
Soalnya saya juga punya pengalaman di mobil daihatsu taruna kurang lebih kasusnya mirip2 seperti di eterna.......apa kebetulan knalpotnya kualitas kurang bagus atau ada penjelasan lainnya.....trims atas perhatiannya....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??!![]()
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW
Untuk mengetahui kondisi dapur pacu, cukup dengan mencermati ujung knalpot.supereddy wrote:DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??!![]()
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW
mungkin ada benarnya juga soalnya saya kadang2 liat (nggak setiap kali sih tapi beberapa kali) dari knalpot itu netes air tapi nggak banyak sih paling 2-3 tetes (pas mobil distarter pagi hari)...itu berarti uap air ya.....Pertanyaannya apa yang menyebabkan adanya uap air? Apa kelembapan udara atau bahan bakar yang mengandung air atau ada alasan lainnya? Mohon pencerahannya kepada master dan bro2 sekalian...Dan apakah ada tips untuk mengatasinya. Thanks atas bantuannya...
Seharusnya memang ada airnya. Bensin khan hidrokarbon, kalo dibakar khan reaksinya seperti ini:supereddy wrote:DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??!![]()
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW
mungkin ada benarnya juga soalnya saya kadang2 liat (nggak setiap kali sih tapi beberapa kali) dari knalpot itu netes air tapi nggak banyak sih paling 2-3 tetes (pas mobil distarter pagi hari)...itu berarti uap air ya.....Pertanyaannya apa yang menyebabkan adanya uap air? Apa kelembapan udara atau bahan bakar yang mengandung air atau ada alasan lainnya? Mohon pencerahannya kepada master dan bro2 sekalian...Dan apakah ada tips untuk mengatasinya. Thanks atas bantuannya...
Ga salah milih nama R2D2.. Emang bnr2 jenius.. Hehe..artoodetoo wrote:Seharusnya memang ada airnya. Bensin khan hidrokarbon, kalo dibakar khan reaksinya seperti ini:supereddy wrote:DennyJazzie wrote:Pernah ngobrol ama tukang knalpot..
Dia bilang alasan knapa knalpot gampang berkarat malah di mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. Loh kok??!![]()
Katanya gini.. Kalo mobil yg mesinnya terawat & stelannya bagus.. yg kluar bukannya asap.. tp uap air..
Nah uap air ini yg bikin korosi di knalpot.. alias gampang berkarat.
Gatau deh bnr nggak nya.. namanya jg tukang knalpot di pinggir jln.. yg mgkn cuman modal dr pengalaman aja.
CMIIW
mungkin ada benarnya juga soalnya saya kadang2 liat (nggak setiap kali sih tapi beberapa kali) dari knalpot itu netes air tapi nggak banyak sih paling 2-3 tetes (pas mobil distarter pagi hari)...itu berarti uap air ya.....Pertanyaannya apa yang menyebabkan adanya uap air? Apa kelembapan udara atau bahan bakar yang mengandung air atau ada alasan lainnya? Mohon pencerahannya kepada master dan bro2 sekalian...Dan apakah ada tips untuk mengatasinya. Thanks atas bantuannya...
CxHy + O2 --> CO2 + H2O
Saking banyak lubang eh genangan air yang di lewati Um Anjas...wakakak...................................................y_anjasrana wrote:Ga tau kenapa gw lebih suka merhatiin lubang depan daripada lubang knalpot ya....
Ini lagi omongin lubang apaan neh??y_anjasrana wrote:Ga tau kenapa gw lebih suka merhatiin lubang depan daripada lubang knalpot ya....
ky nya lebih tepat d lakukan waktu kendaraan msh dlm kondisi gress kali ya? klo udah lama mungkin g ada guna nya jgnescafe wrote:nah, agar knalpot tidak mudah berkarat, selain penggunaan bahan material yg bagus, jg bisa di coating yah?
hmm.. iya juga.. tp yg gw liat, waktu itu di 1996 accord cielo, mungkin hanya untuk memperkuat aja yah?doq wrote:ky nya lebih tepat d lakukan waktu kendaraan msh dlm kondisi gress kali ya? klo udah lama mungkin g ada guna nya jgnescafe wrote:nah, agar knalpot tidak mudah berkarat, selain penggunaan bahan material yg bagus, jg bisa di coating yah?
Lubang kenikmatan ke..ke..kemaxx wrote:Ini lagi omongin lubang apaan neh??y_anjasrana wrote:Ga tau kenapa gw lebih suka merhatiin lubang depan daripada lubang knalpot ya....
Hmm, saya juga pernah dengar bahwa pake pertamax bikin knalpot lebih pendek umurnyasupereddy wrote:Berdasarkan pengalaman saya saja....dulu saya pernah punya eterna dohc 1990 pake super tt (setara pertamax plus), tiap 1/2-1 setengah taun sekali pasti harus tambal knalpot, kadang2 malah ganti.....tapi ketika downgrade ke premium biasa, bisa awet sekitar 2 taunan lebih....kenapa ya? apa knalpotnya jelek (padahal original)atau memang bensin oktan tinggi seperti pertamax plus itu panasnya berlebih sehingga bikin knalpot cepat bocor.......mohon pencerahannya kepada pakar2...thanks
Soalnya saya juga punya pengalaman di mobil daihatsu taruna kurang lebih kasusnya mirip2 seperti di eterna.......apa kebetulan knalpotnya kualitas kurang bagus atau ada penjelasan lainnya.....trims atas perhatiannya....
Kalo coating gini cuman coating luarnya aja atau dlm nya jg bos ?nescafe wrote:hmm.. iya juga.. tp yg gw liat, waktu itu di 1996 accord cielo, mungkin hanya untuk memperkuat aja yah?doq wrote:ky nya lebih tepat d lakukan waktu kendaraan msh dlm kondisi gress kali ya? klo udah lama mungkin g ada guna nya jgnescafe wrote:nah, agar knalpot tidak mudah berkarat, selain penggunaan bahan material yg bagus, jg bisa di coating yah?