Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Blunder
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Aug 08, 2008 13:46
Location: Pondok Cabe

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Blunder »

Pake buatan Pertamina (Mesran atau Fastron) ajah dari dulu...tiap 2500 atau 3 bulan, ganti.
Ngga pernah ngefek macem2 tuh... :big_peace:
sony mclaren
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by sony mclaren »

Satyabudi wrote:^^

Mercy aja wajip pake Shell Ultra AB 5W-30 selama 3thn pertama....
sebagai oli bengkel resmi-nya....

:mrgreen:
Salam Kenal buat bro2 sekalian ini posting pertama gw mohon petunjuk... :big_peace:
Cuman mau dikit comment aja.
Setau sy sih oli resmi mercy seluruh dunia cuman satu yaitu mobil 1...
Tp mungkin cuman di indo aja yg pake shell itu pun mungkin msh di jkt
Kalo di sby, hartono ama kedaung sih jualnya msh mobil 1
Mungkin kalo mercy di jerman tau bisa mencak2 ya mereka
Soalnya mobil mereka di indo diisi pake oli musuh bebuyutan nya :big_slap:
hehehe......
Last edited by sony mclaren on Thu May 21, 2009 16:14, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

shell helix ultra itu yg type full synthetic bro... kalo ga salah API nya itu uda SL atau SM deh... bahkan yg shell helix plus (botol biru) yg masi semi synthetic aja uda API SL
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sony mclaren
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by sony mclaren »

all pruduct of mobil meet api SM since 2007
all product of shell meet api SL
khusus buat roda 4
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by growbuckme »

hallo semua, lam kenal...
wah topik yg menarik nih soal olie karena emg merk olie di indo tuh buanyak bgt. Gw sendiri kadang jg suka penasaran dan gonta ganti merk nih...hehehehe...utk skrg ini lagi suka pake mobil super S, sblmnya pake elf dan sblmnya sempet pake castrol magnatec, shell dan sblmnya petronas. Petronas kyknya emg krg bagus sih. Tp overall terus terang aja gw ga gt ngerti utk bedain karena mgkn feeling gw krg bagus x yah...selain itu mobil jg jarang dipake sehingga susah utk bisa ngerasain day to day perbedaannya. Tp gw setuju sih kalo shell itu lumayan, karena pas dipake di kijang grand gw kyknya lbh enteng tuh tenaga. Nah tinggal masalah durability nya aja d.

Tp pendapat gw sih, yg namanya pengukuran pake feeling itu susah kadang utk dibuktiin. Selain itu, imho, kondisi mesin tiap mobil jg beda sehingga bisa aja dgn merk dan type mobil yg sama dan pake olie yg sama jg bisa beda hasilnya. Ini gw simpulin stlh byk baca di forum2 ttg pendapat org yg bisa beda2 utk jenis dan merk olie yg sama. Cth, ada yg blg castrol ok dan tarikkan yahud, tp ada jg yg blg castrol bikin berat mesin.

Nah, gw jg pernah bingung nih pas hunting olie mobil super s. Ada toko yg jual mobil super s API nya msh SL, tp ke toko lain eh ketemunya mobil super S yg SM. Padahal kalo em udh dari 2007 mobil udh SM, mstinya di taon 2009 ini udh ga da yg SL yah, tul ga? Alhasil sih gw ttp prefer beli yg SM.
sony mclaren
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by sony mclaren »

Nah, gw jg pernah bingung nih pas hunting olie mobil super s. Ada toko yg jual mobil super s API nya msh SL, tp ke toko lain eh ketemunya mobil super S yg SM. Padahal kalo em udh dari 2007 mobil udh SM, mstinya di taon 2009 ini udh ga da yg SL yah, tul ga? Alhasil sih gw ttp prefer beli yg SM.[/quote]

