koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jun 02, 2020 16:06
Om, oli bekas bukannya pas d drain pasti berbusa yah ? Saya drain macem2 oli, rata2 pasti ad busa sehh
di rmh sy yg di jkt ada alat sedot oli, keliatan busanya banyak beda dr yg lain.

Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:08
-


apakah itu artinya rack steer kena, mbah? odometer 10K km. hampir tdk percaya.

bisa saja steering rack. mobil jaman now mas bro.... apa yang mau diharapkan?

10K KM? anda beruntung.
beberapa tahun silam saat saya baru saja selesai serah terima unit (Brand New Toyota Sienta V 2NR Engine Twin Cam Twin VVTi w/ Denso Iridium Spark Plug + 4 Wheel Disc Brake) dengan sales, pas saya kendarai di jalan paving block, ada suara mirip link stabilizer oblak.
baru saja serah terima, odometer belum ada 100 KM. saya bawa ke toyota (beberapa puluh ribu KM kemudian), dan mereka mengganti 1 set steering rack beserta 1 unit shock absorber kanan depan.
suara hilang? yessss..... untuk beberapa minggu saja.

*hanya bisa ngelus dada sambil ngebatin "DJ Ancuk".

imo, bebunyian di mobil sekarang ibarat upil. saat ini anda ngupil, tidak berapa lama akan timbul upil baru.
begitu seterusnya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Jun 02, 2020 18:58
Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:08
-


apakah itu artinya rack steer kena, mbah? odometer 10K km. hampir tdk percaya.

bisa saja steering rack. mobil jaman now mas bro.... apa yang mau diharapkan?

10K KM? anda beruntung.
...........
yahh mobil ricer kesayangan ane ketemu DJ Ancuk :big_cry:

piye iki, ane ga mau dia digerayangin montir beres tp kl ga warranty claim sayang juga

sienta nya bunyi lagi trus diapain mbah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 22:06

yahh mobil ricer kesayangan ane ketemu DJ Ancuk :big_cry:

piye iki, ane ga mau dia digerayangin montir beres tp kl ga warranty claim sayang juga

sienta nya bunyi lagi trus diapain mbah?

walaupun hilang waktu dan tenaga, mending om bawa ke BeRes untuk klaim. sekalian lainnya yang dirasa ngga enak, minta ganti.

sienta, waktu klaim steering rack itu seinget saya KM 40ribuan, sekarang KM hampir 100ribu, ya diemin aja glodakan mau gimana lagi? udah males bolak balik BeRes. tiap kali bepergian tinggal volume musik diperbesar.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2923
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: koleksi hand tools........

Post by josomba »

marmut wrote: Tue Jun 02, 2020 18:58

-cut-

*hanya bisa ngelus dada sambil ngebatin "DJ Ancuk".

imo, bebunyian di mobil sekarang ibarat upil. saat ini anda ngupil, tidak berapa lama akan timbul upil baru.
begitu seterusnya.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:29
DOHC wrote: Tue Jun 02, 2020 16:00 ...........
Vrz masi baru koq ud ganti shock, ga sayang om ? Saya perna coba vrz, lmayan enak, jauh lebi stabil d tol ktimbang anki saya yg sperti terayun d hempas ombak

Kl rack steer kecil kumngkinan yah, biasa kena d bushing plastik nya, setir lurus kl jalan jelek jg klutuk2 dia, berasa d setir jg kl d rasain.. as roda ini jg noticeable kl setir lg posisi belok dan jalanan kurang bagus, gluduk2 nya kenceng, atau bsa jg setir belok patah trus d dongkrak mobil nya, sambil coba d guncang2 as roda nya, kl ud oblak bsa berasa koq sperti hrv saya dl (cuman ini emg kes cacat desain di hrv).. tp kl karet gesek, mungkin ud coba cek karet support shock om, siapa tau kendor baut2 support nya
Atau bsa jg coba cek link stabilizer dan karet bantal stabilizer nya, siapa tau ud sobek atau perlu silicon spray
sayang sih sayang shock baru tp gimana ane mual pdhl seumur2 jarang bgt naik mobil mual.

