Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bloodwingg2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
Location: Jkt
Daily Vehicle: Brio Satya 18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by bloodwingg2 »

Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sintoni »

bloodwingg2 wrote: Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Jadi menurut om masih lebih bagus si Mot*l kah?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

bloodwingg2 wrote: Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Motul HTech 100 vs TQ9000
Harga ndak boong yaa.

Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.

klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80

karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sat Mar 09, 2024 7:28
bloodwingg2 wrote: Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Motul HTech 100 vs TQ9000
Harga ndak boong yaa.

Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.

klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80

karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Sebentar lagi Q8 Indo ada MTF sultan :upss:

Lagi di tes dulu di Civic type R FL5
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Opeakkk »

Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.

Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Chr1stm1 »

andrejunior wrote: Fri Mar 08, 2024 2:10 Dear rekan SM

Mohon saran oli utk mobil All New Terios pakai cuma weekend, 1 tahun ga sampe 4000 Km.

Pengennya ganti 5000 Km. Tapi jadinya lewat dari 1 tahun. Oli apa yg OK?

Apakah yg kelas keraton seperti:
-Motul H-Tech 100 0W-20
-Mobil 1 Triple Action Power+ 0W-20
-Q8 D1 FE 0W-20
-dll ada saran?

Atau cukup Fastron Gold 0W-20? Fastron Gold ini bisa lebih dari 1 tahun kah?

Saat ini pakai Ravenol 0W-20 udah jalan 5000 Km (1 tahun 6 bulan) :big_grin: permasalahannya, Ravenol 0W-20 di official store udah lama ga ada, sepertinya diskontinyu? Kalo bisa ganti oli lain yg lebih murah tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan di atas.

Makasi om² semua
M1 triple
Q8 d1fe
Motul htech

Subjektif based on pemakaian pribadi
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sat Mar 09, 2024 8:21
Suryaputra wrote: Sat Mar 09, 2024 7:28
bloodwingg2 wrote: Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Motul HTech 100 vs TQ9000
Harga ndak boong yaa.

Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.

klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80

karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Sebentar lagi Q8 Indo ada MTF sultan :upss:

Lagi di tes dulu di Civic type R FL5
Jd inget mbah Vanosz :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Opeakkk wrote: Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.

Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
untuk 120b seliter.
Bole cobain Fastron Gold 5w30
visconya pas buat L10
comply ke BMW LL-04 dan MB 229.51, Dexos 2 juga

test lab nya juga mantap di mesin remap nya mbah Saturday
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
javieroargubi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by javieroargubi »

kenop wrote: Tue Jan 16, 2024 14:56
marmut wrote: Tue Jan 16, 2024 14:42
javieroargubi wrote: Tue Jan 16, 2024 14:06

kalau disitu boleh bawa oli sendiri tapi kena jasa 100rb.. jadi mahal oli nya jatuh nya :big_childish:


jasa ganti oli 100rb mobil apa?

bisa mahal bisa murah harga segitu.

di saya, gratis crush washer selama ukurannya umum, drain plug dan filter oli dikencengin pakai kunci torsi seharga ban 4 pcs, filter udara dibersihkan kalau memang memungkinkan, bekas tetesan oli dibersihkan semaksimal mungkin, dan yg pasti jaminan ngga ada cap tangan di kendaraan.

atau mau yg murah² juga banyak. drain plug dikasih seal tape, ngencengin pakai perasaan yg jaminannya antara kendor atau dol.
Om nanya, bengkel nya dmana?
itu yg toko jual oli yg nama nya mirip RODA hahah
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Opeakkk »

Suryaputra wrote: Sat Mar 09, 2024 10:33
Opeakkk wrote: Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.

Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
untuk 120b seliter.
Bole cobain Fastron Gold 5w30
visconya pas buat L10
comply ke BMW LL-04 dan MB 229.51, Dexos 2 juga

test lab nya juga mantap di mesin remap nya mbah Saturday
Noted om, hatur nuhun :big_okay:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Opeakkk wrote: Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.

Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
L10 itu livina yah? Kinclong bener. Pasti ga pernah kena oli beres sampai 10rb km yah? :big_peace:
Kemarin saya udah mau beli petronas, tapi malah beli enoc gara2 promo. Petronas oke juga kok om yg 5w30 sudah dexos1 gen2, di bengkel2 merkedes pakai petronas juga.
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Opeakkk »

t105erd wrote: Sat Mar 09, 2024 14:28
Opeakkk wrote: Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.

Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
L10 itu livina yah? Kinclong bener. Pasti ga pernah kena oli beres sampai 10rb km yah? :big_peace:
Kemarin saya udah mau beli petronas, tapi malah beli enoc gara2 promo. Petronas oke juga kok om yg 5w30 sudah dexos1 gen2, di bengkel2 merkedes pakai petronas juga.
Betul om, livina 2010 nih. Jaman NGO 10w-30 beres cuma pake waktu service gratis, sisa nya bapak dulu pake hx8.

