas, dua BUMN
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kurang lebih 1.5- 2 bulan lagi ready, speknya 75w80. Tapi dia memang khusus untuk mtf, kalo mau baca² product selling sheetnya boleh om japri saya di wa.bloodwingg2 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 17:00
om @sahabatq8, kira2 kapan nih keluar mtf nya? apakah sampai akhir tahun?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Pake 5w30 yg kental aja om, macam Shell helix hx8, PTT commonrail dynamic 10w30 api SL/CI4, Bardahl 5w30 S9 atau hvp c7. Buat PTT dan Bardahl cari aja toko yg penjualannya tinggi d toped, jarang palsunya. Semuanya bisa d pake 10rb km/setahun d mobil bensin.Hanson10299 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian
Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt
Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih
Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official
Sekin , mohon bimbingn hu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Pernah pake xv40 3 tahunan awal tahun 2010, dulu makenya shell ultra 5w-30.Hanson10299 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian
Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt
Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih
Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official
Sekin , mohon bimbingn hu
Aman2 aja waktu itu tanpa penguapan yg signifikan. Buat mudik lintas Sumatera - Jawa enak bener rasanya.
Berhubung tinggal di Sumatera zaman dulu shell ultra itu doang yg paling bagus kayaknya, sekarang makin banyak pilihan.
Happy hunting om
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Feb 29, 2024 13:24
- Location: Jawa Timur
- Daily Vehicle: Yaris
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
PTT 10w30 bisa dipake sampe 10k km ya om? MakasihRezPrat wrote: ↑Sun Mar 10, 2024 6:36Pake 5w30 yg kental aja om, macam Shell helix hx8, PTT commonrail dynamic 10w30 api SL/CI4, Bardahl 5w30 S9 atau hvp c7. Buat PTT dan Bardahl cari aja toko yg penjualannya tinggi d toped, jarang palsunya. Semuanya bisa d pake 10rb km/setahun d mobil bensin.Hanson10299 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian
Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt
Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih
Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official
Sekin , mohon bimbingn hu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Toyota generasi tahun 2000 keatas sih udah pakai 5W30 setahu saya, nah ini sih banyak bgt pilihanya, dari yg 70rb - 250rb ada. Tinggal sesuaikan kemampuan aja. Om tinggal dimana?Hanson10299 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian
Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt
Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih
Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official
Sekin , mohon bimbingn hu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Apa ini om? Urutan/ranking dari yg terbaik kah?Chr1stm1 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 10:16M1 tripleandrejunior wrote: ↑Fri Mar 08, 2024 2:10 Dear rekan SM
Mohon saran oli utk mobil All New Terios pakai cuma weekend, 1 tahun ga sampe 4000 Km.
Pengennya ganti 5000 Km. Tapi jadinya lewat dari 1 tahun. Oli apa yg OK?
Apakah yg kelas keraton seperti:
-Motul H-Tech 100 0W-20
-Mobil 1 Triple Action Power+ 0W-20
-Q8 D1 FE 0W-20
-dll ada saran?
Atau cukup Fastron Gold 0W-20? Fastron Gold ini bisa lebih dari 1 tahun kah?
Saat ini pakai Ravenol 0W-20 udah jalan 5000 Km (1 tahun 6 bulan) permasalahannya, Ravenol 0W-20 di official store udah lama ga ada, sepertinya diskontinyu? Kalo bisa ganti oli lain yg lebih murah tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan di atas.
Makasi om² semua
Q8 d1fe
Motul htech
Subjektif based on pemakaian pribadi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Berdasarkan hasil test d forum Innova diesel dan forum ini aman sampe 10k km, padahal itu test nya d mesin turbo diesel modifan, kalo d mesin natural aspirated bensin anteng aja itu harusnya, tapi baiknya max 10 bulan aja, mana yg lebih dulu tercapai (10k km/ 10 bln)Red1nzer wrote: ↑Sun Mar 10, 2024 11:02
Pake 5w30 yg kental aja om, macam Shell helix hx8, PTT commonrail dynamic 10w30 api SL/CI4, Bardahl 5w30 S9 atau hvp c7. Buat PTT dan Bardahl cari aja toko yg penjualannya tinggi d toped, jarang palsunya. Semuanya bisa d pake 10rb km/setahun d mobil bensin.
PTT 10w30 bisa dipake sampe 10k km ya om? Makasih
Btw om, engine 2AZ FE d kemri itu emang standard pabriknya 5w30 loh, jadi pilih aja 5w30, tadi kenapa saya ada sarankan PTT 10w30, oli diesel ini biasanya bisa bersihin kerak d piston ring, dan 2AZ FE ini cukup terkenal dgn vampir oli gara2 ring piston nya yg stuck.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Si Tot*l jg skrg naik terus om sudah di angka 450rb dia, M*tul di angka 620rb.bloodwingg2 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 17:00 kalau menurut saya iya om, karena dia lebih bisa long drain. Butt-o-meter berasanya masih lebih enak ini walaupun kilometer nya lebih banyak tapi kesan nya gak jenuh2. Kalo ada duit lebih, motul ini recommended banget.
Kalo mau lebih ekonomis, TQ9000 juga uda oke banget kok. Kalo kebiasaan pake TQ9000, nambah 200rb bisa dapet motul yg capable buat long drain
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Jaman gini , kalo gak naik ada yang gak beressintoni wrote: ↑Sun Mar 10, 2024 13:20Si Tot*l jg skrg naik terus om sudah di angka 450rb dia, M*tul di angka 620rb.bloodwingg2 wrote: ↑Sat Mar 09, 2024 17:00 kalau menurut saya iya om, karena dia lebih bisa long drain. Butt-o-meter berasanya masih lebih enak ini walaupun kilometer nya lebih banyak tapi kesan nya gak jenuh2. Kalo ada duit lebih, motul ini recommended banget.
Kalo mau lebih ekonomis, TQ9000 juga uda oke banget kok. Kalo kebiasaan pake TQ9000, nambah 200rb bisa dapet motul yg capable buat long drain
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/