om posisi bushing plastik nya di dalem selongsong rack steer kan? atau dimana om?

besok ane cek lagi as roda. tp kan kalo as roda lbh parah bunyi nya ketika belok pol kan? ini belok nanggung om, cuma putar 1/2-3/4 putaran.

kl ball joint, tie rod, link stabil, boot2 semua udah cek msh oke.

ane liat bushing plastik di youtube org kita di medan tp bhs inggris. itu crv tp jazz katanya sm hrs bongkar rack steer dan caranya turunin sub-frame. big job ....

lihat di menit ke 5:00 om

Mungkin shock nya blom inreyen kl om, wahh kl vrz aj bkin mual, berarti anki bsa bkin pingsan kl om, goyang pantura mulu tu mobil d tol

Iya bushin plastik nya posisi d dalem, hrv saya dl jg jebol, tp d odo 70an rebu baru beres ganti, pdahal bunyi2 ud dr odo 20an rebu.. tp saya punya dl khas d jlan jelek, klutuk2 terus tp kl muter setir gapapa

Betul as roda biasa pas belok patah, tp kl hrv dan mobilio ad cacat desaind cv joint nya, jd pas setir lurus pun, kl d sentak jalan ad bunyi dek dek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

marmut wrote: Tue Jun 02, 2020 18:58
Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:08
-


.
beberapa tahun silam saat saya baru saja selesai serah terima unit (Brand New Toyota Sienta V 2NR Engine Twin Cam Twin VVTi w/ Denso Iridium Spark Plug + 4 Wheel Disc Brake) dengan sales, pas saya kendarai di jalan paving block, ada suara mirip link stabilizer oblak.
Format baru mbah, skrg bensin nya jg ikutan d tulis

Toyota 2NR-ve twin cam twin vvti single injector with iridium plugs+4 disc brakes yg slalu bensin premium 88 (ehh mbah pake nya pertamak ya ) :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:34
DOHC wrote: Tue Jun 02, 2020 16:06
Om, oli bekas bukannya pas d drain pasti berbusa yah ? Saya drain macem2 oli, rata2 pasti ad busa sehh
di rmh sy yg di jkt ada alat sedot oli, keliatan busanya banyak beda dr yg lain.

Image
Hmm, saya kira kl tap oli lama pasti berbusa dan normal itu

Next time saya perhatiin deh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 1:41
Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 22:06

yahh mobil ricer kesayangan ane ketemu DJ Ancuk :big_cry:

piye iki, ane ga mau dia digerayangin montir beres tp kl ga warranty claim sayang juga

sienta nya bunyi lagi trus diapain mbah?

walaupun hilang waktu dan tenaga, mending om bawa ke BeRes untuk klaim. sekalian lainnya yang dirasa ngga enak, minta ganti.

sienta, waktu klaim steering rack itu seinget saya KM 40ribuan, sekarang KM hampir 100ribu, ya diemin aja glodakan mau gimana lagi? udah males bolak balik BeRes. tiap kali bepergian tinggal volume musik diperbesar.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: comment nya menyedihkan, emosi dan satir bergabung jadi 1.
Ikut sedih yah ....
Begitulah mobil jaman sekarang. Kalau mau beli yang battle proven sementara all new kijang Innova. Lebih proven sih GNKI
ANKI saja masih banyak problem :
1. Turbo Putu (untung untungan tapi memang Turbonya jelek dr sononya)
2. Disc brake pakai kecepatan 140 terus gas dan rem sruntulan di Tol ... dipastikan disc akan peyang. Ada yang sampai ganti 3x free
3. Transmisi jedug, dengan ganti ATF lumayan solved.
4. Shock rembes
5. Fan AC bunyi jangkrik

yang saya alami nomer 1 dan 2.
Nomer 5 mau complaint
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 2:05
-

(ehh mbah pake nya pertamak ya ) :big_weee:

bini yang pake mobil ini dan sering dendam sama pedal gas, jadi pasti diisi pertamax ...





