Sama ni mobil ga pernah nyicip pertalite selama idup nya :big_peace:

Enoc 5w30 ? Gimana impresi nya om ?
Sekarang condong ke Fastron Gold 5w30 sama Petronas, dua BUMN :big_peace:
Abbadayat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Jun 18, 2023 12:07
Location: Bandung
Daily Vehicle: All New Rush

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Abbadayat »

Om-Om..nanya dong..definisi berkendara jarak pendek tuh gimana ya..karena kantor sekarang pindah lebih deket ke rumah..6 bulan terakhir rata2 perjalanan harian palingan 20 km PP rumah kantor..2 minggu sekali di selingi luar kotaan Bandung - Sukabumi atau Bandung - Tasikmalaya..gerobak ane Anr 2018 km udah 105 ribuan..
bloodwingg2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
Location: Jkt
Daily Vehicle: Brio Satya 18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by bloodwingg2 »

sintoni wrote: Sat Mar 09, 2024 6:53
bloodwingg2 wrote: Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Jadi menurut om masih lebih bagus si Mot*l kah?
kalau menurut saya iya om, karena dia lebih bisa long drain. Butt-o-meter berasanya masih lebih enak ini walaupun kilometer nya lebih banyak tapi kesan nya gak jenuh2. Kalo ada duit lebih, motul ini recommended banget.

Kalo mau lebih ekonomis, TQ9000 juga uda oke banget kok. Kalo kebiasaan pake TQ9000, nambah 200rb bisa dapet motul yg capable buat long drain
Suryaputra wrote: Sat Mar 09, 2024 7:28
bloodwingg2 wrote: Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Motul HTech 100 vs TQ9000
Harga ndak boong yaa.

Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.

klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80

karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30

Nah, ini lucunya om, tidak ada keterangan idemitsu MTF ini. Tapi kalau menurut PDS, infonya seperti ini

Color (Appearance) D-1500 L3.0 (Brown)
Density 15 oC g/cm³ D-4052 0.8840
Flash Point (COC) oC D-92 234
Viscosity, cSt @ 40 oC D-445 95.00
@ 100 oC D-445 11.52
Pour Point oC D-97 -40
Viscosity Index D-2270 109
TBN,HCLO4 (mgKOH/g) D-2896 8.2
Foaming @ 93.5oC (ml) D-892 0-0
sahabatq8 wrote: Sat Mar 09, 2024 8:21
Suryaputra wrote: Sat Mar 09, 2024 7:28
bloodwingg2 wrote: Fri Mar 08, 2024 23:34 Testimoni pemakaian Motul HTech 100 0w20:

sekedar informasi, saya push oli ini sampe di pemakaian 8500 km, pas cek di oli dipstik sudah hitam maka langsung drain dan ganti lagi ke TQ9000.
Pemakaian selama ini 3 bulan dan menempuh 8500 km, di kemacetan jalan krn dulu masih dipakai buat harian.
Overall pengalaman yg bisa saya dapat dari oli ini, pas masih di 8000 km sebenernya mesin tidak terasa kasar sama sekali di rpm tingginya, beda dengan TQ9000 yg biasa di 5500-7000 km yg udah kasar pas di rpm tinggi. Oh iya, sesekali mobil dipake juga untuk jadi genset dan sekali jalan rute pp 30 km harian, kecuali sabtu minggu bisa kurang dari itu.

Overall, menurut saya not bad banget si oli htech 100 0w20 ini. Balik lagi ke TQ9000, paling cocok di kantong dan pemakaian.

Untuk idemitsu MTF, saya barusan ganti kemarin. Pas mobil sudah menyentuh 15000 km dan saat ini lagi pakai TQ9000, perbedaan idemitsu mtf dan honda MTF, menurut butt-o-meter saya lebih enak pakai honda MTF shifting nya, gak seret pas di tengah2 oper gigi. Padahal transimisi sudah cek dan ok2 aja
Motul HTech 100 vs TQ9000
Harga ndak boong yaa.

