Modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution VII
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution VII
Bentuk mobil sport yang eksotis dan terhitung langka telah membuat hati Rison Ramadhani, sarjana arsitektur ini menjatuhkan pilihan kepada Mitsubishi Evolution VII tahun 2001 untuk menemaninya beraktivitas. Sebelumnya pria kelahiran 10 September 1977 ini sering berganti-ganti mobil, namun belum ada yang dirasa pantas untuk memenuhi gejolak mudanya.
Berawal dari Mitsubishi Galant V-6 Automatic keluaran 2000. Setelah melakukan modifikasi terhadap mobilnya ia merasa tidak puas, apalagi girboksnya sering jebol. Setelah itu Rison yang juga seorang konsultan arsitektur mencoba mobil lain untuk dimodifikasi.
Pilihan jatuh pada mobil Honda Integra Type R. Mobil sport yang standarnya lumayan kencang ini masih dirasa kurang ‘syurr.’ Beberapa jeroan dan komponen standar diganti dengan kompetisi yang dipadukan dengan NOS berlabel NX. Hasilnya cukup memuaskan, menurut data yang dihasilkan dynotest, Integra miliknya menghasilkan 364 tk. Hasil tersebut belum maksimal hanya sampai 6.500 rpm, padahal mobil dapat digeber hingga 7.500 rpm.
Kemampuan mobil dirasa cukup menyulitkan sang empunya untuk beradaptasi. Sayangnya nasib Honda Integra itu seperti mobil sebelumnya, tapi kali ini mobil yang rencananya akan dilego seharga Rp350 juta belum menemukan pembeli. “Pokoknya semua barang kompetisi dari mobil itu saya kasih semua, asal harganya cocok,†jelas Rison.
Selanjutnya, Evo VII silver yang kerap digunakannya merupakan pilihan terakhir. Jika dilihat dari tampilan eksteriornya, menurut Rison, mobil Evo VII yang dimilikinya jarang beredar. Di sisi lain, nilai sport yang dimilikinya merupakan jaminan kualitas yang baik karena sejarah dan masyarakat dunia sudah mengakuinya.
Eksterior
Nyaris tampil tanpa modifikasi berarti atau asli standar pabrik. Perombakan ekstrem tidak dilakukan karena segala bentuk modifikasi sudah melekat pada mobil.
Jika Anda menengok bagian depan mobil, mulai dari bemper memiliki nilai aerodinamis. Penggunaan spoiler sejengkal dari tanah berguna untuk mengalihkan aliran angin dari depan. Gril bawah pun sudah didisain sedemikian rupa agar memungkinkan untuk tempat N-tercooler merek NX yang berfungsi mendinginkan intercooler. Air scoop sudah melekat pada kap mesin yang diberi wallpaper berwarna hitam agar memberi kesan “sangar†seolah terbuat dari serat karbon. Penggunaan sunroof juga tergolong dalam aplikasi standar pabrik. Selain itu keberadaan wing belakang didisain melalui perhitungan aerodinamika yang mutlak berguna agar laju angin memberi gaya tekan ke bawah saat melaju pada kecepatan tinggi.
Pelek standar diganti merek Black Racing ukuran 18 inci. Kehadiran pelek yang bertampang “sangar†didukung dengan penggunaan ban Toyo Proxes4 235/40 diyakininya dapat membuat mobil lebih melekat pada aspal. Untuk urusan stabilitas mobil saat melaju dan bermanuver, maka pegas standar diganti Tein Dress up Master namun shock masih menggunakan part standar. Sedangkan urusan pengereman sekarang hanya mengandalkan standar pabrik, hanya saja kaliper diganti merek Brembo. “Saya sudah pesan disc brake tapi belum datang,†jelas pria berkulit putih dengan jenggot lebat. Untuk mempermanis mobil, Rison memberi sentuhan berupa stripping yang didisain G5 cutting sticker.
Interior
Berbeda dengan eksterior, bagian dalam mobil mengalami sedikit perubahan. Berawal dari stir yang sudah diganti dengan merek Momo. Kenyamanan saat duduk dapat dirasakan saat kita berada dalam pelukan jok Recaro. Karena ajang kebut sangat melekat pada dirinya, maka penggunaan shift light Cobalt patut dipasang agar perpindahan gigi dilakukan pada saat yang tepat untuk mendapatkan torsi maksimal.
Tuas persneling menggunakan merek RalliArt agar tidak meleset saat ganti gigi. Hal unik dari interior ini adalah pemasangan 6 panel meter merek Defi untuk temperatur oli, tekanan oli, boost, tekanan bensin, temperatur exhaust, dan temperatur air. Walaupun kelihatan ramai, namun semua berfungsi dengan baik dan informatif. Di jok bagian belakang terdapat kamera untuk merekam saat sedang tes mobil dan dokumentasi pribadi.