*saatsudahgajian.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Jun 03, 2020 1:41
walaupun hilang waktu dan tenaga, mending om bawa ke BeRes untuk klaim. sekalian lainnya yang dirasa ngga enak, minta ganti.

sienta, waktu klaim steering rack itu seinget saya KM 40ribuan, sekarang KM hampir 100ribu, ya diemin aja glodakan mau gimana lagi? udah males bolak balik BeRes. tiap kali bepergian tinggal volume musik diperbesar.
thank u, yess mbah .... sptnya itu lbh baik drpd turunin rack sendiri bisa2 bunyi kletek2nya pindah ke tulang punggung
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 2:06
Hmm, saya kira kl tap oli lama pasti berbusa dan normal itu

Next time saya perhatiin deh
busa tiap merk beda2 sih om ..... ada yg hampir ga ada, ada jg yg banyak bgt. waktu msh di jkt sy sering pakai alat sedot itu dan nyedotnya ga lama dr mesin dimatikan jd busanya hasil kocokan mesin. efek busa jg bisa bikin varnish krn oksidasi kl ketemu engine noack test (hr15).
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 2:02
Mungkin shock nya blom inreyen kl om, wahh kl vrz aj bkin mual, berarti anki bsa bkin pingsan kl om, goyang pantura mulu tu mobil d tol

Iya bushin plastik nya posisi d dalem, hrv saya dl jg jebol, tp d odo 70an rebu baru beres ganti, pdahal bunyi2 ud dr odo 20an rebu.. tp saya punya dl khas d jlan jelek, klutuk2 terus tp kl muter setir gapapa

Betul as roda biasa pas belok patah, tp kl hrv dan mobilio ad cacat desaind cv joint nya, jd pas setir lurus pun, kl d sentak jalan ad bunyi dek dek
ga om, dulu kan ane naik ipah gen1 ga apa2. kayanya dr posisi duduk jg yg lebih tinggi jd dgn derajat kemiringan sama swingnya lbh jauh. nanti abis ganti shock ane kabarin hasilnya.

oh ntu bushing lucknut berarti umum ya mulai kejadian di odo rendah dan terpaksa didiemin aja sampai udah bener2 mengganggu. emang dulu pas pertama muncul di odo 20k ga di klaim ke beres om? apa ditolak ama mrk?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 3:07
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 2:02
Mungkin shock nya blom inreyen kl om, wahh kl vrz aj bkin mual, berarti anki bsa bkin pingsan kl om, goyang pantura mulu tu mobil d tol

Iya bushin plastik nya posisi d dalem, hrv saya dl jg jebol, tp d odo 70an rebu baru beres ganti, pdahal bunyi2 ud dr odo 20an rebu.. tp saya punya dl khas d jlan jelek, klutuk2 terus tp kl muter setir gapapa

Betul as roda biasa pas belok patah, tp kl hrv dan mobilio ad cacat desaind cv joint nya, jd pas setir lurus pun, kl d sentak jalan ad bunyi dek dek
ga om, dulu kan ane naik ipah gen1 ga apa2. kayanya dr posisi duduk jg yg lebih tinggi jd dgn derajat kemiringan sama swingnya lbh jauh. nanti abis ganti shock ane kabarin hasilnya.

oh ntu bushing lucknut berarti umum ya mulai kejadian di odo rendah dan terpaksa didiemin aja sampai udah bener2 mengganggu. emang dulu pas pertama muncul di odo 20k ga di klaim ke beres om? apa ditolak ama mrk?
Kalau ANKI itu limbung parah karena ban om.
Sebenarnya ANKI itu body roll lebih minim dari GNKI.
Tapi problemnya limbung dari ban echo echoan yaitu ecopia.

Saya pas setir 120 KM per jam di toll merasa pantat geal geol, selama setir mobil yg lain baru kali ini.
Ganti ke Turanza T005a jauh mending om. Di group ada yang ganti ke Dueler/Turanza/Michellin sekalian.
Jual di OLX, kapan hari pas KM 9rb saya jual di OLX laku 350 biar cepat saja ... ban serep karena baru saya jual 500.