Lam kenal jg, sama2 baru nih disini hehehe...
Cuman mau berbagi pengalaman aja nih..
Secara logika kalo kita dagang, apa kita akan kulak-an brg type yg baru kalo brg type yg lama kita di gudang masih bejibun banyaknya?? bisa2 brg kita yg lama digudang habis di makan rayap krn nggak laku kalah dgn type yg baru tul nggak? sama dgn importir mobil, mereka tdk akan mengimport type yg baru kalo type yg lama masih banyak. Dan seingat gw api SM (super s plus) udah masuk indo sejak pertengahan taon 2008 krn yg SL (super S) udah habis diprogram oleh distributor, selain itu gw jg punya brosurnya kok hehe... Kalo menurut gw yg bro liat itu stock lama yg nggak laku (mungkin jualnya kemahalan kali) apalagi udah keluar yg SM tambah nggak laku lagi tuh api SL.
Sssst...ada bocoran nih. Exxon mobil udah ngeluarin pelumas dgn formula baru (gw nggak tau apinya mungkin api air ya hehe).
Kenapa gw tau??
1. Pertengahan taon 2008 gw liat di web site mclaren, wkt itu tim2 f1 mengadakan latihan dan gw baca di program latihan mclaren: 'Evaluating a new formula of mobil lubricant' dan digunakan di grand prix monaco 2008 (kalo nggak salah) dan menang.
Kita tunggu aja kapan masuk ke indo..
2. Krn sy jualan oli hehehe....
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by growbuckme »

lam kenal jg bro sony...wah asik ni ada yg jualan olie jd ga ush jauh2 kalo mo beli olie...hehehe...

bro kebetulan nih, dan jg buat temen2 laen yg ngerti, kan byk org yg blg kalo olie dipake di mesin ada yg gampang hitam dan yg lama hitamnya. Kesimpulannya katanya yg gampang hitam itu bagus karena bearti zat pembersihnya bekerja. nah, pertanyaan gw adalah, apakah olie berubah hitam itu cuma dari efek pembersihannya aja? bukannya olie mesin itu dlm mesin kan terbakar dan terekspos panas yg tinggi sehingga dia jg bisa berubah warnanya? jadi mksd gw olie yg gampang hitam itu ga selalu bearti bagus dan menandakan dia punya zat bersih yg ok kan?
sony mclaren
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by sony mclaren »

growbuckme wrote:lam kenal jg bro sony...wah asik ni ada yg jualan olie jd ga ush jauh2 kalo mo beli olie...hehehe...

bro kebetulan nih, dan jg buat temen2 laen yg ngerti, kan byk org yg blg kalo olie dipake di mesin ada yg gampang hitam dan yg lama hitamnya. Kesimpulannya katanya yg gampang hitam itu bagus karena bearti zat pembersihnya bekerja. nah, pertanyaan gw adalah, apakah olie berubah hitam itu cuma dari efek pembersihannya aja? bukannya olie mesin itu dlm mesin kan terbakar dan terekspos panas yg tinggi sehingga dia jg bisa berubah warnanya? jadi mksd gw olie yg gampang hitam itu ga selalu bearti bagus dan menandakan dia punya zat bersih yg ok kan?
Begini bro grow...gw akan beri penjelasan semampu gw kalo ada yg salah tlg bro2 yg lain beri penerangan.
Kalo kita udah membersihkan suatu ruangan...kamar kita misalnya..udah di sapu kemudian di pel pake wipol sampe bersih-sih sampe kuman2 aja pada keok semua setelah selesai, lalu kita sapu lagi utk ke 2 kalinya apa kita akan mendapatkan kotoran dr hasil sapu kita????

Demikan pula dgn mesin mobil kita...kalo kondisi mobil kita sehat (tanpa ada kerak di klep maupun piston) contoh aja mobil baru, maka oli yg kita isikan ke mobil pasti akan lama hitamnya. Hitam itupun bukan dr hasil pembersihan kerak di dlm mesin tapi dr debu udara yg masuk ke dlm mesin melalui filter udara. Lain halnya kalo sebelumnya kita pake oli confentional biasa yg dpt menimbulkan kerak dan mudah terbakar alias tdk tahan panas bukan hanya kerak yg didapat tapi dinding cylinder seluruh mesin akan menguning krn panas. Nah disinilah oli bertekhnologi tinggi yg bisa bekerja maksimal...oli tsb akan memberihkan (detergen) seluruh kerak yg ada di piston maupun klep (di ruang bakar) shga hasilnya oli akan menjadi hitam (sebaiknya oli diganti lebih cepat sedikit dr biasanya). Tapi kejadian ini hanya akan terjadi antara 1-3 kali penggantian oli saja setelah itu kembali normal, oli tetap bening dlm interval wkt yg cukup lama. Namun kalo kejadian ini terjadi berulang kali dan terus menerus berarti oli mesin masuk ke ruang bakar sehingga oli mesin menguap alias habis terbakar. Masuknya oli mesin ke ruang bakar bisa disebabkan krn piston beret/ring piston lemah/seal klep udah mati sehingga tdk dpt menahan oli masuk ke ruang bakar akibatnya oli jd cepat hitam dan menguap. Apalagi kalo kita pake oli dgn SAE yg rendah jd lebih cepat nguapnya. Kalo udah gini ya dibikin betul dulu bro..

