iwang wrote:desain sekitar 24-36 bulan sih, bisa kurang (c-class 204 lebih cepet karena mobil pertama yang pake full size simulator), tapi sejak 2005 kan udah terasa krisis di dalam DC, blon lagi rating terjun bebas makanya sejak dieter zetsche yang kontrol(sebelumnya anak buah juergen schrempp), balik ke engineering mode lagi..dan garis2 desain jg mulai tegas dari SLK R171 2004/5, kembali ke dashboard 2 lingkaran (rpm + km), balik ke mesin DOHC (M272 3500cc) dan perhatian lebih ke kualitas interior. begitu jg dihentikannya SBC (pertama di SL500 thn 2000, terakhir msh dipake di W211) kembali ke hydraulic brake biasa.
selain di chrysler kan ada jg saham di mitsubishi motor, akhirnya yang di keep yang di mitsubishi fuso, sahamnya dinaekin sampe 60/70%, makanya mitsubishi truk yang baru tulisannya mitsubishi fuso, dan langsung keliatan engineeringnya mercedes, desain luar jadi baru dan mesin FEnya pake turbo intercooler.
kayaknya sih kalo desain dari scratch sampe ke produksi + tes jalan (kayaknya Merc banyakan test mobil barunya sampe diatas 100k miles) mustinya lebih dari 2/3 tahun. Malah menurut salah satu artikel, biasanya pada waktu satu model baru di launch, biasanya tim desain/engineering udah mulai mengkonsep untuk model selanjutnya (sekitar 5 tahunan di mobil2 jepang dan 6-7 tahun di mobil2 eropa).
Kalo New C class W204 gak tau deh berapa lama waktunya, yg pasti memang model2 sedan mercedes benz sekarang memang mengikuti mainstreamnya model S class...
Kalo soal model spt tarikan garis yg lebih tegas (engga lagi membulat), model lingkaran meter cluster di dashboard, IMO itu sih memang desainnya aja yg beda (memang lagi pengen didesain ke model spt itu)....entah apakah mungkin desainer MB pada saat desain lingkaran meter cluster tiba2 terngat ke model lawasnya. Spt contohnya new accord juga meter clusternya balik lagi ke 2 lingkaran besar (Tacho + Speedo), kalo enga salah terakhir accord pake 2 lingkaran besar yaitu pada jaman accord executive 82-85. IMO, si desainer accord kayaknya memang lagi pengen desain 2 lingkaran aja sih, bukan tiba2 dia sengaja pengen dibalikin lagi spt accord executive (hehehe...gak tau juga ya mungkin juga bener kata bro Iwang)

IMO, memang kebetulan desainnya mirip2 yg lama aja.
Kalo soal mesin, memang sekarang MB sepertinya pengen ganti semua mesin2 SOHC 3v/cyl nya dengan mesin DOHC, walaupun masih ada bbrp model MB yg pake mesin SOHC kaya S600/S65 (M275). Kayaknya MB agak2 mengikuti BMW yg mengganti jajaran mesih SOHCnya dengan DOHC. Tapi pertanyaannya, apakah pergantian Sohc ke Dohc ini mrpk tanda bahwa MB balik lagi ke "engineering mode"? atau memang kebetulan aja trendnya MB jaman sekarang? dan apakah pemakaian mesin SOHC artinya MB engga "engineering mode"? hehehe......
Tahun 2005 sebenernya mrpk jaman keemasan Chrysler (bukan Daimler Chrysler lho) karena tahun itu tahun pertama chrysler membukukan untung setelah bertahun2 merugi terus. Keuntungan Chrysler terutama disumbang dari trio mobilnya yg memakai chasis E class W210: Dodge Magnum, Chrysler 300, dan Dodge Charger.
Bahkan thn 2005 Chryler juga keluarin roadster Chrysler Crossfire yg dibangun di chasis SLK lama (R170).
Tapi memang bener semenjak gabung sama Chryler, mobil2 MB ratingnya anjlok bahkan lebih rendah dari Jag (heheh....parah banget kalo suatu mobil dikasi rating lebih rendah dari Jag) dan Cadillac GM.
http://money.cnn.com/2006/11/17/autos/p ... /index.htm