Kalau masih mau rasa empuk tapak tapi sidewall firm katanya Michellin. Kalau Turanza agak keras tapak dan sidewall.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: koleksi hand tools........

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Tue Jun 02, 2020 16:04 D manual book nya cuman tulis kapasitas total om, pdahal yg kluar pas drain d oil pan ga ampe stengah nya
AFAIK semua AT assy begitu, yg keluar dari oil pan/carter dulu, nanti kalau mesin hidup lalu pindah2 gigi baru kedorong keluar lagi. nah yang repot itu dilihat keluar berapa terus dibarengi sambil isi dengan jumlah yang sama dengan yg keluar. makanya paling ngga kerjaan 3 orang. seperti di thread kuras ATF ala gerlong.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 16:08
marmut wrote: Tue Jun 02, 2020 14:37
om2 sekalian terutama mbah Marmut ..... minta masukannya dong

njess GK sy ceritanya di perempatan jalan mau belok kanan, kalau diputar setir ke kanan antara 180°-270° pas balik ke tengah ada bunyi karet kena sesuatu, mirip spt bunyi ban lagi muter gesrot ke rumah roda.

tadi sy akhirnya ambil opsi call wife suruh dia puter2 kecil di sekitar derajat itu tadi, untungnya bunyinya ada terus. istri yakin bunyi itu ada dr belakang setir, sy sebelumnya jg pikir begitu sampai waktu itu mau lepas setir check spiral cable atau apalah. tp kali ini sy mau memastikan jadi sy pakai stetoskop semua area sy cek.

- steering column: tdk ada bunyi
- eps (eps nempel di steering column): tdk ada bunyi
- u-joint steering column: tdk ada bunyi
- rubber grommet yg pembatas firewall: tdk ada bunyi. sy semprot silicone spray jg utk memastikan tp bunyi tetap ada.
- shock mounting atas: tdk ada bunyi

ada bunyinya pas di selongsong rack titik dekat pertemuan dgn pinion nya, sebelah kanan sedikit lagi ke rubber boot rack end.

sumber bunyi yg ada laser ijo itu

IMG_20200602_225403.jpg

tambahannya, tadi waktu di jalan kondisi belok kanan spt di atas setir agak lengket balik ke tengahnya. dan kl setir dikoclak kiri kanan ada bunyi tek tok tek tok.

apakah itu artinya rack steer kena, mbah? odometer 10K km. hampir tdk percaya.
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....

Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil

regards,
singachu
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.

Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg
Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.

sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 7:58 mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.

Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg

Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.

sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
innova :
https://otodiy.blogspot.com/2016/07/diy ... #gsc.tab=0
https://otodiy.blogspot.com/2014/10/sha ... #gsc.tab=0
https://otodiy.blogspot.com/2014/05/sha ... #gsc.tab=0

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 3:26
Omnibus wrote: Wed Jun 03, 2020 3:07
DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 2:02
Mungkin shock nya blom inreyen kl om, wahh kl vrz aj bkin mual, berarti anki bsa bkin pingsan kl om, goyang pantura mulu tu mobil d tol

Iya bushin plastik nya posisi d dalem, hrv saya dl jg jebol, tp d odo 70an rebu baru beres ganti, pdahal bunyi2 ud dr odo 20an rebu.. tp saya punya dl khas d jlan jelek, klutuk2 terus tp kl muter setir gapapa

Betul as roda biasa pas belok patah, tp kl hrv dan mobilio ad cacat desaind cv joint nya, jd pas setir lurus pun, kl d sentak jalan ad bunyi dek dek
ga om, dulu kan ane naik ipah gen1 ga apa2. kayanya dr posisi duduk jg yg lebih tinggi jd dgn derajat kemiringan sama swingnya lbh jauh. nanti abis ganti shock ane kabarin hasilnya.

oh ntu bushing lucknut berarti umum ya mulai kejadian di odo rendah dan terpaksa didiemin aja sampai udah bener2 mengganggu. emang dulu pas pertama muncul di odo 20k ga di klaim ke beres om? apa ditolak ama mrk?
Kalau ANKI itu limbung parah karena ban om.
Sebenarnya ANKI itu body roll lebih minim dari GNKI.
Tapi problemnya limbung dari ban echo echoan yaitu ecopia.