Tambahan..dgn kemajuan tekhnologi yg canggih saat ini produsen oli bisa menciptakan suatu hal yg tdk masuk akal. Oli yg bagus saat ini tdk hanya bisa membersihkan kerak tapi bisa membuat dinding cylinder yg menguning akibat terbakar krn penggunaan oli biasa menjadi putih seperti baru tapi dgn penggunaan dlm interval wkt yg cukup lama..sekitar 36rb kilo lebih. Kalo tdk percaya bisa dilihat di brosur Mobil 1 kalo kebetulan bro2 pada ganti oli. Nggak masuk akal...tapi itulah tekhnologi. Kayak orang purba bilang nggak mungkin besi bisa terbang.....
Sekian penjelasan gw...sorry agak panjang. Semoga membantu. Salam....
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by eNeR »

nah, mumpung ada yg merangkap sebagai penjual oli, aku mo nanya,
pertama aku beli shell vsx4, aku liat dasar botol tertera 08 anak panah menuju 4(maksudnya bulan 4 tahun 08), nah kemarin aku beli tertera 8/07, nah ntu maksudnya apa ya? apa tgl pembuatan botol atau produksi olinya?
...
sony mclaren
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by sony mclaren »

eNeR wrote:nah, mumpung ada yg merangkap sebagai penjual oli, aku mo nanya,
pertama aku beli shell vsx4, aku liat dasar botol tertera 08 anak panah menuju 4(maksudnya bulan 4 tahun 08), nah kemarin aku beli tertera 8/07, nah ntu maksudnya apa ya? apa tgl pembuatan botol atau produksi olinya?
Sorry bro..gw nggak ngrangkap jualan oli cuman kebetulan itu profesi gw. Jd kalo gw punya pengetahuan dikit ttg oli dan mesin, gw cuman mau berbagi pengalaman aja ama bro2 disini. Cuman mau tau, kok tau kalo ket di dsr btl itu bln dan taon? Setau gw semua ket di dsr btl itu merujuk pd pembuatan btl termasuk recycle dll. Sedangkan ket olinya sendiri (termasuk kode produksi) tertera pd bag dpn ato blkg kemasan seperti di stempel gitu (berbentuk dot2) dan bukan timbul seperti di dsr kemasan. cuman itu setau gw. Kalo salah harap maklum.
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by eNeR »

ouw gt toh, berarti maksudnya tgl pembuatan botolnya ya, thanks bro
...
sony mclaren
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by sony mclaren »

Sami2 bro nr.
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by growbuckme »

wah, mantep bro sony infonya. Emg bener nih, masalah olie sensitif, terutama skrg ini dimana harga mobil maupun parts jg mahal..hehehe..jd msti pinter2 n hati2 d milih olie buat mesin. Selain itu suhu dan operasional mobil skrg jg udh jadi lbh berat dgn cuaca dan medan yg skrg macet dan debuan serta panas...fiuuhh...kasiaaann d mobil. Pantes d dikasih olie yg bagus biar dia kerjanya enteng..hehehe...
sony mclaren
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 14:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by sony mclaren »

Setebuh bro grow...apalagi spare part bawaan pabrik pasti lebih bagus drpd yg dijual di toko meskipun orisinil import.
pac
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jun 17, 2009 10:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by pac »

Salam kenal smuanya ya.

Kalau saya tidak terlalu percaya dgn grade API, dll, dan punya cara test oli sendiri.
Karena gak punya alat untuk test, jadi parameter bagus tidak nya, paling mudah dgn merasakan enteng atau berat nya mesin kalau pedal gas di injak dalam2.