Kompetitor
Mitsubishi Evolution VIII MR
DATA TEKNIS
MESIN
Tipe: I-4, turbocharger
Sistem BBM: ECI - Multi
Kapasitas (cc): 1.977
Kompresi Rasio: 8,8 : 1
Tenaga (tk/rpm): 280/6500
Torsi (Nm/rpm): 400/3500
DIMENSI
Pjg/lbr/tng(mm): 4.490/1.770/1.450
Jarak sumbu roda (mm): 2.625
Berat kosong (kg): 1.400
Kapasitas tangki(L): 55
TRANSMISI
Tipe: M/T 6 kecepatan
Gear Ratio
1st : 2,909
2nd : 1,944
3rd : 1,434
4th : 1,100
5th 0,808
Final Gear: 4,583
KEMUDI
Sistem: Rack & Pinion, Power steering
SUSPENSI
Depan: McPherson strut, stabilizer, aluminium lower arms
Belakang: multi link, aluminum suspension arms
BAN
Ukuran: 235/45 ZR17
Berawal dari Mitsubishi Galant V-6 Automatic keluaran 2000. Setelah melakukan modifikasi terhadap mobilnya ia merasa tidak puas, apalagi girboksnya sering jebol. Setelah itu Rison yang juga seorang konsultan arsitektur mencoba mobil lain untuk dimodifikasi.
Pilihan jatuh pada mobil Honda Integra Type R. Mobil sport yang standarnya lumayan kencang ini masih dirasa kurang ‘syurr.’ Beberapa jeroan dan komponen standar diganti dengan kompetisi yang dipadukan dengan NOS berlabel NX. Hasilnya cukup memuaskan, menurut data yang dihasilkan dynotest, Integra miliknya menghasilkan 364 tk. Hasil tersebut belum maksimal hanya sampai 6.500 rpm, padahal mobil dapat digeber hingga 7.500 rpm.
Kemampuan mobil dirasa cukup menyulitkan sang empunya untuk beradaptasi. Sayangnya nasib Honda Integra itu seperti mobil sebelumnya, tapi kali ini mobil yang rencananya akan dilego seharga Rp350 juta belum menemukan pembeli. “Pokoknya semua barang kompetisi dari mobil itu saya kasih semua, asal harganya cocok,†jelas Rison.
Selanjutnya, Evo VII silver yang kerap digunakannya merupakan pilihan terakhir. Jika dilihat dari tampilan eksteriornya, menurut Rison, mobil Evo VII yang dimilikinya jarang beredar. Di sisi lain, nilai sport yang dimilikinya merupakan jaminan kualitas yang baik karena sejarah dan masyarakat dunia sudah mengakuinya.
Eksterior
Nyaris tampil tanpa modifikasi berarti atau asli standar pabrik. Perombakan ekstrem tidak dilakukan karena segala bentuk modifikasi sudah melekat pada mobil.
Jika Anda menengok bagian depan mobil, mulai dari bemper memiliki nilai aerodinamis. Penggunaan spoiler sejengkal dari tanah berguna untuk mengalihkan aliran angin dari depan. Gril bawah pun sudah didisain sedemikian rupa agar memungkinkan untuk tempat N-tercooler merek NX yang berfungsi mendinginkan intercooler. Air scoop sudah melekat pada kap mesin yang diberi wallpaper berwarna hitam agar memberi kesan “sangar†seolah terbuat dari serat karbon. Penggunaan sunroof juga tergolong dalam aplikasi standar pabrik. Selain itu keberadaan wing belakang didisain melalui perhitungan aerodinamika yang mutlak berguna agar laju angin memberi gaya tekan ke bawah saat melaju pada kecepatan tinggi.
Pelek standar diganti merek Black Racing ukuran 18 inci. Kehadiran pelek yang bertampang “sangar†didukung dengan penggunaan ban Toyo Proxes4 235/40 diyakininya dapat membuat mobil lebih melekat pada aspal. Untuk urusan stabilitas mobil saat melaju dan bermanuver, maka pegas standar diganti Tein Dress up Master namun shock masih menggunakan part standar. Sedangkan urusan pengereman sekarang hanya mengandalkan standar pabrik, hanya saja kaliper diganti merek Brembo. “Saya sudah pesan disc brake tapi belum datang,†jelas pria berkulit putih dengan jenggot lebat. Untuk mempermanis mobil, Rison memberi sentuhan berupa stripping yang didisain G5 cutting sticker.
Interior
Berbeda dengan eksterior, bagian dalam mobil mengalami sedikit perubahan. Berawal dari stir yang sudah diganti dengan merek Momo. Kenyamanan saat duduk dapat dirasakan saat kita berada dalam pelukan jok Recaro. Karena ajang kebut sangat melekat pada dirinya, maka penggunaan shift light Cobalt patut dipasang agar perpindahan gigi dilakukan pada saat yang tepat untuk mendapatkan torsi maksimal.
Tuas persneling menggunakan merek RalliArt agar tidak meleset saat ganti gigi. Hal unik dari interior ini adalah pemasangan 6 panel meter merek Defi untuk temperatur oli, tekanan oli, boost, tekanan bensin, temperatur exhaust, dan temperatur air. Walaupun kelihatan ramai, namun semua berfungsi dengan baik dan informatif. Di jok bagian belakang terdapat kamera untuk merekam saat sedang tes mobil dan dokumentasi pribadi.
Kompetitor
Mitsubishi Evolution VIII MR
DATA TEKNIS
MESIN
Tipe: I-4, turbocharger
Sistem BBM: ECI - Multi
Kapasitas (cc): 1.977
Kompresi Rasio: 8,8 : 1
Tenaga (tk/rpm): 280/6500
Torsi (Nm/rpm): 400/3500
DIMENSI
Pjg/lbr/tng(mm): 4.490/1.770/1.450
Jarak sumbu roda (mm): 2.625
Berat kosong (kg): 1.400
Kapasitas tangki(L): 55
TRANSMISI
Tipe: M/T 6 kecepatan
Gear Ratio
1st : 2,909
2nd : 1,944
3rd : 1,434
4th : 1,100
5th 0,808
Final Gear: 4,583
KEMUDI
Sistem: Rack & Pinion, Power steering
SUSPENSI
Depan: McPherson strut, stabilizer, aluminium lower arms
Belakang: multi link, aluminum suspension arms
BAN
Ukuran: 235/45 ZR17
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Jan 15, 2004 4:36
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Hmmm mau beli tuh mobil ya bung Crash ? Si bung Rison ini sptnya sering muncul tuh di Bandung. Soalnya gw pernah liat beberapa kali di jalan.Ada yang tahu Rison ini dihubunginnya gimana? Rp350jt for DC2 sounds quite OK.
Atau coba aja kontak ke redaksi majalah Motor, siapa tau mereka punya alamat n nomor telponnya. Kan mobil Lancer Evo VII si bung Rison ini sering muncul di beberapa edisi.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Feb 01, 2005 20:28
- Location: Toronto, Canada
Evo VII diakui sebagai kesalahan di generasi evo oleh karena rasio beratnya. Tetap yang tak terkalahkan adalah Evo VI edisi Tommy M. Evo VIII MR dan RS edition adalah penebusan mitsubishi terhadap kesalahan Evo VII. MR dan RS ini adalah mobil 4 pintu terganas dinilai dari lembaga otomotive USA. Menurut Road and Test Association of America, "Evo VIII simply the best sport compact car in the world, it makes the Porche 911 embarrass , Toyota Supra run away, Honda NSX cry like a baby, Fairlady 350Z fall apart, RX8 lost by 2 laps dan Subaru WRX STI re-think their WRC dream". Bahkan menurut mereka, hanya EVO MR yang dapat dan terbukti melewati record Nissan Skyline GT-R R34 didalam performa dan handling.
"God created turbo lag, to give V8 a chance."
[email protected]
Toyota Racing Development - Canada
http://msujanto.photosite.com
[email protected]
Toyota Racing Development - Canada
http://msujanto.photosite.com
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Thanks buat infonya gotboost !
Benar2 berita yang menggembirakan ! Emang sampe skrg Evo VIII MR adalah sedan idaman gw. Ngga lebih dari 700 juta sudah bisa dapet sedan powerfull, bahkan mengalahkan Porsche 911 yang harganya diatas 2 miliar. Fairlady 350Z yang lebih mahal juga ditaklukkan oleh Evo VIII MR.
Bener2 cinta mati sama Evo VIII MR !
Benar2 berita yang menggembirakan ! Emang sampe skrg Evo VIII MR adalah sedan idaman gw. Ngga lebih dari 700 juta sudah bisa dapet sedan powerfull, bahkan mengalahkan Porsche 911 yang harganya diatas 2 miliar. Fairlady 350Z yang lebih mahal juga ditaklukkan oleh Evo VIII MR.
Bener2 cinta mati sama Evo VIII MR !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Ups sorry , maksud saya pengabungan kap mesin dan lampu depan yang sesuai ciri klasik mitsubishi, spertinya kokoh tegas. Ya...seperti yang diposting bung Conan kembali ke klasik style mitsu. Kalo evo8 sepertinya kurang yahud dibagian depannya.khususnya idbagian tengah yang sdh mengikuti global design..DigitALL wrote:
Kenapa kap mesin n grill Evo 7 lebih disukai bung handling ?
Kalo global desain mitsu yan gsekarang beredar jelek banget, kesannya maksa habis untuk type2 tertentu, khususnya galant dan lancer.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Feb 01, 2005 20:28
- Location: Toronto, Canada
Didalam pasaran america dan kanada, Evo VIII MR mempunyai tarif yang lebih mahal dari fairlady 350 Z.DigitALL wrote:Thanks buat infonya gotboost !
Benar2 berita yang menggembirakan ! Emang sampe skrg Evo VIII MR adalah sedan idaman gw. Ngga lebih dari 700 juta sudah bisa dapet sedan powerfull, bahkan mengalahkan Porsche 911 yang harganya diatas 2 miliar. Fairlady 350Z yang lebih mahal juga ditaklukkan oleh Evo VIII MR.
Bener2 cinta mati sama Evo VIII MR !
2005 Evo VIII MR US$35,218.00
2005 Evo VIII RS US$27,500.00
2005 III US$30,800.00
2005 Nissan 350Z US$32,000.00
2005 Infinity G35 US$35,000.00
2005 Subaru WRX STI US$34,200.00
2005 Porshe 911 US$132,000.00
1997 Toyota Supra Twin Turbo US$21,000.00 (pasaran - dibawah 120000Kms)
1997 Mazda RX7 Twin Turbo US$16,000.00 (pasaran - dibawah 120000Kms)
1999 Nissan Skyline GT-R R34 US$68,000.00 (pasaran - dibawah 100000Kms)
Salut Indonesia:
Terkejut saya melihat satu Evo VIII MR dengan full HKS Modifikasi kepunyaan anak 15 tahun di Surabaya pada website majalah mobil motor. Orang-orang Indonesia memang jauh lebih didalam keuangannya :-) sebenarnya north america-lah yang harus dibilang sedang moneter

"God created turbo lag, to give V8 a chance."
[email protected]
Toyota Racing Development - Canada
http://msujanto.photosite.com
[email protected]
Toyota Racing Development - Canada
http://msujanto.photosite.com
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Yup, terkesan maksa bgt. Untuk Lancer and Galant still oke lah. Tapi KUDA baru itu sangat ngga cocok.Kalo global desain mitsu yan gsekarang beredar jelek banget, kesannya maksa habis untuk type2 tertentu, khususnya galant dan lancer.
Kalo grill evo VIII sih udah oke, karena emang dia itu cocok. Keliatan lebih sangar dan sporty. Harusnya line-up lain jangan ikut2an grillnya Evo VIII ini.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Thanks buat infonya bung gotboost !Didalam pasaran america dan kanada, Evo VIII MR mempunyai tarif yang lebih mahal dari fairlady 350 Z.
Yup gw juga pernah liat. Warna dasar Evo VIII MR nya itu hitam dan terakhir menang kontes extreem modification di Surabaya. Dia juga dibantu oleh Bapaknya ... jadi hobby modif tersalur dgn baik !Salut Indonesia:
Terkejut saya melihat satu Evo VIII MR dengan full HKS Modifikasi kepunyaan anak 15 tahun di Surabaya pada website majalah mobil motor. Orang-orang Indonesia memang jauh lebih didalam keuangannya sebenarnya north america-lah yang harus dibilang sedang moneter
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1154
- Joined: Mon Jan 24, 2005 15:17
- Location: 'Mbandoenx
- Daily Vehicle: BRIO black elegant
EVO....= Doku dr Manaaaa?????
Bapaknya kerja apaan......Salut Indonesia:
Terkejut saya melihat satu Evo VIII MR dengan full HKS Modifikasi kepunyaan anak 15 tahun di Surabaya pada website majalah mobil motor. Orang-orang Indonesia memang jauh lebih didalam keuangannya sebenarnya north america-lah yang harus dibilang sedang moneter

Yup gw juga pernah liat. Warna dasar Evo VIII MR nya itu hitam dan terakhir menang kontes extreem modification di Surabaya. Dia juga dibantu oleh Bapaknya ... jadi hobby modif tersalur dgn baik ![/quote]
Gw..laa...jd anaknya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
kekekekeke wah pak gotboost ini terkejut apa terkejut ini uheuheuheuheuheuhegotboost wrote:
Salut Indonesia:
Terkejut saya melihat satu Evo VIII MR dengan full HKS Modifikasi kepunyaan anak 15 tahun di Surabaya pada website majalah mobil motor. Orang-orang Indonesia memang jauh lebih didalam keuangannya :-) sebenarnya north america-lah yang harus dibilang sedang moneter
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
- Location: Jakarta..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58