Saya pas setir 120 KM per jam di toll merasa pantat geal geol, selama setir mobil yg lain baru kali ini.
Ganti ke Turanza T005a jauh mending om. Di group ada yang ganti ke Dueler/Turanza/Michellin sekalian.
Jual di OLX, kapan hari pas KM 9rb saya jual di OLX laku 350 biar cepat saja ... ban serep karena baru saya jual 500.

Kalau masih mau rasa empuk tapak tapi sidewall firm katanya Michellin. Kalau Turanza agak keras tapak dan sidewall.
Stuju, bahkan kl mnurut fitra eri, anki itu lebi refine ktimbang ipah gen sblom nya krn chassis lebi tebal, peredaman lebi mantep d smua varian, dan welding spot yg lebi banyak.. makanya mobil nya lebi kaku, dan lebi berat jg

Ini mmg salah ban nehh

@ omnibus

Kl steering rack hoki2an om, bnyak jg gapapa koq.. saya punya waktu itu emg ud cacat dr odo muda, klutuk2 cuman makin lama makin kenceng

Beres waktu itu sempet vonis emg cacat dr bushing swing arm, tp anehnya ga retak, jadinya saya blg ga usa d ganti .. ketauan pas odo 70an rebu, pas skalian mau ganti as roda, bushing plastik steering racknya sudah pecah lama ampe oblak..

Mending kasi ke beres aj om kerjain nya, kan masi garansi.. waktu itu saya liat mreka ampe turunin sub frame, stabilzer dkk.. trakir saya minta suru spooring gratis
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 7:58 mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.

Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg

Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.

sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
Anki kayanya ga krusial om, Toyota ud masi ckup banyak

Mending pasang utk hrv ama mobilio, pelit skali saya liat, cuman kabel sebiji ke body saja, itupun kabel kecil imut2, ga besar diameternya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Capture.JPG
handtools lagi, iseng beli dongkrak ulir model 'innova'
berat banget, perasaan dulu punya innova muternya enteng. Udah kasih oli rendem semalaman.
Entengan dikit, tapi begitu 32cm, berat sampe ga bisa putar 1 tangan, 2 tangan pegang engkolnya kayak muter setir....
testing max aja sih sampe 40cm, sebenernya ga perlu setinggi itu udah keangkat 2 roda depan fwd.

Sempet coba dongkrak buaya kecil 2 ton buat dongkrak samping untuk angkat roda depan avanza, eh ga sampai melayang bannya....
pakai dongkrak gunting malah lebih bisa.

minimum heigh 18cm, disamping aerio mayan pres bisa masuk, cuman ban udah aku upsize sih dari 195/55/15 ke 185/65/15 jadi akan lebih tinggi 1 cm-an, kalau masih 195/55/15 sepertinya ga bisa masuk dongkraknya ke samping.
Tapi kalau ban kempes habis ya mau ga mau pakai dongkrak gunting lebih bisa masuk

regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Wed Jun 03, 2020 8:18
Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 7:58 mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.

Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg

Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.

sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
Anki kayanya ga krusial om, Toyota ud masi ckup banyak

Mending pasang utk hrv ama mobilio, pelit skali saya liat, cuman kabel sebiji ke body saja, itupun kabel kecil imut2, ga besar diameternya
Bener om. Honda itu aneh masak dari minus aki keluar cuma 1:
1. keluar cuma 1 kabel ke body mobil
2. dari body mobil ada kabel ground balik ke mesin

Kalau Innova dari minus aki keluar 2 cabang.
1. satu ke body mobil,
2. satunya lagi kayanya ikut kabel kemana mana dia
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: koleksi hand tools........

Post by Kaleng »

Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 7:58 mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.

Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg

Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.

sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
Tar dishare ya om source beli kabel atau jenis kabel, lalu langkah2nya, terutama yang mobilio, kalau sempat mo DIY juga dimobil yg ada. trm ksh.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

Kaleng wrote: Wed Jun 03, 2020 9:04
Profith83 wrote: Wed Jun 03, 2020 7:58 mau tambah kabel grounding. mumpung WFH
nanti pakai scon dan selain dijepit scon juga disolder agar semua penampang serabut kabel terhubung dengan timah.