Idemitsu MTF itu visco gearbox-nya brp?.

klo di manual book, visco MTF nya cari yg kisaran visco setara engine oil di w20,
Berarti untuk visco girbox, pakai yg maximal plg kentel di 75W80

karena 75w80 ini, visconya baru setara spt oli mesin w20 ~ w30
Sebentar lagi Q8 Indo ada MTF sultan :upss:

Lagi di tes dulu di Civic type R FL5
lendir selanjutnya yg bisa dicoba. So far, memang honda mtf ini yg paling enak utk di brio. Cuma, kalo udah mau nyentuh 20rb kilometer, udah mulai2 tuh tanda2 ganti, suka susah oper gigi ya kalo di brio. gatau memang karakternya begini atau gimana.

om @sahabatq8, kira2 kapan nih keluar mtf nya? apakah sampai akhir tahun?
Hanson10299
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Sep 25, 2023 3:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Hanson10299 »

Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian

Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt :weekk:

Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih

Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official

Sekin , mohon bimbingn hu 🙏
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Opeakkk wrote: Sat Mar 09, 2024 15:41
t105erd wrote: Sat Mar 09, 2024 14:28
Opeakkk wrote: Sat Mar 09, 2024 8:37 Selamat sore, mau share & tanya hasil pemakaian Motul Hi Tec 5w30 di L10, pake jalan 4000 KM, sudah top up total sekitar 350ml, normal ga segitu ? Utk rasa bawa nya si lebih enak dibanding Q8 special long life G/D1, rpm bawah dan atas lebih berisi, mirip banget rasa nya pake Bardal S9 5w30.

Next mau coba Petronas 3000 5w30, ada yg sudah pernah coba ? Thank you
L10 itu livina yah? Kinclong bener. Pasti ga pernah kena oli beres sampai 10rb km yah? :big_peace:
Kemarin saya udah mau beli petronas, tapi malah beli enoc gara2 promo. Petronas oke juga kok om yg 5w30 sudah dexos1 gen2, di bengkel2 merkedes pakai petronas juga.
Betul om, livina 2010 nih. Jaman NGO 10w-30 beres cuma pake waktu service gratis, sisa nya bapak dulu pake hx8.

Sama ni mobil ga pernah nyicip pertalite selama idup nya :big_peace:

Enoc 5w30 ? Gimana impresi nya om ?
Sekarang condong ke Fastron Gold 5w30 sama Petronas, dua BUMN :big_peace:
Wah mantap kalo gitu. Enoc sih menurut saya yg ga peka sih yaa biasa aja ga terlalu yg gimana2, lebih enteng oli sebelumnya yg saya pakai. Belum 500km sih. Bagus 2 itu, tapi fastron ada drum nya jadi bisa lebih murah.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

bloodwingg2 wrote: Sat Mar 09, 2024 17:00
om @sahabatq8, kira2 kapan nih keluar mtf nya? apakah sampai akhir tahun?
Kurang lebih 1.5- 2 bulan lagi ready, speknya 75w80. Tapi dia memang khusus untuk mtf, kalo mau baca² product selling sheetnya boleh om japri saya di wa.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

Hanson10299 wrote: Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian

Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt :weekk:

Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih

Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official

Sekin , mohon bimbingn hu 🙏
Pake 5w30 yg kental aja om, macam Shell helix hx8, PTT commonrail dynamic 10w30 api SL/CI4, Bardahl 5w30 S9 atau hvp c7. Buat PTT dan Bardahl cari aja toko yg penjualannya tinggi d toped, jarang palsunya. Semuanya bisa d pake 10rb km/setahun d mobil bensin.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Supersedan »

Hanson10299 wrote: Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian

Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt :weekk:

Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih

Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official

Sekin , mohon bimbingn hu 🙏
Pernah pake xv40 3 tahunan awal tahun 2010, dulu makenya shell ultra 5w-30.
Aman2 aja waktu itu tanpa penguapan yg signifikan. Buat mudik lintas Sumatera - Jawa enak bener rasanya.
Berhubung tinggal di Sumatera zaman dulu shell ultra itu doang yg paling bagus kayaknya, sekarang makin banyak pilihan.
Happy hunting om :big_grin:
Red1nzer
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Feb 29, 2024 13:24
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Yaris

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Red1nzer »

RezPrat wrote: Sun Mar 10, 2024 6:36
Hanson10299 wrote: Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian

Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt :weekk:

Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih

Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official

Sekin , mohon bimbingn hu 🙏
Pake 5w30 yg kental aja om, macam Shell helix hx8, PTT commonrail dynamic 10w30 api SL/CI4, Bardahl 5w30 S9 atau hvp c7. Buat PTT dan Bardahl cari aja toko yg penjualannya tinggi d toped, jarang palsunya. Semuanya bisa d pake 10rb km/setahun d mobil bensin.
PTT 10w30 bisa dipake sampe 10k km ya om? Makasih
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Hanson10299 wrote: Sat Mar 09, 2024 17:33 Misi om2 suhu2 mbah2 sekalian

Nubie baru pertama kli rawat mobil sendiri nih dulu biasa pake mbl ortu , ini udah angkut camry xv40 2008 , baca2 di google rekomendasi nya pake oli 5w 40 , cuma lagi bingung bgt nih mau pilih oli mana yang cukup untuk harian aj sih paling . Pokokny yang value for moneyny dapet lh , bgs di mesin gt :weekk:

