Honda New Jazz M/T 2008 First Drive...

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

supereddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Tue Nov 11, 2008 7:46

Honda New Jazz M/T 2008 First Drive...

Post by supereddy »

OTOMOTIFNET - Begitu besar beban yang harus ditanggung Honda Jazz terbaru. Mengandalkan desain serba baru, Honda begitu berharap generasi penerus ini mampu mengulang sukses besar yang diraih pendahulunya. Desain keren memang menjadi modal utama untuk memikat siapa pun yang melihatnya. Hal itulah yang menjadi senjata utama Jazz terbaru untuk bersaing di kelas dengan kompetisi yang begitu ketat.

Teknologi mesin global agar lolos standar emisi di Eropa

Setelah menguji kemampuan Jazz RS bertransmisi otomatis, kini saatnya mengeluarkan taji Jazz S dengan girboks manual. Namun sebelum melihat kemampuannya, varian entry level ini memiliki beberapa perbedaan dengan RS.

Perbedaan yang pertama terlihat adalah pelek alloy berdiameter lebih kecil 1 inci dari varian RS dengan 15 inci. Jazz S juga hadir tanpa spion lipat elektrik, sein di spion, armrest depan, dual airbag dan keyless entry. Dengan kondisi itu, varian S M/T ini berselisih Rp 12,5 juta dengan RS manual dan Rp 22,5 juta dari RS otomatis.

Bagaimana kesan mengemudi varian bertransmisi manual ini? Untuk memperoleh posisi duduk ideal, setirnya telah dilengkapi penyetelan reach dan rake. Desain dasbor dan kaca depan lebih maju dan besar turut menambah daya pandangnya. Ditunjang jok semi-bucket, tak perlu dipungkiri Jazz baru ini memiliki posisi mengemudi terbaik dari rivalnya yang ada pasar saat ini.

Desain dasbor modern namun tetap fungsional
Diameter velg 15 inci untuk tipe S

Perpindahan tuas transmisi manual 5-speed dengan shift knop mungil terasa user friendly. Sementara komposisi 3 pedal di area kaki juga sudah tepat. Dipadu mesin 1.500 cc 4 silinder i-VTEC yang tenaga 120 dk-nya terasa lebih dari cukup untuk mobil seukurannya.

Tidaklah sulit baginya untuk mengimbangi arus lalu lintas dalam kota maupun di jalan bebas hambatan. Dengan pemilihan gigi yang tepat, terasa mudah untuk menyalip di berbagai tingkat kecepatan.

Malah performa akselerasi dari 0-100 km/jam merupakan yang terbaik di kelasnya dengan 8,99 detik. Lebih cepat 1,5 detik dari varian otomatis. Perbandingan gigi yang cukup rapat mampu memberi ruang yang pas untuk rentang tenaga mesin.

Konsumsi bbm di jalan bebas hambatan dengan kecepatan 100 km/jam tercapai 19,5 km/l. Melaju dengan posisi gigi 5, mesin cukup menderu karena berada di putaran 3.200 rpm. Untuk konsumsi bbm di lalu lintas dalam kota, Jazz berkelir putih ini meraih 11,2 km/l.

Namun kenyamanan berkendara berkurang akibat kebisingan roda yang menerobos ke kabin. Kebisingan ketika berkendara saat hujan juga cukup mengganggu. Sementara bantingan suspensinya yang cukup keras tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Kemudinya juga terlalu ringan dan minim feedback mengurangi kesan mengemudi.

Honda Jazz S
Mesin: 1.497 cc 4 silinder, 120 dk
0-100 km/jam: 8,99 detik
Konsumsi bbm tol/kombinasi: 19,5/15,3 km/l
Harga: Rp 170 juta

First opinion
Jazz terbaru ini punya banyak tawaran memikat. Desain eksterior dan interior keren, posisi mengemudi mantap, kabin praktis dan mesin bertenaga. Meski fun to drive, tapi Jazz jelas perlu pembenahan dalam hal kenyamanan. Namun untuk memenuhi harapan besar Honda, faktor harga yang terpaut cukup jauh dari rivalnya bisa menjadi kendala.

Sekilas pandang :
• Tersedia 4 paket aksesori
• Honda menyediakan 8 pilihan warna

Rival :
Toyota Yaris E
Mesin: 1.497 cc 4 silinder, 109 dk
Konsumsi bbm tol/kombinasi: 20,5/15,9 km/l
Harga: Rp 155 juta


(+) : Kabin praktis, suspensi lebih empuk, jok belakang bisa reclining, harga
(-) : Kesan mengemudi tak seasyik Jazz, kebutuhan bbm oktan tinggi, lebih limbung

Penulis/Foto: Ary Damarjati / Heri Kuswanto
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Honda New Jazz M/T 2008 First Drive...

Post by remedusakti »

wow 8,99detik untk ukuran mesin 1.5 tergolong mantap..
jadi mobil 1500cc tercepat dibanding kompetitor.. tentunya ini diluar kemampuan driver .. entar pada protes neh kl jazz lbh cpt drpd kompetitor..haha

cuma syng aj harganya dinilai kemahalan dibanding kompetitor yg ada..
User avatar
MasterzerO
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Sat May 17, 2008 16:29
Location: Lippo Cikarang

Re: Honda New Jazz M/T 2008 First Drive...

Post by MasterzerO »

beneran tuh 8.99detik? Termasuk cepet donk bwt ukuran 1500cc.

Cman tetep aj gw ga demen Jazz S, dr belakang aneh banget. Mngkn gara2 kebiasaan liat Jazz RS kli y, makany pas liat Jazz S jd aneh. hehehe.. :big_peace:
Never tell me the sky's the limit when there are footprints on the moon.
supereddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Tue Nov 11, 2008 7:46

Re: Honda New Jazz M/T 2008 First Drive...

Post by supereddy »

kemaren sore gua nyoba eco driving sytle, yaitu mengemudi dengan santai dari bandung jakarta pulang pergi.....kecepatan rata2 90 km/jam, sekali-sekali 100-110 km/jam. hasil yang dicapai 310 km:15.8liter didapat 19.62 km/l, gua juga pertamanya agak sangsi tapi begitu kenyataannya....bahan bakar 1/2 pertamax plus, setengah premium perbandingan 50:50, ac selalu on, penumpang 3 orang dan barang2 kurang lebih 20 kg, baju pesta dsb...pake acara hujan badai di daerah purwakarta sana, jarak pandang hanya 10m, angin dari pinggir gede banget, boleh dibilang jazz ini cukup stabil juga di kondisi seperti ini untuk ukuran mobil kecil.
kesimpulannya, honda jazz s manual ini termasuk irit, dan ketika full throttle pun, kecepatan diatas 100, rata2 120km/jam top speed yang gua pernah coba 175km/j, masih bisa lebih, tapi lalu lintas tol cipularang agak padat , terlalu berisiko untuk membejek gas lagi, hasil yang didapat 14-15km/l. di dalam kota pun rata2 12-14km/l. macet dsb.(gua tinggal di bandung). Kesimpulannya honda jazz type s termasuk irit dan fun to drive...
deny_jakarta
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jan 30, 2009 6:15

Re: Honda New Jazz M/T 2008 First Drive...

Post by deny_jakarta »

yaris bentar lagi juga harganya sekitar 180 juta...
terpaut sekitar 20 jt dengan jazz, as always