Caranya :
- Dimulai dengan ganti oli merk X dan oli filter
- Mobil dipakai sampai 5000 km
- Ganti dgn oli merk X (yg sama) di bengkel yg sama pula
- Setelah ganti oli, rasakan apakah pedal gas enteng/berat.
- Metode ini di ulang minimal 2 kali untuk menilai bagus tidaknya oli.

Pas setelah ganti oli dgn merk sama :
- Kalau pedal gas menjadi sangat ringan, dan kerja mesin meningkat pesat. Artinya oli merk X tersebut oli yg jelek
- Kalau pedal gas menjadi cukup ringan atau biasa-biasa aja, artinya oli tersebut cukup baik

Alasan :
- Oli setelah dipakai, mengalami kerusakan, ditandai dengan kekentalan yg turun (menjadi encer) yg mengakibatkan daya lumas rendah, sehingga kerja mesin menjadi berat dan pedal gas juga berat.
- Oli yg baik, performanya antara oli akhir dan oli awal (baru), gap nya tidak berbeda jauh. Jadi pedal gas terakhir sebelum ganti oli dan pedal gas setelah ganti oli, seharusnya dirasakan perbedaan nya tidak berbeda jauh. Semakin berbeda jauh artinya kualitas oli lama drop jauh dibandingkan oli baru (merk yg sama).

Dari beberapa thn pengamatan, tapi tidak untuk semua merk oli, karena kalau sudah cukup bagus, malas ganti2 merk lain, budget juga terbatas, jadi gak nyoba merk yg mahal2.

Oli disel : Caltex Delo dan Shell
Oli bensin : Castrol Magnatec, Shell

Kalau dilihat dari grade API Petronas Synthium, tapi performa nya tidak sesuai dgn grade yg disandangnya. Sori aja ... bisa dibilang pangkat Jendral, tapi performanya kopral. Hehehehe


Bagaimana pendapat kawan-kawan ? :ungg:
enochca4
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Aug 26, 2008 6:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by enochca4 »

test yg Bro gunakan itu ndak sebanding dengan dana yg d habiskan oleh API utk merumuskan formula bagi grade oil mereka....:)
parameter yg bro gunakan dgn enteng tidaknya gas jg ndak bisa terlalu d percaya krn injekan kaki 5menit yg lalu ndak sama dgn 5 menit yg skrg..:) utk hal ini berhub dgn viskositas saat temp kerja, jd liat aja brapa cs saat temp 100deg C, ada batasan rentangnya kok utk tiap kekentalan oli misalnya SAE 30 or 40 0r 50...
utk merek sintium API SM ato bukan juga masih tergantung dari basestock oli, aditif, dan HTHS nya, serta banyak parameter lainnya, jd bisa salah satu penyebab, mau kualitas oli bagus yg pertama cari basestoknya yg bagus misalnya gr III d campur gr V, ato III+IV+V, perhatikan msds, dan liat HTHS, liat spek data.
terakir biasanya ada harga ada rupa...:)
salam,
enoch
pac wrote:Salam kenal smuanya ya.

Kalau saya tidak terlalu percaya dgn grade API, dll, dan punya cara test oli sendiri.
Karena gak punya alat untuk test, jadi parameter bagus tidak nya, paling mudah dgn merasakan enteng atau berat nya mesin kalau pedal gas di injak dalam2.

Caranya :
- Dimulai dengan ganti oli merk X dan oli filter
- Mobil dipakai sampai 5000 km
- Ganti dgn oli merk X (yg sama) di bengkel yg sama pula
- Setelah ganti oli, rasakan apakah pedal gas enteng/berat.
- Metode ini di ulang minimal 2 kali untuk menilai bagus tidaknya oli.

Pas setelah ganti oli dgn merk sama :
- Kalau pedal gas menjadi sangat ringan, dan kerja mesin meningkat pesat. Artinya oli merk X tersebut oli yg jelek
- Kalau pedal gas menjadi cukup ringan atau biasa-biasa aja, artinya oli tersebut cukup baik

Alasan :
- Oli setelah dipakai, mengalami kerusakan, ditandai dengan kekentalan yg turun (menjadi encer) yg mengakibatkan daya lumas rendah, sehingga kerja mesin menjadi berat dan pedal gas juga berat.
- Oli yg baik, performanya antara oli akhir dan oli awal (baru), gap nya tidak berbeda jauh. Jadi pedal gas terakhir sebelum ganti oli dan pedal gas setelah ganti oli, seharusnya dirasakan perbedaan nya tidak berbeda jauh. Semakin berbeda jauh artinya kualitas oli lama drop jauh dibandingkan oli baru (merk yg sama).

Dari beberapa thn pengamatan, tapi tidak untuk semua merk oli, karena kalau sudah cukup bagus, malas ganti2 merk lain, budget juga terbatas, jadi gak nyoba merk yg mahal2.

Oli disel : Caltex Delo dan Shell
Oli bensin : Castrol Magnatec, Shell

Kalau dilihat dari grade API Petronas Synthium, tapi performa nya tidak sesuai dgn grade yg disandangnya. Sori aja ... bisa dibilang pangkat Jendral, tapi performanya kopral. Hehehehe


Bagaimana pendapat kawan-kawan ? :ungg:
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Diki_Oke_Deh »

pac wrote:Salam kenal smuanya ya.

Kalau saya tidak terlalu percaya dgn grade API, dll, dan punya cara test oli sendiri.
Karena gak punya alat untuk test, jadi parameter bagus tidak nya, paling mudah dgn merasakan enteng atau berat nya mesin kalau pedal gas di injak dalam2.

Caranya :
- Dimulai dengan ganti oli merk X dan oli filter
- Mobil dipakai sampai 5000 km
- Ganti dgn oli merk X (yg sama) di bengkel yg sama pula
- Setelah ganti oli, rasakan apakah pedal gas enteng/berat.
- Metode ini di ulang minimal 2 kali untuk menilai bagus tidaknya oli.

Pas setelah ganti oli dgn merk sama :
- Kalau pedal gas menjadi sangat ringan, dan kerja mesin meningkat pesat. Artinya oli merk X tersebut oli yg jelek
- Kalau pedal gas menjadi cukup ringan atau biasa-biasa aja, artinya oli tersebut cukup baik

Alasan :
- Oli setelah dipakai, mengalami kerusakan, ditandai dengan kekentalan yg turun (menjadi encer) yg mengakibatkan daya lumas rendah, sehingga kerja mesin menjadi berat dan pedal gas juga berat.
- Oli yg baik, performanya antara oli akhir dan oli awal (baru), gap nya tidak berbeda jauh. Jadi pedal gas terakhir sebelum ganti oli dan pedal gas setelah ganti oli, seharusnya dirasakan perbedaan nya tidak berbeda jauh. Semakin berbeda jauh artinya kualitas oli lama drop jauh dibandingkan oli baru (merk yg sama).

Dari beberapa thn pengamatan, tapi tidak untuk semua merk oli, karena kalau sudah cukup bagus, malas ganti2 merk lain, budget juga terbatas, jadi gak nyoba merk yg mahal2.

Oli disel : Caltex Delo dan Shell
Oli bensin : Castrol Magnatec, Shell

Kalau dilihat dari grade API Petronas Synthium, tapi performa nya tidak sesuai dgn grade yg disandangnya. Sori aja ... bisa dibilang pangkat Jendral, tapi performanya kopral. Hehehehe


Bagaimana pendapat kawan-kawan ? :ungg:
Kita sebagai manusia terlalu sulit untuk dapat melihat kualitas oli menggunakan sensor panca indera kita.
Saya mulai dulu udah menggunakan banyak oli dari berbagai merek. Dan tidak dapat merasakan perbedaannya , misal akselerasi mobil yang meningkat signifikan dll dll. Semua(pada sae yg sama) tdk ada perbedaannya.

Paling2 yang bisa kita dapat perbedaannya adalah : suara mesin yang ngelothok pada pagi hari(biasa pada mesin yang sudah menggunakan high lift adjuster/ hla pada mekanisme valvenya)... Itupun bukan karena baik/buruknya kualitas oli, tetapi karena kesesuaian SAE/kekentalan oli pada mobil yang dimaksud.