Kira2 ad rekomendasi merk dan jenis olinya , terus ganti brp km sekali , mungkin juga tempat beliny yang ori , ngintip t*kped jg bgg ad yg murah dan review bagus , tpi ragu karna bedanya lumyn sama official store , oli maticnya juga msh nyari2 sih

Ex : fastron gold 5w 30 official store 500k di tmpt lain bisa 350k wkwkw jd ngeri dh mw beli yg non official

Sekin , mohon bimbingn hu 🙏
Toyota generasi tahun 2000 keatas sih udah pakai 5W30 setahu saya, nah ini sih banyak bgt pilihanya, dari yg 70rb - 250rb ada. Tinggal sesuaikan kemampuan aja. Om tinggal dimana?
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by andrejunior »

Chr1stm1 wrote: Sat Mar 09, 2024 10:16
andrejunior wrote: Fri Mar 08, 2024 2:10 Dear rekan SM

Mohon saran oli utk mobil All New Terios pakai cuma weekend, 1 tahun ga sampe 4000 Km.

Pengennya ganti 5000 Km. Tapi jadinya lewat dari 1 tahun. Oli apa yg OK?

Apakah yg kelas keraton seperti:
-Motul H-Tech 100 0W-20
-Mobil 1 Triple Action Power+ 0W-20
-Q8 D1 FE 0W-20
-dll ada saran?

Atau cukup Fastron Gold 0W-20? Fastron Gold ini bisa lebih dari 1 tahun kah?

Saat ini pakai Ravenol 0W-20 udah jalan 5000 Km (1 tahun 6 bulan) :big_grin: permasalahannya, Ravenol 0W-20 di official store udah lama ga ada, sepertinya diskontinyu? Kalo bisa ganti oli lain yg lebih murah tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan di atas.

Makasi om² semua
M1 triple
Q8 d1fe
Motul htech

Subjektif based on pemakaian pribadi
Apa ini om? Urutan/ranking dari yg terbaik kah?
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

Red1nzer wrote: Sun Mar 10, 2024 11:02


Pake 5w30 yg kental aja om, macam Shell helix hx8, PTT commonrail dynamic 10w30 api SL/CI4, Bardahl 5w30 S9 atau hvp c7. Buat PTT dan Bardahl cari aja toko yg penjualannya tinggi d toped, jarang palsunya. Semuanya bisa d pake 10rb km/setahun d mobil bensin.


PTT 10w30 bisa dipake sampe 10k km ya om? Makasih
Berdasarkan hasil test d forum Innova diesel dan forum ini aman sampe 10k km, padahal itu test nya d mesin turbo diesel modifan, kalo d mesin natural aspirated bensin anteng aja itu harusnya, tapi baiknya max 10 bulan aja, mana yg lebih dulu tercapai (10k km/ 10 bln)

Btw om, engine 2AZ FE d kemri itu emang standard pabriknya 5w30 loh, jadi pilih aja 5w30, tadi kenapa saya ada sarankan PTT 10w30, oli diesel ini biasanya bisa bersihin kerak d piston ring, dan 2AZ FE ini cukup terkenal dgn vampir oli gara2 ring piston nya yg stuck.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5886
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sintoni »

bloodwingg2 wrote: Sat Mar 09, 2024 17:00 kalau menurut saya iya om, karena dia lebih bisa long drain. Butt-o-meter berasanya masih lebih enak ini walaupun kilometer nya lebih banyak tapi kesan nya gak jenuh2. Kalo ada duit lebih, motul ini recommended banget.

Kalo mau lebih ekonomis, TQ9000 juga uda oke banget kok. Kalo kebiasaan pake TQ9000, nambah 200rb bisa dapet motul yg capable buat long drain
Si Tot*l jg skrg naik terus om sudah di angka 450rb dia, M*tul di angka 620rb.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sun Mar 10, 2024 13:20
bloodwingg2 wrote: Sat Mar 09, 2024 17:00 kalau menurut saya iya om, karena dia lebih bisa long drain. Butt-o-meter berasanya masih lebih enak ini walaupun kilometer nya lebih banyak tapi kesan nya gak jenuh2. Kalo ada duit lebih, motul ini recommended banget.

Kalo mau lebih ekonomis, TQ9000 juga uda oke banget kok. Kalo kebiasaan pake TQ9000, nambah 200rb bisa dapet motul yg capable buat long drain
Si Tot*l jg skrg naik terus om sudah di angka 450rb dia, M*tul di angka 620rb.
Jaman gini , kalo gak naik ada yang gak beres :big_biglaugh: