Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ane bingung neh, rantai spd mtr ane kok cepat sekali kendor/ausnye, padahal km baru 17 rban doang tapi dah 3 kali ganti rantai n gear rodanya. Apakah ane salah pake tuh mtr ato emang kualitasnya dah kaga bagus, meskipun ane selalu pake yg bikinan astra (packing merah) yg klo kata iklan di tipi itu asli loh.....n belinye juga di bengkel ahass.
So mungkin ada diantara rekan2 sm yg bisa kasi solusi buat ane. thanks sebelumnye.
Motornya apaan? Rante harus sering2 dilumasi pake chain lube setiap 200km. Jangan pake oli bekas, geram2 pada oli bekas justru mempercepat penggantian rante.
Kalo untuk gear dan rante, banyak yang bilang Indoparts lebih awet dibanding merek lain.
motornye supra x 125.
Oo pantesan aja kali yah, krn ane jarang kasih pelumas. Klo dikasih pelumas jika dah terdengar bunyi pada rante, spt ciitt...ciittt...
Oli yg ane pake biasanye sih oli sisa pada wkt ganti oli, yaitu motul 3100. Krn ane pikir oli ini cukup bagus, makanye dipakein aja di rante.
Emangnya gear n rante bikinan indopart ada yg buat honda?.
Thanks bro.
Indopart itu supplier spare part umum. Masa sih ga produksi part buat Honda? Pasti buat lhaa. Lagipula blum tentu buatan mereka juga koq. Biasanya dari pabrikan2 kecil, trus dikemas merk mereka. Yg katanya genuine juga begitu koq.
Ga harus pakai chain lube koq. Yg penting rajin diberi pelumas. Kelebihan chainlube adalah kandungan detergent yg lebih tinggi dibanding pelumas mesin. Kandungan ini membuat rantai lebih bersih, dan tidak cepat mengikat debu/kotoran.
Btw utk menghindari rantai cepat kotor, ada baiknya penutup rantai tetap dipasang. Selain itu beri pelumas setiap selesai cuci motor, apalagi kalau dicuci di tempat cucian motor. Biasanya pelumas rantai ikut larut dgn sabun, jadi idealnya harus diberi pelumas lagi.
Kalo aku pake Repsol Cadenas, ajib buat ngelumasin rante. Walaupun dah berminggu-minggu gak ditengok, pelumasnya masih nempel dan melumasi dengan sempurna. Kalau sering2 dilumasi, rante juga gak cepat kendor. Motorku dah 3 bulan gak diservis dan ketegangan rante tetap sesuai standar.
Ada juga MTR yang sering diiklankan di tabloid otomotif nasional, pelumasannya gak gitu awet. Kayanya kadar detergennya lebih banyak daripada pelumasnya. Soalnya begitu disemprot, terlihat jelas busa yang menempel pada rante.
Ada lagi merek Megacools, harganya jauh lebih murah daripada Repsol Cadenas, tapi kalo kena velg susah dibersihinnya.
Spt kata Bro Anjasrana, sebaiknya rante selalu dilumasi sehabis dicuci atau kehujanan.
emang kenapa bro kalo pake wd 40? selama ini gw sih pake wd 40 tuk lumasin rante, setelah ban gw puter sampe wd 40 nya abis nyipratnya, baru gw lumasi lagi dengan oli barunya..
kalo nurut gw, kualitas sparepart sangat berpengaruh juga, apakah rantai cepet kendor/memanjang atau gearnya cepet aus.
soalnya pengalaman saya tuh pake rantai merek indoparts... dengan pemakaian rutin yg sama, lifetime-nya cuman 6 bulan, padahal yg ori 1 taun. dan cepet banget tuh longgar.. saking longgarnya kaga bisa disetel lagi... bete abis... terakhir sih ganti dengan merek thailand... sejauh ini sih belum pernah longgar, udah hampir 3 bulanan...
soal dioli-in. kalo gw, paling anti. soalnya bikin kotor.. rantai standard tuh kalo diperhatiin udah ada pelumasannya/minyak-minyak. selama kaga dicuci2 masih oke2 aja. contohnya bulan kemarau ini, gak pernah cuci motor.. kaga pernah lewat banjir.. itu rantai masih oke2 aja dan tidak kering/karatan. hehehe. kalopun diminyakin, saya pake pelumas khusus rante.
sjamsul wrote:Ane bingung neh, rantai spd mtr ane kok cepat sekali kendor/ausnye, padahal km baru 17 rban doang tapi dah 3 kali ganti rantai n gear rodanya. Apakah ane salah pake tuh mtr ato emang kualitasnya dah kaga bagus, meskipun ane selalu pake yg bikinan astra (packing merah) yg klo kata iklan di tipi itu asli loh.....n belinye juga di bengkel ahass.
So mungkin ada diantara rekan2 sm yg bisa kasi solusi buat ane. thanks sebelumnye.
Pernah service di bengkel bukan beres, ntu mekanik bekas mekanik ahas, dia nyaranin jangan pake oli untuk rantai, tapi pakai grease atawa gemuk. Terbukti di motor saya, rantai awet, gear tetep tumpul.
Kalau gampang kotor, karena debu nempel, bawa aja ke tukang cuci, suruh semprot rantai sampai bersih, setelah kering olesi lagi dengan grease.
klo berdasarkan pengalaman sendiri seh caranya begini biar rante & gear set awet:
-olesin grease secara merata pd permukaan rantai(jgn terlalu banyak.....sayang!)
-kemudian oleskan oli mesin ke rante motor, sambil mesin d idupin n masuk gear 2.....biar lebih merata
pengaplikasian oli SETELAH grease, d maksudkan agar konsentrasi grease sedikit berkurang pada rante motor.......yg mana klo berlebihan d khawatirkan menjadi tempat berkumpulnya debu2 dan kotoran, istilah saya greasenya "di cairkan"
imho cara ini lebih baik d bandingkan pengaplikasian salah satunya saja......klo cuma grease doang bakal cepet numpuk kotoran.......klo cuma oli aja, bakal cepet "ilang" ke ujanan ato pas d cuci.
satu lagi, oli yg d pakai adalah oli baru yg sengaja sy beli extra utk jaga2 klo waktu ganti oli mesin kehabisan stock yg 1 liter
hasilnya:
motor sy semenjak baru (2005) sampe saat ini baru melakukan penggantian rantai roda 1x..........gear set masih ori..........KM 3700 ++..........trus cukup sering juga menempuh perjalanan jkt-bdg
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
@sjamsul
Suzi shogun dari awal br pake bln 7 2005 baru sekali ganti gear tahun 2007 d km 30rb ga pernah ada keluhan rantai sekarang dah 45rb dan rantai + gir msh oke bgt. Walopun pake tempur terus jkt krwg pp, always full speed. Biar awet rante dan gear rajin bersihin dan lumasin. Selaku jaga jarak main / kekendoran rantai dgn optimal kalo kendor lgs kencengin. Karena kalo abis tambal/ganti ban dalem kadang2 si lay nyetel sekenanya. Jadi inget bro rantai kotor bersihin dan lumasin. Kendor kencengin ma satu lagi jgn biarin karet tromol oblak! Langsung ganti! Ato ganjel. Makan rante tuh! Kalo segala jurus di atas dah di terapin dan umur rante dan gir ente masih 5-6rb an berarti tuh parts kaga bagus alias dodol apa karena di iklan tv sekarang dah turun harganya jadi gak mahal lagi tapi kualitas ancur abiez ya? Ato ente dpt produk palsu or aspal? Pake merk aftermarket yg laen ja bro cobain jgn pake merk itu terus kalo awetnya nanti tetep cm 5rb-6rb kilo.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
altops wrote:@sjamsul
Suzi shogun dari awal br pake bln 7 2005 baru sekali ganti gear tahun 2007 d km 30rb ga pernah ada keluhan rantai sekarang dah 45rb dan rantai + gir msh oke bgt. Walopun pake tempur terus jkt krwg pp, always full speed. Biar awet rante dan gear rajin bersihin dan lumasin. Selaku jaga jarak main / kekendoran rantai dgn optimal kalo kendor lgs kencengin. Karena kalo abis tambal/ganti ban dalem kadang2 si lay nyetel sekenanya. Jadi inget bro rantai kotor bersihin dan lumasin. Kendor kencengin ma satu lagi jgn biarin karet tromol oblak! Langsung ganti! Ato ganjel. Makan rante tuh! Kalo segala jurus di atas dah di terapin dan umur rante dan gir ente masih 5-6rb an berarti tuh parts kaga bagus alias dodol apa karena di iklan tv sekarang dah turun harganya jadi gak mahal lagi tapi kualitas ancur abiez ya? Ato ente dpt produk palsu or aspal? Pake merk aftermarket yg laen ja bro cobain jgn pake merk itu terus kalo awetnya nanti tetep cm 5rb-6rb kilo.
tapi kalau segala tip udah di lakuin,tapi type bawaanya masih belon santai tetep aj dung.Oh ya Bro Saya pernah ddengar kalau pelumas jenis gemuk atau Grease (bener nggak neh nulisnya) ada yang lumer kalau kena panas,katanya itumerk jelek. bener nggak yah,saya seh enggak percaya karena belon pernah melihat dengan mata saya sendiri he.he..he.
@TS..
klo rante mo awet ya pake motornya jgn asal2an..situ kan ga bilang motor pakenya gmna? biasa aja apa emang sering akselerasi mendadak?
klo normal2 aja sih biasanya 1 tahunan..sy ga pake patokan jarak soale rute harian sy Depok-Mampang, JAXEL..rante/gir awet sampe 1 tahun kadang lebih malah klo pas lg bokek..
klo mo dibilang pake perawatan rutin seminggu sekali di stel ulang/dilumasin sy jg kadang2 aja itu jg klo pas lg inget..
jadi ya gmna pemakaian motornya itu sndri sih..klo pake motornya normal2 aja berarti emang ada yg ga beres pd laher roda atw karet gir yg udah mulai getas.
greasse yg dalam bahasa jawa disebut stempet emang mencair ketika dipanaskan tp setelah dingin dy akan jd kental lg,
pernah pas manasin obeng baru, setelah bener2 panas dimasukin ke gemuk, lumerlah itu gemuk, tp setelah itu kental lg kok
iseng2 kemaren ane ganti rante ama gir spd mtr supra x. Ane pake rante yg punya new supra fit, ukuran giginye sama, tapi itu gear ama rantenye lbh lebar spt punyanye yamaha rx king. Mudah2an bisa awet.
saat ganti rante, ane tanya ama pemilik bengkelnye kenapa rante ane sering kendor. Trus dia jawab kemungkinannye tuh mtr sering ditarik2, shg membuat rante jadi cepat kendor. Ane pikir2 emang benar juga, krn ane bawanye suka ditarik2 tuh mtr, krn pengaruh dari knalpot yg bacotnye agak kenceng. Jadi ane maklumin aja klo rante di mtr ane sering kendor, makanye ane ganti ama yg lbh lebar rantenye. Mudah2an dg cara pake yg sama tuh rante kaga gampang kendor.
Pengen awet:
1 .pake yg gedhe ukurannya
2. tutup rantai terhadap debu.Model tertutup sp motor2 lama itu lebih awet.
3. Yg pasti pake orisinil donk, kualitas bahannya lebih baik
4. Stel kekencangan rantai jg terlalu kendor shg menghentak dan banyak gesekan.
5. Beri grease/stempet/gemuk bukan gendut lho...
hehehe
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Mozawa wrote:Pengen awet:
1 .pake yg gedhe ukurannya
2. tutup rantai terhadap debu.Model tertutup sp motor2 lama itu lebih awet.
3. Yg pasti pake orisinil donk, kualitas bahannya lebih baik
4. Stel kekencangan rantai jg terlalu kendor shg menghentak dan banyak gesekan.
5. Beri grease/stempet/gemuk bukan gendut lho...
hehehe
yg nomor 1 udah. no 2: emang ada yg jual tutup rante spt motor lama buat supra x?.
no.3: dah pasti. no 4: sip. no. 5: mana yg lbh baik pakein gendut eh gemuk ato oli neh bro.
sjamsul wrote:Ane bingung neh, rantai spd mtr ane kok cepat sekali kendor/ausnye, padahal km baru 17 rban doang tapi dah 3 kali ganti rantai n gear rodanya. Apakah ane salah pake tuh mtr ato emang kualitasnya dah kaga bagus, meskipun ane selalu pake yg bikinan astra (packing merah) yg klo kata iklan di tipi itu asli loh.....n belinye juga di bengkel ahass.
So mungkin ada diantara rekan2 sm yg bisa kasi solusi buat ane. thanks sebelumnye.
motor bebek gw udah lewat 30rb tapi blm ganti rantai lho, msh bawaan dari barunya. Triknya, setelah longgar banget ngga bisa ditarik lagi, gw buang 2 mata (1 mata juga bisa, tergantung rekomen bengkelnya) , tapi pasti klo di bengkel resmi diminta ganti rantai set ya..
Gw pelumasan ga neko2, pakai kuas dan oli sae 90 (oli gardan), sesuai kata manualnya. Never use oli bekas (bengkel suka kasi servis ini ya, pdhl oli bekas khan tau sendiri apa isinya,hehee).
klo kotor banget mah ya disemprot pakai steam/jet, trus digesek sama koran bekas. klo lagi rajin ya disikat pakai air + sabun colek.
NanoEnergizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology. Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
yoyoyo wrote:setelah longgar banget ngga bisa ditarik lagi, gw buang 2 mata (1 mata juga bisa, tergantung rekomen bengkelnya)
maksudnya 1 ini bagaimana? kalau 1 pasang (2 gigi) itu wajar, kalo cuma 1 gigi kyaknya gak mungkin deh, coba liat rantaimu sekali lg, kan dirantai ada yg di dalam dan diluar,