Ada yang pengalaman DIY? sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja.
Mobilnya ANKI/Innova dan Mobilio/HRV
kabel grounding.jpg

Lihat grounding Honda dari minus aki cuma ke body mobil, dari body mobil baru balik ke mesin
Kalau Innova dari minus aki ke body dan satu lagi entah kemana.

sebaiknya ditempelin dimana grounding yang paling terasa perbedaaan saja?
Tar dishare ya om source beli kabel atau jenis kabel, lalu langkah2nya, terutama yang mobilio, kalau sempat mo DIY juga dimobil yg ada. trm ksh.
Saya cuma melihat karena kabel Honda kecil itupun kabel yang nempel di scon tidak disolder.
Saya bayangin setelah 5 thn bagaimana connectnya tuh kabel ke scon karena tidak disolder.
Jadi saya paling cuma 1 atau 2 titik saja.
Yang pasti :
1. Kabel tambahannya akan saya solder ke scon di ke 2 sisinya.
2. Satu kabel pasti ke body mobil dan satunya lagi ke mesin sptnya

Tidak akan semuanya seperti yang disahre orang orang.
Logicnya semua akan nempel ke Body lewat baut. Cuma mau memastikan saja sconnya kesolder
Problemnya di Innova/ANKI tidak bisa kabel minusnya kita lepas. Jadi saya tambahin saja
Sesimple itu

NOTE : kabel tinggal cari di online store. Saya beli yang merek Supreme 16mm. Tapi ini kayanya kegedean.
Kalau sampai 5 atau 7 titik, menurut saya tidak perlu segede ini. 16mm ini lebih gede dari kabel ground asli bawaan HRV/Mobilio.
Lucu juga kalau sampai lebih gede kabel yang kita beli daripada ORI nya. Itupun orinya cuma ke 1 titik, sedangkan kita tambah ke beberapa titik dengan kabel lebih gede dari ORI nya.
Kecuali memang untuk 1 atau 2 titik di body mobil dan mesin, lebih dari cukup 16 mm

Nanti saya foto kalau sudah jadi .. tapi saya cuma akan pasang di 1 atau 2 titik saja :) hahahha
Last edited by Profith83 on Wed Jun 03, 2020 10:05, edited 1 time in total.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

singachu wrote: Wed Jun 03, 2020 7:56
Yang laser ijo kemungkinan kena di bushing steering rack, biasanya kalau bengkel understell ganti pakai bahan teflon.
Penyakit steering rack yang EPS, mobilio, ertiga, avanza yang eps....

Dulu liat di salah satu bengkel di surabaya ada mobilio ganti, tapi sisi kiri aja katanya bushingnya. Mereka ganti tanpa turunkan rak steer, cuman long tie rod kiri, terus ada yang nahan pakai kunci pas sambil di dalam mobil ada yang muter setir... pertama gagal, kunci pas jatuh, ulang lagi, bushing kecopot. dah gitu cara lepas dan pasangnya tanpa turunin rack dari mobil

regards,
singachu
ah persis spt yg di video sy posting itu yg org medan ya. emang katanya penyakitnya itu krn bahannya plastik. kl diganti akan begitu lagi. dan konon part tsb ga ada bushingnya aja tp hrs beli assy.

tp ada yg bilang kl diganti teflon setir akan jd berat. kecuali ada tempat spesialis yg bikin dr teflon tp tetap ada O-ring nya nah itu baru oke.

Om Singachu, kira2 bongpas bushing itu susah ga? sy alat lengkap sampai bongpas rack end dan boot nya. cuma kata yg pernah bongkar, diameter rumah rack lbh kecil drpd diameter bushing itu. ada video nya ga om?

update:
eh dapet videonya om.... wah ini bisa dilakukan on-board ga ya? tantangan ini.

Last edited by Omnibus on Wed Jun 03, 2020 10:51, edited 1 time in total.