Atau: mesin jerohan mesin yang kotor karena menumpuknya kerak seperti arang. Biasa dapat dilihat saat kita membuka cover head mesin. Ini terjadi karena kualitas oli yg buruk karena sifat /additive ditergentnya yg kurang.
Itupun terjadi setelah menempuh ratusan ribu kilometer, baru terkumpul deposit kerak dalam engine.
Ini terjadi pada mobil Kijang kapsul saya th 2001 dgn menggunakan MESRAN PRIMA.
Sementara mobil jadul sodara , yaitu corolla twincam 88 , masih bersih n kinclong jerohannya.(menggunakan oli semi synt produk non-pertamina).

Atau melihat keausan mesin, ditandai dengan suara kasar , atau terbakarnya oli mesin yg dapat dilihat melalui asap putih melalui knalpot. Itupun baru terasa setelah ratusan ribu kilo / diatas 10 tahunan.

Sampai sat inipun saya sulit untuk menentukan baik/buruknya kualitas oli pada kelas /grade yang sama. cara termudah adalah melihat standarisasi SAE ataupun ACEA , yang sudah melalui serangkaian test berstandart internasional , dilihat mulai dari : keausan logam(dlm micron) , sifat detergent , nilai tuang , flash point , nilai TBH untuk melihat ketahanan terhadap oksidasi ,kandungan additive syntheticnya dalam lab untuk melihat struktur molekulnya bla..bla..bla...mbulet....

Dan satu yang penting dalam pemilihan oli: Pilih oli yang sudah memiliki nama Internasional/mendunia. Bukan merk abal-abal.
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by alim ulama »

minta tolong saran nya yah ...

Great Corolla mesin 4A-FE
odometer 200rb dari baru selalu pake Mesran Prima 20W-50 Mineral
alhamdulillah belum pernah turun mesin

lagi gatel mau pake Full Syntetis 10W-50

apakah aman mengganti spec oli di mesin yang udah make Mineral belasan tahun dengan Full Syntetis?


:thanks:
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Fairoes »

DOHC wrote:btul bro, mesin2 skrg rata2 mengharuskan penggunaan oli "encer".... cuman sayang nya rata2 tuh oli2 "encer" tsb uda masuk kategori oli full synthetic jadi harganya jg 2 kali lipat oli semi syn lain nya....

tapi, kalo berbagai oli semi syn yg 10W-30 yg saya perna coba, koq rasa2nya lebi encer dan lebi enak tarikan nya daripada yg 10W-40
oli semy syn yang 10W-30 apa aja ya... boleh di share dong....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

semi syn yg 10W-30 itu ada petronas, ada jg idemitsu bro.... tapi yg idemitsu itu hati2, yg 10W-30 semi syn itu hanya dibuat dgn label NISSAN GENUINE OIL... nah kalo idemitsu yg 10W-30 yg biasa di jual di pasaran dgn label warna ijo tulisan eco driving, itu OLI MINERAL.... ga jelek sigh.... cuman saya lebi prefer pake oli semi syn

atau kalo bro mo coba oli mineral yg setara dgn oli semi syn dan dgn spek 10W-30... coba FK massimo aja...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

alim ulama wrote:minta tolong saran nya yah ...

Great Corolla mesin 4A-FE
odometer 200rb dari baru selalu pake Mesran Prima 20W-50 Mineral
alhamdulillah belum pernah turun mesin

lagi gatel mau pake Full Syntetis 10W-50

apakah aman mengganti spec oli di mesin yang udah make Mineral belasan tahun dengan Full Syntetis?


:thanks:
coba bantu jawab yah bro... kalo mesin nya uda lama pake oli mineral gt dan cocok, knapa diganti bro... apalagi dgn odometer yg uda tinggi, takutnya tingkat keausan mesin jg uda tinggi, nah dgn penggunaan oli semi syn yg encer gt ntar malah bikin konsumsi oli tinggi logh...

tapi kalo bro emang mau coba pake semi syn, mending di flush dulu bro... siapin aja 1 botol engine flush, 1 jerigen oli kualitas biasa aja dan 1 jerigen oli full syn yg bro mau... jgn lupa filter oli diganti

moga2 berguna...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Fairoes »

DOHC wrote:semi syn yg 10W-30 itu ada petronas, ada jg idemitsu bro.... tapi yg idemitsu itu hati2, yg 10W-30 semi syn itu hanya dibuat dgn label NISSAN GENUINE OIL... nah kalo idemitsu yg 10W-30 yg biasa di jual di pasaran dgn label warna ijo tulisan eco driving, itu OLI MINERAL.... ga jelek sigh.... cuman saya lebi prefer pake oli semi syn

atau kalo bro mo coba oli mineral yg setara dgn oli semi syn dan dgn spek 10W-30... coba FK massimo aja...
Petronas yang synthium 800 ya... Ok.. thanks bro...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

^^
pemilihan oli sigh sebaiknya jg jangan terlalu jauh range nya dari yg disarankan oleh pabrikan bro... smisal, kijang doyok jangan kita kasi mobil1 0W-30 atau nissan livina kita kasi mesran super 20W....

intinya, kalo mobil2 yg agak modern kluaran taon 2000 keatas yah masi bole lah dikasi oli2 semi syn yg agak encer, tapi kalo yg mesin teknology jadul pake oli yg agak kentel sperti grade 15W-40 jg tetep enak koq.... karena kalo kita kasi jenis grade oli yg ga pas, yg ada hasilnya ga memuaskan, dan ujung2 nya yah buang2 duit jg... either itu mesin jadi berat tarikan nya atau malah tinggi konsumsi oli nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Michelin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 30, 2009 6:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Michelin »

Bro Bro semua,minta bantuan dong!bingung milih oli untuk chevrolet captiva diesel...
dari beres cuma ada merek total quartz 9000 5W-40 synthetic oil...dimana oli total tsb memang bisa untuk bensin maupun diesel,tapi lebih fokus ke bensin...sedangkan di manual captiva tercetak spek oli yg dibutuhkan adalah acuan dari Mercedes-Benz 229.31 dgn SAE 5W-40 dan ACEA C3 (semacam API untuk standard Eropa)

pertanyaannya adalah spek dari total quartz dari beres bukanlah Mercedes-Benz 229.31 melainkan Mercedes-Benz 229.3 dan juga tidak dicantumkan ACEA C3 (yg tercantum ACEA A3/B4-04) sebenarnya oli ini cocok gak yah untuk captiva diesel?

dan juga dipasaran oli yg lebih fokus untuk diesel dengan SAE 5W-40 tdk mudah ditemukan,yg saya temukan salah satunya Mobil Delvac 1 5W-40 dgn spec Mercedes-Benz 228.5 (lagi lagi bukan Mercedez-Benz 229.31)ada efek apa yah untuk penggunaan jangka lama dari oli Mobil Delvac 1 pada captiva Diesel?

sebagai referensi beda dari MB 229.3 dgn MB 229.31,coba klik di http://www.clubcopaac.com/foro/archive/ ... -2965.html

mohon bantuan yah master!thk u!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Michelin wrote:Bro Bro semua,minta bantuan dong!bingung milih oli untuk chevrolet captiva diesel...
dari beres cuma ada merek total quartz 9000 5W-40 synthetic oil...dimana oli total tsb memang bisa untuk bensin maupun diesel,tapi lebih fokus ke bensin...sedangkan di manual captiva tercetak spek oli yg dibutuhkan adalah acuan dari Mercedes-Benz 229.31 dgn SAE 5W-40 dan ACEA C3 (semacam API untuk standard Eropa)
MB 229.31 dan ACEA C3 adalah standard oli mid SAPS dimana angka TBN sekitar 7 - 8 mg KOH, kandungan SAPS tdk begitu tinggi utk menjaga keawetan sistem exhaust aftertreatment.

Tapi sistem tsb akan berjalan mulus jika BBM yg digunakan berkadar sulphur sekitar 10 - 50 ppm (50 ppm Max)

Sedangkan di Indonesia u know lah, sulphur BBM solar sekitar 500 - 3000 ppm (kecuali DEX yg sedikit under 300 ppm) membutuhkan oli dgn TBN minimal 10 mg KOH & kadar SAPS minimal 1.1%

So kalo utk mesin Diesel digunakan di Indonesia & mau pake oli Full Synth carilah oli dgn kualifikasi :
MB 229.3 / 229.5
BMW LL-01
ACEA B3 / B4

Selengkapnya bisa dibaca di :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/
All about Lubricant
Standard pelumas Diesel dari produsen kendaraan bermotor & mesin Diesel

Semoga membantu
* Bukan ajakan Beli *